Penyebab Bayi Menangis

5/5 (2)

bayi menangisMemiliki bayi memang menyenangkan, tapi tak jarang juga membuat kita cemas. Apalagi pada saat ia terus-terusan menangis tanpa kita tahu sebabnya. Kita pun jadi panik, ada apakah dengan bayi kita? Apakah yang dirasakannya? Apakah ada sesuatu yang salah? Dan seribu pertanyaan lainnya.. Saat si bayi menangis, orang tua kadang stres bukan kepalang. Sebab, mereka tidak tahu bagaimana menenangkan buah hatinya.

Pada dasarnya, menangis ini merupakan salah satu cara bayi meminta perlindungan dari diri anda serta menangis adalah cara si kecil berkomunikasi dengan Anda. Jika bayi menangis, Sebaiknya Anda tidak cemas atau panik. Memberikan ASI atau menggendongnya bukanlah selalu jawaban untuk menghentikan tangis. Tangis akan mudah dihentikan, jika Anda tahu penyebabnya. Karena bayi belum bisa bicara …. maka bagaimana cara memahami arti tangisan bayi?

Terdapat sejumlah penyebab mengapa bayi menangis. Dan terdapat sejumlah langkah yang perlu anda ambil untuk mengatasi hal ini.

Bayi Lapar

Ini adalah penyebab bayi menangis yang paling umum. Untuk itu segeralah anda memberinya ASI atau susu formula bayi, khususnya ketika anda belum memberi bayi anda ASI atau susu formula selama rentang waktu dua hingga tiga jam (bergantung pada usia dan bera bayi anda).

Bayi Haus

Beri bayi anda air matang yang dingin, terutama bila cuaca sangat panas. Rasa haus ini juga dapat diakibatkan karena ia terserang demam.

Bayi Kepanasan/kedinginan

Bila leher belakang bayi anda terasa panas, sangat boleh jadi suhu ruangan terlalu panas. Bila demikian, lepas bajunya. Sebaliknya, bila tangan dan kaki bayi anda terasa sangat dingin, tambahkan tilam tidurnya da n beri tambahan baju dan tubuhnya lebih hangat.

Popok kotor

Ganti segera popoknya apabila popoknya kotor atau basah. Ini sangat penting diperhatikan mengingat popok yang kotor dapat menyebabkan bayi anda terserang gatal-gatal.

Bayi Bosan

Coba gendong bayi anda. Coba pula anda berbicara padanya dan bawa bayi anda ketempat lain dimana ia dapat melihat suasana yang lain.

Bayi Merasa sakit

Dalam hal ini anda mesti mengetahui sumber penyebab rasa sakitnya. Rasa sakit itu dapat disebabkan oleh antara lain sakit perut, gigi yang mau tumbuh atau serangan penyakit lain.

Bayi merasa takut dan perasaan lain

Bayi menangis dapat pula karena ia mendengar suara menakutkan, melihat orang asing atau karena mainannya jauh dari jangkauannya. Dalam hal ini anda dapat menghentikan tangisnya dengan menggendongnya dan menghiburnya.

Bayi Lelah

Bayi menangis karena sangat boleh jadi ia lelah dan ingin cepat tidur. Gendong dan peluklah ia untuk menenangkannya.

Stimulasi yang berlebihan

Suara gaduh yang terus-menerus atau aktivitas yang berlebihan dapat membuat bayi anda tidak tahan dan akhirnya menangis. Kalau itu terjadi, segera bawa bayi anda ketempat yang lebih tenang.

Bayi ingin dipeluk

Bayi-bayi memerlukan intensitas pelukan sangat banyak. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memeluk si kecil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply