Sakit Kepala

10 Penyebab Sakit kepala Ketika Bangun Tidur

Sakit kepala memang menjadi salah satu gangguan penyakit yang banyak menyerang manusia. Baik usia muda maupun usia tua tentu sakit kepala dapat menyerang siapa saja. Rasa sakit kepala yang timbul akan membuat semua aktivitas kita terganggu dan membuat tubuh kita merasa sangat tidak nyaman. Sakit kepala yang menyerang manusia dapat dikarenakan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Sakit kepala tidak serta merta menyerang bagian kepala secara keseluruhan. Sakit kepala tersebut tentunya menyerang beberapa bagian kepala baik sebelah kiri, kanan, tengah dan juga belakang. Rasa sakit ini tentunya bisa menyerang kapan saja dan dimana saja, termasuk ketika Anda baru bangun tidur. Sebagian besar orang mengeluhkan rasa sakit kepala ketika mereka bangun tidur. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa penyebab rasa sakit kepala tersebut menyerang ketika Anda bangun tidur.

Jika pada umumnya, banyak orang yang bangun dalam keadaan yang segar, tentu berbeda dengan orang yang sering mengeluhkan rasa sakit kepala ketika ia bangun tidur. Pada awal pagi justru ia dikalahkan dengan rasa sakit kepala yang menyerangnya. Jika kondisi ini terus terjadi, maka tidak menutup kemungkinan, ia akan merasakan gangguan kesehatan dan juga awal pagui yang selalu bermasalah. Lantas, apa penyebab sakit kepala ketika bangun tidur? Yuk kita langsung simak saja pemaparannya berikut ini!

Penyebab Sakit Kepala Ketika Bangun Tidur

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit kepala ketika bangun tidur. Hal ini tentunya tidak lepas dari kebiasaan dan jam ketika ia tidur. Biasanya, rasa sakit kepala yang menyerang sebagian besar orang tentunya disebabkan oleh dehidrasi yang ia alami selama tidur. Sakit kepala ketika bangun tidur tentunya disebabkan olah anjloknya tekanan darah untuk sementara karena cepat dan mendadaknya Anda mengubah posisi dari tidur ke duduk dan juga berdiri.

Rasa sakit kepala setelah bangun tidur bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama  bisa sampai berjam-jam. Bahkan banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala pada jam 4-8 pagi atau pada waktu ia bangun tidur. Tidak dapat dipungkiri bahwa sakit kepala yang dialami setelah bangun tidur justru sangat menyiksa karena tidak bisa lagi mengawali hari-hari dengan tubuh yang sehat.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengeluhkan rasa sakit kepala ketika bangun tidur, tentunya Anda harus benar-benar mengetahui penyebab sakit kepala ketika bangin tidur. Hal ini penting bagi Anda sebagai cara untuk mencegah dan juga mengatasi rasa sakit kepala yang muncul pada pagi hari. Berikut ini kami sajikan beberapa penyebab rasa sakit kepala ketika bangun tidur, diantaranya:

Tubuh Anda mengalami dehidrasi

Poin pertama yang dapat dikatakan sebagai penyebab sakit kepala ketika bangun tidur dikarenakan tubuh kita mengalami yang namanya dehidrasi. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi tentunya, maka jaringan otak akan kehilangan cairan dan akan memicu rasa sakit pada kepala. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami rasa sakit ketika bangun tidur. Untuk itu, Anda pun harus terdorong untuk minum sebanyak-banyaknya. Jika Anda mengalami rasa sakit kepala ketika bangun tidur, maka jangan menahan keinginan Anda untuk minum menjelang tidur. Pastikan pula Anda minum aneka cairan sehat seperti sup buah. Dengan begitu, kelhan sakit kepala Anda setelah bangun tidur bisa cepat menghilang dengan sendirinya.

Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami rasa sakit kepala ketika ia bangun tidur dikarenakan ia mendapatkan kehamilan. Sakit kepala ketika bangun tidur yang dialami oleh wanita hamil biasanya terjadi pada trimester pertama. Kondisi ini juga disebabkan oleh tubuh yang mengalami peningkatan akan volume darah dan juga lonjakan hormon. Tubuh pada wanita hamil tentunya mengalami perubahan fisiologi sehingga menyebabkan rasa sakit kepala pada wanita hamil.

Rasa sakit kepala setelah bangun tidur tentunya tidak hanya dirasakan oleh wanita hamil pada trimester pertama saja, kondisi ini juga bisa terjadi pada trimester ketiga. Pada trimester akhir, kondisi ini tentunya disebabkan oleh adanya ketegangan dai dalam tubuh akibat perubahan postur dan juga ukuran perut yang bertambah besar.

Kurang tidur

Pada sebagian besar orang tentunya rasa sakit kepala ketika bangun tidur dapat pula disebabkan oleh tubuh yang kurang istirahat. Tidak dapat dipungkiri jika tubuh kita kurang tidur, maka tidak heran jika ketika bangun tidur kepala mengalami sakit yang berlebih. Kondisi ini tentunya disebabkan oleh terganggunya siklus tidur sehingga tubuh kurang beristirahat. Jika kondisi ini terjadi, maka tubuh akan rentan mengalami sakit termasuk juga rasa sakit kepala setelah bangun tidur. Untuk mengatasi hal ini tentunya sangat mudah saja, Anda tentunya cukup tidur lagi sampai tidak merasa ngantuk. Pada umumnya, sakit kepala ini dapat sangat mudah untuk diatasi.

Rahang kaku dan gigi grinding

Ketika Anda tidur terkadang Anda tidak menyadari bahwa kekauan pada rahang dan juga gigi grinding terjadi pada Anda. Gigi grinding ini tentunya menjadi kondisi antar gigi bawah dan juga gigi atas yang saling bergesekan dengan berulang-ulang dan juga kuat. Posisi ini secara medis disebut dengan bruxism. Jika kondisi ini terus terjadi, maka akan menyebabkan rasa sakit kepala muncul ketika bangun tidur. Kondisi ini tentunya menyebabkan terjadinya gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ) atau sebuah sendi yang menghubungkan rahang bagian bawah dengan bagian tengkorak depan.

Mengonsumsi alkohol

Orang yang mengonsumsi alkohol tentunya sangat buruk terhadap untuk kesehatan tubuh kita. Dampak buruk dari alkohol tentunya dapat mempengaruhi pembuluh darah dan juga otak. Alkohol juga dapat disebut sebagai diuretik yang tentu menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi meningkat. Selain itu, tubuh juga akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan rasa sakit kepala ketika bangun tidur.

Ketergantungan pada obat

Pada sebagian besar orang tentunya rasa sakit kepala ketika bangun tidur disebabkan oleh adanya ketergantungan pada obat. Kondisi ini tentunya disebabkan oleh sudah terbiasanya tubuh kita menerima obat-obatan. Ketika efek dari obat tersebut habis tentunya tubuh Anda akan merasa kehilangan sesuatu yang tentu sudah menjadi kebiasaan. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan rasa sakit kepala ketika Anda bangun tidur.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Tidak dapat dipungkiri bahwa kafein menjadi salah satu penyebab dimana tubuh kita akan merasa segar dan bugar serta terhindar dari rasa ngantuk. Tidak aneh jika orang yang banyak mengonsumsi kafein dapat mengalami yang namanya rasa sakit kepala setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan jumlah kafein yang terlalu banyak di dalam tubuh tentu sangat tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi minuman yang tinggi kafein setidaknya 2-3 gelas perharinya. Angka tersebut juga sudah termasuk porsi yang tinggi untuk tubuh kita.

Rendahnya gula darah di dalam tubuh

Rasa sakit kepala yang terjadi ketika bangun tidur tentunya dapat pula disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah. Kondisi ini tentunya disebut dengan hipoglikemia. Pola makan yang tidak teratur tentunya dapat disebabkan pula oleh kadar gula darah yang rendah di dalam tubuh. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan kadar gula darah Anda setelah dan juga sebelum bangun tidur.

Sinusitis

Penyebab sakit kepala ketika bangun tidur dapat pula disebabkan oleh terjadinya sinusitis. Kondisi ini terjadi akibat sebuah peradangan ataupun inflamasi yang telah terjadi pada dinding sinus (rongga udara yang ada disekitar mata, pipi dan juga hidung). Inflamasi ini tentunya sering disebut juga sebagai infeksi dari bakteri dan juga virus. Selain itu, gejala sinusitis juga dapat terjadi karena adanya rasa pening pada bagian depan kepala dan juga sekitar hidung. Rasa sakit kepala akibat sinusitis dapat hilang ketika malam hari dan akan kembali kambuh pada setiap paginya.

Cluster Headaches

Jenis sakit kepala ini dapat terjadi karena rasa sakit kepala yang menetap, intensif, tidak berdenyut yang terjadi pada area sekitar mata atau pada salah satu sisi kepala. Rasa sakit kepala tersebut tentunya bisa sering pindah pada bagian pelipis, dahi dan juga pipi. Rasa sakit kepala ini pada umumnya muncul pada malam hari sehingga mengganggu waktu dan juga kualitas tidur Anda. Dan juga rasa sakit kepala akan menetap meskipun Anda telah bangun.

Sleep Apnea

Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan rasa sakit kepala setelah bangun tidur ialah Sleep Apnea. Kondisi ini dapat diartikan sebagai gangguan tidur yang cukup serius disebabkan oleh sistem pernapasan yang sering terhenti ketika sedang tidur. Akibat yang terjadi tentunya otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga kualitas tidur kita akan menjadi sangat buruk dan mengakibatkan rasa sakit kepala saat Anda bangun tidur.

Tension Headaches

Istilah ini tentunya untuk mendefinisikan kondisi sakit kepala yang sangat kronis. Sakit kepala jenis ini tentunya dapat disebabkan oleh stres, depresi, trauma dan juga rasa cemas yang sangat berlebih. Rasa sakit kepala yang sering dirasakan dapat berawa dari ringan hingga berat. Pada kondisi ketika bangun tidurm rasa sakit kepala ini bisa dimulai pada bagian belakang kepala dan bergerak maju hingga ke leher, dan kepala bagian atas depan.

Posisi tidur yang salah

Tidak dapat dipungkiri bahwa posisi tidur yang salah dapat menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur. Posisi tidur ini tentunya dapat diakibatkan oleh sistem saraf yang tertekan pada bagian punggung atasm, bahu dan juga leher karena mengalami ketegangan. Pada umumnya, sakit kepala ketika bangin tidur ini dapat dimulai dari dasar tengkorak dan terkadang terjadi pada wajah terutama dahi.

Migrain

Keluhan sakit kepala ini memang sangat banyak dialami oleh sebagian besar orang. Rasa sakit kepala ini tentunya akan menjalar dan juga mempengaruhi pada kedua sisi kepala. Banyak orang yang belum mengetahui akan penyebab sakit kepala akibat migrain ini. Namun Anda tetap harus mewaspadai dampak buruk dari migrain yang dapat mengakibatkan terganggunya sistem saraf pusat dan juga pembuluh darah di otak.  Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain tentunya akan bertambah buruk jika sudah terkena sinar matahari dan juga cahaya yang cukup terang. Selain itu, perubahan cuacan dari dingin ke panas ataupun sebaliknya dapat mengakibatkan migrain kambuh kembali.

Kondisi yang serius

Jika kondisi ini terus saja terjadi pada Anda tentunya tidak menutup kemungkinan Anda mengalami gejala yang serius pada sistem saraf Anda. Hal ini tentunya berhubungan dengan gangguan yang terjadi pada otak. Seperti misalnya kanker otak yang menyebabkan sakit kepala bertambah parah dan juga berkelanjutan, terutama ketika Anda bangun tidur. Hal ini tentunya disebabkan oleh tekanan yang ada di otak  yang terjadi selama Anda berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain dari adanya gejala kanker otak, tentunya penyakit paru obstruktif kronik juga dapat menunjukkan gejala yang hampir sama. PPOK ini tentunya mengakibatkan Anda kesulitan dalam bernapas sehingga karbondioksida akan kembali menumpuk di dalam tubuh dan yang mengalir ke otak bukanlah oksigen. Asupan karbondioksida yag cukup banyak tentunya dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Ketika Bangun Tidur

Tentunya, terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit kepala ketika bangun tidur. Beberapa cara di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit kepala ketika bangun tidur, diantaranya:

Hindari tubuh mengalami dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi tentunya akan menyebabkan rasa sakit kepala muncul. Menghindari diri dari dehidrasi tentunya dapat menjadi kunci utama untuk menghindari rasa sakit kepala akibat terjadinya dehidrasi. Dengan banyak mengonsumsi aor putih setiap hari tentunya tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi. Secara otomatis menghindarkan diri kita dari terjadinya sakit kepala ketika bangun tidur.

Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin terbilang lebih efektif dalam menghindari sakit kepala dibandingkan dengan mandi air hangat. Terlebih penyebab sakit kepala yang disebabkan oleh konsumsi alhokol. Mandi dengan air dingin tentunya dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengatasi terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur di sini tentunya bisa diatasi dengan memperbaiki posisi tidur. Usahakan posisi bantal sejajar dengan posisi kepala dan juga leher. Untuk itu, gunakan selimut dalam mengantisipasi udara dingin pada saat malam hari. Hal ini tentunya agar dapat terhindar dari gigi grinding akibat cuaca dingin.

Usahakan tidur cukup

Kualitas tidur dapat sangat baik jika kita mengusahakan diri untuk istirahat yang cukup. Dalam hal ini tentunya Anda harus menghindari yang namanya bergadang karena dapat mengakibatkan kurang tidur.

Pijat kepala

Cara yang selanjutnya tentu menjadi sebuah alternatif bagi Anda dimana denagn memijat kepala tentunya Anda bisa mengatasi yang namanya sakit kepala ketika bangun tidur. Dalam hal ini pijat yang dilakukan pada kepala dapat mengurangi rasa sakit fisik sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

Jangan terlalu banyak kafein

Tidak dapat dipungkiri bahwa kafein bisa membantu orang untuk tetap fokus pada saat mengawali hari. Namun, jika terlalu banyak, maka dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Untuk itu, cobalah batasi konsumsi kafein Anda setiap harinya untuk menghindari sakit kepala yang terjadi ketika Anda bangun tidur.

Rasa sakit kepala yang terjadi pada Anda ketika bangun tidur tentunya dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga kepala tetap sehat dan juga segar ketika bangun tidur. Itulah beberapa hal penyebab sakit kepala ketika bangun tidur yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat! 

Sakit Kepala Bagian Atas | Ubun - Ubun Seperti Tertekan

Tentunya kita pernah bahkan sering mengalami yang namanya sakit kepala bagian atas. Hal ini tentunya menjadi salah satu kondisi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan juga mengganggu aktivitas. Bagaimanapun juga, sakit kepala memang berkaitan dengan bagian kepala yang tegang. Banyak orang yang menganggap bahwa sakit kepala kerap dihubungkan dengan stres yang dialami seseorang.

Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah seratus persen benar, karena banyak sekali penyebab sakit kepala yang kerap menyerang kita. Sakit kepala di dalam bahasa medis disebut sebagai sefalgia dan tentu bisa menyerang bagian kepala mana saja seperti bagian belakang, bagian atas, sebelah kiri dan juga sebelah kanan. Ternyata setiap bagian dari rasa sakit kepala tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang juga berbeda.

Untuk sakit kepala bagian atas, umumnya dialami oleh orang dewasa, terutama wanita. Sakit kepala bagian atas ini tentunya bisa terjadi secara periodik ataupun harian. Disebut periodik tentunya sakit kepala ini terjadi kurang dari 15 kali per bulannya atau bahkan lebih dari 15 kali setiap bulannya. Jika rasa sakit kepala yang dialami oleh seseorang lebih dari 60 kali setiap bulannya, maka dapat disebut sebagai sakit kepala kronis yang tentu harus diwaspadai. Tentunya, kami akan membahas beberapa penyebab serta cara mengatasi sakit kepala bagian atas yang mungkin sedang atau sering Anda alami.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas

Sakit kepala bagian atas umumnya dirasakan pada bagian ubun-ubun. Banyak orang yang sering mengeluhkan akan rasa sakit ini. Ubun-ubun tentunya terasa seperti ditusuk dan juga ditekan dengan keras. Rasa sakit kepala bagian atas pada ubun-ubun memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala ini sehingga menjadi salah satu rasa sakit kepala yang tidak perlu dikhawatirkan.

Rasa sakit kepala pada ubun-ubun umumnya disebabkan oleh terkenanya air hujan atau terlalu stres memikirkan beban pekerjaan ataupun masalah keluarga. Namun, ternyata rasa sakit kepala pada ubun-ubun terjadi bukan hanya disebabkan oleh kedua hal tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat dimasukkan ke dalam penyebab rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Stres

Penyebab yang pertama ini memang menjadi salah satu hal yang menyebabkan rasa sakit kepala bagian atas, terutama ubun-ubun. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memikirkan segala sesuatu di dalam hidupnya baik masalah pekerjaan, keluarga, korelasi dan juga masalah lainnya. Banyak yang tidak menyadari bahwa terlalu memikirkan hal-hal tersebut dapat memicu seseorang menjadi stres.

Seperti yang kita tahu bahwa stres ialah sebuah tekanan mental yang sangat mempengaruhi pikiran kita. Selain itu, stres juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia sehingga jika terus dibiarkan, maka akan memiliki pengaruh negatif bagi Anda. Sakit kepala bagian atas ummnya terjadi pada sebagian besar orang yang tentu disebabkan oleh rasa stres yang sangat berlebihan. Intinya, kinerja otak pada bagian atas terlalu berat sehingga menyebabkan rasa sakit kepala bagian atas.

Kurangnya Asupan Makanan

Penyebab selanjutnya yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami rasa sakit kepala bagian atas tentunya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan. Dalam hal ini tentunya asupan makanan memang sangat diperlukan terlebih bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala. Rasa lapar yang berlebih serta ditunda tentunya menjadi salah satu penyebab rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun.

Kurangnya asupan protein tentu sangat mempengaruhi kinerja tubuh dan juga otak. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala bagian atas dikarenakan kurangnya asupan gizi dan juga nutrisi di dalam makanan. Asupan makanan di sini tentunya tidak hanya disebabkan oleh kandungan nutrisi di dalam makanan. Namun juga menyangkut kebutuhan harian yang memang diperlukan oleh tubuh. Jika kebutuhan harian Anda tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan Anda akan sering mengalami rasa sakit kepala bagian atas.

Sering Cemas

penyebab selanjutnya memang hampir sama dengan penyebab yang pertama yakni terlalu cemas akan segala sesuatu. Mungkin Anda pernah mengalami rasa cemas berlebih yang terjadi secara tiba-tiba atau karena sesuatu hal. Dalam hal ini terntunya cemas ialah salah satu perasaan yang tidak tenang serta dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Perasaan tersebut tentunya akan menyita pikiran dan juga perhatian kita. Maka, tidak heran jika orang yang sering merasa cemas berlebih tentu mengalami rasa sakit kepala bagian atas terutama pada ubun-ubun.

Seperti yang kita tahu bahwa rasa cemas bisa memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh dan juga kepala kita. Efek yang dapat timbul dari rasa cemas yang berlebihan ialah rasa sakit pada bagian kepala atas yang berkelanjutan. Hal ini karena rasa cemas dapat mengganggu kualitas tidur dan juga gangguan makan. Maka dari itu, biasakan untuk menenangkan diri Anda sendiri dan berpikir bahwa semua yang akan terjadi akan baik-baik saja.

Bekerja Terlalu Berat

Selain rasa cemas yang sering dirasakan, tentunya melakukan pekerjaan yang berat bisa menjadi salah satu penyebab dari rasa sakit kepala bagian atas. Dalam hal ini tentunya Anda akan dituntut melakukan pekerjaan dengan baik sehingga muncul tekanan pada diri Anda untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Namun sayangnya, bekerja terlalu keras dan juga berat dapat menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit kepala terutama pada bagian ubun-ubun.

Rasa sakit kepala bagian atas juga dapat pula disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah sehingga menghabiskan tenaga yang cukup banyak pula. Mengistirahatkan tubuh Anda memang menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Kondisi ini tentunya dapat mencegah rasa sakit kepala yang kerap menyerang Anda ketika melakukan pekerjaan yang keras dan juga berat.

Adanya Infeksi

Infeksi di dalam tubuh tentunya memiliki bahaya dan juga efek samping. Gejala dari infeksi tersebut tentunya bisa timbul dengan rasa sakit kepala seperti ditusuk-tusuk pada bagian atas kepala. Sakit kepala bagian atas ini tentunya bisa disebabkan oleh adanya pengaruh infeksi virus seperti radang sinusitis,  meningitis, radang tenggorokan dan juga penyakit lainnya. Infeksi di sini tentunya bisa disebabkan oleh adanya pengaruh kuman, bakteri dan juga virus yang kerap menyerang tubuh Anda

Dampak Sakit Kepala Sebelah

Seperti yang kita tahu bahwa rasa sakit kepala sebelah kerap disebut dengan istilah migrain. Dalam hal ini tentunya migrain kerap menyerang seseorang yang tentunya membuatnya merasa tidak nyaman. Mungkin banyak orang yang kurang menyadari bahwa efek samping yang ditimbulkan dari migrain ini sangatlah buruk. Dimana nantinya Anda akan sering mengalami rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun.

Rasa sakit kepala bagian atas tentunya dapat mengakibatkan seseorang mudah lelah dan juga tidak dapat beraktivitas dengan sangat bebas. Rasa sakit kepala yang menusuk pada ubun-ubun memang dapat terjadi terlebih bagi Anda yang sering mengalami rasa sakit kepala sebelah. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit kepala sebelah yang nantinya akan mengakibatkan rasa sakit dan tertekan pada bagian ubun-ubun.

Tubuh Kurang Istirahat

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan rasa sakit kepala bagian atas ialah kurangnya tubuh beristirahat. Kondisi tubuh yang kurang beristirahat tentunya menjadi salah satu tanda dimana tubuh merasa lelah. Dalam hal ini rasa sakit kepala dapat terjadi secara keseluruhan. Untuk mencegah tubuh agar tidak terlalu lelah tentunya Anda harus mengembalikan tubuh tetap fit. Dengan menjaga tubuh tetap berstamina tentunya Anda sedikitnya dapat menghindarkan diri dari rasa sakit kepala bagian atas.

Gejala Sakit Kepala Bagian Atas

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab dari rasa sakit kepala bagian atas. Tentunya, tidak lengkap jika kita tidak membahas gejala sakit kepala bagian atas yang bisa timbul secara tiba-tiba. Gejala yang timbul tentunya bisa terjadi terutama pada bagian ubun-ubun. Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengetahui gejala rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Rasa Sakit Kepala Yang Berulang

Gejala pertama yang timbul dari rasa sakit kepala bagian atas ialah rasa sakit yang berulang-ulang. Biasanya penderita sakit kepala akan mengalami rasa nyeri pada ubun-ubun dan akan sering berulang dengan sendirinya dalam jangka waktu yang singkat. Rasa sakit kepala ini tentunya akan terjadi kapan saja dan dimana saja. Rasa sakit kepala yang berulang tentunya dapat menyebabkan tubuh mudah lemah. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan akvitivas menjadi terganggu hingga jangka waktu yang cukup lama. Anda tentunya bisa memberikan waktu yang cukup untuk istirahat dan tidak terlalu memikirkan pekerjaan yang terlalu berat.

Sulit Berkonsentrasi

Gejala selanjutnya yang bisa menjadi salah satu indikasi dari rasa sakit kepala bagian atas ialah sulitnya seseorang untuk berkonsentrasi. Ketika rasa sakit timbul terutama pada bagian ubun-ubun tentunya bisa menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi. Rasa sakit kepala yang berlebih terutama pada bagian ubun-ubun tentunya sagat mempengaruhi seseorang ketika mereka berpikir dan juga mengerjakan sesuatu. Sulitnya berkonsentrasi tentu sangat merugikan dan juga tidak disarankan. Alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memperbaiki kesehatan tubuh Anda sehingga konsentrasi dapat kembali.

Rasa Sakit Pada Otot

Gejala lain yang bisa timbul pada rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun ialah rasa sakit pada otot. Seperti yang kita tahu bahwa seseorang yang mengalami rasa sakit kepala tentunya akan mengalami rasa sakit kepala bagian atas. Hal ini tentunya disebabkan oleh keadaan saraf-saraf yang terlalu tertekan sehingga rasa sakit akan muncul pada bagian kepala atas.

Nyeri otot tentunya bisa Anda rasakan di berbagai bagian tubuh. Hal ini tentunya bisa menyerang bagian pundak, kepala dan juga punggung. Rasa nyeri di sini tentunya bisa mempengaruhi stamina penderita sehingga mudah sakit bahkan tidak dapat dikendalikan lagi rasa sakitnya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengurangi hal-hal yang dapat memicu rasa sakit kepala pada ubun-ubun.

Sulit Tidur

Selain sulit berkonsentrasi, rasa sakit kepala bagian atas juga bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Hal ini tentunya seseorang akan sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas jika merasakan rasa sakit kepala bagian atas. Jika terus dibiarkan, maka Anda akan terus mengalami hari yang cukup melelahkan sehingga sanngat mudah mengubah pola tidur Anda. Jika pada malam hari Anda tidak tidur, maka kemungkinan besar Anda akan tidur pada siang hari. Kondisi ini jika terus berlanjut, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk memaksakan diri untuk tidur untuk mengistirahatkan tubuh Anda.

Cara Mengobati Rasa Sakit Kepala Bagian Atas

Rasa sakit kepala tentunya bisa Anda atasi dengan melakukan beberapa hal yang tentu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengobati rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Konsumsi Teh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi teh. Kita semua tahu bahwa teh dapat mengurangi rasa sakit kepala. Beberapa jenis teh yang dapat Anda gunakan diantaranya daun teh alpukat, teh hijau dan juga daun teh mint. Jenis teh tersebut tentunya bisa menjadi obat untuk mengatasi rasa sakit kepala bagian atas. Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan jika akan menggunakan daun teh mint untuk mengurangi rasa sakit kepala diantaranya:

- Siapkan sejumlah daun mint secukupnya

- Siapkan pula air secukupnya untuk merebus daun teh

- Rebuslah daun mint tersebut ke dalam air hingga mendidih

- Saringlah rebusan daun mint tersebut dan tuangkan ke dalam wadah

- Konsumsilah daun teh mint tersebut hingga sakit kepala yang Anda rasakan bisa berkurang intensitas  sakitnya.

Terapi Bagian Kepala Atas

Cara selanjutnya tentunya Anda bisa melakukan terapi bagian kepala atas. Secara umum tentunya rasa sakit kepala bagian atas disebabkan oleh ketegangan pada bagian saraf dan juga otot-otot kepala. Dengan melakukan terapi kepala ini tentunya Adna bisa melakukan langkah yang pasti untuk mengurangi rasa sakit kepala pada bagian ubun-ubun ini.

Konsumsi Obat-Obatan

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi obat-obatan. Dalam hal ini tentunya obat-obatan yang Anda konsumsi harus sesuai dengan petunjuk dan juga dosis dokter. Anda tentunya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai. Dalam hal ini tentunya Anda dilarang mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Olahraga Dengan Teratur

Olahraga memang menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati rasa sakit kepala bagian atas. Dalam hal ini olahraga dapat mencegah banyak penyakit sehingga dapat merangsang saraf-saraf untuk memberikan sinyal yang baik. Olahraga tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa stres yang timbul pada tubuh Anda. Otot-otot yang terkena matahari dan juga berkeringat tentunya dapat terlepas dari dalam tubuh. Ini tentunya cara yang paling efektif dalam mengembalikan tubuh yang bebas dari rasa sakit kepala.

Konsumsi Buah dan Sayur

Dalam mengatasi rasa sakit kepala tentunya tidak bisa lepas dari asupan makanan dan juga minuman. Dalam hal ini tentunya Anda bisa memenuhi asupan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah dan juga sayur. Dengan rutin mengonsumsi buah dan juga sayur tentunya bisa memberikan nutrisi pada kesehatan tubub dan juga kepala Anda.

Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Kondisi ini tentunya memiliki pengaruh yang baik terhadap kesehatan Anda sehingga Anda dapat mencegah beberapa penyakit yang timbul di kemudian hari. Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala bagian atas, gejala dan cara mengobatinya. Semoag bermanfaat!

Bahaya Sakit Kepala Bagian Belakang Yang Banyak Disepelekan Banyak Orang

Sakit kepala bagian belakang memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Sakit kepala bagian belakang memang banyak dikeluhkan oleh banyak orang karena sangat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Bagaimanapun juga, sakit kepala termasuk ke dalam salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan sakit kepala bagian belakang dapat menjadi salah satu indikasi dimana adanya penyakit serius di dalam tubuh Anda.

Rasa sakit kepala di bagian belakang mungkin saja memiliki keluhan yang berbeda setiap orangnya. Seperti yang kita sering alami bahwa sakit kepala atau dalam istilah media cephalgia ialah rasa nyeri yang dapat dirasakan dan terjadi di atas mata, telinga, bagian atas kepala, kepala sebelah kiri atau kanan dan juga bagian belakang hingga leher dan pundak. Nah, bagian yang sering dialami oleh banyak orang ialah sakit kepala bagian belakang. Tentunya, Anda harus waspada karena jika rasa sakit kepala bagian belakang terus berlanjut, maka akan menimbulkan dampak yang lebih serius. Lantas, mengapa rasa sakit bagian belakang banyak dialami oleh sebagian besar orang? Apa penyebab dan akibat yang akan timbul jika sering mengalami sakit kepala bagian belakang? Yuk kita langsung simak saja penjelasan kami berikut ini!

Bahaya Sakit Kepala Bagian Belakang

Jika Anda mengalami sakit kepala bagian belakang cukup sering, tentunya jangan pernah menganggap sepele. Hal ini dikarenakan rasa sakit kepala bagian belakang dapat berbahaya dan menjadi indikasi adanya penyakit serius. Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa sakit kepala bagian belakang dapat mengganggu aktivitas dan dapat menghentikan kegiatan Anda sehari-hari. Jika Anda terus memaksakan diri meskipun mengalami rasa sakit kepala, tentu ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Memang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahaya yang mungkin timbul dari rasa sakit bagian kepala belakang. Selain menjadikan Anda lebih waspada, rasa sakit kepala bagian belakang juga dapat segera Anda atasi. Berikut ini beberapa bahaya sakit kepala bagian belakang yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

Berakibat kelainan pada tulang leher

Bahaya pertama yang ditimbulkan dari rasa sakit kepala bagian belakang yakni berisiko mengalami kelainan pada tulang belakang Anda. Bagaimanapun juga, leher menjadi titik yang paling dominan yang sering dialami akibat rasa sakit kepala bagian belakang. Jenis sakit kepala yang memiliki dampak yang buruk bagi tulang leher ialah sakit kepala servikogenik dimana rasa sakit yang dirasakan berada di tulang leher dan juga bagian kepala belakang.

Pada umumnya, gerakan ataupun posisi tertentu dapat berakibat rasa sakit pada tulang leher Anda. Rasa sakit kepala ini akan timbul jika Anda mengalami batuk, bersin dan juga mengedan. Sakit kepala bagian belakang ini tentunya akan memiliki dampak yang cukup buruk karena bisa mengakibatkan terbatasnya gerakan leher akibat kaku sehingga jika terus menerus terjadi, maka akan berdampak buruk bagi tulang leher Anda.

Terjadinya kram pada otot leher

Selain adanya gangguan pada tulang leher, sakit kepala bagian belakang juga dapat mengakibatkan terjadinya kram pada otot leher. Hal utama yang pasti Anda rasakan ketika sakit kepala bagian belakang ialah rasa kram yang terjadi pada leher. Sakit kepala bagian belakang dikenal dengan istilah Tension Type Headache. Rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan kram pada otot leher pada umumnya terjadi ketika Anda duduk dalam waktu yang cukup lama atau sering menatap layar komputer.

Selain itu, rasa cemas dan gelisah yang berlebih dapat berdampak pada rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan kram pada otot. Kram pada otot leher lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Jika pekerjaan Anda memang tidak bisa lepas dari layar komputer, maka alangkah baiknya jika Anda tidak terlalu lama menatap layar komputer agar tidak terjadi kram otot dan rasa sakit kepala bagian belakang.

Menyebabkan kanker otak

Rasa sakit kepala bagian belakang yang perlu Anda waspadai dapat memicu timbulnya kanker otak. Bagaimanapun juga, kanker otak sangat berbahaya karena termasuk ke dalam salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Siapa sangka ternyata rasa sakit kepala bagian belakang bisa memicu penyakit yang serius.

Kanker otak memang tidak memiliki gejala yang cukup signifikan karena pada gejala awal tidak menimbulkan efek yang besar. Meskipun memang kanker otak tidak hanya ditandai dengan rasa sakit kepala bagian belakang. Namun jika Anda sering mengalaminya, maka tetap saja Anda harus waspada. Hal ini dikarenakan munculnya intensitas sakit kepala dapat menjadi indikasi timbulnya penyakit lain yang lebih serius dan sangat berbahaya. Berikut ini beberapa rasa sakit kepala yang menjadi gejala adanya penyakit kanker otak, diantaranya"

- Sakit kepala bagian belakang yang hebat dan disertai dengan gejal lain seperti mual, muntah, sulit berbicara bahkan kejang-kejang. Kondisi ini tentunya dapat terjadi secara berulang-ulang dan sering.

- Sakit kepala bagian belakang terus terjadi secara berulang-ulang dan dalam intensitas yang sering. Namun, rasa sakit kepala bagian belakang tersebut dapat hilang dengan sendirinya dan akan terjadinya dengan tiba-tiba pula.

- Biasanya mengalami rasa sakit kepala setelah bangun tidur terutama di pagi hari. Saat bangun tidur mungkin Anda akan mengalami rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan rasa mual yang hebat dan akan berlangsung sampai siang hari. Kondisi ini akan terus terjadi secara berulang setiap harinya.

- Sakit kepala pada bagian kepala belakang semakin memburuk hingga Anda tidak bisa berjalan ataupun duduk. Gejala sakit kepala yang menjadi gejala kanker otak ini tentunya bisa terjadi bahkan sampai Anda tidak bisa tidur sakit hebatnya rasa sakit kepala tersebut.

Adanya gejala meningitis

Selain kanker otak, tentunya rasa sakit kepala bagian belakang dapat menjadi tanda adanya penyakit lain yang serius yaitu meningitis. Seperti yang kita tahu bahwa meningitis ialah salah satu penyakit yang banyak terjadi dan bahkan merenggut nyawa sebagian orang. Meningitis ialah sebuah peradangan selaput pelidung otak atau sumsum tulang belakang. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh bakteri, virus dan juga mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan infeksi pada selaput pelindung otak dan juga sumsum tulang belakang atau yang disebut dengan meningen.

Penyakit ini tentunya sudah banyak merenggut nyawa banyak orang dengan memiliki ciri-ciri rasa sakit pada kepala bagian belakang dan juga leher yang kaku. Rasa sakit yang hebat ini biasanya menjalar dari kepala hingga punggung. Anda juga tentunya bisa merasakan mual dan juga muntah yang disertai dengan demam. Jika Anda sering mengalami rasas sakit kepala bagian belakang disertai dengan leher yang kaku, maka dapat dipastikan bahwa Anda akan mengalami penyakit lain yang lebih serius yakni meningitis.

Jika gejala ini tidak ditangani secara serius, tentunya akan membuat penyakit ini menjadi lebih parah. Terlebih jika tidak mendapatkan penanganan yang lebih serius, rasa sakit kepala bagian belakang tentu akan terus berlangsung sehingga tidak heran jika penyakit serius lainnya bisa muncul dengan cepat.

Memicu timbulnya tumor otak

Selain kanker otak, rasa sakit kepala bagian belakang juga bisa mengindikasi adanya tumor otak. Tumor otak merupakan salah satu jenis penyakit serius yang diakibatkan oleh tumbuhnya jaringan sel-sel abnormal di sekitar otak. Sedangkan kanker otak ialah tumbuhnya sel-sel abnormal yang menyebar ke seluruh bagian kepala lainnya bahkan sampai tulang belakang.

Tumor dapat dibagi menjadi dua jenis yakni tumor jinak dan juga tumor ganas. Tumor jinak ini tidak bersifat kanker, sedangkan tumor ganas memiliki sifat seperti kanker. Gejala rasa sakit kepala bagian belakang yang menjadi tanda adanya tumor otak tidak berbeda dengan gejala lainnya seperti kanker otak. Rasa sakit kepala bagian belakang ini bisa terjadi ketika bangun tidur dalam waktu yang sering dan berulang disertai rasa mual dan juga muntah.

Temporal arteritis

Rasa sakit kepala bagian belakang yang dapat mengindikasi adanya penyakit serius ialah adanya temporal arteritis. Penyakit ini yakni adanya kondisi dimana arteri temporal yang berfungsi menyuplai darah ke kepala dan otak dapat mengalami peradangan. Kondisi ini tentunya kehilangan fungsinya karena melemahnya kekebalan tubuh akibat penggunaan antibiotik. Gejala yang ditimbulkan dari rasa sakit kepala akibat temporal arteritis ditandai dengan sakit kepala yang seperti tertusuk pada bagian kepala dan leher, kulit kepala berkeringat, nyeri otot, penurunan nafsu makan bahkan gangguan penglihatan.

Pada umumnya, rasa sakit bagian kepala belakang tidak terlalu berbahaya, namun jiak terjadi secara terus menerus dan juga berulang bahkan disertai dengan gejala lainnya. Alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan juga pola makan yang tepat.

Migrain

Kondisi rasa sakit kepala bagian belakang tentunya dapat menjadi tanda Anda mengalami migrain. Migrain memang pada umumya terjadi pada salah satu bagian kepala baik kiri, kanan dan juga belakang. Meskipun migrain termasuk ke dalam jenis sakit kepala yang tidak terlalu berbahaya dan sering dialami oleh banyak orang. Namun jiak disertai dengan mual dan muntah akan berdampak buruk pula bagi kesehatan tubuh Anda. Ada baiknya jika Anda menghindari jenis makanan tertentu seperti keju, cokelat, kafein, alkohol, dan juga penyedap rasa terutama bagi Anda yang sensitif terhadap jenis makanan tertentu.

Sakit Kepala Vaskular

Mungkin banyak orang yang dibuat bingung dengan istilah yang satu ini. Sakit kepala yang terjadi di bagian belakang kepala ini tentunya menjadi indikasi adanya penyakit lain yang lebih serius. Rasa sakit kepala ini tentunya dapat berulang dan hampir mirip dengan migrain. Namun, ada perbedaan dimana rasa sakit kepala viskular disertai dengan adanya peningkatan pada sensitivitas cahaya dan juga suara sehingga menyebabkan penderita lebih sakit ketika terkena cahaya dan suara yang terlalu bising.

Akibat sinusitis

Sinusitis ialah sebuah istilah untuk mendeskrispikan sebagai sebuah gangguan yang bisa muncul di daerah belakang yang disebabkan oleh adanya peradangan oleh sinus sphenoid. Sinus ialah sebuah bagian yang ada dari dalam tengkorak dari dalam tengkorak yang berupa 4 pasang ruangan berisikan udara. Lendir tersebut tentunya akan diproduksi oleh selapur lendir yang tentu menjadi lapisan rongga sehingga bagian hidung menjadi basah. Bagaimanapun juga, rasa sakit kepala akan muncul pada bagian belakang di bagian dalam tengkorak. Untuk itu, segeralah periksakan diri ke dokter agar tidak menyerah lebih jauh lagi.

Oksipital Neuralgia

Jenis sakit kepala ini tentunya termasuk ke dalam jenis sakit kepala yang berulang-ulang dan terjadi pada bagian kepala belakang. Hal ini tentunya dapat juga dipicu oleh kondisi kerusakan pada saraf oksipital yang tentu menyuplai bagian belakang maupun atas kepala. Rasa sakit yang diakibatkan oleh kerusakan saraf tentunya disebabkan oleh adanya tumor, infeksi, osteoarthritis dan juga cedera pada leher.

Sakit kepala kronis harian

Sakit ini tentunya memang terjadi pada bagian belakang dan terjadi setiap harinya. Rasa sakit kepala ini pada umumnya terjadi dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sakit kepala ini tentunya dipicu oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah. Hal ini tentu cedera leher dianggap sebagai salah satu faktor yang berawal dari rasa sakit kepala ini. Rasa sakit kepala ini tentunya dapat diredakan dengan cara menempuh jalur fisioterapi. Pada pengobatan lain, tentunya dokter akan memberikan obat antidepresan yang merupakan kombinasi dari fisioterapi. Bagaimanapun juga, rasa sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi harian kronis tidak boleh menggunakan obat pereda rasa sakit yang justru akan membuat keadaan menjadi lebih buruk lagi.

Sakit kepala exertional

Jenis sakit kepala ini tentunya sering terjadi pada bagian belakang. Faktor utama yang bisa memicu terjadinya kondisi ini tentu dikarenakan kegiatan fisik yang beragam dan juga terlalu banyak. Beberapa aktivitas tertentu akan membuat kondisi semakin parah. Kegiatan yang begitu berat seperti buang air besar akibat sembelit, batuk yang dapat mengencangkan otot perut, berlari serta berhubungan intim dengan pasangan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sakit kepala bagian belakang akan membuat belakang mata ataupun seluruh area kepala menjadi sangat sakit. Penderita pada umumnya akan merasakan sakit selama 20 menit tanpa henti sehingga dapat membuat kondisi tubuh seseorang menjadi tidak nyaman. Jika Anda mengalami rasa sakit kepala yang sangat sering, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Bagaimanapun juga, sakit kepala memang sangat mengganggu dan juga membuat kita merasa tidak nyaman. Rasa sakit yang mencengkram pada bagian kepala belakang memang sangat menyiksa dan juga menjadi masalah utama pada ketegangan otot leher. Namun tentunya, ada beberapa tips dan juga cara untuk mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang. Alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu menggunakan obat-obatan alami dan juga tradisional untuk mendapatkan pengobatan. Hal ini dikarenakan obat-obatan tradisional lebih aman dibandingkan dengan obat racikan. Berikut kami sajikan beberapa cara mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

Cara yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah ialah dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Dengan meminum air putih tentunya dapat sedikitnya meringankan rasa sakit kepala bagian belakang. Air putih tentunya menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan terbilang sangat mudah dan juga murah. Cukupilah kebutuhan air putih Anda baik untuk mencegah terjadinya rasa sakit di kepala bagian belakang.

Sakit kepala bagian belakang memang menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh hampir setiap orang. Hal ini tentu dari masing-masing individu mengalami rasa sakit kepala yang disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Itulah beberapa bahaya sakit kepala bagian belakang yang tentu bisa menjadi salah satu indikasi dari adanya penyakit serius pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Kenalilah Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebagai Indikasi Adanya Penyakit Serius

Sakit kepala kerap menyerang siapa saja yang tentunya tidka mengenal usia dan juga jenis kelamin. Tidak hanya orang dewasa, bahakn anak-anak juga sering mengalami yang namanya sakit kepala. Bagaimanapun juga, sakit kepala memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan juga menghambat aktivitas kita sehari-hari. Sakit kelapa bisa terjadi di kepala sebelah kiri dan juga sebelah kanan.

Untuk kesempatan ini, kami akan membahas mengenai sakit kepala yang terjadi di sebelah kiri dan memang umum terjadi. Sakit kepala sebelah kiri tentunya dapat disebabkan oleh faktor apa saja. Hal ini dapat dikatakan bahwa sakit kepala sebelah kiri wajib untuk Anda waspadai. Tidak menutup kemungkinan jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah kiri bisa mengindikasikan adanya suatu penyakit yang serius di dalam tubuh Anda.

Sakit kepala sebelah kiri mungkin dianggap sebagai migrain ataupun karena beban aktivitas sehari-hari. Namun, tidak setiap sakit kepala sebelah kiri dapat dikatakan sebagai migrain ataupun karena lelah. Untuk menyimpulkannya, tentu kita harus mengetahui apa penyebab dari sakit kepala sebelah kiri yang sangat penting untuk Anda kenali.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala sebelah kiri tentunya dapat membuat kesehatan tubuh seseorang menjadi terganggu. Bagaimanapun juga, ketika kesehatan tubuh kita terganggu, maka akan berdampak pada kondisi tubuh yang tidak stabil sehingga akan menghambat aktivitas Anda. Tidak sedikit orang yang mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri harus beristirahat dan juga tidur tanpa melakukan apapun, termasuk makan. Hal ini ketika seseorang mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri akan membuatnya sulit untuk berdiri sekalipun.

Jika Anda sering mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri, tentunya Anda jangan langsung menyimpulkan akan rasa sakit kepala yang Anda alami. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlbeih dahulu apa penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri yang saat ini kerap menyerang Anda. Berikut kami sajikan beberapa indikasi penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Yuk kita langsung simak saja berikut ini:

Migrain

Penyebab utama yang bisa menjadi salah satu indikasi dimana Anda mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri dapat disebabkan oleh migrain. Kondisi ini dapat pula menyerang di salah satu sisi kepala Anda, terutama bagian kiri. Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain tentunya dapat ditandai dengan rasa sakit yang berdenyut-denyut. Selain itu, rasa sakit tersebut akan disertai dengan mual dan juga muntah serta penglihatan yang kabur.

Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain bisa berlangsung selama beberapa jam hingga 3 hari lamanya. Untuk penyebab migrain tentunya belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa indikasi yang mendekati bahwa migrain dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol, stres, ketidakseimbangan hormon, pengaruh cahaya, suara yang terlalu kuat hingga paparan sinar matahari. rasa sakit kepala sebelah kiri yang paling banyak dialami oleh banyak orang tentunya disebabkh oleh migrain.

Sakit kepala tegang

Penyebab kedua yang menjadi indikasi rasa sakit kepala sebelah kiri ialah rasa sakit kepala yang tegang. Rasa tegang di bagian kepala sebelah kiri tentunya dapat disebabkan oleh kurang tidur, stres, ketegangan otot, telat makan serta postur tubuh yang kurang baik. Tekanan yang terjadi pada kepala sebelah kiri tentunya diiringi oleh rasa sakit yang terjadi pada bahu dan juga leher. Selain itu, penderita rasa sakit sebelah kiri juga dapat ditandai oleh gelaja nyeri tumpul pada leher dan juga bahu.

Sinusitis

Penyebab selanjutnya yang menjadi indikasi dari rasa sakit kepala sebelah kiri dapat juga disebabkan oleh sinusitis. Seperti yang kita tahu bahwa sinusitis disebabkan oleh peradangan dan juga inflamasi yang terjadi pada dinding sinus. Perlu Anda ketahui bahwa sinus ialah sebuah ringga kecil yang berisi udara yang berada di tulang belakang dahi dan juga pipi. Dalam hal ini sinusitis termasuk ke dalam sebuah penyakit yang dapat menjangkit banyak orang tanpa mengenal usia dan juga jenis kelamin.

Pada umumnya, sinusitis dapat ditandai dengan gejala lain seperti napas berbau, demam dengan suhu 38 derajat celcius, hidung tersumbat, nyeri apda bagian wajah ketika ditekan, flu yang terjadi berkelanjutan bahkan kehilangan indera penciuman. Sinusitis di sini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya virus flu, infeksi gigi, infeksi jamur, merokok, alergi dan juga infeksi bakteri sekunder. Jika rasa sakit kepala sebelah kiri karena disebabkan oleh sinusitis, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk memeriksakan ke dokter THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan) agar dapat menangani penyakit tersebut lebih lanjut lagi.

Sakit Kepala Cluster

Penyebab selanjutnya yang menjadi tanda dari rasa sakit kepala sebelah kiri ialah karena sakit kepala cluster. Jenis sakit kepala ini ialah rasa nyeri pada kepala yang terjadi secara tiba-tiba dan juga berulang bahkan berada di dalam suatu siklus ataupun pola tertentu. Rasa sakit kepala cluster umumnya terjadi secara tiba-tiba. Rasa sakit kepala cluster dapat juga disebut sebagai sakit kepala musiman ataupun depresi akibat beban pekerjaan setiap harinya.

Sakit kepala cluster ini pada umumnya banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan wanita. Ada beberapa faktor pemicu rasa sakit kepala sebelah kiri diantaranya cuaca yang cukup panas, rhinitis alergi, stres, relaksasi, penggunaan nitrogliserin, aktivitas seksual, kebiasaan merokok serta faktor genetik (keturunan). Rsa sakit kepala clsuter ini bisa berlangsung selama 1-2 jam setiap harinya dan biasanya dialami ketika bangun tidur.

Gejala umum yang terjadi jika seseorang mengalami sakit kepala cluster diantaranya sakit kepala yang sangat menyiksa muncul di bagian mata, leher, kepala dna wajah. Sakit kepala cluster juga dapat ditandai dengan nyeri pada sebelah bagian tubuh, tidak dapat tidur, air mata keluar berlebihan, mata menjadi merah dan bengkak, lubang hidung tersumbat, muncul keringat berlebih pada wajah dan juga dahi, kelopak mata mulai turun, pipul mengecil serta kulit wajah terlihat sangat pucat. Sakit kepala ini umumnya terjadi pada bagian tubuh sebelah kiri yang ditandai dengan kejang dan juga kaku pada beberapa anggota tubuh.

Pre-Menstruasi

Sakit kepala sebelah kiri juga tentunya bisa disebabkan oleh kondisi dimana seorang wanita mengalami yang namanya PMS. Rasa sakit kepala ini tentunya berhubungan dengan siklus menstruasi setiap wanita setiap bulannya. Sakit kepala jenis ini tentunya dapat terjadi karena perubhanan hormon yang terjadi menjelang siklus menstruasi. Sebenarnya, bukan saja kepala bagian kiri yang dapat mengalami rasa sakit ini, namun kepala sebalah kanan juga dapat mengalami hal serupa pada seorang wanita yang memasuki siklus menstruasi.

Gejala yang paling umum terjadi pada perempuan dengan siklus menstruasi ini ialah rasa sakit kepala dan juga leher yang berlebihan atau terasa seperti tertekan. Meskipun tidak terlalu menimbulkan kondisi yang terlalu signifikan, namun tetap saja rasa sakit kepala sebelah kiri ketika memasuki siklus menstruasi ini dapat ,menghambat aktivitas harian Anda. Untuk mengatasi gejala ini, tidak terlalu banyak obat untuk mengobati jenis sakit kepala ini. Dengan konsumsi parasetamol ataupun pereda nyeri pada sakit kepala sudahlah cukup.

Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Selain dari beberapa penyebab yang terlalu berat, ternyata rasa sakit kepala sebelah kiri juga dpaat disebabkan oleh makanan dan juga minuman tertentu.  Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan dan juga minuman dengan jenis tertentu dapat mengakibatkan rasa sakit kepala hebat. Banyak orang yang menganggap bahwa rasa sakit kepala sebelah kiri dapat terjadi secara tiba-tiba. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan dan juga minuman yang dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Jenis makanan seperti durian, kopi, keju, coklat dan juga soda  akan membuat orang yang mengonsumsinya mengalami sakit kepala baik sebelah kiri maupun sebelah kanan.

Stres

Penyebab ini tentunya berhubungan dengan kebiasaan dan juga tekanan Anda dalam hidup. Stres di sini tentunya dapat disebabkan oleh beban pekerjaan, hubungan dengan keluarga dan juga kolega, lingkungan serta aktivitas berlebih yang membuat Anda secara tidak sadar mengakami stres. Rasa stres yang berlebihan tentunya dapat mengundang penyakit lain seperti sakit kepala dan juga kehilangan fokus.

Rasa sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh stres biasanya muncul secara perlahan sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia mengalami stres yang hebat. Bagaimanapun juga, stres dapat meningkat dari ringan ke berat yang tentunya berlangsung cukup lama sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan seperti meminum parasetamol dan ibuprofen. Serta hindari stres sebaik mungkin dengan menganggap beban tersebut sebagai bagian dari kehidupan Anda dan akan terjadi pada orang lain, tidak hanya pada Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga dan juga berjalan-jalan diakhir pekan untuk menghibur diri (me time).

Stroke

Penyebab sakit kepala sebelah kiri ini mungkin dapat dikatakan sebagai tahap yang sudah serius. Bagaimanapun juga, stroke memang kerap menyerang tubuh manusia. Stroke di sini tentunya memiliki definisi yakni terhambatnya pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju otak. Pembuluh darah tersebut tentunya memiliki peran dalam menyalurkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh.

Selain dari rasa sakit kepala sebalah kiri, penyakit stroke juga dapat ditandai dengan gejala lainnya seperti beberapa bagian tubuh yang kaku, penglihatan yang kabur, mata yang berkunang-kunang. Selain itu, rasa kaku tersebut dapat disebabkan oleh adanya tekanan pada syaraf-syaraf otak sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan pada tubuh manusia. Penyakit stroke tentunya dapat juga disertai dengan penglihatan yang kabur dan juga kesulitan dalam berbicara.

Anuerisma

Istilah ini mungkin terdengar asing bagi Anda. Namun ternyata istilah ini termasuk ke dalam penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri. Anuerisma ialah sebuah kondisi dimana terjadinya suatu pembengkakan dan munculnya tonjulan yang seperti kantung pada pembuluh darah arteri pada kepala. Anuerisma bisa mencapai ukuran yang besar bahkan bisa pecah.

Jika Anuerisma terjadi pada bagian kepala sebelah kiri, makan akan mengakibatkan rasa sakit kepala pada sebelah kiri juga, bergitupun sebaliknya. Gejala lain yang dapat timbul jika seseorang mengalami Anuerisma yaitu seperti adanya tekanan yang dapat menimbulkan gangguan penglihatan, mati rasa dan juga sakit kepala yang tidak tertahankan.

Tumor Otak

Ini tentunya termasuk ke dalam penyebab rasa sakit kepala yang sangat serius. Hal ini dikarenakan rasa sakit kepala yang hebat pada bagian sebelah kiri dapat disebabkan oleh adanya tumor pada otak. Pertumbuhan tumor ini tentunya dapat memberikan tekanan di dalam rongga kepala sehingga terjadinya pembuluh darah dan juga syaraf yang terhimpit. Tekanan yang terjadi karena tumor ini tentunya dapat membuat rasa sakit kepala bagian kiri sangatlah hebat.

Rasa sakit pada bagian kepala yang disebabkan oleh tumor tentunya dapat berlangsung cukup lama. Gejala rasa sakit kepala pada bagian kiri tentunya datang secara periodik sehingga semakin lama akan semakin terjadi. Tumor yang terjado pada otak tentunya dapat merusak sistem koordinasi syaraf yang berpusat di dalam otak. Tumor ini juga tentunya dapat membuat orang kehilangan kesadaran, memori dan juga kewarasan, bahkan berisiko kematian.

Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri yang tentu bisa Anda waspadai dan Anda hindari sekarang juga.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri. Alangkah baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana  cara mengatasi rasa sakit sebelah kiri yang tentu sangat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Sebelum kita memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Tentu, ada baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa sakit kepala tersebut.

Oleh karena itu, memang sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri sebelumnya. Setelah kita mengetahui penyebab dan mengatasi sendiri, namun tetap merasakan rasa sakit kepala bagian kiri. Tentu, ini menjadi langkah terakhir bagi Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. berikut kami sajikan beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang bisa Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya, diantaranya:

Pengobatan karena migrain

Sebenarnya obat yang digunakan untuk mengatasi sakit kepala karena migrain dapat ditangani dengan parasetamol ataupun ibuprofen, naproxen dan juga tylenol. Obat tersebut tentunya mengandung pereda nyeri yang memiliki kemampuan untuk meredakan sakit kepala. Pastikan pula Anda meminum obat pereda nyeri tersebut sesuai dengan resep dokter.

Obat-obatan tersebut memang seharusnya diminum setelah makan. Tidak heran jika setelah meminum obat pereda nyeri, Anda akan merasa mengantuk. Ini tentunya menjadi tanda bahwa obat tersebut bereaksi sehingga membuat Anda rileksasi dan juga istirahat agar kinerja obat ini lebih baik.

Pengobatan karena makanan dan minuman tertentu

Jika rasa sakit kepala sebelah kiri terjadi karena konsumsi makanan dan juga minuman tertentu. Memang sangat penting bagi Anda untuk mulai menghindari makanan dan juga minuman tersebut. Jangan sampai Anda terus mengulangi untuk tetap mengonsumsi makanan tersebut bahkan Anda bisa langsung menghentikannya.

Pengobatan karena sinusitus

Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitus tentunya dapat ditangani oleh konsumsi obat anti biotik, anti alergi dan juga obat lainnya. Dengan catatan Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep yang dianjurkan. Selain itu, Anda juga bisa menangani sinusitis dengan mengonsumsi air putih dan juga kompres air hangat.

Pengobatan karena sakit kepala tegang

Sakit kepala pada bagian sebelah kiri tentunya dapat diatasi dengan mengompres bagian yang sakit dengan air hangat ataupun dengan air dingin untuk bisa mengurangi rasa sakit. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh dengan melakukan akupuntur dan akupresur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu sebagai pereda nyeri sakit kepala yang bebas dijual di pasaran ataupun meminta resep khusus dari dokter.

Pengobatan hubungan intim

Jika Anda kerap kali merasakan rasa sakit kepala setelah berhubungan inti,. Tentunya, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri setengah jam sebelum berhubungan intim untuk mencegah sakit kepala. Namun jika rasa sakit kepala tersebut terus Anda rasakan, maka lebih baik Anda menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi.

Pengobatan karena sakit kepala cluster

Penyebab sakit kepala sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh sakit kepala cluster dimana sakit kepala ini ialah sakit kepala musiman. Anda tentunya bisa mengurangi rasa sakit kepala tersebut dengan menjalani hidup sehat, tidur yang cukup dan juga menjauhi alkohol. Obat-obatan tersebut tentunya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga peradangan.

Pengobatan karena stroke

Jika  Anda mengalami rasa sakit kepala yang menjadi indikasi penyakit stroke. Tentunya, penanganan ini berkaitan dengan dokter ahli yang ada di rumah sakit. Stroke tentunya bisa diatasi dengan melakukan pencegahan seperti berhenti merokok, meminum alkohol, menjaga berat badan, gaya hidup yang seimbang, olahraga dan juga rutin melakukan gerakan tubuh seperti berjalan dan juag berlari.

Dengan pencegahan tersebut tentunya bisa semaksimal mungkin mencegah penyakit stroke  agar tidak dialami oleh Anda. Bagaimanapun juga, penyakit stroke memang diakibatkan oleh terhambatnya pembuluh darah yang akan menyalurkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mulai mengubah kebiasaan dan juga gaya hidup Anda menjadi lebih baik lagi. Dalam mengobati stroke tentunya Anda harus rutin berkonsultasi dan juga memeriksakan diri ke dokter untuk mengontrol penyakit Anda.

Penanganan karena tumor otak

Mungkin penanganan sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh tumor otak harus benar-benar diatasi dengan langkah yang tepat. Bagaimanapun juga, tumor berarti munculnya benjolan di dalam otak yang mengakibatkan penderitanya mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri yang sangat hebat dan berlebihan. Pengobatan sakit kepala karena tumor tentunya tidak bisa disamakan dengan pengobatan yang ringan. Tentunya, setiap individu perlu mendapatkan pengobatan tumor otak ini lebih serius karena penanganan berbeda untuk setiap orangnya. Perbedaan dalam penanganan ini meliputi ukuran, jenis, lokasi dan juga tingkatan bahaya jinak ataukah beratnya.

Beberapa dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa cara dalam menangani tumor otak seperti terap radiasi, pembedahan, kemoterapi dan juga radiosurgery. Prosedur lain yang mungkin akan dilakukan ialah proses pengangkatan tumor ini. Namun sebelumnya dokter akan melakukan penanganan  sebelum memutuskan tidnakan operasi seperti CTScan dan juga rontgen.

Pada beberapa kasus tumor stadium 2, seringkali muncul setelah menjalani pengobatan. Selain itu, tumor jenis ini akan mulai berpotensi menjadi tumor ganas dan akan menyebar ke seluruh otak dengan perkembangan dan juga pertumbuhan yang lebih cepat. Dalam hal ini tentunya dokter akan menyarankan beberapa jenis terapi yang tentu sangat berguna untuk melihat perkembangan dan juga kondisi tumor tersebut.

Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri dan juga beberapa cara mengatasinya yang tentu bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat

Loading...