20 Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas kantung teh yang kita gunakan menjadi benda dan juga barang bekas yang tidak memiliki manfaat sama sekali. Tidak heran bahwa setiap orang pasti membuang kantung teh yang telah digunakan. Hal ini mungkin juga terjadi pada Anda dimana Anda akan membuang kantung teh setelah Anda mendapatkan ekstra teh dari kantung tersebut. Namun ternyata sangat disayangkan jika Anda membuang bekas kantong teh tersebut.

Padahal, kantung teh celup bekas memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan terutama mata. Banyak para pakar kecantikan yang merekomendasikan penggunaan kantung teh bekas ini untuk perawatan mata. Kantung teh ini tentunya memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat mata. Menggunakan kantung teh bekas untuk perawatan dan juga pengobatan ialah salah satu pilihan alternatif bagi Anda. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan akan jenis teh yang akan Anda gunakan. Sebaiknya Anda menggunakan jenis kantong teh seperti bekas teh putih, teh hitam dan juga teh hijau. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat kantung teh untuk mata, tentu dapat Anda simak sebagai berikut:

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Mata

Menggunakan kantong teh bekas untuk pengobatan tentunya menjadi pilihan alternatif bagi Anda. Dalam hal ini teh herbal biasanya digunakan untuk merawat dan juga mengobati mata seperti teh chamomile, teh daun mint, teh melati dan juga teh roiboos. Sedangkan untuk penemuan teh celup tentu menjadi terobosan paling baru untuk menikmati teh.

Ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari kantung teh celup yang digunakan untuk perawatan dan kesehatan mata, diantaranya:

Membantu menyembuhkan mata merah

Kantung teh celup di sini tentunya dapat digunakan sebagai cara untuk membantu menyembuhkan mata merah. Untuk mengurangi mata merah tentunya Anda dapat menggunakan teh chamomile, teh adas dan juga teh calendula. Jenis teh tersebut tentunya bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kelebihan pada cairan yang mengalir dari mata. Selain itu, beberapa jenis teh tersebut juga bisa mengurangi iritasi dan juga mengurangi pembengkakan. Sementara itu, teh hijau memiliki mamfaat sebagai antimikroba yakni menangkal bakteri yang dapat menyebabkan mata menjadi iritasi dan juga kemerahan.

Mengurangi pembengkakan dan juga peradangan pada mata

Selain mengurangi mata merah, teh juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai bahan alami untuk mengurangi peradangan pada mata dan pembengkakan. Kandungan flavonoid yang ada di dalam teh tentunya menjadi salah satu antioksidan dan juga tanin di dalam teh hijau dan juga teh hitam. Dalam hal ini teh juga bisa digunakan sebagai untuk mengurangi mata bengkak dan menjaga kulit agar tetap kencang. Selain itu, kafein juga bisa mempersempit pembuluh darah pada jaringan sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Dalam hal ini tentunya Anda bisa menggunakan teh chamomile untuk menenangkan mata yang meradang.

Menyamarkan lingkaran hitam pada mata

Biasanya kurang tidur dapat menyebabkan mata memiliki lingkaran hitam serta mata yang memerah. Lingkaran hitam yang ada pada mata alias mata panda tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Teh hitam  dan juga teh hijau tentunya mengandung kafein yang dapat digunakan untuk melancarkan kembali pembuluh darah yang ada di sekitar mata serta menyamarkan lingkaran hitam pada mata agar tidak muncul.

Menghindari gejala  rosacea pada mata

Penyakit rosacea ini tentunya memang sangat umum terjadi dan bisa menyebar ke seluruh area di sekitar mata. Untuk mengurangi gejala rosacea pad amata tnetunya Anda bisa menggunakan teh chamomile, teh lavender dan juga teh hijau sebagai cara untuk mengurangi gejala rosacea pada mata seperti iritasi dan juga mata kemerahan.

Meredakan mata bintitan

Mata bintitan ini biasanya dapat muncul dengan ditandai dengan benjolan kecil yang ada di tepi pelupuk mata. Menggunakan teh hitam dan juga teh chamomile memiliki manfaat untuk memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mencegah iritasi pada mata.

Melembapkan mata kering

Mata kering memang menjadi salah satu kondisi dimana mata Anda dalam keadaan kering dan juga perih. Terlebih jika Anda sering menggunakan kendaraan roda dua atau Anda bisa seharian bekerja di ruangan ber-AC. Mata kering tentunya menjadi salah satu keluhan yang dapat membantu untuk mempertahankan kelembapan dan juga mengurangi mata kering.

Mengatasi mata lebam

Banyak sekali orang mengalami mata lebam yang tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Mata lebam, memar dan juga bengkak yang terjadi pada mata tentunya bisa diobati dengan teh chamomile dan juga teh lavender. Kedua jenis teh tersebut tentunya dapat membantu untuk meredakan serta dapat menenangkan kulit iritasi dan juga dapat meredakan nyeri. 

Manfaat Kantung Teh Bekas Untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk membantu kesehatan mata, tentunya kantung teh hitam juga bisa digunakan untuk berbagai kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari kantung teh celup untuk kesehatan, diantaranya:

Mengurangi gatal dan bekas gigitan nyamuk

Kantung teh yang berisi ampas tentunya mengandung zat seperti antihistamin yang berkhasiat untuk mengatasi kulit kemerahan akibat terjadinya gigitan nyamuk. Jika kita merasakan gatal akibat gigitan nyamuk tentunya akan terdapat bekas kemerahan dan juga ruam pada kulit. Untuk mengobati kemerahan akibat gigitan nyamuk tentunya Anda cukup mengusapkan kantun teh pada kulit. Namun, usahakan kantung teh Anda masih dalam keadaan hangat. Dengan cara seperti ini tentunya kulit yang bentol dan hitam akibat gigitan nyamuk bisa hilang dan juga mereda dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam teh yaitu polifenol dan juga antioksidan memang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Membuat rambut berkilau

Kantung teh celup bekas tentunya dapat digunakan sebagai bahan herbal alami untuk membuat rambut tetap berkilau. Untuk mendapatkan manfaat dari kantung teh bekas ini, tentunya Anda cukup mencelupkan kantung teh yang sudah tidak terpakai ke dalam air bilasan pada rambut kita. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Kantung teh celup bekas ini tentunya sangat berkhasiat dalam mengatasi kerontokan rambut.

Mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari

Selain menghilangkan kemerahan pada kulit tentunya kantung teh juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Selain menimbulkan rasa nyeri dan juga sensasi kulit yang terbakar, sinar matahari memang sangat jahat terhadap kulit dan juga tubuh manusia. Untuk mengurangi rasa nyeri dan terbakar, gunakan kantung teh celup dalam keadaan dingin dan kompreskan pada area kulit yang terbakar agar rasa perih tersebut segera berkurang. Selain menempelkan kantung teh langsung pada kulit, tentunya kita bisa memasukkan kantong teh celup bekas pada wadah. Kemudian bilas area yang terbakar matahari dengan menggunakan air bilasan tersebut.

Menghilangkan dan menghaluskan bekas jerawat

Tentunya, tidak banyak yang mengetahui akan manfaat dari daun teh hijau yang satu ini. Daun teh hijau kering ini tentunya mempunyai manfaat untuk wajah baik untuk pria maupun untuk wanita. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan mencelupkan kemudian tunggu sampai hangat atau tidak terlalu panas. Lalu, keluarkan isinya ke dalam mangkuk, gosok perlahan pada muka kita dan biarkan hingga sekiatar 5 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa manfaat kantung teh bekas yang bisa Anda gunakan sebagai perawatan mata dan juga kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel