10 Penyebab Sakit kepala Ketika Bangun Tidur

4.86/5 (14)

Sakit kepala memang menjadi salah satu gangguan penyakit yang banyak menyerang manusia. Baik usia muda maupun usia tua tentu sakit kepala dapat menyerang siapa saja. Rasa sakit kepala yang timbul akan membuat semua aktivitas kita terganggu dan membuat tubuh kita merasa sangat tidak nyaman. Sakit kepala yang menyerang manusia dapat dikarenakan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Sakit kepala tidak serta merta menyerang bagian kepala secara keseluruhan. Sakit kepala tersebut tentunya menyerang beberapa bagian kepala baik sebelah kiri, kanan, tengah dan juga belakang. Rasa sakit ini tentunya bisa menyerang kapan saja dan dimana saja, termasuk ketika Anda baru bangun tidur. Sebagian besar orang mengeluhkan rasa sakit kepala ketika mereka bangun tidur. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa penyebab rasa sakit kepala tersebut menyerang ketika Anda bangun tidur.

Jika pada umumnya, banyak orang yang bangun dalam keadaan yang segar, tentu berbeda dengan orang yang sering mengeluhkan rasa sakit kepala ketika ia bangun tidur. Pada awal pagi justru ia dikalahkan dengan rasa sakit kepala yang menyerangnya. Jika kondisi ini terus terjadi, maka tidak menutup kemungkinan, ia akan merasakan gangguan kesehatan dan juga awal pagui yang selalu bermasalah. Lantas, apa penyebab sakit kepala ketika bangun tidur? Yuk kita langsung simak saja pemaparannya berikut ini!

Penyebab Sakit Kepala Ketika Bangun Tidur

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit kepala ketika bangun tidur. Hal ini tentunya tidak lepas dari kebiasaan dan jam ketika ia tidur. Biasanya, rasa sakit kepala yang menyerang sebagian besar orang tentunya disebabkan oleh dehidrasi yang ia alami selama tidur. Sakit kepala ketika bangun tidur tentunya disebabkan olah anjloknya tekanan darah untuk sementara karena cepat dan mendadaknya Anda mengubah posisi dari tidur ke duduk dan juga berdiri.

Rasa sakit kepala setelah bangun tidur bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama  bisa sampai berjam-jam. Bahkan banyak orang yang mengalami rasa sakit kepala pada jam 4-8 pagi atau pada waktu ia bangun tidur. Tidak dapat dipungkiri bahwa sakit kepala yang dialami setelah bangun tidur justru sangat menyiksa karena tidak bisa lagi mengawali hari-hari dengan tubuh yang sehat.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengeluhkan rasa sakit kepala ketika bangun tidur, tentunya Anda harus benar-benar mengetahui penyebab sakit kepala ketika bangin tidur. Hal ini penting bagi Anda sebagai cara untuk mencegah dan juga mengatasi rasa sakit kepala yang muncul pada pagi hari. Berikut ini kami sajikan beberapa penyebab rasa sakit kepala ketika bangun tidur, diantaranya:

Tubuh Anda mengalami dehidrasi

Poin pertama yang dapat dikatakan sebagai penyebab sakit kepala ketika bangun tidur dikarenakan tubuh kita mengalami yang namanya dehidrasi. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi tentunya, maka jaringan otak akan kehilangan cairan dan akan memicu rasa sakit pada kepala. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami rasa sakit ketika bangun tidur. Untuk itu, Anda pun harus terdorong untuk minum sebanyak-banyaknya. Jika Anda mengalami rasa sakit kepala ketika bangun tidur, maka jangan menahan keinginan Anda untuk minum menjelang tidur. Pastikan pula Anda minum aneka cairan sehat seperti sup buah. Dengan begitu, kelhan sakit kepala Anda setelah bangun tidur bisa cepat menghilang dengan sendirinya.

Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami rasa sakit kepala ketika ia bangun tidur dikarenakan ia mendapatkan kehamilan. Sakit kepala ketika bangun tidur yang dialami oleh wanita hamil biasanya terjadi pada trimester pertama. Kondisi ini juga disebabkan oleh tubuh yang mengalami peningkatan akan volume darah dan juga lonjakan hormon. Tubuh pada wanita hamil tentunya mengalami perubahan fisiologi sehingga menyebabkan rasa sakit kepala pada wanita hamil.

Rasa sakit kepala setelah bangun tidur tentunya tidak hanya dirasakan oleh wanita hamil pada trimester pertama saja, kondisi ini juga bisa terjadi pada trimester ketiga. Pada trimester akhir, kondisi ini tentunya disebabkan oleh adanya ketegangan dai dalam tubuh akibat perubahan postur dan juga ukuran perut yang bertambah besar.

Kurang tidur

Pada sebagian besar orang tentunya rasa sakit kepala ketika bangun tidur dapat pula disebabkan oleh tubuh yang kurang istirahat. Tidak dapat dipungkiri jika tubuh kita kurang tidur, maka tidak heran jika ketika bangun tidur kepala mengalami sakit yang berlebih. Kondisi ini tentunya disebabkan oleh terganggunya siklus tidur sehingga tubuh kurang beristirahat. Jika kondisi ini terjadi, maka tubuh akan rentan mengalami sakit termasuk juga rasa sakit kepala setelah bangun tidur. Untuk mengatasi hal ini tentunya sangat mudah saja, Anda tentunya cukup tidur lagi sampai tidak merasa ngantuk. Pada umumnya, sakit kepala ini dapat sangat mudah untuk diatasi.

Rahang kaku dan gigi grinding

Ketika Anda tidur terkadang Anda tidak menyadari bahwa kekauan pada rahang dan juga gigi grinding terjadi pada Anda. Gigi grinding ini tentunya menjadi kondisi antar gigi bawah dan juga gigi atas yang saling bergesekan dengan berulang-ulang dan juga kuat. Posisi ini secara medis disebut dengan bruxism. Jika kondisi ini terus terjadi, maka akan menyebabkan rasa sakit kepala muncul ketika bangun tidur. Kondisi ini tentunya menyebabkan terjadinya gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ) atau sebuah sendi yang menghubungkan rahang bagian bawah dengan bagian tengkorak depan.

Mengonsumsi alkohol

Orang yang mengonsumsi alkohol tentunya sangat buruk terhadap untuk kesehatan tubuh kita. Dampak buruk dari alkohol tentunya dapat mempengaruhi pembuluh darah dan juga otak. Alkohol juga dapat disebut sebagai diuretik yang tentu menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi meningkat. Selain itu, tubuh juga akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan rasa sakit kepala ketika bangun tidur.

Ketergantungan pada obat

Pada sebagian besar orang tentunya rasa sakit kepala ketika bangun tidur disebabkan oleh adanya ketergantungan pada obat. Kondisi ini tentunya disebabkan oleh sudah terbiasanya tubuh kita menerima obat-obatan. Ketika efek dari obat tersebut habis tentunya tubuh Anda akan merasa kehilangan sesuatu yang tentu sudah menjadi kebiasaan. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan rasa sakit kepala ketika Anda bangun tidur.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Tidak dapat dipungkiri bahwa kafein menjadi salah satu penyebab dimana tubuh kita akan merasa segar dan bugar serta terhindar dari rasa ngantuk. Tidak aneh jika orang yang banyak mengonsumsi kafein dapat mengalami yang namanya rasa sakit kepala setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan jumlah kafein yang terlalu banyak di dalam tubuh tentu sangat tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi minuman yang tinggi kafein setidaknya 2-3 gelas perharinya. Angka tersebut juga sudah termasuk porsi yang tinggi untuk tubuh kita.

Rendahnya gula darah di dalam tubuh

Rasa sakit kepala yang terjadi ketika bangun tidur tentunya dapat pula disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah. Kondisi ini tentunya disebut dengan hipoglikemia. Pola makan yang tidak teratur tentunya dapat disebabkan pula oleh kadar gula darah yang rendah di dalam tubuh. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan kadar gula darah Anda setelah dan juga sebelum bangun tidur.

Sinusitis

Penyebab sakit kepala ketika bangun tidur dapat pula disebabkan oleh terjadinya sinusitis. Kondisi ini terjadi akibat sebuah peradangan ataupun inflamasi yang telah terjadi pada dinding sinus (rongga udara yang ada disekitar mata, pipi dan juga hidung). Inflamasi ini tentunya sering disebut juga sebagai infeksi dari bakteri dan juga virus. Selain itu, gejala sinusitis juga dapat terjadi karena adanya rasa pening pada bagian depan kepala dan juga sekitar hidung. Rasa sakit kepala akibat sinusitis dapat hilang ketika malam hari dan akan kembali kambuh pada setiap paginya.

Cluster Headaches

Jenis sakit kepala ini dapat terjadi karena rasa sakit kepala yang menetap, intensif, tidak berdenyut yang terjadi pada area sekitar mata atau pada salah satu sisi kepala. Rasa sakit kepala tersebut tentunya bisa sering pindah pada bagian pelipis, dahi dan juga pipi. Rasa sakit kepala ini pada umumnya muncul pada malam hari sehingga mengganggu waktu dan juga kualitas tidur Anda. Dan juga rasa sakit kepala akan menetap meskipun Anda telah bangun.

Sleep Apnea

Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan rasa sakit kepala setelah bangun tidur ialah Sleep Apnea. Kondisi ini dapat diartikan sebagai gangguan tidur yang cukup serius disebabkan oleh sistem pernapasan yang sering terhenti ketika sedang tidur. Akibat yang terjadi tentunya otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga kualitas tidur kita akan menjadi sangat buruk dan mengakibatkan rasa sakit kepala saat Anda bangun tidur.

Tension Headaches

Istilah ini tentunya untuk mendefinisikan kondisi sakit kepala yang sangat kronis. Sakit kepala jenis ini tentunya dapat disebabkan oleh stres, depresi, trauma dan juga rasa cemas yang sangat berlebih. Rasa sakit kepala yang sering dirasakan dapat berawa dari ringan hingga berat. Pada kondisi ketika bangun tidurm rasa sakit kepala ini bisa dimulai pada bagian belakang kepala dan bergerak maju hingga ke leher, dan kepala bagian atas depan.

Posisi tidur yang salah

Tidak dapat dipungkiri bahwa posisi tidur yang salah dapat menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur. Posisi tidur ini tentunya dapat diakibatkan oleh sistem saraf yang tertekan pada bagian punggung atasm, bahu dan juga leher karena mengalami ketegangan. Pada umumnya, sakit kepala ketika bangin tidur ini dapat dimulai dari dasar tengkorak dan terkadang terjadi pada wajah terutama dahi.

Migrain

Keluhan sakit kepala ini memang sangat banyak dialami oleh sebagian besar orang. Rasa sakit kepala ini tentunya akan menjalar dan juga mempengaruhi pada kedua sisi kepala. Banyak orang yang belum mengetahui akan penyebab sakit kepala akibat migrain ini. Namun Anda tetap harus mewaspadai dampak buruk dari migrain yang dapat mengakibatkan terganggunya sistem saraf pusat dan juga pembuluh darah di otak.  Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain tentunya akan bertambah buruk jika sudah terkena sinar matahari dan juga cahaya yang cukup terang. Selain itu, perubahan cuacan dari dingin ke panas ataupun sebaliknya dapat mengakibatkan migrain kambuh kembali.

Kondisi yang serius

Jika kondisi ini terus saja terjadi pada Anda tentunya tidak menutup kemungkinan Anda mengalami gejala yang serius pada sistem saraf Anda. Hal ini tentunya berhubungan dengan gangguan yang terjadi pada otak. Seperti misalnya kanker otak yang menyebabkan sakit kepala bertambah parah dan juga berkelanjutan, terutama ketika Anda bangun tidur. Hal ini tentunya disebabkan oleh tekanan yang ada di otak  yang terjadi selama Anda berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu yang cukup lama.

Selain dari adanya gejala kanker otak, tentunya penyakit paru obstruktif kronik juga dapat menunjukkan gejala yang hampir sama. PPOK ini tentunya mengakibatkan Anda kesulitan dalam bernapas sehingga karbondioksida akan kembali menumpuk di dalam tubuh dan yang mengalir ke otak bukanlah oksigen. Asupan karbondioksida yag cukup banyak tentunya dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Ketika Bangun Tidur

Tentunya, terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit kepala ketika bangun tidur. Beberapa cara di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit kepala ketika bangun tidur, diantaranya:

Hindari tubuh mengalami dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi tentunya akan menyebabkan rasa sakit kepala muncul. Menghindari diri dari dehidrasi tentunya dapat menjadi kunci utama untuk menghindari rasa sakit kepala akibat terjadinya dehidrasi. Dengan banyak mengonsumsi aor putih setiap hari tentunya tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi. Secara otomatis menghindarkan diri kita dari terjadinya sakit kepala ketika bangun tidur.

Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin terbilang lebih efektif dalam menghindari sakit kepala dibandingkan dengan mandi air hangat. Terlebih penyebab sakit kepala yang disebabkan oleh konsumsi alhokol. Mandi dengan air dingin tentunya dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengatasi terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur di sini tentunya bisa diatasi dengan memperbaiki posisi tidur. Usahakan posisi bantal sejajar dengan posisi kepala dan juga leher. Untuk itu, gunakan selimut dalam mengantisipasi udara dingin pada saat malam hari. Hal ini tentunya agar dapat terhindar dari gigi grinding akibat cuaca dingin.

Usahakan tidur cukup

Kualitas tidur dapat sangat baik jika kita mengusahakan diri untuk istirahat yang cukup. Dalam hal ini tentunya Anda harus menghindari yang namanya bergadang karena dapat mengakibatkan kurang tidur.

Pijat kepala

Cara yang selanjutnya tentu menjadi sebuah alternatif bagi Anda dimana denagn memijat kepala tentunya Anda bisa mengatasi yang namanya sakit kepala ketika bangun tidur. Dalam hal ini pijat yang dilakukan pada kepala dapat mengurangi rasa sakit fisik sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

Jangan terlalu banyak kafein

Tidak dapat dipungkiri bahwa kafein bisa membantu orang untuk tetap fokus pada saat mengawali hari. Namun, jika terlalu banyak, maka dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Untuk itu, cobalah batasi konsumsi kafein Anda setiap harinya untuk menghindari sakit kepala yang terjadi ketika Anda bangun tidur.

Rasa sakit kepala yang terjadi pada Anda ketika bangun tidur tentunya dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga kepala tetap sehat dan juga segar ketika bangun tidur. Itulah beberapa hal penyebab sakit kepala ketika bangun tidur yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat! 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel