Sakit Kepala Bagian Atas | Ubun – Ubun Seperti Tertekan

4.62/5 (257)

Tentunya kita pernah bahkan sering mengalami yang namanya sakit kepala bagian atas. Hal ini tentunya menjadi salah satu kondisi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan juga mengganggu aktivitas. Bagaimanapun juga, sakit kepala memang berkaitan dengan bagian kepala yang tegang. Banyak orang yang menganggap bahwa sakit kepala kerap dihubungkan dengan stres yang dialami seseorang.

Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah seratus persen benar, karena banyak sekali penyebab sakit kepala yang kerap menyerang kita. Sakit kepala di dalam bahasa medis disebut sebagai sefalgia dan tentu bisa menyerang bagian kepala mana saja seperti bagian belakang, bagian atas, sebelah kiri dan juga sebelah kanan. Ternyata setiap bagian dari rasa sakit kepala tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang juga berbeda.

Untuk sakit kepala bagian atas, umumnya dialami oleh orang dewasa, terutama wanita. Sakit kepala bagian atas ini tentunya bisa terjadi secara periodik ataupun harian. Disebut periodik tentunya sakit kepala ini terjadi kurang dari 15 kali per bulannya atau bahkan lebih dari 15 kali setiap bulannya. Jika rasa sakit kepala yang dialami oleh seseorang lebih dari 60 kali setiap bulannya, maka dapat disebut sebagai sakit kepala kronis yang tentu harus diwaspadai. Tentunya, kami akan membahas beberapa penyebab serta cara mengatasi sakit kepala bagian atas yang mungkin sedang atau sering Anda alami.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Atas

Sakit kepala bagian atas umumnya dirasakan pada bagian ubun-ubun. Banyak orang yang sering mengeluhkan akan rasa sakit ini. Ubun-ubun tentunya terasa seperti ditusuk dan juga ditekan dengan keras. Rasa sakit kepala bagian atas pada ubun-ubun memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala ini sehingga menjadi salah satu rasa sakit kepala yang tidak perlu dikhawatirkan.

Rasa sakit kepala pada ubun-ubun umumnya disebabkan oleh terkenanya air hujan atau terlalu stres memikirkan beban pekerjaan ataupun masalah keluarga. Namun, ternyata rasa sakit kepala pada ubun-ubun terjadi bukan hanya disebabkan oleh kedua hal tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat dimasukkan ke dalam penyebab rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Stres

Penyebab yang pertama ini memang menjadi salah satu hal yang menyebabkan rasa sakit kepala bagian atas, terutama ubun-ubun. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memikirkan segala sesuatu di dalam hidupnya baik masalah pekerjaan, keluarga, korelasi dan juga masalah lainnya. Banyak yang tidak menyadari bahwa terlalu memikirkan hal-hal tersebut dapat memicu seseorang menjadi stres.

Seperti yang kita tahu bahwa stres ialah sebuah tekanan mental yang sangat mempengaruhi pikiran kita. Selain itu, stres juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia sehingga jika terus dibiarkan, maka akan memiliki pengaruh negatif bagi Anda. Sakit kepala bagian atas ummnya terjadi pada sebagian besar orang yang tentu disebabkan oleh rasa stres yang sangat berlebihan. Intinya, kinerja otak pada bagian atas terlalu berat sehingga menyebabkan rasa sakit kepala bagian atas.

Kurangnya Asupan Makanan

Penyebab selanjutnya yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami rasa sakit kepala bagian atas tentunya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan. Dalam hal ini tentunya asupan makanan memang sangat diperlukan terlebih bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala. Rasa lapar yang berlebih serta ditunda tentunya menjadi salah satu penyebab rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun.

Kurangnya asupan protein tentu sangat mempengaruhi kinerja tubuh dan juga otak. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala bagian atas dikarenakan kurangnya asupan gizi dan juga nutrisi di dalam makanan. Asupan makanan di sini tentunya tidak hanya disebabkan oleh kandungan nutrisi di dalam makanan. Namun juga menyangkut kebutuhan harian yang memang diperlukan oleh tubuh. Jika kebutuhan harian Anda tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan Anda akan sering mengalami rasa sakit kepala bagian atas.

Sering Cemas

penyebab selanjutnya memang hampir sama dengan penyebab yang pertama yakni terlalu cemas akan segala sesuatu. Mungkin Anda pernah mengalami rasa cemas berlebih yang terjadi secara tiba-tiba atau karena sesuatu hal. Dalam hal ini terntunya cemas ialah salah satu perasaan yang tidak tenang serta dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Perasaan tersebut tentunya akan menyita pikiran dan juga perhatian kita. Maka, tidak heran jika orang yang sering merasa cemas berlebih tentu mengalami rasa sakit kepala bagian atas terutama pada ubun-ubun.

Seperti yang kita tahu bahwa rasa cemas bisa memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh dan juga kepala kita. Efek yang dapat timbul dari rasa cemas yang berlebihan ialah rasa sakit pada bagian kepala atas yang berkelanjutan. Hal ini karena rasa cemas dapat mengganggu kualitas tidur dan juga gangguan makan. Maka dari itu, biasakan untuk menenangkan diri Anda sendiri dan berpikir bahwa semua yang akan terjadi akan baik-baik saja.

Bekerja Terlalu Berat

Selain rasa cemas yang sering dirasakan, tentunya melakukan pekerjaan yang berat bisa menjadi salah satu penyebab dari rasa sakit kepala bagian atas. Dalam hal ini tentunya Anda akan dituntut melakukan pekerjaan dengan baik sehingga muncul tekanan pada diri Anda untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Namun sayangnya, bekerja terlalu keras dan juga berat dapat menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit kepala terutama pada bagian ubun-ubun.

Rasa sakit kepala bagian atas juga dapat pula disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah sehingga menghabiskan tenaga yang cukup banyak pula. Mengistirahatkan tubuh Anda memang menjadi salah satu hal yang harus Anda lakukan. Kondisi ini tentunya dapat mencegah rasa sakit kepala yang kerap menyerang Anda ketika melakukan pekerjaan yang keras dan juga berat.

Adanya Infeksi

Infeksi di dalam tubuh tentunya memiliki bahaya dan juga efek samping. Gejala dari infeksi tersebut tentunya bisa timbul dengan rasa sakit kepala seperti ditusuk-tusuk pada bagian atas kepala. Sakit kepala bagian atas ini tentunya bisa disebabkan oleh adanya pengaruh infeksi virus seperti radang sinusitis,  meningitis, radang tenggorokan dan juga penyakit lainnya. Infeksi di sini tentunya bisa disebabkan oleh adanya pengaruh kuman, bakteri dan juga virus yang kerap menyerang tubuh Anda

Dampak Sakit Kepala Sebelah

Seperti yang kita tahu bahwa rasa sakit kepala sebelah kerap disebut dengan istilah migrain. Dalam hal ini tentunya migrain kerap menyerang seseorang yang tentunya membuatnya merasa tidak nyaman. Mungkin banyak orang yang kurang menyadari bahwa efek samping yang ditimbulkan dari migrain ini sangatlah buruk. Dimana nantinya Anda akan sering mengalami rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun.

Rasa sakit kepala bagian atas tentunya dapat mengakibatkan seseorang mudah lelah dan juga tidak dapat beraktivitas dengan sangat bebas. Rasa sakit kepala yang menusuk pada ubun-ubun memang dapat terjadi terlebih bagi Anda yang sering mengalami rasa sakit kepala sebelah. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit kepala sebelah yang nantinya akan mengakibatkan rasa sakit dan tertekan pada bagian ubun-ubun.

Tubuh Kurang Istirahat

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan rasa sakit kepala bagian atas ialah kurangnya tubuh beristirahat. Kondisi tubuh yang kurang beristirahat tentunya menjadi salah satu tanda dimana tubuh merasa lelah. Dalam hal ini rasa sakit kepala dapat terjadi secara keseluruhan. Untuk mencegah tubuh agar tidak terlalu lelah tentunya Anda harus mengembalikan tubuh tetap fit. Dengan menjaga tubuh tetap berstamina tentunya Anda sedikitnya dapat menghindarkan diri dari rasa sakit kepala bagian atas.

Gejala Sakit Kepala Bagian Atas

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab dari rasa sakit kepala bagian atas. Tentunya, tidak lengkap jika kita tidak membahas gejala sakit kepala bagian atas yang bisa timbul secara tiba-tiba. Gejala yang timbul tentunya bisa terjadi terutama pada bagian ubun-ubun. Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengetahui gejala rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Rasa Sakit Kepala Yang Berulang

Gejala pertama yang timbul dari rasa sakit kepala bagian atas ialah rasa sakit yang berulang-ulang. Biasanya penderita sakit kepala akan mengalami rasa nyeri pada ubun-ubun dan akan sering berulang dengan sendirinya dalam jangka waktu yang singkat. Rasa sakit kepala ini tentunya akan terjadi kapan saja dan dimana saja. Rasa sakit kepala yang berulang tentunya dapat menyebabkan tubuh mudah lemah. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan akvitivas menjadi terganggu hingga jangka waktu yang cukup lama. Anda tentunya bisa memberikan waktu yang cukup untuk istirahat dan tidak terlalu memikirkan pekerjaan yang terlalu berat.

Sulit Berkonsentrasi

Gejala selanjutnya yang bisa menjadi salah satu indikasi dari rasa sakit kepala bagian atas ialah sulitnya seseorang untuk berkonsentrasi. Ketika rasa sakit timbul terutama pada bagian ubun-ubun tentunya bisa menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi. Rasa sakit kepala yang berlebih terutama pada bagian ubun-ubun tentunya sagat mempengaruhi seseorang ketika mereka berpikir dan juga mengerjakan sesuatu. Sulitnya berkonsentrasi tentu sangat merugikan dan juga tidak disarankan. Alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memperbaiki kesehatan tubuh Anda sehingga konsentrasi dapat kembali.

Rasa Sakit Pada Otot

Gejala lain yang bisa timbul pada rasa sakit kepala bagian atas terutama ubun-ubun ialah rasa sakit pada otot. Seperti yang kita tahu bahwa seseorang yang mengalami rasa sakit kepala tentunya akan mengalami rasa sakit kepala bagian atas. Hal ini tentunya disebabkan oleh keadaan saraf-saraf yang terlalu tertekan sehingga rasa sakit akan muncul pada bagian kepala atas.

Nyeri otot tentunya bisa Anda rasakan di berbagai bagian tubuh. Hal ini tentunya bisa menyerang bagian pundak, kepala dan juga punggung. Rasa nyeri di sini tentunya bisa mempengaruhi stamina penderita sehingga mudah sakit bahkan tidak dapat dikendalikan lagi rasa sakitnya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengurangi hal-hal yang dapat memicu rasa sakit kepala pada ubun-ubun.

Sulit Tidur

Selain sulit berkonsentrasi, rasa sakit kepala bagian atas juga bisa menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Hal ini tentunya seseorang akan sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas jika merasakan rasa sakit kepala bagian atas. Jika terus dibiarkan, maka Anda akan terus mengalami hari yang cukup melelahkan sehingga sanngat mudah mengubah pola tidur Anda. Jika pada malam hari Anda tidak tidur, maka kemungkinan besar Anda akan tidur pada siang hari. Kondisi ini jika terus berlanjut, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk memaksakan diri untuk tidur untuk mengistirahatkan tubuh Anda.

Cara Mengobati Rasa Sakit Kepala Bagian Atas

Rasa sakit kepala tentunya bisa Anda atasi dengan melakukan beberapa hal yang tentu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Berikut ini kami sajikan beberapa cara mengobati rasa sakit kepala bagian atas, diantaranya:

Konsumsi Teh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi teh. Kita semua tahu bahwa teh dapat mengurangi rasa sakit kepala. Beberapa jenis teh yang dapat Anda gunakan diantaranya daun teh alpukat, teh hijau dan juga daun teh mint. Jenis teh tersebut tentunya bisa menjadi obat untuk mengatasi rasa sakit kepala bagian atas. Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan jika akan menggunakan daun teh mint untuk mengurangi rasa sakit kepala diantaranya:

– Siapkan sejumlah daun mint secukupnya

– Siapkan pula air secukupnya untuk merebus daun teh

– Rebuslah daun mint tersebut ke dalam air hingga mendidih

– Saringlah rebusan daun mint tersebut dan tuangkan ke dalam wadah

– Konsumsilah daun teh mint tersebut hingga sakit kepala yang Anda rasakan bisa berkurang intensitas  sakitnya.

Terapi Bagian Kepala Atas

Cara selanjutnya tentunya Anda bisa melakukan terapi bagian kepala atas. Secara umum tentunya rasa sakit kepala bagian atas disebabkan oleh ketegangan pada bagian saraf dan juga otot-otot kepala. Dengan melakukan terapi kepala ini tentunya Adna bisa melakukan langkah yang pasti untuk mengurangi rasa sakit kepala pada bagian ubun-ubun ini.

Konsumsi Obat-Obatan

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengonsumsi obat-obatan. Dalam hal ini tentunya obat-obatan yang Anda konsumsi harus sesuai dengan petunjuk dan juga dosis dokter. Anda tentunya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai. Dalam hal ini tentunya Anda dilarang mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Olahraga Dengan Teratur

Olahraga memang menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati rasa sakit kepala bagian atas. Dalam hal ini olahraga dapat mencegah banyak penyakit sehingga dapat merangsang saraf-saraf untuk memberikan sinyal yang baik. Olahraga tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa stres yang timbul pada tubuh Anda. Otot-otot yang terkena matahari dan juga berkeringat tentunya dapat terlepas dari dalam tubuh. Ini tentunya cara yang paling efektif dalam mengembalikan tubuh yang bebas dari rasa sakit kepala.

Konsumsi Buah dan Sayur

Dalam mengatasi rasa sakit kepala tentunya tidak bisa lepas dari asupan makanan dan juga minuman. Dalam hal ini tentunya Anda bisa memenuhi asupan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah dan juga sayur. Dengan rutin mengonsumsi buah dan juga sayur tentunya bisa memberikan nutrisi pada kesehatan tubub dan juga kepala Anda.

Menjaga tubuh tetap sehat memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Kondisi ini tentunya memiliki pengaruh yang baik terhadap kesehatan Anda sehingga Anda dapat mencegah beberapa penyakit yang timbul di kemudian hari. Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala bagian atas, gejala dan cara mengobatinya. Semoag bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel