data-ad-format="auto"

Gaya Hidup

Kategori artikel yang berisi informasi seputar gaya hidup, kebiasaan dan aktivitas yang baik dan juga tidak baik bagi kesehatan wanita

Awas! 6 Bahaya Kerokan Akibat Masuk Angin Berikut Faktanya

Kerokan memang menjadi sebuah kebiasaan yang kerap dilakukan oleh banyak orang untuk mengobati masuk angin. Kebiasaan ini memang sudah menjadi tradisi yang turun temurun dimana kerokan dipercaya sebagai cara untuk mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kerokan dipercaya sebagai suatu cara yang tepat untuk menyehatkan bahan dan juga mencegah pegal-pegal. Hal ini memang banyak terbukti dimana orang yang telah melakukan pengobatan kerokan merasa tubuhnya lebih bugar dan juga segar. Tidak heran jika banyak orang yang sering melakukan teknik pengobatan seperti ini.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banyak orang yang belum mengerti apa sebenarnya yang terjadi di balik teknik pengerokan tersebut. Sebagian besar orang mengetahuinya bahwa kerokan sangat ampuh untuk mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh. Alasan mengapa banyak orang yang melakukan teknik kerokan ini dikarenakan peralatan yang digunakan untuk kerokan juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan menyiapkan uang logam dan juga minyak kelapa, minyak zaitun

Continue Reading

5 Penyebab Mengapa Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Mungkin bagi sebagian besar orang, kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang harus selalu dikonsumsi setiap hari. Jika satu hari tanpa kopi tentunya akan membuat seseorang merasa kurang lengkap. Bagaimanapun juga bagi pecinta kopi, mengonsumsi kopi dapat memberikan pikiran dan juga otak yang lebih rileks. Bagi sebagaian besar orang tentunya tidak dapat beraktivitas dengan baik jika tidak menyeruput kopi terlebih dahulu. Maka dari itu, tidak heran jika kopi menjadi minuman yang tidak dapat dilepaskan begitu saja. Inilah mengapa banyak orang yang kecanduan akan kopi.

Akan tetapi, bagi sebagian besar orang yang tidak terbiasa mengonsumsi kopi, maka akan sedikitnya mengakibatkan perut menjadi mulas dan juga sakit. Perut mulas dan juga sakit ini tentunya dapat disebabkan oleh beberapa hal yang kemungkinan besar ada masalah dengan gangguan pencernaan Anda. Meskipun begitu, namun tetap saja mengonsumsi kopi dapat menjadi sebuah kebiasaan yang sangat sulit untuk dilepaskan.

Mengapa Perut Mulas Setelah Minum Kopi?

Meskipun

Continue Reading

Efek Negatif Langsung Merokok Saat Buka Puasa

Merokok tentunya menjadi kebiasaan buruk yang alangkah baiknya harus dihindari bagi siapa saja, terutama selama bulan puasa. Meninggalkan kebiasaan buruk saat puasa tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ibadah puasa menjadi aktivitas yang seharusnya mengubah kita untuk menjadi lebih baik lagi. Kebiasaan merokok saat bulan puasa harus sedikitnya dikurangi saat bulan puasa. Hal ini dikarenakan merokok saat bulan puasa memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh.

Terlepas dari bahaya saaat merokok tentunya menjadi hal yang tetap harus Anda waspadai. Baik sedang berpuasa ataukah tidak sedang berpuasa, merokok memang menjadi aktivitas yang harus dihindari. Akan tetapi, banyak sekali orang yang langsung merokok saat berbuka puasa. Untuk itu, perlu Anda ketahui bahwa langsung merokok saat berbuka puasa memiliki efek kesehatan yang cukup serius. Lantas, apa bahaya bagi kesehatan jika langsung merokok saat berbuka puasa? Yuk kita simak saja berikut ini!

Efek Negatif Langsung Merokok Saat Buka Puasa

Seperti

Continue Reading

7 Efek Negatif Bagi Tubuh Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

Seperti yang kita tahu bahwa berpuasa diawali dengan makan sahur sebelum subur agar dapat menahan lapar dan juga haus selama kurang lebih 13 jam. Waktu sahur memang menjadi waktu yang telah ditentukan oleh agama Islam sebagai waktu untuk mengisi perut kita sebelum menjalankan ibadah puasa mulai dari pagi-lagi buta hingga adzan Maghrib tiba. Tentu saja waktu subuh menjadi waktu yang cukup sulit untuk bangun bahkan makan.

Untuk itu, tidak heran jika banyak orang yang langsung memilih untuk tidur kembali setelah sahur karena ditakutkan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, langsung makan setelah sahur ternyata memiliki risiko yang berat terhadap kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan langsung tidur setelah makan memiliki efek negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Langsung tidur setelah makan tentunya dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Dengan mengetahui beberapa fakta di bawah ini mengenai efek negatif langsung tidur setelah makan tentu kemungkinan Anda dapat mengubah kebiasaan ini.

Continue Reading

Bau Mulut Saat Puasa? Yuk, Cegah Dengan Tips dan Cara Berikut Ini!

Ketika berpuasa tentunya kita tidak bisa terhindar dari yang namanya bau mulut. Tentu, sudah menjadi hal yang wajar dimana ketika kita sedang berpuasa, mulut kita akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Bau mulut kerap menjadi salah satu masalah setiap orang selama menjalankan ibadah puasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa bau mulut yang kurang sedap dapat membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Bau mulut yang timbul ketika puasa pada intinya disebabkan oleh keadaan mulut kita yang kering dan tidak mengunyah makanan apapun. Meskipun bau mulut saat berpuasa tidak dapat dihilangkan, namun tentunya ada beberapa tips mencegah bau mulut saat berpuasa. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan kebiasaan Anda dalam menjaga kesehatan gigi dan juga mulut. Seperti beberapa cara mencegah bau mulut saat berpuasa yang dapat Anda lakukan sekarang juga!

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah bau mulut

Continue Reading

Ubah Kebiasaan Buruk Ini Saat Berpuasa Jika Tidak Ingin Menyesal

Ketika sedang berpuasa tentunya tubuh kita akan mulai beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Bagaimanapun juga, ketika bulan puasa tubuh mengalami perubahan baik dalam hal kebiasaan makan, tidur dan juga jadwal olahraga. Perubahan tubuh ketika sedang berpuasa tentunya memungkinkan tubuh kita untuk selalu beradaptasi dengan kebiasaan yang baru tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan tubuh Anda akan mengalami masalah akan perubahan tersebut.

Jika pada bulan-bulan sebelumnya kita terbiasa untuk sarapan pagi, siang dan juga makan lama serta jadwal olahraga yang telah ditentukan. Hal tersebut berbeda ketika bulan puasa dimana waktu-waktu tersebut mengalami perubahan. Untuk itu, agar puasa kita lancar dan juga berhasil, maka alangkah baiknya jika kita menyiapkan diri kita untuk menghadapi perubahan selama melakukan puasa. Mulai dengan melakukan kebiasaan hidup yang lebih baik serta mengubah asupan makanan kita sehari-hari tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan.

Cara yang paling tepat untuk merubah kebiasaan tersebut yakni dengan mengurangi kebiasaan buruk dan juga

Continue Reading

15 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa Yang Wajib Anda Lakukan

Ketika sedang berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berpuasa, tubuh kita akan lebih lemas dan juga letih. Hal ini dikarenakan kurang lebih 14 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan juga minuman. Tentu sangat wajar jika tubuh kita saat berpuasa akan mudah lemas dan juga lelah.

Banyak orang yang mengalihkan aktivitas agar tubuh tidak cepat lelah dan juga lemas dengan tidur. Aktivitas tidur memang banyak dianggap sebagai salah satu aktivitas yang dapat menghindarkan diri dari rasa lemas dan juga lelah. Padahal, tidur menjadi aktivitas yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih lemas. Hal ini dikarenakan ketika sedang tidur tubuh membutuhkan cairan sehingga ketika seseorang tidur saat berpuasa justru akan membuat tubuhnya menjadi lebih lemas.

Untuk itu, ketika sedang berpuasa bukan berarti kita harus tidur secara terus menerus. Namun, alangkah baiknya jika kita melakukan aktivitas

Continue Reading

Bolehkah Minum Sambil Berdiri? | Ketahui Bahayanya Berikut Ini!

Kebiasaan yang sudah kita lakukan sejak dulu tentu menjadi hal yang lumrah dan terbilang biasa. Banyak sekali orang yang suka melakukan kebiasaan buruk, namun memandangnya sebagai suatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ternyata kebiasaan buruk yang sudah kita lakukan sehari-hari memiliki dampak buruk yang tidak segan-segan membahayakan kesehatan kita.

Seperti salah satu kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang yakni kebiasaan minum sambil berdiri. Sekilas kebiasaan ini memang tidak berarti apa-apa dan lumrah saja dilakukan. Ternyata kebiasaan minum sambil berdiri sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kebiasaan ini tentunya menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang memang sangat suka melakukan kebiasaan ini. Terlebih lagi ada momen dan juga dorongan untuk melakukan kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin akan mengancam keselamatan tubuh kita. Lantas, apa saja bahaya minum sambil berdiri yang akan menyerang Anda jika terus melakukan kebiasaan

Continue Reading

Bahaya Zat Policresulen Di Dalam Produk Albothyl Terhadap Tubuh

Akhir-akhir ini banyak kabar yang beredar bahwa BPOM menarik salah satu produk yang diketahui lolos dalam uji laboratorium. Viralnya berita ini juga didukung oleh surat dari BPOM yang merekomendasikan akan penghentian pemasaran produk Albothyl yang saat ini tengah beredar di pasaran. Tidak sedikit pula masyarakat yang sudah menggunakan dalam jangka waktu yang lama dan bahkan bertahun-tahun.

Tentunya, banyak orang yang dibuat penasaran akan kabar ini, apakah memang benar ataukah hanya hoax. Namun, ternyata berita penghentian produk albothyl di pasaran ini memang sangat nyata adanya dan bukan hoax. Ternyata izin edar obat sariawan yang bermerk albothyl ini memang benar-benar dihentikan karena memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi para penggunanya.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banya pihak yang belum mengerti mengapa produk albothyl ini diberhentikan akan izin edarnya. Bahkan tidak semua pula masyarakat yang mengetahui akan bentuk dan juga kegunaan dari produk ini. Untuk berikut kami kupas beberapa hal yang mendasari

Continue Reading

Penting! Waspadai Bahaya Suntik Putih Secara Permanen Bagi Tubuh

Siapapun tentunya ingin memiliki kulit yang putih bersih dan juga terawat. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan apapun demi mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Berbagai cara dan juga alternatif tentunya menjadi hal yang harus ditempuh. Mulai dari perawatan kulit dengan menggunakan produk yang beredar di pasaran bahkan perawatan salon yang memakan biaya yang sangat mahal.

Terlepas dari cara yang dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Banyak orang yang saat ini lebih memiliki untuk melakukan suntik putih. Cara yang paling mudah dan juga instan ini dianggap sebagai cara yang terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh darah sehingga akan tersebar secara merata ke seluruh badan. Tidak heran jika cara kerja suntik putih ini memang memasukkan zat asing ke dalam tubuh. Maka dari itu, memang tidak disarankan untuk melakukan suntik putih secara sembarangan

Continue Reading

Tahukah Anda Bahwa Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Banyak anggapan bahwa radikal bebas dapat diatasi oleh beberapa produk seperti makanan dan juga kosmetik. Hal ini dikarenakan radikal bebas sering disebut sebagai penyebab yang dapat mendatangkan penyakit serta dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada wanita. Radikal bebas tentunya dapat terbentuk dari beberapa zat yang terjadi di dalam dan juga luar tubuh. Lantas, apa sebenarnya yang disebut dengan radikal bebas tersebut?

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa radikal bebas sering disebut menjadi salah satu faktor penyebab dimana penyakit dapat timbul. Namun sebenarnya, radikal bebas merupakan salah satu proses dari bagian alami di dalam tubuh. Sebagai proses yang alami, radikal bebas juga bisa bersumber dari proses yang terjadi di luar tubuh, Radikal bebas jika diimbangi dengan antioksidan tentunya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, jika radikal bebas dilampaui dengan kadar yang dapat ditangani oleh tubuh tentunya akan menyebabkan kerusakan pada proses tersebut.  

Dari Manakah Sumber Radikal

Continue Reading

Inilah Cara Menjalankan Diet Alkaline Yang Benar | Manfaat & Risiko

Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi keinginan setiap orang. Pasalnya, berat badan yang ideal dapat mengindikasi kondisi tubuh yang sehat. Kondisi ini tentunya berbanding terbalik dengan kondisi dimana penambahan berat badan yang cukup drastis seperti obesitas. Sayangnya, tidak semua orang dapat memiliki tubuh yang ideal seperti yang diinginkan banyak orang.

Terlepas dari kondisi tersebut tentunya ini menjadi sebuah tugas bagi kita untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Sebagian besar orang yang memiliki berat badan yang berlebih memang kerap melakukan berbagai cara seperti diet dan juga program penurunan berat badan lainnya. Tidak sedikit orang yang melakukan diet berlebih dengan berbagai cara sampai berakibat buruk pada kesehatannya. Namun, tidak semua program diet berbahaya dan berdampak buruk pada Anda.

Jika Anda memiliki berat badan yang cukup berlebih, tidak ada salahnya jika Anda mulai melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tentunya, Anda harus menjalankan program diet yang memang dianjurkan dan

Continue Reading

Lakukan Cara dan Tips Ini Dalam Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, tubuh sehat pastinya menjadi tolak ukur bahwa semua bagian tubuh kita sehat pula. Menjaga gaya hidup sehat tentunya menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Akan tetapi, tidak semua orang mampu melakukan gaya hidup sehat tersebut dikarenakan berbagai faktor baik eksternal dan juga internal.

Kurangnya kemauan dalam diri seseorang membuatnya memang sulit untuk melakukan gaya hidup sehat. Bagi sebagian orang, gaya hidup sehat menjadi pola rutin di dalam kehidupan sehari-hari yang memang harus dijalankan sebaik mungkin. Jika kita melakukan gaya hidup sehat, manfaat yang akan didapat tentunya akan kita rasakan dengan sendirinya.

Jika Anda memang menjadi salah satu orang yang termasuk dalam orang yang melakukan gaya hidup sehat, hal tersebut memang pilihan yang tepat bagi Anda. Gaya hidup yang Anda lakukan sebaiknya memang tidak memakan biaya yang cukup besar. Karena faktanya banyak orang yang melakukan gaya hidup

Continue Reading

10 Efek Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya sebagian besar orang terutama kaum pria bergadang untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak dapat mereka kerjakan pada siang hari. Namun bagi sebagian besar orang terutama kalangan remaja menganggap bahwa bergadang menjadi kebiasaan yang tentunya umum dan wajar untuk dilakukan. Tidak jarang mereka menghabiskan waktu sepanjang malam untuk melakukan aktifitas tanpa mendapatkan manfaat sama sekali.

Akan tetapi, banyak juga yang melakukan aktifitas bergadang untuk tujuan belajar, bekerja ataupun berbisnis. Terlepas dibenarkan atau tidaknya bergadang, tentu perlu Anda ketahui berbagai efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan yang rentan dialami baik oleh pria maupun wanita. Di bawah ini kami sajikan beberapa efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan.

Efek Negatif Akibat Sering Bergadang

Seperti yang kita tahu bahwa bergadang merupakan suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang pada waktu malam hari bahkan sampai dini hari. Aktifitas yang umum dilakukan memang ada dua yaitu aktifitas negatif dan juga aktifitas positif.

Continue Reading

Mengenal Virus Zika, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

mengenal virus zika

Belakangan ini, pemberitaan mengenai virus Zika, begitu marak dan tengah hangat-hangatnya dibicarakan diberbagai media, baik online maupun media masyarakat terutama televisi di tanah air.

Hal ini tak lain dikarenakan penyebaran virus ini tengah begitu maasiv dan sedang terjadi di Amerika latin terutama negara Brazil dan Kolombia.

Dampak dari virus ini disebut-sebut membawa dampak yang cukup serius dan cukup memperihatinkan bagi kesehatan. Kondisi ini seolah menjadi ancaman besar untuk dunia kesehatan. Saking maasivnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai harus membuat satgas khusus untuk serangan virus ini.

Melihat begitu besarnya reaksi terhadap serangan penyakit ini, maka rasanya kita pun perlu memahami seperti apa sih virus Zika ini dan seperti apa penyebarannya dan bagaimana bahaya untuk kesehatan kita. Untuk itulah, dibawah ini kita akan bahas seperti apa itu penyakit Zika dan penjelasan lebih detailnya.

Apa Itu Penyakit Zika?

Belakangan ini penyakit Zika begitu marak dibicarakan dan begitu booming diberbagai pemberitaan. Nyamuk Aedes disebut-sebut

Continue Reading

Kenali Penyakit Asma - Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit asma masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius di tanah air. Hingga sampai saat ini terjadi peningkatan terhadap penyakit pernafasan ini baik dari segi angka morbiditas atau pun mortilitas asma. Data mencetak jika pravelensi asma di Indonesia berkisar hingga 5% dan 9% atau hingga mencapai 5 sampai 7 juta orang yang terjangkit dengan penyakit asma. Dan sebanyak 2 juta diantara penderitanya memerlukan perawatan intensif akibat serangan asma akut yang terbilang cukup beresiko.

Umumnya, para penderita yang mengharuskan kondisinya dirawat atau mendapatkan penanganan intensif, disebabkan karena pasien atau pendertia mengalami keterlambatan diagnosa, serta penanganan yang kurang tepat. Yang mana hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu yang sangat bermasalah dalam penanganan penderita asma.

Penyakit asma tentu tidak datang secara tiba-tiba dan membuat pasien didiagnosa menderita asma akut. Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit asma juga datang dengan beberapa gejala sebelum berkembang menjadi sebuah penyakit akut dan

Continue Reading

Tips Menjadi Ibu Tiri yang Baik dan Disayangi Anak

Pandangan umum mengenai ibu tiri biasanya memiliki citra yang kurang baik. Pada kebanyakan cerita dongeng maupun film, figur ibu tiri telah memberikan gambaran yang tidak baik tentang ibu tiri dan hal ini telah menjadi sesuatu hal yang diingat oleh kebanyakan orang. Sosok ibu tiri selalu digambarkan sebagai seseorang yang selalu memanipulasi keadaan, merubah hubungan antara keluarga dan memiliki karakter yang begitu egois. Padahal dalam kehidupan nyata, tidak semua ibu tiri seperti demikian.

Seorang ibu tiri juga dapat dicintai dan merangkul keluarganya layaknya seorang ibu pada umumnya. Memasuki lingkungan keluarga yang baru dimana pasangan hidup kita memiliki anak pada umumnya akan membutuhkan penyesuaian yang lebih. Pada awalnya tidak semua anak dapat menerima kehadiran orang baru dalam hidupnya, apalagi jika orang tersebut menggantikan posisi ibunya, yang mana peran ibu adalah sesosok yang paling dekat dengan anak. Dibutuhkan waktu dan pendekatan agar seorang ibu tiri bisa diterima dan dirangkul dalam lingkungan keluarga

Continue Reading

Perbaiki Kualitas Tidur Dengan Konsumsi Makanan Ini

Saat ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa hingga lanjut usia. Sebagian besar diantara mereka merasa terganggu akibat jam tidur dimalam hari yang tidak terkendali. Sebagian lagi adapula yang jarang mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Mereka biasanya seringkali merasakan gelisah yang tak karuan, sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman serta mudahnya terganggu oleh suara-suara aneh yang umum dijumpai ketikan malam hari. Selain itu, adapula mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup, namun ketika bangun merasakan lesu, lelah dan ingin melanjutkan kembali tidurnya.

Bagi mereka yang menderita insomnia, solusi yang umum adalah mendapatkan resep dari dokter serta mengganti tempat tidurnya dengan tingkat kelembutan yang sedang. Kondisi bantal yang terlalu lembut dan terlalu keras bisa menjadi faktor penyebab terganggunya tidur seseorang.

Namun disamping itu, adapula penyebab lain yang dapat menyebabkan buruknya kualitas tidur, yakni salah satunya adalah pola yang kurang terjaga. Ya, jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari

Continue Reading

Daftar Menu Makan Malam Sehat Untuk Si Buah Hati Tercinta

Makan malam adalah waktu makan yang sering dinanti-nantinkan. Menyantap hidangan hangat dimeja makan dengan santai serta canda gurau semua anggota keluarga berkumpul bersama, menambah kehangatan dalam keluarga. Sebagai seorang ibu, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bukan saja dari segi pendidikan, didikan atu lingkungan sekitar.

Ibu juga senantiasa menginginkan mereka agar tetap sehat serta tumbuh kuat yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara menyajikan menu makanan sehat untuk anak dan keluarga. Selain menu sarapan pagi, makan malam juga merupakan jam makan yang juga penting untuk ibu pikirkan. Para ibu dituntut untuk senantiasa dapat menemukan ide-ide kreatif atau menu makanan sehat agar nutrisi serta gizi anak dapat selalu terpenuhi.

Menemukan ide-ide kreatif dengan menyajikan menu-menu yang sehat kerap kali menjadi hal yang cukup membingungkan, tak jarang para ibu dibuat kehabisan ide menyajikan menu-menu sehat agar buah hatinya tidak bosan dengan hidangan itu-itu saja. Nah, untuk membantu ibu menemukan

Continue Reading

Dampak Buruk Stres Terhadap Otak

Hingga saat ini sebenarnya masih belum teruraikan sepenuhnya dampak buruk yang terjadi pad otak ketika seseorang mengalami stres. Namun dari hal ini yang banyak diketahui saat ini, bahwa dampak stres dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap kesehatan tubuh, suasana hati serta pikiran seseorang.

Stres telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan kita. Saking seringnya terjadi, sampai mungkin kita tidak menyadari bahwa kita sedang mengalami stres. Hal ini dapat muncul dari gejala seperti sakit kepala, mood yang menjadi sensitif, cepat meledak yang kemudian dapat berkembang menajdi demama atau bahkan pada giliran terparahnya dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lantas apa hubungannya stres dengan perkembangan otak? Begini mekanismenya.

Saat stres tubuh akan melepaskan hormon yang dikenal dengan sebutan kortisol. Hormon stres tersebut dapat berdampak buruk terhadap hippocampus otak, yakni memperkecil ukuran otak, membunuh sel-sel saraf pada otak dan menjadi penghambat proses regenerasi sel-sel saraf baru. Yang pada akhirnya tentu akan

Continue Reading

Kiat Ampuh Atasi Sakit Tengggorokan

Udara dingin dan kelembaban yang begitu tinggi saat musim penghujan membuat beragam bakteri dan kuman berkembang dengan cepat. Bakteri inilah yang dapat menginfeksi orang disekelilingnya. Apabila sistem imun seseorang sedang tidak dalam keadaan baik, maka dapat dipastikan paparan virus dan bakteri akan menyebabkan seseorang sakit.

Salah satu penyakit yang banyak menyerang sewaktu musim penghujan adalah flu. Salah satu gejala seseorang akan mengalami flu adalah dengan ditandai munculnya sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, sakit tenggorokan bisa pula disebabkan akibat tegang pada pita suara. Namun apapun pemicunya, yang jelas sakit tenggorokan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, terutama ketika makan dan berbicara. Oleh karena itu, sesegera mungkin sakit tenggorokan harus segera diatasi.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati sakit tenggorokan yang begitu menyiksa agar lekas sembuh.

1. Perbanyaklah Minum Air

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini anda tengah mengalami sakit

Continue Reading

Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

Makan adalah sebuah waktu yang sangat penting sebab kondisi tubuh seseorang akan sangat bergantung pada apa yang ia makan. Hanya saja, seringkali, kita meremehkan kegiatan menyantap makan sehingga membuat kita terserang penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buruk kita sewaktu makan.

Tanpa disadari seringkali kita melakukan beberapa kegiatan buruk tersebut dan bahkan mungkin kegiatan tersebut sudah menjadi kebiasaan. Namun jika anda sudah mengetahui dampak dan sebabnya mengapa kebiasaan buruk tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan, mungkin anda akan mulai mengurangi perilaku tersebut agar kesehatan anda terjaga.

Nah, apa sajakah kebiasaan-kebiasaan tersebut? Kita simak berikut ini.

1. Makan di Jam yang Terlalu Larut

Menyantap makan besar atau sekedar ngemil banyak sekali dilakukan orang. Terutama bagi mereka yang memiliki jam malam karena beberapa alasan terntentu seperti misalkan karena pekerjaan atau memiliki kepentingan lain yang membuat mereka harus terjaga hingga larut malam. Terjaga hingga larut malam seringkali membuat kita akan merasa

Continue Reading

Tips Atasi Kantuk Sewaktu Bekerja

Saat sedang melakukan aktivitas di kantor atau tempat kerja tak jarang kita akan merasakan kantuk yang cukup menyiksa ketika kantuk tersebut harus kita tahan, alhasil terkadang kita malah akan mengantuk saat pekerjaan masih begitu menumpuk. Hal seperti ini umum sekali terjadi, terutama pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang atau jam istirahat, bahkan beberapa orang akan mengalami kantuk saat masih dini seperti misalkan antara jam 10 atau jam 11. Ketika kondisi seperti ini terjadi bukan hanya pekerjaan yang tidak akan sanggup kita selesaikan, bahkan konsentrasi kitapun terkadang menjadi menghilang akibat kantuk yang begitu mendera.

Rasa kantuk yang menyerang sewaktu bekerja sebenarnya normal terjadi. Namun karena efeknya yang begitu mengganggu seperti kesulitan untuk berkonsentrasi, menurunnya produktivitas kerja hingga kesalahan fatal pada pekerjaan membuat rasa kantuk yang menyerang sebaiknya harus segera diatasi agar pekerjaan dan aktivitas anda tidak terganggu dengan kantuk yang menyiksa anda. Nah, berikut ini bagi anda yang sering

Continue Reading

Awas Keliru! Berikut Daftar Kegiatan yang Harus Dihindari Setelah Makan

Setiap orang umumnya memiliki kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Dan biasanya kegiatan tersebut bergantung dengan waktu atau jam makan hingga dengan jenis makanan tertentu. Seperti misalkan, ada sebagian orang yang setelah menyantap sarapan pagi, memilih untuk bersantai sebentar sambil membaca koran atau mandi sebelum melakukan aktivitas.

Atau mungkin kebiasaan lain yang juga banyak dilakukan adalah dengan langsung tidur setelah menyantap makan. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi ketika seseorang telah menyantap makan siang dengan jumlah yang berlebih. Perut yang sudah terisi penuh membuat seseorang kehilangan energi yang pada akhirnya membuat mereka merasa kantuk yang sampai pada akhirnya mengantarkannya pada tidur yang pulas. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan setelah makan memang lumrah dan banyak dilakukan orang, hanya saja apakah anda sadar bahwa beberapa kegiatan tertentu yang anda lakukan setelah makan dapat berbahaya bagi kesehatan anda?

Apa sajakah kegiatan yang dapat berbahaya jika dilakukan setelah makan? Simak dibawah ini.

1. Merokok

Continue Reading

Tips Atasi Ngantuk Setelah Makan Siang

Biasanya kebanyakan orang akan merasakan kantuk yang begitu menyiksa setelah menyantap makan siang. Hal ini sendiri dipicu oleh beberapa sebab sehingga membuat siapapun mendambakan tidur setalah menyantap makan siangnya. Namun, jika hal seperti ini terus-terusan terjadi setiap kali anda selesai menyatap makan siang, maka akan mengganggu aktivitas anda karena mata akan terasa begitu berat dan konsentrasi menjadi buyar sehingga anda tidak siap dihadapkan pada pekerjaan yang masih begitu banyak.

Mengantuk usai makan siang sebenarnya bukanlah kondisi yang normal. Seharusnya, seusai menyantap makan siang yang terjadi pada tubuh adalah kembali segar sebab dari makan siang anda kembali mendapatkan energi dan tenaga untuk anda dapat kembali beraktivitas seharian. Ketika rasa kantuk menyerang, maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda menginginkan istirahat.

Nah, sementara itu, jika rasa kantuk selalu datang setiap kali anda usai menyantap makan siang meskipun anda sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup dimalam hari, mungkin terjadi sesuatu yang

Continue Reading

5 Jenis Relaksasi yang Baik Dicoba Setelah Anda Lelah Bekerja

Ketika anda lelah bekerja seharian pada malam hari, dengan kondisi lelah dan menjenuhkan, relaksasi adalah satu yang ingin segera dilakukan. Mendengar relaksasi pasti langsung terdengar enak dan nyaman di telinga anda ketika dilakukan sepulang dari bekerja. Melakukan hal ini sepertinya akan membuat anda merasa rileks  dan membangkitkan kembali energi anda dan anda dapat melakukan aktivitas selanjutnya seperti makan malam dan langsung tidur untuk mengistirahatkan seluruh tubuh sebelum akhirnya kembali bekerja di pagi harinya.

Selama ini, sebagian besar orang tidur siang dengan mengabiskan durasi waktu beberapa menit dengan harapan ketika bangun nanti mereka akan merasa lebih segar dan tubuh terasa lebih ringan sehingga konsentrasi dan kesiapan mereka untuk kembali bekerja dapat kembali muncul. Namun, pada prakteknya tubuh kita akan terbangun dalam keadaan lebih lelah dibandingkan segar setelah tidur siang.

Lantas hal apakah yang dapat kita lakukan untuk merelaksasi tubuh secara efektif? Kita cari tahu jawabannya dibawah ini.

1. Pijat

Pijatan

Continue Reading

Cara Mengatasi Penyakit Pelupa

Sering kali ingin melakukan sesuatu namun ternyata tiba-tiba saja lupa akan melakukan apa. Hal ini bukan hanya kebetulan saja, namun juga termasuk ke dalam sebuah penyakit yang harus segera diatasi. Pada umumnya, penyakit lupa dialami oleh kaum manula. Namun ternyata bukan hanya monopoli kaum manula saja, pada kalangan anak muda seperti anak-anak, remaja, mahasiswa dan bahkan karyawan kerap kali mengalami hal serupa.

Seringkali kita lupa dengan hal-hal yang bahkan telah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Seperti hal nya pergi ke kantor, ke pasar, ke sekolah atau bahkan melupakan janji bersama orang lain. Alhasil segala perencanaan akan aktivitas yang hendak anda lakukan hari ini menjadi berantakan dan berdampak tidak baik untuk anda dan oranglain.

Selain itu, penyakit lupa atau dimensia disebut-sebut merupakan penyakit degenerati akibat matinya sel-sel otak dan umumnya dapat menyebabkan kemunduran fungsi kognitif dan intelektual, diantaranya meliputi kemunduran daya ingat serta proses berpikir pada seseorang. Untuk itu, ketika anda

Continue Reading

Dampak Buruk Soda Untuk Kesehatan

Tahukah anda kalau ternyata banyak jenis makanan di dunia ini yang sama sekali tidak mengandung nutrisi? Salah satunya adalah soda padahal seperti yang telah kita ketahui soda memiliki banyak penggemar. Sebab minuman ini telah seolah menjadi gaya hidup baru yang hampir dilakukan oleh banyak orang. Apalagi konsumsi minuman soda dapat menimbulkan sensasi menyegarkan. Namun tanpa mereka sadari bahwa sesungguhnya minuman soda tidak memiliki kandungan nutrisi ataupun gizi. Namun bukan itu saja, selain tidak memiliki kandungan nutrisi, konsumsi soda yang berlebihan juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Apa sajakah dampak buruk tersebut? Simak berikut ini.

1. Konsumsi Soda Dapat Meningkatkan Berat Badan

Untuk anda yang tengah menjalani program diet, mengkonsumsi soda jelas bukan pilihan yang bijak. Hal ini ditunjukan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Universisity of Texas Health Science Center yang mengungkapkan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi soda, maka akan semakin besar resiko orang tersebut mengalami overweight atau kelebihan

Continue Reading

Tips Atasi Kecanduan Fast Food

Dewasa ini untuk sebagian besar masyarakat yang bermukim diperkotaan yang memiliki segudang aktivitas yang banyak memang memiliki kegemaran mengkonsumsi fast food atau hidangan cepat saji atau yang dikenal pula dengan sebutan junk food. Hal seperti ini cukup meresakan, sebab banyak kandungan zat kimia yang terkandung dalam fast food, serta proses memasak yang begitu cepat dan alat masak serta minyak yang dipakai berulang kali membuat fast food atau junk food semakin riskan untuk kesehatan.

Menurut sebuah penelitian menjelaskan mereka yang mengkonsumsi fast food tidak hanya kesehatannya yang akan memburuk, namun juga kondisi psikologisnya. Sementara itu, fakta lain mengungkapkan bahwa kebiasaan konsumsi fast food erat kaitannya dengan dampak depresi. Hal ini dikemukaan oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari luar negeri yang mengungkapakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan menyantap fast food memiliki kemungkinan 51% lebih tinggi terserang depresi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi fast food. Selain itu bahan kimia

Continue Reading

Ketahui! Inilah Dia 5 Pengaruh Kafein Untuk Tubuh Anda

Saat ini sepertinya kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia dan bahkan saat ini kafein tengah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang. Betapa tidak, senyawa kafein setiap harinya selalu dikonsumsi dan bak kebutuhan pokok, jika tidak mengkonsumsi kafein seseorang akan merasakan hari-harinya kurang lengkap. Kafein yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang biasanya datang dalam bentuk minuman atau makanan ringan seperti diantaranya kopi, teh, soda, coklat dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai kafein, apa yang anda ketahui mengenai kafein? Umumnya, kita lebih mengenal kafein sebagai bahan stimulan yang mampu membuat seseorang untuk lebih terjaga dan mengusir kantuk saat malam hari, sehingga akhirnya dapat mencegah seseorang untuk tidak tertidur. Itulah mengapa, kafein sering kali dijadikan pilihan untuk seseorang yang memiliki kepentingan dengan jam malamnya. Namun, apakah benar bahwa kafein memiliki efek yang demikian? Terlepas dari semua itu, sebenarnya masih ada banyak efek kafein untuk tubuh yang mungkin sebagian besar dari kita belum

Continue Reading

Loading...

Follow us