data-ad-format="auto"

Manfaat Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui | Definisi, Penyebab & Teknik

Manfaat Pijat Laktasi - Sebagian besar orang terutama wanita mungkin belum mengetahui akan manfaat melakukan pijat laktasi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan mendasar akan hal tersebut. Untuk itu, kami sajikan beberapa manfaat pijat laktasi yang memang sangat berguna untuk Anda.

Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua wanita yang telah melahirkan memiliki produksi ASI yang berlimpah. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik. Namun, produksi ASI yang berlimpah tentunya menjadi sebuah harapan bagi setiap ibu yang telah melahirkan. Bagaimanapun juga, ASI merupakan sumber makanan yang paling penting bagi bayi. Penyebab inilah yang menjadikan seorang wanita menginginkan produksi ASI yang cukup berlimpah untuk diberikan kepada si kecil.

Memiliki ASI yang berlimpah tentunya harus melakukan berbagai cara dan juga alternatif yang dijalankan oleh seorang wanita. Hal ini dikarenakan tidak setiap wanita memproduksi ASI yang berlimpah untuk diberikan kepada bayinya sehingga mereka merasa ada sesuatu yang tidak sempurna. Cara dan juga alternatif yang paling sering dilakukan oleh seorang wanita ialah dengan melakukan pijat laktasi.

Apa itu pijat laktasi? Apa saja manfaat yang akan ibu menyusui dapatkan dengan melakukan pijat laktasi? Bagaimana melakukan teknik pijat laktasi yang paling tepat? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tentunya kami akan sajikan penjelasan tersebut dalam beberapa poin di bawah ini.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Apa Itu Pijat Laktasi

Seperti yang sudah kami paparkan di atas sedikitnya mengenai pijat laktasi. Tentunya, mengetahui definisi mengenai apa itu pijat laktasi memang sangat penting adanya. Bagi Anda yang sedang menyusui tentunya mengetahui dan juga menjalankan pijat laktasi memang sangat penting adanya.

Pijat laktasi merupakan istilah yang merujuk pada pijat ibu menyusui. Pijat laktasi ini memang dikhususkan untuk ibu menyusui karena memang menitikberatkan pada bagian payudara. Pijat laktasi pada umumnya dilakukan oleh seorang wanita yang memiliki masalah akan produksi ASI. Wanita yang memiliki produksi ASI tidak lancar bahkan tidak memiliki ASI sama sekali menang sangat diwajibkan untuk melakukan pijat laktasi.

Tidak sedikit wanita yang telah melahirkan justru tidak memiliki ASI. Selain itu, pijat laktasi juga dilakukan pada seorang ibu yang mengalami pembengkakan payudara. Melakukan pijat laktasi memang sangat dianjurkan untuk setiap wanita yang terhambat akan produksi ASI tersebut. Bagaimanapun juga, seorang ibu harus memberikan ASI eksklusif kepada si kecil selama 6 bulan pertamanya. Maka dari itu, jangan tunda untuk melakukan pijat laktasi tepat setelah Anda melahirkan.

Penyebab ASI Tidak Lancar

Memberikan ASI tentunya menjadi sebuah keharusan bagi wanita yang telah melahirkan. Pasalnya, aktifitas menyusui memang dapat memberikan kebahagiaan dan juga kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita terlebih bagi anak pertama. Ibu menyusui tentunya menginginkan produksi ASI yang berlimpah bagi si kecil. Hal ini dikarenakan ASI memiliki kandungan nutrisi dan juga gizi yang memang sangat dibutuhkan oleh setiap bayi.

Akan tetapi, terdapat sebagian besar wanita yang mengalami produksi ASI yang tidak lancar. Hal ini memang terjadi dikarenakan oleh beberapa sebab yang kerap menyerang ibu hamil. Berikut ini beberapa penyebab ASI tidak lancar, diantaranya:

1. Kurang waktu istirahat

Penyebab utama ASI tidak lancar yaitu kurangnya waktu istirahat seorang ibu menyusui. Waktu istirahat yang tidak cukup menjadikan seorang ibu menyusui kekurangan fokus. Hal ini tentunya menyebabkan seorang ibu menyusui merasa kelelahan sehingga produksi ASI menjadi sangat terhambat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang ibu menyusui beraktifitas lebih ekstra dan juga lebih berat. Pastinya, bergadang pada malam hari untuk memberikan ASI kepada si kecil menjadi agenda yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang ibu menyusui. Untuk itu, ketika pada siang hari, jika si kecil tidur sebaiknya ibu menyusui beristirahat juga.

2. Kurangnya asupan nutrisi

Jika seorang wanita sedang menyusui, tentunya diperlukan asupan nutrisi dan juga gizi yang memang memberikan efek yang signifikan dalam melancarkan produksi ASI. Asupan nutrisi seperti buah-buahan dan juga sayuran menjadi menu utama yang harus ada untuk dikonsumsi oleh seorang wanita menyusui.

Menu makanan seperti pepaya dan daun katuk harus rutin dikonsumsi oleh setiap ibu menyusui. Anda tentunya harus membuat daftar menu makanan yang bervariasi untuk melancarkan produksi ASI. Untuk itu, makanan yang bernutrisi dan juga bergizi harus rutin Anda lakukan setiap hari.

3. Mengalami masalah hormonal

Permasalahan yang sering menyerang wanita seperti kadar tiroid yang tinggi, hipertensi, diabetes, dan juga darah yang tinggi. Ketika mereka sudah berhasil melahirkan tentunya produksi ASI yang lancar menjadi suatu harapan bagi setiap wanita. Permasalahan hormonal yang kerap menyerang wanita dapat menghambat produksi ASI sehingga menyebabkan ASI tidak lancar.

4. Efek pemakaian alat kontrasepsi

Terdapat beberapa alat kontrasepsi yang digunakan oleh wanita yang bersifat hormonal sehingga dapat menghambat produksi ASI. Pemilihan alat kontrasepsi seperti pil KB tentunya dapat mempengaruhi menurunnya produksi ASI. Untuk itu, sangat penting jika seorang ibu hamil menggunakan pil KB ketika si kecil sudah berusia sekitar empat bulan.

Cara untuk menghentikan hal ini tentunya sangat mudah, Anda dapat menghentikan pil kb dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter dan juga bidan mengenai kontrasepsi apa yang sebaiknya digunakan oleh ibu menyusui.

5. Jarang menyusui bayi saat malah hari

Bayi memang memiliki kualitas tidur yang cukup lama dibandingkan dengan balita. Akan tetapi, membiarkan bayi tertidur sepanjang malam tentu tidaklah bagus. Pada saat malam hari pun seorang ibu seharusnya menyusui anaknya dengan teratur.

Jika tidak maka akan menyebabkan produksi ASI yang bermasalah. Selain itu, bayi yang sama sekali tidak menyusu, maka akan mengalami masalah peningkatan berat badan. Hal ini menyebabkan berat badan pada seorang bayi menjadi terhambat. Faktanya, setiap ibu memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyimpan ASI di payudaranya. Jika tidak diberikan kepada bayi, maka akan menyebabkan produksi ASI yang menurun. Kadar prolaktin yang memberikan sinyal ke bagian payudara dalam memproduksi ASI menjadi sedikit terhambat sehingga produksi ASI pun akan menurun dengan sendirinya.

6. Operasi Payudara

Jika seorang wanita telah mengalami operasi pada bagian payudara tentunya hal ini dapat menjadi suatu penyebab produksi ASI yang menurun. Bagaimana tidak, tindakan operasi pada bagian payudara ini dapat berpengaruh pada produksi ASI. Sebagian besar wanita yang pernah melakukan operasi dapat melukai payudara sehingga dapat berpengaruh pada produksi ASI. Pada sebagian besar ibu menyusui merasa kesulitan ketika memberikan ASI kepada si kecil, namun ada juga yang tidak mengalami masalah sama sekali.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab ASI tidak lancar,  tentunya diperlukan suatu cara dan juga alternatif untuk membuat ASI kembali lancar. Dengan melakukan pijat laktasi tentunya dipercaya dapat memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui.

 

Manfaat Pijat Laktasi

Seperti yang kita tahu bahwa melakukan pijat tentunya memiliki manfaat yang diperoleh untuk ibu hamil. Salah satu cara yang sering digunakan oleh ibu menyusui untuk memperlancar ASI yaitu dengan teknik pijat dan juga relaksasi. Kedua cara tersebut merupakan solusi untuk membuat seorang ibu menyusui memiliki produksi ASI yang lebih berlimpah. Berikut kami sajikan beberapa manfaat pijat laktasi yang umum didapatkan oleh ibu menyusui, diantaranya:

1. Memperlancar produksi ASI

Manfaat pertama yang diperoleh oleh ibu menyusui dengan teknik pijat laktasi, tidak lain ialah untuk meningkatkan produksi ASI. Jika seorang wanita menyusui memiliki produksi ASI yang tidak lancar, maka dapat dilakukan teknik pijat laktasi. Teknik pijat untuk memperlancar ASI yaitu dengan melakukan pemijatan pada area payudara.

Pada umumnya, wanita yang telah melahirkan belum memiliki produksi ASI yang cukup berlimpah. Hal ini dikarenakan masih belum stabilnya produksi ASI di dalam payudara ibu hamil. Untuk itu, manfaat pijat laktasi memang sangat diperlukan untuk seorang wanita menyusui yang mempunyai masalah dengan produksi ASI.

2. Membuat ibu menyusui lebih rileks

Setelah melahirkan tentunya seorang wanita akan mengalami kelelahan yang memang tidak ada bandingannya sama sekali. Untuk itu, seorang ibu menyusui memerlukan suatu relaksasi yang dapat membuat tubuhnya lebih rileks dan juga lebih nyaman. Pijat laktasi memang dipercaya dapat membuat tubuh ibu menyusui lebih nyaman.

3. Mengencangkan payudara

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang wanita yang sudah pernah hamil dan juga melahirkan memiliki perubahan yang cukup signifikan baik dari postur tubuh dan juga payudara, terlebih pasca menyusui. Untuk itu, pijit laktasi tidak hanya bermanfaat untuk memperlancar produksi ASI, juga dapat menjaga payudara tetap kencang dan bentuk yang sempurna.

4. Merawat payudara

Payudara memang perlu kita jaga dan juga rawat karena berhubungan dengan ASI yang akan kita berikan kepada si kecil. Menjaga dan juga merawat payudara tetap bersih dan juga sehat memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Untuk itu, merawat dan juga menjaga payudara tetap bersih dengan teknik pijat laktasi memang sangat dianjurkan.

 

Teknik Pijat Laktasi

Pijat laktasi yang menjadi pilihan utama wanita menyusui untuk memperlancar ASI tentunya memiliki teknik-teknik tersendiri. Teknik tersebut tentunya dapat dilakukan dengan cara yang tepat dan juga sesuai dengan aturan. Beberapa terapis sangat dimungkinkan mempunyai cara yang berbeda-beda dalam melakukan teknik pijatan, namun secara umum teknik pijat laktasi melalui beberapa langkah, diantaranya:

Langkah 1

Pada langkah pertama ini, tentunya seorang ibu menyusui harus dalam keadaan rileks dan juga nyaman. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada hasil yang akan didapatkan nantinya. Persiapkan segala sesuatu yang memang digunakan selama melakukan pemijatan. Teknik pijat laktasi tentunya dapat dilakukan dalam posisi duduk dan juga berbaring.

Langkah 2

Jika ibu hamil sudah berada pada posisi nyaman, saatnya kita melakukan teknik pijat laktasi dengan cara menyiapkan air hangat. Lalu, celupkan kain yang memiliki tekstur lembut ke dalam air hangat, kemudian kompreskan pada kedua payudara Anda. Tentunya, Anda jangan menggunakan air yang terlalu dingin dan juga terlalu hangat karena akan mempengaruhi hasil yang akan kita dapatkan.

Langkah 3

Setelah kita melakukan kompres pada payudara, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan ialah dengan membersihkan payudara kita dari kotoran yang mungkin menempel di payudara. Untuk membersihkannya, kita dapat menggunakan kasa yang sudah dicelupkan terlebih dahulu pada minyak esensial atau baby oil. Setelah itu, lakukan pemijatan pada area puting dan juga areola dengan perlahan ke kiri, ke kanan, ke bawah dan juga ke atas selama 5 menit.

Langkah 4

Langkah selanjutnya kita akan melakukan pijat pada bagian payudara dengan meletakkan kedua telapak tangan diantara payudara. Lalu, urut ke samping dan juga ke bawah secara melintang hingga tangan menyangga payudara Anda. Kemudian, Anda dapat melepaskan payudara sambil mendorong ke atas. Tentunya, Anda dapat langkah ini setidaknya 5-20 kali putaran.

Langkah 5

Langkah selanjutnya, Anda dapat memijat kedua payudara dan melakukannya secara bergiliran. Anda dapat menopang payudara sebelah kanan dengan menggunakan jari tangan. Pada sisi tangan kanan, lakukan sejajar dengan kelingking. Kemudian, Anda dapat mengurut ke arah puting dari arah pangkal. Anda dapat melakukan gerakan tersebut pada payudara sebelah kiri secara bergantian.

Langkah 6

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu melakukan pemijatan dengan cara menopang payudara menggunakan telapak tangan kanan. Jari tangan kiri kemudian dikepalkan pada buku-buku jari tangan kiri. Lakukan pengurutan dari pangkal sampai ke arah puting.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam melakukan pijat laktasi. Anda juga harus melakukan teknik pijat tersebut secara lembut dan juga perlahan. Hal ini dikarenakan payudara sangat sensitif ketika mengalami sentuhan.

Alternatif Lain Agar ASI Lancar

Melakukan pijat laktasi memang memberikan hasil yang cukup signifikan bagi ibu menyusui. Akan tetapi, jika Anda ingin memperlancar produksi ASI tentunya Anda harus melakukan berbagai cara dan juga alternatif yang kemungkinan besar akan membuat produksi ASI menjadi lebih lancar. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar ASI keluar banyak. diantaranya:

1. Berikan ASI sesering mungkin

Memberikan ASI kepada si kecil sesering mungkin tentunya sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. Rangsangan alami yang diberikan oleh mulut bayi tentunya akan berpengaruh pada produksi ASI. Jika Anda memberikan ASI kepada bayi Anda sesering mungkin tentunya produksi ASI akan menjadi lebih lancar. Untuk itu, berikan ASI kepada si kecil selama diinginkan oleh bayi Anda.

2. Cukupi kebutuhan nutrisi dan gizi

Nutrisi dan juga gizi memang sangat menentukan produksi ASI. Menu makanan seperti sayur dan juga buah memang memiliki kelebihan tersendiri dalam hal produksi ASI. Maka dari itu, masukan sayur dan juga buah ke dalam menu harian Anda setiap harinya.=

3. Hindari menggunakan dot

Jika si kecil tidak memungkinkan untuk diberikan ASI secara langsung, tentunya seorang ibu akan memberikan ASI yang disimpan terlebih dahulu di dalam dot. Akan tetapi, hal tersebut justru membuat produksi ASI ibu menyusui menjadi tidak lancar. Untuk itu, jika tidak ada masalah sama sekali, berikan ASI kepada si kecil secara langsung ialah hal yang lebih baik.

4. Memberikan ASI secara bergantian

Jangan sampai Anda memberikan ASI kepada si kecil hanya melalui satu payudara. Hal ini akan menyebabkan produksi ASI pada salah satu payudara menjadi terhambat dan juga akan membuat ukuran payudara besar atau kecil sebelah. Untuk itu, berikan ASI pada si kecil secara bergantian.

Demikianlah manfaat pijat laktasi yang harus Anda ketahui. Pastikan untuk melakukan teknik pijat laktasi sesuai dengan aturan dan juga cara yang tepat. Hal ini memang sangat penting karena pijat ini berhubungan langsung dengan payudara Anda. Semoga bermanfaat!

 

 

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us