Penyakit Ginjal

Apakah Anda Sudah Mengetahui Fungsi Ginjal Sebenarnya Untuk Tubuh?

Bagian tubuh yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar ini tentunya memiliki fungsi yang tidak boleh Anda abaikan. Ginjal yakni bagian tubuh yang berbentuk seperti kacang dan masing-masih ginjal memiliki ukuran kepalan tangan. Bagian tubuh ini tepatnya berada di bawah tulang rusuk, masing-masing satu di setiap sisi tulang belakang Anda. Secara umum, ginjal ini menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urin yang tentunya terdiri dari limbah dan juga cairan yang berlebih.

Fungsi ginja memang sangat oenting yakni sebagai bagian tubuh yang menampung urin untuk selanjutnya disalurkan pada kandung kemih melalui dua otot tabung tipis yang disebut dengan ureter. Dalam hal ini kandung kemih menyimpan urin, namun otot-otot pada dinding kandung kemih akan tetap tenang meskipun kandung kemih terisi dengan urin. Saat kapasitas kandung kemih terisi dengan urin, maka sebuah sinyal memberi tahu ke otak bahwa seseorang tersebut harus segera ke toilet untuk

Segera Batalkan Puasa Anda Jika Mengalami Tanda Bahaya Dehidrasi Berat Berikut Ini

Puasa memang menjadi waktu dimana kita harus menahan dari makan dan juga minum. Tidak heran jika hampir semua orang yang berpuasa sedikit mendapatkan asupan air mineral. Untuk itu, mungkin saja kita banyak menemukan berbagai hambatan dan juga halangan yang tidak terduga ketika sedang menjalankan puasa. Seperti misalnya Anda tiba-tiba mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Sudah tidak heran lagi jika setiap orang  akan mengalami dehidrasi ringan selama menjalankan ibadah puasa. Namun, Anda harus waspadai karena dehidrasi yang kronis atau serius bisa saja terjadi secara tiba-tiba saat seseorang itu menjalankan puasa. Bagaimanapun juga, dehidrasi yang kronis sangat berbahaya bagi tubuh kita bahkan dapat menyebabkan kematian.

Terlepas dari hal tersebut tentunya jangan sampai kita mengalami dehidrasi yang serius ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan ketika bulan puasa cukup sulit untuk membedakan dehidrasi ringan dengan dehidrasi yang serius.Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana tanda-tanda jika dehidrasi yang kita alami tersebut sangat serius

20 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Yang Banyak Ditemui

Seperti yang kita tahu penyakit ginjal memang berhubungan dengan kebiasaan dan juga gaya hidup yang kerap kita lakukan. Penyakit ginjal juga berkaitan erat dengan ketidakseimbangan asupan air ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kadar air di dalam darah tentu sangat berpengaruh pada kinerja ginjal. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerusakan ginjal yang terjadi pada seseorang tentunya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Yang lebih mengerikan lagi, penyakit ginjal ini dapat menimbulkan masalah yang cukup berat hingga nantinya meningkat menjadi stadium akhir.

Ginjal memang menjadi salah satu bagian organ tubuh yang memiliki kinerja yang sangat penting di dalam tubuh yakni menyaring air dari darah serta racun yang kemungkinan masuk ke dalam tubuh. Maka dapat diartikan bahwa ginjal menjadi bagian tubuh yang sangat rentan terkena penyakit. Fungsi ginjal yang utama yakni mengontrol tekanan darah, membersihkan darah serta menyaring air dari dalam darah. Oleh karena itu, jika fungsi ginjal terganggu atau seseorang yang mengalami

10 Faktor Risiko Munculnya Penyakit Ginjal Yang Harus Anda Tahu

Penyakit ginjal memang menjadi penyakit yang tidak boleh diabaikan. Bagaimanapun juga, penyakit ginjal membawa dampak yang buruk untuk kesehatan Anda. Bagi orang yang menderita penyakit ginjal tentunya harapan untuk memiliki kembali ginjal yang sehat ialah keinginan yang paling besar. Munculnya penyakit ginjal bukan tanpa sebab melainkan ada beberapa faktor yang memicu penyakit ini menyerang tubuh Anda.

Beberapa faktor tersebut baik faktor internal maupun eksternal ikut mempengaruhi timbulnya penyakit ginjal. Faktor risiko seperti usia, kebiasaan yang kita lakukan serta riwayat keluarga memang menjadi penyebab yang paling besar. Meskipun kita termasuk orang yang memiliki risiko yang besar terkena penyakit ginjal, namun sudah seyogianya bagi kita untuk mencegah penyakit tersebut agar tidak menyerang tubuh kita.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi risiko terkena suatu penyakit ialah dengan mengetahui faktor-faktor risiko terserangnya penyakit ginjal. Tanpa mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan penyakit ginjal tersebut menyerang kita. Alangkah baiknya bagi kita untuk mulai mencari tahu faktor

Loading...