13 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

4.67/5 (3)

Jeruk nipis sudah banyak dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Buah kecil dengan rasa asam ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, bahkan kecantikan. Buah ini juga sering digunakan sebagai penyedap makanan. Lantas apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan?

Sekilas Tentang Jeruk Nipis

Jeruk memiliki beberapa jenis dan jeruk nipis adalah salah satunya. Jeruk nipis tersebar di Asia serta Amerika Tengah, terkenal juga dengan jeruk pecel. Jeruk ini berbeda dengan jeruk yang biasa kita konsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Jeruk ini memiliki rasa yang masam dengan kulit tebal dan sulit jika dibuka langsung. Konsumsinya tidak bisa langsung, biasanya lebih sering dicampurkan pada masakan untuk menambah cita rasa agar lebih segar dan sedap. Selain itu, sering juga dijadikan sebagai minuman.

Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus aurantifolia. Banyak orang yang menganggap jeruk nipis sebagai jeruk lemon atau limau. Namun sebenarnya ketiga jenis buah tersebut berbeda.

Dibandingkan dengan jeruk lemon, buah jeruk nipis bentuknya lebih bulat. Jeruk nipis warnanya hijau sedangkan lemon berwarna kuning cerah.

Jeruk limau sering tertukar dengan jeruk nipis karena memiliki bentuk dan warna yang hampir sama. Hanya saja, ukuran jeruk limau lebih kecil dibandingkan dengan jeruk nipis dengan warna yang lebih gelap.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis dimanfaatkan airnya untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Nah, berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan cairan lebih banyak daripada cairan yang didapatkan. Hal ini akan menyebabkan terganggunya keseimbangan zat gula dan garam sehingga akan membuat tubuh tidak berfungsi dengan normal.

Kandungan air dalam tubuh yang ideal berfungsi untuk membantu fungsi sistem pencernaan, pelumas dan bantalan bagi persendian, mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh, melembabkan jaringan pada telinga, hidung, tenggorokan, serta media transportasi nutrisi bagi sel tubuh dan membuat kulit tetap sehat. ( Baca juga : Manfaat Kunyit )

Dehidrasi itu sendiri terkadang dianggap sebagai kondisi yang tidak serius, bahkan banyak orang yang menganggap kondisi ini sebagai haus biasa. Namun, jika gejala awal dari dehidrasi tidak ditangani dengan baik justru dapat mengganggu fungsi tubuh. Adapun beberapa gejala awal dehidrasi di antaranya yaitu haus dan pusing, kelelahan, kulit dan mulut kering, buang air kecil jarang, urine berubah warna menjadi gelap dan baunya kuat.

Untuk mencegah dehidrasi penting mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang banyak. Selain itu, anda juga bisa minum minuman yang memiliki rasa dengan menambahkan potongan buah, salah satunya jeruk nipis.

Hanya saja, hindari mengonsumsi air sari jeruk nipis yang mengandung tambahan gula. Anda sebaiknya membuat air sari jeruk nipis sendiri sehingga gula takarannya bisa dikurangi atau anda bisa menggantinya dengan madu.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air jeruk nipis sifatnya asam dan bisa membantu saliva dalam memecah makanan. Sedangkan kandungan flavonoid pada jeruk nipis bisa membantu merangsang  pengeluaran enzim pencernaan.

Apabila anda mengalami masalah pencernaan sembelit, jeruk nipis yang sifatnya asam akan membantu merangsang gerakan usus. Hal ini akan membantu sampah pada perut anda dengan lebih muda terdorong ke bawah. Tidak hanya itu, air perasan jeruk nipis juga akan membantu dalam pengeluaran feses sehingga menjadi lebih lancar.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh memiliki peranan yang penting. Supaya tidak terserang oleh penyakit, sistem imunitas tubuh atau sistem kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik.

Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa di antaranya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, menghindari stres dan lain sebagainya.

Nah, jeruk nipis memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis dapat membuat sistem imun tubuh lebih kuat, serta melawan penyakit seperti pilek, flu dan yang lainnya. Selain itu, dengan manfaat jeruk nipis produksi sel sehat akan meningkat yang dibutuhkan untuk membasmi mikroba yang menjadi penyebab penyakit, sehingga ketika sakit anda akan cepat pulih. Mengetahui seperti itu, buah jeruk-jerukan memang bagus agar anda tidak mudah sakit.

4. Mengurangi Penyakit Jantung

Jeruk nipis merupakan sumber kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium bisa menurunkan tekanan darah dengan alami, serta memperlancar sirkulasi darah. Dimana hal ini tentunya sangat bermanfaat karena risiko serangan jantung serta stroke dapat berkurang.

Selain itu, berdasarkan penelitian menyatakan bahwa dalam jeruk nipis terdapat senyawa yang disebut dengan limonin. Dimana senyawa ini kemungkinan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Sebagai Anti Kanker

Kandungan jeruk nipis yang disebut dengan senyawa limonoid sudah terbukti bermanfaat dalam mencegah kanker lambung, usus dan darah. Mekanismenya belum bisa diketahui dengan pasti, namun meskipun begitu para ilmuwan sudah meneliti senyawa limonoid pada jeruk nipis yang memiliki sifat antioksidan bermanfaat untuk membasmi sel-sel kanker.

Senyawa limonoid yang terkandung pada jeruk nipis bisa lebih lama aktif dalam aliran darah yang berperan untuk membersihkan radikal bebas. Dalam hal ini, dibandingkan dengan cokelat hitam dan teh hijau yang sama mengandung antioksidan, jeruk nipis lebih baik.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Kegemukan selain mengganggu penampilan juga akan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu sebaiknya anda jangan menyepelekan bahaya dari kegemukan. Berat badan ideal penting untuk menunjang kesehatan. Sangat penting untuk menjaga berat badan supaya tidak terlalu gemuk.

Anda dapat menjaga berat badan supaya sehat dengan melakukan olahraga dengan teratur dan menerapkan pola makan yang sehat. Selain itu, dalam menurunkan berat badan jeruk nipis diketahui memiliki khasiatnya. Asam sitrat yang terkandung pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan membantu dalam pembakaran kalori dan lemak yang tersimpan menjadi lebih sedikit. Kandungan vitamin C dari jeruk nipis memiliki peran untuk membakar lemak pada tubuh.

Namun, hanya mengandalkan cara ini untuk menurunkan berat badan tidak akan bekerja dengan optimal. Anda harus tetap melakukan aktivitas fisik agar pembakaran kalori menjadi lebih banyak. Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah dan sayuran.

7. Mengobati Peradangan

Beberapa penyakit peradangan atau inflamasi seperti arthritis, asam urat, serta penyakit sendi lainnya, gejalanya bisa dikurangi dengan memanfaatkan air jeruk nipis. Jeruk nipis yang mengandung vitamin C bisa membantu meredakan gejala peradangan.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi sedikit vitamin C, memiliki risiko tiga kali lebih besar menderita arthritis jika dibandingkan dengan orang yang mendapatkan asupan vitamin C yang optimal. Selain itu, air jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk mengurangi kadar asam urat yang berlebih.

8. Meredakan Gejala Batuk

Batuk yaitu respon alami tubuh yang menjadi sistem pertahanan tubuh, terjadi karena adanya iritasi saluran udara pada belakang kerongkongan. Dimana iritasi ini dapat memicu paru-paru mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk juga menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membersihkan saluran paru-paru kita, serta saluran udara. Batuk juga bisa menjadi suatu gejala dari infeksi bakteri atau virus, yang berperan untuk mengeluarkan virus dari paru-paru.

Nah, untuk mengobati batuk itu sendiri ada resep tradisional yang dipercaya efektif untuk mengobati batuk, yakni air perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap manis. Dimana resep ini penggunaannya sudah turun temurun dalam mengatasi batuk.

Pada jeruk nipis terkandung minyak atsiri, serta zat lainnya yang mampu melemaskan otot di saluran pernapasan. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya efektif dalam menurunkan panas, serta mengatasi serak yang disebabkan karena gatal tenggorokan. Hanya saja, campuran air jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk. Namun hanya membantu meredakan gejalanya saja. Tambahan kecap itu sendiri sebenarnya bertujuan untuk mengurangi asam jeruk nipis. Kecap sebenarnya tidak memberikan manfaat dalam mengobati batuk. Bahkan kecap penggunaannya bisa digantikan dengan madu. ( Lihat juga : Khasiat Cuka Apel )

Larutan air jeruk nipis dengan madu dapat membantu mengurangi gejala batuk. Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan, produksi air liur, serta lendir dapat dipicu karena rasa manis madu yang bermanfaat dalam melembabkan saluran tenggorokan.

9. Menjaga Kadar Gula Darah

Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis sangat bermanfaat untuk orang yang menderita diabetes. Orang  yang menderita diabetes harus menjaga supaya kadar gula darahnya tetap dalam keadaan normal. Sebab insulin yang berperan untuk menurunkan gula darah fungsinya tidak berjalan dengan baik.

Kadar gula yang terdapat pada jeruk nipis rendah, sehingga penyerapan gula pada darah akan berkurang. Sehingga dengan begitu kadar gula anda bisa terjaga.

10. Meredakan Demam

Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Demam itu sendiri menjadi bagian proses kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan bakteri, virus atau parasit. Demam juga bisa menjadi gejala dari suatu penyakit atau penggunaan obat tertentu.

Air jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk meredakan demam. Umumnya semua jenis jeruk termasuk jeruk nipis bisa menurunkan suhu tubuh. Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis dengan memanfaatkan airnya atau dibuat menjadi jus.

11. Membantu Otak Bekerja dengan Optimal

Pada jeruk nipis terkandung magnesium, serta potasium yang tinggi. Sehingga jika anda mengonsumsi air jeruk nipis dengan rutin maka akan membuat fungsi sistem otak maksimal. Selain itu, buah jeruk nipis juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi sehingga fokus anda menjadi lebih baik, sebab energi yang anda miliki cukup.

12. Membunuh Bakteri Berbahaya

Berdasarkan salah satu studi menyatakan bahwa jeruk nipis bermanfaat untuk membunuh bakteri yang berbahaya, misalkan bakteri E.coli. Bakteri ini dapat mencemari air minum. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis menjadi sumber vitamin C, serta antioksidan.

Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa menambahkan jeruk nipis ke dalam air. Kemudian biarkan air yang sudah ditambahkan jeruk nipis tersebut terpapar oleh sinar matahari selama kurang lebih 30 menit untuk membunuh bakteri. Jika anda hanya mengandalkan sinar matahari saja untuk membersihkan air dari bakteri atau kuman tanpa campuran jeruk nipis, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama sekitar 6 jam.

13. Menjaga Kesehatan Dinding Arteri

Penting sekali menjaga arteri supaya keadaannya tetap sehat. Kondisi arteri yang sehat diperlukan untuk membawa darah dari jantung ke organ tubuh yang lainnya. Antioksidan berperan untuk menjaga agar kondisi arteri tetap dalam keadaan sehat. Berdasarkan sebuah studi menyatakan bahwa antioksidan terkandung pada kulit jeruk nipis yang dapat membantu mencegah atherogenesis, yang merupakan kondisi dimana plak menumpuk pada dinding arteri. Untuk mendapatkan manfaatnya ini anda bisa mengolah jeruk nipis menjadi jus.

Efek Samping Konsumsi Jeruk Nipis Terlalu Banyak

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Meskipun mengandung banyak manfaat, konsumsi jeruk nipis yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Konsumsi jeruk nipis secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan, alih-alih mendapatkan manfaatnya yang ada anda justru sakit. Lantas apa saja efek samping mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan?

  • Merusak Gigi

Seperti yang kita ketahui, makanan manis menjadi musuh  bagi gigi. Namun selain makanan manis, makanan maupun minuman asam juga akan memberikan efek negatif bagi kesehatan gigi. Jeruk nipis dapat membuat enamel gigi menipis. Enamel itu sendiri melapisi dan melindungi gigi, jika kondisinya semakin menipis akan membuat gigi menjadi mudah rapuh. Oleh karena itu, jika anda mengonsumsi jeruk nipis dengan berlebihan akan membuat gigi anda mudah keropos.

Setelah mengonsumsi jeruk nipis, sebaiknya minum dan berkumur dengan air untuk menghilangkan asam yang menempel pada lidah, gigi dan mulut anda. Sebaiknya jangan menggosok gigi langsung setelah anda mengonsumsi air jeruk nipis. Pasalnya akan meningkatkan asam. Apalagi dengan tambahan gesekan sikat gigi akan membuat enamel yang terkikis menjadi lebih banyak. Jika anda ingin menggosok gigi setidaknya anda hrus menunggu selama satu jam.

  • Dapat Memicu Refluks Asam Lambung

Dibandingkan dengan buah jeruk lainnya yang memiliki rasa manis, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis lebih banyak. Dimana asam tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, serta terbentuknya batu ginjal. Hanya saja, jika mengonsumsi dengan kadar berlebihan akan membuat sistem pencernaan terganggu.

Dalam kasus yang ringan, apabila mengonsumsi makanan atau minuman asam terlalu banyak, seperti air jeruk nipis akan membuat perut mulas. Hanya saja, untuk orang yang pencernaannya sensitif, asam dari jeruk nipis dapat memicu naiknya asam lambung. Dimana hal ini akan menimbulkan gejala tidak nyaman seperti misalkan perut kembung, sakit, mual, penuh dan sering sendawa.

Sehingga dengan begitu, seseorang yang memiliki masalah dengan refluks asam lambung, GERD, serta masalah pada sitem pencernaan yang lainnya disarankan untuk menghindari minuman asam ini untuk mencegah bertambah parahnya gejala yang ditimbulkan. Anda juga tidak boleh mengonsumsi minuman ini jika perut dalam keadaan kosong karena dapat menyebabkan mulas.

  • Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan luka yang terdapat pada lapisan lambung ataupun usus kecil yang begitu menyakitkan. Kondisi ini terjadi saat lendir yang berperan melapisi dalam perut menipis. Kandunga sitrat pada jeruk nipis memiliki risiko menimbulkan tukak lambung, serta lapisan lambung teriritasi.

  • Mempengaruhi Ginjal

Walaupun air perasan jeruk nipis dapat membantu dalam pengobatan batu ginjal, serta baik bagi ginjal,  hanya saja penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi jeruk nipis karena akan membuat ginjal rusak. Pada jeruk nipis terkandung kadar kalium yan tinggi dan tidak baik untuk penderita ginjal. Dimana gejalanya yaitu tidak normalnya irama jantung, lemah, serta lambatnya detak jantung.

Jeruk nipis memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bukan berarti anda dapat mengonsumsinya dengan berlebihan. Batasi konsumsi jeruk nipis sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, mengonsumsi jeruk nipis yang berlebihan akan memberikan efek samping untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat jeruk nipis dan efek samping yang ditimbulkan, anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply