data-ad-format="auto"

Gaya Hidup

Kategori artikel yang berisi informasi seputar gaya hidup, kebiasaan dan aktivitas yang baik dan juga tidak baik bagi kesehatan wanita

15 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa Yang Wajib Anda Lakukan

Ketika sedang berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berpuasa, tubuh kita akan lebih lemas dan juga letih. Hal ini dikarenakan kurang lebih 14 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan juga minuman. Tentu sangat wajar jika tubuh kita saat berpuasa akan mudah lemas dan juga lelah.

Banyak orang yang mengalihkan aktivitas agar tubuh tidak cepat lelah dan juga lemas dengan tidur. Aktivitas tidur memang banyak dianggap sebagai salah satu aktivitas yang dapat menghindarkan diri dari rasa lemas dan juga lelah. Padahal, tidur menjadi aktivitas yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih lemas. Hal ini dikarenakan ketika sedang tidur tubuh membutuhkan cairan sehingga ketika seseorang tidur saat berpuasa justru akan membuat tubuhnya menjadi lebih lemas.

Untuk itu, ketika sedang berpuasa bukan berarti kita harus tidur secara terus menerus. Namun, alangkah baiknya jika kita melakukan aktivitas ringan dan jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh kita senantiasa tetap bugar dan juga segar.

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Memiliki tubuh yang tetap bugar dan juga segar ketika sedang berpuasa tentu menjadi salah satu keinginan setiap umat muslim yang sedang menjalankan puasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa selama kita menjalankan ibadah puasa, maka kita diharuskan untuk menahan makan dan juga minum selama 13 jam. Hal yang cukup wajar jika tubuh kita merasakan lemas dan juga lelah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh yang senantiasa bugar ketika sedang berpuasa.

Banyak sekali cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tetap sehat dan juga bugar. Selama bulan puasa tentunya tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak sebagai bekal di siang hari ketika Anda melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal inilah yang tentu membuat tubuh Anda menjadi lebih lemas ketika sedang berpuasa. Berikut ini beberapa cara dan tips agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, diantaranya:

Istirahat yang cukup

Ketika sedang berpuasa tentunya tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Untuk itu, jangan sampai kesempatan waktu yang Anda miliki tidak digunakan untuk beristirahat. Jangan sampai Anda tidur terlalu malam dan jika Anda sudah mengantuk, jangan paksakan Anda untuk melakukan aktivitas yang lain. Segeralah pergi tidur saat malam setelah shalat tarawih. Selain itu, Anda juga harus menghindari aktivitas yang terlalu banyak menguras tenaga terutama ketika saat siang hari. Bagi Anda yang bekerja tentunya Anda juga diperbolehkan untuk tidur kembali setelah sahur dan shalat subuh. Hal ini dikatakan sebagai amunisi sebagai bekal Anda ketika melakukan aktivitas di siang hari.

Jangan lupakan olahraga

Ketika sedang berpuasa tentunya Anda harus tetap melakukan olahraga agar tubuh Anda tetap bugar. Tentunya ketika sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, sit up, push up, yoga dan juga work out yang ringan. Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga tentunya Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan pada saat sore hari atau menjelang berbuka puasa.

Jagalah kebersihan gigi dan juga mulut

Tidak dapat dipungkiri ketika kita sedang berpuasa, mulut dan juga gigi kita juga akan rentan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Menjaga kesehatan mulut dan juga gigi memang sangat dianjurkan untuk kita lakukan ketika sedang berpuasa. Pastikan Anda untuk selalu menggosok gigi dan juga membersihkan gigi setelah berbuka dan juga setelah sahur. Selain itu, Anda juga jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur. Jika memang diperlukan tentunya Anda boleh menggunakan obat kumur khusus untuk kesehatan gigi dan juga mulut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan gigi dan juga mulut agar senantiasa segar dan sepanjang Anda menjalankan ibadah puasa.

Pastikan untuk selalu makan sahur

Ketika sedang berpuasa tentunya Anda diharuskan untuk selalu makan sahur. Meskipun kita mengantuk tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan sahur. Makan sahur memang sangat penting karena inilah waktunya bagi kita untuk mendapatkan gizi dan juga nutrisi yang baik sebagai bekal kita menjalankan puasa. Di samping itu, sahur juga dapat meningkatkan konsentrasi dan juga fokus kita saat melakukan aktivitas kita sehari-hari seperti bekerja dan juga belajar. Ketika sedang berpuasa tentunya Anda harus pintar dalam memilih menu makanan yang kaya akan protein, vitamin dan juga serat. Konsumsi lebih banyak buah dan juga sayur ketika sahur tentunya menjadi menu makanan wajib yang harus ada ketika sahur.

Hindari tidur selepas sahur

Setelah makan sahur tentunya Anda tidak disarankan untuk tidur selepas sahur. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan sistem pencernaan tubuh kita menjadi terganggu dan juga berantakan. Jangan sampai Anda membiasakan diri untuk tidur selepas sahur. Dibandingkan dengan tidur selepas sahur, alangkah baiknya jika Anda menjalankan ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur'an, menunggu subuh dengan berdzikir atau melakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Jangan makan berlebihan ketika berbuka

Puasa tentunya bukan menjadi alasan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan. Dalam konteks lain puasa tentunya mampu menahan diri dan juga mengendalikan diri hingga berbuka puasa. Kondisi ini tentunya membuat kita mengonsumsi makanan dan juga minuman yang berlebih saat berbuka puasa. Hampir semua orang kalap dengan makanan dan juga minuman ketika sedang berpuasa. Hal ini justru akan membuat berat badan Anda menjadi lebih cepat naik. Meskipun demikian tentunya jangan sampai kita menahan diri untuk tidak segera berbuka ketika waktunya sudah tiba karena hal tersebut tidak pula dianjurkan.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Kurangnya cairan tubuh tentunya sangat rentan membuat tubuh kita lebih cepat merasakan lelah dan juga lemas. Cairan tubuh memang sangat diperlukan untuk proses metabolimse tubuh. Terlebih kita berada di daerah tropis dengan cuaca yang sangat panas. Untuk itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda ketika berbuka dan juga sahur. Hal ini bertujuan untuk menghindari tubuh kita agar tidak dehidrasi. Cairan yang dibutuhkan untuk tubuh tidak lain ialah air putih, akan tetapi bisa juga digantikan oleh susu ataupun jus buah yang segar. Ketika berbuka, sebaiknya Anda hindari untuk mengonsumsi kopi, cola dan juga teh. Alangkah baiknya jika memperbanyak asupan buah-buahan yang cukup tinggi cairan seperti buah jeruk dan semangka.

Hindari makanan yang terlalu manis, asin dan berlemak

Ketika berbuka tentunya kita akan dihadapkan pada berbagai jenis makanan yang enak, namun belum tentu akan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah sangat melekat akan konsumsi gorengan yang harus ada ketika bulan puasa. Tidak heran jika penjual sirup dan juga gorengan menjamur ketika bulan puasa. Makanan yang manis memang sangat diperlukan ketika berpuasa, namun jangan sampai Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis. Makanan yang manis memang dapat menormalkan kadar gula di dalam darah. Dalam artian, Anda tentunya jangan mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan juga berlebihan.

Ketika kita berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis, hal tersebut justru akan meningkatkan kadar gula di dalam darah menjadi sangat tinggi. Mengonsumsi makanan yang manis dan juga tinggi lemak akan menyebabkan rasa lelah dan juga mengantuk yang berlebih. Anda tentu dapat mengganti menu makanan yang manis dengan mengonsumsi beberapa butir buah kurma ataupun air putih. Selain itu, Anda juga wajib menghindari makanan yang asin karena akan mudah mengundang rasa haus dan juga dehidrasi yang cukup tinggi.

Hindari tempat yang panas

Ketika Anda sedang berpuasa tentunya menjadi hal yang wajib Anda hindari untuk tidak berada di tempat yang cukup panas. Anda tentunya harus menghindari agar tidak berlama-lama berada di tempat yang panas. Hal ini dikarenakan tempat yang panas ditambah dengan cuaca yang cukup panas akan membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah untuk berada di tempat yang panas dan juga batasi aktivitas fisik Anda serta beristirahatlah yang cukup jika memang memungkinkan.

Konsultasikan dengan dokter

Sebelum Anda melakukan ibadah puasa, tentu alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Di dalam dunia medis, hal ini disebut dengan Medical Check Up (MCU). Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi organ-organ vital seperti jantung, lambung dan juga organ lainnya. Tujuan dari MCU ini tidak lain ialah untuk menghindari jika suatu saat nanti ketika sudah menjalankan puasa adanya keluhan mengenai kesehatan yang berdampak buruk pada tubuh Anda.

Jadwalkan menu buka dan sahur

Dengan mencatat menu makanan untuk buka dan juga sahur, tentunya Anda menghindari diri dari asupan gizi dan juga nutrisi yang tidak tepat. Menjadwalkan menu makanan tentunya sangat baik bagi Anda agar dapat mengetahui asupan gizi dan juga nutrisi ke dalam tubuh kita seperti protein, vitamin dan juga senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lakukan aktivitas yang positif

Selama kita menjalankan ibadah puasa tentunya kita diwajibkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang positif. Sambil menunggu waktu berbuka tentunya Anda bisa isi waktu Anda dengan mengerjakan tugas kuliah, membaca Al-Qur'an, membaca buku favorit, ataupun menonton acara kesukaan yang tentunya tidak akan membatalkan puasa Anda. Dengan melakukan kegiatan positif tentunya puasa Anda akan lebih terasa ringan dan juga mudah.

Pada dasarnya agar tubuh tetap segar dan juga bugar tidak bisa lepas dari asupan makanan dan juga minuman yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Makanan dan juga minuman memang memiliki efek langsung terhadap tubuh baik menjadi lebih segar dan bugar ataupun sebaliknya. Tubuh yang segar juga tidak bisa lepas dari waktu yang kita gunakan untuk tidur dan juga beristirahat. Apakah waktu yang kita gunakan untuk tidur dan juga beristirahat sudah cukup ataukah belum?

Demikianlah cara dan juga tips agar tetap bugar saat berpuasa yang tentu sangat penting untuk Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Bolehkah Minum Sambil Berdiri? | Ketahui Bahayanya Berikut Ini!

Kebiasaan yang sudah kita lakukan sejak dulu tentu menjadi hal yang lumrah dan terbilang biasa. Banyak sekali orang yang suka melakukan kebiasaan buruk, namun memandangnya sebagai suatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ternyata kebiasaan buruk yang sudah kita lakukan sehari-hari memiliki dampak buruk yang tidak segan-segan membahayakan kesehatan kita.

Seperti salah satu kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang yakni kebiasaan minum sambil berdiri. Sekilas kebiasaan ini memang tidak berarti apa-apa dan lumrah saja dilakukan. Ternyata kebiasaan minum sambil berdiri sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kebiasaan ini tentunya menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang memang sangat suka melakukan kebiasaan ini. Terlebih lagi ada momen dan juga dorongan untuk melakukan kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin akan mengancam keselamatan tubuh kita. Lantas, apa saja bahaya minum sambil berdiri yang akan menyerang Anda jika terus melakukan kebiasaan ini? Yuk kita langsung simak saja penjelasan kai berikut ini!

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Kenapa orang banyak melakukan kebiasaan ini? Tentu, banyak sekali argumen yang akan muncul jika kita bertanya akan hal ini. Minum sambil berdiri menjadi salah satu hal lumrah yang dilakukan bagi suatu kalangan. Hal ini dikarenakan posisi  inum sambil berdiri memang terbilang praktis saat kita sedang terburu-buru. Padahal posisi minim yang paling aman ialah ketika kita sedang duduk.

Ketika minum sambil berdiri sebenarnya sistem saraf tubuh kita ada dalam keadaan yang tenang. Kondisi ini justru sebaliknya ketika kita sambil berdiri. Posisi tubuh ketika minum memang sangat menentukan akan kinerja sistem saraf kita. Selain menjaga kesopanan dan etika, kebiasaan ini juga termasuk ke dalam Inilah alasan mengapa minum sambil berdiri justru menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Berikut ini beberapa bahaya minums ambil berdiri yang akan mengancam kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

 Perut kembung

Bahaya pertama yang bisa terjadi ketika minum sambil berdiri dikarenakan air yang masuk akan lebih cepat masuk ke dalam usus sehingga air mengalir lebih cepat. Jika kondisi ini terjadi, maka akan sangat mudah terserang perut kembung. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga akan muncul keinginan mual dan juga ingin muntah serta sensasi penuh pada perut.

Sakit perut

Bahaya yang kedua yakni seseorang akan mengalami yang namanya sakit perut. Kebiasaan minum sambil berdiri ini akan membuat kerongkongan menjadi cukup sempir dan berkerut. Hal ini tentunya menyebabkan sulitnya makanan diproses pada sistem pencernaan. Selain itu, kondisi ini akan menimbulkan sensasi nyeri pada bagian perut yang cukup hebat.

Keseimbangan tubuh terganggu

Selain dapat membuat perut menjadi kembung, minum sambil berdiri juga menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi sangat terganggu. Hal ini dikarenakan jaringan organ yang ada pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa terus menerus. Dengan begitu, kondisi ini akan menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi sangat terganggu. Bahaya yang lebih lanjutnya lagi dikarenakan saraf-saraf tubuh akan berada dalam kondisi stres sehingga akan memicu ketidaknormalan fungsi saraf.

Terganggunya sistem saraf kelana

Jika Anda tidak memiliki kemauan keras dalam mengubah kebiasaan minum sambil berdiri, maka dapat dipastikan kondisi jantung Anda juga akan terganggu. Hal ini dikarenakan saraf kelana atau vagal inhibition juga akan terganggu. Kondisi ini terjadi pada refleksi saraf yang disebabkan oleah adanya reaksi pada sistem saraf kelana yang terbesar pada hampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan pada jaringan usus kecil dan juga besar.

Berisiko terkena artritis

Bahaya yang selanjutnya tentunya akan membuat kita terkejut dan akan sontak mengubah kebiasaan yang satu ini. Kebiasaan minum sambil berdiri juga bisa mengakibatkan terganggunya keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air yang masuk ke dalam tubuh akan menyebar dan disalurkan secara tidak merata, terlebih pada bagian  persendian. Akibat yang akan terjadi yakni Anda akan mengalami yang namanya artritis dimana terjadinya peradangan yang ada pada sendi sehingga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian sendi dan kaku. Kondisi ini akan disertao dengan rasa sakit yang sangat hebat sehingga akan mempersulit dan menghambat seseorang dalam bergerak.

Lambung akan terganggu

Kondisi ketika air yang diminum dalam posisi kita berdiri tentunya akan membuat GERD  atau yang kerap disebut dengan kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan lambung menjadi bagian organtubuh yang terkena dampak pertama kali  ketika kita minum sambil berdiri. Asam lambung yang naik akan menyebabkan sensasi nyeri dan panas pada bagian perut. Lambung menjadi organ yang paling penting dalam sistem pencernaan sehingga jika lambung terganggu, maka akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu juga.

Haus tidak mudah hilang

Bahaya selanjutnya yang menjadi dampak dari minum sambil berdiri dikarenakan Anda akan terus mengalami rasa haus meskipun sudah banyak minum. Hal ini memang wajar karena air yang kita minum akan tersebar ke beberapa bagian sehingga sangat sulit untuk terserap oleh tubuh. Alangkah baiknya Anda minum sambil duduk sehingga air akan terserap sedikit demi sedikit.

Cara Meninggalkan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Kebiasaan minum sambil berdiri memang terbilang sangat sulit untuk diatasi. Hal ini dikarenakan beberapa kondisi akan memicu kita untuk melakukan kebiasaan minum sambil berdiri. Gaya hidup yang buruk ini memang dapat dihindari sebisa mungkin kapanpun dan juga dimanapun. Berikut ini beberapa cara dan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan kebiasaan kita agar minum tidak lagi dalam posisi berdiri, diantaranya:

Kurangi konsumsi makanan manis

Ketika kita berada di dalam sebuah pesta yang berpotensi besar kita akan melakukan kebiasaan minum sambil berdiri. Untuk itu, ketika kita berada pada sebuah pesta, alangkah baiknya jika kita menghindari konsumsi makanan manis agar kita tidak cepat merasa haus.

Minum terlebih dahulu

Sebisa mungkin kita harus memaksakan diri untuk minum terlebih dahulu sebelum kita pergi untuk bergabung pada sebuah pesta. Jangan sampai kondisi ini membuat kita terjebak untuk terus melakukan kebiasaan buruk ini.

Mengingat bahwa minum sambil berdiri sangat berbahaya

Ketika kita berada pada suatu kondisi dimana mengharuskan kita untuk minum sambil berdiri. Maka, akan lebih baik bagi kita untuk terus mengingat bahwa minum sambil berdiri memiliki tingkat bahaya yang sangat besar. Dengan terus mengingat hal tersebut, maka sangat memungkinkan kita untuk menghindari kebiasaan minum sambil berdiri.

Situasi khusus

Jika kebiasaan minum sambil berdiri benar-benar tidak bisa Anda hindari. Maka, alangkah baik jika Anda mengambil air minum dalam porsi yang sedikit. Hal ini dikarenakan terlalu banyak minum sambil berdiri dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga akan membuat Anda ada dalam kondisi kesehatan yang terganggu.

Demikianlah beberapa fakta dan juga bahaya minum sambil berdiri yang tentu harus Anda waspadai. Selain memang tidak diperbolehkan dalam agama, minum sambil berdiri juga ternyata memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Bahaya Zat Policresulen Di Dalam Produk Albothyl Terhadap Tubuh

Akhir-akhir ini banyak kabar yang beredar bahwa BPOM menarik salah satu produk yang diketahui lolos dalam uji laboratorium. Viralnya berita ini juga didukung oleh surat dari BPOM yang merekomendasikan akan penghentian pemasaran produk Albothyl yang saat ini tengah beredar di pasaran. Tidak sedikit pula masyarakat yang sudah menggunakan dalam jangka waktu yang lama dan bahkan bertahun-tahun.

Tentunya, banyak orang yang dibuat penasaran akan kabar ini, apakah memang benar ataukah hanya hoax. Namun, ternyata berita penghentian produk albothyl di pasaran ini memang sangat nyata adanya dan bukan hoax. Ternyata izin edar obat sariawan yang bermerk albothyl ini memang benar-benar dihentikan karena memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi para penggunanya.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banya pihak yang belum mengerti mengapa produk albothyl ini diberhentikan akan izin edarnya. Bahkan tidak semua pula masyarakat yang mengetahui akan bentuk dan juga kegunaan dari produk ini. Untuk berikut kami kupas beberapa hal yang mendasari mengapa albothyl tiba-tiba diberhentikan akan izin edar, kandungan apa yang ada di dalamnya dan juga efek samping apa yang ditimbulkan dari obat albothyl ini. Yuk kita langsung simak saja penjelasan kami berikut ini!

Apa Itu Albothyl?

Mungkin tidak semua orang mengetahui akan jenis obat yang satu ini karena tidak semua masyarakat mempunyai media dan juga alat untuk melihat berita dan juga informasi. Untuk itu, perlu kami jelaskan secara singkat bahwa albothyl ialah salah satu jenis obat yang berupa cairan antiseptik dan juga disinfektan kulit yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti keputihan, luka, sariawan dan juga gangguan akibat bakteri dan juga kuman lainnya yang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh manusia.

Diketahui bahwa albothyl ialah jenis obat serbaguna yang setidaknya memiliki beberapa fungsi diantaranya hemostatik (menghentikan pendarahan), astringent (menciutkan/ menutup luka) dan juga antiseptik (mematikan kuman penyebab infeksi). Meskipun memang digunakan sebagai obat serbaguna, namun kita sebagai masyarakat mengenal albothyl sebagai obat anti sariawan. Bahkan sebagian wanita menggunakan albothyl sebagai obat antiseptik untuk membersihkan organ intim perempuan.

Mengapa Albothyl Dilarang?

Karena banyaknya laporan dari berbagai pihak mengenai efek samping dari penggunaan albothyl. Maka, BPOM bersama ahli farmakologi dan juga klinisi telah melakukan pengkajian ulang akan aspek keamaan akan obat ini. Seperti yang dirilis dari BPOM yang memutuskan bahwa albothyl tidak boleh lagi digunakan sebagai antiseptik, hemostatik pada saat pembedahan dan juga penggunaan pada kulit (dermatologi), telinga, hidung dan tenggorokan (THT), sariwan (stomatitis aftosa) dan juga gigi (adontologi).

Dalam hal pelarangan ini tentunya kandungan utama yang ada di dalam albothyl memang menjadi alasan utama mengapa BPOM melarang masyarakat untuk menggunakan albothyl. Seperti yang telah dilakukan tes uji coba bahwa berdasarkan isi surat yang telah dikeluarkan oleh BPOM bahwasanya tidak ada bukti ilmiah ataupun studi yang mendukung bahwa cairan berbahan policresulen 36% bisa digunakan sebagai obat luar.

Dalam hal ini Policresulen merupakan senyawa asam organik yang tentu diperoleh dari sebuah proses kondensasi formalin dan juga senyawa meta-cresolsulfonis acid. Policresulen ini tentunya bisa diaplikasikan pada penyakit sariawan sehingga menyebabkan jaringan sariawan menjadi mati. Inilah kondisi dimana Policresulen bisa menyebabkan rasa pedih dan juga perih. Lalu, rasa pedih dan juga perih tersebut bisa hilang dengan sendirinya sehingga rasa sakit sariawan tidak akan terasa lagi.

Tentunya, bagi Anda yang sering memakai obat ini mungkin akan menyaksikan sendiri saat setelah albothyl digunakan untuk obat sariawan dimana akan berwarna kuning dan juga kering. Jadi kesimpulannya, Policresulen tidaklah mengobati sariawan justru mematikan jaringan yang sakit dan juga rusak di bagian tersebut. Ketika jaringan sariawan mati, tentunya tubuh akan mulai melakukan regenerasi sel-sel baru sehingga membuat sariawan menjadi sembuh dan tidak terasa lagi.

Kandungan albothyl ini tentunya ditambah pula dengan adanya efek burn pada mucosa oral yang tentunya menyebabkan adanya sensasi seperti terbakar pada kulit akibat kandungan zat kimia yang ada pada jaringan mukosa mulut. Sensasi terbakar tersebut tentunya disebabkan oleh efek dari kandungnan policresulen 36% di dalam albothyl.

Dalam hal ini policresulen  memang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi dimana jika policresulen  tidak diencerkan terlebih dahulu ketika hendak digunakan, tentunya memiliki risiko yang cukup berbahaya bagi tubuh. Efek dari albothyl juga tentunya tidak lepas dari konsumen yang menggunakan obat ini. Hal ini tentunya banyak juga konsumen dari albothyl yang tidak mengencerkan terlebih dahulu dan langsung diteteskan ke bagian yang sariawan dengan menggunakan cotton bud.  Padahal sudah jelas di keterangan cara memakainya bahwa albothyl harus diencerkan terlebih dahulu dengan air sebelum memakainya. Jadi intinya, efek samping dari penggunaan obat ini juga tidak bisa lepas dari kesalahan konsumen dalam menggunakannya. Lantas, apa manfaat dan juga efek samping yang ditimbulkan dengan menggunakan zat policresulen pada obat?

Manfaat Policresulen

Meskipun memang memiliki efek samping, namun policresulen  juga memberikan manfaat yang cukup banyak diantaranya:

- Policresulen  ini digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada leher rahim (serviks) dan juga vagina.

- Policresulen juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan setelah mengambil sampel jaringan serviks dan juga pengangkatan serviks. Obat ini juga salah satu dari proses kondensasi dari methanol dan juga meta cresolsulfonic yang tentu bersifat masam.

- Policresulen ini juga berfungsi untuk membunuh bakteri dan juga jamur seperti Trichomonas yang tentunya menyebabkan infeksi pada vagina.

- Mempertahankan pH asam pada vagina

- Policresulen memiliki efek menghentikan pendarahan dikarenakan faktor pembekuan dan juga mempengaruhi kontraksi otot pembuluh darah.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penggunaan Policresulen

Ketika kita menggunakan Policresulen sebagai obat tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara pemakaian dan juga kontra indikasi dari obat tersebut. Berikut ini beberapa peringatan akan Policresulen yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

- Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil dan juga menyusui di larang untuk menggunakan jenis obat ini kecuali dengan petunjuk dari dokter.

- Policresulen ialah obat yang digunakan untuk vagina, sedangkan untuk penggunaan di luar vagina memang memiliki risiko yang mungkin lebih besar.

- Jika Policresulen mengenai mata, maka cucilah mata dengan menggunakan air yang mengalir selama mungkin.

- Penggunaan cairan Policresulen ini biasanya akan mengakibatkan iritasi jaringan. Sedangkan untuk penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan jaringan. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter mengenai manfaat dan juga risiko dalam menggunakan Policresulen.

- Jika terjadi reaksi alergi ataupun overdosis, alangkah baiknya jika Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Dosis Policresulen

Policresulen jika diberikan pada orang dewasa untuk mengobati vaginitis, cervicitis dan juga menghentikan pendarahan serviks. Setidaknya masukkan 1 tablet Policresulen ke dalam vagina setiap 2 hari sekali selama 1-2 minggu.

Bahaya Penggunaan Policresulen Pada Albothyl

Setelah dilakukannya penghentian merk dagang albothyl di pasaran tentunya bukan tanpa sebab melainkan adanya kandungan dan juga zat yang cukup berbahaya di dalam albothyl. Seperti yang kita tahu bahwa albothyl mengandung zat Policresulen yang tentu jika digunakan dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Namun, tentunya reaksi orang akan bahaya dari albothyl ini memang berbeda-beda dan juga mungkin efek sampingnya juga tidak sama antar individu. Berikut ini kami simpulkan beberapa bahaya kandungan Policresulen yang terdapat di dalam albothyl, diantaranya:

1. Sensasi tidak nyaman pada vagina

Reaki pertama yang mungkin dialami oleh wanita ialah adanya sensasi rasa tidak nyaman pada vagina. Hal ini tentunya bisa disebabkan oleh reaksi kandungan Policresulen yang ada di dalam albothyl sehingga memberikan efek seperti terbakar dan juga tidak nyaman pada vagina.

2. Iritasi lokal

Kemungkinan besa iritasi ini disebabkan oleh kandungan Policresulen yang memang menyebabkan adanya proses pembakaran dalam tingkatan yang sangat kecil dan hanya pada bagian tertentu saja.

3. Kerusakan pada jaringan

Kerusakan yang terjadi secara lokal tentunya terjadi karena penggunaan dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga merusak jaringan yang ada di sekitarnya.

4. Infeksi

Bahaya lain yang ditimbulkan dari Policresulen ialah terjadinya infeksi pada bagian tertentu. Infeksi yang paling menggerikan ialah salah satu laporan dimana adanya kasus penderita sariawan yang sudah menggunakan albothyl dalam jangka waktu yang cukup lama. Efek sampingnya memang sariawan mudah untuk diatasi, namun lama kelamaan akan menyebabkan infeksi hingga berlubang dan juga membesar pada bagian mulut.

Hal ini dikarenakan kandungan Policresulen bisa merusak jaringan yang ada di bagian sekitar yang sakit dan juga sariawan. BPOM juga sudah melakukan pemantauan dari albothyl dimana telah menerima setidaknya 38 kasus dari profesional kesehatan dan juga pasien mengenai keluhan dari efek samping penggunaan albothyl untuk pengobatan sariawan.

5. Deskuamasi jaringan dan juga pengelupasan kulit

Mungkin bahaya ini akan terlihat sesaat setelah berkumur dimana akan terjadinya beberapa bagian kulit mulut yang terkelupas. Efek samping ini tentunya juga dapat dilihat dari penggunaan Policresulen dengan cara berkumur.

6. Efek vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah perifer

Bahaya lain yang mungkin bisa disebabkan oleh penggunaan albothyl dalam jangka waktu yang cukup lama ialah bisa terjadinya penyempitan pembuluh darah perifer(tepi) yang terjadi pada daerah sariawan. Kondisi ini tentunya menyebabkan suplai darah pada daerah sariawan dapat terhenti. Dengan begitu, jaringan sariawan akan menjadi mati sehingga rasa perih pada sariawan bisa hilang dengan sesaat setelah diberikan obat Policresulen. 

7. Sariawan bertambah besar dan sakit

Pada penggunaan albothyl tentunya sariawan seolah-olah dapat sembuh secara cepat, namun risiko lain yang ditimbulkan tentunya sangat besar. Jika terus menerus digunakan, maka Policresulen akan membuat sariawan menjadi lebih besar dan juga terus menerus. Dalam kondisi ini tentunay tubuh tidak lagi mampu membentuk jaringan baru yang sehat sehingga sariawan yang Anda derita tentunya bukanlah  sariawan yang biasa. Efek samping ini tentunya tidak akan terjadi secara instan, namun akan terus terjadi seakan-akan sariawan terus kambuh. Lama-kelamaan, maka jaringan yang ada di sekitar sariawan tersebut akan membesar dan juga berlubang.

8. Vaginitis

Kandungan policresulen juga bisa menyebabkan wanita mengalami vaginitis dimana adanya infeksi dan juga inflamasi yang terjadi pada vagina. Kondisi ini tentunya dapat disertai dengan munculnya keputihan, perubahan warna serta jumlah keputihan yang dialami oleh wanita, bau yang ditimbulkan serta iritasi dan juga gatal-gatal yang terjadi pada vagina. Rasa sakit ini tentunya bisa diakibatkan oleh berhubungan seks maupun buang air kecil serta flek dan pendarahan ringan.

Beberapa efek samping lain yang tentunya sering dialami oleh banyak orang, yakni:

- Infeksi jamur yang terjadi pada vagina (candidiasis)

- Pembengkakan jaringan lunak (edema)

- Kesulitan bernafas

- Kerusakan jaringan yang jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga berulang

- Sifat asam pada policresulen tentunya bisa merusak enamel gigi

- Adanya sensasi terbakar

- Alergi

- Iritasi pada bagian tertentu dimana rasa sakit tersebut berasal

Selain itu beberapa reaksi hipersensitif bisa saja terjadi yang menjadi salah satu dari penggunaan albothyl ini.

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Obat Alami

Sariawan tentunya masih bisa diatasi dengan menggunakan obat alami. Meskipun memang tidak se-instan seperti obat albothyl, namun tentunya bisa memberikan efek ringan pada sariawan Anda dan juga aman jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Meskipun memang rasa perih tidak begitu menyenangkan, namun tentunya sariawan bisa berbahaya seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa cara alami tentunya bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Dengan Madu

Khasiat madu tentunya sudah tidak diragukan lagi baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit wajah. Mengoleskan madu di atas sariawan tentunya bisa mempercepat proses penyembuhan serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

2. Dengan kantung teh bekas

Menempelkan kantung teh bekas selama beberapa menit tentunya bisa membantu mengurangi rasa sakit yang bisa Anda rasakan. Teh di sini tentunya merupakan zat basa yang bisa menetralisir keberadaan asam yang ditimbulkan oleh sariawan.

3. Menghindari makanan asam

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan menghindari konsumsi makanan asam. Hal ini dikarenakan makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan pada permukaan jaringan tubuh. Hal ini tentunya membuat Anda harus membatasi konsumsi makanan masam sebagai cara untuk mengurangi rasa sakit dan juga mencegah perkembangan kondisi sariawan semakin banyak. Alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi sayuran, air kelapa, teh dan juga susu yang memiliki tingkat keasaman rendan untuk mengobati sariawan.

4. Dengan kelapa

Kepala memang memiliki kemampuan dalam mencegah rasa sakit dan juga mengurangi peradangan. Mengolesi sariawan dengan menggunakan campuran madu dan juga air kepala ataupun minyak kepala sebanyak 3-4 kali dalam sehari tentunya dipercaya dapat mengobati sariawan. Kelapa tentunya memiliki kemampuan dalam membantu menyejukkan suhu tubuh yang tentu menjadi penyebab sariawan.

5. Larutan garam

Berkumur-kumur dengan menggunakan larutan air garam selama kurang lebih 30 menit. Dalam hal ini tentunya membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan di mulut Anda. Selain itu, larutan garam juga dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-peradangan dan juga anti-bakteri sehingga bisa mencegah sariawan berkembang semakin parah. Tidak perlu banyak melarutkan garam, cukup setengah sendok teh saja sangat cukup untuk membuat larutan ini.

Itulah mengapa albothyl dilarang untuk digunakan dan juga diberhentikan di pasaran serta beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan albothyl terlebih dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu, Anda harus benar-benar memilih dan juga memilah jika hendak menggunakan obat untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Semoga bermanfaat!

 

Penting! Waspadai Bahaya Suntik Putih Secara Permanen Bagi Tubuh

Siapapun tentunya ingin memiliki kulit yang putih bersih dan juga terawat. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan apapun demi mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Berbagai cara dan juga alternatif tentunya menjadi hal yang harus ditempuh. Mulai dari perawatan kulit dengan menggunakan produk yang beredar di pasaran bahkan perawatan salon yang memakan biaya yang sangat mahal.

Terlepas dari cara yang dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Banyak orang yang saat ini lebih memiliki untuk melakukan suntik putih. Cara yang paling mudah dan juga instan ini dianggap sebagai cara yang terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh darah sehingga akan tersebar secara merata ke seluruh badan. Tidak heran jika cara kerja suntik putih ini memang memasukkan zat asing ke dalam tubuh. Maka dari itu, memang tidak disarankan untuk melakukan suntik putih secara sembarangan yang tidak sesuai dengan petunjuk dokter.

Metode pemutihan kulit dengan cara suntik ini memang menjadi kontroversi. Sebagian ahli ada yang membolehkan untuk melakukan suntik putih, sedangkan ada juga yang melarang untuk melakukan suntik putih. Boleh atau tidaknya suntik putih tentunya tergantung dari proses yang dilakukannya. Untuk itu, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu komposisi cairan yang digunakan untuk melakukan suntik putih tersebut seperti yang akan kami sajikan pada poin di bawah ini!

Komposisi Cairan Untuk Suntik Putih

Suntik putih tentunya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk memutihkan kulit tubuh. Bagi yang melakukan suntik putih tentunya tidak hanya berpengaruh pada wajah saja, namun seluruh bagian tubuh. Selain itu, suntik putih memang mengandung beberapa bahan yang dikombinasikan dengan bahan lain. Berikut ini beberapa komposisi yang ada pada cairan untuk suntik putih, diantaranya:

Vitamin C

Vitamin C memang menjadi cara yang paling efektif untuk merawat kulit wajah dan juga tubuh. Selain itu, vitamin C memiliki peranan yang cukup penting dalam mencerahkan dan juga memutihkan kulit wajah. Vitamin C tentunya kaya akan antioksidan yang cukup tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Vitamin C juga tentunya membuat kulit wajah dan juga tubuh menjadi lebih sehat dan juga bersih terawat. Selain mencerahkan kulit wajah tentunya vitamin C juga dapat membuat kulit awet mudah dan juga dapat menghilangkan bekas luka dengan cukup maksimal.

Kolagen

Komposisi kedua yang ada di alam cairan suntik putih ialah kolagen. Zat ini tentunya memiliki fungsi dalam memutihkan, mencerahkan dan juga menjaga kekenyalan kulit wajah dan tubuh. Kolagen tentunya diproduksi oleh tubuh, akan tetapi bisa menurun dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini tentunya menyebabkan elastisitas kulit wajah dan juga tubuh menjadi menurun sehingga akan mulai muncul jejak-jejak garis halus pada wajah Anda. Inilah alasan mengapa banyak orang yang melakukan suntik putih.

Glutathione

Zat ini memang memiliki peranan yang sama dengan kolagen dimana zat ini diproduksi oleh tubuh secara alami. Akan tetapi, dengan seiring bertambahnya usia seseorang, produksi glutathione menjadi semakin menurun. Keberadaan glutathione di dalam tubuh tentunya bisa menghambat produksi melanin di dalam tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak melanin di dalam kulit seseorang, maka semakin gelap juga warna kulitnya. Selain itu, glutathione memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menangkal radikal bebas yang kemungkinan akan tiba-tiba datang menyerang tubuh Anda.

Itulah beberapa komposisi yang ada pada cairan untuk suntik putih. Memang komposisi tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan dan juga elastisitas tubuh. Namun, tentunya dalam menyuntikkan cairan ini, lakukanlah sesuai dengan prosedur dan juga petunjuk dokter. Lihat juga: Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Mampu Menguras Energi

Hindari Penggunaan Dosis Yang Terlalu Banyak

Pada umumnya, segela sesuatu yang dilakukan dan juga diberikan secara berlebihan akan memberikan dampak yang cukup buruk. Ketiga komposisi tersebut memang memiliki manfaat sendiri untuk kulit wajah dan juga tubuh. Terlebih pada dua komposisi memang diproduksi oleh tubuh secara alami. Akan tetapi, Anda jangan menganggap bahwa dosis yang cukup besar juga memiliki keberhasilan yang cukup besar pula. Anggapan tersebut memang sepenuhnya salah.

Penggunaan dosis cairan pada komposisi untuk suntik putih dengan jumlah yang cukup besar justru akan menimbulkan risiko dan juga dampak yang cukup buruk bagi kesehatan Anda. Pada umumnya, dosis yang digunakan untuk suntik putih ialah satu ampul suntik putih sebanyak 5 ml dan ini terbilang menjadi dosis yang sangat tinggi yaitu sekitar 1000-1800 mg. Padahal jika harus kita tahu lebih dalam bahwa tubuh orang dewasa hanya membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40 mg saja setiap harinya. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa mengonsumsi vitamin C atau memberikan asupan vitamin C pada tubuh hingga lebih dari 1000 mg akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Anda. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan suntik putih mengalami gangguan kesehatan seperti sakit perut, sakit kepala, diare, mual, insomnia, batu ginjal dan juga perut kembung.

Selain itu, dengan penggunaan gluthatione dalam dosis yang sangat tinggi terutama melalui metode suntikan akan memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan tubuh manusia. Kadar glutathione yang sangat tinggi memang memiliki efek antioksidan, akan tetapi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan memicu penyakit yang lebih serius dan juga berat. Maka dari itu, dosis mengenai pemberian cairan pada tubuh untuk suntik putih harus benar-benar dipertimbangkan dengan sangat baik.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Bahaya Suntik Putih Permanen

Setelah kita mengetahui akan komposisi dan juga dosis yang dianjurkan untuk melakukan suntik putih. Tentunya, kita tidak bisa lepas begitu saja dari bahaya dan juga efek buruk dari bahaya suntik putih. Meskipun memang sangat populer saat ini sebagai alternatif yang terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Akan tetapi, kita juga tidak bisa mengabaikan akan dampak buruk dan juga bahaya suntik putih tersebut.

Melakukan suntik putih secara permanen tentunya menjadi cara yang paling banyak dipilih. Hal ini dikarenakan dengan suntik permanen, kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan suntik putih secara berkala. Jangka waktu yang sangat panjang dan juga penggunaan komposisi yang berlebih, tidak dapat kita abaikan begitu saja efek sampingnya. Agar lebih jelas, berikut kami sajikan beberapa bahaya suntik putih secara permanen yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan suntik putih.

Perut kembung

Efek samping pertama yang mungkin akan Anda alami dalam melakukan suntik putih ialah mengalami yang namanya perut kembung. Hal ini dikarenakan suntik putih mengandung vitamin C yang jika diberikan secara berlebih akan memicu timbulnya penyakit lain seperti maag. Selain itu, vitamin C juga dapat menimbulkan perut kembung dikarenakan kandungan gas akibat asam pada vitamin C tersebut. Dampak yang memungkinkan terjadi tentunya akan membuat perut dan juga lambung menjadi lebih rusak dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama.

Diare

Selain perut kembung, kandungan vitamin C dengan dosis yang sangat banyak akan memicu masalah pencernaan sehingga tidak heran jika Anda mengalami diare. Hal ini tentunya perut tidak dapat lagi merespon kandungan sensitif yang ada di dalam vitamin C secara berlebihan.

Hormon yang tidak stabil

Selain itu, dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda melakukan suntik putih yaitu keadaan hormon tubuh yang tidak stabil. Bisa saja Anda mengalami penambahan berat badan yang berlebih sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih gemuk. Hormon yang tidak stabil tentunya memiliki pengaruh yang cukup buruk pada siklus menstruasi. Tidak heran wanita banyak yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Menurunnya pembentukan melanin

Sesuai dengan fungsinya bahwa suntik putih untuk mengurangi produksi melanin di dalam tubuh seseorang yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Namun, jika diberikan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tentunya dapat benar-benar mengurangi bahkan menghilangkan kadar tembaga dalam pembentukan melanin. Hal ini tentunya melanin sangat dibutuhkan dalam meregenerasi sel dan juga membentuk jaringan sel.

Mempengaruhi fungsi ginjal

Selain mengurangi pembentukan melanin, suntik putih juga tentunya dapat mempengaruhi kinerja ginjal. Terlebih bagi mereka yang telah memiliki riwayat akan penyakit ginjal tentunya memiliki peluang yang cukup besar masalah kesehatan tersebut terjadi. Dalam jangka panjang tentunya akan memicu kambuhnya batu ginjal akibat adanya pengkristalan vitamin C dan juga kerusakan ginjal.

Kerusakan hati

Seperti halnya ginjal, hati juga tentunya akan mengalami kerusakan akibat suntik putih. Hal ini dikarenakan gangguan hati yang terjadi akibat komposisi cairan dalam dosis yang cukup banyak. Bagi penderita liver memang alangkah baiknya jika Anda tidak melakukan suntik putih bagaimanapun keadaanya.

Kerusakan pada kulit

Dikarenakan fungsi dan juga kinerja suntik putih terjadi pada pembentukan melanin. Tidak heran jika suntik putih yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kondisi kulit menjadi lebih rusak. Hal ini bisa saja kerusakan pada kulit akibat dari adanya berbagai syndrome dari jenis-jenis gangguan kulit.

Rambut rontok

Selain merusak kulit, suntik putih juga memiliki dampak yang cukup buruk terhadap kerontokan rambut. Bagi yang melakukan suntik putih, lalu mengalami rambut rontok yang tidak biasa, tentunya ini menjadi salah satu indikasi dari dampak buruk dari suntik putih. Hal ini terjadi akibat penolakan respon tubuh terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh dengan cara yang dipaksakan.

Kulit menjadi belang

Akibat respon tubuh yang tidak bisa menerima zat asing dalam dosisi yang berlebih masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika pada akhirnya kulit akan mengalami putih namun sebagian. Hal ini dapat menjadi tanda adanya kegagalan pada suntik putih yang Anda lakukan. Suntik putih yang gagal dan tidak sesuai dengan prosedur dapat menyebabkan kulit menjadi belang belang. Untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah dan juga putih mungkin hanyalah mimpi karena bukannya cantik melainkan kulit bertambah rusak.

Kondisi ini terjadi karena penyerapan vitamin C tidak sepenuhnya dilakukan oleh tubuh. Hal ini tentu vitamin C yang dimasukkan secara terpaksa akan terlebih dahulu diserap oleh organ penting di dalam tubuh. Dikarenakan kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, dapat dipastikan bahwa suntik putih tersebut dapat berakhir gagal jika tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang memang ahli di dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit.

Ketergantungan

Hal ini memang sangat wajar dimana ketergantungan menjadi salah satu dampak dari suntik putih. Melakukan suntik putih tentunya tidak cukup dilakukan satu kali ataupun dua kali. Suntik putih tentunya membuat seseorang menjadi ketergantungan dan ingin terus diberi asupan vitamin C pada tubuh agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah kita mengetahui beberapa efek samping dari suntik putih tersebut, lantas muncul pertanyaan. Apakah kita boleh melakukan suntik putih ataukah tidak? Jawaban akan pertanyaan tersebut tentunya akan di jawab pada poin selanjutnya.

Bolehkan Melakukan Suntik Putih?

Terlepas dari boleh atau tidaknya tentunya tidak ada yang bisa menyimpulkan. Banyak orang yang memang membenarkan untuk melakukan suntik putih, namun tidak sedikit juga yang berkata TIDAK pada suntik putih. Namun tentunya ada beberapa tips yang harus Anda lakukan dan ini terbilang aman untuk melakukan suntik putih, diantaranya:

Pilihlah dokter yang berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih dan menunjuk dokter ahli yang berkualitas dalam melakukan suntik putih. Ini menjadi faktor terpenting bagi Anda untuk hanya memilih dokter yang profesional dan ahli untuk melakukan suntik putih. Untuk itu, hindari untuk melakukan suntik putih pada salon-salon kecantikan jika memang tidak didukung oleh dokter yang ahli di dalam bidang kecantikan.

Tes kesehatan Anda

Setelah kita memutuskan dokter mana yang akan kita pilih, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan tes kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukan suntik putih, tes kesehatan memang sangat penting untuk Anda lakukan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu riwayat kesehatan yang ada pada diri Anda. Seperti yang sudah kami bahas pada poin sebelumnya mengenai bahaya suntik putih,tentunya jika dilakukan pada seseorang yang menderita penyakit kronis. Melakukan suntik putih hanyalah menjadi cara untuk memperburuk kesehatan Anda. Hal ini tentunya tidak bisa lepas dari penggunaan dosis vitamin C yang sangat tinggi. Dalam pemeriksaan kesehatan tentunya akan dilakukan pemeriksaan tes kulit apakah tubuh Anda akan cocok jika dilakukan suntik putih. Setelah melakukan pemeriksaan tentunya dokter akan memberikan hasil mengenai keadaan dan juga kesehatan tubuh Anda. Jika memang Anda mengalami gangguan kesehatan dan adanya penyakit kronis, dokter tentunya tidak akan menyarankan Anda untuk melakukan suntik putih.

Pilih produk yang terdaftar di BPOM

Setelah kita benar-benar memutuskan untuk melakukan suntik putih dan tubuh kita tidak mengalami gangguan apapun. Saatnya kita untuk memilih produk yang sudah lulus uji berkala dan juga terdaftar BPOM. Jika sudah terdaftar BPOM dipastikan produk yang Anda gunakan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Alternatif yang bisa Anda lakukan

Meskipun memang suntik putih menjadi cara yang paling mudah dan juga cepat untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Namun, sebenarnya vitamin C yang digunakan untuk suntik putih dapat diganti dengan Anda rutin mengonsumsi buah-buahan dan juga sayur yang banyak mengandung vitamin C. Alternatif ini tentunya bertujuan agar Anda dapat menghindari bahaya suntik putih yang kemungkinan akan terjadi. Selain itu, pastikan Anda untuk merawat dan juga menjaga kulit secara rutin dengan langkah yang tepat dibandingkan Anda mengambil risiko yang besar hanya demi mendapatkan kulit yang putih dan juga bersih.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai suntik putih dan juga bahaya suntik putih yang bisa timbul dan mengganggu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Tahukah Anda Bahwa Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Banyak anggapan bahwa radikal bebas dapat diatasi oleh beberapa produk seperti makanan dan juga kosmetik. Hal ini dikarenakan radikal bebas sering disebut sebagai penyebab yang dapat mendatangkan penyakit serta dapat menyebabkan penuaan dini terutama pada wanita. Radikal bebas tentunya dapat terbentuk dari beberapa zat yang terjadi di dalam dan juga luar tubuh. Lantas, apa sebenarnya yang disebut dengan radikal bebas tersebut?

Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa radikal bebas sering disebut menjadi salah satu faktor penyebab dimana penyakit dapat timbul. Namun sebenarnya, radikal bebas merupakan salah satu proses dari bagian alami di dalam tubuh. Sebagai proses yang alami, radikal bebas juga bisa bersumber dari proses yang terjadi di luar tubuh, Radikal bebas jika diimbangi dengan antioksidan tentunya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, jika radikal bebas dilampaui dengan kadar yang dapat ditangani oleh tubuh tentunya akan menyebabkan kerusakan pada proses tersebut.  

Dari Manakah Sumber Radikal Bebas?

Radikal bebas memang menjadi satu proses alami yang terjadi di dalam tubuh, dan juga luar tubuh. Ketika tubuh mengonsumsi oksigen, tentunya sekitar 1-2 persen sel-sel akan mulai rusak sehingga berubah menjadi radikal bebas. Nah, proses inilah yang menyebabkan dimana radikal bebas disebut sebagai sel-sel rusak yang dapat menyebabkan tubuh ada pada kondisi negatif tertentu.

Sel yang disebut bebas tentunya dikarenakan sel-sel tersebut kehilangan molekul yang cukup penting sehingga dapat membuat tubuh seseorang mengalami kerusakan jika bertemu dengan molekul lain. Tentunya, tidak hanya merusak sel lain di dalam tubuh, radikal bebas juga dapat merusak DNA yang akan menjadi benih dalam tumbuhnya penyakit di dalam tubuh seseorang. Jika satu sel rusak, maka akan mudah baginya untuk merusak sel lainnya. Ketika DNA tersebut berubah, tentunya sel tersebut dapat berkembang secara tidak normal dengan proses yang sangat cepat. Dalam hal ini tentunya cedera dan juga inflamasi dapat menyebabkan tumbuhnya radikal bebas.

Sesuai dengan poin di atas bahwa dari mankaah sebenarnya sumber radikal bebas tersebut. Tentunya, banyak berbagai sumber yang terjadi di dalam proses tubuh baik dari dalam maupun dari luar. Radikal bebas ini tentunya dapat bersumber dari bahan-bahan lain yang ada disekitar kita. Beberapa sumber radikal bebas yang cukup berpengaruh tentunya berasal dari:

Asap Rokok dan Polusi Udara

Seperti yang kita tahu bahwa asap yang bersumber dari rokok. Oksidan yang terdapat di dalam rokok tentunya sangat berpengaruh terhadap gangguan saluran pernapasan. Bagaimanapun juga, setiap hisapan rokok tentunya memiliki jumlah oksidan yang lebih besar diantaranya epoxida, aldehida, peroxida serta radikal bebas lain yang tentunya menyebabkan kerusakan alveoli paru-paru. Zat lain yang ada di dalam rokok tentunya dapat menyebabkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh diantaranya radikal bebas yang mengandung karbon di dalam fase gas, nitrit oksida, dan radikal peroksil.

Sinar UV dan Radiasi X-ray

Sinar matahari terutama pada pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, jika pada siang hari tentunya akan memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menyebabkan kanker kulit, sinar matahari juga tentunya dapat menyebabkan timbulnya radikal bebas. Hal ini tentunya dapat menyebabkan bahaya yang ada di dalam tubuh manusia. Terlebih jika tubuh manusia terkena paparan sinar matahari langsung di siang hari.

Pestisida

Zat yangs atu ini tentunya memiliki sifat polutan dimana bahan kimia beracun dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan juga lingkungan. Dalam hal ini pestisida dapat disebut sebagai sumber radikal bebas yang tentunya dapat menyebabkan adanya kerusakan di dalam tubuh. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh yang dapat memicu kerusakan pada sel, munculnya penyakit degeneratif akibat mutasi gen dan juga gangguan syaraf pusat.

Polusi Udara

Sumber radikal bebas tentunya dapat bersumber diantaranya asap rokok, industri, polusi kendaraan bermotor, pendingin ruangan, mesin fotocopy, dan juga makanan tidak sehat. Sumber radikal bebas tentunya berasal dari dalam tubuh seperti proses metabolisme dan juga respirasi sehingga dapat meningkatkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh.

Olahraga Berlebihan

Olahraga memang menjadi salah satu cara dalam untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Dalam hal ini jika olahraga memang dilakukan secara berlebihan tentunya akan membuat tubuh lebih membutuhkan suplai oksigen. Olahraga berlebih tentunya dapat meningkatkan timbulnya radikal bebas di dalam tubuh.

Radiasi

Sumber radikal bebas yang tentu dapat mempengaruhi tubuh manusia ialah radioterapi. Sumber radiasi ini tentunya dapat terjadi karena adanya kerusakan jaringan yang tentu dikarenakan ada radikal bebas.

Obat-Obatan

Sumber radikal bebas ini tentunya dapat disebabkan karena adanya beberapa jenis obat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk tekanan oksigen yang lebih besar. Bahan yang terkandung di dalam obat tentunya akan bereaksi dengan hiperoksia sehingga dapat mempercepat kerusakan di dalam tubuh manusia.

Produk Industri

Sebagian yang berasal dari produk industri dan juga yang banyak beredar di pasaran

Untuk itu, inilah saatnya bagi kita untuk tetap membatasi konsumsi bahan-bahan dan menghindari beberapa sumber di atas serta melindungi diri dari paparan sinar X-ray.

Ozon

Sinar ozon tentunya memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam hal ini tentunya Anda harus sebisa mungkin menghindari bahaya ozon untuk tidak terpapar pada tubuh Anda secara langsung. Dalam hal ini tentunya Anda dapat memakai pelindung kepala, wajah dan juga tubuh Anda sebaik mungkin.

Alkohol

Tentunya, jangan tanya lagi akan bahaya dan juga dampak buruk yang ditimbulka  oelh alkohol terhadap tubuh manusia. Alkohol memang menjadi sumber radikal bebas yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Untuk itu, jangan sampai Anda menjadi alcoholic jika tidak ingin mengalami dampak yang cukup buruk bagi tubuh Anda.

Dampak Radikal Bebas

Jika kita lihat dari sumber-sumber yang menyebabkan radikal bebas, tentunya dampak buruk dapat timbul dengan sendirinya. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh adanya keseimbangan antara antioksidan di dalam tubuh dengan kadar radikal bebas. Jika fungsi fisiologi dapat berjalan dengan sangat baik, tentunya harus adanya keseimbangan kedua komponen tersebut. Akan tetapi, jika kadar radikal bebas di dalam tubuh melampaui kemampuan tubuh dalam mengelolanya, akan kemungkinan besar bahwa kondisi ini kerap disebut dengan stres oksidatif (oxidative stress).

Radikal bebas memang bisa menyerang dan juga menyebabkan adanya kerusakan pada beberapa sel tubuh. Beberapa unsur yang tentunya dapat berdampak buruk pada tubuh diantaranya lipid, protein dan juga asam nukleat. Beberapa dampak buruk yang tentu dapat ditimbulkan oleh radikal bebas, diantaranya:

Stres oksidatif

Dampak buruk pertama yang tentunya diakibatkan oleh radikal bebas ialah stres oksidatif. Ini tentunya menjadi faktor utama yang menjadi penyebab adanya inflamasi seperti gangguan pernapasan, penyakit iskemik seperti jantung dan juga stroke, artritis, Alzheimer, preeklamsia, hipertensi dan juga berbagai penyakut lainnya yang dapat timbul kapan saja.

Kerusakan Sel Kulit

Selain stres oksidatif tentunya paparan sinar matahari berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang terdapat pada sel-sel kulit mati. Dalam hal ini radikal bebas tentunya dapat menyerang organ-organ dalam seperti paru-paru, jantung dan organ lainnya. Dalam hal ini radikal bebas yang ada pada rokok dapat berpeluang besar dalam menyerang sel paru-paru.

Kanker

Selain dapat menyerang organ bagian dalam, radikal bebas juga tentunya dapat menyebabkan tubuh seseorang terkena kanker dan juga aterosklerosis atau yang sering disebut dengan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan ini terjadi dari dua pembunuh utama yang tentunya dikaitkan karena adanya serangan radikal bebas secara tiba-tiba pada bagian tubuh tertentu.

Penuaan Dini

Tidak heran jika seseorang yang rentan berhubungan dengan sumber-sumber yang menyebabkan radikal bebas dapat mengalami terjadinya penuaan dini. Para peneliti mengatakan bahwa penuaan dini diakibatkan oleh adanya kerusakan sel yang sangat erat hubungannya dengan penuaan di dalam sel kulit.

Pencegahan Radikal Bebas

Bagaimanapun juga, radikal bebas memang bisa dicegah sebisa mungkin. Dalm hal ini radikal bebas memang berhubungan dengan gaya hidup yang kita jalankan sehari-hari. Beberapa pencegahan yang memang harus kita lakukan dalam menghindari radikal bebas memang terbilang cukup sulit. Namun, jika kita ingin benar-benar mencegah radikal bebas timbul pada tubuh kita, tentunya kita sebisa mungkin harus menjalankan beberapa tips dan juga cara sebagai berikut:

Pola hidup sehat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dalam hla ini tentunya pola hidup sehat dapat sedikitnya mencegah tubuh dari bahaya radikal bebas.

Jangan olahraga berlebih

Selain menerapkan pola hidup sehat, alangkah baiknya jika Anda juga tidak melakukan olahraga berlebih yang tentunya akan membuat kondisi tubuh Anda lebih parah lagi. Untuk itu, usahakan Anda untuk olahraga yang teratur, namun hindari olahraga yang berlebih. Hal ini dikarenakan olahraga berlebih dapat menyebabkan tubuh membutuhkan suplai oksigen yang cukup banyak.

Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur tentunya mengandung antioksidan yang cukup tinggi bagi tubuh manusia. Jika Anda mengonsumsi sayur dan juga buah-buahan tentunya Anda dapat mencegah proses oksidasi yang ada di dalam tubuh.

Menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan juga tidak terpapar radikal bebas tentunya memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Dalam hal ini tentunya Anda dapat menerapkan tips dan juga cara-cara yang sudah kami sebutkan di atas. Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai radikal bebas pemicu penyakit kronis yang tentu harus Anda hindari sekarang juga. Semoga bermanfaat!

 

Inilah Cara Menjalankan Diet Alkaline Yang Benar | Manfaat & Risiko

Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi keinginan setiap orang. Pasalnya, berat badan yang ideal dapat mengindikasi kondisi tubuh yang sehat. Kondisi ini tentunya berbanding terbalik dengan kondisi dimana penambahan berat badan yang cukup drastis seperti obesitas. Sayangnya, tidak semua orang dapat memiliki tubuh yang ideal seperti yang diinginkan banyak orang.

Terlepas dari kondisi tersebut tentunya ini menjadi sebuah tugas bagi kita untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Sebagian besar orang yang memiliki berat badan yang berlebih memang kerap melakukan berbagai cara seperti diet dan juga program penurunan berat badan lainnya. Tidak sedikit orang yang melakukan diet berlebih dengan berbagai cara sampai berakibat buruk pada kesehatannya. Namun, tidak semua program diet berbahaya dan berdampak buruk pada Anda.

Jika Anda memiliki berat badan yang cukup berlebih, tidak ada salahnya jika Anda mulai melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tentunya, Anda harus menjalankan program diet yang memang dianjurkan dan sesuai dengan prosedur yang tepat. Akhir-akhir ini publik sempat dihangatkan dengan kabar mengenai diet alkaline yang dipercaya memiliki beberapa manfaat dan juga dampak yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa itu diet alkaline? Apa saja manfaat dan juga risiko yang dapat ditimbulkan dari diet alkaline ini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak saja pemaparannya berikut ini!

 Apa Itu Diet Alkaline

Mungkin Anda merasa asing dan juga belum mengenal akan istilah diet yang satu ini. Akan tetapi, program diet ini tengah ramai diperbincangkan di tengah-tengah publik. Awalnya, diet ini terkenal karena dilakukan oleh seorang artis Hollywood bernama Gwyneth Paltrow dan Kristen Dunst. Sedangkan di Indonesia, diet alkaline ini dilakukan oleh komunitas olahraga Indobarian yang disebut sebagai alkaline warior. Sebagian besar orang percaya bahwa diet ini dapat menurunkan berat badan yang berlebih dan juga mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker.

Diet alkaline pada dasarnya ialah sebuah program diet yang dilakukan oleh seseorang dengan cara mengonsumsi makanan yang bersifat basa. Beberapa jenis makanan yang bersifat basa tersebut diantaranya semangka, pir, maerkisa, annggur, apel, melon jingga, mangga, pisang, lemon, timun, seledri, kol, tomat, brokoli, bayam dan jahe. Selain memiliki sifat basa, jenis makanan di atas juga diperkaya oleh mineral,  vitamin, serat, dan juga antioksidan di dalam tubuh.

Lebih jelasnya lagi diet alkaline yaitu diet yang menekankan konsumsi makanan yang membentuk asam seperti daging merah. Dalam kondisi tertentu, keseimbangan asam basa di dalam tubuh seseorang akan menyebabkan seseorang tersebut menjadi sakit. Kesimpulannya, jika kita memasukkan makanan asam, sistem tubuh kita akan melakukan aktivitas lain sehingga jika terlalu sibuk, maka akan membuang zat asam yang berlebih.

Namun, pada kenyataannya, diet alkaline tidak dapat mengubah pH tubuh kita, karena pH tubuh seseorang dengan orang lain tentunya berbeda-beda. Seperti contoh pada penderita lambung pH berkisar antara 2-3.5 dan sangat asam. Sedangkan apda darah pH berkisar 7.35-7.45 dan sedikit bersifat basa. Perbedaan yang mendasar yang terjadi pada tubuh kita dapat ditandai dengan urin. Perubahan pH ialah hal yang paling untuk mencegah pembentukan batu di saluran kencing.

Selain dapat mencegah batu pada saluran kencing, diet alkaline juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena lebih banyak mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan. Vitamin dan juga mineral yang ada dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik jika kita diet dan masih mengonsumsi sayuran dan juga buah-buahan. Selain itu, sayuran hijau memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan juga pembuluh darah. Ungkapan diet yang sehat tentunya dapat dibenarkan dalam program diet tersebut.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet alkaline ini. Diet alkaline tentunya tidak dibenarkan bagi seseorang yang mempunyai masalah dengan ginjal tanpa supervisi dari dokter. Larangan ini juga berlaku untuk seseorang yang memiliki masalah pada liver dan juga jantung serta pengonsumsi kadar kalium di dalam darah. Untuk itu, jika Anda merasa ada masalah pada kondisi kesehatan Anda, lebih baik Anda berkonsultasi kepada dokter sebelum menjalankan program diet tersebut.

Ada beberapa penggolongan pH makanan yang dapat dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet alkaline, diantaranya:

Asam    : Ayam, susu, telur, daging merah, ikan, beras, dan alkohol

Netral  : Air putih

Basa (alkaline) : Biji-bijian, sayur, buah, kacang-kacangan, dan juga produk kedelai seperti tahu dan tempe

 Aturan Dalam Menjalankan Diet Alkaline

Pada umumnya tidak ada panduan yang pasti dalam menjalankan diet alkaline ini. Namun ada yang memang menjai aturan untuk memperbanyak makan makanan yang bersifat basa dengan perbandingan 4:1 disertai dengan makanan lainnya. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah setiap kali Anda makan.

Selain itu, dalam menjalankan diet alkaline tentunya memiliki berbagai aturan dan juga hal yang perlu diperhatikan. Dalam menjalankan program diet alkaline ini setidaknya sekitar 80% apa yang harus dimakan harus makanan yang tergolong alkaline, sedangkan 20% sisanya harus makanan yang bersifat asam. Aturan makanan ini harus dilakukan setiap kali ketika makan, minum dan snack.

Dengan menjalankan program diet alkaline ini, seseorang tidak dilarang untuk mengonsumsi daging dan juga karbohidrat lainnya, hanya jumlahnya saja yang harus benar-benar dibatasi. Sebagian besar orang lebih memilih aturan makan 60/40 untuk memulai menjalankan diet alkaline ini.

Alangkah baiknya jika setiap dua puluh menit sebelum makan siang dan juga makan malam, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel dan juga pisang. Akan tetapi, Anda harus menghindari makanan yang bersifat asam selama sedang menjalani diet alkaline. Beberapa makanan bersifat basa seperti daging ayam, susu, daging kalengan, minuman alkohol, keju dan juga minuman bersoda. Rata-rata makanan ini mengandung pH 2-3 sehingga semakin mengganggu keseimbangan pH di dalam tubuh seseorang.

Manfaat Diet Alkaline Untuk Anda

Jika Anda berencana menjalankan program diet, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mulai dari manfaat dan juga risikonya. Seperti halnya dengan diet alkaline yang tengah Anda lakukan saat ini. Pada dasarnya, diet yang dilakukan ialah untuk menurunkan berat badan, namun beberapa program diet justru akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Diet alkaline bertujuan untuk mengembalikan pH pada tubuh seseorang. Kadar pH yang seimbang tentunya sangat berperan penting untuk meningkatkan produksi hormon. Sedangkan pada wanita yang sedang mengalami menopause, peningkatan kadar hormon pertumbuhan dapat memelihara fungsi jantung serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak dalam mengingat dan juga berpikir. Makanan bersifat basa juga dapat menetralkan pH tubuh dan sangat baik untuk mencegah risiko stroke dan juga hipertensi.

Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari menjalankan program diet alkaline yaitu kadar pH yang bersifat basa dapat membantu penyerapan magnesium dan juga vitamin D agar lebih baik. Selain itu, asupan vitamin D yang optimal dapat berperan penting dalam mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada tulang belakang. Program diet alkaline ini juga sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalankan kemoterapi. Hal ini dikarenakan diet alkaline dapat membantu tubuh lebih efektif dalam menyerap obat. Keefektivitasan obat-obat kemo seperti adriamycin dan juga epirubicin akan sangat efektif bekerja pada lingkungan yang bersifat pH basa.

 Selain itu, efek kemoterapi juga dapat menyebabkan adanya kematian pada sel. Risiko yang ditimbulkan dari peningkatan pH tubuh asam dapat mencegah dan juga mengurangi risiko tersebut. Diet alkaline tentunya bersifat basa dan juga dinilai sebagai cara detoks dalam membuang segala macam zat asing yang kemungkinan akan masuk ke dalam tubuh sebagai racun. Maka dari itu, tubuh akan terasa lebih segar dan juga bugar ketika menjalankan diet alkaline tersebut.

Berikut kami sajikan beberapa manfaat diet alkaline jika kamu menjalankan program diet ini dengan cara yang benar dan juga tepat, diantaranya:

1. Mencegah kanker

Jika Anda menjalani program diet alkaline dengan cara yang benar dan juga teratur ditambah dengan banyak mengonsumsi buah dan juga sayur. Maka kandungan antioksidan yang ada dalam buah dan juga sayur dapat sedikitnya menangkal bahaya akaibat radikal bebas di dalam tubuh Anda. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

2. Menjaga keseimbangan asupan kalori

Tidak hanya akan memiliki badan yang ideal, diet alkaline juga dapat menjaga asupan kalori pada tubuh sehingga Anda akan memiliki bentuk tubuh yang memang Anda inginkan. Dengan banyak mengonsumsi sayur dan juga buah, maka asupan kalori pada tubuh Anda akan lebih seimbang.

3. Memperbaiki pencernaan

Menjalankan program diet alkaline ternyata dapat memperbaiki sistem pencernaan seperti susah buang air besar dan juga sembelit. Hal ini dikarenakan menjalankan diet alkaline akan membuat Anda cenderung memakan makanan yang banayk mengandung serat yang tentunya dapat menjaga kelancaran sistem pencernaan Anda.

4. Menghambat proses penuaan dini

Dalam menjalankan diet alkaline tentunya Anda akan terfokus pada kebutuhan buah-buahan dan juga sayuran yang tentunya mengandung serat yang cukup banyak. Dengan begitu sel-sel dan juga jaringan pada kulit akan sedikit lebih cepat mengalami proses regenerasi sehingga akan membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan juga sehat. Selain itu, Anda juga dapat mengalami proses peremajaan yang tentu akan menghambat proses penuaan dini pada kulit Anda.

Risiko Menjalankan Diet Alkaline

Selain dari manfaat yang akan Anda dapatkan dari diet alkaline, ternyata diet alkaline juga menimbulkan efek dan juga dampak yang cukup buruk pada kesehatan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar dan juga tepat. Meskipun memiliki segudang manfaat terhadap kesehatan, diet alkaline juga akan memberikan efek yang buruk jika tidak memperhitungkan asupan protein dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Bagaimanapun juga, tubuh memang memerlukan asupan protein agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Ketika tubuh kekurangan protein dalam jangka waktu yang cukup panjang, hal ini tentunya akan merugikan kesehatan tubuh Anda. Untuk menyiasatinya, tentunya Anda dapat memilih sumber protein lain yang dihasilkan dari protein hewani seperti ikan dan juga daging ayam tanpa kulit. Dalam penyajiannya, Anda dapat menggabungkan berbagai jenis sayur dalam sekali waktu makan. Alangkah baiknya dan sebisa mungkin Anda harus memakan 2-3 kali dalam seminggu.

Dalam hal ini ada beberapa risiko dan juga dampak buruk yang ditimbulkan dari seseorang yang menjalani diet alkaline yaitu sebagai berikut:

1. Hipoklemia

Bahaya pertama yang ditimbulkan dari komplikasi yang mungkin dapat timbul akibat akalaosis. Kondisi ini tentunya terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup potassium sebagai fungsi utama dalam kinerja otot dan juga sel saraf. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka Anda kemungkinan akan mengalami konstipasi yakni kelelahan yang hebat dan juga kelumpuhan pada beberapa organ vital.

2. Hilangnya kesadaran

Risiko yang kedua yang dapat terjadi pada seseorang yang menjalankan diet alkaline ialah hilangnya kesadaran. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh adanya gejala alkalosis yang dapat terjadi di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan dampak yang cukup signifikan. Gejala yang mungkin ditimbulkan dari orang yang melakukan diet alkaline biasanya ditandai dengan sebuah kebingungan yang dapat berkembang menjadi hilangnya kesadaran bahkan koma. Selain itu, tingginya tingkat alkaline yang ada pada tubuh dapat menimbulkan tremor tangan serta otot yang berkedut, tidak jarang yang sampai kejang-kejang. Selain itu, Anda juga akan sering mengalami kesemutan yang ada di tangan, kaki dan juga wajah.

3. Aritmia jantung

Perlu Anda ketahui bahwa tingginya kadar alkaline yang ada di dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan aritmia jantung. Gangguan ini dapat ditandai dengan jantung yang berdebar-debar, terlalu lambat, terlalu cepat dan juga tidak beraturan sama sekali. Gejala yang ditimbulkan dari aritmia yaitu pingsan, sesak napas, nyeri dada dan juga pingsan. Jika kondisi ini terus Anda biarkan, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami melemahnya jantung, gagal jantung, stroke bahkan kematian yang mendadak.

Cara Melakukan Diet Alkaline

Dalam menjalankan diet tentunya Anda harus melakukannya dengan cara yang sesuai dengan prosedur. Berikut beberapa cara dalam menjalankan diet alkaline yaitu sebagai berikut:

1. Minum air putih

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan diet alkaline ialah dengan mencukupi kebutuhan air putih pada tubuh. Asupan air minum yang harus Anda penuhi ialah sekitar 2-3 liter dalam sehari.

2. Perhatikan takaran kandungan alkaline

Dengan memperhatikan takaran alkaline yang masuk ke dalam tubuh, tentunya Anda dapat mencegah beberapa risiko yang kemungkinan akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Dalam memenuhi takaran alkaline, Anda dapat mengonsumsinya sekitar 80% saja, sedangkan 20% nya lagi asam. Dengan menjalankan pola seperti itu, maka Anda bisa menjalankan program diet denagn baik dan juga lancar.

3. Minum jus hijau

Jika Anda merasa malas dalam mengonsumsi sayuran hijau yang dimasak, Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus. Dengan mengonsumsi minuman dari jus hijau tentunya akan memperlancar program diet Anda serta menjaga sistem pencernaan Anda.4. Jauhi makanan siap santap

4. Jauhi makanan siap santap

Dalam menjalankan program diet alkaline, sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan yang siap santap dan juga instan. Hal ini dikarenakan makanan siap saji akan berpotensi merusak program diet alkaline Anda.

5. Selalu sarapan

Dalam menjalankan program diet alkaline, tentunya bukan berarti Anda mengabaikan sarapan pagi. Sarapan pagi memang menjadi hal yang harus dilakukan ketika Anda menjalankan program diet apapun. Akan tetapi, sarapan yang dianjurkan tentunya yang rendah kalori sehingga tubuh akan mudah membakar lemak dengan baik.

Dalam menjalankan program diet alkaline, tentunya Anda harus memiliki sifat yang pantang menyerah. Hal ini dikarenakan diet alkaline tidak dapat memperlihatkan hasil secara otomatis. Tentunya, diperlukan usaha serta disiplin yang tinggi demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu diet alkaline, manfaat dan juga risiko yang kemungkinan akan ditimbulkan. Semoga bermanfaat!

Lakukan Cara dan Tips Ini Dalam Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, tubuh sehat pastinya menjadi tolak ukur bahwa semua bagian tubuh kita sehat pula. Menjaga gaya hidup sehat tentunya menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Akan tetapi, tidak semua orang mampu melakukan gaya hidup sehat tersebut dikarenakan berbagai faktor baik eksternal dan juga internal.

Kurangnya kemauan dalam diri seseorang membuatnya memang sulit untuk melakukan gaya hidup sehat. Bagi sebagian orang, gaya hidup sehat menjadi pola rutin di dalam kehidupan sehari-hari yang memang harus dijalankan sebaik mungkin. Jika kita melakukan gaya hidup sehat, manfaat yang akan didapat tentunya akan kita rasakan dengan sendirinya.

Jika Anda memang menjadi salah satu orang yang termasuk dalam orang yang melakukan gaya hidup sehat, hal tersebut memang pilihan yang tepat bagi Anda. Gaya hidup yang Anda lakukan sebaiknya memang tidak memakan biaya yang cukup besar. Karena faktanya banyak orang yang melakukan gaya hidup sehat namun mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Bisa dikarenakan fasilitas dan juga alat yang digunakan untuk melakukan gaya hidup sehat dan juga lain sebagainya. Baca juga: 8 Masalah Menstruasi Pada Wanita Yang Umum Terjadi

Untuk menjawab keinginan Anda dalam menjalankan gaya hidup sehat. Berikut kami sajikan beberapa tips dan juga cara melakukan gaya hidup sehat yang tentunya tidak memakan biaya dan juga waktu yang lama. Silakan lakukan tips dan juga cara di bawah ini dengan segera dan juga sebaik mungkin!

 Tips Gaya Hidup Sehat

Kesehatan memang tidak ada bandingannya dengan sesuatu apapun yang ada di dunia ini. Seperti yang selalu terdengar bahwa memang kesehatan ialah harta yang paling mahal yang kita punya. Jika seseorang sedang atau sudah merasakan sakit yang teramat hebat, barulah banyak yang berpikir bahwa sehat memang sangat penting bagi tubuh kita.

Tubuh yang sehat tidaklah datang dengan sendirinya, melainkan dari usaha kita sendiri. Banyak orang yang sedang sakit berharap mereka ingin sembuh dan juga beraktivitas seperti biasanya. Namun, terkadang rasa sakit yang kita rasakan memang sangat sulit untuk disembuhkan begitu saja. Lihat juga: 10 Penyebab vagina Kering & Cara Mengatasinya

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat tentunya harus melakukan sedikit usaha dan juga ikhtiar. Hal ini dikarenakan kesehatan tidak datang dengan sendirinya tergantung dari usaha kita sendiri. Beberapa tips dan juga cara di bawah ini sekiranya dapat membantu Anda dalam melakukan gaya hidup sehat, diantaranya:

1. Konsumsi air putih

Sebagian besar orang mungkin tidak terlalu peduli dengan khasiat dan juga manfaat yang dapat diambil dari air putih yang jernih ini. Pasalnya, Air putih menjadi salah satu asupan bagi tubuh kita yang tentu membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Setiap harinya tubuh kita menghasilkan urine, keringat, udara dan juga buang air besar. Jika asupan air minum pada tubuh kita kurang, maka dipastikan tubuh kita akan mengalami yang namanya dehidrasi.

Pada umumnya, tubuh manusia membutuhkan sekitar 2,7-3,7 liter asupan air putih per harinya. kecukupan air minum pada tubuh seseorang dapat ditandai dengan buang air kecil lancar, urine berwarna bening dan juga tubuh tidak merasakan lelah yang berlebih. Namun, jika sebaliknya tubuh cepat merasa lelah, warna urine yang kuning pekat, bibir pecah-pecah dan juga mulut yang terasa kering. Beberapa faktor tersebut tentunya menjadi tanda bahwa Anda memang kekurangan asupan air minum. Untuk itu, gaya hidup sehat yang pertama sangatlah mudah, murah dan juga dapat kita lakukan setiap saat.

2. Olahraga yang teratur

Terdengar simpel dan juga sederhana ketika kita mendengar kata olahraga. Akan tetapi, hal tersebut memang sangat sulit untuk dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, tidak setiap orang dapat melakukan olahraga yang teratur. Tentunya, banyak berbagai faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk melakukan olahraga.

Sebagian besar orang memang sangat malas untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Banyak alasan yang memang menjadi sebuah penghalang bagi seseorang untuk melakukan olahraga baik dari soal waktu dan juga kesempatan. Namun, jika kita terus mempermasalahkan waktu tentunya kita akan berpikir bahwa waktu untuk melakukan olahraga memang tidak ada.

Maka dari itu, jangan cari waktu untuk berolahraga, akan tetapi sebisa mungkin kita harus mulai menyempatkan waktu untuk berolahraga. Manfaat yang akan kita dapat dari olahraga tentunya sangat banyak. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh kita melainkan untuk kebugaran dan juga membuat otak kita lebih segar. Olahraga dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah jika memang Anda tidak punya waktu untuk itu. Jika sehari-hari Anda naik turun menggunakan lift, alangkah baiknya Anda mulai turun dan juga naik dengan menggunakan tangga.

3. Meditasi

Selain berolahraga tentunya Anda juga bisa melakukan meditasi. Hal ini dimaksudkan untuk membuat tubuh lebih tenang dan juga lebih fresh. Meditasi tentunya akan membawa kita pada ketenangan jiwa dan juga pikiran. Ketenangan pada diri seseorang tentunya menjadi sebuah sumber yang dapat menjauhkan kita dari rasa penat dan juga stres yang selalu kita alami.

4. Tidur yang cukup

Bagaimana mau hidup sehat jika waktu tidur yang Anda gunakan tidaklah cukup. Kurang tidur tentunya menjadi sebuah penghalang bagi kita untuk mendapatkan hidup yang sehat. Jika seseorang kurang tidur tentunya akan berdampak buruk pada kebiasaan yang lain seperti kurang nafsu makan dan juga tidak mampu melakukan aktivitas yang lainnya.

Tidur dan juga waktu istirahat yang cukup menjadi dua faktor penunjang seseorang bergaya hidup sehat. Jika Anda memang seseorang yang sangat sibuk dan selalu mengalami waktu tidur yang kurang. Maka, Anda dapat menggantinya dengan asupan makanan yang lebih banyak dari biasanya untuk menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

5. Perbanyak konsumsi sayuran

Menu makanan yang satu ini memang menjadi andalan bagi seseorang yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Sayuran memang mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, sayuran mengandung manfaat lebih yang membuat sistem imun kita menjadi lebih baik.

Banyak para ahli yang menyarankan bahwa kita harus mengonsumsi 5-9 porsi sayuran setiap harinya. Akan tetapi, banyak orang yang justru sangat anti untuk makan sayuran dan lebih memilih memakan dengan menu olahan dari daging. Memang, menu makanan olahan dari sayuran tidak selezat menu makanan dari daging dan juga ikan. Namun, tentunya kita juga jangan mengabaikan manfaat yang banyak kita ambil dari sayuran tersebut.

6. Perbanyak buah-buahan

Tidak hanya sayuran, buah menjadi makanan primadona bagi yang ingin memiliki tubuh yang sehat. Buah tentunya banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi yang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tentunya, Anda harus lebih banyak memakan buah serta mengurangi vitamin sintesis. Banyak berbagai macam buah yang tentunya dapat dikonsumsi dan juga lebih sehat dan dijamin rasanya lebih enak.

7. Lakukan olahraga seperti bermain

Jika kita melakukan olahraga dengan penuh tekanan dan juga paksaan. Memiliki tubuh dan gaya hidup yang sehat haruslah Anda abaikan. Pasalnya, olahraga menjadi sebuah jalan bagi Anda untuk mendapatkan gaya hidup sehat. Maka dari itu, pandanglah olahraga seperti bermain. Maka, Anda tidak akan merasa terpaksa dan akan melakukan kegiatan tersebut dengan penuh rasa gembira.

Banyak berbagai jenis olahraga yang tentu dapat membuat kita lebih segar dan juga tidak bosan. Alangkah baiknya jika Anda mengajak teman dan juga kerabat Anda untuk melakukan olahraga bersama seperti bermain bola, basket, badminton ataupun jenis olahraga yang lainnya. Selain membuat Anda lebih segar dan juga sehat, olahraga berkelompok akan lebih meningkatkan sosialisasi yang tinggi.

8. Kurangi makanan instan

Makanan yang instan seperti mie, makanan kaleng dan juga makanan olahan memang mengandung banyak pengawet dan juga pewarna yang tidak alami. Hal ini tentunya menjadi sebuah faktor bagi seseorang mulai merasakan sakit dan juga gangguan kesehatan. Makanan dalam kaleng dan juga makanan yang siap saji memang terbilang simpel, namun Anda harus muali berpikir bahwa jenis makanan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih jika makanan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga terus menerus. Tentunya, Anda sudah siap-siap untuk mendapatkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Anda juga harus sudah mulai mempertimbangkan untuk menambahkan garam dan juga mecin pada menu makanan Anda.

9. Lebih banyak berjalan kaki

Berjalan kaki memang sangat sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Meski, sebagian besar orang tidak mengetahui akan manfaat yang dapat kita ambil dari berjalan kaki. Namun, yang pasti berjalan kaki memang lebih sehat dibandingkan dengan naik kendaraan.

Berjalan dengan bertelanjang kaki tentunya lebih baik untuk Anda lakukan dibanding dengan berjalan memakai sandal dan juga sepatu. Bertelanjang kaki tentunya mengurangi stres kaki dan juga persendian. Bertelanjang kaki tentunya memberikan efek pijatan yang dapat menciptakan rasa nyaman di seluruh badan Anda.

10. Sering bernapas secara dalam

Bernapas memang menjadi hal alamiah yang dilakukan oleh setiap orang. Namun, perlu Anda tahu apakah Anda sudah benar dan juga sehat dalam bernapas. Bernapas dalam-dalam tentunya menjadi salah satu faktor yang cukup mudah untuk kita lakukan.

Sebagian besar orang tidak dapat melakukan napas secara dalam. Dengan napas dalam yang panjang, Anda sudah dapat benar-benar mengisi paru-paru dengan oksigen yang lebih segar dan juga kuat. Seperti seorang atlet yang melatih teknik pernapasan untuk mendapatkan performa mereka dalam melakukan jenis olahraga.

11. Mulai hidup dengan niat yang kuat

Niat yang kuat yang berasal dari kita tentunya menjadi sebuah penunjang bagi Anda yang ingin melakukan pola hidup sehat. Anda tentunya sudah mulai meluruskan niat Anda untuk melakukan gaya hidup sehat. Mulailah membangun tujuan dan juga niatan Anda untuk melakukan gaya hidup sehat. Untuk itu, Anda dapat meraih tujuan hidup Anda untuk melakukan poal hidup sehat serta raihlah hidup Anda dengan penuh ketegangan. Hidup dengan tujuan yang jelas menjadi suatu hal yang paling baik untuk kesehatan hidup Anda. 

12. Kontrol kadar gula dalam tubuh

Kadar gula yang tinggi dalam tubuh tentunya menjadi suatu permasalahan bagi Anda. Kadar gula yang tinggi tentunya dapat mengundang penyakit lainnya untuk muncul di dalam tubuh kita seperti diabetes. Maka dari itu, Anda harus mulai menyimpan permen, cokelat, cake, dan juga toping yang manis.

Menjaga asupan makan dan juga minuman yang sehat tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda dalam menjalankan gaya hidup sehat. Demikianlah beberapa tips gaya hidup sehat yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

10 Efek Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya sebagian besar orang terutama kaum pria bergadang untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak dapat mereka kerjakan pada siang hari. Namun bagi sebagian besar orang terutama kalangan remaja menganggap bahwa bergadang menjadi kebiasaan yang tentunya umum dan wajar untuk dilakukan. Tidak jarang mereka menghabiskan waktu sepanjang malam untuk melakukan aktifitas tanpa mendapatkan manfaat sama sekali.

Akan tetapi, banyak juga yang melakukan aktifitas bergadang untuk tujuan belajar, bekerja ataupun berbisnis. Terlepas dibenarkan atau tidaknya bergadang, tentu perlu Anda ketahui berbagai efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan yang rentan dialami baik oleh pria maupun wanita. Di bawah ini kami sajikan beberapa efek negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan.

Efek Negatif Akibat Sering Bergadang

Seperti yang kita tahu bahwa bergadang merupakan suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang pada waktu malam hari bahkan sampai dini hari. Aktifitas yang umum dilakukan memang ada dua yaitu aktifitas negatif dan juga aktifitas positif. Gaya hidup buruk seperti bergadang memang sangat tidak dianjurkan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan waktu malam bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas baik positif maupun negatif.

Malam hari merupakan waktu yang biologis bagi tubuh untuk beristirahat. Tubuh memerlukan waktu beristirahat sekitar 7-8 jam per hari setelah melakukan aktifitas pada siang hari. Kita wajib tidur setiap malam untuk menunjang hormon kortek adrenal dalam memperbaiki metabolisme tubuh dan juga merileksasi otak dan juga pikiran kita yang penat selepas bekerja pada siang hari.

Namun, ada saja sebagian besar orang masih saja bergadang setiap malam, terkecuali orang yang memang bekerja pada malam hari dan beristirahat pada siang hari. Akan tetapi, perlu Anda tahu bahwa kebiasaan bergadang tersebut menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini, kami jelaskan beberapa efek negatif akibat sering bergadang pada malam hari, diantaranya:

1. Sulit berkonsentrasi karena sakit kepala

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi karena rasa pusing dan sakit kepala yang timbul. Bagaimanapun juga, bergadang memang menyebabkan sakit kepala dan pusing serta kurang berkonsentrasi pada siang harinya. Orang yang biasa bergadang memang cenderung bangun dalam keadaan kepala yang sakit dan pusing. Hal ini tentunya mengakibatkan otak sulit untuk berkonsentrasi. Orang yang bergadang akan nampak lesu dan juga tidak bergairah dalam bekerja ataupun bekerja. Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

 2. Sistem imun tubuh menurun

Jangan heran jika sistem kekebalan tubuh Anda menurun, ini merupakan efek negatif akibat sering bergadang. Hal ini tentu diakibatkan oleh sistem metabolisme tubuh dan juga rileksasi tubuh menjadi sangat berkurang. Oleh karena itu, penyakit akan mudah menyerang tubuh kita seperti demam, masuk angin, flu, diare, dan juga perasaan tidak enak pada tubuh. Faktanya memang ketika kita sedang bergadang tubuh akan terus diforsir untuk tetap melakukan pekerjaan. Padahal pada waktu malam hari, tubuh justru memerlukan perbaikan sel-sel tubuh yang kita gunakan pada saat siang hari.

 3. Nafsu makan berkurang

Tidak dapat dipungkiri bahwa bergadang akan berdampak pada kurangnya nafsu makan. Kebutuhan harian tubuh ini memang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Namun, bagaimana jika nafsu makan Anda berkurang? Tentu ini sudah dapat dikatakan zona yang sangat berbahaya. Pola makan yang tidak teratur dan juga hilangnya nafsu makan akan menyebabkan tubuh Anda lemas dan juga terserang penyakit seperti maag, sakit perut, dan juga penyakit lainnya.

 4. Insomnia

Tidak perlu diabaikan lagi efek negatif akibat sering bergadang yang satu ini. Insomnia memang kerap dialami oleh setiap orang baik pria ataupun wanita. Sering bergadang tentunya akan mengubah pola tidur kita. Seseorang yang sering bergadang akan sangat kesulitan untuk tidur pada saat malam serta akan menghabiskan waktu sepanjang malam sampai pagi hari datang.

 5. Diabetes

Pola tidur yang tidak baik serta kebiasaan bergadang akan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Tentunya ketika tubuh kita tidur pada saat malam hari, kadar gula dalam darah akan menurun karena digunakan untuk proses detoksifikasi pada hati. Apabila tubuh tidak tidur pada saat malam hari, tentunya kadar gula pada tubuh akan meningkat. Hal ini akan mengakibatkan seseorang menderita penyakit diabetes tipe-2.

6. Anemia

Kurang tidur tentunya akan berakibat pada menurunnya tekanan darah yang sering kita sebut sebagai anemia. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh produksi sel darah merah dan juga hormon terganggu akibat sistem metabolisme tubuh yang tidak seimbang.

 7. Penyebab kanker

Jangan abaikan efek negatif akibat sering bergadang yang satu ini. Terdengar klise memang, bahwa bergadang dapat mengakibatkan penyakit kanker. Namun, jika Anda terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini, tidak menutup kemungkinan tubuh kita akan terkena serangan kanker. Faktanya, bergadang akan mempengaruhi produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur irama sirkadian (sistem biologis pada tubuh). Hormon ini sangat membantu dalam memerangi sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker prostate dan juga penyakit Parkinson. Jika produksi hormon ini terganggu, maka cepat atau lambat akan menyebabkan sel-sel kanker tumbuh tanpa ada halangan sama sekali.

 8. Kesuburan terganggu

Bagi Anda yang memang sangat mengidam-idamkan untuk mendapatkan keturunan, tentu saja Anda harus menghindari kebiasaan bergadang. Bagaimanapun juga, bergadang memang sangat mempengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pada pria. Hal ini akan mengakibatkan kualitas sperma dan juga ovum menjadi tidak baik serta mempengaruhi siklus mentruasi.

 9. Hipertensi, Jantung dan Stroke

Tentu saja, Anda sudah tahu apa bahaya yang ditimbulkan dari tiga penyakit ini. Ketiga penyakit ini ditimbulkan salah satunya dengan bergadang. Hipertensi dan juga serangan jantung awalnya disebabkan oleh insomnia yang berlebih. Waktu malam hari yang seharusnya digunakan sebagai waktu untuk tubuh beristirahat, justru akan menyebabkan peradangan pada arteri yang menimbulkan penumpukan flak pad pembuluh darah sehingga tubuh akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke.

 10. Stress dan muka pucat

Tentunya jika Anda sering bergadang akan meningkatkan lingkaran mata dan juga kantung mata sehingga muka terlihat sangat pucat. Hal lain yang akan Anda dapatkan dari efek negatif akibat sering bergadang adalah stres. Tidak tidur semalaman tentu akan membuat pikiran Anda terganggu dan tidak tenang. Lambat laun jika hal ini terus Anda alami, maka akan memicu timbulnya stres sehingga psikologis seseorang menjadi terganggu seperti mudah marah dan juga  cenderung labil.

Bagaimana berbahaya bukan? Setelah kita mengetahui efek negatif akibat sering bergadang, tentunya kita harus menghindari kebiasaan tersebut sebisa mungkin. Tentu saja, Anda tidak ingin berbagai penyakit yang telah kami jelaskan diatas menyerang Anda. Oleh sebab itu, hal pasti yang harus Anda lakukan untuk menghindari segala kemungkinan terjadi yaitu cobalah untuk mengubah gaya hidup Anda dan juga kebiasaan bergadang. Demikianlah yang dapat kami jelaskan dari efek negatif akibat sering bergadang yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

 

Mengenal Virus Zika, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Belakangan ini, pemberitaan mengenai virus Zika, begitu marak dan tengah hangat-hangatnya dibicarakan diberbagai media, baik online maupun media masyarakat terutama televisi di tanah air.

Hal ini tak lain dikarenakan penyebaran virus ini tengah begitu maasiv dan sedang terjadi di Amerika latin terutama negara Brazil dan Kolombia.

Dampak dari virus ini disebut-sebut membawa dampak yang cukup serius dan cukup memperihatinkan bagi kesehatan. Kondisi ini seolah menjadi ancaman besar untuk dunia kesehatan. Saking maasivnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai harus membuat satgas khusus untuk serangan virus ini.

Melihat begitu besarnya reaksi terhadap serangan penyakit ini, maka rasanya kita pun perlu memahami seperti apa sih virus Zika ini dan seperti apa penyebarannya dan bagaimana bahaya untuk kesehatan kita. Untuk itulah, dibawah ini kita akan bahas seperti apa itu penyakit Zika dan penjelasan lebih detailnya.

Apa Itu Penyakit Zika?

Belakangan ini penyakit Zika begitu marak dibicarakan dan begitu booming diberbagai pemberitaan. Nyamuk Aedes disebut-sebut sebagai salah satu penyebab virus ini bisa menyebar antara satu penderita ke penderita lainnya.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, menjelaskan bahwa virus Zika adalah sejenis virus yang berasal dari family flaviviridae dan genus flavivirus yang mana, dua jenis virus ini berasa dari nyamuk jenis Aedes.

Virus Zika yang telah menginfeksi manusia akan dapat menimbulkan beberapa gangguan pada tubuhnya. Beberapa gangguan yang mungkin dinampakan diantaranya adalah demam, mata merah (konjungtivitis), nyeri dibagian persendian dan juga ruam dibagian kulit.

Jika dilihat sekilas, dampak dari virus Zika, cenderung lebih mirip dengan penyakit dengue dan chikungunga, serta masa berlangsungnya bisa terjadi dalam beberapa hari bahkan satu minggu.

mengenal virus zika

Nah, kondisi inilah yang pada umumnya akan membuat si penderita yang terinfeksi virus Zika mengalami kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Betapa tidak, beberapa dampak atau resiko yang dirasakan seperti halnya demam, nyeri sendi dan resiko lain, akan tentu saja membuat si penderita tidak mampu menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Terutama, bila terjadi pada anak-anak, kondisi seperti ini tentu saja akan membuat setiap orangtua merasa khawatir dan terus-terusan dihantui dengan perasaan yang tidak tenang akan kesehatan si buah hatinya. Untuk itulah, mewaspadai segala macam ancaman penyakit adalah perioritas paling penting dalam menjaga agar tubuh tetap sehat.

Penyebaran Virus Zika

Virus Zika awalnya diketahui pada tahun 1947, untuk pertama kali virus jenis ini ditemukan pada seekor monyet rhesus di hutan Zika. Virus ini kemudian ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di tempat yang sama yakni di hutan Zika pada tahun 1948. Sementara pada manusia, virus ini diketahui menjangkiti seorang warga di daratan Nigeria pada tahun 1954.

Virus jenis ini, kemudian menjadi penyakit endemis dan mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 kemarin di wilayah Pasifik Selatan. Virus Zika kemudian kembali merebak ke permukaan dan menjadi ke khawatiran paling besar di dunia kesehatan tatkala belakangan ini, mulai ditemukan pada beberapa penderita yang menyerang masyarakat Brazil.

Adapun penyebaran virus ini mulai terjadi pada bulan Januari di tahun 2016 kemarin. Penyebaran ini mulai merebak ke Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, Afrika dan Samoa (Ocenia). Sementara di tanah air sendiri, virus ini sudah ditemukan pada tahun 2015 lalu di Jambi.

Sementara untuk penyebaran di Samudra Pasifik sendiri, pada tahun 2014 virus ini menyebar ke wilayah timur melintasi Samudra Pasifik hingga ke bagian Polinesia Perancis, kemudian masuk ke Pulau Paskah di tahun 2015.

Pada awal tahun 2016 kemarin, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat sampai mengeluarkan panduan perjalanan untuk negara-negara terjangkit wabah ini, termasuk mengeluarkan pandua pencegahan yang dipertingkatkan dan pertimbangan untuk menunda kehamilan bagi seorang wanita. Hal serupa pun bahkan dilakukan oleh beberapa negara latin seperti Ekuador, Kolumbia dan daerah sekitarnya yang memberikan himbauan untuk masyarakat wanitanya agar menunda kehamilan sampai resiko tentang virus tersebut bisa diketahui cara penangannnya.

Melihat reaksi yang begitu besar terhadap penyakit ini, maka sudah semestinya kita turut serta dalam menjaga dan menggalangkan hidup sehat. Agar demikian, segala ancaman sakit dan resiko dari serangan virus akan dapat diminimalisir.

Penyebab Virus Zika

Penyebab peyakit Zika (Zika disease) ataupun demam Zika (Zika fever) pada dasarnya adalah virus Zika itu sendiri. Virus jenis ini akan dapat disebarkan kepada manusia oleh nyamuk berspesies Aedes yang terinfeksi dengan jenis virus serupa. Nyamuk ini akan menjadi terinfeksi setelah si nyamuk mengigit penderita yang menderita atau telah terinfeksi dengan virus yang sama.

Pada konsepnya, setelah si nyamuk menggit si penderita, maka ia akan bisa sangat aktif di siang hari dan hidup serta berkembang biak di dalam ataupun di luar ruangan yang jaraknya dekat dengan manusia. Sama halnya dengan penyebaran virus lain, nyamuk yang terinfeksi virus Zika lebih cenderung menempati daerah-daerah atau tempat-tempat yang terdapat genangan air dan bersuhu lembab.

Meskipun kasus ini jarang terjadi, akan tetapi rupanya bahaya virus ini bisa berdampak besar untuk si penderita, terutama wanita yang sedang hamil. Pada kasus tertentu, virus Zika dapat ditransmisikan dari seorang ibu ke bayi dalam kandungannya.

Dengan demikian, virus ini akan berkemungkinan dapat ditularkan dari si ibu hamil kepada janin yang dikandungnya. Bukan hanya itu, resiko lain yang juga bisa menyerang si bayi bila tidak terjadi dalam kandungan adalah virus yang satu ini dapat ditularkan pada saat proses persalinan. Dengan kata lain, kemungkinan lain yang juga bisa terjadi adalah ketika persalinan seorang ibu hamil yang terinfeksi virus yang satu ini akan berkemungkinan menularkan virusnya terhadap bayi yang baru dilahirkannya.

Hingga sampai saat ini, kasus penularan virus Zika melalui proses menyusui belum ditemukan, sehingga demikian, para ahli masih terus menganjurkan ibu yang terinfeksi dengan virus Zika untuk tetap menyusui bayi mereka.

Penyakit Zika Pada Wanita Hamil

Infeksi virus Zika pada ibu hamil tetap menjadi perhatian khusus. Hal ini disebabkan karena ditemukannya peningkatan kasus kelainan bawaan berupa mikrosefali (cacat pertumbuhan otak) yang terjadi pada bayi baru lahir dan ibu yang terinfeksi virus Zika pada saat hamil.

mikrosefali merupakan kelainan bawaan yang terjadi dimana si bayi terlahir dengan ukuran kepala yang leih kecil dibandingkan dengan ukuran pada umumnya. Dalam kasus ini, ukuran kepala si bayi tidak proporsional dengan ukuran tubuhnya. Adapun penyebab atau latar belakang dari hal ini dikarenakan oleh adanya kelainan perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan.

Dalam hal ini, sebelum virus Zika menyerang, mikrosefali pada umumnya disebabkan dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti down syndrome, konsumsi alkohol, paparan obat yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan dan infeksi rubella (campak jerman) selama masa kehamilan.

Mengingat resiko dari virus ini yang begitu besar, maka mungkin inilah salah satu hal atau faktor yang membuat sebagian negara sampai menerapkan panduan atau anjuran pada warga wanita untuk menunda kehamilannya.

Gejala Virus Zika

Sama halnya dengan banyak penyakit lainnya, penyakit Zika yang disebabkan oleh virus yang sama yakni Zika itu sendiri pun tidak datang secara tiba-tiba dan menyebar langsung menjadi kondisi yang memprihatinkan pada si penderita. Selalu ada tanda-tanda atau ciri yang menandai penyakit ini.

Tanda tersebutlah yang harus diperhatikan dan diwaspadai. Agar demikian, tindakan pertama bisa dilakukan. Ketika anda mulai mendeteksi terjadi sesuatu yang janggal dengan tubuh anda, maka jangan sungkan atau ragu untuk pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan begini segala hal yang terjadi dalam tubuh anda, termasuk ancaman penyakit akibat virus akan bisa diketahui dan penanganannya tentu akan lebih cepat dan lebih baik.

Nah, untuk mengetahui seperti apa saja gejala yang ditimbulkan dari virus Zika ini, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Selain beberapa gejala umum diatas yang telah disebutkan, gejala lain yang datang dari virus Zika yang telah diketahui diantaranya adalah timbulnya sakit kepala pada si penderita, nyeri dibagian belakang mata dan kecenderungan mudah lelah yang dirasakan. Gejala umum ini, sifatnya ringan dan berlangsung sekitar sau minggu.

Sementara itu, berbicara mengenai masa inkubasi dari gejala pada virus Zika, hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Namun kemungkinan berlangsungnya beberapa gejala diatas bisa 2-7 hari setelah pasien terkena infeksi atau paparan virus ini. Artinya, bila setelah si penderita di gigit nyamuk dan mengalami beberapa gejala diatas, maka kondisi seperti ini perlu diwaspadai dan segera dapatkan penanganan medis agar tindakan yang tepat bisa segera didapatkan sehingga kemungkinan buruk dari penyakit ini akan dapat dihindari.

Diagnosis Virus Zika

Melihat dari gejala penyakit akibat virus Zika yang hampir mirip dengan penyakti lain, pemeriksaan terhadap rute perjalanan yang pernah dilakukan oleh pasien, khususnya pada area-area yang memiliki kasis infeksi virus jenis ini akan dapat membantu mengurangi diagnosis. Pada kasus ini, ketika anda berkonsultasi, dokter mungkin akan menanyakan waktu, area dan aktivitas saat melakukan kunjungan ke daerah yang terinfeksi.

Dokter dapat melakukan serangkaian tes darah, guna mendeteksi asam nukleat virus, mengisolasi virus atau bahkan melakukan uji seologis. Selain itu, pada umumnya melalui sampel pengambilan darah biasanya akan dilakukan oleh dokter pada 1-3 hari setelah muncul gejala penyakit akibat virus Zika ini.

Selain itu, urine dan air liur pun menjadi salah satu media yang bisa dilakukan pengujian. Untuk pengujian air liur dan urine, biasanya dilakukan pada hari ke 3-5 setelah si penderita mengeluhkan gejala akibat infeksi.

Pengobatan Virus Zika

Meski terbilang virus yang telah ditemukan sejak lama, akan tetapi hingga sampai saat ini belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan dengan total atau pengobatan yang ditujukan untuk dapat membunuh virus jenis ini. Pengobatan yang dilakukan tim medis ketika si penderita dibawa ke dokter atau ke rumah sakit, saat ini hanya difokuskan untuk dapat mengurangi gejala yang dirasakan oleh si pasien, sehingga si pasien bisa merasa lebih baik.

Adapun pengobatan yang biasanya diberikan oleh dokter pada si penderita adalah berupa cairan untuk mencegah timbulya dehidrasi obat pereda rasa sakit, obat untuk meredakan demam dan obat untuk meredakan sakit kepala yang dirasakan. Selain itu, pada umumnya si penderita atau pasien akan diminta untuk beristirahat secara cukup. Pemberian aspirin dan obat anti peradangan biasanya akan diberikan dalam rangka menghindari pasien sebelum terkena dengue.

Sementara itu, bagi pasien yang terlanjur terinfeksi dengan virus jenis ini, diharapkan untuk menghindari gigitan nyamuk selama terjangkit dengan vrus Zika yang dapat bertahan lama didalam darah si pasien yang dapat menyebar pada oranglain yang sehat melalui gigitan nyamuk.

Untuk itulah bagi pendetia atau pasien yang terinfeksi dengan penyakit ini, mereka akan dianjurkan untuk selalu waspada dan menjaga diri mereka untuk terhindari dari gigitan nyamuk. Seperti halnya mengenakan pakaian yang tertutup atau melindungi dirinya dengan lotion anti nyamuk atau bahkan mengisolasi diri dalam ruangan yang sudah diberikan anti nyamuk.

Meskipun terdengar berat, akan tetapi guna menghindari paparan atau penyebaran penyakti yang lebih parah, maka hal ini sebaiknya dijalankan oleh si penderita yang telah terlanjur terinfeksi virus Zika.

Pencegahan Virus Zika

Mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu tindakan pencegahan awal yang dapat dilakukan guna membantu agar anda tehindar dari infeksi virus ini. Akan tetapi, sulit rasanya menghindarkan diri, ketika di daerah anda rupanya sudah ditemukan kasus atau pasien yang menderita penyakit ini. Namun demikian, tak perlu risau, berikut ini adalah bebrapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan ketika anda berada di area terinfeksi virus Zika, diantaranya adalah

  • Memastikan jika tempat tinggal atau ruangan yang anda tempati dilengkapi dengan mesin pendingin ruangan (AC) atau setidaknya memiliki pintu atau tirai dan jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk kedalam ruangan. Misalkan, dengan memasang lapisan kelambu didepan atau di belakang jendela agar nyamuk tidak masuk dengan leluasa. Terutama, bila anda memiliki anak kecil atau bayi. Kenakan kelambu saat mereka tidur baik disiang hari maupun malam hari.
  • Kenakan baju atau celana yang panjang. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk meminimalisir nyamuk menggigit atau hinggap pada kulit yang tidak dilapisi dengan kain atau pakaian.
  • Kenakan produk anti serangga atau anti nyamuk yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau EPA (Environmental Protection Agency), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Pada produk, biasanya akan dicantumkan pengaplikasian ulang, area pengaplikasian, waktu dan durasi penggunaan produk guna mencegah serangan gigitan nyamuk. Untuk itu, selektiflah memilih produk anti nyamuk atau anti serangga mengingat saat ini bahaya dari gigitan nyamuk bisa lebih beresiko.
  • Kenakan juga kelambu pada beberapa peralatan bayi, seperti kereta dorong, keranjang tidur, gendongan atau pengangkut bayi lainnya. Agar ketika anda membawa mereka keluar rumah, setidaknya resiko gigitan nyamuk pada si buah hati akan bisa diminimalisir.
  • Perhatikan area tubuh anak yang berusia lebih dewasa ketika mereka menggunakan atau mengamplikasikan produk anti nyamuk atau anti serangga. Jangan sampai bagian luka pada tubuh mereka diberikan produk anti nyamuk atau anti serangga. Salah-salah, kondisi ini malah akan memperparah luka yang dirasakan karena bagian tersebut teriritasi dengan produk yang dikenakan.
  • Sebelum hendak mengunjungi beberapa daerah, terutama daerah yang terkena virus Zika, sebaiknya lakukan analisa mengenai daerah yang bersangkutan. Pelajari juga informasi mengenai daerah yang hendak dikunjungi. Seperti halnya fasilitas kesehatan dan area ruangan terbuka sebelum waktu keberangkat tiba. Dengan begini anda akan setidaknya paham dan tahu apa yang harus dilakukan ketika ancaman virus ini mulai mendekat.
  • Lakukan serangkaian test virus Zika, sekembalinya anda dari sautu tempat yang anda kunjungi. Terutama untuk wanita yang sedang hamil.

Demikianlah beberapa penjelasan mendetail mengenai ancaman virus Zika. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Kenali Penyakit Asma - Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit asma masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius di tanah air. Hingga sampai saat ini terjadi peningkatan terhadap penyakit pernafasan ini baik dari segi angka morbiditas atau pun mortilitas asma. Data mencetak jika pravelensi asma di Indonesia berkisar hingga 5% dan 9% atau hingga mencapai 5 sampai 7 juta orang yang terjangkit dengan penyakit asma. Dan sebanyak 2 juta diantara penderitanya memerlukan perawatan intensif akibat serangan asma akut yang terbilang cukup beresiko.

Continue Reading

Tips Menjadi Ibu Tiri yang Baik dan Disayangi Anak

Pandangan umum mengenai ibu tiri biasanya memiliki citra yang kurang baik. Pada kebanyakan cerita dongeng maupun film, figur ibu tiri telah memberikan gambaran yang tidak baik tentang ibu tiri dan hal ini telah menjadi sesuatu hal yang diingat oleh kebanyakan orang. Sosok ibu tiri selalu digambarkan sebagai seseorang yang selalu memanipulasi keadaan, merubah hubungan antara keluarga dan memiliki karakter yang begitu egois. Padahal dalam kehidupan nyata, tidak semua ibu tiri seperti demikian.

Continue Reading

Perbaiki Kualitas Tidur Dengan Konsumsi Makanan Ini

Saat ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa hingga lanjut usia. Sebagian besar diantara mereka merasa terganggu akibat jam tidur dimalam hari yang tidak terkendali. Sebagian lagi adapula yang jarang mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Mereka biasanya seringkali merasakan gelisah yang tak karuan, sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman serta mudahnya terganggu oleh suara-suara aneh yang umum dijumpai ketikan malam hari. Selain itu, adapula mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup, namun ketika bangun merasakan lesu, lelah dan ingin melanjutkan kembali tidurnya.

Continue Reading

Daftar Menu Makan Malam Sehat Untuk Si Buah Hati Tercinta

Makan malam adalah waktu makan yang sering dinanti-nantinkan. Menyantap hidangan hangat dimeja makan dengan santai serta canda gurau semua anggota keluarga berkumpul bersama, menambah kehangatan dalam keluarga. Sebagai seorang ibu, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bukan saja dari segi pendidikan, didikan atu lingkungan sekitar.

Continue Reading

Dampak Buruk Stres Terhadap Otak

Hingga saat ini sebenarnya masih belum teruraikan sepenuhnya dampak buruk yang terjadi pad otak ketika seseorang mengalami stres. Namun dari hal ini yang banyak diketahui saat ini, bahwa dampak stres dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap kesehatan tubuh, suasana hati serta pikiran seseorang.

Continue Reading

Kiat Ampuh Atasi Sakit Tengggorokan

Udara dingin dan kelembaban yang begitu tinggi saat musim penghujan membuat beragam bakteri dan kuman berkembang dengan cepat. Bakteri inilah yang dapat menginfeksi orang disekelilingnya. Apabila sistem imun seseorang sedang tidak dalam keadaan baik, maka dapat dipastikan paparan virus dan bakteri akan menyebabkan seseorang sakit.

Continue Reading

Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sewaktu Makan

Makan adalah sebuah waktu yang sangat penting sebab kondisi tubuh seseorang akan sangat bergantung pada apa yang ia makan. Hanya saja, seringkali, kita meremehkan kegiatan menyantap makan sehingga membuat kita terserang penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buruk kita sewaktu makan.

Continue Reading

Tips Atasi Kantuk Sewaktu Bekerja

Saat sedang melakukan aktivitas di kantor atau tempat kerja tak jarang kita akan merasakan kantuk yang cukup menyiksa ketika kantuk tersebut harus kita tahan, alhasil terkadang kita malah akan mengantuk saat pekerjaan masih begitu menumpuk. Hal seperti ini umum sekali terjadi, terutama pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang atau jam istirahat, bahkan beberapa orang akan mengalami kantuk saat masih dini seperti misalkan antara jam 10 atau jam 11. Ketika kondisi seperti ini terjadi bukan hanya pekerjaan yang tidak akan sanggup kita selesaikan, bahkan konsentrasi kitapun terkadang menjadi menghilang akibat kantuk yang begitu mendera.

Continue Reading

Awas Keliru! Berikut Daftar Kegiatan yang Harus Dihindari Setelah Makan

Setiap orang umumnya memiliki kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Dan biasanya kegiatan tersebut bergantung dengan waktu atau jam makan hingga dengan jenis makanan tertentu. Seperti misalkan, ada sebagian orang yang setelah menyantap sarapan pagi, memilih untuk bersantai sebentar sambil membaca koran atau mandi sebelum melakukan aktivitas.

Continue Reading

Tips Atasi Ngantuk Setelah Makan Siang

Biasanya kebanyakan orang akan merasakan kantuk yang begitu menyiksa setelah menyantap makan siang. Hal ini sendiri dipicu oleh beberapa sebab sehingga membuat siapapun mendambakan tidur setalah menyantap makan siangnya. Namun, jika hal seperti ini terus-terusan terjadi setiap kali anda selesai menyatap makan siang, maka akan mengganggu aktivitas anda karena mata akan terasa begitu berat dan konsentrasi menjadi buyar sehingga anda tidak siap dihadapkan pada pekerjaan yang masih begitu banyak.

Continue Reading

5 Jenis Relaksasi yang Baik Dicoba Setelah Anda Lelah Bekerja

Ketika anda lelah bekerja seharian pada malam hari, dengan kondisi lelah dan menjenuhkan, relaksasi adalah satu yang ingin segera dilakukan. Mendengar relaksasi pasti langsung terdengar enak dan nyaman di telinga anda ketika dilakukan sepulang dari bekerja. Melakukan hal ini sepertinya akan membuat anda merasa rileks  dan membangkitkan kembali energi anda dan anda dapat melakukan aktivitas selanjutnya seperti makan malam dan langsung tidur untuk mengistirahatkan seluruh tubuh sebelum akhirnya kembali bekerja di pagi harinya.

Continue Reading

Cara Mengatasi Penyakit Pelupa

Sering kali ingin melakukan sesuatu namun ternyata tiba-tiba saja lupa akan melakukan apa. Hal ini bukan hanya kebetulan saja, namun juga termasuk ke dalam sebuah penyakit yang harus segera diatasi. Pada umumnya, penyakit lupa dialami oleh kaum manula. Namun ternyata bukan hanya monopoli kaum manula saja, pada kalangan anak muda seperti anak-anak, remaja, mahasiswa dan bahkan karyawan kerap kali mengalami hal serupa.

Continue Reading

Dampak Buruk Soda Untuk Kesehatan

Tahukah anda kalau ternyata banyak jenis makanan di dunia ini yang sama sekali tidak mengandung nutrisi? Salah satunya adalah soda padahal seperti yang telah kita ketahui soda memiliki banyak penggemar. Sebab minuman ini telah seolah menjadi gaya hidup baru yang hampir dilakukan oleh banyak orang. Apalagi konsumsi minuman soda dapat menimbulkan sensasi menyegarkan. Namun tanpa mereka sadari bahwa sesungguhnya minuman soda tidak memiliki kandungan nutrisi ataupun gizi. Namun bukan itu saja, selain tidak memiliki kandungan nutrisi, konsumsi soda yang berlebihan juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Continue Reading

Tips Atasi Kecanduan Fast Food

Dewasa ini untuk sebagian besar masyarakat yang bermukim diperkotaan yang memiliki segudang aktivitas yang banyak memang memiliki kegemaran mengkonsumsi fast food atau hidangan cepat saji atau yang dikenal pula dengan sebutan junk food. Hal seperti ini cukup meresakan, sebab banyak kandungan zat kimia yang terkandung dalam fast food, serta proses memasak yang begitu cepat dan alat masak serta minyak yang dipakai berulang kali membuat fast food atau junk food semakin riskan untuk kesehatan.

Continue Reading

Ketahui! Inilah Dia 5 Pengaruh Kafein Untuk Tubuh Anda

Saat ini sepertinya kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia dan bahkan saat ini kafein tengah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang. Betapa tidak, senyawa kafein setiap harinya selalu dikonsumsi dan bak kebutuhan pokok, jika tidak mengkonsumsi kafein seseorang akan merasakan hari-harinya kurang lengkap. Kafein yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang biasanya datang dalam bentuk minuman atau makanan ringan seperti diantaranya kopi, teh, soda, coklat dan lain sebagainya.

Continue Reading

Produksi Keringat Berlebih? Berikut Cara Mengatasinya

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan rata-rata suhu yang tinggi. Sehingga keringat seolah menjadi 'kawan' akrab orang Indonesia. Apalagi kecenderungan saat ini dengan semakin padatnya aktivitas, sehingga dapat mengakibatkan keringat berlebih. Ada banyak hal negatif yang dapat terjadi akibat dari jumlah produksi keringat yang berlebih. Diantaraya adalah bau badan, ketika tubuh mengeluarkan aroma berbau, maka rasa percaya diri anda bisa menjadi turun, apalagi jika aroma tubuh anda yang berbau tidak sedap dapat mengganggu orang lain.

Continue Reading

Mengurangi Minus Pada Mata Dengan Lakukan Cara Alami Dibawah Ini

Mata minus merupakan gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata minus dapat dialami oleh siapa saja, tak peduli pria, wanita, anak-anak maupun orang dewasa. Adapun penyebab mata minus umumnya disebabkan akibat dari sering membaca dalam keadaan gelap atau tidak mendapatkan pencahayaan yang memadai, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor, atau ponsel dan sebagainya.

Continue Reading

Ketahui Ini Daftar Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membuat Tubuh Merasa Lelah

Apakah anda merasa sangat mudah lelah? Jangan diremehkan, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan ikut pula memainkan peran penting dalam meningkatkan energi dalam tubuh anda. Kurang mendapatkan istirahat yang cukup saat malam hari bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa lelah dan membuat anda merasa cepat lelah. Selain itu, pola makan yang tidak tepat serta gaya hidup yang tidak sehar amat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Continue Reading

Atasi Bau Pada Ketiak dengan Lakukan Hal Berikut!

Perawatan tubuh tentunya menjadi hal yang amat penting yang harus dilakukan oleh setiap orang, khususnya untuk para wanita, khususnya bagi perempuan yang memiliki begitu banyak kegiatan. Bekerja dikantor, bermain bersama kawan-kawan serta rutin berolahraga tentunya akan membuat tubuh berkeringat. Yang kemudian, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dari tubuh anda terutama dibagian ketiak. Jika aroma bau tidak sedap hingga tercium dan mengganggu orang lain, hal seperti ini tentu akan membuat anda merasa kurang nyaman dan kehilangan rasa percaya diri.

Continue Reading

Loading...

Follow us