Manfaat Puasa Bagi Penderita Asam Urat | Kenali Tips nya!

Menjalankan ibadah puasa mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat puasa yaitu mampu mencegah penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi. Selain itu, ternyata manfaat puasa bagi penderita asam urat juga sangat luar biasa. Manfaat puasa bagi penderita asam urat sangat penting diketahui oleh sebagian orang yang mengidapnya. Lantas apa saja manfaat puasa bagi penderita asam urat?

manfaat berpuasa untuk penderita asam urat

Apa yang dimaksud penyakit asam urat?

Penyakit asam urat adalah kondisi yang mampu menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, adanya pembengkakan, serta rasa panas pada persendian. Asam urat sering menyerang bagian tubuh  yaitu seperti sendi jari tangan, lutut, pada pergelangan dan jari-jari kaki. Orang yang mengidap asam urat, biasanya akan merasakan gejala yang berkembang sangat cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit tersebut dapat berlangsung selama kurang lebih tiga sampai sepuluh hari.

Pembengkakan yang terjadi tidak hanya pada sendi, pada daerah sekitar sendi juga dapat terjadi disertai warna kulit kemerahan. Pada tahap ini orang yang menderita asam urat tidak mampu bergerak secara leluasa seperti biasanya. Penyebab dari gejala nyeri dan pembengkakan yaitu karena tusukan kristal-kristal yang tajam di sekitar daerah sendi. Ini terbentuk karena adanya penumpukan zat asam urat.

Bagaimana kaitan nya antara puasa dengan asam urat?

Saat menjalankan ibadah puasa, maka asupan makanan yang dikonsumsi akan terbatas termasuk makanan yang mengandung zat purin. Zat purin menjadi terbatas yang masuk kedalam tubuh. Hal tersebut mampu mengontrol kadar asam urat tetap baik. Zat purin jika dalam jumlah kecil mampu memberikan manfaat untuk tubuh. Akan tetapi jika dalam jumlah yang berlebihan mampu berakibat tertumpuknya kadar asam urat yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh. Itu yang menyebabkan anda terkena asam urat.

Sementara itu puasa dalam konteks memeriksakan asam urat dilakukan, untuk bisa mendapatkan hasil dari pemeriksaan yang akurat. Hasil pemeriksaan tersebut berguna untuk menegakan diagnosa. Faktanya, kandungan gizi yang ada didalam makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tes kesehatan akan diserap kedalam darah. Ini mampu memberikan dampak secara langsung pada tingkat glukosa darah, lemak serta zat besi dalam tubuh.

Berapa kadar normal asam urat?

Kadar asam urat dikatakan normal yaitu berkisar 3,5-7,2 mg/dl. Meskipun begitu, nilai normal dapat bervariasi setiap orang nya. Tergantung pada jenis kelamin, usia, kesehatan yang menyeluruh serta gaya hidup. Sementara itu, orang yang di diagnosa asam urat harus mempertahankan tingkat asam urat kurang lebih ssekitar 6 mg/dl.

Baca Juga : 15 Pantangan Asam Urat Yang Harus Benar-benar Anda Hindari

Faktor penyebab kadar kadar asam urat tinggi

Penyebab dari penyakit asam urat ini adalah kadar asam urat yang ada didalam darah terlalu tinggi. Ada beberapa faktor lain yang mampu meningkatkan kadar asam urat, sehingga anda beresiko terkena penyakit ini. Yuk kita simak!

Makanan dan minuman tinggi purin

Makan dan minuman yang mengandung tinggi purin, menjadi penyebab utama dari asam urat yang paling umum. Asupan puring yang terkandung dalam makanan secara berlebih mampu menambah kadar purin alami dalam tubuh. Hal ini berakibat pada ginjal yang  kelimpungan untuk membilas purin yang berlebih. Makanan yang mampu menyebaban kadar asam urat menjadi tinggi yaitu sebagai berikut.

  • Alkohol. Orang yang sering mengkonsumsi alkohol lebih beresiko terkena asam urat.
  • Minuman Bersoda dan Manis. Terlalu berlebihan mengkonsumsi minuman yang manis dan bersoda mampu menyebabkan asam urat, karena mengandung gula yang tinggi.
  • Sayuran Hijau Tertentu. Jenis sayuran hijau yang mampu menyebabkan asam urat diantaranya, kangkung, bayam serta bunga kol. Karena sayuran tersebut mempunyai kandungan purin.
  • Daging dan Seafood. Daging hewan terutama daging merah, mampu menyebabkan asam urat semakin tinggi. Selain itu mengkonsumsi makanan laut seperti kerang, udang, kepiting, lobster juga mampu menyebabkan asam urat. Kandungan purin yang ada di dalam daging hewan serta makanan seafood sangat tinggi.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat diuretik dalam jangka panjang beresiko terkena asam urat. Faktanya, obat jenis ini mampu membuat anda lebih sering buang air kecil. Hal ini mampu mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Jika kekurangan cairan di dalam darah, mampu memperhambat proses pembuangan asam urat oleh ginjal.

Asam urat yang tertinggal di dalam tubuh akan mengendap dan menjadi kristal di daerah persendian. Hal tersebut yang pada akhirnya menjadi penyebab dari asam urat terjadi di kemudian hari. Efek samping dari obat pereda nyeri seperti aspirin, maupun dalam dosis kecil mampu meningkatkan kadar asam urat. Ini karena aspirin dalam dosis yang rendah mampu mengganggu proses pembuangan asam urat dari ginjal.

Mengidap kondisi medis tertentu

Secara alami, ginjal akan menyeimbangkan kadar purin di dalam tubuh. Akan tetapi, proses tersebut dapat berjalan lambat pada orang yang mengidap kondisi medis tertentu seperti berikut.

  • Kelenjar tiroid berfungsi mengatur seluruh sistem tubuh. Namun jika kelenjar tiroid fungsinya tidak aktif dan mengalami penurunan, mampu memperlambat kerja ginjal untuk mengolah dan membuang sisa asam urat.
  • Mempunyai psoriosis menjadi kemungkinan faktor penyebab asam urat. Asam urat yang tidak diobati, kemungkinan menyebabkan sendi rusak. Sendi yang rusak diduga mampu menyebabkan sel berganti secara cepat, serta menyebabkan peradangan sistemik yaitu seperti psoriasis.

Usia dan Jenis Kelamin

Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa pun dan usia berapa pun. Pria dewasa yang berusia 40-50 tahunan lebih rentan mengalami asam urat. Resiko pada wanita mengidap asam urat akan lebih tinggi, ketika sudah masuk menopause. Hal tersebut dikarenakan hormon estrogen wanita selama masih subur, dapat membantu peningkatan pembuangan asam urat oleh ginjal.

Berat badan berlebih

berat badan berlebih

Berat badan yang berlebih dapat menjadi salah satu faktor penyebab asam urat. Ketika berat badan seseorang berlebih, tubuh mereka akan menghasilkan banyak insulin. Kadar insulin yang ada di dalam tubuh dengan jumlah yang lebih, mampu menghambat kerja ginjal untuk membuang asam urat.

Jarang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga adalah salah satu penyebab asam urat muncul. Olahraga secara rutin mampu mencegah kenaikan berat badan. Ini akan membuat jantung dapat memompa aliran darah secara lancar untuk menyaring asam urat. Rajin melakukan olahraga mampu melatih persendian tubuh supaya tidak kaku dan sehat. Hal tersebut dapat mencegah sendi terasa nyeri serta mengalami peradangan. Salah satunya karena asam urat.

Jenis makanan yang mampu melawan asam urat

Pada pengidap asam urat, perlu memperhatikan dalam memilih makanan. Hal tersebut dikarenakan beberapa makanan mampu membuat kadar asam urat semakin tinggi. Lantas apa saja jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam urat? Berikut penjelasan nya.

Berries dan Apel

blueberry

Makanan untuk orang yang mengidap asam urat adalah berries dan apel. Buah berries terutama strawberry dan blueberry mempunyai sifat anti imflamasi yang sangat tinggi. Sifat tersebut mampu mengendalikan peradangan pada sendi. Sedangkan apel, kaya akan malid acid yang sangat baik untuk pengidap asam urat. Apel mampu mengurangi mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

Ikan salmon

ikan salmon

Ikan salmon menjadi salah satu jenis makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat. Ikan salmon dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di daerah sendi. Selain itu, ikan salmon yang rendah asam serta lemak jenuh mampu menurunkan asam urat dan kolesterol di dalam tubuh.

Kacang pinto dan kuaci

Kacang pinto dan kuaci merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat. Kacang pinto banyak mengandung asam folat. Ini efektif untuk menurunkan kadar asam urat secara alami, sama hal nya dengan kuaci.

Semoga Bermanfaat!!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply