data-ad-format="auto"

Inilah Cara Membersihkan Vagina Agar Bersih dan Terbebas Dari Bakteri

Vagina memang menjadi salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi wanita. Bagaimanapun juga alat vital dapat dikatakan sebagai salah satu senjata yang tentu kebersihannya harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Merawat dan juga menjaga alat reproduksi memang menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Vagina yang sehat dan juga terawat memang akan menjadi indikasi bahwa Anda seseorang yang rajin dalam merawat bagian tubuh terpenting.

Indikasi dari vagina yang sehat tentunya yang memiliki sifat alami yakni asam dan juga mengandung banyak bakteri baik untuk menangkis infeksi serta mempertahankan tingkat keasaman agar normal. Selain itu, vagina yang sehat akan mengeluarkan sejumlah cairan yang dapat menjaganya tetap bersih seperti lendir sama halnya dengan air lilur yang dapat membersihkan mulut Anda. Masalah apapun yang ada pada kondisi bagian vagina yang normal tentunya dapat menyebabkan infeksi dan juga iritasi yang terjadi pada vagina. Maka dari itu, memang diperlukan cara yang cukup tepat dalam menjaga kesehatan vagina Anda. Baca juga: Tidak Disangka Ternyata Makanan Ini Sebagai Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara

Cara Merawat Vagina Agar Sehat

Bagaimanapun juga, kesehatan organ intim memang menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap orang, terutama bagi wanita. Kesehatan organ intim memang sangat mempengaruhi banyak hal diantaranya kehidupan seks, kesuburan dan juga kemampuan wanita dalam mencapai orgasme. Masalah organ intim tentunya memiliki peluang yang cukup besar untuk mendatangkan penyakit, kehilangan rasa percaya diri dan juga mempengaruhi kehidupan sosial di masyarakat.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Seperti yang kita tahu bahwa vagina memang menjadi salah satu organ intim yang tampak kecil sehingga sangat mudah untuk dirawat. Akan tetapi, bila kita lihat lebih jauh lagi, vagina tentunya memang berhubungan langsung dengan rahim dan juga leher rahim. Organ kecil ini tentunya akan lebih luas dan juga lebih kompleks dan juga rumit dibandingkan dilihat dari luar. Makanya, Anda sebagai wanita harus benar-benar menjaga dan juga melakukan perawatan secara tepat. Lihat juga: 8 Penyebab Penyakit Lupus Yang Rentan Menyerang Tubuh Manusia

Berikut beberapa cara merawat vagina agar sehat diantaranya:

Mencuci Vagina Dengan Benar

Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan mencuci vagina dengan cara yang tepat. Hal ini tentunya memang membersihkan vagina menjadi cara yang dapat mempengaruhi keseimbangan baik tingkat pH dan juga bakteri yang ada dan akan menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk membersihkan vagina, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sabun yang polos tanpa pewangi untuk mencuci daerah vagina secara lembut setiap hari. Hal ini dikarenakan vagina membersihkan diri sendiri dalam menggunakan cairan secara alami.

Menurut Dr Suzy Elneil, seorang konsultan uroginekologi dari University College Hospital London menyatakan bahwa ketika membersihkan vagina lebih dari satu kali dalam sehari tentunya dapat membantu Anda untuk menjaga daerah vagina dengan sangat baik.

Mengenakan Celana Berbahan Katun

Celana bahan katun tentunya memiliki kelebihan dimana dapat memberikan udara dan dapat menyerap kelembapan sehingga memungkinkan miss V untuk bernafas. Bagaimanapun juga, bahan katun memang menjadi bahan ideal yang dipakai untuk wanita. Maka dari itu, memilih celana dengan bahan katun tentunya dapat melindungi miss V.Sebagian besar celana dalam dilengkapi dengan strip tipin kain katun pada bagian selangkangan. Menurut Mary Jane Minkin, M.D yakni seorang profesor dari klinik kebidanan, ilmu reproduksi dan juga ginekologi di Yale University menyebutkan bahwa katun memang menjadi pilihan yang paling tepat bagi wanita untuk digunakan setiap hari.

Memakai Kondom

Untuk kehidupan seksual, tentunya dibutuhakn suatu cara dan juga alternatif yang dapat digunakan sebagai pemanganan yakni dengan menggunakan kondom. Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah PMS (Penyakit Menular Seksual). Untuk menghindari hal tersebut tentunya Anda dapat menjaga dan juga melindungi vagina dari bakteri jahat yang kemungkinan akan masuk ke dalam vagina Anda. Selain itu, menggunakan kondom tentunya menjadi cara yang bisa kita gunakan untuk tetap menjaga pH vagina untuk mempertahankan bakteri baik yaitu lactobacili sehingga dapat bertahan hidup di sana. Bagaimanapun juga, bakteri yang baik daoat membantu mencegah infeksi ragi sehingga sedikitnya dapat melindungi vagina dari Infeksi Saluran Kemih dan juga vaginosis bakteri.

Melumasi Vagina

Bagi Anda yang memiliki kondisi vagina yang kering karena konsumsi makanan ataukah obat-obatan tertentu seperti pil KB, antidepresan dan juga antihistamin. Vagina kering juga dapat dialami oleh wanita setelah kehamilan ataupun sebelum menuju menopause. Selain menyebabkan perih pada vagina ketika berhubungan, maka vagina sering juga akan terasa sangat sakit dan juga lecet.

Menjaga pH vagina tentunya menjadi suatu keharusan bagi Anda. Jika vagina tidak dilumasi, maka Anda sebagai wanita akan terus merasakan perih dan juga kering berkepanjangan. Untuk itu, berkomunikasilah dengan pasangan Anda untuk bisa mendapatkan jalan keluar akan masalah ini. Dalma menggunakan pelumas, ada biaknya jika Anda menghindari petroleum dan juga jelly yang berbasis minyak karena akan menyebabkan ereksi dan juga kondisi kondom yang cukup rusak sehingga akan menyebabkan infeksi.

Periksakan Diri Anda Ke Ginekolog

Melakukan pemeriksaan secara rutin kepada ginekolog tentunya sangat penting bagi Anda. Hal ini dikarenakan menjaga kesehatan vagina Anda secara rutin dapat menjadi langkah bagi Anda untuk mengetahui kondisi vagina Anda. Pada umumnya, setiap wanita di umur 21 tahun  sangat aktif melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan tersebut tentunya dimaksudkan untuk mendiagnosis adanya penyakit dan juga gangguan yang cukup berbahaya bagi vagina dan juga sistem reproduksi lainnya secara keseluruhan. Ginekolog tentunya akan melakukan Pap Smear yakni pemeriksaan leher rahim yang bisa mendeteksi kemungkinan adanya sel kanker di dalam rahim.

Berhati-hatilah Ketika Bersepeda

Aktivitas yang tidak terduga ini ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan vagina. Bersepeda terlalu lama atau sering bersepeda tentunya berpengaruh besar terhadap kesehatan vagina Anda. Jika Anda sering mengendarai sepeda, tentunya Anda akan memiliki risiko mati rasa genital, kesemutan saat bersepeda dan juga rasa sakit yang berlebih.

Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sexual Medicine menyatakan bahwa mayoritas pengendara sepeda akan mengalami hal-hal tersebut. Untuk itu, jika Anda bersepeda, cobalah untuk selalu mengenakan celana pendek yang cukup empuk sehingga dapat menjaga vagina terbebas dari rasa sakit selama melakukan latihan.

Menjaga Keasaman Vagina

Keasaman vagina tentunya memang sangat penting bagi Anda untuk selalu diperhatikan. Hal ini dikarenakan tingkat keasaman ideal akan bisa menjaga bakteri yang baik sehingga tidak akan timbul infeksi yang ada di dalam vagina. Dalam menjaga tingkat keasaman yang tetap ideal, alangkah baiknya jika Anda dapat melakukan pencucian vagina dengan larutan kimia atau yang dikenal dengan istilah douching. Dalam mencuci vagina tentunya Anda bisa memilih sabun yang tidak banyak mengandung unsur kimia. Anda tentunya bisa juga menggosok vagina, namun jangan terlalu kuat karena akan menyebabkan iritasi pada area vagina Anda.

Lakukanlah Diet Sehat

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk kaum wanita ialah dengan melakukan diet sehat. Jika Anda tidak melakukan diet tidak sehat, tentunya justru akan membuat vagina Anda menjadi lebih kendur. Untuk itu, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan juga nutrisi agar berat badan menjadi lebih ideal sehingga kondisi tubuh yang tetap sehat. Meskipun Anda diet, akan tetapi sangat penting bagi Anda untuk tidak memiliki berat badan yang terlalu rendah. Hal ini tentunya akan membuat vagina menjadi lebih tua dikarenakan lapisan lemak yang sangat tipis.

Melakukan Perawatan Saat Haid

Haid memang menjadi salah satu siklus yang akan dialami oeh setiap wanita setiap bulannya. Namun tentunya ketika sedang haid, wanit tentunya terbilang cukup rentan terkena bakteri ataupun kuman yang berada di dalam darah. Untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan ketika sedang haid tentunya diperlukan cara yang cukup mudah yakni dnegan mengganti pembalut secara berkala. Alangkah baiknya jika Anda mengganti  pembalut setiap 4 jam sekali. Hal ini tentunya bertujuan agar vagina tidak terkena bakteri ataupun kuman. Jika terlalu lama dibiarkan, maka kemungkinan besar akan masuk ke dalam vagina dengan sangat mudah.

Obati Infeksi

Jika Anda mengalami yang namanya infeksi, ada baiknya jika Anda mengobati infeksi tersebut secepatnya. Bagaimanapun juga, infeksi yang terjadi pada vagina dapat menyebar dengan sangat mudah. Pasalnya, sebagian besar wanita memang rentan mengalami infeksi yang terjadi pada vagina. Jika dibiarkan, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan sehingga infeksi akan berkembang ke organ reproduksi bagian atas. Kondisi ini tentunya akan mengakibatkan infeksi semakin parah.

Kebiasaan Buruk Pada Vagina

Selain cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan vagina. Tentunya ada beberapa kebiasaan buruk pada vagina yang tidak disadari oleh sebagian besar wanita, diantaranya:

Pasang tato dekat vagina

Mungkin kebiasaan ini dirasa tidak apa-apa, namun Anda tentunya harus mempertimbangkan. Hal ini dikarenakan tato dapat menimbulkan kondisi buruk pada vagina sehingga dapat memicu kemerahan dan juga peradangan. Tidak menutup kemungkinan akan menyabbkan kulit menjadi lebih sensitif.

Membersihkan vagina dengan menggunakan sabun terlalu banyak

Meskipun setiap jenis sabun tergolong sabun yang cukup lembut, namun berbeda dengan sabun yang biasa digunakan untuk membersihkan vagina. Semakin sedikit sabun yang digunakan untuk membersihkan vagina, tentunya semakin bagus terlebih bagi sabun yang digunakan tanpa pewarna dan juga wangi khas sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan juga seperti terbakar.

Menggunakan baby oil sebagai pelumas

Meskipun cara untuk merawat vagina salah satunya memakai pelumas. Akan tetapi, Anda jangan sampai memakai baby oil sebagai pelumas. Hal ini dikarenakan pelumas berbahan dasar minyak terbilang lebih kental dan juga sangat sulit untuk dibersihkan. Tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan adanya vagina dan juga bakteri yang menyebabkan infeksi.

Tidak melepas baju setelah olahraga

Baju yang digunakan utuk berolahraga tentunya memiliki banyak keringat. Hal ini tentunya akan terdapat banyak bakteri yang dihasilkan dari keringat. Jika Anda tidak mengganti baju tentunya akan mengganggu keseimbangan mikroba yang nantinya berisiko mengalami infeksi dan juga jamur. Untuk itu disarankan Anda untuk segera mandi dan juga mengganti baju Anda.

Demikianlah beberapa tips dan juga cara membersihkan vagina yang paling tepat dan juga aman agar bersih serta terhindar dari bakteri. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us