data-ad-format="auto"

Nutrisi dan Makanan

Kategori artikel yang berisi informasi seputar kebutuhan dan pemilihan nutrisi dan makanan yang berguna bagi kesehatan wanita

20 Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas kantung teh yang kita gunakan menjadi benda dan juga barang bekas yang tidak memiliki manfaat sama sekali. Tidak heran bahwa setiap orang pasti membuang kantung teh yang telah digunakan. Hal ini mungkin juga terjadi pada Anda dimana Anda akan membuang kantung teh setelah Anda mendapatkan ekstra teh dari kantung tersebut. Namun ternyata sangat disayangkan jika Anda membuang bekas kantong teh tersebut.

Padahal, kantung teh celup bekas memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan terutama mata. Banyak para pakar kecantikan yang merekomendasikan penggunaan kantung teh bekas ini untuk perawatan mata. Kantung teh ini tentunya memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat mata. Menggunakan kantung teh bekas untuk perawatan dan juga pengobatan ialah salah satu pilihan alternatif bagi Anda. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan akan jenis teh yang akan Anda gunakan. Sebaiknya Anda menggunakan jenis kantong teh seperti bekas teh putih, teh hitam dan juga teh hijau. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat kantung teh untuk mata, tentu dapat Anda simak sebagai berikut:

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Mata

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan tentunya menjadi pilihan alternatif bagi Anda. Dalam hal ini teh herbal biasanya digunakan untuk merawat dan juga mengobati mata seperti teh chamomile, teh daun mint, teh melati dan juga teh roiboos. Sedangkan untuk penemuan teh celup tentu menjadi terobosan paling baru untuk menikmati teh.

Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari kantung teh celup yang digunakan untuk perawatan dan kesehatan mata, diantaranya:

Membantu menyembuhkan mata merah

Kantung teh celup di sini tentunya dapat digunakan sebagai cara untuk membantu menyembuhkan mata merah. Untuk mengurangi mata merah tentunya Anda dapat menggunakan teh chamomile, teh adas dan juga teh calendula. Jenis teh tersebut tentunya bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kelebihan pada cairan yang mengalir dari mata. Selain itu, beberapa jenis teh tersebut juga bisa mengurangi iritasi dan juga mengurangi pembengkakan. Sementara itu, teh hijau memiliki mamfaat sebagai antimikroba yakni menangkal bakteri yang dapat menyebabkan mata menjadi iritasi dan juga kemerahan.

Mengurangi pembengkakan dan juga peradangan pada mata

Selain mengurangi mata merah, teh juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai bahan alami untuk mengurangi peradangan pada mata dan pembengkakan. Kandungan flavonoid yang ada di dalam teh tentunya menjadi salah satu antioksidan dan juga tanin di dalam teh hijau dan juga teh hitam. Dalam hal ini teh juga bisa digunakan sebagai untuk mengurangi mata bengkak dan menjaga kulit agar tetap kencang. Selain itu, kafein juga bisa mempersempit pembuluh darah pada jaringan sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Dalam hal ini tentunya Anda bisa menggunakan teh chamomile untuk menenangkan mata yang meradang.

Menyamarkan lingkaran hitam pada mata

Biasanya kurang tidur dapat menyebabkan mata memiliki lingkaran hitam serta mata yang memerah. Lingkaran hitam yang ada pada mata alias mata panda tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Teh hitam  dan juga teh hijau tentunya mengandung kafein yang dapat digunakan untuk melancarkan kembali pembuluh darah yang ada di sekitar mata serta menyamarkan lingkaran hitam pada mata agar tidak muncul.

Menghindari gejala  rosacea pada mata

Penyakit rosacea ini tentunya memang sangat umum terjadi dan bisa menyebar ke seluruh area di sekitar mata. Untuk mengurangi gejala rosacea pad amata tnetunya Anda bisa menggunakan teh chamomile, teh lavender dan juga teh hijau sebagai cara untuk mengurangi gejala rosacea pada mata seperti iritasi dan juga mata kemerahan.

Meredakan mata bintitan

Mata bintitan ini biasanya dapat muncul dengan ditandai dengan benjolan kecil yang ada di tepi pelupuk mata. Menggunakan teh hitam dan juga teh chamomile memiliki manfaat untuk memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mencegah iritasi pada mata.

Melembapkan mata kering

Mata kering memang menjadi salah satu kondisi dimana mata Anda dalam keadaan kering dan juga perih. Terlebih jika Anda sering menggunakan kendaraan roda dua atau Anda bisa seharian bekerja di ruangan ber-AC. Mata kering tentunya menjadi salah satu keluhan yang dapat membantu untuk mempertahankan kelembapan dan juga mengurangi mata kering.

Mengatasi mata lebam

Banyak sekali orang mengalami mata lebam yang tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Mata lebam, memar dan juga bengkak yang terjadi pada mata tentunya bisa diobati dengan teh chamomile dan juga teh lavender. Kedua jenis teh tersebut tentunya dapat membantu untuk meredakan serta dapat menenangkan kulit iritasi dan juga dapat meredakan nyeri. 

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk membantu kesehatan mata, tentunya kantung teh hitam juga bisa digunakan untuk berbagai kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari kantung teh celup untuk kesehatan, diantaranya:

Mengurangi gatal dan bekas gigitan nyamuk

Kantung teh yang berisi ampas tentunya mengandung zat seperti antihistamin yang berkhasiat untuk mengatasi kulit kemerahan akibat terjadinya gigitan nyamuk. Jika kita merasakan gatal akibat gigitan nyamuk tentunya akan terdapat bekas kemerahan dan juga ruam pada kulit. Untuk mengobati kemerahan akibat gigitan nyamuk tentunya Anda cukup mengusapkan kantun teh pada kulit. Namun, usahakan kantung teh Anda masih dalam keadaan hangat. Dengan cara seperti ini tentunya kulit yang bentol dan hitam akibat gigitan nyamuk bisa hilang dan juga mereda dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam teh yaitu polifenol dan juga antioksidan memang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Membuat rambut berkilau

Kantung teh celup bekas tentunya dapat digunakan sebagai bahan herbal alami untuk membuat rambut tetap berkilau. Untuk mendapatkan manfaat dari kantung teh bekas ini, tentunya Anda cukup mencelupkan kantung teh yang sudah tidak terpakai ke dalam air bilasan pada rambut kita. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Kantung teh celup bekas ini tentunya sangat berkhasiat dalam mengatasi kerontokan rambut.

Mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari

Selain menghilangkan kemerahan pada kulit tentunya kantung teh juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Selain menimbulkan rasa nyeri dan juga sensasi kulit yang terbakar, sinar matahari memang sangat jahat terhadap kulit dan juga tubuh manusia. Untuk mengurangi rasa nyeri dan terbakar, gunakan kantung teh celup dalam keadaan dingin dan kompreskan pada area kulit yang terbakar agar rasa perih tersebut segera berkurang. Selain menempelkan kantung teh langsung pada kulit, tentunya kita bisa memasukkan kantong teh celup bekas pada wadah. Kemudian bilas area yang terbakar matahari dengan menggunakan air bilasan tersebut.

Menghilangkan dan menghaluskan bekas jerawat

Tentunya, tidak banyak yang mengetahui akan manfaat dari daun teh hijau yang satu ini. Daun teh hijau kering ini tentunya mempunyai manfaat untuk wajah baik untuk pria maupun untuk wanita. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan mencelupkan kemudian tunggu sampai hangat atau tidak terlalu panas. Lalu, keluarkan isinya ke dalam mangkuk, gosok perlahan pada muka kita dan biarkan hingga sekiatar 5 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat kantung teh bekas yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan mata dan juga kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

 

Sehat Manakah Daging Ayam Kampung Atau Ayam Negeri?

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian besar orang menyukai daging ayam. Pasalnya, daging ayam termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dengan mudah bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang sangat lezat. Selain itu, daging ayam menjadi salah satu jenis sumber protein terbaik dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan denga daging kambing atau sapi.

Dalam memilih jenis daging ayam tentunya kita akan dihadapkan pada dua pilihan  yaitudaging ayam negeri dan juga daging ayam kampung. kedua jenis ayam tersebut tentunya memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang berbeda. Dari pilihan tersebut tentunya kita akan berpikir jenis ayam manakah yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang paling baik. Untuk mengetahuinya, yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

 Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Jika kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan kandungan gizi dan juga nutrisid ari ayam kampung dan juga ayam negeri. Alangkah baiknya jika kita menjelaskan terlebih dahulu mengenai keduanya. 

Ayam Negeri

Jenis ayam ini dikenal dengan sebutan ayam broiler (ayam pedaging). Saat ini banyak sekali orang yang mulai melirik usaha dari peternakan ayam pedaging karena keuntungan yang cukup tinggi dan juga dengan waktu yang cukup singkat. Pada umumnya, ayam negeri yang berusia 1 bulan sudah memiliki ukuran yang sama dengan ayam kampung yang sudah berusia 3 bulan/

Ayam broiler ini tentunya memiliki kecenderungan pertumbuhan yang cepat dengan tubuh yang lebih tebald an juga lebih gemuk dibandingkan dengan ayam negeri. Jika dibandingkan dengan ayam kampung, faktor gaya hidup dari ayam broiler ini sangatlah berbeda. Dikarenakan tinggal di peternakan, maka aktivitas yang bisa dilakukan oleh ayam negeri ini hanya makan dan juga tidur sehingga tubuh ayam negeri kurang bergerak dengan baik. Aktivitas ini sangatlah berbeda dengan ayam kampung dimana ayam kempung memiliki aktivitas yang lebih seperti berkeliling di sekitar rumah pemilik bahkan ke beberapa tempat yang diinginkan.

Untuk bentuk tubuh, ayam negeri memiliki kulit yang lebih mengkilap dan juga lebih rapuh. Sedangkan pada bagian ekor dan juga leher sangat kaya akan lemak. Unukl tekstur dan juga warna daging ayam ini cenderung lebih cerah, terang dan juga berwarna putih. Keempukan daging ayam negeri akan lebih terasa jika ditekan dan akan lebih matang dengan mudah jika direbus.

Manfaat Daging Ayam Negeri

Meskipun memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan ayam kampung, namun tetap saja ayam negeri memiliki manfaat terutama kandungan yang terdapat pada telur ayam. Berikut ini beberapa manfaat dari ayam negeri, diantaranya:

Sebagai sumber vitamin

Sama halnya dengan ayam kampung, ayam negeri juga memiliki vitamin yang cukup banyak. Di dalam ayam negeri setidaknya terdapat sekitar 7 jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, B, B6, B12, K dan juga asam folat. ketujuh jenis vitamin ini memang sangat baik untuk kesehatan dan memenuhi kebutuhan harian Anda.

Mencegah kerusakan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam mata tentunya bisa meningkatkan kesehatan mata dan juga penglihatan Anda. Terutama di dalam telur ayam negeri yang berasal dari zat karotenoid yang berisi karotenoid zeaxanthun dan lutein. Kedua zat tersebut tentunya untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada mata seperti penglihatan yang kabur, katarak dan kerusakan pada retina. Selain itu, daging ayam negeri juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi mata.

Pembentukan masa otot

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda ambil dari mengonsumsi daging ayam negeri terutama pria ialah untuk pembentukan masa otot. Namun, pembentukan masa otot akan lebih sempurna jika diimbangi dengan olahraga yang teratur. dengan kandungan protein yang ada di dalam ayam negeri tersebut tentunya bisa membuat otot menjadi lebih mduah terbentuk.

Manfaat untuk jantung

Telur ayam negeri yang biasa Anda konsumsi sehari-hari tentunya memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung serta mengatur keseimbangan kardiovaskular. Salah satu kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada daging dan juga telur ayam negeri memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Mengurangi risiko radang persendian

Daging ayam dengan kandungan mineral yang cukup tinggi yang dinamakan dengan selenium ini tentunya bisa membantu Anda untuk mencegah peradangan radang sendi terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Dengan konsumsi daging ayam negeri tanpa kulit tentunya memiliki potensi yang lebih besar dalam mengurangi radang pada persendian.

Niacin untuk mencegah kanker

Nikmatnya daging ayam negeri dengan tekstur daging yang empuk ternyata mengandung niacin. Senyawa ini merupakan salah satu bagian dari vitamin B. Kandungan niacin yang terdapat di dalam ayam negeri tentunya dapat digunakan sebagai sumber utama dalam mencegajh kanker serta menghindari kerusakan pada sel DNA sebagai penyebab kanker.

Menjaga kekuatan gigi

Selain kekuatan tulang dan juga pembentukan masa otot, daging ayam negeri juga memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan gigi. kandungan kalsium dan juga zat fosfor yang terdapat di dalam daging ayam tersebut tentunya dapat membantu memperkuat gigi hingga tua nanti.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi  daging ayam negeri. Namun, pastikan pula Anda mengonsumsi daging ayam negeri tersebut dengan porsi dan juga takaran tertentu. Jangan sampai Anda mengonsumsi daging ayam dengan porsi yang berlebih.

Ayam Kampung

Tidak sedikit pula orang yang lebih memiliki mengonsumsi daging ayam kampung dibandingkan dengan daging ayam broiler. Ayam kampung lebih dikenal dengan sebutan 'Pitik Jawa' ini memiliki pemeliharaan yang lebih alami dibandingkan dengan ayam broiler. Hal ini terbukti dari ayam kampung yang tidak diberikan suntikkan hormon atau vaksin serta tanpa bahan kimia apapun. Semua pemeliharaan dari ayam ini memang masih benar-benar alami.

Pada umumnya, ayam kampung dimiliki oleh perseorangan tanpa lingkungan ternak yang khusus seperti ayam negeri. AKan tetapi, ada juga sebagian orang yang memelihara jenis ayam kampung dengan lingkungan peternakan. Tidak seperti ayam negeri, ayam kampung lebih cenderung bergerak bebas dan akan dilepas dari kandang bahkan ayam kampung cenderung mencari makan sendiri.

Untuk hal rasa, ayam kampung cenderung memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dnegan ayam broiler. Dengan tekstur yang alot menandakan bahwa tumpukan daging yang cukup banyak di dalam tubuh ayam kampung. Hal ini tentu berbeda ketika Anda menjumpai ayam negeri dimana dengan tekstur yang lembut dan empuk, namun memiliki daging yang lebih sedikit.

Untuk bentuk tubuh, ayam kampung lebih memiliki bentuk tulang yang lebih panjang, memiliki daging yang tidak tebal dan cenderung kurus. Sedangkan untuk warna daging kurang cerah dibandingkan dengan ayam negeri. Memiliki tulang yang lebih kerasbdengan daging yang alot. Dalam memasak ayam kampung ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan merebus daging ayam negeri.

Meskipun daging yang cenderung alot, namun ayam kampung memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan ayam negeri, diantaranya:

Meningkatkan nafsu makan

Meskipun hanya sebagian kecil yang lebih memiliki ayam kampung, namun ayam kampung lebih menggoda dalam hal rasa dan jenis olahan makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam tulang lunak dan juga kari ayam.

Baik untuk pertumbuhan anak

Dibandingkan dengan ayam negeri, ayam kampung lebih dianjurkan diberikan kepada anak dalam masa pertumbuhan. Ayam kampung berperan untuk menjaga kesehatan tulang anak dan ukuran tulang kaki sehingga si kecil akan tinggi.

Menguatkan tulang

Selain untuk pertumbuhan anak, ayam kampung juga sangat bermanfaat bagi Anda sebagai asupan makanan dalam menguatkan tulang. Mengonsumsi protein hewani terutama ayam kampung justru akan menambah berat badan Anda.

Mengatur kolesterol

Dikarenakan kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam negeri. Maka, tidak heran jika ayam kampung lebih cocok bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yanng cukup tinggi di dalam darah. Dengan kandungan lemak yang lebih sedikit, maka Anda dapat dengan mudah mengatur kadar kolesterol di dalam darah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ayam kampung lebih mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh dibandingkan dengan ayam negeri. Hal ini dikarenakan kanduangan mineral yang terdapat di dalam ayam kampung memang lebih banyak sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Mengurangi rasa stres

Stres memang akan datang kapan saja dalam kondisi serta situasi apapun. Terlebih bagi wanita yang sedang menstruasi dimana memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Dengan mengonsumsi ayam kampung, maka tingka stres tersebut dapat diatasi dengan cukup baik.

Dianjurkan untuk penderita anemia

Kandungan zat besi yang lebih tinggi pada ayam kampung memang sangat membantu. Selain kandungan mineral yang cukup tinggi, ayam kampung juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Kotoran untuk pakan ikan

Tidak hanya sebagai pupuk, kotoran ayam kampung juga memiliki manfaat sebagai pakan ikan. Hal ini tentunya dinilai cukup aman karena ayam kampung tidak mengonsumsi obat-obatan dan juga zat kimia serta pestisida yang cukup berbahaya sehingga terbilang aman sebagai pakan ikan.

Daging lebih berisi

Dibandingkan dengan ayam negeri, daging ayam kampung lebih berisi dan juga tidak lembek. Hal ini terbukti dari meskipun harus direbus lebih lama, namun daging ayam kampung tidak menyusut dan menjadi kecil seperti ayam negeri.

Kaldu ayam lebih nikmat

Banyak yang belum mengetahui akan rasa kaldu dari ayam kampung ini. Namun, jika Anda pernah mencoba air kaldu rebusan dari ayam kampung ini, dijamin Anda akan ketagihan untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan kandungan obat-obatan dan juga pestisida pada ayam kampung memang tidak ada.

Protein lebih tinggi

Kandungan protein yang terdapat di dalam ayam kampung memmang lebih tinggi yakni sekitar 37,9 dibandingkan dengan ayam negeri yang hanya memiliki kandungan protein sebanyak 37. Tingginya kandungan protein yang dengan 19 jenis asam amino tentunya memiliki peran yang sangat baik untuk tubuh.

Lemak lebih sedikit

Tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan lemak yang ada pada ayam kampung memang lebih sedikit dibandingkan dengan ayam negeri. Inilah mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi ayam kampung dibandingkan dengan ayam negeri. Tidak dapat dipungkiri bahwa kadar lemak yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit.

Kandungan toksin lebih sedikit

Tidak seperti ayam negeri yang diberikan vaksin dan juga obat-obatan dengan bahan kimia. Ayam kampung justru memiliki kandunga toksin yang lebih sedikit. Jika pada ayam negeri diberikan suntikan hormon, pestisida dan antibiotik untuk melawan kuman. Untuk ayam  kampung sendiri tidak memerlukan jenis antibiotik tersebut karena memiliki sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Gizi Ayam Kampung dan Ayam Negeri

Meskipun memiliki perbedaan dalam hal kebiasaan hidup dan juga lingkungan. Namun, sebenarnya kandungan gizi yang terdapat di dalam ayam negeri memang sangat diperlukan untuk pemenuhan asupan gizi dan juga nutrisi kita sehari-hari. Ayam negeriu memiliki kandungan protein, vitamin ( vitamin A dan vitamin B) serta mineral ( zat besi, fosfor, zinc, kalium, kalsium dan tembaga).

Hal yang membedakan kandungan gizi ayam kampung dengan ayam broiler yakni kandungan lemak yang ada di keuda jenis ayam tersebut.

Ayam Negeri (Broiler)

Energi = 295

Protein = 37

Lemak = 14,7

Ayam Kampung

Energi = 246

Protein = 37,9

Lemak = 9

Jadi dapat disimpulkan bahwa ayam, negeri dan juga ayam kampung memang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang sama. Hanya yang membedakan dari kedua jenis ayam ini ada pada kandungan lemak dimana ayam negeri memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam negeri. Tidak heran jika banyak orang yang sering mengonsumsi daging ayam broiler ini cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih besar.

Kandungan lemak yang lebih besar pada ayam negeri tentunya tidak bisa lepas dari berbagai suntikkan hormon ketika di peternakan. Nah, suntikkan hormon yang diberikan kepada ayam broiler ini memiliki potensi kandungan lemak pada ayam ini memang lebih besar. Sedangkan, kulit ayam broiler memang lebih tebal, kandungan lemak yang terdapat di dalam kulit ayam broiler ataupun ayam kampung memang lebih besar. Setidaknya memiliki kandungan kalori lebih besar dibandingkan daging tanpa kulit.

Manakah Daging Yang lebih Sehat?

Dari kedua jenis ayam tersebut tentunya kita sudah bisa memastikan jenis ayam manakah yang lebih sehat. Meskipun kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada di dalam kedua jenis ayam ini sama, namun tentu terdapat perbedaan dalam tingkat kesehatannya. Kedua jenis ayam tersebut memang sumber protein yang terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, dikarenakan proses pemeliharaan dan juag perawatan yang berbeda, maka berbeda pula akan tingkat kesehatan pada kedua jenis ayam tersebut.

Seperti halnya suntik hormon dan juga antibiotik yang dilakukan kepada ayam negeri. Maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya sehingga daging ayam negeri cenderung lebih berbahaya. Beberapa jenis hormon yang disuntikkan kepada ayam negeri diantaranya hormon steroid berupa progesteron, testosteron dan estrogen. Sedangkan untuk manusia, jenis hormon tersebut dibutuhkan untuk mengatur dan menyeimbangkan hormon pada sistem reproduksi. Maka dari itu, mengonsumsi daging yang mengandung hormon bisa berdampak buruk pada kesehatan sistem reproduksi.

Setelah kita mengetahu masing-masing karakter dari kedua jenis ayam tersebut. Tentunya sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan kembali akan jenis daging ayam manakah yang akan Anda konsumsi. Meksipun kedua jenis ayam tersebut memiliki manfaat yang sama, namun tetap saja Anda harus harus memilih satu jenis ayam yang akan sering Anda konsumsi. Hal ini tentunya untuk kebaikan dan juga kesehatan tubuh Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Inilah Manfaat Menakjubkan Dari Teh Hitam Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Berbagai bahan alami tentunya memiliki manfaat yang tentu tidak kalah dengan bahan yang diproduksi oleh pabrik (factory product). Ternyata bahan alami yang kita temui sehari-hari mempunyai khasiat yang tidak dapat diabaikan. Ketidaktahuan kita akan hal tersebut memang wajar mengingat kita dihadapkan pada satu kondisi dimana kita lebih memilih menggunakan bahan yang diproduksi dibandingkan dengan bahan alami. Selain lebih mudah untuk didapatkan, produksi pabrik juga memang sangat praktis untuk digunakan.

Seeprti salah satu bahan alami yang kerap dijadikan sebagai media untuk refleksi ini yakni teh hitam. Mungkin konsumsi teh hitam di Indonesia sudah mencapai angka yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan teh hitam bisa dijadikan berbagai produk olahan dan memiliki beragam jenis. Namun, tidak sedikit pula orang yang bahkan anti untuk minum teh atau tidak ada keinginan untuk mengonsumsi teh.

Padahal banyak orang yang tidak tahu bahwa teh ternyata mengandung zat dan senyawa yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Teh hitam ini digadang-gadang sebagai senior teh sama halnya dengan teh hijau. Bila dilihat dari manfaat tentunya teh hitam mengandung zat yang hampir sama dengan teh hijau. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa manfaat teh hitam yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak.

Apa Itu Teh Hitam

Sebelum kita mengetahui akan manfaat dari teh hitam, mungkin tidak lengkap rasanya jika kitya tidak membahas terlebih dahulu mengenai apa itu teh. Teh yang kita kenal sekarang ini ialah salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang atau mungkin setara dengan konsumsi kopi di Indonesia. Bagi orang Cina ada sebuah anggapan bahwa lebih baik tidak makan dibandingkan dengan meminum teh bahkan satu haripun.

Teh memang memiliki beragam jenis diantaranya teh hijau, teh hitam dan juga teh putih. Jenis minuman herbal ini pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat di Cina dan Jepang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu teh mengalami penyebaran hampir ke seluruh dunia terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Mengenai jenis teh tetunya ada banyak perbedaan antara teh hitam dan juga teh hijau. Namun, keduanya memang memiliki manfaat yang tidak bisa diabaikan.

Seperti yang kita tahu bahwa teh hitam yang banyak beredar di pasaran telah diolah terlebih dahulu dengan cara dikeringkan dan diproses melalui fase oksidasi agar menghasilkan warna dan juga rasa yang cukup khas. Singkatnya, teh hitam berasal dari jenis Camellia sinensis. Teh hitam ini memang berasal dari daun teh hijau. Namun, teh hitam dihasilkan dari proses oksidasi dengan cara di panaskan dan juga disortir kualitasnya. Proses oksidasi inilah yang menjadikan teh hijau ini menjadi warna hitam.

Kandungan Di Dalam Teh Camellia Sinensis

Di dalam kandungan teh hitam tentunya terdapat zat dan juga senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Subtansi fenol

Kandungan di dalam teh hitam yang pertama ialah subtansi fenol yang dominan dengan polifenol yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, teh hitam juga mengandung flanovol yang hampir sama dengan polifenol.

Enzim

Zat selanjutnya yang ada di dalam teh hitam ialah enzim dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi. Beberapa senyawa enzim yang ada di  dalam daun teh diantaranya amilase, invertase, protase, oksimetilase, B-glukosidase dan peroksidase.

Subtansi aromatik

Salah satu kandungan yang ada di dalam teh Camellia Sinesis yang paling penting ialah untuk menentukan tingkat kualitas teh tergantung dari aroma dan juga rasanya. Aroma teh seperti pigmen teh dapat muncul dari oksidasi senyawa katekin dengan adanya bantuan enzim.

Komponen bukan fenol

Subtansi bukan fenol di dalam teh tentunya terdiri dari pektin, klorofil, alkaloid dan karbohidrat. Selain itu senyawa di dalam teh hitam juga terdapat asam amino, resin, mineral, vitamin dan juga asam organik. Seluruh senyawa ini tentunya dapat memperkaya kandungan teh dan juga memberikan rasa teh yang sangat unik dan juga khas.

Manfaat Teh Hitam

Meskipun memang teh memiliki beragam jenis yang tentunya mempunyai khasiat yang sangat besar. Namun, apda pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat dari salah satu satu jenis teh yaitu teh hitam. Manfaat teh hitam tentunya dibagi menjadi beberapa segi diantaranya segi kesehatan dan juga kecantikan.

Segi Kesehatan

Untuk segi kesehatan teh hitam memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa Anda abaikan. Hal ini dikarenakan teh hitam kerap dijadikan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat teh hitam yang tidak banyak diketahui oleh sebagian besar orang, diantaranya:

Untuk Sistem Syaraf

- Meminum teh secara teratur tentunya mampun menenangkan syaraf Anda. Selain itum teh hitam yang rutin dikonsumsi bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, berenergi dan juga membuat pikiran kita tenang. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi teh hanya untuk mendapatkan manfaat rileksasi dari teh. Teh hitam juga bisa memberikan aura positif bagi tubuh untuk lebih bersemangat dalam menjalani hari yang menyenangkan.

- Teh hitam juga memiliki kemampuan kinerja dalam mengatur sistem peredaran darah serta saraf yang bekerja lebih maksimal. Teh hitam juga menjadi satu alternatif bagi Anda yang sering mengalami pola tidur yang tidak teratur dan juga sering insomnia. Selain itu, kandungan yang ada di teh hitam juga bisa memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

- Teh hitam juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga hubungan antara sistem saraf dengan pusat otak. Hal ini tentunya akan mampu meningkatkan konsentrasi belajar dan juga tingkat kecerdasan Anda.

Untuk Sistem Metabolisme Tubuh

- Untuk sistem metabolisme tubuh, tentunya teh hitam memiliki manfaat yang sangat baik dalam mendukung sistem metabolisme tubuh. Dimana teh hitam berfungsi untuk mengontrol kadar gula di dalam darah yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Proses ini tentunya tidak bisa lepas dari kemampuan teh hitam dalam memperbaiki kinerja sehingga memaksimalkan produksi insulin di dalam tubuh.

- Mengonsumsi teh hitam secara teratur tentunya bisa menekan perasaan lapar lebih lama sehingga mencegah penyerapan kalori yang berlebih sehingga tidak ada lagi lemak yang menumpuk dan tertimbun di dalam tubuh. Inilah mengapa teh kerap dijadikan sebagai bahan alami dalam mendukung program diet.

Untuk Sistem Pencernaan

- Teh hitam mengandung tanin, katekin, dan juga fluorid yang terbukti ampuh dalam memerangi adanya potensi gejala kankder mulut, mencegah terjadinya plak ataupun sakit gigi, mengurangi potensi timbulnya bau mulut dan juga menjaga sistem email gigi agar tetap kuat. Dengan begitu mulut dan juga gigi akan memproses makanan yang masuk ke dalam mulut agar hancur sempurna sehingga memudahkan dalam menghancurkan makanan.

- Meminum teh hitam ternyata mampu meredakan diare dikarenakan kandungan di dalamnya yang mendorong keluarnya semua mikroorganisme sebagai penyebab diare sehingga mereka tidak akan berlama-lam untuk ada di dalam usus.

Untuk Sistem Reproduksi Wanita

- Bagi wanita yang rutin untuk meminum teh hitam tentunya akan meningkatkan kesuburan di dalam sistem reproduksi tubuh sehingga akan semakin terjaga dan juga semakin meningkat.

- Teh hitam juga bisa dikonsumsi secara rutin bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil agar mendapatkan keturunan dengan mudah.

Untuk Sistem Respirator

- Teh hitam juga akan sangat mudah untuk digunakan sebagai obat untuk nyeri tenggorokan. Alangkah baiknya jika Anda meminum seduhan teh hitam untuk melegakan tenggorokan agar dapat sembuh seperti sediakala.

- Teh hitam juga memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi mikroorganisme yang sangat berbahaya dan juga mengancam organ paru-paru layaknya yang terjadi pada gejala pneumonia.

- Teh hitam juga mampu merileksasi sistem saraf ataupun otot sehingga akan meringankan keluhan asma yang Anda miliki.

Untuk Sistem Kardiovaskular

- Meminum teh hitam tentunya dapat menetralkan tekanan darah yang ada pada diri seseorang sehingga memiliki kecenderungan pada keluhan hipertensi jika diminum secara rutin dan teratur.

- Teh hitam juga mampun menurunkan risiko terjadinya serangan penyakit stroke ataupun jantung koroner. Selain itu, teh hitam juga menjaga saluran kardiovaskular mulai dari pembuluh darah yang tekanannya sampai pada kinerja jantung dan juga memompa darah.

- Mengonsumsi teh secara rutin antara 1-2 cangkir per hari tentunya akan mampun menurunkan kadar kolesterol di dalam darah hingga 46%. Jika dosis ditambah sampai 4 cangkir, maka prosentasi eliminir kolesterol darah akan mencapau 68% berdasarkan hasil penelitian.

- Kandungan teh hitam juga memiliki manfaat yang cukup dalam membersihkan pembuluh darah dari berbagai flak lemak jahat sehingga aliran darah akan berjalan lebih lancar sehingga kinerja jantung akan lebih ringan.

Untuk Sistem Imunitas Tubuh

- Mengonsumsi teh hitam tentunya mampu melawan virus penyebab flu. Berbagai keluhan seperti hidung tersumbat, kepala pening, lidah terasa pahit, dan juga sakit tenggorokan gatal. Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat di dalam kandungan teh hitam.

- Teh hitam juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu sistem pertahanan tubuh serta mengatasi peradangan dan juga infeksi ataupun iritasi yang umumnya terjadi pada permukaan kulit.

- Kandungan manfaat antioksidan di dalam teh hitam tentunya sangat tinggi akan membantu sistem pertahanan untuk melawan ancaman mikroorganisme berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Mikroorganisme ini tentunya dapat berasal dari golongan bakteri, virus dan juga jamur.

Untuk Sistem Rangka Gerak

- Teh hitam memiliki kandungan yang sangat ampuh dalam mengatur kadar asam urat di dalam aliran darah pada batas normal. Hal ini tentunya akan terhindar dari risiko pegal-pegal ataupun peradangan di dalam persendian.

- Meminum teh hitam tentunya berpotensi dalam melindungi Anda dalam keropos tulang yang nantinya akan melemahkan anggota gerak tubuh Anda serta terhindar dari peluang besar terkena penyakit osteoporosis.

- Minum teh secara teratur tentunya akan menjaga kesehatan tulang dan juga ancaman dari mikroorganisme perusak tulang sehingga kesehatan tulang akan senantiasa terjaga.

Untuk Sistem Ekskresi

- Minum teh hitam secara rutin tentunya mampu membersihkan segala racun yang ada di dalam tubuh melalui urin ataupun feses. Hal ini dikarenakan teh merupakan zat diuretik yang dapat merangsang untuk sering berkemih. Namun, jika diiringi dengan minum air putih tentunya akan mencukupi racun di dalam tubuh yang akan dibersihkan dan juga dibuang secara maksimal.

Segi Kecantikan

Untuk segi kecantikan tentunya ada beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan dari teh hitam ini untuk perawatan kulit wajah dan juga tubuh, diantaranya:

Wajah

Untuk wajah tentunya teh hitam dimanfaatkan untuk beberapa bagian seperti kulit wajah, mata, bibir dan juga masalah kulit lainnya.

  • Mata

Teh hitam tentunya memiliki manfaat untuk menyegarkan mata, menghilangkan sembab serta lingkar mata. Cukup dengan menempelkan pada kedua kelopak mata dari dua bekas seduhan teh hitam. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kemudian angkat dan pastikan mencuci muka sebelum atau setelah mengaplikasikan kantong teh pada mata.

  • Jerawat

Masalah kulit yang satu ini memang kerap menjadi masalah kulit yang sangat menganggu dan membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Untuk menggunakanteh hitam sebagai cara untuk menghilangkan jerawat dan juga bekas jerawat bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Cuci wajah dengan air sampai bersih

- Keringkan wajah dengan menggunakan handuk lembut

- Lalu, tempelkan ampas teh hitam ke seluruh wajah terutama wajah yang berjerawat.

- Biarkan beberapa saat hingga teh tersebut kering

- Setelah itu bilas dengan menggunakan air hingga bersih

Kandungan antioksidan di dalam teh hitam tentunya akan mampu melawan perkembangbiakan bakteri sehingga jerawat akan lebih cepat kering dan mereda.

  • Kulit wajah

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan juga lembut serta terhindar dari kerutan akibat radikal bebas, tentunya Anda cukup dengan menggunakan ampas seduhan teh hitam untuk masker. Setelah itu, tunggu sampai kurang dari 30 menit, kemudian pastikan Anda untuk selalu mencuci bersih dan mengeringkan wajah sebelum dan setelah mengaplikasikan.

  • Bibir

Untuk mendapatkan bibir lembut tentunya Anda bisa menggunakan ampas bekas seduhan teh hitam. Anda juga dapat mencuci muka serta mengeringkan muka terlebih dahulu. Lalu, aplikasikan ampas teh pada bibir Anda secara merata sambil menekan bagian bibir kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, kemudian keringkan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil bibir yang lembut dan juga optimal.

  • Rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut yang kusut dan juga susah untuk diatur. Tentunya, Anda dapat menggunakan teh hitam sebagai solusi dan juga alternatif yang lain untuk mendapatkan rambut yang memang Anda inginkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut lembut dan juga bersinar, diantaranya:

- Cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo seperti biasa dan juga bilas dengan air sampai bersih.

- Lalu, pada langkah terakhir tentunya Anda bisa mengaplikasikan seduhan dua cangkir teh hitam pekat yang sudah dingin. Anda tentunya bisa mengaplikasikan secara merata ke seluruh rambut Anda.

- Biarkan hingga beberapa saat agar teh menyerap dengan menggunakan air hingga bersih

- Rambut hitam dan berkilau tentunya bisa dapatkan dengan segera.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari teh hitam yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Obat Sariawan Alami Yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Pengganti Produk Pasaran

Mungkin banyak orang yang sering mengalami yang namanya sariawan. Ya, sariawan memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Kondisi ini tentunya membuat seseorang menjadi sangat sulit untuk makan, minum bahkan berbicara sekalipun. Tentunya Anda akan merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti ini karena sariawan akan sangat mudah Anda alami.

Sariawan pada umumnya memang terjadi di sekitar lidah, bibir dan juga sekitar mulut bagian dalam. Kondisi ini tentunya bisa muncul terutama jika Anda sedang terkena infeksi virus, stres, alergi terhadap makanan dan juga kekurangan vitamin dan juga mineral. Sistem kekebalan tubuh pada orang yang terkena sariawan tentu sangat bermasalah, siklus menstruasi, luka di mulut, dan juga lidah ataupun dinding mulut tergigit.

Sariawan memang termasuk ke dalam salah satu penyakit yang sangat sulit untuk diatasi. Hal ini dikarenakan penyakit sariawan memang susah susah gampang untuk diobati. Jika Anda memang sembarangan dalam memberikan obat untuk mengobati sariawan tentunya penyakit ini akan semakin sulit untuk disembuhkan. Terlebih banyak sekali obat sariawan yang beredar di pasaran yang tentunya tidak dapat dipertanggungjawabkan akan keamanannya. Untuk itu, kami sajikan beberapa obat sariawan alami yang tentu bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengobati penyakit sariawan.

Obat Sariawan Alami

Sariawan memang kerap dikaitkan dengan adanya masalah yang terjadi pada lidah dah juga mulut. Gangguan penyakit ini tentunya disebabkan oleh terkenanya infeksi virus, alergi terhadap makanan, kekurangan vitamin dan juga mineral bahkan juga faktor cuaca. Sariawan juga bisa disebabkan oleh adanya penurunan sistem kekebalan tubuh, luka pada mulut, serta lidah yang tidak sengaja tergigit. Pada beberapa wanita sariawan juga bisa disebabkan atau berhubungan dengan siklus menstruasi.

Jika sariawan cukup parah tentunya penyakit ini akan cukup lama hingga beberapa minggu lamanya serta meninggalkan bekas luka. Namun juga, sariawan akan hilang dan juga sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 10 sampai 14 hari. Kondisi ini tentunya membuat sebagian besar orang yang terkena sariawan menjadi cukup kesulitan untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Hal ini dikarenakan penyakit sariawan memang cukup sulit untuk diatasi.

Akan tetapi, Anda jangan sampai menyerah karena banyak sekali obat-obat alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengobati sariawan. Beberapa bahan alami memang kerap dijadikan sebagai obat untuk mengobati sariawan. Berikut ini kami sajikan beberapa obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan sekarang juga.

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Meskipun memang sariawan bukan termasuk pada salah satu penyakit yang cukup serius. Namun, sariawan akan sangat mengganggu karena rasa sakit yang timbul dari penyakit ini juga tidak bisa diabaikan. Sariawan kerap mengganggu aktivitas kita sehari-hari terlebih ketika kita sedang mengonsumsi makanan. Untuk itu, jika kita terserang yang namanya penyakit sariawan memang sangat penting bagi kita untuk mengobatinya bahkan dengan cara alami sekalipun. 

Lantas, obat apakah yang memang aman digunakan untuk mengobati penyakit sariawan ini? Bagaimana cara menyembuhkan sariawan di bibir dengan cara yang alami? Yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

Minyak kelapa

Cara pertama yang dapat Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan ialah minyak kelapa. Dalam hal ini, minyak kelapa memang berfungsi untuk mengurangi adanya rasa nyeri dan juga peradangan. Cara untuk mengatasi sariawan dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup dengan mengatasi sariawan dengan mengoleskan minyak kelapa serta mengoleskan minyak kepala pada bagian mulut yang terkena sariawan tersebut. Jika tidak ada minyak kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk membantu mengatasi dan juga menghilangkan sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. Dalam hal ini tentunya air kelapa memiliki sifat mendinginkan tubuh ketika suhu tubuh Anda terasa sangat panas.

Air garam

Cara mengobati sariawan yang kedua yaitu dengan menggunakan air garam. Garam memang menjadi salah satu obat alami untuk mengobati sariawan secara alami. Air garam tentunya bisa menyembuhkan sariawan pada bibir dan juga mulut. Dalam hal ini tentunya Anda bisa menggunakan air garam untuk membantu menekan bakteri yang dapat menyebabkan sariawan.

Bawang putih

Bawang putih tentunya memiliki sifat antiseptik yang tentunya sangat berguna untuk melawan bakteri termasuk untuk mengatasi sariawan yang ada pada bibir dan juga mulut. Cara yang dapat Anda gunakan memang sangat mudah. Anda tentunya bisa memotong dan juga mengiris bawang putih yang telah dibersihkan. Tentunya, Anda juga bisa mengoleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Kunyit

Obat sariawan alami tradisional yang selanjutnya ialah kunyit. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur yang cukup khas sebagai penyedap masakan. Ternyata kunyit tentunya dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Langkah selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan dengan kunyit tentunya cukup sederhana. Anda bisa membuatnya menjadi pasta. Haluskan beberapa ruas kunyit yang telah dibersihkan secukupnya, kemudian Anda bisa mencampurkannya dengan halusan kunyit dan teh gliserin. Anda tentunya dapat menggunakan campuran tersebut untuk mengoleskan pasta kunyit ini pada bagian mulut yang sariawan.

Daun basil

Obat alami selanjutnya yang dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengobati sariawan ialah dengan menggunakan daun basil. Seperti halnya kunyit, daun basil ini juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami untuk membantu mengobati sariawan pada mulut dan juga bibir. Untuk menggunakan daun ini sebagai obat sariawan alami, tentunya Anda bisa merebus daun basil hingga mendidih. Kemudian, ambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan langkah dengan menggunakan obat ini setidaknya 1 kali sehari terlebih ketika penyakit sariawan sedang meradang.

Baking soda dan garam

Ini tentunya menjadi salah satu cara untuk mengatasi sariawan dimana baking soda dan garam memang memiliki sifat antiseptik. Namun tentunya Anda jangan heran akan rasa sakit yang ditimbulkan oleh obat ini. Sensasi rasa sakit dan juga perih tentunya akan sangat Anda rasakan ketika menggunakan obat inis sebagai cara yang alami untuk mengobati sariawan.

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat sederhana yakni dengan mencampurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta, kemudian tambahkan air secukupnya hingga merata. Anda tentunya bisa menggunakan campuran bahan tersebut sebelum mengoleskannya pada bagian mulut dan juga bibir yang terkena sariawan.

Yogurt

Yogurt tentunya menjadi salah satu jenis minuman yang tentunya memiliki banyak manfaat. Dalam hal ini juga yogurt memang digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan yogurt memang sangat membantu mengatur keseimbangan bakteri pada mulut dan juga bibir. Untuk itu, konsumsilah yogurt setiap hari ketika Anda mengalami sariawan sebagai cara untuk menyembuhkan penyakit sariawan.

Pisang dan madu

Bahan alami selanjutnya yang kerap digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan ialah dengan menggunakan pisang dan juga madu. Anda tentunya bisa menggunakan pisang dan juga madu dengan hanya mencampukannya hingga menjadi pasta. Tentunya, Anda bisa memblender atau menghaluskan pisang, kemudian tambahkan madu secukupnya hingnga berbentuk pasta pada bagian mulut yang terkena sariawan. Dalam hal ini pisang dan madu bekerja sebagai antiseptik yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati sariawan.

Minyak peppermint

Jika Anda menggunakan minyak peppermint sebagai salah satu obat yang kerap digunakan sebagai antiseptik tentunya hal tersebut sangatlah benar. Khasiat yang bisa Anda peroleh dari minyak peppermint ini yakni dapat meredakan rasa perih dan juga nyeri akibat iritasi dari penyakit sariawan. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit sariawan ini memang sangat mudah yakni dengan mengoleskan minyak peppermint ini pada bagian bibir dan juga mulut yang terserang sariawan. Anda tentunya bisa menggunakan minyak peppermint ini sebanyak 2 kali setiap harinya terutama ketika Anda mengalami penyakit sariawan.

Konsumsi buah-buahan

Jika Anda termasuk orang yang anti mengonsumsi buah-buahan tentunya tidak heran jika kerap Anda mengalami yang namanya penyakit sariawan. Dalam hal ini tentunya Anda bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin dan juga mineral seperti vitamin C dan juga vitamin B12. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti tomat, madu dan juga buah-buahan lainnya.

Cara Mencegah Sariawan

Tentunya, segala penyakit bisa dicegah tergantung apakah seorang individu tersebut mau ataukah tidak untuk melakukannya. Beberapa cara dibawah ini tentunya bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mencegah terjadinya sariawan, diantaranya:

Jaga kebersihan mulut Anda

Cara pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menjaga kesehatan bibir dan juga mulut. Cara ini tentunya bisa Anda gunakan untuk mencegah datangnya bakteri dan juga virus sebagai penyabab terjadinya sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. Menjaga kebersihan mulut tentunya bisa Anda lakukan dengan cara menyikat gigi secara teratur atau dengan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri.

Ketika menyikat gigi tentunya Anda bisa menyikat gigi perlahan-lahan dengan menggunakan sikat gigi yang cukup lembut serta bebas dari detergen. Anda tentunya bisa menyikat gigi setelah makan dan juga sebelum tidur agar bakteri dan juga kuman tidak bisa tumbuh di dalam bibir dan juag mulut Anda.

Cukupilah kebutuhan nutrisi dan juga vitamin

Tentunya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga nutrisi. Dalam hal ini tentunya memang sanagt berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan juga vitamin B12 serta vitamin lainnya. Kondisi ini tentunya untuk mencegah dan juga mengatasi sariawan pada mulut dan juga bibir. Konsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, lemon, tomat dan juga varian buah lainnya. Tentunya, bisa membantu Anda untuk memenuhi asupan vitamin pada tubuh Anda.

Hindari kebiasaan merokok

Jika Anda termasuk pada salah satu perokok aktif tentunya tidak heran jika Anda sering mengalami penyakit sariawan. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam rokok dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan. Untuk itu, Anda bisa menghindari kebiasaan merokok sehingga menjadi pemicu timbulnya sariawan pada mulut Anda.

Penuhi cairan tubuh dengan meminum air putih

Dalam hal ini tentunya Anda bisa menghindari penyakit sariawan dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Air putih memang menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk itu, konsumsi air putih secara rutin dan juga teratur sebagai cara untuk mencegah terjadinya sariawan.

Konsumsi makanan lunak

Jika Anda sedang mengalami penyakit sariawan yang meradang tentunya Anda bisa menghindari dengan mengonsumsi makanan yang lunak sehingga sangat mudah untuk ditelan, dipotong kecil-kecil, digiling dan juga dihaluskan.

Hindari makanan penyebab sariawan

Dalam hal ini tentunya Anda bisa menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan sariawan. Anda tentunya bisa menghindari makanan asin, cokelat, keripik kentang dan juga biskuit, kopi, rokok, minuman bersoda dan beralkohol, makanan terlalu panas atau terlalu dingin serta makanann dan juga minuman yang terlalu manis. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena akan menyebabkan iritasi dan juga sakit perut yang berkelanjutan.

Jangan menyentuh bibir

Jika Anda sedang mengalami sariawan yang cukup meradang, tentunya Anda sangat dilarang untuk menyentuh bibir. Hal ini tentunya dapat menganggu proses penyembuhan sehingga menyebabkan infeksi menjadi tersebar. Jika memang mulut Anda benar-benar terasa sakit dan juga perih, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sedotan untuk minum sehingga tidak langsung membuka mulut karena akan terasa sangat sakit.

Penyebab Terjadinya Sariawan

Tentunya, setiap penyakit pasti memiliki penyebab yang tentunya akan menimbulkan sariawan pada bibir dan juga mulut. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan sariawan meradang pada bibir dan juga mulut. Berikut kami sajikan beberapa penyebab sariawan di mulut yang tentu bisa Anda hindari mulai dari sekarang juga!

Kekurangan vitamin

Penyebab pertama yang bisa menimbulkan penyakit sariawan pada mulut dan juga bibir dikarenakan kekurangan vitamin. Kurangnya vitamin dan juga nutrisi tentunya bisa menyebabkan sariawan. Vitamin di sini yang tentunya diperlukan oleh bibir dan juga mulut seperti vitamin C, B12 dan juga zat besi.

Penggunaan pembersih mulut yang tidak cocok

Penyebab kedua yang bisa menjadi salah satu dari timbulnya jerawat pada bibir dan juga mulut ialah dengan menggunakan produk pembersih mulut yang tidak cocok. Dalam hal ini produk yang dimaksud ialah pasta gigi, obat kumur ataupun pembersih mulut lainnya. Dalam hal ini jika penggunaan pembersih mulut tidak cocok, bibir dan juga mulut Anda bisa iritasi sehingga akan timbul penyakit sariawan.

Daya tahan tubuh rendah

Ketika sistem kekebalan tubuh kita menurun, tentunya ini menjadi salah satu kondisi dimana Anda memang sangat rentan terserang penyakit yaitu salah satunya sariawan. Untuk mencegah penyakit tersebut, tentunya Anda bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan padas

Makanan panas dan juga pedas memang menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan pada bibir dan juga mulut Anda. dalam hal ini tentunya mengonsumsi makanan pedas dan juga panas bisa menyebabkan terjadinya sariawan pada mulut dan juga bibir Anda.

Faktor cuaca

Pada umumnya, cuaca yang cukup panas memang menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan pada tubuh Anda. Selain itu, cuaca serta lingkungan yang sangat panas bisa menyebabkan bibir dan juag mulut terasa kering sehingga memicu timbulnya penyakit sariawan.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit sariawan, penyebab penyakit sariawan serta obat sariawan alami yang terbukti ampuh sebagai cara untuk mengatasi sariawan. Semoga bermanfaat!

10+ Manfaat Kiwi Bagi Ibu Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

Ketika seorang wanita hamil tentunya membutuhkan banyak gizi dan juga nutrisi  sebagai pendukung untuk kesehatan ibu dan  juga janin di dalam kandungan. Bagaimanapun juga, ibu hamil memang membutuhkan beberapa  sumber makanan yang mengandung nutrisi yang  sangat banyak. Hal ini dikarenakan janin di dalam kandungan memang menjadi faktor utama  mengapa ibu hamil harus mengonsumsi makanan  yang bergizi.

Terlepas dari hal tersebut tentunya ini  menjadi tugas bagi kita terutama Anda yang  sedang hamil untuk senantiasa mengonsumsi  makanan yang sehat. Buah dan juga sayuran  memang sangat diutamakan untuk dikonsumsi  oleh setiap ibu hamil. Kandungan yang ada  pada buah dan sayur memang sangat mendukung  perkembangan janin di dalam kandungan.  Khususnya di Indonesia, banyak sekali beragam  jenis buah dan juga sayur yang mudah untuk  kita temui. Seperti hal yang buah kiwi yang  ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak  untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Buah kiwi memang termasuk buah yang langka di  konsumsi oleh sebagian besar orang. Namun  nyatanya, buah kiwi kaya akan kandungan  vitamin yang berguna untuk pertumbuhan janin  di dalam kandungan. Buah yang saat ini  ketenarannya sedang drastis ternyata memang  dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.  Lantas, apa saja manfaat buah kiwi bagi ibu  hamil? Yuk kita langsung simak saja penjelasannya berikut ini!

Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Buah kiwi memang terkenal dengan bentuk yang  sangat unik dan warna buah yang sangat khas.  Rasa masam khas yang dimiliki oleh buah kiwi  memang sangat cocok bagi ibu hamil. Faktanya  bahwa ibu hamil akan melewati masa ngidam  yang tentunya lebih menginginkan konsumsi  yang masam dan membuatnya segar. Daripada  mengonsumsi makanan yang tidak sehat,  alangkah baiknya jika ibu hamil mengonsumsi  buah kiwi yang sudah diketahui khasiatnya.Buah kiwi mengandung vitamin C yang memang  sangat tinggi dan berperan aktif dalam  mendukung perkembangan janin di dalam  kandungan.

Tidak heran jika buah kiwi banyak  dicari oleh banyak wanita hamil yang tentu  menggugah selera. Sebagian besar ibu hamil  lebih memilih membuat jus dibandingkan dengan  mengonsumsinya secara langsung atau dicampur  dengan salad. Hal ini dikarenakan rasa buah  kiwi akan lebih lezat dengan dicampur dengan  menu makanan lain. Bagaimanapun cara penyajian Anda dalam  mengonsumsi buah kiwi, hal yang paling  penting untuk Anda ingat bahwa buah kiwi  memang sangat baik untuk kehamilan Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat yang  diberikan oleh buah kiwi, berikut kami  sajikan beberapa manfaat buah kiwi bagi ibu hamil. Simak selengkapnya di bawah ini:

Membantu Kekebalan Tubuh

Wanita yang tengah hamil tentunya rentan terhadap virus dan juga bakteri penyebab sakit. Tentunya, ini menjadi tugas yang paling penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya bagi ibu,kesehatan juga memang perlu diperhatikan bagi bayi. Alangkah baiknya jika ibu hamil jangan mudah sakit di masa kehamilan karena akan berisiko cukup tinggi.

Untuk meminimalisir kondisi ibu hamil, tentunya dibutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang cukup bagi ibu hamil. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin, Anda tentunya bisa mendapatkan manfaat dari buah kiwi. Bagaimanapun juga buah kiwi memang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dengan sangat mudah. Hal ini tentunya buah kiwi bekerja untuk menambah dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

Melindungi DNA

Selain menjaga kekebalan tubuh ibu hamil, ternyata buah kiwi juga memiliki manfaat yang cukup banyak dalam melindungi DNA pada janin. Di dalam buah kiwi tentunya mengandung antioksidan dimana kandungan ini memang sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan antioksidan yang ada pada buah kiwi dapat melindungi DNA pada janin. Selain itu, penelitian menyatakan bahwa buah kiwi dipercaya dapat mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah kiwi di masa-masa kehamilan Anda.

Melancarkan pencernaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil kerap mengalami yang namanya sembelit. Banyak ibu hamil yang mengalami pencernaan yang tidak lancar. Bagaimana juga, kondisi ini memang sangat tidak baik bagi ibu hamil dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Untuk mengatasi masalah pencernaan ketika hamil tentunya Anda dapat mengolah buah kiwi menjadi jus atau dapat juga dicampur menjadi olahan salad dan juga toping kue.

Mengatur berat badan

Kondisi penambahan berat badan memang kerap dialami oleh ibu hamil. Biasanya ibu hamil mengalami penambahan berat badan secara drastis, namun ada juga yang tidak mengalami penambahan berat badan yang cukup drastis. Kenaikan berat badan yang dialami oleh ibu hamil memang sangat wajar, akan tetapi jika terlalu gemuk menjadi hal yang tidak normal. Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan masalah dan juga gangguan kesehatan lainnya.

Memang sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga berat badan tetap stabil. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan diet yang sehat, bukan berarti menurunkan berat badan, namun menjaga berat badan tetap stabil. Buah kiwi mengandung indek glikemiks yang cukup rendah dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Hal ini tentunya dapat mengikat lemak lebih banyak sehingga dapat membuat tubuh tidak mudah gemuk dan juga tidak mudah kurus.

Mengatasi rasa mual

Rasa mual yang kerap menyerang ibu hamil memang terbilang wajah. Namun, perlu Anda tahu bahwa mual yang berkepanjangan dapat membuat tubuh ibu hamil lemas. Jika dibiarkan ibu hamil akan mengalami dehidrasi yang tentunya sangat tidak baik bagi perkembangan janin. Untuk itu, alangkah baiknya jika ibu hamil mengatasi rasa mual dalam masa kehamilan.

Rasa mual terjadi karena tubuh mulai menyesuaikan perubahan yang terjadi. Kondisi ini tentunya bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi buah kiwi yang dapat mengatasi rasa mual ketika sedang hamil. Vitamin B yang ada pada buah kiwi memang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk menghilangkan rasa mual ketika sedang hamil.

Mengatasi masalah kulit

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil akan mengalami masalah pada kulit. Hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon. Tidak heran jika ketika hamil, Anda akan mengalami yang namanya jerawat, bintik hitam, komedo dan juga masalah kulit lainnya. Terlebih ketika sedang hamil, ibu jangan menggunakan kosmetik apapun agar tidak terkena zat kimia yang cukup berbahaya.

Maka dari itu, Anda tentunya dapat mengatasi masalah pada kulit dengan mengonsumsi buah kiwi. Kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada buah kiwi memang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit ibu hamil.

Mencegah stroke

Penyakit stroke pada ibu hamil tentunya terus meningkat. Kondisi ini tentunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yaitu Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dapat meningkat dari tahun ke tahun. Stroke tentunya rentan menyerang ibu hamil yang mendapatkan sakit jantung, obesitas dan juga tekanan darah tinggi. Jika Anda memakan buah kiwi, sedikitnya dapat membantu melancarkan peredaran darah dikarenakan kiwi mengandung antioksidan yang alami seperti polifenol.

Mencegah katarak

Buah kiwi ternyata dipercaya dapat mencegah terserang penyakit katarak. Meskipun memang jarang terjadi, namun ibu hamil memang sangat rentan untuk mengalami permasalahan pada mata ketika sedang hamil. Untuk itu, Anda tentunya harus menghindari terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan. Untuk mencegahnya, tentunya Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kiwi ketika sedang hamil.

Menjaga kesehatan syaraf janin

Selain mencegah katarak. buah kiwi juga dapat dikatakan sebagai sumber makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak asam folat di dalamnya. Dalam hal ini tentunya asam folat dapat dikatakan sebagai kelompok vitamin B. Jika Anda mengonsumsi buah kiwi ketika hamil, Anda tentunya dapat mengurangi risiko bayi yang mengalami cacat syaraf ketika lahir. Untuk mencegah hal tersebut, tentunya Anda dapat memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg perharinya. Setidaknya dalam 100 gram buah kiwi terdapat sekitar 25 mcg asam folat yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Meningkatkan metabolisme

Di dalam buah kiwi tentunya mengandung vitamin C dan juga mineral elektrolit. Untuk itu, tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil tubuh akan mengalami dehidrasi dikarenakan aktivitas yang cukup menguras tenaga dan juga cepat lelah. Dengan mengonsumsi buah kiwi tentunya Anda dapat menghindari dari terjadinya dehidrasi ketika sedang hamil.

Mengambil manfaat dari buah yang memiliki rasa yang khas tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Buah kiwi tentunya dapat dijadikan sebagai cara dan juga alternatif untuk mencegah beberapa kondisi dan juga gangguan-gangguan yang terjadi dalam masa kehamilan. Itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi ibu hamil yang harus kita dapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Makanan Otak Agar Lebih Cerdas dan Fokus

Pernahkah Anda mengalami gagal fokus pada aktifitas yang sering Anda lakukan? Apakah Anda termasuk orang yang mudah kehilangan fokus atau sulit berkonsentrasi? Apakah Anda tiba-tiba merasa bahwa kinerja otak Anda menjadi menurun?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tentunya ada pertanyaan yang akan ditujukan kepada Anda kembali. Seperti, apakah Anda memberikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk otak Anda? Apakah Anda selalu melatih otak Anda agar bekerja dengan baik? Atau Seberapa maksimalkah Anda dalam melatih otak Anda? Justru, pertanyaan tersebut yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Memiliki otak yang cerdas dan juga fokus tentu impian setiap orang. Otak yang fokus tergantung dari bagaimana kita memperlakukan otak kita dengan baik. Seperti yang kita tahu bahwa otak memegang peranan yang sangat penting untuk hidup kita dimana otak merupakan pusat pengendali apa yang kita lakukan. Apapun yang kita lakukan akan berdampak langsung pada kinerja otak kita. Baca juga: Hati-Hati! Kebanyakan Tidur Siang Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

 

Makanan Otak Agar Lebih Cerdas dan Fokus

Entah percaya atau tidak, ternyata cepat atau lambatnya kinerja otak dipicu oleh berbagai hal, tidak terkecuali oleh makanan. Tentunya, apapun yang masuk ke dalam tubuh kita akan sangat mempengaruhi kinerja otak kita. Makanan yang bergizi dan juga bernutrisi yang kita berikan pada tubuh kita sangatlah penting dan akan berdampak langsung pada oksigen dan juga darah di dalam tubuh yang menuju ke otak. Selain itu, makanan merupakan sumber energi yang akan kita gunakan untuk melakukan aktifitas kita sehari-hari.

Memberikan gizi dan nutrisi pada otak juga dapat dilakukan oleh orang yang melakukan diet. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan jika Anda tengah melakukan diet. Pastikan Anda untuk melakukan diet yang sehat sehingga apapun nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda bukan menjadi bumerang bagi Anda yang nantinya akan merusak pola diet Anda.

Tentunya, bukan berarti semua makanan yang kita makan adalah sumber nutrisi bagi otak. Terdapat beberapa makanan yang justru akan menghambat kinerja otak kita. Beberapa makanan dan minuman di bawah ini dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak lebih baik sehingga otak lebih cerdas dan juga fokus, diantaranya:

Cokelat Hitam

Makanan otak yang pertama yang dipercaya dapat membuat otak lebih cerdas dan juga fokus, tidak lain adalah cokelat hitam. Seperti yang kita tahu bahwa cokelat merupakan jenis makanan favorit bagi sebagian besar orang, terutama bagi kita yang beriklim tropis. Kandungan yang terdapat di dalam cokelat ternyata dapat membuat kinerja otak menjadi lebih fokus sehingga Anda dapat berkonsentrasi dengan baik.

Setidaknya, cokelat hitam mengandung energi 540 kkal, lemak 53 gram, fosfor 446 mg, kalsium 98 mg, karbohidrat 14 % dan juga vitamin A 60 Sl. Cokelat juga mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama otak. Selain itu, cokelat juga bermanfaat untuk tubuh diantaranya sumber energi, kesehatan mata, antioksidan, menjaga kesehatan tulang, juga dapat meningkatkan mood.

Hal ini terbukti dari sebuah studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli pada tahun 2015, ia menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan sebanyak 60% kakao, maka dipercaya dapat membuat otak lebih fokus dan juga waspada. Untuk itu, konsumsi cokelat hitam dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan hal-hal berbahaya lainnya. Lihat juga: Ketahui Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita Secara Lengkap

Kopi

Jenis minuman yang satu ini dapat dibilang menjadi minuman yang favorit hampir setiap orang. Kopi juga merupakan jenis minuman yang selalu dikonsumsi oleh sebagian besar orang layaknya air putih. Mulai dari bangun pagi sampai akan tidur lagi, pastinya orang tidak akan bisa dipisahkan dengan jenis minuman yang satu ini.

Sepertinya kopi dipercaya dapat membuat orang yang mengantuk menjadi melek kembali. Hal ini tentu benar adanya bahwa efek kopi dapat meningkatkan kinerja otak sehingga otak lebih fokus dan juga konsentrasi. Tidak sedikit orang yang mampu mengerjakan sesuatu sampai larut malam asalkan ditemani dengan secangkir kopi.

Kopi merupakan jenis minuman yang mengandung kafein yang manfaatnya dapat meningkatkan kinerja dan juga mempertajam konsentrasi dan fokus pada memori otak Anda. Seperti sebuah studi yang dilakukan oleh Florian Koppelstatter yang menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan aktifitas otak dalam hal perencanaa, konsentrasi, perhatian dan juga pemantauan.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi kafein karena hal ini justru akan membuat Anda tidak bisa tidur sehingga akan menimbulkan efek lain seperti insomnia ataupun kesehatan tubuh Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari.

Teh Hijau

Tentuya, Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Teh hijau mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tidak heran jika teh hijau dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengobati penyakit tertentu seperti jantung, kanker dan juga stroke.

Minuman yang dikenal sebagai sumber relaksasi ini ternyata dapat meningkatkan fungsi kerja otak lebih baik. Hal ini dikarenakan bahwa teh hijau dapat mempengaruhi kinerja otak dalam merespon apapun yang kita akan lakukan. Diketahui bahwa peningkatan antara korteks frontal otak dan lolubus parientalis superior kanan berkolerasi dengan sangat baik.

Maka tidak heran jika teh hijau dapat membantu Anda agar lebih fokus dan juga berkonsentrasi dengan baik. Teh hijau juga mengandung kafein yang tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi dan juga asam amino theanine yang dapat meningkatkan daya kerja otak Anda.

Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang berbentuk sereal yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum dan juga jagung yang kaya akan vitamin yang memang diperlukan oleh tubuh. Kita sering mengenal bahwa oatmeal digunakan sebagai menu makanan yang biasa dimasukkan pada daftar diet seseorang. Ternyata, selain makanan yang baik untuk program diet, oatmeal juga sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama otak.

Oatmeal mengandung sumber vitamin B, vitamin E, karbohidrat, zinc dan juga serat yang tinggi termasuk protein, zat fosfor, magnesium dan juga thiamin yang berperan dalam memproduksi energi yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Oatmeal merupakan jenis makanan yang rendah kalori sehingga sangat dianjurkan untuk penderita diabetes dan juga penyakit jantung. Oatmeal dapat mempertahankan memori otak  jangka pendek sehingga akan terus teringat dalam waktu yang cukup lama.

Air putih

Tentu saja tidak ada keraguan akan khasiat minuman yang satu ini. Minuman yang kerap kita konsumsi hampir setiap hari tentu akan memberikan manfaat yang tidak dapat kita abaikan. Faktanya, lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air yang dapat meningkatkan kinerja otak dan juga sistem saraf pada otak.

Tidak heran jika orang yang kurang asupan air putih sering kehilangan fokus, sakit kepala, kelelahan, tidur terganggu dan juga daya ingat yang menurun. Air putih merupakan jenis minuman yang sangat mudah kita dapatkan setiap hari. Untuk itu, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi air putih dengan cukup. Setidaknya konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 10 Efek Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan

Telur

Jenis makanan otak agar lebih cerdas dan fokus tidak lain ialah telur. Telur kaya akan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jenis makanan ini memang sangat mudah untuk kita olah baik simpel maupun ribet.  Jenis makanan ini terbilang murah dan juga mudah untuk kita dapatkan.

Seperti studi yang sudah dilakukan bahwa telur mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Selain itu otak juga mempengaruhi daya ingat, suasana hati dan juga fokus serta dapat menjaga selaput otak menjadi lebih sehat. Telur mengandung kolin, kalori rendah serta vitamin yang tinggi sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Pisang

Buah yang satu ini sudah umum kita tahu dan merupakan buah yang sangat murah dan mudah kita temukan, terlebih di Indonesia. Jika Anda ingin kinerja otak Anda menjadi lebih baik dan juga lebih meningkat. Untuk itu, Anda jangan segan-segan untuk mengonsumsi pisang sebagai buah cemilan Anda setiap harinya.

Buah pisang mengandung vitamin dan juga potassium yang dapat mengurangi penggumpalan darah di dalam otak sampai 21%. Kandungan mineral yang terdapat pada pisang selain dapat mengoptimalkan kinerja otak juga dapat mengurangi depresi dan juga tekanan darah di dalam tubuh.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa sekolah yang menemukan bahwa siswa yang makan pisang sebelum ujian akan memiliki daya ingat dan juga konsentrasi yang cukup tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mengonsumsinya.

Alpukat

Buah yang kaya akan asam folat ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan pada otak. Alpukat mengandung lemak yang sehat yang disebut dengan monosaturated yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Kandungan lain yang terdapat di dalam alpukat diantaranya vitamin C, vitamin B dan vitamin K juga asam folat yang dapat mencegah terjadinya pembekuan di dalam otak.

Buah alpukat tentunya membantu proses penyerapan nutrisi pada tubuh. Ditambah dengan antioksidan di dalam alpukat yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker dan juga mencegah penuaan dini. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin meningkatkan kinerja otak agar lebih baik dan fokus dalam segala hal.

Blueberry

Memang buah ini jarang dijadikan sebagai daftar buah yang sering di konsumsi oleh sebagian besar orang. Blueberry dapat dikatakan sebagai jenis buah yang paling sehat diantara buah lainnya dikarenakan beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah yang kaya akan vitamin K, vitamin C juga antioksidan ini memang dipercaya dapat meningkatkan memori yang terdapat pada otak sehingga akan lebih diingat.

Beberapa studi mengatakan bahwa rajin mengonsumsi blueberry dapat mencegah serangan penyakit Parkinson dan juga Alzheimer. Kadar asam garlic di dalam blueberry dapat mencegah kita dari efek negatif stres juga melindungi sel-sel di dalam otak yang tentu sangat penting bagi otak kita. Selain itu, blueberry juga dapat meningkatkan kognitif Anda dan juga membantu interaksi antar neuron.

Ikan Salmon

Jenis ikan ini  yang berasal dari laut ini ternyata dipercaya dapat meningkatkan kekuatan otak dalam mengingat memori dan juga konsentrasi pada otak kita. Ikan ini merupakan jenis ikan yang kaya akan kandungan DHA (DocosaHexaenoic Acid), asam lemak dan juga omega-3.

Kandungan omega-3 yang terdapat pada salmon tentunya dapat meningkatkan konsentrasi pada fungsi otak sehingga siapapun akan fokus akan hal yang akan dilakukannya. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu seseorang dari terkena resiko penyakit jantung dan juga gangguan depresi.

Kacang Kenari dan Almond

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kacang kenari dan juga kacang almond dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Kacang kenari merupakan jenis kacang yang mengandung kadar polifenol yang sangat tinggi. Kandungan polifenol pada kacang kenari merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari molekul-molekul yang dapat merusak jaringan. Kacang kenari disebut sebagai makanan otak yang memang memiliki peran yang cukup penting dalam membantu fungsi sel-sel otak untuk bekerja secara maksimal sehingga Anda akan lebih cerdas dan dapat berpikir dengan cepat.

Sedangkan kacang almond merupakan jenis kacang yang termasuk ke dalam jenis sayuran sekaligus buah yang dapat memenuhi kebutuhan dasar tubuh manusia. Kacang almond wajib Anda masukkan ke dalam menu makanan si kecil karena saking pentingnya dalam meningkatkan fungsi kognitif pada otak anak.

Gandum Murni

Tidak heran jika gandum murni termasuk ke dalam salah satu makanan otak. Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan rendah lemak yang dapat dicerna oleh tubuh dengan baik. Karbohidrat kompleks di sini merupakan sumber energi dalam bentuk glukosa yang dialirkan ke dalam otak melalui darah.

Gandum sebagai jenis makanan dengan kadar glukosa yang dapat Anda kontrol dengan baik. Penelitian yang dilakukan dari Cueto dan Chinen menemukan bahwa anak sekolah yang teratur sarapan pagi seperti roti gandum, beras merah dan juga oatmeal selalu mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam menyelesaikan masalah dan juga tes memori.

Bit

Kita mungkin sering melewatkan akan manfaat buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan buah bit jarang di konsumsi oleh orang-orang. Sebagian besar orang menyangka bahwa bit termasuk ke dalam buah-buahan. Itu adalah sebuah dugaan yang salah, bit termasuk ke dalam jenis sayuran berwarna gelap.

Bit mengandung beberapa nutrisi dan juga gizi yang ternyata mendukung saat otak bekerja. Kandungan tersebut diantaranya karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin B6, protein, serat larut adan juga antioksidan. Kesemua kandungan gizi dan nutrisi tersebut mampu meningkatkan alirah darah ke otak sehingga akan mencegah kepikunan. Kandungan nitrat pada bit dapat membantu memperlebar pembuluh darah pada otak.

Menjaga dan meningkatkan kinerja otak merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini dikarenakan otak merupakan pusat pengendali sistem kerja tubuh manusia. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan segala sesuatu dan juga mengonsumsi baik makanan ataupun minuman yang tepat untuk meningkatkan daya ingat dan juga memori pada otak kita. Dengan begitu, kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menurunkan kinerja otak kita.

Demikianlah beberapa minuman dan juga makanan otak agar lebih cerdas dan fokus yang dapat Anda konsumsi saat ini juga. Tentunya, ini merupakan suatu jalan dan usaha bagi Anda untuk mendapatkan otak yang selalu berfungsi dengan baik. Ingat! Otak ialah bagian tubuh yang paling penting sehingga kita harus menjaganya dengan baik. Semoga bermanfaat!

Inilah Makanan Penambah Darah yang Paling Efektif

Kurang darah atau anemia merupakan keadaan yang disebabkan karena jumlah sel darah merah menurun. Di dalam sel darah merah terkandung komposisi hemoglobin yang berperan sebagai pengantar oksigen ke seluruh sel tubuh. Apabila sel darah merah kurang, maka proses transportasi oksigen serta karbondioksida dalam tubuh menjadi terpengaruh, sehingga akibatnya timbulah gejala atau ciri-ciri kurang darah. Baca juga: Anemia pada ibu hamil

Berikut ini beberapa ciri atau gejala kurang darah atau anemia yang dapat anda kenali.

Ciri-Ciri Kurang Darah

Cepat Lelah

Salah satu ciri kurang darah atau enemia salah satunya yaitu cepat lelah. Lemas, lesu, letih, lunglai dan lalai merupakan gejala umum dari penyakit kurang darah. Gejala ini sering dikeluhkan oleh hampir semua penderita kurang darah. Keadaan seperti ini disebabkan karena fungsi sel darah merah untuk membawa oksigen terganggu. Sel dalam tubuh mengalami metabolisme yang tidak sehat, sehingga akibatnya penderita akan mengalami kelelahan.

Apabila keadaan seperti ini terus dibiarkan, maka akibatnya penderita tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Apabila hal ini dialami oleh anak-anak, maka ia akan mengalami masalah pada pertumbuhan dan proses belajar mengalami gangguan karena ia sulit berkonsentrasi.

Sakit Kepala dan Pusing

Pusing dan sakit kepala akan dialami oleh penderitanya ketika ia berada pada posisi berdiri terlalu lama. Ini disebabkan karena keadaan kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. 

Otak sangat sensitif terhadap keadaan kekurangan oksigen. Apabila sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen berkurang, maka sel pada otak akan memberikan respon. Respon yang akan diberikan oleh otak di antaranya yaitu sakit kepala dan rasa pusing. Bahkan rasa pusing dan sakit kepala ini disertai dengan mata yang berkunang-kunang.

Pucat

Ciri anemia yang lainnya yang umum dialami oleh penderitanya yaitu pucat. Keadaan ini bisa anda lihat pada telapak tangan, mata dan ujung jari penderita. Pada penderita anemia dalam tahap serius, telapak tangan dan ujung-ujung jarinya dapat terlihat sangat pucat. Dalam sejumlah kasus, anemia yang dialami oleh penderitanya karena disebabkan oleh penghancuran sel darah merah oleh antibodinya sendiri, penderita sering mengeluh mata dan kulitnya terlihat menjadi kekuningan. 

Nafsu Makan Berkurang

Karena keadaan tubuh yang lemas, akan menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan. Sehingga akibatnya keadaan menjadi menurun dan semakin memperparah keadaannya. 

Ciri lain dari kurang darah di antaranya yaitu, jantung berdebar tanpa sebab yang jelas, sering kesemutan pada tangan dan kaki, sulit berkonsentrasi dan kesulitan tidur.

Makanan Penambah Darah yang Paling Efektif

Untuk mengatasi atau mencegah kurang darah atau anemia, salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Beberapa makanan diketahui sangat efektif menambah darah, sehingga penderitanya dapat segera pulih dari keadaan ini. Atau bagi anda yang tidak mengalami masalah kurang darah, anda dapat terhindar dari keadaan ini.
Berikut ini beberapa makanan penambah darah yang paling efektif yang penting untuk diketahui.

Makanan Kaya Akan Zat Besi

Bagi orang sehat, mengkonsumsi makanan kaya akan zat besi berguna untuk mencegah keadaan kurang darah atau enemia dan menjaga agar kebutuhan oksigen sel tubuh tetap terpenuhi. Sedangkan untuk penderita kekurangan darah, terlebih  lagi pada penderita anemia defisiensi besi, makanan yang kaya akan zat besi konsumsi makanan mengandung zat besi berperan untuk membantu menambah darah sehingga anemia yang dialaminya dapat teratasi. 

Makanan yang menjadi sumber zat besi di antaranya yaitu, daging merah seperti misalkan daging kambing, daging sapi dan daging kerbau. Selain daging merah, daging organ diketahui kaya akan zat besi seperti misalkan hati dan ginjal. Makanan kaya akan zat besi yang lainnya di antaranya sayuran yang memiliki daun hijau seperti bayam dan kangkung, kacang-kacangan, kuning telur dan kismis kering.

Makanan Kaya Akan Vitamin B12

Vitamin B12 dalam tubuh memiliki peran untuk memproduksi sel darah merah pada sumsum tulang belakang dan untuk sintetis DNA. Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin B-12, maka akibatnya ia akan mengalami kurang darah. Keadaan ini disebut juga dengan anemia megaloblastik. Penderita yang mengalami anemia megaloblastik, sel darah merahnya belum matang. Akibatnya tidak bisa menyimpan dan mengangkut oksigan pada jaringan. Karena seperti itu, penderitanya membutuhkan makanan penambah darah yang kaya akan vitamin B-12. Makanan yang menjadi sumber vitamin B-12 di antaranya yaitu, daging merah, ikan, hati sapi, telur, susu, sereal, produk susu, dan lain sebagainya.

Makanan Kaya Asam Folat

Asam folat atau dikenal sebagai vitamin B9, adalah vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu tubuh dalam membuat sel darah merah baru. Akibat dari kekurangan asam folat yaitu dapat menyebabkan anemia. Makanan penambah darah yang kaya akan asam folat diperlukan untuk menambah darah. Makanan yang kaya akan asam folat di antaranya yaitu roti dan sereal, sayuran berdaun hijau seperti misalkan bayam dan kangkung, kacang polong, kacang kering dan kacang-kacangan yang lainnya.

Makanan Mengandung Protein Tinggi

Sel dalam tubuh membutuhkan protein sebagai bahan utama untuk produksinya, termasuk sel darah  merah. Untuk membantu menambah darah, penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Makanan yang menjadi sumber protein di antaranya seperti misalkan daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Makanan Penambah Darah Sesuai Usia

Penurunan sel darah merah dalam tubuh pada umumnya disebabkan karena kurangnya zat besi. Ketika zat besi kurang, maka tubuh tidak dapat memproduksi cukup hemoglobin atau subtansi sel darah merah yang memiliki peran untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Kebutuhan zat besi untuk menambah darah itu sendiri berbeda-beda pada setiap usia. Apabila asupan zat besi disesuaikan dengan kebutuhan akan membuat penyerapan zat besi menjadi maksimal untuk menambah darah. Berikut makanan penambah darah sesuai dengan kelompok usia:

Bayi

  • Untuk mencegah kurang darah pada bayi, maka anda dapat memberikan ASI atau susu formula yang diperkaya dengan zat besi. Sebisa mungkin tetap berikan ASI pada bayi anda setidaknya hingga berusia 12 bulan.
  • Apabila usia si kecil sudah lebih dari satu tahun, sebisa mungkin hindari si kecil terlalu banyak mengkonsumsi susu. Konsumsi susu akan membuat porsi makannya menjadi berkurang.
  • Hindari pemberian susu sapi. Pasalnya, susu sapi bukanlah sumber zat besi yang terbaik  untuk anak di bawah usia 1 tahun.
  • Apabila usia si kecil sudah 6 bulan, anda dapat mengenalkan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Anda dapat memberikan makanan yang mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme.
  • Dalam perharinya, bayi membutuhkan sekitar 11 mg zat besi.

Balita dan Anak-Anak

  • Jika usia anak anda sudah satu tahun, maka ia bisa diberikan susu sapi, susu kedelai atau susu kambing. Namun pemberian susu tersebut sebaiknya tidak lebih dari 0,2 liter dalam perharinya. Jika si kecil sudah berusia 2 tahun, sebaiknya berikan susu rendah lemak sebagai  sumber zat besi untuk si kecil.
  • Anda dapat memberikan daging yang tidak mengandung lemak, beserta sereal dan roti yang mengandung zat besi.
  • Berikan pula buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk menyerap zat besi.
  • Anak berusia 4-8 tahun membutuhkan kurang lebih 10 mg zat besi. Sedangkan untuk usia 9-13 tahun sekitar 8 mg.

Pria dan Wanita Dewasa

  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ikan, daging merah atau daging unggas.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi.
  • Remaja pria membutuhkan sekitar 11 mg zat besi dan remaja wanita membutuhkan 15 mg perhari.
  • Pria dewasa membutuhkan sekitar 8 mg dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 18 mg dalam per hari.

Gizi dan Manfaat Mengkonsumsi Ceker Ayam

Beberapa orang ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi ceker ayam sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, sebab hal tersebut bukanlah suatu kebiasaan yang harus dilakukan. Namun, di sisi lain, ada juga meraka yang begitu menggemari konsumsi ceker ayam. Dan sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa ceker ayam adalah makanan yang begitu lezat, sehingga seringkali ceker ayam disertakan dalam menu makanan sehari-hari dan bahkan menjadi bahan menu utama menu makanannya.

Continue Reading

Daftar Manfaat Sehat dari Konsumsi Jagung

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering difungsikan sebagai makanan alternatif pengganti beras. Jagung termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang paling mudah dijumpai di tanah air. Warnanya yang begitu mencolok serta bentuknya yang begitu khas membaut jagung menjadi salah satu bauh yang begitu udah dikenali. Selain dapat dikonsumsi sebagai pengganti beras, jagung juga bisa langsung dinikmati dengan berbagai macam pengolahan seperti di rebus atau dibakar. Kedua proses pengolahan tersebut menjadi proses yang paling sering dipilih untuk menikmati jagung.

Continue Reading

Enak dan Bergizi, Berikut Informasi Kandungan Nutrisi dan Manfaat Telur Puyuh

Siapa yang tak kenal dengan telur puyuh? Telur berukuran kecil yang enak dan nikmat ketika disantap ternyata kandungan nutrisi serta gizinya tidak dapat dianggap remeh. Telur burung puyuh adalah komoditas peternakan yang populer dimasyarakat. Selain harganya yang terjangkau, telur puyuh juga dapat dengan mudah kita jumpai dibanyak tempat di Indonesia. Seperti halnya telur-telur lain, telur puyuh memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang tak kalah baik dari telur-telur lainnya. Bahkan kandungan gizi pada telur puyuh disebut-sebut lebih tiggi dibandingkan dengan nutirisi gizi pada telur ayam.

Continue Reading

Untuk Mata Lebih Jernih dan Sehat Konsumsi Makanan Terbaik Untuk Mata

Ada jutaan orang yang menderita degenerasi makula dan katarak, jumlah ini dapat terus mengalami peningkatan jika selalu mengabaikan kesehatan mata mereka. Padahal amat penting untuk menjaga pembuluh darah mata agar tetap sehat, solusinya adalah dengan menghidari penyebab timbulnya keluhan pada mata dan menjaga kesehatan mata Berbicara mengenai kesehatan mata, bukan hanya perawatan dari luar saja yang dibutuhkan, perawatan dari dalam seperti memasukan sejumlah makanan sehat pada menu harian anda juga tak kalah dibutuhkan. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa asupan makanan yang kaya akan nutrisi ikut berperan dalam melindungi kesehatan mata.

Continue Reading

Nutrisi Sehat Dari Makanan yang Bisa Buat Otak Anak Makin Cemerlang

Diusia sekolah, anak-anak membutuhkan konsentrasi dan fokus yang baik dalam menyimak pelajaran dan pendidikan yang diterimanya. Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, anak-anak membutuhkan nutrisi sehat yang dapat mendukung kinerja otaknya agar menjadi lebih cemerlang. Untuk itulah, mencukupi nutrisi sehat saat sarapan paginya adalah hal yang harus ibu lakukan demi membuat otak anak makin cemerlang. Energi yang didapatkan anak dari sarapan pagi, adalah sumber bahan bakar yang terpenting untuk anak beraktivitas disiang harinya.

Continue Reading

Menu Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Saat Sahur, Agar Tahan Lapar

Ketika bulan Ramadhan datang, semua umat muslim diseluruh dunia serentak menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa adalah ibadah wajib yang harus dijalankan oleh semua muslim yang telah baliq. Puasa adalah ibadah dimana umat muslim dipantangkan dari makan dan minum serta perbuatan buruk lain yang dapat membatalkan puasa, seperti bergunjing, fitnah, berzinah dan lain sebagainya. Menjaga makan dan minum ini dimulai sejak matahari terbit hingga terbenamnya diwaktu senja.

Continue Reading

Manakah yang Akan Anda Pilih, Telur Ayam atau Telur Bebek?

Rasa-rasanya, hampir setiap hari banyak kita jumpai kuliner berbahan dasar telur. Telur unggas seperti ayam dan burung memang lazim dikonsumsi manusia sejak ribuan tahun silam. Ya, telur memang merupakan bahan pangan yang paling mudah dan paling banyak dijumpai pada masakan kuliner Indonesia, sekaligus memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi.

Continue Reading

Manakah yang Lebih Baik, Tahu atau Tempe?

Lauk makan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari tua hingga muda, perempuan atau laki-laki pasti pernah mengenal tahu dan tempe. Ya, bagaiamana tidak? Kedua bahan pangan ini selalu menjadi santapan yang sering dijumpai masyarakan Indonesia. Selain rasanya yang lezat, harganya yang merakyat tentunya menjadi alasan paling umum mengapa makanan ini banyak dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, kedua makanan ini diklaim sebagai sumber makanan yang kaya akan gizi dan protein.

Continue Reading

Masa Penyembuhan Setelah Sakit, Baiknya Konsumsi Makanan Ini!

Untuk mencegah rentannya terkena sakit atau mengobati sakit, seseorang tak hanya membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi, namun juga pola hidup yang sehat serta olahraga yang teratur. Apalagi saat masa penyembuhan. Setelah sakit atau dalam masa penyembuhan, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah asupan dan pasokan makanan yang kaya nutrisi yang harus selalu dipertahankan. Agar tubuh mampu memulihkan keadaannya pada keadaan semula. Makanan berikut adalah makanan yang sebaiknya anda konsumsi saat dalam masa penyembuhan atau setelah sakit guna meningkatkan kesehatan. Makanan ini juga bisa dikonsumsi para athlet untuk meningkatkan kebugaran tubuhnya.

Continue Reading

Khasiat Pisang, Haluskan Kulit Hingga Sirnakan Jerawat

Mendapatkan sesuatu dengan cara alami tentunya akan lebih tahan lama dan manjur, namun untuk meraihnya dibutuhkan waktu dan proses yang tak sebentar. Namun tidak ada salahnya, jika kita mencoba cara yang lebih alami, selain khasiatnya yang tahan lama, bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Salah satunya, adalah buah pisang yang dipercaya mampu mempercantik wajah. Mengapa demikian? karena buah pisang memiliki beberapa kandungan gizi yang amat baik seperti diantaranya Vitamin B, C, B6, Magnesium, zat besi, fosfor dan kalsium. Dari beberapa kandungan tersebut tentunya amat sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari kandungan gizi dari buah pisang ? berikut diantaranya :

Continue Reading

7 Alasan Mengapa Labu Penting Untuk Dikonsumsi Saat Ini Juga!

Labu adalah buah yang dihasilkan oleh sekelompok labu-labuan atau dengan nama latin Cucurbitaceae. Di Indonesia sendiri, labu bukan lagi sayuran atau buah yang baru. Banyak olahan yang begitu varian yang bisa dihasilkan dari sebuah labu seperti dibuat pudding, kolak, agar-agar sampe bahan dasar aneka kue-kue. Selain rasanya yang begitu nikmat, ternyata buah yang satu ini juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi satu porsi labu seminggu sekali dapat membantu menjaga kesehatan anda. Selain itu, berikut ada sejumlah manfaat lain yang dapat diperoleh dari sebuah labu.

Continue Reading

Kandungan Paprika Untuk Kesehatan

Paprika juga dikenal sebagai capsicum tersedia dalam berbagai warna seperti kuning, merah, hijau, ungu dan oranye. Sayuran yang berbentuk lonceng dibudidayakan lebih dari 900 tahun yang lalu di Amerika Tengah dan selatan dan. Meskipun demikian paprika dapat dengan mudah tumbuh di berbagai jenis iklim. Paprika memiliki rasa manis, rasa tajam dan tekstur renyah. Paprika dalam bahasa ilmiah sebagai Capsicum annuum dan termasuk dalam kategori nightshade (Solanaceae) keluarga tanaman yang terdiri dari cabai, cabai rawit, kentang, tomat dan terong. Paprika hijau dan ungu memiliki rasa pahit sedangkan untuk paprika merah, kuning dan oranye memiliki rasa manis. Selain menambah rasa dan membuat daya tarik dalam setiap menu masakan paprika yang sarat dengan nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, karotenoid dan serat makanan yang membuat sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Paprika juga memiliki vitamin B6 dan folat yang membantu untuk menurunkan kadar homocysteine, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Continue Reading

Menjaga Fungsi Ginjal dengan Mengkonsumsi Seledri

Seledri adalah dari keluarga yang sama dengan peterseli yaitu  keluarga Umbelliferae. Seledri termasuk pada jenis sayuran dan juga jenis tanaman obat yang biasanya digunakan untuk membuat sup atau salad. Selain itu saledri yang memiliki manfaat untuk tubuh anda sehingga seledri sering dijadikan campuran untuk membuat jus. Pada beberapa penelitian seledri mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal anda. Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh anda tidak teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, dapat mengatur volume darah sehingga dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh dan juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah.

Continue Reading

Jus Lidah Buaya (Aloe Vera) untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk dikembangbiakan baik di kebun ataupun di pekarangan rumah anda. Lidah buaya atau dikenal dengan nama aloe vera dapat digunakan obat tradisional atau bahan dalam pembuatan krim wajah dan shampo. Bahkan tanaman lidah buaya dianggap sebagai tanaman keabadian oleh masyarakat mesir. Aloe Vera adalah spesies dari tanaman sukulen dan memiliki batang berdaging tebal dengan daun berduri. Daging yang terdapat pada batang lidah buaya (Aloe Vera) yang digunakan untuk berbagai produk kesehatan dan kecantikan.

Continue Reading

10 Alasan Mengkonsumsi Terung

Terung adalah salah satu tanaman asli srilanka yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah solanum melongena dikelaskan dengan buah beri mengandung manfaat untuk kesehatan. Meskipun jenis sayuran ini sering dihindari oleh sebagian wanita karena diduga dapat memicu terjadinya keputihan. Betulkah demikian? Keputihan disebabkan oleh mikroorganisme sehingga kecil kemungkinan disebabkan oleh makanan termasuk terung. Pada umumnya sayuran terung mengandung zat besi, kalsium dan mineral yang memasok nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Terong telah masuk ke restoran berkelas dengan berbagai macam metode pemasakan yaitu dipanggang, direbus dan dimasak sebagai menu utama yang tidak kalah menarik dengan bahan lainnya.

Continue Reading

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat sering kali menjadi penghias di beberapa makanan yang anda pesan di restoran atau menjadi lalapan yang luput dari perhatian anda.Tomat memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan meskipun demikian ternyata tidak semua orang menyukai tomat. Padahal penelitian baru baru ini menemukan beberapa manfaat tomat yang sangat berperan dalam kesehatan wanita dan juga pria. Tomat atau dikenal dengan nama ilmiah Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum yang merupakan tumbuhan asli dari Amerika. Meskipun demikian di Indonesia tumbuhan yang termasuk dalam famili solanaceae ini sangat sering dijumpai dengan harga yang terjangkau.

Continue Reading

7 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Banyak orang yang keliru bahwa penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi buah-buahan. Sebaliknya, buah menyediakan vitamin penting, mineral, serat dan fitokimia yang penting bagi kesehatan semua orang, termasuk penderita diabetes. Meskipun demikian penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi buah-buahan. Secara khusus, penderita diabetes perlu mengetahui peringkat dari buah-buahan yang mereka pilih pada indeks glikemik. Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat diubah menjadi glukosa darah. Sebuah glikemik peringkat indeks di bawah 50 adalah optimal bagi penderita diabetes.

Continue Reading

Gizi Plum Untuk Kesehatan

Plum merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Cina, begitu juga di Indonesia dikarenakan kandungan gizi yang terdapat pada buah plum sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak kultivar plum yang tumbuh di seluruh dunia, yang membedakannya adalah warna, ukuran dan jadwal panen sesuai denga daerah tanam. Pada umumnya plum berukuran 5-6 cm dengan berat 50-70 gram. Sedangkan secara warna plum dapat berwarna krem kekuningan, merah, warna biru muda atau hijau tergantung pada jenis kultivar. Adapun rasa yang dihasilkan dari buah plum yaitu rasa manis dengan aroma yang khas dan harum. Manfaat gizi plum terletak pada daging yang memiliki rendah kalori yaitu 46 kalori per 100 gram dan tidak mengandung lemak jenuh, namun mengandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan seperti kandungan mineral dan vitamin.

Continue Reading

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah subur dengan jenis tanaman yang bervariatif. Salah satu tanaman yang tumbuh subur di indonesia adalah daun kemangi. Daun kemangi selain menjadi salah satu pelengkap dalam beberapa sajian masakan tradisional indonesia dengan bau yang khas, daun kemangi juga merupakan obat herbal yang berkhasiat untuk beberapa jenis penyakit.

Continue Reading

10 Makanan Untuk Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut menjadi salah satu daya tarik wanita, bahkan rambut sering kali disebut sebagai mahkota wanita yang sering menggunakan metode perawatan yang mahal. Meskipun demikian ternyata perawatan yang alami bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, berikut adalah 10 makanan untuk kesehatan rambut anda :

Continue Reading

Nutrisi Terbaik Untuk Jantung Sehat

Jantung merupakan organ yang sangat penting yang mempengaruhi sistem peredaran darah manusia.Kelainan yang terjadi pada jantung akan berakibat fatal dan mengakibatkan kematian. Gangguan pada jantung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung. Penyakit jantung bisa terjadi karena adanya penyakit turunan yang berhubungan dengan otot jantung yang lemah dan juga kelainan serambi kanan dan serambi kiri. Sedangkan untuk serangan jantung adalah salah satu kondisi yang menyebabkan jantung tidak berfungsi sama sekali.

Continue Reading

6 Makanan Untuk Menghilangkan Lemak Perut

Menjaga pola makan dan membiasakan hidup sehat dengan olahraga rutin dapat menjadi salah satu cara untuk anda menghilangkan lemak di bagian perut. Selain itu bagi anda yang menginginkan perut yang terbebas dari tumpukan lemak anda dapat mengkonsumsi makanan yang mempunyai manfaat untuk membantu menghilangkan lemak perut anda. Menghilangkan lemak di bagian perut bukan berarti anda menunda waktu makan atau tidak makan sama sekali dikarenakan bila anda makan tidak teratur akan mempengaruhi proses metabolisme di dalam tubuh anda, hal ini akan menyimpan lemak di dalam tubuh yang lebih banyak ketimbang anda yang makan dengan teratur. Makanan dengan tinggi serat dan  juga protein merupakan bagian penting dari makan untuk menurunkan berat badan. Makanan berprotein tinggi dan serat yang tinggi membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga meminimalisir kemungkinan makanan yang tidak sehat untuk anda konsumsi.

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us