data-ad-format="auto"

Keluhan Kehamilan

Kategori artikel yang membahas mengenai keluhan-keluhan kehamilan yang sering terjadi saat kehamilan berlangsung berikut tips-tips cara mengatasinya. Bermanfaat untuk menjadikan hari-hari kehamilan menjadi lebih menyenangkan

Ibu Hamil Darah Tinggi Rentan Melahirkan Bayi Obesitas

Risiko darah tinggi tentunya dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Tidak jarang ibu hamil yang menderita penyakit darah tinggi. Hipertensi atau darah tinggi memang menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan penyakit darah tinggi dapat berdampak buruk pada kehamilannya baik ibu maupun janin.

Risiko yang mungkin dialami oelh ibu hamil yang menderita darah tinggi ialah rasa pusing yang berkepanjangan. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan akhir-akhir ini telah berhasil membuktikan bahwa ibu hamil yang terkena penyakit darah tinggi memang memiliki peluang lebih besar dalam melahirkan bayi obesitas. Hal ini tentunya bukan menjadi suatu permasalahan yang sepele karena obesitas pada anak-anak juga dapat memiliki risiko yang cukup besar.

Seperti yang kita tahu bahwa obesitas pada anak telah menjadi krisis kesehatan global. Hal ini dibuktikan pada data WHO yang memperkirakan terdapat 42 juta anak di bawah usia lima tahun yang memiliki berat badan

Continue Reading

Waspadai Penyebab Sindrom HELLP Pada Ibu Hamil

Waspadai Penyebab Sindrom HELLP Pada Ibu Hamil - Keluhan selama kehamilan memang sangat bervariatif. Hal ini tentunya dikarenakan beberapa faktor dan juga tergantung dari kondisi tubuh ibu hamil. Beberapa gangguan kehamilan tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan juga janin. Seperti sindrom HELLP yang tidak banyak orang yang tahu mengenai gangguan kehamilan ini. Lantas, seperti apa bahaya dan juga efek yang ditimbulkan dari Sindrom HELLP tersebut. Yuk kita simak saja berikut ini!

Berbicara mengenai sondrom HELLP tentunya tidak semua orang mengetahui akan salah satu gangguan kehamilan ini. Pasalnya, gangguan kehamilan ini merupakan salah satu gangguan yang terbilang sangat jarang terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi, dapat terjadi pada siapa saja yang tentunya harus kita waspadai. Bagaimanapun juga, sindrom HELLP dapat mengancam jiwa baik ibu terutama janin.

Jika seorang ibu hamil terkena sindrom HELLP tentunya ini menjadi sebuah risiko yang tidak dapat dikatakan lagi akan bahayanya. Hal ini dikarenakan orang hamil

Continue Reading

13 Tanda-Tanda Rahim Bersih Setelah Keguguran

Tanda-Tanda Rahim Bersih Setelah Keguguran - Jika seorang wanita telah mengalami keguguran, tentunya membuat rahim seorang wanita menjadi sedikit terganggu dan juga menyisakan kotoran hasil dari pembuahan embrio yang menempel di dinding rahim. Untuk itu, kami akan sajikan beberapa tanda-tanda rahim bersih setelah keguguran yang wajib Anda ketahui.

Adakah wanita yang menginginkan keguguran terjadi itu terjadi? Tentunya, tidak ada satu wanitapun di dunia ini yang bahkan membayangkan keguguran itu terjadi pada saat masa kehamilannya. Mereka tentunya sangat menghindari keguguran itu terjadi di masa kehamilannya. Pasalnya, keguguran berarti hilangnya calon buah hati yang ada di dalam rahim kita yang seharusnya janin tersebut berkembang.

Keguguran dapat disebut sebagai teror yang begitu saja dapat terjadi pada setiap wanita yang tengah hamil. Keguguran yang terjadi tentunya dapat disebabkan oleh beberapa hal yang bahkan wanita tidak dapat menghindarinya. Faktanya, tidak setiap wanita dapat menghindarkan diri dari terjadinya keguguran. Hal ini disebabkan oleh keadaan tubuh dan juga

Continue Reading

Demam Saat Hamil Muda | Penyebab, Gejala, Resiko & Pengobatan

Deman merupakan sebuah kondisi dimana tubuh megalami peningkatan suhu yang cukup tinggi. Suhu badan yang meningkat melebihi 37o C merupakan ciri bahwa seseorang terkena demam. Demam merupakan sebuah penyakit yang umumnya disebabkan oleh sebuah peradangan. Peradangan ini menjadi ciri bahwa tubuh sedang melawan suatu virus yang masuk kedalam tubuh manusia.

Tentunya, demam dapat menyerang siapa saja baik orangtua maupun anak-anak bahkan seorang wanita yang tengah hamil. Suatu penyakit demam tidak dianggap berbahaya jika tidak berlanjut lbih dari 3 hari. Pasalnya, demam dengan waktu yang sangat lama akan menimbulkan suatu kondisi tubuh yang lebih parah seperti malaria, demam berdarah atau penyakit lainnya.

Bagaimana jika demam menyerang ibu saat hamil muda? Apakah hal ini sangat berbahaya? dan juga Apa sebenarnya penyebab demam saat hamil muda?

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh seorang wanita yang tengah hamil dan mengalami demam saat hamil muda. Untuk menjawab rasa penasaran Anda akan hal ini, berikut

Continue Reading

Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin Malu Untuk Ditanyakan Pada Dokter II

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai beberapa pertanyaan yang cenderung malu untuk ditanyakan oleh ibu hamil pada dokter di pembahasan 4 Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin Malu Untuk Ditanyakan Pada Dokter. Nah, kali ini kami akan membahas lebih banyak jenis pertanyaan yang pada umumnya terkesan tabu untuk ditanyakan seputar kehamilan kepada dokter atau bidan.

Adalah hal yang wajar untuk para ibu hamil memiliki banyak pertanyaan untuk ditanyakan selama masa kehamilan. Apalagi untuk mereka yang baru saja mengalami kehamilan yang pertama. Selain itu, ada banyaknya pertanyaan bisa mengindikasikan bahwa anda sangat peduli dengan kehamilan anda agar sehat.

Hanya saja, sebagian pertanyaan seringkali dianggap tabu untuk ditanyakan. Kecenderungan rasa malu membuat sebagian wanita memilih untuk memendam sendiri masalahnya. Namun sebenarnya, hal ini adalah hal yang normal dan mungkin semua wanita hamil mengalami kondisi ini.

Nah, untuk mengetahui apa saja pertanyaan saat hamil yang mungkin malu untuk ditanyakan. Maka mari

Continue Reading

4 Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin Malu Untuk Ditanyakan Pada Dokter

Keluhan yang terjadi selama kehamilan adalah hal yang wajar. Apalagi jika mengingat kondisi kehamilan yang dialami seorang wanita tentu berbeda-beda. Baik dari segi usia, hitungan kehamilan, faktor penyakit yang dialami selama kehamilan dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk calon ibu baru wajar bila anda memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan. Apalagi ketika usia kehamilan anda sudah hampir mendekati persalinan. Maka mungkin ada banyak hal yang ingin anda tanyakan untuk menjaga bila kondisi tersebut membahayakan kesehatan anda dan bayi dalam kandungan.

Namun sayangnya, dari semua pertanyaan yang membendungi benak seorang ibu hami. Ada banyak pertanyaan yang seringkali enggan untuk ditanyakan setiap kali melakukan checkup kehamilan.

Alasannya karena sebagian ibu hamil merasa pertanyaan tersebut terlalu memalukan untuk ditanyakan ke dokter. Padahal sebenarnya hal ini adalah kondisi yang normal dan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Baca juga: Tips Aman Mengatasi Melasma “Topeng Kehamilan”

4 Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin

Continue Reading

Mengetahui Faktor Penyebab Keguguran Pada Trimester Pertama dan Kedua

Keguguran adalah mimpi buruk untuk semua wanita yang tengah mengandung. Apalagi jika kehadiran buah hati dalam perut anda saat ini adalah hasil perjuangan dan penantian yang lama hingga akhirnya dapat berbuah dengan hadirnya malaikat kecil dalam rahim bunda

Ibu mana yang akan senang dengan kondisi keguguran yang terjadi. Semua wanita akan tentu mengalami pukulan dan beban yang berat dari kehilangan buah hatinya yang belum sempat mereka lihat rupanya.

Akan tetapi, sebagai ancaman yang dapat terjadi kapan saja maka penting sekali untuk ibu mengetahui faktor apa saja yang biasanya dapat memicu keguguran pada saat hamil. Dengan begini maka bunda akan dapat lebih waspada dan berhati-hati dengan beberapa kondisi tersebut.

Pada umumnya keguguran seringkali terjadi secara tiba-tiba. Meski bunda merasa sudah menjaga kehamilan dengan baik. Namun masalah seperti ini bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan pada beberapa kasus seorang wanita terlambat mengetahui bahwa janin dalam kandungannya

Continue Reading

Mengetahui Penyebab Selangkangan Terasa Ngilu Saat Kehamilan 35 Minggu

Kehamilan memang menjadi anugerah yang besar yang terjadi pada setiap wanita yang sudah menikah. Banyak wanita mendambakan mendapatkan kehamilan dengan cepat usai dinyatakan sah sebagai seorang istri setelah pernikahannya. Ketika proses hamil terjadi dengan cepat tentu setiap calon ibu akan merasa senang dengan kabar gembira yang mereka dapatkan ini.

Akan tetapi, pada beberapa wanita yang mengalami kehamilan pertama minimnya pengalaman membuat keluhan kecil seringkali menjadi masalah yang berdampak kekhawatiran yang besar. Tak heran memang, apalagi mengingat bila setiap ibu akan secara naluriah melindungi dan mencintai calon buah hatinya. Bahkan saat mereka belum mampu mengenali wajah bayi dalam kandungannya.

Menjalani kehamilan memang menjadi proses panjang yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Menyenangkannya mengingat dalam waktu dekat untuk pertama kalinya anda akan bisa menyambut calon buah hati anda bersama dengan pasangan. Akan tetapi disaat bersamaan hati anda terus berdebar-debar terutama saat terjadi keluhan kehamilan yang cukup menyiksa.

Salah satunya seperti kondisi

Continue Reading

Dampak dan Mencegah Depresi Pada Ibu Hamil

Kehamilan sudah seharusnya menjadi salah satu momen paling membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita. Betapa tidak, untuk pertama kalinya anda akan bisa menyambut buah hati anda bersama pasangan ke dunia. Dan untuk pertama kalinya pula anda akan merasakan pengalaman berharga menjadi seorang ibu dari malaikat kecil yang telah anda impikan.

Hanya saja, tidak semua perempuan yang tengah hamil merasakan kebahagiaan ini dengan baik. Ketika sebagian besar perempuan lain diberkahi dengan suka cita yang besar dan perasaan senang yang tak tertahankan. Sebagian lain justru mengalami masa-masa kehamilan yang membingungkan, menakutkan dan penuhi dengan stress. Bahkan tak sedikit diantara mereka mengalami depresi yang besar.

Depresi merupakan gangguan suasana hati atau mood yang mempengaruhi 1 dari 4 wanita di satu titik kehidupan mereka. Jadi demikian, tak heran bila penyakit yang satu ini pun akan dapat menyerang wanita pada masa kehamilannya. Baca juga: Keluhan Kehamilan Ibu Hamil 9 Bulan

Selama ini mungkin anda

Continue Reading

Keluhan Kehamilan Ibu Hamil 9 Bulan

keluhan kehamilan 9 bulan

Memasuki usia kehamilan 9 bulan, ibu hamil seringkali mengalami perasaan cemas menunggu kelahiran bayi. Hal ini dikatakan normal terjadi apalagi bagi anda calon ibu pertama. Hanya saja apabila berlebihan dan membuat anda tidak nyaman,stres, depresi dan menganggu aktivitas anda harus segera diwaspadai karena akan menganggu persiapan melahirkan.

Tidak hanya masalah psikis yang akan menganggu proses persalinan. Beberapa ibu hamil yang mengeluhkan kondisi fisik selama usia kehamilan 9 bulan harus dicermati, apakah kondisi normal ataupun kondisi abnormal yang akan mengancam kesehatan ibu dan janin. Inilah mengapa ibu hamil harus melakukan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Mengingat kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Kali ini melalui artikel ini kami akan memberitahu anda mengenai perkembangan janin, perubahan yang terjadi selama ibu hamil 9 bulan dan solusi untuk menghadapi kehamilan 9 bulan. Dengan demikian anda dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan yang normal terjadi selama 9 bulan serta mengatasi keluhan yang terjadi sebari tetap waspada mengenai

Continue Reading

Keluhan Kehamilan 7 Bulan

keluhan kehamilan

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga dimana ibu hamil mengalami banyak perubahan secara fisik. Bahkan kini ibu hamil memerlukan baju hamil yang dapat membuat ibu merasa nyaman dalam melakukan aktivitasnya. Perut yang semakin membesar akan mengakibatkan terjadinya keluhan yang dialami oleh ibu hamil di usia kehamilan ini.

Awal trimeseter ketiga atau pada usia kehamilan 7 bulan, ibu mengalami kondisi psikis dimana ibu merasa cemas menghadapi persalinan. Hal ini dikategorikan wajar terjadi mengingat ibu hamil menginginkan kondisi yang terbaik untuk bayi. Hanya saja apabila terus berlangsung cemas, merasa tertekan dan depresi justru akan membuat proses persalinan terganggu.

Dukungan dari suami dan orang sekitar sangat diperlukan untuk dapat menjalani proses persalinan sesuai yang diharapkan. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat anda mengurangi rasa tertekan menghadapi persalinan, melakukan relaksasi dengan suami akan membantu mengurangi kondisi tersebut. Adapun ibu hamil yang memilih untuk mengikuti kelas khusus seperti senam hamil , yoga khusus ibu hamil dan

Continue Reading

Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan

keluhan kehamilan 4 bulan

Kini, usia kehamilan ibu hamil sudah memasuki usia 4 bulan. Usia ini merupakan tahapan ke dua kehamilan atau trimester kedua. Banyak ibu hamil yang sudah terbiasa menyikapi kondisi kehamilan di usia kehamilan ini, meskipun demikian sebagian ibu hamil lagi masih mengalami kondisi dimana fisik dan psikis menggangu aktivitasnya.

 

Kondisi kehamilan di usia 4 bulan memang tidak seburuk kondisi diawal kehamilan dimana perubahan yang seringkali terjadi dipengaruhi oleh hormonal. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil harus mengetahui perubahan yang terjadi secara normal atau kondisi abnormal. Mengingat banyak sekali keluhan yang terjadi selama kehamilan.Menambah wawasan seputar kehamilan dan juga konsultasi dengan bidan/dokter kandungan sangat diperlukan.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil berbeda-beda setiap bulannya. Sehingga diperlukan pemantauan kesehatan baik oleh perubahan yang terjadi dan terasa oleh ibu hamil atau menggunakan bantuan medis. Perubahan yang terjadi selama kehamilan akan memicu keluhan selama kehamilan, kali ini kami akan membahas mengenai keluhan yang

Continue Reading

Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan

keluhan kehamilan 3 bulan

Dipenghujung usia kehamilan trimester pertama , ibu hamil yang berada di usia  3 bulan mengalami beberapa keluhan yang menggangu aktivitas sehari-hari.Bahkan ibu hamil belum bisa sepenuhnya beradaptasi dengan kondisi kehamilan di bulan ke 3. Perasaan berat menjalani kehamilan dirasakan oleh sebagian ibu hamil.

Kondisi yang sangat wajar terjadi pada ibu hamil di bulan ke 3, mengingat perubahan hormon dan fisik ibu hamil yang semakin meningkat. Hanya saja apabila dibiarkan dan menganggu aktivitas ibu hamil akan menyebabkan gangguan yang hebat, sehingga dibutuhkan solusi untuk menghadapi kehamilan diakhir trimester pertama  ini.

Keluhan yang terjadi pada ibu hamil diantaranya adalah keluhan yang berhubungan dengan kondisi normal kehamilan atau kondisi abnormal yang mengancam kesehatan ibu dan janin.Pemantauan kesehatan sangat diperlukan untuk mengetahui ibu hamil mengalami keluhan yangn normal atau abnormal. Oleh karena itu diperlukan peran aktif ibu hamil yang didukung oleh suami dan keluarga untuk mengetahui wawasan kehamilan di usia 3 bulan dan juga

Continue Reading

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga

Kini tidak terasa anda sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Persiapan persalinan semakin dekat. Berat badan ataupun panjang tubuh janin akan bertambah dengan cepat sehingga anda yang kini memperhatikan kondisi tubuh fisik yang semakin membesar.

 

Perkembangan janin di trimester ketiga akan dibahas pada artikel ini yang berhubungan dengan perkembangan janin selama trimestre akhir dan perubahan fisik selama kehamilan.Berikut ini adalah seputar pertumbuhan dan perubahan kehamilan di trimester ketiga.

Perkembangan janin pada trimester ketiga terdiri dari bulan ke 7, bulan ke 8 dan bulan ke 9 kehamilan. Berikut adalah perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan di trimester ketiga:

Perkembangan Janin Pada Usia 7 Bulan

Pada usia kehamiland di awal 7 bulan ditandai dengan perubahan ukuran, misalnya saja pada ukuran kepala janin sudah proporsional dengan tubuhnya. Bahkan dahi dan alis sudah mulai tumbuh dengan sempurna,bahkan bulu halus pada tubuh bayi sudah mulai tumbuh dengan sempurna.

Bahkan di pertengahan usia kehamilan 7

Continue Reading

Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua

Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan 4-6 bulan atau dikenal dengan istilah trimester kedua sangat membahagiakan terlabih bagi anda kini yang terus memantau perkembangan dan pertumbuhan janin. Kondisi dimana ibu mengalami mual dan muntah (morning sickness) sudah mulai berkurang dan juga kondisi badan ibu merasa lebih nyaman dari trimester pertama.

 

Meskipun demikian bukan berarti pada trimester kedua anda dapat menghindari keluhan yang terjadi pada kehamilan. Ibu hamil akan mengalmi keluhan kehamilan yang dapat dikategorikan normal atau membahayakan kesehatan janin.

Artikel kali ini akan membahas mengenai keluhan yang mungkin terjadi pada ibu hamil sehingga menyebabkan ibu hamil tidak nyaman tentu saja dengan solusi agar terhindar dari keluhan tersebut. Bahkan pada ibu hamil sendiri dapat mengamati tanda bahaya kehamilan dari keluhan yang terjadi selama kehamilan trimester kedua.

Untuk itu, kini kami akan membantu anda untuk membantu memberikan gambaran mengenai perubahan yang terjadi selama trimester kedua. Berikut ini adalah kondisi ibu hamil pada saat

Continue Reading

Mengapa Sering Merasa Tegang Pada Perut Saat Hamil?

mengapa sering merasa tegang pada perut saat hamil

Ibu hamil mengeluhkan kondisi dimana seringkali merasakan kehamilan semakin membuatnya tidak nyaman. Beberapa keluhan kehamilan yang seringkali dikeluhkan pada usia kehamilan yang semakin membesar yaitu kejang pada bagian otot perut, pada bagian kemaluan dan bagian pangkal paha kanan dan kiri.Normalkah kondisi ini?

 

Selama kehamilan memperhatikan kesehatan sangatlah penting,terlebih untuk perubahan yang terjadi pada ibu dan janin.Meskipun demikian masing-masing kondisi ibu dan janin berbeda-beda. Sehingga membutuhkan konsultasi lebih lanjut pada ahli medis, hanya saja pada artikel kali ini kami akan memberikan gambaran mengenai keluhan ibu hamil yang berhubungan dengan perut ibu hamil yang semakin membesar dan seringkali merasa tegang.

Sembilan dari sepuluh ibu hamil pernah merasakan perut yang tegang/kram dan nyeri. Hanya saja ibu hamil harus dapat mengenali rasa tegang atau nyeri yang seringkali dialami selama kehamilan dan juga tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

 

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil yang berhubungan dengan perut yang nyeri

Continue Reading

Keluhan Kehamilan Trimester Pertama

keluhan kehamilan trimester pertama

Selamat kini anda sudah memasuki usia kehamilandi trimester pertama dimana ibu hamil kini harus lebih menjaga kesehatan ibu dan janin.Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan selama 3 bulan pertama kehamilan, dimana perkembangan ibu seringkali merasakan mual, lelah, nyeri punggung, perubahan mood, merasakan kram, sering berkemih, dan mengalami konstipasi. Beberapa ibu hamil sering khawatir dengan kondisi kehamilan yang sering terjadi , ibu hamil dapat membedakan kondisi normal dengan kondisi abnormal.

Keluhan kehamilan yang sering terjadi di trimester pertama ibu hamil tidak selamanya membahayakan. Beberapa diantaranya merupakan keluhan yang normal.Untuk dapat membedakannya, artikel kali ini akan membantu dalam membedakan keluhan kehamilan di trimester pertama. Keluhan yang terjadi normal ataupun keluhan yang harus diwaspadai sebagai tanda adanya gangguan berbahaya pada kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini adalah beberapa keluhan yang seringkali terjadi pada ibu hamil dan tergolong dalam kategori kehamilan normal

Perasaan mual

Ibu hamil mengalami mual saat trimester awal kehamilan merupakan kondisi

Continue Reading

Tips Aman Mengatasi Melasma “Topeng Kehamilan”

Ibu hamil seringkali mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan diantaranya adalah keluhan yang berhubungan dengan kulit di bagian area tertentu di tubuh. Paling tampak sekali pada ibu hamil adalah keluhan pada area wajah ibu hamil yang terkadang memiliki keluhan kulit pada wajah, misalnya kulit berminyak, berjerawat hingga mengalami melasma atau dikenal dengan topeng kehamilan. Bagaimanakah kondisi yang aman untuk mengatasi melasma pada ibu hamil? Artikel kali ini akan membantu ibu hamil dalam mengatasi melasma “topeng kehamilan”. (Baca : Perubahan Kulit Selama Kehamilan)

Kondisi dimana ibu hamil memiliki warna gelap seperti pada bagian kulit di dahi, bibir atas, dan pipi,Ini merupakan tanda bahwa anda memiliki chloasma atau yang sering disebut " Topeng kehamilan". Anda tidak perlu khawatir kondisi ini seringkali mempengaruhi 50 sampai 75 persen ibu hamil. Untuk lebih mengetahui melasma “topeng kehamilan” yang seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil, berikut ini adalah penjelasan dan solusi mengatasi melasma “topeng kehamilan”.

Topeng kehamilan atau

Continue Reading

Tips Aman Atasi Kulit Berminyak Selama Kehamilan

Memiliki kulit cantik dan sehat menjadi idaman setiap wanita, akan tetapi seringkali wanita memiliki masalah kulit sehingga membuatnya ekstra melakukan perawatan kulit. Begitu pula dengan wanita yang seringkali mengeluhkan masalah kulit selama kehamilan, salah satunya yaitu kulit berminyak yang dapat memicu timbulnya jerawat selama kehamilan. Bagaimana solusi untuk kulit berminyak selama kehamilan?

Ibu hamil harus ekstra teliti mengenai produk kecantikan selama kehamilan, salah memilih produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya akan membuat gangguan tumbuh kembang pada janin. Oleh karena itu artikel kali ini akan membantu ibu hamil yang seringkali mengeluhkan masalah kulit berminyak dengan menggunakan solusi yang aman untuk janin.

Kulit berminyak pada ibu hamil

Wajah anda lengket, licin, mengkilap dan sering kali muncul jerawat? Ya, ini merupakan ciri-ciri wajah berminyak yang disebabkan karena perubahan hormon. Ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh wanita selama kehamilan, salah satunya wajah menjadi lebih berminyak. Ketika Anda hamil, hormon dalam

Continue Reading

Tips Atasi Hiperpigmentasi Saat Hamil

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil selanjutnya adalah perubahan warna kulit pada bagian tubuh tertentu yang cenderung lebih gelap dibandingkan sebelum kehamilan. Apakah merupakan kondisi normal terjadi pada ibu hamil dan bagaimana mengatasi keluhan yang sering membuat ibu menjadi khawatir terhadap kecantikan kulitnya?

Banyak perubahan terjadi pada tubuh ibu hamil, termasuk hiperpigmentasi yaitu kondisi kulit lebih gelap dari warna semula (sebelum ibu hamil). Perubahan ini sering terlihat selama trimester pertama bahkan sekitar 90 persen dari wanita hamil mengalami hiperpigmentasi pada bagian tubuh tertentu.

Kebanyakan ibu hamil mengalami perubahan warna kulit pada puting dan areola, daerah di sekitar putting mengalami hiperpigmentasi. Meskipun demikiaan anda tidak perlu khawatir karena akan mengalami perubahan pada warna kulit normal. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pigmentasi baik selama kehamilan dan setelah kehamilan. Sehingga kondisinya tidak semakin menganggu kecantikan kulit anda.

Hiperpigmentasi pada wajah

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan bercak-bercak hitam

Continue Reading

Tips Aman Atasi Jerawat Selama Kehamilan

Jerawat merupakan keluhan yang umum selama kehamilan. Bahkan, lima dari sepuluh ibu hamil mengalami kondisi jerawat yang sangat parah. Inilah yang menyebabkan ibu hamil seringkali khawatir apabila jerawat semakin merusak wajah dan meninggalkan bekas jerawat. Hati-hati dengan penggunaan obat/cream jerawat saat hamil karena akan bermasalah pada tumbuh kembang janin.

Artikel kali ini akan membantu anda dalam mengatasi jerawat dengan aman dan sehat selama kehamilan sehingga anda dapat mencegah jerawat yang semakin merusak wajah. Anda tidak perlu menggunakan cream/obat oral untuk mengobati jerawat. Anda dapat mencari tahu penyebab jerawat yang terjadi selama kehamilan dan pencegahan yang aman selama anda hamil.

Jerawat dan Kehamilan

Kehamilan jerawat adalah kondisi yang terjadi secara alami, umumnya reda ketika tingkat hormon kembali normal. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan munculnya jerawat ketika awal kehamilan atau bahkan selama kehamilan. Anda tidak perlu menggunakan obat oral atau cream jerawat yang mengandung bahan kimia yang membahayakan tumbuh kembang

Continue Reading

Tips Atasi Rambut Rontok Selama Kehamilan

Ibu hamil mengeluhkan kondisi dimana rambut semakin menipis dan terjadi kerontokan selama kehamilan. Padahal sebelumnya kehamilan rambut sehat dan tumbuh subur, keluhan ini dialami oleh ibu hamil memasuki trimester akhir bahkan hingga pasca persalinan? Mencoba perawatan rambut di salon justru membuat ibu menjadi khawatir, apakah perawatan untuk rambut rontok mengandung bahan kimia yang berbahaya yang akan menyebabkan gangguan pada janin?

Anda tidak perlu khawatir apabila selama kehamilan anda mengalami rambut rontok, salah satunya disebabkan karena perubahan hormon saat hamil dan setelah melahirkan yang dapat mempengaruhi kesuburan rambut. Untuk lebih mengetahui kondisi rambut anda selama kehamilan, melalui artikel ini tips atasi rambut rontok selama kehamilan.

Kondisi Rambut Selama Kehamilan

Ketika hamil kondisi rambut pada ibu hamil akan berbeda-beda. Sebagian ibu hamil mengalami rambut berminyak,rambut yang cenderung tumbuh subur, rambut yang lurus menjadi keriting atau sebaliknya (meskipun tidak terlalu signifikan) dan yang terakhir mengalami rambut rontok. Ketakutan ibu hamil ketika mengalami

Continue Reading

Mengatasi Nafsu Makan yang Semakin Berkurang Selama Kehamilan

Kebanyakan wanita takut mengalami kenaikan berat badan, termasuk wanita hamil yang was-was apabila berat badannya tidak kembali ke semula. Beberapa wanita hamil membatasi diri untuk mengkonsumsi makanan selama kehamilan padahal nutrisi yang mencukupi kebutuhan gizi harian dapat membantu tumbuh kembang janin. Bagaimana dengan ibu hamil yang justru kehilangan nafsu makan, biasanya dikeluhkan oleh ibu hamil pada minggu-minggu awal kehamilan mereka. Normalkan kondisi kehilangan nafsu makan di usia kehamilan muda?

Beberapa gejala wanita berkaitan dengan kurangnya nafsu makan selama kehamilan termasuk perasaan umum seperti sakit, merasa mual, dan benar-benar ingin muntah. Beberapa ibu hamil lebih ekstra sensitif terhadap bau makanan, yang membuat mereka merasa mual dan muntah, sementara yang lain mendapatkan rasa asam di mulut yang membuat mereka tidak mau makan sama sekali.

Bahkan beberapa ibu hamil tidak merasa seperti makan apa-apa dan bisa bertahan berjam-jam tanpa makan, meskipun itu akan memicu risiko gangguan pada kesehatan ibu dan janin. Ibu

Continue Reading

Sering Mengeluhkan “Nyeri Punggung“ Saat Kehamilan, Normalkah?

Seringkali mengeluhkan nyeri punggung saat hamil, mengapa ibu hamil sering mengalami nyeri punggung? Kondisi ini dipicu karena uterus yang semakin luas dan menggeser pusat gravitasi dan membentang keluar sehingga melemahkan otot-otot perut Anda, mengubah postur tubuh Anda sehingga menempatkan tekanan pada punggung Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung apabila menekan pada saraf. Selain itu, penyebab nyeri punggung pada ibu hamil dapat terjadi karena kelebihan berat badan selama kehamilan sehingga lebih banyak pekerjaan otot anda dan meningkatkan stres pada sendi.

Terlebih lagi, perubahan hormonal pada kehamilan melonggarkan sendi dan ligamen yang menempel tulang panggul Anda ke tulang belakang. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling di tempat tidur, keluar dari kursi rendah atau bak mandi, membungkuk, atau mengangkat sesuatu.

Apabila anda mengeluhkan nyeri punggung, Anda tidak sendirian. Sebanyak tiga perempat wanita hamil mengalami

Continue Reading

Tips Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Ibu hamil seringkali mengeluhkan rasa gatal dan juga kulit yang meregang kering disertai dengan garis yang muncul pada bagian perut, paha dan area tubuh lainnya. Bahkan sangat sulit hilang meski setelah melahirkan. Hampir setiap ibu hamil mengalami kondisi ini dan sulit dihilangkan. Kondisi seperti ini yang disebut dengan Stretch Mark.

Stretch Mark akan menganggu kecantikan kulit maka tidak heran banyak cara yang dilakukan oleh wanita untuk menghilangkan stretch mark. Ibu hamil sangat rentan terkena stretch mark karena adanya peregangan kulit yang begitu cepat. Meskipun demikian banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan stretch mark. Artikel kali ini akan membahasnya untuk anda, tips menghilangkan stretch mark.

Mengapa terjadi Stretch Mark?

Stretch mark terjadi karena adanya peregangan pada kulit yang berlebihan diakibatkan oleh janin yang semakin membesar, setiap ibu hamil  mengalami kondisi seperti ini meskipun demikian stretch mark dapat pula terjadi pada wanita yang mengalami pertambahan usia yang mengakibatkan elastisitas kulit menjadi

Continue Reading

Usir Sakit Kepala Saat Hamil Muda

Keluhan yang seringkali diamali oleh ibu di usia kehamilan muda yaitu sakit kepala yang dapat menganggu aktivitas. Bahkan beberapa diantaranya harus mendapatkan penanganan medis karena sakit kepala yang tidak tertahankan. Ibu hamil yang mengalami sakit kepala tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat karena akan menganggu tumbuh kembang janin. Oleh karena itu kenali sakit kepala saat hamil muda dan juga pengobatan harus sesuai dengan resep dokter.

Apakah kondisi yang umum mengalami sakit kepala selama kehamilan?

Sakit kepala pada usia kehamilan muda atau trimester pertama memang sangat seringkali menjadi keluhan ibu hamil. Sakit kepala karena tegang jenis yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil merasakan sakit kepala seperti sakit meremas atau rasa nyeri yang tidak tertahankan di kedua sisi kepala atau bagian belakang leher. Kondisi ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala disebabkan karena tegang selama kehamilan akan berakibat buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Penyebab utama terjadinya sakit kepala

Continue Reading

Mengapa Leher Hitam Saat Hamil?

Perubahan kondisi fisik saat hamil tidak hanya terlihat pada perubahan perut yang membesar. Perubahan fisik yang terkadang tidak disadari dapat terjadi pada ibu hamil. Meskipun perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil merupakan kondisi normal akan tetapi anda juga harus mengetahui tanda abnormal agar dilakukan pencegahan dini.

Perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil akan terlihat pada saat ibu hamil memasuki usia kehamilan trimester kedua apalagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga. Perubahan yang terjadi pada ibu hamil dipengaruhi juga oleh faktor hormonal. Salah satunya adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan kulit.

Ibu hamil akan mengalami perubahan kulit yang berbeda-beda. Adapula ibu hamil yang tidak mengalami masalah kulit yang berarti selama kehamilan. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai masalah kulit yang sering terjadi saat hamil. Salah satunya adalah leher yang menghitam dan solusi untuk mengatasinya.

Masalah-Masalah Kulit selama Kehamilan

Pada saat ibu hamil seringkali mengeluhkan kondisi

Continue Reading

Mengapa Sering Buang Gas Saat Hamil?

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah masalah pencernaan. Umumnya masalah pencernaan akan dialami oleh ibu hamil di akhir trimester ke dua menjelang trimester ketiga. Bahkan pada usia kehamilan trimester pertama sekalipun dapat terjadi keluhan pencernaan seperti mual dan muntah. Beberapa kasus berbeda-beda, ada yang mengalami heartburn, sembelit atau masalah buang gas selama kehamilan.

Satu contohnya yaitu ibu hamil yang mengeluhkan sering buang gas pada usia kehamilan 15 minggu. Kondisi ibu hamil sulit mengontrol buang angin hingga menyebabkan ibu mengalami kembung dan kram. Tentu saja kondisi ini membuat ibu hamil cemas keluhan yang dialami merupakan keluhan normal atau abnormal? Bagaimana solusi agar menjadi nyaman selama kehamilan?

Gangguan Pencernaan Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan seringkali ibu mengalami gangguan pencernaan dari masalah ringan hingga berat. Meskipun sebagian besar relatif lebih aman untuk janin akan tetapi apabila berlangsung memburuk sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter.

Pada umumnya ibu hamil mengalami gangguan

Continue Reading

Mengapa Mulut Terasa Pahit Saat Hamil?

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan menyebabkan ibu hamil seringkali mengeluhkan perubahan secara fisik ataupun psikis yang dialami selama kehamilan. Meskipun setiap ibu hamil memiliki keluhan yang berbeda-beda akan tetapi semua keluhan yang tidak dapat diatasi akan menganggu kesehatan ibu dan janin.

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil berbeda-beda sesuai dengan kesehatan ibu, penyakit bawaan sebelum kehamilan atau usia kehamilan. Pada saat usia kehamilan trimester pertama seringkali ibu hamil sering banyak mengeluh karena perubahan hormon yang belum terbiasa dialami oleh ibu hamil.

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Salah satunya keluhan yang menyebabkan ibu kehilangan selera makan. Penyebabnya dapat terjadi karena mual, muntah ataupun rasa pahit berlebih. Selain itu pada artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab timbulnya rasa pahit saat hamil dan solusi untuk membantu ibu hamil.

Mengapa terjadi keluhan selama kehamilan?

Keluhan yang dialami ibu hamil berhadapan dengan proses

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Lensa Kontak?

Anda boleh tampil cantik selama kehamilan akan tetapi perhatikan alat dan bahan yang digunakan agat tidak menganggu kesehatan ibu dan janin. Selain itu selama hamil anda mengalami perubahan fisik sehingga yang umum anda rasa nyaman digunakan untuk mendukung penampilan anda kini harus diwaspadai berpengaruh negatif untuk kesehatan anda.

Beberapa wanita lebih nyaman menggunakan lensa kontak ketimbang menggunakan kacamata. Hal ini karena dirasa akan membuat percaya diri menggunakan lensa kontak. Meskipun demikian anda harus mengenali dampak menggunakan lensa kontak dengan ibu hamil. Beberapa orang beranggapan akan mengganggu kehamilan dan sebagiannya tetap menggunakan lensa kontak.

Untuk membantu anda menjawab pertanyaan apakah lensa kontak aman untuk ibu hamil.Kami hadirkan melalui artikel "Bolehkah ibu hamil menggunakan lensa kontak ?". Pada artikel ini kami akan membantu anda memberikan informasi mengenai pengaruh negatif menggunakan lensa kontak selama kehamilan dan bagaimana cara mengurangi resiko akibat buruk dari penggunaan lensa kontak selama kehamilan.

Lensa Kontak

Lensa yang

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us