Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Sehat

4.66/5 (29)

Setiap orangtua pastinya ingin memiliki bayi yang sehat dengan berat badan bayi yang normal. Berat badan bayi yang normal menjadi salah satu tanda bahwa si kecil sehat dan tidak mengalami masalah pada kesehatannya. Yuk simak cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk di bawah ini.

Kehamilan menjadi masa yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orangtua. Selama mengandung banyak  tantangan dan perjuangan yang harus ibu lewati. Namun, setelah bayi terlahir ke dunia bukan berarti perjuangan ibu berhenti sampai disana. Justru setelah melahirkan perjuangan ibu dimulai. Ibu harus merawat bayinya agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Ibu tentu akan melakukan perawatan yang maksimal agar bayinya cepat gemuk dan sehat.  Selain itu, ibu akan menjaga asupan ASI agar buah hatinya mendapatkan ASI yang berkualitas sehingga akan cepat gemuk.

Hanya saja, meskipun telah berusaha dan melakukan perawatan pada bayi dengan baik dan anda  telah memenuhi kebutuhan nutrisi melalui ASI, akan tetapi tetap saja berat badan bayi tidak kunjung naik. Tentu keadaan ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah si kecil tidak kunjung gemuk karena perawatan yang salah? Atau karena mengalami masalah pertumbuhan? Berikut ini kami jelaskan cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk dan sehat.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Meskipun telah berusaha sekeras tenaga dengan memberikan perawatan terbaik untuk buah hati, tapi bukan berarti anda merawat si kecil dengan benar. Terkadang beberapa hal sering ibu lupakan padahal itu adalah hal penting agar berat badan bayi cepat naik. Membiarkan si kecil kelaparan dan menangis lebih lama, serta tidak memperhatikan waktu dan kenyamanan tidurnya sebenarnya akan berpengaruh  pada peningkatan berat badannya. Nah, agar buah hati anda sehat  dan gemuk berikut ini cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang dapat anda simak.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Memberikan ASI

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang pertama yaitu dengan memberikan ASI. ASI merupakan asupan penting yang harus bayi dapatkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Memberikan ASI dengan rutin sesuai kebutuhan bayi akan membuat bayi cepat gemuk. ASI menjadi sumber makanan alami yang baik untuk kesehatan bayi, khususnya 6 bulan pertama kehidupannya. Berikut ini beberapa tips menyusui bayi baru lahir yang baik dan benar agar bayi cepat gemuk.

  • Saat menyusui bayi pastikan anda menyesuaikan dengan jadwal atau ketika bayi anda merasa lapar. Akan lebih baik jika anda menyusui bayi secara langsung dari payudara anda, terkecuali pada bayi yang lahir prematur atau bayi dengan keadaan bibir sumbing karena tidak bisa menyusu langsung dari payudara ibu.
  • Jika bayi anda masih belum bisa menyusui langsung dari payudara, anda tidak boleh menyerah. Karena ASI penting untuk si kecil, anda harus tetap memberikan ASI dengan cara memompa ASI dan menyimpannya ke dalam botol yang steril. Penting untuk mengetahui suhu yang tepat dalam menyimpan ASI agar tetap bagus untuk diberikan pada bayi.
  • Dalam proses menyusui, apalagi anda yang baru pertama kali menyusui dan masih belum memiliki banyak pengalaman, tentu kesulitan sering anda hampiri.  Jika anda merasa kesulitan dalam menyusui si kecil, sebaknya anda melakukan konsultasi pada keluarga ataupun ahli laktasi. Ahli laktasi akan memberikan panduan mengenai cara menyusui yang baik dan benar.
  • Saat baru pertama dilahirkan bayi membutuhkan frekuensi menyusui yang lebih sering. Anda sebaiknya mengatur jadwal dalam menyusui si kecil. Pastikan anda memberikan ASI saat si kecil menginginkannya. Jangan biarkan si kecil menangis karena lapar.
  • Saat menyusui berbagai masalah mungkin anda hadapi. Beberapa ibu sering mengeluhkan terjadi pembengkakan pada payudara, ASI sulit keluar atau bahkan ada ibu yang mengalami mastitis atau terjadinya infeksi pada puting. Jika keadaan ini menimpa anda, sebaiknya jangan dibiarkan. Anda harus segera mengobatinya agar tidak akan mempengaruhi aktivitas menyusu pada si kecil yang akan berakibat pada menurunnya berat badan bayi. ( Baca juga : Dahsyatnya Manfaat Air Susu Ibu )

Perhatikan Waktu Tidur Bayi

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk selanjutnya yaitu dengan memperhatikan waktu tidur bayi. Saat bayi dilahirkan ke dunia ini, ia hanya akan menghabiskan waktunya dengan makan dan tidur. Bagaimanapun juga waktu tidur sangat penting untuk bayi. Waktu tidur dan makan dapat meningkatkan berat badan bayi. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan waktu tidur bayi anda. Agar berat badan bayi meningkat, berikut ini beberapa  tips yang bisa bunda lakukan mengenai jam tidur bayi.

  • Anda harus mengikuti pola tidur bayi, yakni selama 16 jam dalam sehari. Meskipun begitu  bukan berarti anda mengabaikan jam makan atau menyusunya. Meskipun si kecil banyak menghabiskan waktunya dengan tidur, anda tetap harus memperhatikan waktu minum susu. Jangan sampai si kecil kelaparan.
  • Tidur yang berkualitas tentu sangat penting untuk bayi dalam tumbuh kembangnya. Agar tidurnya nyenyak dan berkualitas, peran anda sebagai orangtua yaitu harus menyediakan  tempat yang nyaman untuk bayi tidur.
  • Bukan hanya nyaman saja, anda juga harus menyiapkan tempat tidur bayi yang aman. Pastikan tempat tidur untuk bayi terhindar dari kemungkinan bahaya yang akan terjadi.  Selalu perhatikan saat bayi tidur, anda jangan meninggalkannya terlalu lama sehingga saat ia menangis anda bisa menenangkannya lebih cepat.

Pertimbangkan Dalam Memberikan Susu Formula

ASI merupakan asupan penting bagi bayi. Setiap ibu pastinya ingin memberikan ASI eksklusif untuk buah hati tercintanya. Hanya saja, terkadang masalah dialami oleh ibu saat menyusui bayinya. Seringkali ibu melihat si kecil tidak kenyang setelah minum ASI sehingga berpikiran untuk memberikan susu formula.  Untuk memastikan keadaan ini anda bisa melakukan konsultasi pada dokter sehingga anda dapat memutuskan langkah yang harus anda ambil, apakah harus diberikan susu formula atau tidak.

Hanya saja, jika bayi anda tidak dapat menerima ASI  yang disebabkan karena tidak bisa mencerna ASI dengan baik, agar si kecil tetap mendapatkan nutrisi anda juga bisa berkonsultasi pada dokter dalam menentukan susu formula yang sesuai dan tepat untuk bayi baru lahir. Beberapa jenis susu bisa membantu mengatasi masalah pada pencernaan bayi, membantu meningkatkan berat badan bayi dan meningkatkan kecerdasan otak bayi. Penting untuk selalu mengecek apakah ada reaksi alergi atau tidak saat si kecil minum susu formula.

Namun, jika alasan anda memberikan susu formula karena malas atau bekerja, anda dapat mempertimbangkannya kembali. Meskipun anda bekerja anda tetap bisa memberikan ASI dengan cara dipompa.

Menjaga Kebersihan Bayi

Bayi akan menangis jika ia merasa tidak nyaman. Keadaan tubuh yang lembab dan berkeringat biasanya akan menyebabkan bayi menangis karena tidak nyaman. Penting untuk selalu memperhatikan perawatan dan kebersihan tubuh bayi, termasuk perawatan kulit bayi. Keadaan kulit atau tubuh bayi  memiliki kaitan dengan aktivitas menyusu dan tidur bayi. Seperti yang  telah disebutkan sebelumnya bahwa menyusu dan tidur akan berpengaruh terhadap berat badan bayi. Agar tidur si kecil nyenyak dan ia bisa menyusu dengan tenang, anda harus membuatnya nyaman dengan menjaga kebersihan kulit bayi. Berikut ini beberapa tips merawat kulit bayi sebagai salah satu cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk.

  • Dalam memilih baju untuk bayi, sebaiknya pilihlah pakaian dari katun lembut yang mampu menyerap keringat.
  • Pastikan anda memilih selimut dan pakaian yang membuat bayi nyaman. Hindari memilih pakaian yang tidak mampu menyerap keringat dan menyebabkan kulit si kecil iritasi atau gatal.
  • Untuk menjaga kebersihan kulit bayi anda dapat memandikan si kecil secara teratur sehingga bayi anda akan terhindar dari masalah kulit kering dan lembab. Memandikan bayi dengan teratur akan mencegah si kecil terkena penyakit kulit.
  • Tidak sedikit orangtua yang selalu memberikan produk perawatan bayi dalam jumlah banyak agar bayinya harum. Menggunakan produk perawatan kulit terlalu banyak justru tidak baik karena akan menyebabkan kulit infeksi dan iritasi.

Segera Tenangkan Bayi Ketika Menangis

Banyak hal yang dapat menyebabkan bayi menangis seperti, lapar, merasa tidak nyaman dan lain sebagainya. Jika bayi menangis jangan dibiarkan terlalu lama. Anda harus segera menenangkannya. Pasalnya, bayi yang sering menangis dan merengek berat badannya cenderung sulit naik. Saat  bayi menangis, anda bisa menenangkannya dengan melakukan hal-hal berikut ini sebagai cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk.

  • Saat bayi menangis, jika kerana lapar anda bisa langsung memberikan ASI padanya atau jika disebabkan karena popok yang sudah basah anda bisa segera menggantinya.
  • Jika bayi terus menangis meskipun telah diberikan ASI  atau popoknya sudah diganti, anda dapat mengkondisikan si kecil seperti masih dalam rahim dengan cara membedongnya. Dengan cara ini akan membantu si kecil lebih tenang sehingga ia akan segera berhenti menangis.
  • Apabila bayi anda terus menerus menangis anda dapat memeluk bayi ke dada,  kemudian usap lembut tubuh si kecil. Dengan cara ini bayi anda akan lebih mudah tenang. Selain itu, anda bisa memutarkan lagu-lagu lembut atau menyanyikan lagu agar ia terbuai. ( Lihat juga : Penyebab Bayi Menangis )

Hubungan Berat Badan Bayi Tidak Bertambah dengan Kualitas ASI yang Buruk

Banyak yang berpendapat bahwa berat badan bayi yang tidak kunjung bertambah disebabkan karena kualitas ASI yang diproduksi ibu kurang baik. Karena anggapan tersebut banyak ibu yang justru memilih memberikan susu formula pada anaknya agar buah hatinya cepat gemuk dan sehat. Lantas benarkan kualitas ASI buruk akan menyebabkan berat badan bayi tidak kunjung bertambah?

Mengetahui Kualitas ASI

Setelah sembilan bulan mengandung, ibu akan melahirkan buah hatinya ke dunia. Setelah melahirkan bayinya tubuh seorang ibu akan dirancang untuk memproduksi ASI, makanan terbaik dan sumber nutrisi utama untuk bayi. Tidak mungkin ASI yang diproduksi kualitasnya buruk karena pastinya tubuh anda akan memprioritaskan dalam produksi ASI. Namun untuk berjaga-jaga biasanya banyak ibu yang mulai melakukan gaya hidup sehat demi terjaganya kualitas ASI demi buah hatinya.

Setelah melahirkan tubuh anda akan dirancang untuk dapat mengalihkan cadangan zat gizi yang ada untuk menghasilkan produksi ASI yang berkualitas. Dengan kata lain, tubuh anda tidak akan mungkin menghasilkan ASI dengan kualitas yang buruk, terkecuali jika anda memang kekurangan gizi.

Berat badan bayi tidak kunjung naik salah satunya disebabkan oleh kualitas ASI yang kurang baik untuk si kecil, itu memang benar. Hanya saja, ini terjadi saat status gizi ibu buruk maka ibu pun akan menghasilkan ASI yang kurang baik. Namun sebenarnya bukan hanya kualitas ASI saja yang menyebabkan berat badan bayi tidak meningkat, karena banyak faktor yang menyebabkannya.

Penyebab Bayi Mengalami Gangguan Pertumbuhan

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif pada dasarnya tidak akan mengalami gangguan pertumbuhan, sebab ASI memang dirancang khusus memenuhi kebutuhan bayi. Namun, jika buah hati anda mengalami masalah pada pertumbuhannya seperti berat badan yang tidak kunjung naik atau justru turun, maka ada beberapa hal lain yang dapat menjadi penyebabnya. Berikut ini penyebab bayi mengalami gangguan pertumbuhan.

Masalah Saluran Pencernaan

Bayi juga bisa mengalami masalah pada pencernaannya. Bayi yang mengalami masalah pada pencernaannya tidak mampu mencerna zat gizi yang terkandung dalam ASI. Akibatnya berat badan bayi tidak akan bertambah.

Kuantitas ASI Kurang

Keadaan ini berhubungan dengan frekuensi menyusui bayi. Jika bayi anda jarang menyusu maka tubuh anda akan kesulitan dalam memproduksi ASI yang disebabkan karena tidak adanya rangsangan. Hisapan bayi pada payudara saat menyusu merupakan rangsangan untuk tubuh agar menghasilkan ASI dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika si kecil tidak mau menyusu anda jangan membiarkannya karena akan mempengaruhi kuantitas ASI.

Infeksi

Saat bayi mengalami infeksi, ASI memiliki peranan yang penting. ASI sangat dibutuhkan bayi agar kekebalan tubuh bayi meningkat.

Frekuensi Menyusu Kurang

Saat bayi menyusu, anda harus menyesuaikan frekuensi dan durasinya. Jika frekuensi bayi saat menyusu kurang maka ia akan cenderung kekurangan makanan, akibatnya akan berdampak terhadap status gizi si kecil sehingga berat badannya akan sulit naik.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Meskipun tubuh akan memproduksi ASI yang berkualitas, anda mungkin akan tetap merasa khawatir. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini agar tubuh mampu memproduksi ASI dengan kualitas yang lebih baik.

Diet Gizi Seimbang

Meskipun ASI sudah mengandung gizi yang lengkap, namun bukan berarti anda mengabaikan asupan gizi yang dibutuhkan. Anda tetap harus memenuhi gizi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Seperti misalkan, memilih makanan yang mengandung lemak baik dan menjauhi makanan dengan kandungan lemak trans. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa ibu menyusui yang mengkonsumsi makanan mengandung  banyak lemak trans akan cenderung membuat bayinya memiliki kadar lemah tubuh tinggi.

Konsumsi Makanan Sesuai Kebutuhan Kalori

Ketika anda sedang menyusui, kalori yang dibutuhkan tentu lebih banyak dibandingkan saat anda tidak sedang menyusui. Jika kebutuhan kalori terpenuhi maka tubuh anda akan menjadi lebih mudah dalam memproduksi ASI tentunya dengan kualitas yang baik.

Jika anda sudah melakukan gaya hidup sehat dengan memenuhi gizi seimbang, anda jangan khawatir lagi terhadap kualitas maupun kuantitas ASI.

Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber vitamin alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan pada buah-buahan seperti antioksidan, zat besi dan nutrisi yang lainnya akan membantu ibu supaya lebih sehat dan tidak mudah sakit. Kebutuhan vitamin yang terpenuhi juga akan menjadikan ASI atau air susu ibu lebih berkualitas.

Jika bayi anda mengalami gangguan pertumbuhan seperti berat badan bayi tidak naik atau berat badan bayi turun, sebaiknya anda memeriksakan bayi anda ke dokter. Dokter akan memberikan saran mengenai langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Itulah cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk. Dalam merawat buah hati anda juga perlu peran dan dukungan keluarga, termasuk suami anda. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel