data-ad-format="auto"

Perawatan Reproduksi

Pil KB: Menurunkan Atau Meningkatkan Risiko Kanker?

Alat kontrasepsi memang memiliki banyak jenisnya, namun tetap memiliki fungsi yang sama yakni mencegah kehamilan. Dari banyaknya jenis alat kontrasepsi, tidak jarang wanita yang memilih alat kontrasepsi oral atau yang sering disebut dengan pil KB. Disebut sebagai alat kontrasepsi oral memang dalam mengonsumsinya dengan cara diminum setiap harinya.

Pil KB disebut sebagai alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Tentu, jika dikonsumsi setiap hari dan tidak pernah terlewat. Tingkat keefektifan alat kontrasepsi ini bisa mencapai 99%. Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang justru enggan menggunakan pil KB. Selain terbilang repot dan tidak boleh terlewat. Pil KB juga dikabarkan memiliki efek samping yang akan dialami oleh wanita yang mengonsumsinya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pil KB memiliki dampak yang cukup negatif terhadap tekanan darah, kenaikan berat badan, wajah yang kusam dan juga meningkatkan risiko kanker. Lantas, benarkah jika pil KB dapat berpeluang besar sebagai penyebab munculnya kanker di dalam tubuh? Untuk mengetahui

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Memakai Pembersih Vagina?

Vagina memang menjadi sebuah tempat yang rentan terhadap bakteri dan juga jamur. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh kondisi vagina yang lembab dan basah. Selain itu, vagina memang berhubungan langsung dengan lingkungan luar terutama setiap kali kita membersihkannya.

Vagina yang lembab dan juga kering memang tidak luput dari bakteri dan juga kuman yang menempel di dalamnya. Tidak heran jika banyak wanita yang merasa tidak nyaman akan kondisi tersebut. Kuman dan juga bakteri yang berada pada vagina menyebabkan vagina menjadi gatal dan juga keputihan. Kedua kondisi tersebutlah yang membuat wanita kerap menggunakan cairan pembersih kewanitaan dengan harapan dapat mengurangi aroma bau dan juga gatal-gatal tersebut.

Terlepas dari kondisi tersebut ternyata ada hal yang harus diperhatikan ketika kita hendak menggunakan cairan pembersih kewanitaan. Karena tidak semua pembersih kewanitaan bagus dan juga aman untuk kebersihan vagina kita. Faktanya bahwa cairan pembersih kewanitaan banyak yang mengandung zat kimia dan juga pengawet yang tentunya sangat berbahaya

Continue Reading

10 Penyebab vagina Kering & Cara Mengatasinya

Berbicara tentang vagina tentunya kita dihadapkan pada sesuatu yang sangat penting. Bagaimanapun juga, vagina merupakan alat reproduksi pada wanita dimana salah satu alat bagian tubuh inilah awal dari kehidupan manusia. Sekilas memang terlihat bahwa vagina hanyalah bagian yang sangat kecil di dalam tubuh seorang wanita. Namun, tahukah Anda bahwa bagian tubuh ini mempunyai beberapa bagian yang lebih luas di bagian dalamnya.

Tidak heran jika sebagian besar wanita kurang memiliki rasa peduli pada kebersihan dan juga kesehatan vagina. Tidak sedikit yang mengacuhkan akan kebersihan vagina sehingga ia membersihkan bagian ini cukup asal-asalan. Tidak dapat dipungkiri bahwa vagina sangat sensitif dan juga rentan terhadap kuman dan juga bakteri.

Vagina memang memiliki kondisi yang berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang mempunyai vagina yang lembab, namun tidak sedikit pula yang merasakan vagina yang kering. Kondisi inilah yang memang menjadi salah satu penyebab wanita merasa nyeri saat berhubungan seksual sehingga tidak merasakan kenyamanan sama sekali.

Continue Reading

Menggaruk Organ Kewanitaan Perparah Keputihan

Rasa gatal yang terjadi pada organ intim mungkin kebanyakan wanita pernah merasakannya. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti halnya menggunakan pakaian dalam yang sangat ketat atau anda tidak menjaga kebarsihan juga kesehatan pada organ intim anda yang dapat menyebabkan munculnya rasa gatal. Jika anda membiarkan rasa gatal yang di derita, dengan sendirinya anda akan terus menerus menggaruk area yang gatal di sekitar organ intim anda. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan organ inti anda, sebab dengan terus menggaruk dapat menimbulkan luka lecet serta iritasi. Hal ini juga dapat memicu adanya kuman serta bakteri yang masuk sehingga dapat mengakibatkan infeksi pada organ inti anda.

Selain itu mungkin ini juga terjadi karena terlalu sering menggaruk sebelum terjadinya keputihan. Bukan hal yang tidak mungkin jika terdapat kutu serta kudis pada organ intim tersebut. Kudis itu sendiri dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang di tularkan oleh pasangan anda.

Continue Reading

Tips Perawatan "Miss V" Pasca Melahirkan

Tugas berat melahirkan telah dilalui, kini hadir dalam pelukan anggota keluarga baru yang mungil dan lucu hadir. Kebahagiaan membahana ke setiap ibu dan keluarga yang baru saja melewati proses melahirkan dengan kehadiran bayi yang sehat dan selamat. Kini saatnya ibu untuk merawat segala sesuatunya pasca melahirkan, termasuk vagina (kita panggil "miss V").

Selama proses melahirkan berlangsung tentu saja, "Miss V" mendapatkan tugas yang berat sebagai pintu bagi keluarnya bayi dengan rata-rata berat badan 3-4 kg. Bagi yang elastis atau telah berulangkali menjalani proses melahirkan normal, mungkin kondisi ini telah menjadi "biasa", sehingga kondisi "Miss V" tidak sampai mengalami pengguntingan atau episiotomi (baca: Mengenal Episiotomi), namun tidak sedikit pula ibu memerlukan bantuan bidan atau dokter untuk memperlebar jalan lahir dengan cara menggunting di area perineum (area antara "Miss V" dan dubur), kemudian setelah itu, dokter atau bidan akan menjahit kembali bekas guntingan tersebut.

Bagi ibu yang melahirkan tanpa episiotomi, perawatan "Miss

Continue Reading

Persalinan Selalu Menyebabkan Robek Vagina?

Pertanyaan

TS jelasin dunk gmn sih proses persalinan sampe anak dalam kandungan kita itu keluar , pengen tau aja sih . Soal nya bnyk yang bilang kalo kita ngelahirin itu pasti sobek dan nanti nya akan di jahit ya , bnr gak sih ?

trus kelebihan dan kekurangan nya ngelahirin normal ma sesar apa ya ?

thx b4 ya ...

(kelinci putih)

Jawaban Bidanku.com

maaf banget dijawabnya telat...

waduh sis...untuk ngejelasin proses persalinan, kayaknya puuaannjang banget, paling sis bisa selengkapnya baca di situs saya di www.bidanku.com ada artikel berjudul 'Tanda-tanda si kecil lahir' di situ diterangin lengkap dari mulai kala 1-4, di situ diterangin secara detil.

paling saya jawab yg bag vagina robek...

robek vagina pada saat lahir disebabkan oleh tindakan episiotomi (kasarnya, sengaja digunting/dilebarin lubang vagina) untuk mempermudah persalinan atau robek dengan sendirinya. Tapi saya tekankan disini, bahwa tidak semua persalinan menyebabkan robek pd vagina..khususnya bag perineum (bag luar

Continue Reading

Loading...

Follow us