Kategori: Menstruasi

Kategori artikel yang berisi informasi seputar menstruasi, mengenal siklus haid, gangguan dan penyakit saat menstruasi hinnga tips melancarkan menstruasi

8 Masalah Menstruasi Pada Wanita Yang Umum Terjadi

5/5 (2) Masalah Menstruasi Pada Wanita – Siklus menstruasi pada wanita tentunya tidak selalu berjalan degan lancar dan juga teratur. Terkadang para wanita mengalami berbagai masalah pada siklus menstruasinya. Beberapa masalah tersebut tentunya sangat mengganggu dan juga membuat para wanita merasa tidak nyaman. Untuk itu, ketahuilah beberapa masalah menstruasi pada wanita berikut ini! Seperti yang [Baca selengkapnya…]

12 Kebiasaan Buruk Pada Saat Menstruasi Yang Harus Anda Hindari

4.55/5 (216) Kebiasaan Buruk Pada Saat Menstruasi – Menstruasi merupakan sebuah siklus dimana kita sebagai wanita diharuskan untuk menjaga kebersihan bagian kewanitaan. Bagaimanapun juga, menstruasi mengalirkan darah kotor yang berasal dari peluruhan darah dari dinding-dinding rahim. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan vagina dan menghindari diri dari kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan pada saat [Baca selengkapnya…]

Ini Sebabnya Kenapa Keluar Darah Di Luar Siklus Menstruasi

4.72/5 (142) Apakah Anda pernah mendapati darah yang keluar padahal haid baru saja berhenti? Tentunya, Anda akan khawatir dan juga bimbang akan hal itu. Anda akan merasa gelisah dan juga bertanya-tanya apa sebab yang terjadi pada Anda. Satu hal yang akan lakukan tentunya mencari tahu kenapa pendarahan itu terjadi. Jika Anda pernah mengalami hal itu, tentunya [Baca selengkapnya…]

Ketahui Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita Secara Lengkap

4.67/5 (9) Kata yang sudah tidak asing lagi bagi kita terutama para wanita ketika mendengar kata menstruasi. Menstruasi adalah suatu fase yang dialami oleh setiap wanita dewasa. Setiap bulannya wanita yang normal akan mengalami pendarahan yang pada umumnya berlangsung selama 5-10 hari. Proses terjadinya menstruasi pada wanita normal memang sangat wajar. Proses menstruasi pada wanita [Baca selengkapnya…]

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Menstruasi atau haid merupakan perubahan fisiologis yang terjadi dalam tubuh wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Esterogen maupun LH-Progesteron. Saat mengalami periode ini, tubuh wanita biasanya akna terasa lelah, tidak nyaman, dan suasana hati yang menjadi tidak stabil. Bahkan beberapa wanita mengeluhkan, seringkali mengalami depresi ringan saat menjelang menstruasi. Hal ini tentu saja membuat orang-orang disekitarnya menjadi tidak nyaman.

Menstruasi, Sebagai Proses Pembersih Tubuh

Menstruasi atau haid merupakan suatu proses yang alami pada seorang wanita, hal ini ialah suatu proses deskuamasi ataupun meluruhnya dinding pada rahim di bagian dalam atau endometerium yang keluar melewati vagina. Sirkulasi menstruasi ini berkisar sekitar 21 hari hingga 40 hari. Menstruasi ini ialah suatu pertanda yang menandakan bahwa tubuh anda bekerja dengan normal serta dapat melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang harus di lakukan. Hal ini menunjukan bahwa tubuh anda berada pada kondisi yang stabil, dan singkron yang merupakan suatu indikator pada kesehatan yang sangat baik.

Benarkah Wanita yang Sedang Menstruasi tidak Boleh Tidur Siang

Menstruasi merupakan hal yang alamiah terjadi pada setiap wanita sehat. Menstruasi biasanya akan terjadi pada gadis usia 9 hingga 16 tahun. Hal ini juga di sebabkan oleh berbagai faktor, pertama faktor kesehatan pada wanita, asupan gizi, makanan yang dikonsumsi, faktor keturunan hingga faktor berat badan dan tinggi badan. Menstruasi akan berhenti dengan sendirinya yang disebut dengan manopause. Manopause ini ialah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang yang berkaitan langsung dengan usia lanjut seorang perempuan. Sedangkan masa manopause seorang wanita, terjadi ketika wanita tersebut menginjak usia 45-50 tahun.

Manfaat Pijatan Luar Biasa Untuk Menstruasi

Siapa yang tidak suka ketika dipijat, hampir semua orang menyukainya. Hal ini karena ternyata mampu membuat tubuh anda rileks, otot-otot yang tegang karena aktifitas sehari-hari akan merespon sehingga memberikan kenyaman untuk tubuh anda. Taukah anda ternyata pijatan yang tepat ketika anda sedang mentruasi akan meminimalisir gejala PMS.

Tanda-tanda Akan Mendekati Menstruasi

Menstruasi cukup mengganggu dan bisa-bisa membuat anda tidak siap dengan kedatangan tamu bulanan ini. Meskipun tidak ada metode ilmiah untuk menentukan dengan tepat saat haid akan datang, metode di bawah ini akan membantu anda memperkirakan panjang siklus menstruasi anda dan membantu anda siap untuk yang berikutnya. Berikut adalah tanda-tanda kedatangan menstruasi :

Cara Melancarkan Haid

Umumnya untuk anda yang mengalami gangguan aktivitas karena datang haid, sangat menjengkalan.  Meskipun hanya terjadi pada hari pertama haid akan tetapi tidak sedikit wanita yang mengeluhkannya. Bahkan banyak wanita yang mengalami haid yang tidak normal sehingga memiliki keterlambatan dari siklus menstruasi biasanya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak normal diantaranya yaitu faktor fisik yang mengalami kelelahan sehingga mengakibatkan hormon terganggu.

Telat Menstruasi, Hamil atau Adanya Gangguan?

Pada umumnya wanita memiliki 11 hingga 13 periode menstruasi setiap tahun. Bisa saja anda lebih ataupun kurang. Bahkan anda mengalami ketidakteraturan  siklus menstruasi sehingga anda was-was, apakah telat mentruasi merupakan tanda kehamilan anda ? Periode menstruasi sering tidak teratur selama beberapa tahun pertama anda mengalami menstruasi. Ini mungkin karena adanya hormon yang belum seimbang di dalam tubuh. Kehamilan adalah penyebab paling umum dari telatnya siklus menstruasi anda, akan tetapi anda harus menggunakan tes kehamilan sebagai langkah pertama untuk mencari tahu apakah anda sedang hamil. Jika hasil dari test kehamilan anda negatif  lantas apa yang menyebabkan anda sering telat dan tidak teratur haid. Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui penyebab dari tidak teraturnya haid anda.

Mengatasi Nyeri Payudara Menjelang dan Saat Menstruasi

PMS nyeri payudara yaitu sindrom yang mungkin  banyak dialami wanita seminggu atau lebih sebelum siklus menstruasi anda. Sindrom pramenstruasi (PMS) pada dasarnya disebut sebagai serangkaian gejala fisik dan emosional bahwa wanita mungkin mengalami satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Pusing, sakit kepala, perubahan suasana hati, perut kembung, mengidam makanan, depresi, dll adalah gejala umum PMS bahkan terjadinya pembengkakan dan nyeri pada payudara.

Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan

Perubahan kadar hormon membawa banyak perubahan fisik pada wanita yang dialami pada saat pubertas dimana salah satunya ditandai dengan mulai aktifnya reproduksi, yaitu menstruasi. Kehamilan adalah tahap berikutnya dari siklus kehidupan reproduksi wanita. Perubahan siklus seperti pendarahan, penebalan endometrium, ovulasi, dan pembuahan sperma dan sel telur memungkinkan seorang wanita untuk hamil. Tubuh wanita mengalami berbagai perubahan ketika dia hamil. Selanjutnya wanita akan  mengalami banyak perubahan pasca persalinan. Misalnya, panjang siklus menstruasi dan aliran dapat bervariasi jika dibandingkan dengan gejala yang menyertai periode sebelum kehamilan. Perbedaan siklus pasca melahirkan terkadang membuat sebagian dari anda cemas, meskipun perubahan siklus ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Mengungkap Mitos Seputar Haid yang Dipercaya Wanita

Hampir aktivitas yang anda lakukan berhubungan dengan mitos. Bahkan siklus bulanan atau menstruasi selalu dikaitkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Lebih anehnya lagi banyak wanita yang mempercayai akan kebenaran mitos sehingga melakukan hal-hal aneh yang justru dalam penjelasan ilmiahnya tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan menstruasi.

Jenis Olahraga Tepat Ketika Sedang Menstruasi

Sebagian dari anda malas untuk berolahraga ketika sedang menstruasi. Kondisi tubuh yang lemas dan tidak nyaman  menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga.  Penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh dari hormon progesteron yang menurun dan adanya peningkatan hormon estrogen menyebabkan pengaruh terhadap mood dan juga energi yang dikeluarkan oleh tubuh anda. Ada pula  menurut Donnica Moore yang dikutip dari situs female menyatakan bahwa peningkatan transfer oksigen yang ditujukan kepada jaringan otot akan membuat anda mengurangi kram perut dan juga kembung pada perut. Apa sajakah olahraga yang bisa anda lakukan ketika anda sedang menstruasi dan manfaat yang anda dapatkan ?

Manfaat Menstruasi

Banyak wanita yang mengeluh ketika sedang datang bulan. Memang siklus datang bulan ini sering membuat anda merasakan nyeri dan perubahan mood. Akan tetapi anda harus tau bahwa dengan menstruasi , maka tubuh anda akan sehat. Mungkin anda bertanya-tanya mengapa bisa kami simpulkan sehat. Anda mungkin tidak sadar bahwa menstruasi ternyata telah menyeimbangkan tubuh sehingga kondisi tubuh anda stabil.

Menstruasi (Polimenorea) Bisa Mengakibatkan Gangguan Terhadap Kesuburan

Siklus menstruasi bukan suatu yang asing untuk anda, wanita. Akan tetapi terkadang siklus menstruasi  setiap bulannya membuat anda merasa terganggu, seperti adanya PMS. Meskipun gejala PMS normal dialami oleh wanita, akan tetapi tau kah anda . Bahwa ternyata ada gangguan lain selain gejala PMS yang ditimbulkan saat menstruasi. Anda mengalami menstruasi yang sering bahkan hingga jumlahnya banyak ?

Dismenore, Gangguan Saat Menstruasi

Setiap wanita memiliki masalah berbeda ketika menghadapi siklus menstruasi setiap bulannya. Masalah yang timbul mulai dengan adanya gejala PMS (premenstrual syndrome) hingga masalah tidak mengalami menstruasi atau sampai mengalami menstruasi yang berkepanjangan. Menstruasi pada umumnya akan dialami oleh wanita ketika sudah memasuki usia reproduksi dan berakhir pada saat monopause.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Anda sering merasakan nyeri saat haid ? anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau PMS.  Penyebab PMS diduga karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon. Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh.