Kategori: Mainan Bayi

Kategori Artikel ini akan membantu anda dalam memberi tahu manfaat permainan pada anak-anak. Sehingga permainan yang sesuai dengan usianya akan membantu dalam perkembangan kognitif yang optimal.

Sadari, Tak Semua Mainan Mampu Stimulasi Otak Anak dengan Efektif

5/5 (1) Pernahkah terlintas dalam benak kita bahwa seringkali orangtua memaksakan anak-anak dan bayi mereka untuk dapat belajar? Anggapan dan citra yang luar biasa pada anak-anak kecil yang sudah mampu belajar dan melakukan banyak hal yang edukatif diusianya, serigkali membuat orangtua mengharapkan bahwa kecerdasan dan kepintaran ini dapat tumbuh dan ditunjukan oleh anak-anaknya sejak mereka [Baca selengkapnya…]

Mengapa Mainan Harus Sesuai Usia Anak?

Bertambahnya usia maka akan membuat anak memiliki kemampuan yang berbeda. Meskipun demikian kebanyakan anak lebih asyik dengan satu jenis mainan sehingga orang tua tidak dapat memaksakan apabila mainan tersebut merupakan mainan kesukaan anak.

Tips Mainan Bayi Usia 4-5 Tahun

Bertambahnya usia si kecil maka berbanding lurus dengan tumbuh kembangn anak. Pada usia 4-5 tahun anak akan mempersiapkan diri untuk masuk sekolah. Persiapan mental pada lingkungan baru dapat anda rangsang dengan cara-cara menarik termasuk dengan mengajak anda bermain sambil belajar.

Tips Mainan Bayi Usia 1-3 Tahun

Bermain adalah salah satu cara yang mengasyikan yang dapat dilakukan oleh siapapun termasuk pada anak yang memiliki rentan usia 1-3 tahun. Anak yang diberikan waktu bermain dapat meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini dikarenakan dengan bermain kelompok atau menggunakan alat membuat anak menjadi lebih cepat tanggap, menyelesaikan masalah dan menghargai lingkungan sekitar.

Tips Mainan Bayi Usia 10-12 Bulan

Memasuki usia 10-12 bulan bayi anda sudah semakin berkembang dalam kemampuan motorik halus dan motorik kasar. Pada saat bayi anda mengalami perkembangan motorik hal yang terpenting adalah dengan memberikan stimulasi sehingga tumbuh kembang anak dapat optimal. Inilah yang seringkali dilupakan oleh orang tua.

Tips Mainan Bayi Usia 7-9 Bulan

Dengan bertambahnya usia, kebutuhan gizi dan stimulasi pada bayi semakin bertambah. Kemampuan bayi merangkak direntan usia 7-9 bulan semakin meningkat. Bahkan bayi semakin aktif dan membutuhkan ruang untuk terus menjelajah kemampuannya. Hal yang harus anda ingat bahwa pada usia 7-9 bulan harus melindungi bayi dari bahaya yang mengintai seperti perabotan rumah tangga, benda yang tajam, mainan yang kecil dan berbahan logam berbahaya. Pada umumnya bayi rentan usia 7-9 bulan sedang memasuki fase mengambil, memasukan dan membuang apa saja ke mulutnya. ( Baca : Manfaat Permainan Untuk Tumbuh Kembang Anak )

Tips Mainan Bayi Usia 0-6 Bulan

Perkembangan bayi sangat penting untuk diamati dalam rangka mengetahui tumbuh kembang yang sesuai dengan usia bayi anda. Perkembangan bayi yang berhubungan dengan kemampuan motorik, kognitif, perseptual akan berkembang dengan usia bayi. Selain itu untuk tumbuh kembang yang optimal maka dibutuhkan rangsangan pada bayi.

Manfaat Permainan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Kemampuan anak-anak mengalami perkembangan pada periode emas yaitu usia anak di bawah lima tahun. Golden age period adalah proses anak mengalami perkembangan otak mencapai 80% dan terjadi satu kali seumur hidup anak. Pembinaan yang tepat sangat disarankan untuk mendapatkan perkembangan baik secara emosional, mental, sosial, intelektual dan juga moral. Dengan demikian anak akan memiliki sikap dan pola perilaku seseorang di kemudian hari.