Asam Urat

15 Pantangan Asam Urat Yang Harus Benar-Benar Anda Hindari

Penyakit yang satu ini termasuk ke dalam salah satu penyakit yang banya dialami terutama oleh orang yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan pada usia yang sudah lanjut sistem metabolisme tubuh menurun sehingga usia tersebut memang sangat rentan untuk terkena berbagai gangguan dan juga masalah kesehatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang menderita jenis penyakit yang satu ini.

Asam urat memang sangat mengganggu dan membuat penderita penyakit ini merasa tidak nyaman. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat termasuk ke dalam jenis penyakit yang berdampak buruk pada urat-urat bagian tubuh seperti urat tangan, jari tangan dan juga kaki. Sebagian besar orang yang menderita penyakit asam urat ini memang mengeluhkan nyeri sendi dan kaku pada beberapa bagian tubuh.

Meskipun penyakit yang satu ini sudah populer di masyarakat, namun tidak semua orang mengetahui apa sebenarnya penyakit asam urat ini. Penyakit asam urat ini ialah jenis penyakit akibat dari kelebihan zat purin hasil dari proses metabolisme tubuh. Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, tentu sangat penting bagi Anda mengetahu pantangan makanan pada penderita asam urat yang benar-benar harus Anda hindari.

Jangan Anggap Remeh Asam Urat

Sebelum kepada pembahasan poko mengenai pantangan asam urat yang harus dihindari. Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengapa penyakit asam urat ini tidak boleh dianggap remeh. Asam urat yang banyak diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut ini tentunya memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Pada sebagian besar orang yang menderita asam urat ini tentu memiliki gangguan terhadap kesehatan lain.

Terlepas dari hal tersebut tentunya tidak sedikit pula orang yang menganggap remeh akan penyakit yang satu ini dan merasa bahwa penyakit asam urat tidak perlu diobati. Namun, pada kenyataannya penyakit asam urat ini memang akan menimbulkan efek yang buruk terhadap kesehatan serta menimbulkan komplikasi yang cukup parah seperti kadar kolesterol yang tinggi.

Asam urat ini memang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh dimana proses ini menghasilkan zat yakni zat purin. Dengan kadar berlebih tentunya zat tersebut akan menumpuk di dalam ginjal sehingga ginjal akan terganggu. Selain itu, kadar zat purin yang berlebih di dalam tubuh bisa tersebar melalui peredaran darah sehingga akan masuk pada persendian dan mengakibatkan peradangan pada sendi. Inilah yang terjadi dimana penderita asam urat mengalami rasa sakit, nyeri dan juga kaku yang terjadi pada persendian.

Jangan sekali-kali menyepelekan asam urat karena jika sudah dalam tingkat yang parah akan menyebabkan gangguan jantung. Seseorang yang terkena asam urat berpotensi besar mengalami hiperurikemia yakni sejenis penyakit dengan penyumbatan pada pembuluh darah ke jantung. Penyakit jantung jenis ini memang termasuk ke dalam salah satu angka kematian dengan jumlah yang cukup tinggi.

Zat purin yang dihasilkan oleh tubuh dalam proses metabolisme tentunya akan menyebabkan gangguan ginjal dan juga gagal ginjal. Hal ini dikarenakan zat purin yang mengendap di dalam ginjal akan berubah menjadi kristal sehingga akan menghalangi aliran urin pada saluran kemih.

Penyakit asam urat memang hampir sama dengan penyakit kolesterol. Jika pada penderita kolesterol mengalami kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. Untuk penderita asam urat ini tentunya mengalami kadar zat purin yang berlebih di dalam tubuh. Jika kita ingin mengetahui berapa jumlah kadar normal zat purin untuk tubuh, berikut kami sajikan kadar normalnya;

- Wanita memiliki batas normal sekitar 2,6-6 mg

- Pria memiliki batas normal sekitar 3,5-7 mg.

Sedangkan untuk mengetahui batasan normal dari kadar asam urat di dalam tubuh kita, tentu harus dilakukan pemeriksaan dengan cara tes darah yang dilakukan di lab.

Gejala Asam Urat

Jika Anda belum melakukan pemeriksaan kadar asam urat di dalam tubuh, tentunya Anda juga bisa  mengetahui apakah kadar asam urat di dalam tubuh kita tinggi ataukah rendah dengan melihat beberapa gejala sebagai berikut:

- Terjadinya ruam kemerahan yang terjadi pada tangan dan juga telapak kaki karena asam urat sudah mulai meradang

- Persendian terasa ngilu dikarenakan kadar asam urat yang menumpuk di dalam sendi. Bagian yang sering ngilu biasanya terjadi pada persendian kaki dan juga sendi tangan.Persendian tangan cenderung akan lebih merasakan ngilu dibandingkan dengan persendian pada kaki. Kondisi ini akan terasa parah pada persendian tangan karena akan terasa lebih kaku.

- Telapak tangan dan juga telapak kaki akan lebih bengkak karena sudah terjadi endapan kristal yang mengeras. Jika hal ini terjadi, maka penyakit asam urat ini terbilang sudah kronis dan berada pada tingkatan yang cukup parah.

- Penderita asam urat akan mengalami jari tangan yang kaku dan sulit untuk digerakkan bahkan memegang sesuatu akan terasa sangat ngilu dan juga nyeri.

- Akan sering mengalami kesemutan terutama pada telapak kaki dan juga telapak tangan. Biasanya, kondisi ini terjadi menjelang pagi hari atau pada waktu subuh.

- Penderita asam urat tentunya akan kesulitan ketika berjalan serta tidak dapat menggenggam sesuatu dikarenakan persendian kaki dan juga tangan terasa ngilu dan juga nyeri.

- Sendi akan terasa nyeri jika digerakkan secara memutar terutama pada telapak tangan. Cobalah gerakan dan goyang-goyangkan tangan, apakah terasa nyeri atau ngilu. Jika iya, maka besar kemungkinan Anda akan terkena asam urat.

Itulah beberapa gejala dari penyakit asam urat yang banyak dialami oleh penderita asam urat.

Pantangan Asam Urat Yang Harus  Dihindari

Seperti halnya pada penderita kolesterol yang disebabkan oleh makanan. Begitupula dengan orang yang menderita penyakit asam urat. Bagi penderita asam urat tentunya harus menghindari apa saja pantangan yang harus benar-benar dihindari oleh penderita asam urat. Seperti halnya makanan dengan zat purin yang cukup tinggi dimana termasuk ke dalam jenis makanan yang benar-benar harus Anda hindari. Beberapa pantangan di bawah ini memang dikhususkan bagi Anda yang mengalami asam urat dengan kadar zat purin yang cukup tinggi, diantaranya:

Seafood

Jenis makanan pertama yang harus benar-benar dihindari oleh penderita asam urat ialah makanan laut. Jenis makanan laut seperti udang, cumi, kepiting dan banyak lagi memang memiliki kandungan zat purin yang sangat banyak. Jika makanan laut dikonsumsi oleh penderita asam urat, maka dapat dipastikan akan mengalami kondisi asam urat yang kronis. Lebih lanjut lagi akan menyebabkan ginjal kesulitan untuk mengeluarkan zat purin tersebut.

Kandungan zat purin yang terdapat di dalam makanan laut, diantaranya:

- ikan sarden memiliki zat purin sebanyak 480 mg/100 gram

- udang mengandung zat purin sekitar 234 mg/ 100 gram

- Lobster memiliki kandungan zat purin sekitar 118 mg/100 gram

- ikan kakap mengandung zat purin sebanyak 160 mg/100 gram

Untuk itu, dengan mengetahui kadar zat purin yang terdapat di dalam beberapa jenis makanan laut tersebut. Maka alangkah baiknya jika makananlaut tersebut benar-benar Anda hindari untuk tidak mengonsumsinya.

Ikan Asin

Selain seafood basah, makanan laut lain yang berpotensi meningkatkan kadar purin di dalam tubuh ialah ikan yang diasinkan. Seperti berbagai jenis ikan asin yang saat ini banyak sekali dipasaran. Ikan teri dan juga ikan asin memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam perut penderita asam urat dan juga hipertensi karena kandungan garam pada ikan asin akan meningkat dengan cepat. Di dalam ikan teri atau ikan lain yang diasinkan tentunya memiliki kandungan zat purin yang cukup banyak yakni sekitar 239 mg/ 100 gram.

Kerang

Kerang menjadi salah satu jenis makanan yang dipantang bagi penderita asam urat. Baik kerang laut, kerang selokan dan juga kerang yang dibudidayakan memang memiliki kandungan zat purin yang sangat banyak yakni sekiatr 136 mg/ 100 gram.

Makanan Olahan Dari Kacang Kedelai

Berbagai jenis makanan yang berasal dari bahan utama kacang kedelai memang memiliki rasa yang lezat terutama jika dimasak menjadi menu tertentu. Makanan dari olahan kedelai seperti tahu, tempe, ataupun bahan makanan lain yang difermentasi memang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dalam hal ini kacang kedelai memang memiliki kandungan zat purin sekitar 190 mg/ 100 gram. Untuk olahan dari kacang kedelai ini ternyata memiliki kadar zat purin yang lebih tinggi yakni pada tempe terdapat sekitar 241 mg/ 100 gram, sedangkan tahu mengandung zat purin sekitar 208 mg/gram. Tentu, kadar purin yang sangat tinggi, bukan?

Daging Berlemak

Tidak hanya makanan laut yang memiliki potensi dalam meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun, daging dengan lemak juga wajib dihindari oleh para penderita asam urat. Kadar lemak yang ada di dalam daging selain menyebabkan penyakit asam urat, juga akan mengakibatkan terjadinya kelebihan kadar kolesterol di dalam darah. Untuk daging tentunya Anda memiliki batasan konsumsi daging maksimal 6 ons per harinya. Pada lemak yang jahat tentu tidak mampu diuraikan oleh jantung begitu pula dengan ginjal. Dengan kondisi ini tentunya akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh Anda yang terancam.

 Biji Melinjo dan Kacang Tanah

Biji-bijian memang terkenal dengan kandungan zat purin yang cukup banyak. Seperti pada biji melinjo yang memiliki kandungan purin cukup banyak yakni sekitar 222 mg/ 100 gram. Kadar pada biji melinjo tersebut tentunya sama dengan kandungan zat purin yang terdapat di dalam kacang tanah sehingga akan lebih baik jika Anda membatasi asupan kacang tanah pada tubuh Anda. Hindari juga makanan olahan yang terbuat dari biji melinjo yaitu emping.

 Daun Melinjo

Selain biji melinjo, daun melinjo juga menjadi salah satu jenis daun-daunan yang harus dihindari. Daun melinjo ini termasuk ke dalam salah satu jenis daun-daunan yang wajib Anda hindari. Daun melinjo memang memiliki kadar purin yang sangat tinggi yakni sekitar 366 mg/ 100 gram.

 Bayam dan Kangkung

Jenis daun-daunan selanjutnya yang harus benar-benar Anda hindari yaitu bayam dan juga kangkung. Pada orang dengan kadar purin di dalam tubuh yang normal tentunya memiliki gizi dan juga nutrisi yang cukup. Akan tetapi, pada penderita asam urat, kedua jenis daun ini memang harus dihindari karena mengandung zat purin yang cukup banyak yakni sekitar 290 mg/ 100 gram.

 Kulit Ayam

Tidak dapat dipungkiri bahwa kulit ayam memang sangat lezat dan nikmat jika digoreng kering dan dinikmati dengan nasi yang hangat. Namun ternyata, kulit ayam mengandung zat purin yang sangat tinggi yaitu sekitar 190 mg/ 100 gram.

 Berbagai Jenis Daging

Selain kulit ayam, berbagai jenis daging ternyata memiliki kandungan zat purin yang cukup tinggi. Selain mengakibatkan asam urat, daging yang kaya zat purin dan juga lemak sangat berpotensi menyebabkan kolesterol. Berikut ini beberapa jenis daging yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, diantaranya:

- Dada ayam dengan zat purin sekitar 175 mg/ 100 gram

- Daging sapi dengan zat purin sekitar 340 mg/ 100 gram

- Daging ayam kalkun dengan kandungan zat purin sekitar 175 mg/ 100 gram

- Daging kuda dengan kandungan purin sebanyak 200 mg/ 100 gram

 Jeroan

Jeroan dari hewan ini memang menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari dan sebisa mungkin berhenti untuk tidak mengonsumsinya. Semua jeroan hewan memang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asam urat dan juga orang normal. Bagi orang normal jika mengonsumsi jeroan akan lebih rentan terkena asam urat dan juga kolesterol. Berbagai macam jeroan dengan kandungan zat purin yang harus Anda hindari, diantaranya:

- Jantung kambing dengan zat purin sebanyak 241 mg/ 100 gram

- Ginjal sapi dengan zat purin sebanyak 269 mg/ 100 gram

- Limpa kambing dengan zat purin sebanayk 773 mg/ 100 gram

- Hati sapi dengan zat purin sebanyak 554 mg/ 100 gram

- Jantung sapi dengan zat purin sebanyak 256 mg/ 100 gram

- Hati ayam dengan zat purin sebanyak 243 mg/ 100 gram

- Paru sapi dengan zat purin sebanyak 329 mg/ 100 gram

- Lidah sapu dengan zat purin sebanyak 160 mg/ 100 gram

Minuman Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Tidak hanya makanan saja yang harus dihidnari oleh penderita asam urat, beberapa jenis minuman tentunya dapat dijadikan sebagai pantangan bagi penderita asam urat. Jenis minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat yaitu sebagai berikut:

Alkohol

Jenis minuman pertama memang terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terlebih bagi Anda yang mengalami asam urat yang tinggi. Selain dapat meningkatkan kadar asam urat, alkohol juga memang menjadi pantangan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat.

Bir dan Soda

Selain alkohol, bir dan juga soda sudah tidak dapat diragukan lagi akan bahaya yang timbul untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan di dalam bir dan juga soda terdapat zat fruktosa yang dapat memicu kadar zat purin di dalam tubuh menjadi meningkat.

Kopi

Meskipun memiliki rasa yang nikmat. ternyata mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih dapat memicu kadar asam urat tinggi. Kadar zat purin pada kopi terhitung sebanyak 2200 mg.

Cokelat Hangat

Minuman yang membuat tubuh kita rileks ternyata memiliki kandungan zat purin yang cukup banyak. Yakni sekitar 2300 mg/ 100 gram sehingga termasuk ke dalam kadar zat purin yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pantangan asam urat memang sangat banyak. Mungkin bagi Anda penderita asam urat sangat bingung untuk memilih jenis makanan tertentu yang aman baginya. Untuk itu,  satu hal yang harus Anda ingat, alangkah lebih baik untuk mencegah dibandingkan dengan mengobati. Maka dari itu, jagalah asupan makanan dan juga minuman saat masih muda dan sekarang juga dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat!

15 Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Penyakit yang satu ini kerap menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh sebagian besar orang terutama orang dewasa yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan semakin berlanjutnya usia seseorang, maka sistem metabolisme tubuh manusia juga bisa mengalami penurunan. Kondisi ini tentunya menyebabkan beberapa kondisi kesehatan manusia menjadi terganggu sehingga muncul berbagai masalah kesehatan yang tentu membuat seseorang tersebut merasa tidak nyaman.

Penyakit asam urat memang menjadi keluhan bagi para orang tua. Bagaimanapun juga, penyakit ini sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Pekerjaan yang seharusnya kita kerjaan harus terbengkalai disebabkan oleh gangguan penyakit yang satu ini. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat ialah masalah kesehatan yang ditandai dengan gejala-gejala seperti pembengkakan, panas di sekitar persendian dan juga pegal-pegal di beberapa bagian tubuh.

Asam urat sendiri umumnya menyerang beberapa persendian seperti kaki, telapak kaki, tangan dan juga jari tangan. Rasa nyeri ini tentunya disebabkan oleh banyaknya penumpukan zat asam urat yang terjadi pada seseorang sehingga dapat membuatnya sulit untuk bergerak. Adanya rasa kaku pada bagian persendian terutama telapak tangan tentunya dapat membuat seseorang sangat sulit untuk memegang dan atau melakukan sesuatu. Nah, jika Anda mengalami yang namanya penyakit asam urat, alangkah baiknya jika kita mencari cara dan juga alaternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat tersebut.

Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi

Sebelum kita beranjak kepada cara mengobati asam urat dengan bahan alami. Akan lebih baik jika kita mengupas terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kadar asam urat tinggi di dalam tubuh seseorang. Tentunya, ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang mengalami kadar asam urat yang tinggi. Hal ini tersebut tentunya tidak bisa lepas pula dari gaya hidup yang kita lakukan.

Penyebab asam urat tentunya tidak hanya terdiri dari satu penyebab saja. Namun, tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kadar asam urat yang tinggi. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kadar asam urat pada tubuh seseorang menjadi tinggi, diantaranya:

Penggunaan dari obat-obatan

Penyebab pertama yang menjadi faktor dimana seseorang mengalami kadar asam urat yang tinggi yakni dengan efek samping dari penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang. Hal ini tentunya bisa terjadi dimana Anda tidak begitu selektif dalam menggunakan obat-obatan. Pada umumnya, obat-obatan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia yang tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Penggunaan obat-obatan di sini tentunya bisa juga dikonsumsi untuk mengobati penyakit lain yang ada di dalam tubuh kita. Namun, jika dikonsumsi secara terus menerus dan jangka waktu yang cukup lama. Maka, tidak heran jika obat-obatan tersebut justru meninggalkan efek samping yang sangat berbahaya. Untuk itu, kita memang disarankan untuk mengonsumsi obat alami atau obat herbal dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Faktor usia

Jika kita berbicara faktor usia, sudah pasti bahwa asam urat ini menyerang sebagian besar orang yang sudah berusia lanjut. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa usia seseorang memang sangat mempengaruhi kadar munculnya penyakit di dalam tubuh seseorang. Pada umumnya penyakit asam urat ini menyerang sebagian besar orang yang sudah berusia di atas 50 tahun. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh pada seseorang yang sudah memasuki usia 50 tahun ini memang sudah menurun.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula untuk sebagian besar orang di bawah 50 tahun bahkan 40 tahun mengalami gejala penyakit yang satu ini. Untuk faktor jenis kelamin, asam urat memang lebih sering terjadi pada laki-laki, sedangkan pada wanita akan terjadi jika akan memasuki fase menopause.  Meskipun usia menentukan munculnya kadar asam urat, namun tentunya kondisi tersebut berhubungan dengan apa yang kita konsumsi dan gaya hidup seperti apa yang kita jalankan sehari-hari.

Makanan yang tidak sehat

Penyebab ini mungkin bisa dibilang sebagai faktor utama seseorang mengalami yang namanya kadar asam urat yang tinggi. Bagaimanapun juga, penyakit yang muncul di dalam tubuh kita tentu tidak dapat dipisahkan dari makanan yang kita konsumsi, terlebih makanan yang tidak sehat. Bahkan banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan memang menjadi penyebab yang sangat kuat dimana kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa mengonsumsi makanan yang tidak sehat tentunya sangat memungkinkan memicu kadar asam urat menjadi sangat tinggi meskipun memang tidak terjadi secara langsung. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, diantaranya:

- Jeroan hewan

Jeroan memang sangat menggoda dengan rasa yang gurih dan juga lezat sehingga tidak ada alasan bagi setiap orang untuk tidak menikmatinya. Beberapa jenis jeroan di sini yakni seperti hati, kikil, ampela, usus, paru, jantung dan juga jeroan lainnya. Bagi Anda yang menyukai berbagai jenis jeroan tentunya tidak heran jika Anda mengalami kadar asam urat yang tinggi. Terlebih jika dalam jangka waktu yang cukup lama.

- Daging sapi dengan lemak

Kita tentu sering mendapati daging sapi dengan kandungan lemak. Ternyata, daging sapi dengan lemak akan sangat memicu timbulnya kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Selain asam urat, daging sapi juga menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Hal ini dikarenakan daging sapi memiliki kandungan purin sehingga Anda harus menghindarinya.

- Seafood

Sudah tidak dapat diabaikan lagi akan kadar asam urat yang ada di dalam jenis makanan seafood. Makanan laut ini memang memberikan rasa yang sungguh nikmat sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi jenis makanan yang satu ini. Berbagai jenis seafood seperti kerang, scallops, udang, lobster, ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, ikan tuna, ikan hering, caviar dan juga ikan kod memang benar-benar harus Anda hindari sebisa mungkin.

- Minuman keras

Tidak dapat diragukan lagi akan bahaya minuman yang satu ini bagi kesehatan tubuh manusia. Alkohol memang mengandung bahan yang berbahaya sehingga dapat mengakibatkan tingginya kadar purin di dalam tubuh. Selain dapat memicu tingginya kadar asam urat, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan efek samping dan mengganggu kesehatan tubuh manusia. Jika terus dikonsumsi, tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami penyakit lain yang lebih serius.

- Beberapa jenis sayuran

Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun jika kadar asam urat di dalam tubuh kita tinggi. Maka sangat dilarang untuk kita untuk mengonsumsi beberapa jenis sayuran dan juga biji-bijian. Hal ini dikarenakan beberapa jenis sayuran memang memiliki zat purin sehingga menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Beberapa jenis sayuran dan juga biji-bijian yang tentunya dianjurkan untuk dihindari diantaranya kembang kol, asparagus, bayam, biji bunga matahari, keledai, dan juga jamur.

- Makanan olahan

Makanan olahan di sini tentunya yang memang sudah dibuat dengan metode tertentu sehingga menghasilkan jenis makanan lain. Makanan olahan memang sangat tidak baik terutama junk food dan juga fast food. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung beberapa zat yang mungkin sangat berbahaya sehingga menimbulkan kadar purin di dalam tubuh menjadi sangat tinggi.

Beberapa jenis makanan olahan yang dipercaya mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh diantaranya makanan ringan yang dijual bebas di pasaran, kismis, oatmeal, makanan beku, ragi roti, ragi bir dan juga olahan saus.

Itulah beberapa jenis makanan yang memang benar-benar harus Anda hindari sebelum terlambat dan tentunya bisa berakibat fatal dan juga menyebabkan zat purin menjadi sangat tinggi sehingga menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi sangat tinggi.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami

Mungkin banyak diantara kita yang mengeluhkan akan penyakit yang satu ini. Setelah nelakukan berbagai cara bahkan mengonsumsi obat-obatan sebagai pereda nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat. Namun penyakit tersebut tidak kunjung juga sembuh. Maka, tidak ada salahnya jika kita mencari alternatif lain dengan cara yang alami.

Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri dalam jangka waktu yang cukup lama memang sedikitnya menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita mencari cara untuk mengobati penyakit asam urat ini dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa alternatif dan juga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat dengan bahan alami, diantaranya:

Daun Sambolito

Daun yang satu ini termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal dan termasuk ke dalam jenis tanaman liar. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat dari daun sambiloto ini, namun ternyata daun ini memiliki khasiat yang cukup efektif dalam mengobati penyakit asam urat. Tanaman ini ialah jenis tanaman yang berasal Asia Afrika dan juga menyebar ke India dan terus meluas.

Dalam mengobati kadar asam urat di dalam tubuh daun ini memang memiliki kandungan natrium, kalsium dan juga kalium yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat. Daun sambiloto ini bisa Anda konsumsi dengan cara merebus daunnya dan meminum air rebusan dari daun sambiloto ini.

Daun Sirsak

Sama halnya dengan daun sambiloto, daun sirsak juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya dalam mengobati penyakit asam urat ini. Kandungan yang ada di dalam asam urat ini memang hampir sama dengan kandungan yang ada di dalam daun sambiloto sehingga tidak heran jika daun sirsak ini dipercaya ampuh dalam mengobati asam urat. Seperti dengan daun sambiloto, daun sirsak juga dapat dikonsumsi dengan cara merebus daun dan juga meminumnya.

Madu Hitam

Madu ini memang sangat terkenal dengan madu pahit yang memang berasal dari hutan. Madu hitam memang memiliki rasa yang berbeda dengan rasa madu pada umumnya. Madu pahit ini tentunya memiliki kandungan alkaloid yang tentu berasal dari sumber nektar (senyawa basa bernitrogen yang terdapat di beberapa jenis tanaman). Kandungan pahit inilah yang tentunya membuat madu hitam dapat mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit asam urat.

Bawang Dayak

Jenis tanaman bawang yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun tentunya kita tidak mengetahui bahwa ternyata bawang dayak ini memiliki khasiat yang sangat tinggi dalam mengobati kadar asam urat di dalam tubuh. Seperti hal namanya, bawang ini memang berasal dari suku dayak. Selain mengobati asam urat, bawang dayak juga dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pada umumnya, bawang dayak ini diolah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, lalu kemudian dicampur dengan air hangat, layaknya meminum teh.

Bunga Rosella

Bunga yang memiliki warna merah pekat ini ternyata termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman yang dipercaya dapat mengobati penyakit asam urat di dalam tubuh seseorang. Kandungan protein yang terdapat di dalam bunga rosella ini memang sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit asam urat. Untuk menurunkan kadar asam urat dengan bunga rosella ini, tentunya Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dapat direbus terlebih dahulu.

Jus Buah Cerry

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University mengenai objek buah cerry. Di dalam buah cerry ternyata terdapat kandungan antioksidan dan juga anti-inflamasi yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan antioksidan tersebut tentunya dapat dipercaya mencegah radikal bebas sedangkan anti-inflammasi dapat mencegah timbulnya peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, buah cerry juga mengandung senyawa asam yang pekat dimana kandungan asam ini dapat mengimbangi kadar asam urat di dalam dan juga urin. Kandungan nutrisi dan juga kalium yang terdapat di dalam buah cerry tentunya dapat mengakibatkan rasa perih dan juga sakit di daerah persendian. Meskipun asam rasa yang ditimbulkan, namun tentunya buah cerry ini berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat.

Jus Lemon

Di dalam lemon tentunya mengandung zat asam dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Bagaimanapun juga, zat asam yang terdapat di dalam lemon ini memiliki kandunga yang cukup baik untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kandungan asam yang terdapat di dalam lemon tentunya sangat membantu tubuh dalam memproduksi kalsium karbonat sehingga dapat menetralkan asam urat di dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang bersifat basa

Makanan yang bersifat basa memang terbukti efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Jika Anda mengonsumsi makanan yang bersifat basa, maka akan menetralisasi kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Dalam hal ini asam urat memang diproses melalui ginjal. Maka, makanan yang bersifat basa inilah yang tentunya dapat membantu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya dalam bentuk urin.

Konsumsi Cuka Madu

Mungkin kita akan terasa aneh ketika mendengar nama cuka madu, namun di Arab Saudi cuka madu ini sangat terkenal. Di Indonesia, cuka madu ini dikenal dengan sebutan propolis. Banyak sekali pedagang obat herbal yang menjual cuka madu ini. Seperti yang kita tahu bahwa propolis ialah kumpulan resin lebah yang membantu memberikan sifat basa di dalam tubuh sehingga memang sangat cukup efektif untuk menetralkan asam urat yang cukup tinggi.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Bagaimanapun juga, air putih memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, air putih diperlukan tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita dan juga menghindarkan diri kita dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Mengonsumsi air air putih dengan rutin tentunya dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Dalam memenuhi cairan tubuh, tentunya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari atau lebih sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh Anda. Dengan mengonsumsi cairan tubuh dengan lengkap tentunya dipercaya mampu melarutkan asan urat di dalam ginjal kita sehingga asam urat dapat keluar dalam bentuk urin. Jika dikonsumsi dengan sangat rutin tentunya kadar asam urat tidak akan pekat sehingga adanya pengkristalan pada bagian sendi bisa sangat kecil.

Dengan Cengkeh dan Ubi Jalar

Tentunya Anda sudah tahu akan manfaat dari saun cengkeh untuk kesehatan. Daun yang kerap digunakan untuk mengobati sakit gigi ini ternyata dipercaya juga untuk mengobati asam urat di dalam tubuh kita. Ditambah dengan ubi jalar yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai penetral kadar purin. Jika digabungkan, maka manfaat dari kedua bahan alami ini sudah tidak dapat diragukan lagi.

Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengobati asam urat dengan daun cengkeh dan juga ubi jalar, diantaranya:

- Siapkan ubi jalar dan cengkeh secukupnya serta beberapa bahan lain seperti kayu manis, pala, jahe merah, kapulaga dan juga air.

- Setelah itu, cuci semua bahan alami tersehut hingga benar-benar bersih.

- Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan air hingga mendidih dan tersisa air setengahnya.

- Saring air tersebut, kemudian konsumsi campuran bahan ini selagi hangat.

- Sedangkan untuk ubi jalar, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung.

- Lakukan langkah ini secara rutin ketika kadar asam urat Anda tinggi.

Dengan Daun Salam

Daun yang dikenal memiliki aroma yang sangat khas dan juga wangi ini. Ternyata juga memiliki kandungan yang tidak kalah dengan daun cengkeh. Kandungan yang terdapat di dalam daun salam ini yaitu kalium ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh kita. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut, diantaranya:

- Siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun salam dan juga 2 gelas air

- Setelah daun salam dibersihkan, rebus daun salam dengan 2 gelas air tadi hingga mendidih sampai tersisa sekitar satu gelas

- Sisad ari air daun salam tentunya dapat Anda konsumsi secara rutin maksimal dua hari sekali terutama ketika kadar asam urat Anda tinggi.

Dengan Daun Cocor Bebek

Daun dengan manfaat yang sangat ampuh untuk kesehatan ini ternyata dipercaya dapat menyembuhkan luka radang, ambeien, dan juga penyakit lainnya. Daun yang dikenal dengan nama cocor, sosor dan suru bebek ini termasuk ke dalam tunas daun yang hidup di alam liar. Untuk mengobati asam urat dengan menggunakan daun cocor bebek ini tentunya Anda juga harus menyiapkan beberapa kawan-kawannya seperti cengkeh, jahe, kayu manis, pala dan kapulaga.

Racikan herbal dari beberapa bahan tersebut dipercaya ampuh untuk mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, racikan ini tentunya dapat menjaga daya tahan tubuh dan juga sistem imunitas tubuh. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat racikan obat asam urat dari daun cocok bebek, diantaranya:

- Siapkan bahan-bahan yang sudah kami jelaskan tadi secukupnya dengan air sekitar 600 ml

- Rebuslan bahan-bahan tadi dengan air sampai mendidih dan sisakan setengahnya. Bagi air yang sudah disisakan tadi menjadi tiga gelas untuk dikonsumsi secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari.

- Pada umumnya, nyeri akibat asam urat yang tinggi bisa hilang dalam seminggu.

Komplikasi Dari Penyakit Asam Urat

Setiap penyakit tentunya akam menimbulkan beberapa komplikasi yang bisa berakibat fatal. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang sudah terserang penyakit menjadi tidak stabil sehingga akan memberikan dampak yang cukup buruk terhadap kondisi kesehatan yang lain. Begitupula dengan penyakit asam urat dimana akan memberikan komplikasi yang cukup buruk terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa komplikasi dari penyakit asam urat yang tentu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya:

Penyakit batu ginjal

Salah satu komplikasi dari asam urat ialah penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh terbentuk dalam air seni melalui ginjal. Terkadang asam urat yang dikeluarkan akan membentuk endapan-endapan did alam ginjail terutama pada penderita dengan kadar asam urat yang cukup tinggi. Meksipun memang dikeluarkan dalam bentuk cairan urin, namun jika memiliki ukuran yang cukup besar, maka akan menyebabkan penyakit batu ginjal. Penderita asam urat setidaknya akan merasakan sensasi selalu ingin buang air kecil. Jika terus dibiarkan, maka akan menyebabkan timbulnya infeksi saluran kencing.

Kerusakan pada sendi

Sudah tidak diragukan lagi akan komplikasi penyakit yang satu ini dimana asam urat bisa menyebabkan kerusakan pada persendian. Hal ini dikarenakan kristal-kristal natrium urat menumpuk dan juga membentuk tofi di dalam sendi. Sehingga lambat laut akan berpotensi merusak sendi. Bukan hal mustahil jika terus dibiarkan, maka akan menyebabkan kerusakan pada sendi dan akan meningkat menjadi status yang parah. Jika sudah parah, maka tidak menutup kemungkinan untuk melakukan tindakan lain yakni prosedur operasi.

Munculnya benjolan-benjolan tofi

Perlu Anda tahu bahwa tofi ialah gumpalan-gumpalan kecil yang berwarna putih dan juga kuning yang ada di balik kulit dan terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi ini pada umumnya muncul di daerah siku, lengan, tumit, telinga, jari tangan dan juga jari kaki. Benjolan tofi ini umumnya muncul pada penderita asam urat yang sudah sangat parah.

Munculnya tofi pada beberapa bagian tubuh tentunya menjadi tanda bahwa memang pengobatan untuk asam urat sudah tidak dapat ditunda lagi. Dengan artian Anda harus segera melakukan pengobatan agar benjolan tofi tersebut tidak bertambah besar. Untuk itu, segeralah konsultasikan kepada dokter ataupun tenaga kesehatan untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut lagi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembedahan.

Jantung koroner

Selain munculnya penyakit batu ginjal, ternyata asam urat juga bisa memicu komplikasi lain yaitu penyakit jantung koroner. Selain itu, penderita dengan kadar urat yang sangat tinggi memiliki peluang dua kali lebih besar. Kondisi ini tentunya disebabkan oleh tumpukan asam urat di dalam pembuluh darah sehingga mengganggu aktivitas jantung dalam memompa darah ke seluruh jaringan tubuh dan juga organ tubuh yang penting.

Untuk itu, ternyata penyakit asam urat tidak dapat disepelekan karena dapat memicu timbulnya penyakit lain di dalam tubuh. Selain itu, jika terus dibiarkan, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kita. Memang sangat penting untuk menjaga dan juga menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memicu asam urat. Demikianlah beberapa tips dan juga cara mengobati asam urat dengan bahan alami yang tentu sangat dianjurkan untuk Anda lakukan. Selamat mencoba!

Ternyata Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi Ini Berasal Dari Makanan Yang Anda Sukai

Penyakit yang satu ini tentunya menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh banyak orang terutama orang yang sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan ketika menginjak usia lanjut, sistem metabolisme tubuh menjadi menurun sehingga tidak heran jika banyak para orang tua yang mengalami berbagai gangguan kesehatan. Tidak salahnya lagi, gejala berbagai penyakit tersebut berhubungan dengan gaya hidup yang ia lakukan ketika masih muda.

Asam urat yang biasa dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut memang banyak disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, satu hal yang menjadi penyebab asam urat yang paling kuat ialah sari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Asam urat sejatinya ialah suatu limbah yang harus dibuang oleh tubuh. Namun, pada kasus orang yang terkena asam urat, limbah yang seharusnya dibuang justu menumpuk hingga mencapai jumlah yang cukup besar. Akan tetapi, asam urat yang dialami oleh banyak orang bukan saja disebabkan oleh makanan, namun ada faktor lain yang tentu menyebabkan kadar asam urat tinggi di dalam tubuh.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Seperti yang kita tahu bahwa asam urat ialah sebuah bahan kimia yang dihasilkan ketika tubuh memecah suatu zat yang disebut dengan purin. Purin ini sejatinya ditemukan di dalam beberapa jenis makanan dan juga minuman sepoerti ikan asin, kacang polong, kacang kering dan juga jenis makanan lainnya. Setelah diproduksi, asam urat ini tentunya akan larut di dalam darah, kemudian melewati ginjal, sebagian terbuang melalui buang air kecil dan sebagian lain menumpuk.

Penumpukan asam urat ini tentunya dikarenakan produksi asam urat terlalu banyak di dalam tubuh sehingga ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan cepat. Dampaknya, kadar asam urat di dalam darah menjadi semakin tinggi sehingga cukup sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini dikenal dengan istilah hyperuricemia. Jika kadar asam urat tinggi, maka akan menyebabkan terjadinya serangan gout. Namun tidak semua orang yang memiliki asam urat yang tinggi bisa mengalami serangan gout.

Gout di sini ialah sebuah kondisi dimana terjadinya rasa sakit pada persendian yang tidak tertahankan, rasa panas dan juga pembengkakan. Bagian persendian yang sering terserang gout ialah jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Pada umumnya, asam urat lebih banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Namun, perempuan juga harus waspada karena biasanya penyakit ini akan mulai menyerang wanita ketika memasuki masa menopause.

Rasa sakit yang timbul akan kadar asam urat yang tinggi biasanya akan berlangsung selama 3-10 hari. Orang yang mengalami rasa sakit ini juga akan mulai merasakan gejala ini dengan cepat pada beberapa jam pertama. Pembengkakan yang terjadi di sekitar persendian tentunya disertai dengan warna kulit yang memerah dan juga tidak mampu bergerak dengan bebas karena terasa kaku. Tentu saja, kondisi ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada penderitanya.

Selain menyebabkan terjadinya serangan gout pada penderita asam urat, kadar asam urat yang tinggi juga bisa menjadi pemicu dan mengembangnkan batu ginjal ataupun gagal ginjal. Untuk beberapa orang mungkin asam urat bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit ginjal kronis dan juga penyakit jantung. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab kadar asam urat tinggi di dalam darah yang tentu sebisa mungkin harus benar-benar Anda hindari. Berikut ini beberapa faktor yang termasuk ke dalam penyebab tingginya kadar asam urat di dalam darah, diantaranya:

Jenis kelamin

Faktor utama yang menjadi salah satu penyebaba kadar asam urat tinggi ialah berdasarkan jenis kelamin. Dalam hal ini pria memang memiliki risiko yang lebih besar mengalami penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan hormon esterogen yang ada di dalam wanita mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Sedangkan kadar asam urat pada pria juga bisa meningkat selama masa pubertas.

Usia

Selain jenis kelamin, usia juga ikut mempengaruhi sebagai salah satu penyebab tingginya asam urat di dalam darah. Pada umumnya pria memang lebih retan terkena asam urat terlebih jika sudah memasuki usia 40-50 tahun. Sedangkan pada wanita akan berpeluang besar jika wanita tersebut sudah memasuki masa menopause. Gangguan asam urat tentunya jarang terjadi pada remaja ataupun dewasa di bawah 30 tahun.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mungkin banyak diantara kita yang mengharuskan mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menyembuhkan suatu penyakit. Nmaun ternyata hal ini akan berdampak pada tingginya kadar asam urat di dalam darah. Beberapa jenis obat tentunya bisa menjadi penyebab tingginya kadar asam urat di dalam darah, yakni sebagai berikut:

- Mengonsumsi obat-obatan anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan sebuah transplantasi organ untuk beberapa tujuan rematologi.

- Mengonsumsi aspirindalam dosis yang rendah setiap harinya untuk digunakan sebagai cara untuk mencegah serangan jantung ataupun stroke.

- Mengonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang pada umumnya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongesif dan juga penyakit lainnya.

- Mengonsumsi niacin yang tentu digunakan untuk meningkatkan kadar HDL di dalam darah.

- Mengonsumsi levodopa yang pada umumnya digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson.

Riwayat keluarga

Penyebab selanjutnya mungkin lebih tepatnya faktor genetik dimana jika adanya keluarga ataupun orang tua yang memiliki asam urat. Maka, sangat memungkinkan baginya untuk mengalami asam urat pula. Hal ini asam urat memang sangat memungkinkan utuk diwariskan kepada keturunannya.

Terlalu banyak minum alkohol

Bagaimanapun juga, jenis minuman ini memang harus Anda hindari karena bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda. Bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis yang rendah hingga tinggi tentunya bisa meningkatkan potensi risiko asam urat yang tinggi. Selain itu mengonsumsi bir dalam dosis yang sangat tinggi bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain yang paling mematikan di dunia.

Adanya gangguan kesehatan lainnya

Dalam hal ini kadar asam urat bisa tinggi terlebih jika dipicu dengan adanya gangguan kesehatan lain di dalam tubuh Anda. Bagi seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol,  psoriasis, hypothyroidism (gangguan tiroid), anemia hemolitik dan juga gangguan ginjal memiliki risiko yang lebih besar terserang penyakit asam urat.

Diet

Penyebab lain yang bisa menjadi pemicu tingginya kadar asam urat di dalam darah ialah seseorang yang menjalankan diet. Hal ini dikarenakan makanan yang kita konsumsi setiap harinya berbeda dengan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Paparan timbal

Bagi Anda yang sering terpapar zat timbal tentunya memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami tingginya asam urat di dalam darah. Seperti yang kita tahu bahwa timbal ialah salah satu jenis logam yang bersifat toksik atau beracun sehingga jika terpapar secara terus menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Terlebih jika zat timbal tersebut masuk ke dalam tubuh manusia baik melalui makanan, minuman, debu dan juga air yang tentu tercemar zat timbal (Pb).

Konsumsi minuman terlalu manis

Selain meningkatkan risiko diabetes tentunya terlalu banyak mengonsumsi makanan yangn manis. Hal ini tentunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa jenis makanan yang manis ataupun minuman yang manis dan mengandung fruktosa bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat. Dalam hal ini fruktosa ialah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

Sering mandi malam

Penyebab asam urat tinggi di dalam darah tentunya bisa disebabkan oleh seringnya mandi malam. Tentunya, kebiasaan ini kerap dilakukan banyak orang terlebih yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Sejak jaman dulu tentunya nenek moyang kita telah berpesan bahwa jangan melakukan kebiasaan mandi malam karena bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam darah menjadi meningkat. Selain itu, mandi malam juga bisa menyebabkan rematik sehingga berdampak buruk pada gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh kita.

Makanan pemicu kadar asam urat tinggi

Selain disebabkan oleh berbagai kebiasaan yang buruk, ternyata asam urat juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan. Asam urat tentunya bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan yang tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan kadar asam urat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa memicu tingginya kadar asam urat di dalam darah, diantaranya:

Daging merah

Jenis makanan yang pertama ialah daging merah dimana makanan ini mengandung zat purin. Namun tentunya tidak semua daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi. Tentunya dalam mengonsumsi daging merah, perhatikanlah jumlahnya agar tidak mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Jeroan sapi

Selain bisa memicu kadar kolesterol di dalam darah yang tinggi, jeroan juga bisa meningkatkan asam urat menjadi tinggi juga. Meskipun memang jeroan sapi memiliki manfaat seperti penghasil karbohidrat vitamin B1, B12 dan juga mineral. Selain itu, jeroan sapi juga mengandung asam folat yang berfungnsi untuk mengatasi anemia. Namun, Anda juga perlu memperhatikan takaran yang baik untuk kesehatan Anda dan jangan sampai berlebihan.

Daging domba

Perlu Anda tahu bahwa daging domba mengandung banyak purin yang tentunya tdiak dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan ini dalam kadar yang berlebihan. Terlebih bagi seseorang yang memiliki golongan darah A, maka akan menimbulkan kanker usus.

Hati sapi

Hati sapi tentunya termasuk ke dalam salah satu jeroan sapi. Dalam hal ini tentunya hati sapi banyak mengandung vitamin  A dan juga b12. Akan tetapi, tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak dan juga terlalu sering terutama bagi penderita kolesterol. Hati sapi ialah salah satu organ yang berfungsi untuk menyaring racun di dalam tubuh hewan sehingga sangat rentan tercemar zat beracun. Untuk mengonsumsi hati sapi ini tentunya Anda harus memasaknya benar-benar matang agar kandungan zat beracun dan juga bakteri bisa mati.

Ayam kalkun

Mungkin banyak diantara kita yang mengonsumsi jenis daging yang satu ini. Namun, jika Anda tidak ingin mengalami asam urat, alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsi kalkun tersebut. Hal ini karena ayam kalkun mengandung asam urat yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam darah menjadi semakin meningkat.

Dada ayam dan kulit ayam

Kulit ayam dimakan dengan nasi yang hangat tentunya sangat terasa sangat nikmat. Namun, Anda juga harus memperhatikan apakah kandungan zat purin di dalam kulit dan juga dada ayam itu tinggi ataukah tidak. Karena sudah dibuktikan bahwa zat purin yang ada di dalam dada ayam berjumlah sekitar 175mg/100g. Jumlah ini tentu menjadi indikasi jika dikonsumsi dalam jumlah yanng berlebih akan menyebabkan kadar asam urat di dalam darah menjadi meningkat.

Lidah sapi

Bagi Anda penyuka lidah sapi tentunya sangat penting bagi Anda untuk mulai menghindarinya. hal ini dikarenakan lidah sapi sama dengan hati sapi yang tentu memiliki kandungan zat purin terlalu banyak. Untuk itu, tidak dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi lidah sapi terlalu sering karena bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.

Seafood

Tentunya tidak semua seafood mengandung zat purin yang cukup tinggi. Namun, Anda juga harus mulai mempertimbangkan akan asupan dan juga kadar purinnya tersebut. Hal ini tentunya banyak jenis seafood yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Namun tidak sedikit pula yang mengandung merkuri sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh manusia.

Jamur

Jenis sayuran yang satu ini ternyata menjadi salah satu penyebab tingginya asam urat di dalam darah. Jamur memang termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang cukup disenangi banyak orang. Namun, dibalik rasa lezatnya tersebut, jamur mengandung zat purin yang tentunya berpotensi meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Setidaknya di dalam 100 gram jamur terdapat kandungan purin sebanyak 97 gram. Jika Anda sudah memililki kadar asam urat yang tinggi alangkah baiknya jika Anda menghindari untuk tidak mengonsumsi jamur.

Daun singkong

Jenis sayuran yang selanjutnya ialah daun singkong. Daun singkong ini tentunya sangat nikmat jika dikonsumsi dengan dibuat urap ataupun lalapan. Namun bagi Anda yang memiliki kadar asam urat yang tinggi atau yang tidak ingin memiliki kadar asam urat. Alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsinya karena di dalam daun singkong terdapat kandungan  yang bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam darah menjadi semakin meningkat. Namun bagi penderita anemia, daun singkon sangat dianjurkan untuk meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh.

Petai

Jenis makanan yang menjadi primadona ini tentunya memiliki cita rasa yang sangat khas serta bau yang ditimbulkan dari petai ini. Disanding sebagai salah satu jenis makanan yang bisa mencegah kanker, ternyata petai memiliki potensi untuk meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Kandungan jengkolat di dalam jengkol dan juga petai tentunya sangat mengganggu proses kinerja dari ginjal di dalam tubuh.

Nangka muda

Diolah menjadi gulai ataupun gudeg tentunya bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Rasa nikmat yang diberikan oleh nangka muda ini tentu tidak heran jika semua orang menyukai akan olahan masakan yang satu ini. Namun perlu Anda tahu bahwa dibalik rasa yang lezat dan nikmat, ternyata nangka muda mengandung zat purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.

Touge

Sayuran yang memiliki manfaat yang cukup besar bagi pasangan yang sedang merencakan kehamilan ini ternyata juga memiliki kandungan zat purin. Jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebih tentunya akan menyebabkan kadar asam urat di dalam darah bisa meningkat pula.

Menghindari asupan makanan dan juga minuman sebagai penyebab kadar asam urat tinggi tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Demikianlah beberapa penyebab kadar asam urat di dalam darah menjadi tinggi. Semoga bermanfaat!

Loading...