data-ad-format="auto"

Perawatan Bayi

Kategori artikel yang berisi informasi dan tips yang bermanfaat bagi para orang tua dalam melakukan perawatan bayi. Membantu para orang tua dalam membentuk pertumbuhan buah hati yang berkualitas

14 Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Bayi Yang Wajib Kamu Ketahui

Kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Spa. Kini banyak klinik kecantikan ataupun salon yang menyediakan spa sebagai salah satu perawatan tubuh. Sebagian orang terutama wanita banyak yang melakukan perawatan tubuh dengan media spa untuk membuat tubuhnya rileks dan juga tenang.

Pada akhir-akhir ini marak dengan munculnya fenomena baby spa. Akan tetapi, sebagian besar orangtua belum mengetahui apa manfaat melakukan baby spa untuk buah hatinya bahkan mereka menganggap bahwa baby spa tidak perlu dilakukan, karena hanya akan menghabiskan uang dan juga tidak akan memberikan manfaat yang terlalu signifikan bagi bayinya.

Sebagian orangtua bahkan berpikir bahwa baby spa merupakan sekedar tren yang ada pada saat ini agar klinik atau salon kecantikan menjadi laris. Pemikiran tersebut sangat tidak benar, tentunya banyak manfaat yang diperoleh dari baby spa untuk si kecil. Untuk itu, kami sajikan manfaat-manfaat melakukan baby spa untuk si kecil pada poin di bawah ini.

Apa Itu Baby Spa?

Tentunya,

Continue Reading

Membedong Bayi, Apakah Masih Perlu?

membedong bayi

Membedong bayi merupakan tradisi yang banyak dilakukan oleh sebagian orang asia. Ada yang bilang membedong bayi dilakukan agar kaki bayi nantinya bisa lurus dan cantik. Kepercayaan ini belakangan di tentang dengan berbagai pernyataan yang intinya membedong bayi itu bisa mengganggu sistem saraf motorik bayi. Dengan kata lain, membedong bayi akan mengganggu perkembangan bayi itu sendiri.

Seiring dengan menyebarnya informasi tersebut, maka banyak ibu yang mulai meninggalkan tradisi membedong bayi karena dianggap akan menghambat pertumbuhan bayi itu sendiri. Sementara itu masih banyak pula yang tetap menjalankan tradisi bedong bayi karena measih mempercayai jika tulang bayi itu masih rentan sehingga tidak boleh bergerak secara bebas terlebih dahulu. Lantas, mana yang benar antara bayi harus dibedong atau tidak?

Manfaat Membedong Bayi

Sebenarnya membedong bayi tidak seratus persen salah. Karena pada dasarnya membedong bayi tujuannya bukan untuk membuat kaki tumbuh lurus, melainkan sebagai usaha untuk membuat bayi nyaman beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sebelum lahir,

Continue Reading

Aturan Aman Bawa Serta Buah Hati Keluar Rumah

aturan-membawa-bayi-keluar-rumah.jpg

Banyak yang mengatakan bahawa bayi yang baru lahir belum boleh diajak pergi keluar rumah sampai ia berusia 40 hari.

Sebenarnya anggapan ini ada benarnya juga sebab bayi mengingat bayi yang baru saja dilahirkan akan cenderung belum siap untuk mereka mengenal langsung dunia luar. Terlebih lagi, daya tahan tubuh bayi yang baru lahir, tentunya masih sangat rendah, bahkan tidak sedikit bayi yang kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga membuat mereka mengalami masalah bertahan hidp pada awal kehidupannya setelah ia lahir.

Kekhawatiran akan kesehatan dan keselamatan si buah hati yang baru lahir, memang sah-sah saja. Apalagi mengingat hadirnya buah hati bukanlah hal yang mudah untuk anda gapai. Akan tetapi, jangan sampai kekhawatiran ini membuat anda enggan membawa si kecil bepergian dan membuat mereka terus menerus berada dalam rumah tanpa dipekernalkan dengan bagaimana ramainya dunia luar. Salah-salah, hal ini malah akan membuat mental dan kesehatannya shock pada saat anda pertama kali mempekenalkan si

Continue Reading

Hindari Kesalahan Fatal Sewaktu Gunakan Stroller Bayi!

kesalahan-dalam-stroller-bayi.jpg

Dijaman yang serba canggih dan praktis seperti saat ini, segala hal dituntut untuk ekstra cepat dan sigap. Ke-efisienan waktu akan mempengaruhi kinerja seseorang. Sehingga tak heran, bila banyak orang akan mencari solusi dan berlomba menemukan inovasi guna menyelesaikan segala masalah dalam hidupnya dengan lebih cepat.

Menghadirkan tekhnologi dalam kehidupan adalah salah satu alternatif lain yang banyak dipilih dalam membantu dan mempermudah seseorang melakukan banyak hal. Mulai dari kegiatan mengurus diri sendiri, orang lain, pekerjaan yang ditekuninya, sampai dengan mengurus anak, tekhnologi seakan tak pernah terlewatkan dalam hal ini.

Nah, salah satu penggunaan teknologi yang sering dilibatkan dalam kegiatan mengurus anak balita agar lebih mudah membawa mereka bepergian kemanapun, maka stroller kerap kali dihadirkan sebagai sarana angkut bayi untuk memudahkan orangtua agar tidak melulu menggendong buah hati mereka sepanjang waktu. Apalagi saat ini, akan senantiasa dapat dirasakan manfaatnya tatkala anda membawa si buah hati bepergian jauh dimana anda harus menempuhnya dengan

Continue Reading

Cermati Beberapa Larangan Pada Bayi Baru Lahir!

Ayah dan bunda, selamat atas kelahiran si buah hati ya!

Tak terasa penantian panjang selama 9 bulan terakhir ini, akhirnya berbuah manis dengan hadirnya si malaikat kecil ditengah keluarga anda. Rasanya seperti baru saja kemarin, ayah dan bunda dibuat girang mengetahui kehamilan bunda yang mungkin secara tidak sengaja baru disadari, sampai akhirnya kini perut buncit yang biasa menyertai hari-hari bunda telah berbuah dan berwujud menjadi sesosok bayi mungil kecil yang merupakan anugerah besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Gembira dan senang rasanya, melihat perjuangan yang tak mudah yang selama ini bunda jalani akhirnya berbuah dengan kehadiran si kecil yang sudah dinanti-nanti selama ini. Akhirnya untuk pertama kalinya, malaikat kecil yang telah sekian lama menemani bunda selama 9 bulan dalam perut bunda, bisa bunda dan ayah genggam dalam tangan dan didekap dengan erat. Lengkap sudah rasanya kebahagian keluarga kecil yang selama ini dibangun bersama dengan pasangan. Tangis nakal dan tawa manja

Continue Reading

Tips Aman Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik dan Tepat

Menjaga kebersihan adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan setiap hari.

Hal ini dikarenakan tubuh yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya akan menjadi sarang kuman. Bila kuman masuk kedalam tubuh, maka penyakit akan mudah timbul dan menginfeksi.

Sama halnya dengan yang terjadi pada orang dewasa, bahkan kuman, bakteri dan ancaman mikroorganisme lebih rentan menyerang anak bayi. Segala celah akan dimasuki oleh kuman agar bisa mendapatkan tempat dalam tubuh, terutama bila tubuh bayi tidak bersih, maka hal ini akan menjadi media yang mudah untuk kuman dan bakteri bisa berkembang.

Untuk itulah, penting sekali menjaga kebersihan pada tubuh, terutama kebersihan tubuh pada si kecil. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang belum terbentuk dengan sempurna pada anak bayi akan semakin memudahkan kuman berkembang biak dan menimbulkan banyak masalah. Akibatnya hal ini bukan tidak mungkin membuat si bayi akan mudah terserang dengan penyakit.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan

Continue Reading

Agar Bayi Tak Menangis Histeris Pada Saat Dimandikan

Memiliki bayi baru lahir dirumah memang gampang-gampang susah ya bun?

Di satu sisi bunda akan merasa senang dengan kehadirannya, bukan hanya itu hadirnya si buah hati tentu membuat hari-hari bunda menjadi lebih ceria dan berwarna. Akan tetapi di samping lain, tidak sedikit ibu yang kurang memiliki pengalaman dalam hal mengurus anak, akan mungkin dibuat kesulitan dalam meng-handle kegiatan yang satu ini.

Bukan ketidak mampuan yang seringkali membuat bunda merasa kerepotan, akan tetapi kekhawatiran bunda melakukan kesalahan pada si kecillah yang seringkali membuat bunda merasa sungkan dalam mengurus si buah hati. Pada akhirnya, hal ini membuat bunda memilih meminta bantuan orang lain untuk mengatasi masalah ini bersama-sama.

Memang tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk melakukan pekerjaan mengurus si bayi. Apalagi, bila anda adalah seorang ibu baru atau wanita karir yang tidak memiliki cukup waktu untuk bisa mengurusi si buah hati sepenuhnya. Bantuan dari orang lain akan

Continue Reading

Tips Menyapih Bayi dengan Cara yang Efektif Tanpa Menyakitinya

Tak terasa ya bunda, rasanya seperti baru kemarin anda melahirkan buah cinta anda ke dunia.

Momen demi momen anda lewati bersamanya dengan penuh suka cita. Mulai dari momen lucu, menggemaskan sampai dengan momen bahagia yang rasanya sulit untuk dilupakan. Banyaknya hal yang anda lalui bersama dengan si bayi, membuat rasa cinta anda semakin hari semakin besar dan tak tergambarkan oleh kata-kata untuknya. Sehingga demikian, rasanya akan tidak mungkin bagi anda mengabaikan keinginannya atau tidak berada bersamanya.

Akan tetapi ada masanya perubahan akan terjadi pada apa yang biasa anda berikan untuk buah hati anda. Hal ini tentunya diberikan guna melanjutnya perubahan bayi dalam mendapatkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Ya, bila pada saat si kecil masih bayi cara mereka mendapatkan asupan nutrisi dan gizi hanya melalui ASI. Saat sudah cukup usia, akan ada perubahan dalam caranya mendapatkan asupan nutrisi ini, yakni dengan menghentikan ASI dan beralih pada makanan lain

Continue Reading

Trik Berikan Obat Pada Bayi yang Aman

Tubuhnya mungil pada bayi dan sistem kekebalan tubuh yang belum terbentuk dengan sempurna, membuat penyakit dan masalah kesehatan akan senantiasa menjadi ancaman yang besar yang mudah menyerang mereka.

Untuk itulah, orangtua harus pintar dan siaga dalam menjaga kesehatan dan mengupayakan segala hal agar masalah kesehatan tidak mudah menyerang buah hati mereka yang masih begitu kecil.

Selain itu, gangguan kesehatan yang menyerang anak bayi seringkali membuat orangtua khawatir dan tidak tega melihat kondisi mereka yang kepayahan menahan rasa sakit yang dialaminya. Belum lagi, anak-anak bayi belum mampu mengutarakan apa yang dirasakannya, termasuk dengan keluhan yang mereka alami.

Tidak seperti orang dewasa yang mengalami sakit, dimana mereka akan dengan mudah mengatakan apa yang dikeluhkannya. Anak-anak bayi mungkin hanya akan berubah menjadi rewel dan terus-terusan menangis dengan kondisi ini. Hal inilah yang seringkali membuat orangtua menjadi bingung dan panik dengan tangisan yang dialami oleh bayi mereka.

Nah, disinilah peran

Continue Reading

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dengan Metode yang Lebih Aman

Usia yang masih begitu belia pada bayi membuat mereka belum mampu mengutarakan hal yang mereka rasakan.

Selain mengungkapkannya melalui ekspresi senang, sedih dan kecewa, bayi belum mampu melakukan banyak hal. Itulah mengapa seringkali para orangtua dibuat khawatir dan bingung pada saat anak bayi mereka menangis secara tiba-tiba. Hal ini seringkali membuat orangtua dibuat panik dan tak karuan. Wajar memang, apalagi bila terjadi pada ibu baru yang mana notabene mereka belum memiliki cukup pengalaman dalam mengurus anak-anak.

Untuk itulah, penting sekali mengetahui banyak hal seputar informasi menjaga kesehatan dan mengurus buah hati. Hal ini bisa menjadi modal utama dalam menjadi orangtua yang siaga untuk bayi anda.

Tubuh mungil pada bayi dan sistem kekebalan tubuhnya yang belum terbentuk dengan sempurna, membuat mereka rentan terkena dengan masalah kesehatan. Bila tidak siaga, maka mungkin berbagai ancaman penyakit akan mungkin menyerang kesehatannya.

Nah, salah satu masalah yang paling rentan mengancam bayi

Continue Reading

Tips Bantu Bayi Tidur Tanpa Menyusu dan Digendong

lakukan cara ini jaga bayi tetap sehat

Memiliki anak bayi dirumah memang gampang-gampang susah ya bun?

Di satu sisi, hari-hari anda menjadi lebih berwarna dan lebih menyenagkan dengan hadirnya buah hati dalam keluarga. Akan tetapi, disisi lain sebagai seorang isteri sekaligus ibu rumah tangga anda kerap kali dibuat kerepotan saat harus mengerus bayi dan menjalankan tugas anda mengurus rumah.

Dua kegiatan ini tentu tidak akan dapat dilakukan dengan mudah seperti membalikan kedua telapak tangan. Ada cukup banyak tantangan yang akan menghiasi perjuangan menjadi seorang ibu dan isteri yang baik.

Akan tetapi, berusaha keras dalam menjalankan dua peran ini adalah hal luar biasa yang tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Meski berat dan melelahkan, hanya orang-orang yang memiliki mental kuat yang mampu menjalankan tugas mulia ini.

Terus berusaha dan berjuang dalam menyeimbangkan tugas dan tanggung jawab sebagai ibu dan isteri yang baik akan membuat anda perlahan terbiasa dengan hal ini. Sehingga akhirnya, kedua hal ini akan dapat

Continue Reading

Lakukan Beberapa Hal Ini Demi Jaga Kesehatan Bayi!

tips bantu bayi tidur tanpa digendong

Memiliki bayi yang sehat dan lucu tentu menjadi dambaan untuk setiap ibu di dunia.

Untuk itu, sebagai seorang ibu kita perlu mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan, diperhatikan dan tidak diperkenakan dilakukan pada bayi. Pada intinya mengetahui bagaimana mengurus dan menjaga si bayi adalah hal penting yang akan menjadi bekal berharga tentang bagaimana mencapai keberhasilan membesarkan seorang anak.

Untuk para ibu baru, pengetahuan mereka mengenai cara merawat bayi mungkin masih terbatas. Hal ini pada umumnya dipengaruhi karena kurangnya pengalaman pada diri mereka yang masih begitu sedikit. Alhasil, pada saat melahirkan si buah hati ke dunia, mereka akan dibuat kesulitan dan kerepotan pada saat harus mengurus dan menangani si kecil yang rewel. Pada akhirnya hal ini membuat mereka akan membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan hal ini.

Orangtua atau pengasuh seringkali dilibatkan dalam kegiatan mengurus bayi dan anak-anak. Hal ini dikarenakan orang tua dan pengurus bayi diyakini sudah memiliki pengalaman

Continue Reading

Mengatasi Perasaan Sulit Jatuh Cinta Pada Bayi

mengatasi sulit jatuh cinta pada bayi

Kehadiran buah hati dalam sebuah keluarga adalah impian untuk setiap wanita yang sudah menikah dan memiliki pasangan.

Hadirnya si malaikat mungil ditengah-tengah keluarga kecil, akan tentunya melengkapi kebahagian bersama dengan pasangan. Dengan demikianlah, tidak heran bila banyak pasangan yang telah menikah akan melakukan banyak hal demi mendapatkan momongan yang sudah diimpikan selama ini.

Sayangnya, impian ini tidak selalu dapat diwujudkan dengan mudah. Bahkan pada beberapa pasangan yang telah menikah yang kurang beruntung, mereka harus diberikan tantangan dan ujian untuk menunggu sementara dan bahkan sebagian ada yang harus dengan terpaksa mengubur dalam-dalam impian memiliki buah hati dalam keluarga kecilnya karena berbagai alasan.

Untuk sebagian calon ibu yang telah diberikan keberuntungan dan kepercayaan oleh Yang Maha Kuasa untuk memiliki buah hati. Mereka akan tentu saja dibuat senang dan bahagia dengan kabar kehamilannya. Sehingga demikian, hal ini akan membuat mereka merasa senang.

Rona bahagia akan terpancar pada wajah ibu hamil yang telah menantikan

Continue Reading

Tips Buat Anak Bayi Tertawa Terbahak-Bahak

tips membuat bayi terbahak bahak

Lucu dan menggemaskan, itulah beberapa kata yang cukup tepat untuk menggambarkan betapa lugunya sosok seorang bayi.

Semua tingkah lucu dan hal yang menggemaskan dari seorang bayi kerap menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang, terutama kedua orang tuanya. Bayi yang masih begitu kecil mungkin belum mampu melakukan beberapa respon terhadap rangsangan yang diberikan. Akan tetapi pada beberapa bayi yang sudah mulai betumbuh lebih besar dan mulai memiliki kemampuan untuk berinteraksi, mereka akan mulai menampakan perilaku-perilaku yang tak jarang mengundang rasa gemas orang lain untuk kembali bermain bersama dengan mereka.

Ada banyak reaksi yang diberikan oleh seorang bayi yang masih begitu kecil ketika menanggapi sebuah rangsangan yang diberikan oleh orang lain, diantaranya adalah sedih, gembira atau bahkan sampai tertawa terbahak-bahak. Dari beberapa ekspresi ini, tertawa adalah salah satu ekspresi yang paling menakjubkan dan menarik pada seorang bayi. Selain itu, ekspresi ini seolah menggambarkan bahwa si bayi merasa senang dan tubuhnya dalam

Continue Reading

Tips Memilih Gendongan Bayi yang Aman dan Nyaman

tips memilih gendongan bayi

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya.

Betap tidak, buah hati kecil yang baru saja mereka lahirkan ke dunia adalah hasil dari kerja keras dan perjuangan yang besar yang tentunya semua hal tersebut tidak mudah untuk dilalui begitu saja. Perjalanan panjang mengandung bayi dan akhirya tiba saatnya dihadapkan pada persalinan adalah serangkaian hal yang dilalui dengan penuh dengan perjuangan.

Sehingga tak heran, ketika si malaikat kecil yang telah dinanti-nanti lahir ke dunia, para ibu akan senantiasa melakukan segala hal demi menjaga agar buah hatinya senantiasa mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Tak tanggung-tanggung, untuk memenuhi kebutuhan para bayinya, seorang ibu tak akan segan untuk memilih dengan selektif dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit agar apa yang dibutuhkan bayi bermanfaat dengan baik untuknya.

Sebelum bayi mereka lahir ke duniapun, seorang ibu akan dengan senang hati mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Mulai dari menata kamar tidurnya, mempersiapkan mainannya sampai dengan

Continue Reading

Kesalahan yang Harus Dihindari Sewaktu Memberi Makanan Untuk Bayi

Menjadi orangtua nampaknya susah-susah gampang ya. Terutama menjadi orangtua baru bagi bayi yang baru saja lahir, sebagai orangtua kita haruslah amat toleran terhadap situasi tertentu. Apalagi jika bayi ibu sudah memasuki usia 6 bulan, sebagai orang tua kini tiba saatnya untuk memberikan makanan untuk bayi ibu sebagai makanan pendamping ASI-nya.

Hanya saja mempersiapkan dan memilih makanan untuk bayi kerap kali menjadi hal yang sedikit membingungkan. Mengingat si kecil masih begitu sensitif terhadap rangsangan, ibu seringkali dihantui rasa khawatir memberikan makanan yang salah yang pada akhirnya akan membuat bayinya menjadi sakit atau mengalami gangguan kesehatan.

Selain itu, tidak sedikit kesalahan yang sering terjadi pada orangtua ketika memberikan makanan untuk bayi. Seringkali mereka bertindak gegabah dengan hanya melihat kondisi bayi tanpa mempertimbangkan kesehatannya. Misalkan dengan ibu yang terus menerus memberikan ASI serta makanan pendamping ASI dalam jumlah yang begitu banyak dengan alasan takut bayi mereka tidak kenyang.

Nah, untuk itu kita

Continue Reading

Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Rambut adalah mahkota bagi perempuan, ungkapan tersebut sepertinya tidak hanya berlaku untuk perempuan. Kini laki-laki sangat memperhatikan perawatan rambut. Rambut yang sehat selain indah di pandang dapat menjadi pertanda kecukupan nutrisi pada tubuh. Begitu juga dengan rambut anak anda, bagi anda yang menginginkan rambut anak anda sehat maka lakukan perawatan sedini mungkin.

Rambut memiliki warna, jenis dan tekstur yang berbeda. Pada anak anda yang memiliki rambut lurus anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan perawatan rambut, berbeda dengan anak yang berambut keriting. Anak yang memiliki rambut keriting terkadang menolak untuk disisir karena rambut yang mudah kusut akan menyulitkan ketika di sisir dan membuat anak anda kesakitan. Bagaimana melakukan perawatan pada anak yang memiliki rambut keriting?

Taukah anda bahawa rambut bayi merupakan rambut velus. Rambut velus adalah rambut sementara yang akan habis hingga usia bayi anda 1-3 bulan. Pada dasarnya tebal atau tipisnya rambut dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Rambut

Continue Reading

Tanda-Tanda Lapar Palsu Pada Bayi

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dilakukan pada saat bayi berusia 6 bulan. Pemberian MPASI pada usia 6 bulan disarankan karena selain pencernaan bayi yang sudah sempurna, bayi bertahap mengenal tekstur dan rasa yang berbeda dari variasi makanan. Makanan Pendamping ASI (MPASI) rumahan adalah MPASI yang anda buat di rumah dengan menu yang berbeda pada bayi. Ini sangat disarankan selain tanpa bahan kimia juga dapat menjaga bahan makanan pilihan untuk menu makanan bayi.

Dalam pemberian MPASI tidak selamanya berjalan mudah, seringkali orang tua merasa putus asa karena ditolak oleh bayi. Mengapa bayi sering kali menolak MPASI , mungkinkah bayi anda mengalami lapar palsu. Untuk mengenali tanda-tanda bahwa bayi anda mengalami lapar palsu anda, berikut adalah artikel yang akan membantu anda dalam mengenali tanda-tanda lapar palsu pada bayi.

Taukah anda bahwa bayi seringkali memberikan tanda lapar palsu. Lapar atau haus palsu pada bayi membuat ibu mengira bahwa bayi anda membutuhkan

Continue Reading

Bayi Juga Butuh Waktu Sendiri

Me time atau waktu untuk sendiri tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja akan tetapi untuk bayi sekalipun membutuhkan waktu untuk sendiri. Waktu sendiri untuk bayi bukan berarti meninggalkannya tanpa pengawasan anda, atau anda membiarkan hingga bayi anda menangis. Lantas seperti apa pengertian waktu sendiri untuk bayi dan bagaimana cara yang tepat memberikan waktu sendiri untuk bayi?

Pada istilah asing anda sering mendengar me time. Pengertian dari me time sendiri adalah memberikan kesempatan pada anda untuk memanjakan diri dari rutinitas. Sedangkan pada bayi me time atau waktu sendiri merupakan kesempatan untuk beristirahat.

Umumnya saat bayi terjaga, anda atau keluarga tidak pernah berhenti mengajaknya bermain. Hal ini memang sangat baik untuk stimulasi pada bayi akan tetapi sesekali anda dapat membiarkan bayi anda beberapa menit untuk merasakan waktunya sendiri tanpa berbagai stimulasi atau reaksi.

Bayi membutuhkan waktu tenang meskipun hanya beberapa menit saja meskipun tujuan yang berbeda-beda. Tujuan paling utama adalah

Continue Reading

Mengapa Bayi Selalu Tutup Mulut saat Diberi MPASI?

Keluhan ibu yang telah memberikan MPASi pada bayi usia 6 bulan adalah penolakan MPASI. Ini membuat ibu pesimis bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuhnya. Sehingga berbagai cara dilakukan agar bayi tidak menolak MPASI.

Umumnya penolakan MPASI pada bayi seringkali ditandai dengan gerakan bayi menutup mulut. Penyebabnya masih belum ditemukan pasti meskipun demikian bayi seringkali tidak suka dengan rasa, bosan dengan menu yang sama, cara pemberian makanan, kondisi kesehatan bayi atau karena lingkungan saat bayi sedang makan. Walaupun ini dianggap wajar akan tetapi penolakan makanan pada bayi yang terus menerus akan menggangu pengenalan MPASI.

Penolakan MPASI oleh bayi umum terjadi apabila pada perkenalan pertama MPASI. Bayi membutuhkan waktu adaptasi untuk mengenal tekstur, rasa dan cara saat dikenalkan MPASI. Kewajaran penolakan MPASI dalam rentan waktu 3 bulan, diantara mulai usia 6 hingga 9 bulan. Sedangkan apabila pada usia 9 bulan bayi masih menolak MPASI maka anda dapat berkonsultasi dengan

Continue Reading

Mengapa Bayi Sering Ngeces?

Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa bayi yang sering ngeces disebabkan karena ngidam yang tidak kesampaian. Betulkah ngeces karena faktor ibu hamil yang ngidam dan tidak kesampaian? Tidak ada hubungan sama sekali antara keinginan ibu hamil dengan bayi yang sering ngeces. Ngeces pada bayi adalah kondisi normal.

Kebiasaan ngeces pada bayi akan hilang dengan sendirinya seiring bertambah usia dan membuatnya semakin matang dalam perkembangan bayi karena sudah dapat mengontrol produksi air liur dan juga kemampuan menelannya sudah sempurna. Usia 2-4 bulan merupakan rentan waktu yang membuat bayi sering ngeces. Lantas apa yang membuat bayi anda ngeces? (Artikel lainnya: Nama Bayi Perempuan)

Berikut adalah penjelasan untuk bayi yang sering ngeces :

Ngeces atau mengiler atau drooling dikenal pula dengan istilah kedokteran shalore disebabkan oleh faktor fisiologis atau gangguan yang menyebabkan anak ngeces. Anda tidak perlu khawatir ngeces tidak akan menyebabkan gangguan yang serius akan tetapi sebaiknya anda mengenali gejala yang

Continue Reading

Tips Cerdas Agar Si Buah Hati Tak Gampang Sakit

Melihat si buah hati tumbuh sehat dan selalu aktif serta ceria tentunya menjadi harapan untuk kita para orangtua. Karenanya, hati orangtua mana yang tidak sedih saat harus melihat kecerian si buah hati sirna karena penyakit yang menyerang mereka.

Saat si buah hati jatuh sakit biasanya para orangtua menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya terkulai lemas tak berdaya. Apalagi saat ini kita hampir menghadapi penghujung tahun, biasanya bulan-bulan akhir di penghujung tahun akan memasuki musim hujan. Sebagaimana kita ketahui musim hujan selalu diidentikan dengan penyakit, kuman dan bakteri. Itulah mengapa pada musim ini anak-anak akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diantaranya demam, flu, batuk hingga diare.

Sejatinya memang wajar jika bayi dan anak-anak menjadi mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh anak-anak tidak sebanding kuat dengan sistem yang dimiliki orang dewasa, sistem imun pada anak-anak sejatinya belum terbentuk secara sempurna sehingga

Continue Reading

Tips Ajari Bayi Senyum

Tumbuh kembang bayi yang optimal berasal dari stimulasi yang tepat sesuai dengan usia bayi. Sehingga memperhatikan usia dan memberikan stimulasi dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan secara optimal dan juga dapat mendeteksi kelainan yang terjadi pada anak secara dini. Anda dapat memberikan stimulasi dengan cara yang menyenangkan. Pemberian stimulasi dapat membuat perkembangan bayi anda lebih baik sehingga bagi anda temukan stimulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan bayi anda.

Perkembangan bayi anda dengan bayi lainnya memang berbeda, hal ini wajar terjadi asalkan tidak mengalami keterlambatan dalam rentan waktu yang normal. Kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara mengajari bayi untuk senyum. Tips ajari bayi senyum tentunya dengan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia bayi anda. Senyuman bayi yang menggemaskan akan membuat anda semakin jatuh cinta, yuk ajari bayi anda senyum.

Bayi dapat merekam apa yang dilihat dilingkungan sehingga berupaya untuk meniru yang dilakukan. Bayi akan mulai berinteraksi dengan meniru yang dilihat dari

Continue Reading

4 Cara Mengajak Bayi Bermain dan Memberikan Stimulasi

Mengajak bermain si kecil memang menyenangkan. Anda dapat lebih dekat dan mengamati perkembangan dan pertumbuhan setiap harinya. Dengan memberikan permainan -permainaan yang menyenangkan anda dapat mengamati perkembangan motorik bayi anda.

Bagi anda yang ingin mengajak bermain si kecil tanpa membuatnya bosan. Anda dapat melakukan permainan-permainan yang berbeda setiap harinya akan tetapi tujuannya sama yaitu untuk memberikan stimulasi dalam menunjang perkembangan yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengajak bayi bermain dan memberikan stimulasi sesuai dengan usia yang tepat :

1.    Permainan cilukba

Permainan ini tidak asing lagi untuk anda. Selain itu permainan hanya membutuhkan dua tangan dan juga ekspresi lucu dari orang tua saja.Meskipun demikian permainan cilukba memberikan manfaat untuk anda dan bayi yaitu untuk belajar mandiri. Permainan cilukba ini memberikan stimulasi pada bayi untuk mengurangi rasa cemas dan sedihnya. Ketika muka anda menghilang dibalik tangan dan muncul kembali akan membantu

Continue Reading

Tips Menghilangkan Bau Ompol di Kamar Si Kecil

Usia bayi yang semakin bertambah pastinya sangat menggemaskan. Bayi anda sudah tumbuh menjadi batita yang sedang belajar duduk, belajar merangkak dan belajar berjalan. Perubahan ini tentu saja sangat membanggakan bagi anda. Namun, masih ada beberapa kebiasaan anak anda yang membuat anda harus tetap mengarahkan sehingga berhenti dikebiasaan jeleknya. Ya, salah satunya adalah ngompol.

Apakah anak anda diantaranya yang memiliki kebiasaan ngompol saat tidur malam? Meskipun sekarang sudah banyak menggunakan pampers akan tetapi bau yang umum ditimbulkan dari ompol si kecil biasanya menempel di ruangan. Apalagi bila tempat tidur si kecil pasti akan menggangu kenyamanan bermain dan belajarnya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan tips bagi anda untuk menghilangkan bau ompol di kamar si kecil.

Si kecil di bawah usia 3 tahun masih dianggap biasa apabila mengompol walaupun demikian bukan berarti anda tidak membuatnya terbiasa untuk melatihnya mengenalkan toilet. Anda dapat memberitahu pada anak anda apabila merasakan keinginan

Continue Reading

Stimulasi Bagi Bayi yang Belum Bisa Merangkak

Pada umumnya memasuki usia 6 bulan,ketika bayi anda tengkurap maka dia mampu mengangkat beban tubuhnya. Ini merupakan cikal bakal kemampuan bayi anda untuk merangkak. Meskipun demikian tidak semua bayi pada usia yang sama memiliki kemampuan merangkak, mungkin saja bayi anda sebelum usia 6 bulan atau mungkin diatas 6 bulan. Nah, pada usia yang terlambatlah seringkali ibu sering cemas dan bertanya-tanya, apakah keterlambatan merangkak merupakan tanda gangguan perkembangan pada anak?

Seringkali masyarakat beranggapan bahwa pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu fase yang sama pada anak padahal keduanya memiliki hal yang berbeda. Pertumbuhan pada anak berhubungan dengan perubahan fisik, misalnya dengan proporsi tubuh, ukuran dan besar semakin bertambah jumlahnya dan besar sel tubuh anak. Pertumbuhan anak dapat diukur sehingga memiliki satuan seperti cm, gram atau lainnya. Sedangkan pertumbuhan merupakan kemampuan fungsi dan struktur tubuh anak,hasil dari interaksi kematangan syaraf pusat dan organ yang dipengaruhi pada anak tersebut. Dengan demikian proses pertumbuhan

Continue Reading

Ini Alasan Mengapa Madu Tidak Boleh Diberikan Pada Anak Kurang Dari 1 Tahun

Madu adalah makanan yang mengandung banyak manfaat dan gizi yang baik. Beberapa ahli menyatakan jika madu dapat berfungsi baik sebagai antiotik untuk memerangi bakteri dalam tubuh. Sementara itu, di Indonesia sendiri madu sudah seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat batuk.

Meski demikian pemberian madu pada bayi dibawah satu tahun saat ini masih menjadi kontroversi. Sebuah lembaga kesehatan dunia yang berpusat di Amerika menyatakan bahwa pemberian madu tidak diperkenankan diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun, sementara itu sebagian masyarakat beranggapan bahwa madu boleh-boleh saja diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun.

Pemanis alami yang didapat dari lebah ini diduga memiliki kandungan spora Clostridium botulinum yang diperoleh ketika lebah mengambil makanan dari tanah atau tumbuhan. Spora Clostridium botulinum yang terdapat pada madu akan dapat bertahan hidp pada usus dan mengeluarkan racun botulinum.

Pada dasarnya, senyawa botulinum tidak berbahaya untuk orang dewasa. hal ini dikarena sistem pencernaan orang dewasa memiliki tingkat

Continue Reading

Mengetahui Kapan Bayi Bisa Tengkurap Sendiri

Terperanga dengan decak kagum. Begitulah kira-kira ekpresi para orangtua ketika mendapati bayi mungilnya sudah dapat menengkurapkan tubuhnya sendiri. Banyak para orangtua yang menantikan saat-saat dimana bayinya bisa terngkurap, sebab mereka beranggapan bahwa bayinya telah memiliki suatu kepandaian baru.

Hal ini memang benar. Karena tengkurap merupakan bagian penting dari rangkaian urutan perkembangan kemampuan motorik bayi sebelum ia dapat melangkah pada perkembangan yang lebih tinggi yakni merangkak, duduk dan akhirnya berjalan. Pada dasarnya, semuanya berpusat dan bermula dari kemampuan tengkurap bayi, jika bayi tidak dapat tengkurap sendiri, maka dapat dipastikan perkembangan motorik selanjutnya pada si bayi akan terhambat.

Tengkurap merupakan suatu kegiatan membalik tubuh dimana posisi perut berada dibagian bawah sebagai tumpuannya. Hanya saja, hal yang paling penting diingat oleh para orangtua adalah jangan pernah membiarkan bayi anda tengkurap ketika ia terlelap dan tanpa berada pada pengawasan anda. Hal ini dikhawatirkan, ketika si bayi terngkurap dalam keadaan tidur maka berpotensi menyebabkan

Continue Reading

Masalah yang Akan Bunda Hadapi Saat Menyapih Buah Hati

Memberikan ASI pada si kecil memang amat dianjurkan oleh para ahli. Selain memang kandungan ASI yang baik untuk kekebalan tubuh si buah hati, beberapa pengamat menjelaskan proses menyusui merupakan moment yang dapat mengeratkan hubungan tali kasih ibu dengan buah hatinya. Namun jika si buah hati telah beranjak besar kira-kira di usia dua tahun, sudah saatnya si buah hati berhenti menyusu pada bundanya. Sebab pemberian ASI yang terlalu lama juga tidak akan baik untuk si buah hati. Dengan demikian jika buah hati bunda telah berusia dua tahun, maka sudah waktunya bunda melepaskan ASI dari si kecil.

Proses melepaskan ASI dari si kecil atau yang lebih dikenal dengan menyapih adalah sebuah proses saat anak berhenti menyusu dan beralih ke susu sapi atau makanan padat. Namun bukan berarti proses menyapih ini tidak akan merepotkan untuk bunda, sebab biasanya ada banyak kendala yang akan bunda hadapi ketika menyapih buah hati. Dari sekian banyak

Continue Reading

Ketahui Masalah-masalah Umum yang Sering Terjadi Pada Rambut Bayi

Bayi dilahirkan dengan berbagai kondisi rambut dan kepala. Ada sebagian bayi yang baru dilahirkan sudah memiliki rambut yang lebat sementara itu ada pula bayi yang dilahirkan dengan permasalahan rambut yang tipis, halus atau bahkan lahir dengan tidak memiliki rambut sama sekali alias gundul. Orangtua pada umumnya tentu saja mendambakan jika anaknya memiliki rambut yang lebat saat dilahirkan dan tidak memiliki keluhan lain pada rambut dan kepalanya.

Namun sebenarnya, orangtua tidak perlu merasa risau apabila bayi yang baru dilahirkannya memiliki rambut yang tipis atau mengalami masalah rambut dan kepala lainnya. Sebab, jenis rambut, warna rambut dan tebalnya rambut pada bayi sebenarnya dipengaruhi pula oleh faktor genetik. Namun demikian, meski faktor keturunan berpengaruh besar terhadap jenis rambut bayi, sebaiknya asupan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan dan keindahan rambut bayi perlu diperhatikan sejak bayi masih berada dalam kandungan. Ibu hamil yang sedang mengandung amat dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan

Continue Reading

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us