Kategori: ASI

Kategori artikel yang berisi informasi seputar ASI, dari mulai manfaat ASI, cara menyusui yang baik dan benar, pemberian ASI ekslusif, hingga tips-tips mengenai kendala-kendala dalam permberian ASI

Cara Mengatasi Puting Susu Lecet Saat Menyusui

Puting Susu Lecet Saat Menyusui

4.83/5 (6) Puting Susu Lecet Saat Menyusui – Setelah melahirkan, kini anda sudah benar-benar menjadi seorang ibu. Kini anda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merawat si kecil, termasuk menyusuinya. Air susu ibu ( ASI ) berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dari ASI bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Saat [Baca selengkapnya…]

Produksi ASI Berkurang? Beberapa Hal Ini Dapat Menjadi Penyebabnya

produksi ASi berkurang

4.62/5 (13) Produksi ASI Berkurang  – Sebagai seorang ibu, anda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk bayi anda, termasuk memberikan ASI yang cukup agar kebutuhan bayi terpenuhi. Namun, masalah saat menyusui bisa saja datang, salah satunya produksi Air Susu Ibu (ASI) mengalami penurunan. Hal ini tentunya akan memicu kekhawatiran pada ibu. Ibu takut kebutuhan nutrisi [Baca selengkapnya…]

12 Buah Untuk Ibu Menyusui yang Baik Dikonsumsi

Buah Untuk Ibu Menyusui

4.75/5 (48) Buah Untuk Ibu Menyusui – Setelah melahirkan, tugas seorang ibu selain merawat bayinya juga menyusui bayinya. ASI merupakan sumber makanan utama bayi, khususnya selama 6 bulan pertama kehidupannya sebelum akhirnya bayi diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Guna menjaga agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga, penting bagi seorang ibu untuk mengetahui makanan [Baca selengkapnya…]

Manfaat Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui | Definisi, Penyebab & Teknik

4.89/5 (19) Manfaat Pijat Laktasi – Sebagian besar orang terutama wanita mungkin belum mengetahui akan manfaat melakukan pijat laktasi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan mendasar akan hal tersebut. Untuk itu, kami sajikan beberapa manfaat pijat laktasi yang memang sangat berguna untuk Anda. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua wanita yang telah melahirkan memiliki produksi [Baca selengkapnya…]

Bagaimana Memulai Menyusui?

Pertama kali ibu mengendong bayi Anda di ruangan bersalin merupakan waktu yang sangat tepat untuk mulai menyusui. Pada mulanya tubuh Anda menghasilkan sejumlah susu yang disebut kolostrum, kolostrum inilah yang akan membantu melindungi bayi dari infeksi. Perut bayi Anda sangat kecil, jadi dia hanya membutuhkan jumlah kecil untuk mengisinya.

Menu Diet Ibu Menyusui

Banyak ibu yang baru melahirkan bertanya-tanya apakah menyusui akan mempengaruhi pola makan? Sebaiknya anda tidak perlu melakukan perubahan besar dengan apa yang Anda makan atau minum ketika Anda menyusui, meskipun ada beberapa pertimbangan penting untuk diingat agar kesehata anda terhajaga. Beberapa ibu menyusui menginginkan berat badan yang kembali ke normal ketika menyusui tentu saja ini juga harus dipertimbangkan dengan gizi yang seimbang untuk menghasilkan kualitas ASI.

Solusi Bagi Ibu Menyusui Yang Mengalami Pembengkakan

Dua sampai empat hari setelah bayi lahir, ibu kaget karena menemukan payudara mengalami ukuran yang lebih besar dari biasanya, ya seperti mengalami pembengkakan sehingga ukuran cup bra yang biasa digunakan tidak nyaman untuk dipakai. Normalkah kondisi ini pada ibu menyusui? Bagaimana solusi yang dapat dilakukan ketika ibu menyusui mengalami pembengkakan.

Tips Menyusui di Tempat Umum

Beberapa menyusun strategi yang cermat dapat membuat nyaman ketika menyusui di depan umum tampak seperti hal yang sederhana dan wajar untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tips apa saja yang harus dipakai, bagaimana bayi memulai menyusui, mengajarkan bayi untuk tetap nyaman keika menyusui dan bagaimana untuk membantu diri sendiri dan orang lain merasa lebih nyaman.

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Menyusui

Perubahan buah dada dimulai pada trimester pertama kehamilan, dan kebanyakan ibu mengatasi dengan menggunakan bra kehamilan yang tepat bersama dengan baju kehamilan. Jika Anda membeli bra baru selama kehamilan, jangan lupa untuk mempersiapkan dengan membeli bra khusus menyusui. Kebanyakan pakaian dalam khusus ibu menyusui mungkin tidak cocok setelah bayi lahir.

11 Tips Memompa ASI Perah

Ibu menyusui yang sibuk dengan kegiatan di luar rumah tidak perlu khawatir, pemberian ASI ekslusif dapat dilakukan dengan memompa ASI yang lebih dikenal dengan ASI perah. Meskipun demikian ibu menyusui seringkali mengeluhkan cara memompa ASI yang kurang optimal sehingga ASI perah hanya sedikit. Padahal memompa ASI yang baik dan benar dapat dilatih sehingga ibu terbiasa memompa ASI. Bagaimana cara memompa ASI? Berikut ini adalah artikel yang dapat membantu anda 18 tips memompa asi perah.  

Masih Bingung Menentukan Posisi Menyusui, Inilah Caranya

Kaku, canggung, khawatir salah posisi menyusui seringkali dialami oleh ibu menyusui di minggu minggu pertama kelahiran bayi. Terlebih bayi sering menangis ketika sedang menyusu,benarkah bayi tidak mengalami kenyamanan ketika sedang menyusu. Untuk dapat membantu anda menentukan posisi menyusui yang baik dan bener sesuai dengan kondisi bayi, artikel ini akan membantu anda untuk menentukan posisi menyusui.

Berikan ASI Untuk Meningkatkan IQ Anak

Meskipun penelitian tidak dapat memberikan jaminan bahwa anak yang diberikan ASI akan menjadi anak yang unggul dalam prestasi dan mendapatkan juara kelas akan tetapi penelitian yang ditemukan bahwa adanya hubungan yang positif antara menyusui dan perkembangan otak anak, sehingga penting bagi anda untuk memberikan ASI, terutama pemberian ASI ekslusif.

Jangan Takut Bayi Kelaparan, Kandungan ASI Eksklusif Mencukupi Kebutuhan Gizi Bayi

ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi, pemberian ASI eksklusif sangat disarankan karena dapat memenuhi imunitas alami pada bayi dan kandungan nutrisi ASI juga dapat membantu bayi tumbuh kembang secara optimal. Bahkan ASI mendukung perkembangan tingkat kecerdasan pada anak, apakah anda masih ragu untuk memberikan ASI eksklusif?

Cara Meminimalkan Gangguan Menyusui Pada Bayi Penyakit Kuning

Penyakit kuning cenderung lebih sering terjadi pada bayi yang diberi ASI dan untuk bertahan sedikit lebih lama. Dalam kebanyakan kasus, itu tidak berbahaya, tapi penyakit kuning fobia pada bagian dari orang tua dan penyedia layanan kesehatan sering menimbulkan hambatan untuk keberhasilan menyusui. Berikut adalah beberapa latar belakang pada penyakit kuning dan cara untuk meminimalkan gangguan menyusui. ( Baca : Bolehkah Ibu Menyusui Bayi Kuning? )

Mengatasi Mastitis Pada Ibu Menyusui

Selamat bagi ibu yang baru saja berbahagia mendapatkan anggota keluarga baru. Kehadiran bayi anda menjadi pelengkap kehangatan keluarga. Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya dengan memberikan ASI untuk dapat menunjang tumbuh kembang bayi.

Cara Menyimpan ASI Saat Traveling

Membawa bayi untuk berlibur tidak akan membuat anda kerepotan asalkan anda mengetahui kebutuhan yang diperlukan bayi. Persiapan yang harus anda persiapkan diantaranya adalah pakaian bayi, peralatan tidur dan mandi bayi selain itu yang tidak kalah penting adalah kebutuhan makanan yang dibutuhkan untuk tetap menjaga keperluannya di perjalanan dan ditempat tujuan.

Cara Menyimpan ASI Perah

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi selain itu kandungan ASI memiliki antibodi alami yang dapat menjaga bayi dari infeksi. Pemberian ASI hingga usia 6 bulan tanpa memberikan makanan dan cairan lain atau dikenal dengan ASI eksklusif sangat disarankan karena dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi tidak mudah sakit, memiliki intelegensi yang lebih baik dan juga ikatan batin antara anak dan ibu. Selain itu manfaat ASI eksklusif akan membantu dalam pemulihan ibu pasca persalinan.

Cara Mengatasi Bingung Puting Pada Bayi

Bayi selalu menolak dan rewel ketika akan diberikan ASI? Apakah ASI tidak disukai oleh bayi sehingga bayi selalu menolak? Kondisi ini yang membuat ibu bertanya-tanya bahkan cemas kesehatan bayi terganggu. Cobalah dengan menggunakan ASI perah, apabila ternyata bayi dapat menerimanya mungkin kondisi bayi anda sedang mengalami bingung puting.

Amankah Donor ASI?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga lebih memudahkan ibu untuk bertukar informasi mengenai kondisi kesehatan bayi. Salah satunya keluhan yang dialami ketika bayi sudah hadir ditengah keluarga dan merasa tidak puas mendukung tumbuh kembang bayi karena ASI sulit diproduksi.