data-ad-format="auto"

Pasca Melahirkan

Kategori artikel yang berisi informasi mengenai berbagai hal pasca melahirkan. Bermanfaat untuk dijadikan panduan informasi, bagaimana menghadapai atau hal-hal apa saja yang harus dilakukan pasca melahirkan

18 Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan

Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan - Merawat payudara tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda, terutama bagi wanita yang setelah melahirkan. Untuk itu, diperlukan alternatif dan juga cara merawat payudara setelah melahirkan yang wajib Anda lakukan.

Seorang wanita yang sudah pernah merasakan hamil dan juga melahirkan tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Bagaimanapun juga, mereka yang pernah hamil dan juga melahirkan disebut sebagai wanita sejati. Postur tubuh wanita yang sudah melahirkan tentunya mengalami perubahan.

Perubahan pada wanita sebelum dan juga setelah melahirkan tidaklah sama. Banyak sekali perubahan mendasar yang kerap dialami oleh banyak wanita baik dari fisik, postur tubuh, dan juga payudara. Wanita yang sudah melahirkan tentunya memiliki perubahan yang signifikan pada area payudara. Kekencangan dan kesehatan pada payudara rentan mengalami permasalahan terlebih bagi wanita yang sedang menyusui.

Meskipun Anda sudah melahirkan tentunya Anda ingin tetap memiliki tubuh dan juga payudara yang berisi, bukan? Untuk itu, diperlukan sebuah cara

Continue Reading

Sakit Kepala Usai Melahirkan Apakah Normal? Apa Penyebabnya?

Penantian kehadiran si buah hati selama 9 bulan ini akhirnya berbuah dengan hadirnya si buah hati ke dunia. Proses persalinan yang begitu menegangkan yang ibu jalani selama beberapa jam di rumah sakit tentu menjadi pengalaman yang paling mendebarkan dalam kehidupan.

Usai melahirkan dan menyambut kehadiran si buah hati beberapa ibu mungkin mengalami keluhan. Seperti misalkan sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba. Masalah ini mungkin dialami oleh mereka yang melahirkan normal maupun lewat operasi C-section atau operasi Caesar.

Kondisi kepala yang tiba-tiba terasa berat dan pusing ini seringkali menimbulkan banyak pertanyaan pada para ibu yang baru saja melahirkan. Apakah kondisi semacam ini normal dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan? Lalu apa saja penyebab kondisi ini dapat terjadi?

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa informasi dan penjelasan mengenai kondisi yang satu ini. Seperti apa saja? Inilah dia pemaparannya.

Sakit Kepala Usai Melahirkan Apakah Berbahaya?

Kepala yang terasa berat dan

Continue Reading

Beberapa Kondisi yang Mengharuskan Anda Menunda Olahraga Setelah Melahirkan

Beberapa wanita yang mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan seringkali ingin berolahraga untuk kembali menurunkan berat badannya. Selain itu, olahraga yang dilakukan setelah melahirkan memang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat ini akan dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh usai melahirkan.

Selain itu, hal ini pun akan bermanfaat dengan baik untuk memperkuat otot usai melahirkan. Bukan hanya itu, olahraga yang dilakukan usai melahirkan pun akan dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh pada ukuran semula dengan lebih cepat.

Tak heran bila banyak wanita ingin cepat berolahraga usai melahirkan. Apalagi melihat banyak manfaat baik yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga ini. Baca juga: Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan melakukan olahraga usai melahirkan. Sebaiknya analisis beberapa kondisi ini dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan anda dengan baik.

Apakah Tubuh Sudah Siap Berolahraga Usai Melahirkan?

Untuk anda yang menjalani proses persalinan dengan

Continue Reading

Alasan Pentingnya Kontak Kulit dengan Bayi Pasca Melahirkan

Usai menjalani serangkaian proses melahirkan yang begitu menguras tenaga biasanya hal ini membuat ibu kelelahan dan ingin istirahat. Namun sebaiknya, jangan terburu untuk bergegas beristirahat terlebih dahulu.

Sebab masih ada tugas penting yang perlu ibu lakukan sebelum menyambut waktu istirahat anda. Usai melahirkan, ibu perlu meluangkan energy dan waktu anda untuk dapat melakukan momen bersentuhan secara kulit dengan si buah hati. Baca juga: Tips Mengetahui Kehamilan Bermasalah 'Kehamilan Anggur'

Meskipun hal ini terkesan sepele, namun rupanya ada begitu banyak manfaat yang akan dirasakan oleh bayi anda dari hal ini. Dengan demikian, sebaiknya tidak melewatkan momen penting ini usai menjalani proses persalinan.

Cara Melakukan Kontak Kulit dengan Bayi Usai Melahirkan

Moemen bersentuhan dari kulit ke kulit bersama dengan si buah hati usai melahirkan memang nampak sepele dan sederhana. Namun siapa menyangka bila dari momen sepele ini banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh si buah hati.

Jadi demikian,

Continue Reading

Tips Agar Siap Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Terkadang kembali bekerja setelah menikmati masa cuti yang panjang bukahlah perkara yang mudah. Kebiasaan yang seringkali dilakukan selama cuti dengan bangun siang dan tidak adanya tekanan dari masalah pekerjaan seringkali membuat anda terbiasa dengan kondisi ini. Sehingga pada saat anda dihadapkan pada realita kembali bekerja usai menjalani cuti. Hal ini seringkali menjadi beban yang terasa berat.

Belum lagi peran baru anda sebagai ibu baru membuat anda sibuk dengan kegiatan mengurus si kecil. Perhatian anda yang sulit terbagi antara keluarga dan pekerjaan seringkali menuai perasaan yang malas menghadapi pekerjaan.

Namun bagaimanapun pekerjaan sudah menjadi tanggung jawab anda yang harus anda lakukan. Nah, tak perlu khawatir karena kali ini kami akan berikan tips agar siap kembali bekerja setelah cuti melahirkan. Mari simak informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Depresi dan Ibu Hamil

Cari Dukungan

Terkadang rasa malas kembali bekerja bukan hanya dialami oleh anda yang menjalani masa cuti melahirkan

Continue Reading

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Langsung Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Untuk anda yang baru saja melangsungkan proses melahirkan dan usai menjalani waktu cuti anda di rumah. Terkadang muncul kekhawatiran dalam diri kita mengenai sudah siapkah kita kembali bekerja lagi? Pasalnya, meskipun sudah mengambil cuti melahirkan, namun pada beberapa kasus tidak sedikit wanita yang masih merasa ragu untuk dapat kembali disibukkan dengan pekerjaan. Baik kesiapan secara fisik maupun mental yang mereka hadapi.

Tak jarang kondisi ini membuat mereka bertanya-tanya apakah boleh langsung bekerja setelah cuti melahirkan? Nah, untuk lebih jelasnya lagi maka tak perlu khawatir karena kali ini kami akan berbagi informasi menariknya untuk anda. Baca juga: Tips Melancarkan Keluarnya ASI Secara Alami

Bolehkah Langsung Bekerja Setelah Cuti Melahirkan?

Di tanah air, ibu yang menjalani proses bersalin mendapatkan hak cuti melahirkan. Adapun biasanya waktu cuti yang diberikan berkisar selama 12 minggu atau lebih. Setelah waktu ini habis, maka si ibu diharapkan dapat kembali bekerja dan memberikan performa yang baik

Continue Reading

Apakah Saya Mampu Bekerja Lagi Setelah Punya Bayi?

Sebelum si kecil lahir kedunia, terkadang seorang wanita masih belum bisa memutuskan apakah ia akan berhenti dari pekerjaannya atau kembali bekerja usai melahirkan sang buah hatinya. Barulah ketika usai melahirkan, kehidupan anda bersama dengan pasangan seketika berubah. Apalagi saat anda sudah merasakan bagaimana mengurus sang buah hati dan menjalankan peran menjadi seorang istri.

Mulai saat ini, semua perhatian dan prioritas anda lebih mengutamakan keluarga dan buah hati anda. Hal ini pun terkadang menimbulkan dilemma yang besar antara melanjutkan pekerjaan atau diam di rumah dan mengurus si kecil serta berada disampingnya setiap saat.

Ya, untuk sebagian ibu terutama mereka ibu baru masalah seperti ini akan menjadi sebuah keputusan yang cukup membingungkan. Sehingga tak heran bila keraguan yang besar akan menghinggapi benak dan pikiran anda. Baca juga: Pilih mana, Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

 

Haruskah Kembali Bekerja Setelah Punya Bayi?

Pertanyaan ini mungkin menjadi hal yang amat

Continue Reading

Mengapa Sering Berkeringat Pada Setelah Melahirkan?

Tujuh dari sepuluh ibu melahirkan seringkali mengeluhkan berkeringat. Ibu baru seringkali berkeringat bahkan setelah beberapa menit usai melahirkan, ada pula yang berkeringat setelah menyusui atau ibu yang melakukan aktivitas seperti biasanya akan tetapi keringatnya begitu deras tidak seperti biasa. Kondisi ibu berkeringat ini seringkali dipertanyakan oleh ibu baru, apakah merupakan kondisi yang normal atau kondisi yang menandai gangguan kesehatan?

Ini umum untuk berkeringat banyak dalam minggu-minggu setelah melahirkan, terutama pada malam hari. Berkeringat adalah salah satu cara tubuh Anda menghilangkan air tambahan yang dipertahankan selama kehamilan. Ginjal Anda bertanggung jawab untuk sebagian besar pembersihan, yang berarti Anda akan buang air kecil lebih dari biasanya untuk minggu pertama setelah melahirkan. Namun pori-pori Anda juga bekerja lembur untuk menumpahkan air ekstra. Stres emosional ibu baru mungkin menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak. Dan meskipun tidak ada yang tahu pasti, itu mungkin bahwa penurunan dramatis dalam estrogen yang terjadi tepat setelah melahirkan juga

Continue Reading

Tips Atasi Ibu Baru yang Bingung Seputar Perawatan Bayi

Membicarakan perawatan bayi dari dulu hingga sekarang memang tidak akan pernah habis. Setiap kali berbicara mengenai perawatan bayi seringkali ibu baru mendengar pengalaman dan masukan baik secara medis maupun mitos yang akhirnya membuat ibu baru kebingungan. Beberapa mitos yang seringkali diterima oleh ibu baru seputar merawat bayi yang didapat dari orang tua, kerabat, teman ataupun tetangga. Beberapa diantara ibu bayi mengalami kebingungan mengenai perawatan bayi yang baik dan benar untuk tetap menjaga keselamatan dan kesehatan bayi.

Perawatan Bayi

Merawat bayi memang memerlukan banyak pengetahuan, terlebih apabila anda kini sedang bingung dengan mitos yang sudah lama berkembang di masyarakat. Bayi di bulan pertama kelahiran seringkali menjadi pertanyaan bagaimana dengan kondisi bayi? Apakah perawatan yang dilakukan sudah sesuai? Inilah yang dapat anda ketahui mengenai kondisi dan perawatan pada bayi yang baru lahir:

1. Kenali Bayi saat Lapar

Bulan pertama kelahiran bayi anda seringkali bayi mengalami lapar yang membuatnya sering menangi. Inilah

Continue Reading

Tips Mangatur Energi Menjadi Ibu Baru

Kini hadirnya bayi ditengah keluarga akan mengubah agenda dan jadwal rutinitas anda. Meskipun demikian anda harus tetap dapat mengatur waktu dan tenaga sehingga tetap dapat merawat bayi anda. Beberapa diantara ibu baru banyak yang mengeluhkan cape, kelelahan bahkan hingga mengalami stres karena tidak dapat mengatur waktu dan tenaga menjadi ibu baru.

Kondisi ibu mengalami stres setelah melahirkan sering juga disebut dengan syndrome baby blues dimana kondisi fisik maupun psikis akan menimbulkan stres atau tertekan. Anda tidak sendirian, masih delapan dari sepuluh ibu yang melahirkan akan mengalami kondisi ini. Meskipun tergolong ringan dan hanya terjadi sekitar 2 minggu setelah melahirkan akan tetapi snagat menganggu apabila anda tidak dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Pemicu terjadinya baby blues adalah faktor hormonal dimana ibu yang baru melahirkan akan mengalami kenaikan hormon laktogen dan mengalami penurunan progesteron sehingga perubahan yang signifikan ini akan mengalami kelelahan fisik.

Selain itu, faktor fisik

Continue Reading

Tips Atasi Sulit Tidur Setelah Melahirkan

Selamat, kini bertambah anggota keluarga baru anda yang dapat hadir ditengah kehangatan keluarga. Moment istimewa ketika anda dapat mengikuti tumbuh kembang bayi hingga berusia balita nanti namun untuk sebagian ibu baru malah kerepotan dengan kebiasaan yang akhir-akhir ini mengganggu pola tidur. Ya, salah satu masalah untuk ibu baru adalah kesulitan tidur setelah melahirkan. Ini yang dapat mengganggu kesehatan anda apabila diabaikan tanpa mengatasi dengan cara yang tepat.

Ibu baru yang sulit tidur dapat disebabkan karena berbagai alasan diantaranya adalah ketidaknyamanan yang terjadi pada ibu baru yang disebabkan gangguan kesehatan seperti ibu mengalami sembelit setelah bersalin. Bahkan ibu setelah melahirkan kesulitan buang air besar secara teratur inilah yang menyebabkan ibu baru mengalami gangguan tidur. Selanjutnya adalah ketika ibu mengalami restless leg syndrome yaitu kondisi dimana kaki tidak bisa diam meskipun belum diketahui dengan pasti penyebab kaki tidak bisa diam setelah melahirkan ini, banyak yang menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan

Continue Reading

Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Persalinan

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, gangguan tubuh seperti halnya bengkak di seluruh bagian tubuh terutama kaki menjadi permasalahan yang sering terjadi dan normal adanya. Bahkan, beberapa wanita justru mengalami kaki bengkak pasca persalinan. Meski kehadirannya cukup mengganggu dan membuat panik, namun sebaiknya ibu tidak perlu khawatir, sebab kondisi seperti ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya.

Pembengkakan yang terjadi pada kaki pasca persalinan pada umumnya dipicu akibat adanya peningkatan volume darah selama masa kehamilan yang didistribusikan dalam beberapa minggu pasca persalinan. Kondisi seperti ini biasanya akan sering terjadi apabila saat persalinan ibu mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pembengkakan yang terjadi pada daerah pergelangan kaki dan sekitarnya bisa anda minimalisir dengan mengupayakan beberapa cara.

Berikut ini kami sajikan cara mengatasi bengkak pada kaki pasca persalinan :

1. Luangkan Waktu Untuk Melakukan Peregangan

Anda bisa mengambil waktu disela-sela jam istirahat atau jam santai anda untuk melakukan peregangan untuk mengurangi

Continue Reading

Diet Sehat dan Aman Selama Menyusui

Wanita yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui tentu sering dibuat pusing dengan bobot tubuhnya yang sedikit melar dan membengkak diakibatkan proses kehamilan selama 9 bulan lamanya. Selain itu, kebanyakan wanita yang baru saja melahirkan merasakan galau yang cukup tinggi sebab mereka merasa tidak dapat menjalani diet secepat setelah melahirkan karena harus dilanjutkan dengan fase menyusui. Kebanyakan pada ibu ragu dan merasakan takut untuk melakukan diet karena khawatir jika perkembangan gizi bayi mereka akan terganggu dan tidak terpenuhi dengan baik, sebab satu-satunya sumber makanan dan nutrisi untuk bayi hanyalah bersumber dari ASI ibunya.

Namun tahukah anda, jika ibu dirumah lebih cermat dan pintar, ternyata adapula metode diet yang bisa anda lakukan meskipun dalam periode menyusui, diet ini tentunya sehat dan aman tanpa mempengaruhi atau mengganggu kebutuhan ASI bayi anda. Metode diet kali ini tentunya menjadi kabar gembira untuk anda para ibu yang menginginkan memiliki bobot tubuh yang kembali normal

Continue Reading

Tanda Depresi Setelah Melahirkan

Beberapa ibu yang telah melahirkan memiliki perasaan khawatir tidak dapat menjadi ibu yang terbaik ketika bayi terlahir. Perasaan kekhawatiran lama-lama membuat anda menjadi terbebani dan menimbulkan depresi. Apakah anda mengalami hal yang sama atau justru sama sekali tidak menyadari bahwa anda sedang mengalami depresi setelah ibu melahirkan? Artikel kali ini akan membantu anda memberitahu tanda-tanda terjadi setelah melahirkan dan juga cara mengatasinya.

Depresi Setelah Melahirkan

Depresi setelah melahirkan merupakan kejadiaan yang sering terjadi akan tetapi ibu tidak menyadarinya. Perasaan yang membuat ibu khawatir karena ibu serinhkali merasakan tidak karuan, sedih, cemas atau tidak dapat mengendalikan emosi setelah melahirkan.Ibu yang mengalami depresi setelah melahirkan seringkali kehilangan nafsu makan bahkan hingga sulit tidur. Meskipun demikian gangguan ini tidak menimbulkan gejala-gejala yang membutuhkan terapi. Dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu setelah melahirkan akan membaik dengan sendirinya.

Penyebab Depresi setelah melahirkan

Sampai saat ini penyebab utama dari depresi setelah melahirkan tidak diketahui. Diduga

Continue Reading

Ibu Menyusui Lebih Agresif dan Sensitif?

Proses menyusui dilakukan di awal kelahiran hingga minimal 6 bulan pertama kelahirannya. Pemberian ASI selama 6 bulan pertama atau ASI ekslusif sangat baik untuk tumbuh-kembang bayi yang optimal. Proses ini melibatkan peranan ibu dan bayi sehingga keduanya saling berhubungan.

Sebagai seorang ibu yang baru saja melewati masa kehamilan dengan perubahan hormon di dalam tubuh, kini anda harus dapat beradaptasi secara fisik dan psikis selama menyusui. Dukungan dari orang terdekat termasuk suami dan keluarga sangat dibutuhkan sehingga dapat mengurangi risiko depresi ketika merawat bayi. Hal ini berhubungan dengan perubahan perilaku ibu menyusui yang berbeda dengan keadaan normal. Ibu menyusui lebih sering mengalami perubahan suasana hati, cepat marah, mudah tersinggung atau lebih protektif.

Nah, membahas perubahan perilaku ibu menyusui. Betulkah ibu menyusui lebih mudah agresif dan sensitif? Penelitian yang dilakukan Psychological Science mengungkapkan bahwa ibu menyusui anaknya lebih cenderung bersikap agresif dibandingkan ibu yang memberikan susu botol. Hal ini berkaitan dengan sifat

Continue Reading

Bagaimana Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur?

Menyusui merupakan proses alamiah yang dapat berakibat positif pada pertumbuhan bayi dengan memberikan ASI eksklusif maka bayi anda secara tidak langsung mendapatkan imunitas alami yang disediakan di dalam kandungan ASI. Selain itu pemberian ASI secara langsung akan membantu dalam menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak. Mengingat pentingnya pemberian ASI maka proses menyusui yang baik dan benar harus anda ketahui untuk memberikan kenyamanan bagi bayi anda.

Proses menyusui dapat dilakukan dengan berbagai cara, sambil duduk, berdiri atau berbaring. Begitu pula dalam pemberian ASI pada tidak saja menitikberatkan pada air susu di bagian atau bagian kiri saja. Umumnya bayi hanya suka pada bagian kanan atau kiri saja, pemberian ASI yang baik yaitu dengan memberikanya secara seimbang.

Proses menyusui dilakukan sejak bayi lahir untuk menambah daya tahan tubuh yang kuat, mengingat bayi masih rentan terhadap kondisi lingkungan yang barunya. Ketika bayi anda lahir maka anda dapat memberikan ASI dengan intensitas lebih

Continue Reading

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Es?

Menyusui merupakan proses alamiah untuk memberikan makanan bagi anak anda akan tetapi bagaimana jadinya apabila ketika anda sedang menyusui selalu waswas dikarenakan banyak larangan yang berhubungan dengan mitos selama menyusui. Tidak hanya ketika anda memberikan ASI pada bayi anda, mitos ketika merawat bayi sudah dimulai ketika ibu sedang mengandung kemudian ketika perawatan bayi dan kini di masyarakat seringkali dibingungkan dengan mitos mengenai menyusui.

Tahukah anda bahwa sebagian masyarakat percaya jika ketika anda sedang menyusui banyak sekali makanan yang dipantang. Sehingga banyak sekali ibu yang menghindari makanan makanan yang dianggap akan memunculkan masalah ketika pemberian ASI. Rasa khawatir yang dimiliki oleh ibu memang masuk diakal akan tetapi apabila terus menyiksa sebaiknya anda hindari. Berikut adalah penjelasan apakah Ibu yang sedang menyusui boleh minum es?

Ketika anda menyusui terkadang muncul nasihat yang seringkali memberikan anjuran dan larangan tanpa sebuah alasan secara ilmiah. Pemberian anjuran dan larangan yang berkembang di masyarakat lebih

Continue Reading

Cara Kenali Psikologi Ibu Menyusui

Selamat bagi anda yang baru saja dianugrahi buah hati, ditengah kegembiraan anda bersama dengan keluarga. Umumnya seringkali anda merasakan perasaan yang berbeda yang timbul saat anda baru melahirkan. Kondisi psikologi yang timbul pada ibu baru melahirkan akan berbeda-beda. Diantara ibu baru melahirkan memiliki perasaan yang lebih peka, mudah tersinggung dan sensitif. Kondisi ini akan berlanjut pada saat anda sedang menyusui bayi di minggu awal kehadiran bayi bahkan dalam beberapa kondisi ibu baru melahirkan dapat mengalami perubahan psikologi hingga berbulan-bulan. Mengapa psikologi ibu baru melahirkan berbeda-beda? Bagaimana cara untuk mengenali dan mengatasi perubahan psikologi pada ibu hamil?

Psikologi ibu yang sedang menyusui tidak sama dipengaruhi oleh faktor di dalam diri ataupun dukungan dari suami dan keluarganya. Kemampuan beradaptasi dengan keadaan baru bagi ibu yang baru melahirkan sangat diutamakan terlebih bagi anda yang melahirkan anak pertama. Dengan proses menyusui maka terjadi bentuk hubungan batin yang kuat antara ibu dan anak yang

Continue Reading

Tips Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Melahirkan

Usai ibu melahirkan, terlebih bagi anda yang melahirkan secara normal terkadang menguras tenaga bahkan dapat menyebabkan rasa lelah yang sukar terpulihkan. Anda dapat melakukan olahraga untuk mengusir rasa lelah dan membuat tubuh anda bugar pasca melahirkan. Sebelum anda memutuskan untuk kembali berolahraga maka setelah melahirkan, pastikan jarak dari persalinan ke waktu olahraga minimal 1-2 minggu, tentu saja pada setiap ibu hamil berbeda-beda dikondisikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Sedangkan bagi anda yang melakukan proses melahirkan secara caesar maka anda dapat bersabar melakukan kegiatan olahraga setelah melahirkan dikarenakan waktu pemulihan yang lebih lama dibanding dengan melahirkan normal. Penelitian juga tidak menyarankan bagi ibu yang usai melahirkan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena akan mempengaruhi kadar asam laktat dalam ASI. Sehingga bagi anda yang akan mengembalikan kebugaran seusai melahirkan. ( Artikel lainnya: Video Melahirkan Video Melahirkan )

Ikuti panduan olahraga yang akan anda ambil :

1. Mulai dengan jalan santai

Anda dapat menyempatkan waktu

Continue Reading

Ibu Muda Beresiko Tinggi Mengalami Baby Blues?

Baby blues adalah kondisi psikis yang dialami oleh ibu setelah melahirkan. Meskipun istilah ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia akan tetapi apabila anda menyadari kondisi yang dipicu karena ketakutan, ketidakmampuan, ketidaksiapan dalam menghadapi diri anda merawat dan menjaga bayi anda di awal kelahiran bayi itulah yang dinamakan baby blues. Kondisi ini seringkali dialami oleh ibu baru. Betulkah ibu muda yang baru memiliki satu anak lebih tinggi beresiko mengalami baby blues?

Anda tidak perlu khawatir berlebih dikarenakan baby blues umum dialami oleh setiap ibu baru hingga mencapai maksimal tiga minggu pasca persalinan. Baby blues akan semakin terasa apabila ibu baru telah kembali dari rumah sakit dan merawat bayinya sendiri. Baby blues dapat dipicu karena perubahan hormon dalam tubuh pasca melahirkan. Beberapa hari pasca persalinan kandungan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh akan menurun tajam, selain itu perubahan hormon prolaktin dan oksitosin akan mengalami peningkatan dikarenakan

Continue Reading

Waspadai Emboli Ketuban, Penyumbatan Sirkulasi Darah Pasca Melahirkan

Setelah ibu melahirkan resiko yang mungkin terjadi pada ibu hamil adalah ancaman dari gelembung yang dapat menghambat pasokan oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh ibu setelah melahirkan. Kejadian ini mungkin saja dapat terjadi pada siapapun termasuk pada ibu yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun akan tetapi yang harus anda ketahui bahwa ternyata ada beberapa kondisi yang meningkatkan terjadinya emboli, berikut adalah penjelasan mengenal penyumbatan sirkulasi darah pasca melahirkan.

Pengertian Emboli

Emboli tidak asing lagi dalam istilah kedokteran, emboli yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti embolus dalam istilahnya diartikan sumbat adapun menurut pengertian dari emboli adalah obstruksi pembuluh darah oleh materi yang tidak larut yang dapat disebabkan oleh gas, bakteri, parasit, lemak atau sel kanker. Emboli tidak saja terjadi pada ibu seusai persalinan melainkan emboli juga dapat terjadi pada siapapun dalam kondisi tertentu yang mengakibatkan oksigen terhambat sehingga sistem tubuh menjadi terhenti. Emboli sendiri memiliki beberapa pengaruh yang

Continue Reading

Kekhawatiran Berlebih Pada Ibu Baru Memicu Gangguan Obsesif Kompulsif

Pada ibu baru seringkali mengalami kekhawatiran terhadap tumbuh kembang bayinya. Kekhawatiran dinilai wajar saja terjadi pada setiap ibu baru asalkan tidak berlebih dikarenakan kondisi yang membuat ibu baru berlebih akan memicu terjadinya gangguan kepribadian yang dikenal dengan obsesif kompulsif. Obsessive Compulsive disorder/OCD merupakan gangguan kepribadian yang ditandai ibu baru mudah resah dan kekhawatiran yang berlebih, misalnya ketakutan ketika bayi sedang tidur terjatuh di tempat tidur sehingga anda senantiasa menggendongnya atau menjaganya selama bayi anda tertidur.

Kondisi gangguan kepribadian Obsessive Compulsive disorder/OCD akan membuat ibu baru menjadi mudah resah dan terpuruk, bahkan tak jarang mempengaruhi pemikiran yang tidak mudah dikendalikan sehingga menyebabkan air susu ibu menjadi tidak lancar. Pada dasarnya gangguan obsesif kompulsif merupakan gangguan yang mengarah pada psikologis yang menimbulkan cemas, sulit dikendalikan di dalam pemikiran. Tahapan gangguan kecemasan ini awalnya masih bisa dikendalikan akan tetapi lama kelamaan akan meningkat dan menimbulkan perilaku yang kompulsif pada ibu baru.

Penyebab

Continue Reading

Tips Semangat Bekerja Pasca Melahirkan

Melahirkan merupakan proses alamiah yang dialami oleh wanita begitu juga dengan wanita yang bekerja atau wanita karir, hal  ini menjadi pertimbangan ketika wanita melahirkan dan harus kembali bekerja seperti biasanya dengan semangat dan juga tidak membuat si kecil kesepian atau kehilangan asupan ASI, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membuat semangat bekerja pasca ibu melahirkan :

1.    Mempersiapkan Diri

Memasuki masa cuti melahirkan yang akan segera usai sebaiknya anda segera mempersiapkan diri untuk bisa kembali berkonsentrasi dengan pekerjaan anda. Menggunakan waktu yang tersisa dengan merawat bayi anda sehingga tidak terbebani secara fsikis ketika akan kembali bekerja.

2.    Dukungan dari Suami

Setelah mempersiapkan diri untuk kembali bekerja, anda harus dapat menerima keadaan untuk membagi waktu antara keluarga termasuk si kecil yang masih sangat membutuhkan anda dan juga pekerjaan. Anda dapat mengelola emosi anda sehingga tidak terlarut dalam kesedihan dan juga mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga besar. 

Continue Reading

Kiat Mengatasi Kulit Perut Gatal Pasca Operasi Caesar

Kebanyakan ibu hamil menginginkan kelahiran normal selain dapat memperkecil resiko gangguan kesehatan setelah melahirkan, operasi secara alami dinilai aman dan membuat ibu baru cepat pulih pasca persalinan akan tetapi beberapa kondisi justru tidak mendukung persalinan alami seperti kondisi bayi yang sungsang atau kesehatan ibu hamil sehingga diputuskan menggunakan operasi caesar. Operasi yang dikenal secara medis sectio Caesarea yaitu melahirkan janin dengan sayatan di dinding rahim dan memerlukan perhatian khusus dalam penyembuhan pasca operasi. Beberapa ibu seringkali mengeluhkan terjadinya gatal di sekitar luka yang berada di perut pasca operasi, amankah untuk menggaruknya atau justru merupakan tanda abnormal yang terjadi pasca operasi caesar?

Operasi caesar merupakan salah satu teknik melahirkan melalui jalan operasi. Langkah medis ini dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi ibu dan janin. Pasca operasi sering kali dilakukan beberapa cara untuk memulihkan kondisi kebugaran. Pertama kali dilakukan setelah operasi caesar adalah menjalani program rawat inap, bahkan beberapa kasus yang sering

Continue Reading

Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru

Kini  bayi mungil telah hadir di dunia, perjuangan ibu dalam menjaga dan merawat kehamilan serta dalam proses persalinan yang berjuang berat terbayar sudah dengan kehadiran bayi anda yang sangat mempesona dan mengagumkan. Akan tetapi perjuangan anda setelah proses persalinan tidak terhenti begitu saja melainkan banyak sekali perubahan yang harus dialami dalam masa nifas dan menyusui. Sehingga penting sekiranya bagi anda yang mengalami kehamilan pertama untuk membekali diri dengan pengetahuan pasca persalinan termasuk kelelahan menjadi ibu baru.

Permasalahan yang sering kali terjadi pada ibu baru setelah melahirkan adalah permasalahan terkait dengan proses persalinan kemudian aktivitas yang berhubungan dengan menyusui dan yang terakhir adalah masalah nifas. Pada saat menjadi ibu baru seringkali mengalami rasa letih yang luar biasa. Hal ini wajar dialami akan tetapi apabila terus berlanjut akan mempengaruhi dalam merawat anak anda. Ketidaknyamanan dari rasa letih yang berkepanjangan akan membuat anda kesulitan dalam beradaptasi dalam membesarkan bayi anda.

Rasa letih

Continue Reading

Cara Mudah dan Aman Merawat Bekas Operasi Caesar

Sekarang ini banyak sekali wanita yang lebih memilih untuk melakukan persalinan secara operasi caesar jika dibandingkan dengan melakukan persalinan secara normal, namun yang perlu anda ketahui terdapat bahaya besar yang dapat mengancam anda jika anda tidak mengetahui cara yang baik dan benar untuk merawat luka bekas proses operasi caesar. Meskipun melakukan persalinan dengan cara operasi caesar ini lebih cepat namun tidak dengan rasa sakit yang dirasakan ketika melahirkan secara normal. Proses penyembuhan pasca melakukan operasi caesar ini sangat lama dibandingkan persalinan normal. Waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar ini kurang lebih 3 minggu sampai 4 minggu, namun hal ini masih bisa saja lebih. Yang perlu anda pikirkan ialah bagaimana cara yang baik dan juga benar ketika merawat luka bekas operasi ini, karena jika tidak hal ini dapat mengakibatkan infeksi yang dapat memperpanjang masa penyembuhan.

Beberapa tips serta cara untuk merawat luka bekas operasi yang dapat anda lakukan

Continue Reading

4 Tips Mengecilkan Perut Setelah Operasi Caesar

Bagi calon ibu yang hendak melahirkan, menjalani persalinan dengan cara yang normal merupakan anugrah tersendiri bagi mereka. Bisa merasakan langsung suka duka melewati proses persalinan serta melewati masa paling kritis saat sang bayi lahir ke dunia. Namun terdapat beberapa wanita yang menjalani persalinan melalui jalan opererasi caesar. Biasanya hal ini terjadi disebabkan oleh adanya berbagai faktor yang yang membuat pihak medis harus melakukan operasi caesar. Pada umumnya setelah melakukan operasi caesar, anda akan mengalami suatu kondisi yang mana berat badan anda mengalami peningkatan.

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi, namun kebanyakan wanita merasa tidak nyaman dan ingin segera mengembalikan bentuk badan seperti sebelum melahirkan. Yang paling di prioritaskan ialah bagian pinggang, perut, pundak dan juga betis yang cukup rawan terjadi penimbunan lemak. Untuk anda yang melahirkan melalui persalinan normal, anda tidak terlalu mempermasalahkan cara untuk mengecilkan perut. Namun bagi wanita yang menjalani persalinan melalui operasi

Continue Reading

7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Persalinan Normal

Melahirkan merupakan sebuah kodrat bagi seorang wanita. Biasanya bentuk perut serta pinggul setelah melahirkan perut akan lebih membesar dari sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, anda tetap bisa mengusahakan perut anda yang kendor agar bisa ramping kembali, sehingga penampilan anda tetap menarik. Hal ini memang biasa terjadi pada semua wanita yang telah melahirkan, jadi anda tidak perlu cemas memikirkan ukuran perut yang membesar sebab terdapat beberapa cara untuk mengecilkan perut pasca persalinan. Namun yang perlu di ingat tidak ada proses melangsingkan tubuh anda yang dapat dilakukan dengan cepat.

(Baca juga Memilih Nama bayi perempuan dan nama bali laki-laki)

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan normal :

1.    Hal pertama yang dapat anda lakukan ialah menyusui. Di sarankan bagi semua ibu untuk selalu memberikan ASI untuk anaknya. Dengan menyusui, asupan gizi untuk bayi dapat terpenuhi dengan baik, selain itu dengan menyusui setiap harinya anda juga

Continue Reading

Tips Mengurangi Nyeri Payudara Pasca Persalinan

Pasa saat hari ke tiga ataupun hari ke empat setelah ibu melahirkan, kebanyakan ibu sering mengeluhkan payudaranya terasa sangat kencang dan juga nyeri. Keadaan itu juga dapat disebut sebagai engorgement atau bengkaknya payudara karena adanya statis padan vena dan juga pembuluh darah bening. Hal tersebut merupakam salah satu pertanda ASI anda akan mulai diproduksi dengan jumlah yang banyak. Ketika anda berada pada keadaan tersebut, kemungkinan anda akan menghindari untuk menyusui bayi anda karena berbagai alasan seperti rasa sakit, yang kemudian akan memberikan makanan tambahan (prelacteal feeding) pada bayi anda.

Hal ini justru akan berlanjut semakin parah. Payudara akan semakin bertambah penuh sebab produksi ASI akan terus berlangsung namun pada sisi yang lainnya ASI dibiarkan dan tidak disusukan pada bayi yang dapat mengakibatkan tidak terjadinya perangsangan terhadap putting susu. Hal ini dapat menyebabkan refleks oksitosin menjadi tidak terjadi dan juga ASI tidak dapat dikeluarkan. ASI yang telah di produksi akan

Continue Reading

Doa Setelah Melahirkan

melahirkan

Tangisan pertama pada bayi anda merupakan kebahagian ketika anda melihat kehadirannya di dunia. Kehadiran bayi anda menambah kesempurnaan keluarga anda rasa syukur senantiasa anda panjatkan, sebagai seorang muslim ungkapan syukur anda dapat senantiasa panjatkan melalui rangkaian doa. Do’a merupakan rangkaian ungkapan perasaan baik berupa permohonan maupun rasa syukur yang telah anda dapatkan disertai dengan hati yang ikhlas. Berikut adalah beberapa doa yang dapat anda amalkan seusai persalinan :

1.    Doa selesai persalinan

Sebagai seorang ibu yang berjuang untuk memberikan kehidupan bagi anak anda, terutama ketika mencoba untuk menghadirkan buah hati ke dunia. Perjuangan yang penuh dengan tantangan sekaligus membuat anda bangga menjadi seorang wanita yang sempurna, adapun rasa syukur yang dapat anda ungkapakan selesai persalinan adalah dengan membaca doa dibawah ini sebanyak 3 atau 7 kali :

 

 

“U’iidzuhuu bil waahidis shomadi min syarri kulli dzii hasadin”

Artinya : "Aku berlindung akannya dengan pertolongan Tuhan yang Esa yang ditumpu

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us