data-ad-format="auto"

Menjelang Persalinan

Kategori artikel yang berisi seputar informasi dan tips menjelang melahirkan. Bermanfaat bagi para ibu hamil yang sebentar lagi akan menghadapi persalinan, sehingga di harapkan persalinan kelak akan berjalan dengan baik dan selamat

Sudah Siapkah Perlengkapan Persalinan Anda?

Memasuki usia kehamilan 9 bulan berat badan yang semakin bertambah.Inilah yang menyebabkan kondisi fisik ibu hamil cepat lelah bahkan beberapa ibu hamil merasakan perasaan cemas yang berlebihan karena persalinan yang tinggal menghitung hari. Pada kondisi ibu hamil yang memasuki usia 9 bulan membuat rahim terdorong ke arah diafragma sehingga mengakibatkan mual dan merasa nafas menjadi lebih pendek. Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir bayi anda akan kehilangan oksigen. Asupan oksigen akan mencukupi sesuai kebutuhan bayi anda. Artikel lainnya: Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Continue Reading

Relaksasi Persalinan Membuat Anda Lebih Siap Melahirkan

Siapa yang tidak kenal relaksasi, meski tidak begitu memahami pengertian berdasarkan istilah secara rinci mengenai rileksasi akan tetapi rileksasi adalah proses yang umum dilakukan ketika seseorang sedang mengalami lelah degan aktivitas yang membebaninya sehingga melakukan cara yang membuat tubuhnya tenang dan siap beraktivitas kembali. 

Continue Reading

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Menjelang Persalinan

Pada fase akhir ibu hamil ditandai dengan adanya produksi hormon kehamilan atau HCG. Ibu hamil akan tampak memiliki wajah yang halus dan lebih kencang. Bahkan beberapa ibu hamil mengalami produksi cairan vagina yang berubah, payudara yang semakin nyeri dan kencang. Pada tingkat emosional yang semakin tinggi akan menimbulkan jerawat pada wajah.

Continue Reading

Tips Kelahiran Normal Agar Berjalan Lancar

Detik-detik menjelang waktu persalinan tiba adalah moment yang paling mendebarkan. Pasalnya, persalinana adalah sebuah rahasia yang tidak dapat dipastikan oleh prediksi manusia. Melahirkan atau bersalin adalah suatu proses yang tidak main-main karena secara langsung berkaitan dengan nyawa. Setiap ibu yang melahirkan bisa dikatakan sedang berjuang mempertaruhkan nyawa. Sebagian ibu dapat melewati masa sulit saat persalinan dengan baik sementara sebagian lain harus berakhir dengan tindakan. (Baca Juga: Tanda-Tanda Mau Melahirkan)

Continue Reading

Yuk, Ibu Hamil Berlatih Olah Nafas

Kini usia kehamilan anda memasuki trimester 3.Bagi anda yang menginginkan persalinan secara normal, sudahkah melakukan persiapan persalinan normal ? Persiapan-persiapan yang mendukung menjelang persalinan harus sudah anda siapkan. Selain kesiapan secara finansial, kesiapan secara mental dan fisik tidak kalah pentingnya.

Continue Reading

Cara Melakukan Latihan Relaksasi Hypnobirthing

Ketertarikan ibu hamil untuk dapat melahirkan dengan cara hypnobirting membuat tim bidanku kembali membuat artikel yang membahas mengenai persalinan hypnobirting. Seperti banyak yang dipertanyakan oleh ibu hamil yang akan melakukan persalinan hypnobirting, apakah betul dapat melahirkan tanpa rasa sakit? Bagaimana dengan kesadaran ibu saat dilakukan persalinan hypnobirting?

Continue Reading

Kenali Metode Persalinan “Silent Birth”

Silent birth adalah persalinan yang mengutamakan ketenangan ketika proses melahirkan. Metode ini pertama kali dikemukan oleh L.Ron Hubbard Dianetics :The Modern Science of Mental Health yang berprinsip pada keutamaan ibu hamil dalam persalinan yang diberikan perawatan maksimal dalam lingkungan yang tenang. Persalinan dengan menggunakan metode ini yaitu mengutamakan lingkungan yang tenang sehingga suara dari bidan atau dokter yang umum memberikan komando untuk mengejan atau mengambil napas kurang disarankan dalam metode ini.

Continue Reading

Latihan-latihan Menjelang Persalinan

Melahirkan merupakan pengalaman yang sangat luar biasa untuk seorang wanita. Oleh sebab itu lah para ibu pun sering berharap dapat melahirkan bayinya secara mudah. Terdapat beberapa macam latihan yang dapat membantu menjalani proses persalinan normal berjalan dengan mudah. Pada sebagian wanita hamil, butuh waktu 8 jam hingga 10 jam ketika menjalani proses persalinan secara normal. Pada waktu tersebut, rasa sakit atau pun nyeri akan sangat terasa. Agar rasa sakit bisa berkurang dan jangka waktu selama persalinan bisa diturunkan, ada baiknya semasa hamil melakukan latihan-latihan prenatal. Latihan tersebut pada dasarnya agar bisa membuat otot pada panggul jauh lebih kuat. Latihan yang cukup mudah dan anda lakukan secara teratur pada masa kehamilan bisa membantu untuk melindungi sirkulasi darah sehingga akan menghindari kram pada otot. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

Continue Reading

Flek Hitam, Tanda Kelahiran Semakin Dekat?

Flek hitam seperti bercak darah yang mengering sering kali ditemukan melekat pada celana dalam ibu hamil, bahayakah? Keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim saat ibu hamil sering kali membuat cemas dan bertanya-tanya, hal ini dikhawatirkan menandakan kehamilan bermasalah oleh sebagian ibu hamil. Spotting atau keluarnya flek hitam yang merupakan pendarahan yang ringan dapat terjadi kapan saja selama kehamilan terutama pada awal kehamilan atau menjelang persalinan. (Artikel bersangkutan: Tanda Melahirkan)

Continue Reading

Tips Menjadi Suami Siaga Menjelang Persalinan

Kebahagiaan ibu hamil semakin terasa ketika kehamilannya memasuki trimester akhir, menunggu kehadiran buah hati tercinta. Selama menjalani kehamilan sering kali mengalami keluhan, tidak menutup kemungkinan terjadinya keluhan kehamilan pada trimester akhir, menjelang persalinan. Salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil sering kali mengalami kelelahan dikarenakan usia kehamilan yang semakin tua akan menyebabkan kenaikan berat badan. Meskipun dianggap normal akan tetapi ada baiknya segera diatasi, agar kelelahan yang dialami selama kehamilan tidak mengakibatkan kurangnya persiapan menjelang persalinan.

Continue Reading

Hindari Persalinan Caesar dengan Istirahat yang Cukup

Banyak sekali wanita yang sedang hamil mengalami kesulitan untuk tidur. Salah satu penyebabnya ialah sering merasakan mual hingga muntah pada trimester pertama dan pernafasan terasa sesak yang diakibatkan oleh perut yang semakin hari semakin membesar ketika kehamilan memasuki trimester ketiga. Meski hal tersebut masih tergolong normal, namun jangan biarkan hal ini menjadi sebuah kebiasaan. Kurang tidur pada saat hamil beresiko mengalami preeklampsia, yaitu ini merupakan suatu kondisi yang mana meningkatnya tekanan darah selama menjalani kehamilan. Selain itu yang dapat menyebabkan bayi terlahir prematur.

Continue Reading

Waspadai Tanda Kelahiran Prematur

 

Pada umumnya kelahiran normal terjadi pada usia kandungan 38-42 minggu, beberapa ibu khawatir terjadi kelahiran di bawah usia kandungan 38 minggu yang disebut dengan istilah kelahiran prematur. Kelahiran prematur akan meningkatkan resiko komplikasi medis pada bayi anda sehingga pada kasus kelahiran prematur sering kali diperlukan perawatan intensif. Hal ini erat kaitannya dengan organ paru-parunya yang masih belum sempurna sehingga diperlukan ventilator yang membantu bayi anda untuk bernafas.

Continue Reading

Tips untuk Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

melahirkan normal

Kini usia kehamilan anda memasuki trimester akhir, beberapa hari bahkan hitungan jam anda akan memasuki proses persalinan. Ada banyak hal yang membuat anda berdebar-debar menunggu kehadiran bayi, rasa cemas dan bahagia akan semakin bersatu. Usahakan anda untuk dapat mengelola mental anda ketika menjelang persalinan. Selain mengelola mental menjelang persalinan, beberapa hal harus anda pertimbangkan salah satunya adalah mengelola diri anda agar tidak terjadi kelelahan ketika hari persalinan anda. Ibu hamil yang memasuki trimester akhir, tepatnya menjelang persalinan akan mengalami kelelahan meskipun hanya melakukan aktivitas di rumah saja. Hal ini berhubungan dengan beban tubuh yang dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan akhir mencapai kisaran 10-15 kg. Meskipun kelelahan normal terjadi pada ibu hamil akan tetapi ada baiknya ada mempunyai beberapa cara untuk mengatasinya sehingga kelelahan tidak menguasai anda berlarut larut.

Continue Reading

Tips Persiapan Mental Menjelang Persalinan

Bagi seorang wanita kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan. Namun tidak hanya untuk ibu saja, bagi suami serta keluarga besar anda juga, kehamilan merupakan sebuah berkah yang tidak ternilai. Banyak juga wanita yang tidak diberi kesempatan sama untuk di mempunyai bayi oleh sebab itu bagi wanita yang sekarang ini sedang hamil banyaklah bersyukur atas telah mempunyai kesempatan untuk memiliki bayi. Sebaiknya menjaga sang buah hati dilakukan ketika bayi anda masih tumbuh dan juga berkembang di dalam rahim anda. Wanita hamil juga di haruskan untuk mengajak bayi anda berkomunikasi serta menunjukan rasa sayang yang anda tunjukan melalui sentuhan lembut di atas perut anda.

Continue Reading

Terapi Musik: Metode Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Pada zaman yang sudah modern ini terdapat beberapa cara yang tersedia agar dapat membantu ibu menjalani proses persalinan, selain menggunakan proses persalinan normal yang telah ada sejauh ini. Kebanyakan dari metode tersebut menggunakan dugaan bahwa rasa nyeri yang terjadi selama kehamilan tersebut disebabkan karena perasaan takut yang berlebihan. Ada beberapa cara agar anda dapat berkonsentrasi terhadap bayi anda dengan di dukung oleh musik, caranya anda dapat mengacungkan kedua ibu jari serta membuat angka delapan tepat di depan wajah anda. Selain itu ada metode berdengung (tuning) serta latihan pada pernafasan yang sangat berguna bagi anda dalam menahan sakit dan juga kontraksi pada saat akan melakukan persalinan.

Continue Reading

Betulkah Posisi Tidur Ibu Hamil akan Mempengaruhi Proses Persalinan?

Ketika anda memejamkan mata dan memulai beristirahat, terkadang anda tidak menghiraukan posisi tidur yang menjadi pilihan anda ketika beristirahat. Salah satu yang perlu anda ketahui bahwa posisi tidur berdampak pada kesehatan tubuh anda. Bahkan dalam beberapa penelitian posisi tidur yang salah akan mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Dalam sebuah survei kesehatan wanita lebih sering mengalami kesulitan tidur, bahkan penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menyatakan sekitar 50% wanita merasakan tidak bugar ketika bangun dipagi hari. Kondisi ini diperburuk dengan tubuh yang kurang fit,suasana hati yang buruk bahkan menimbulkan resiko depresi. Oleh karena itu sebaiknya bagi anda mengetahui cara berbaring yang tepat, dalam menentukan posisi tidur yang membantu menentukan kualitas tidur anda. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

Continue Reading

Lancarkan Persalinan Dengan Jalan Kaki Pagi

Memasuki kehamilan pada usia trimester akhir banyak ibu yang khawatir pada proses persalinannya. Oleh karena itu anda memerlukan informasi yang dapat membantu anda dalam mengatasi kecemasan menanti persalinan. Sebaiknya informasi yang didapatkan oleh anda menjelang persalinan diberitahukan pada suami sebagai pendamping yang akan menemani anda saat persalinan. Selain anda mengetahui informasi menjelang persalinan, hal yang harus anda ketahui adalah beberapa cara persiapan menjelang persalinan. Tidak saja bagi pasangan suami istri yang baru, menyambut kehadiran bayi pertama akan tetapi bagi setiap ibu hamil akan mengalami kecemasan menjelang persalinannya. Salah satu persiapan yang dapat anda persiapkan adalah ketenangan, mengelola stres dan mengurangi ketakutan menghadapi persalinan. (Baca Juga Memilih Nama Bayi Perempuan Islami dan Nami Bayi Laki-Laki Islami)

Continue Reading

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan minggu ke 41, meskipun demikian persiapan harus dapat anda lakukan jauh-jauh hari. Hal ini berhubungan dengan kondisi kelahiran bayi setiap ibu hamil berbeda-beda, salah satu faktornya dapat dikarenakan penanganan segera oleh ahli medis dikarenakan adanya kelainan yang ditemukan pada ibu hamil dan janin, atau persalinan prematur.

Kenali tanda gerakan janin anda menjelang persalinan untuk mempersiapkan anda menjelang kelahiran bayi anda. Pada usia kehamilan 36 minggu janin anda sudah memiliki ukuran dan kematangan yang siap dilahirkan. Organ tubuhnya telah terbentuk dengan sempurna, diantaranya adalah ginjal, paru paru dan hati, hati yang dimiliki bayi anda diusia 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan kesiapan organ yang dimiliki oleh bayi, maka kehamilan anda tengah memasuki minggu persiapan dalam menjelang persalinan. ( Baca juga Memilih Nama bayi perempuan dan nama bali laki-laki)

Kondisi bayi akan terus mengalami gerakan terutama dalam melatih paru paru dalam kesiapan pernapasan setelah dilahirkan. Pada usia 37 minggu bayi akan mengubah posisi dalam menyesuaikan persalinan yang akan dihadapi, gerakan janin menjelang persalinan di usia minggu ini ditandai dengan bayi turun ke panggul, normalnya kepala akan menghadap pada jalan lahir menjelang persalinan.

Gerakan selanjutnya pada usia ini adalah ditandai dengan lapisan bulu halus mengalami kerontokan dan vernix caseosa (lapisan yang melindungi bayi di dalam rahim) mulai menghilang, bayi akan menelan keduanya yang mempengaruhi buang air besar pertama yang berwarna kehitaman.(Baca juga: Tanda-Tanda Melahirkan )

Menjelang usia kandungan di minggu ke 38, ibu hamil sering mengalami kontraksi. Selain itu gerakan bayi terus berkembang, salah satunya adalah kondisi bayi pada usia ini adalah dengan menambah simpanan lemak untuk membantu kondisi suhu badan bayi  terjaga setelah terjadinya persalinan. Selanjutnya pada minggu ke 39 maka kondisi gerakan janin tengah siap menghadap jalan lahir, pada minggu ini cairan amnion yang jernih berubah menjadi pucat seperti susu.

Selanjutnya di minggu akhir seperti pada usia kehamilan minggu ke 40 ditandai dengan kondisi rahim yang semakin sempit, pada minggu terakhir bayi di dalam kandungan akan menghasilkan hormon yang disebut dengan hormon kortison dari kelenjar adrenal, yang membantu dalam menyempurnakan organ paru-paru dan mempersiapkan penerimaan udara setelah lahir. Selain itu untuk organ reproduksi bayi laki laki, kebanyakan testisnya  sudah turun sedangkan untuk bayi perempuan, ovariumnya masih berada di pinggir panggul sambil setelah dilahirkan.

Dengan demikian bagi anda yang memasuki kehamilan di usia akhir, trimester ketiga sebaiknya senantiasa mengenali tanda-tanda menjelang persalinan yang semakin dekat. Salah satunya ibu hamil sering mengalami nyeri pada selangkangan dikarenakan posisi kepala janin sudah turun ke bagian jalan lahir.

Selanjutnya ibu hamil sering mengeluhkan sakit pada panggul dan tulang belakang diakibatkan adanya pergeseran dan pergerakan janin. Ibu hamil harus mengetahui kontraksi asli menjelang persalinan, diawali dengan adanya kontraksi yang kuat. Terakhir yang menjadikan tanda kelahiran bayi anda semakin dekat adalah pecahnya air ketuban. Dengan pecahnya membran maka proses persalinan akan lebih cepat, cervix akan ditekan oleh kepala bayi sehingga merangsang dan membuka pelepasan prostaglanding dalam memicu kontraksi menjelang persalinan yang akan anda hadapi.

Doa Ketika Persalinan

Ibu hamil yang tengah memasuki trimester akhir sering kali disertai dengan kecemasan yang membuatnya semakin khawatir menghadapi persalinan apalagi bagi anda yang memasuki persalinan pertama. Sebaiknya anda mengelola psikis anda, selain mempersiapkan kebutuhan persalinan dan senantiasa berusaha untuk menjaga kesehatan melalui konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Usaha yang telah anda lakukan sebaiknya disempurnakan dengan doa-doa yang mampu memberikan ketenangan secara batin kepada anda menjelang persalinan. Doa ketika menjelang persalinan dapat anda baca secara rutin seusai melaksanakan solat wajib ataupun sunah. (Baca juga: tanda tanda melahirkan)

Continue Reading

Apakah Persalinan Normal bisa Dilakukan pada Penderita Mata Minus?

melahirkan normal

Mungkin anda belum menemukan alasan kenapa dokter kandungan atau bidan menyarankan pasiennya untuk melahirkan secara caecar yang dikarenakan oleh mata minus? Pada saat wanita mengalami kehamilan, perubahan hormonal berdampak banyak pada seluruh organ tubuh wanita hamil, tidak terkecuali pada mata. Pada umumnya gangguan mata yang terjadi pada saat hamil terdiri dari retina eksudatif detasemen regmatogen dan ablasio retina (lepas retina). Retina eksudatif detasemen regmatogen, Ablasio Retina atau retina lepas dapat terjadi dikarenakan oleh peradangan hebat, trauma tabrakan, tumor, diabetes dan pre-eklamsia (darah tinggi). Baca juga: Persalinan Normal

Continue Reading

Apakah Kondisi Panggul Sempit dapat Melahirkan Normal?

Mempersiapkan persalinan memang sangat menengangkan begitu pula memasuki persalinan bayi pertama anda. Kecemasan dan kekhawatiran pada kondisi kesehatan anda dan janin yang belum memiliki pengalaman membuat anda menjadi tertekan menjelang persalinan. Berkonsultasi dengan ahli medis mengenai kondisi anda untuk dapat mempersiapkan persalinan yang terbaik untuk anda. Beberapa kondisi yang dialami oleh ibu hamil ketika mengalami pemeriksaan didapati kondisi panggul sempit sehingga membuat ibu hamil semakin was-was dikhawatirkan tidak dapat menjalani persalinan normal, apakah kondisi panggul sempit dapat melahirkan normal? Kondisi panggul sempit bukan berdasarkan anatomis panggul akan tetapi secara fungsional yaitu perbandingan kepala bayi dengan panggul ibu.

Continue Reading

Persiapan Menjelang Persalinan di dalam Air (Waterbirth)

Metode persalinan di dalam air sebetulnya bukan metode yang baru, metode ini telah lama dikenal di negara uni soviet sekitar tahun 1960-an menyusul di amerika serikat pada tahun 1961. Pada prinsipnya dengan menggunakan metode persalinan di dalam air (water birth) tidak jauh berbeda dengan persalinan normal hanya saja yang membedakannya adalah dengan metode water birth anda akan melakukan persalinan di dalam air dan dapat mengurangi rasa sakit dibanding dengan menggunakan persalinan yang dilakukan di atas tempat tidur. Pada proses persalinan dengan menggunakan metode water birth, ibu hamil akan diberikan tindakan pada saat telah mengalami pembukaan ke enam. Pada saat itu ibu hamil akan dimasukan ke dalam kolam yang berisi air hangat dengan tujuan untuk membuat kulit di area kewanitaan menjadi lebih tipis dan juga membuatnya elastis.

Continue Reading

Cara Membedakan Kontraksi Asli dengan Kontraksi Palsu

Ketika anda memasuki kehamilan di minggu ke 21 anda mengalami rasa tidak nyaman seperti mengalami kontraksi, anda mungkin bertanya tanya mungkinkah kelahiran prematur akan menimpa anda? Hal tersebut belum tentu terjadi, mungkin anda mengalami kontraksi palsu yang disebut dengan istilah kontraksi Braxton Hick. Kontraksi palsu atau braxton hicks adalah kontraksi rahim sporadis yang dimulai sekitar 6 minggu dalam kehamilan anda, meskipun pada umunya tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi palsu. Sebagian lagi dari ibu hamil mengalami kontraksi palsu pada kehamilan trimester akhir. Sebagai kehamilan berlanjut kontraksi braxton hicks cenderung datang lebih sering hingga memasuki minggu terakhir kehamilan anda. Meskipun pada setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda, kontraksi palsu pada umumnya tidak menyakitkan. (Baca juga: Tanda-Tanda Melahirkan)

Continue Reading

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di bagian area kewanitaan. Robekan atau guntingan menurut istilah kedokteran disebut dengan episiotomi, yaitu pengguntingan yang dilakukan untuk melebarkan proses jalan lahir bayi. Meskipun pada umumnya dokter akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit akan tetapi anda dapat meminimalisir terjadinya episiotomi.

Continue Reading

7 Tips untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi

Salah satu hal yang akan dihadapi oleh ibu hamil yang akan menjalani persalinan adalah kontraksi. Beberapa ibu hamil kerap mengalami apa yang disebut sebagai kontraksi palsu atau disebut pula dengan Braxton Hicks. Kasus ini adalah keadaan di mana ibu hamil akan merasakan rahimnya mengencang dan mengendur secara bergantian. Rasanya akan seperti kontraksi yang Anda rasakan ketika menstruasi. Tetapi, jika hal ini terjadi sesaat Anda akan menjalani proses persalinan, intensitas dan frekuensinya akan lebih lama dan lebih kuat dari biasanya. Kontraksi inilah yang membuat perasaan tidak nyaman, gugup, dan cemas terlebih bagi mereka yang akan melahirkan untuk pertama kalinya. Rasa nyeri karena kontraksi hebat ini bisa dikurangi dengan tips-tips berikut ini: (Artikel bersangkutan: Tanda-Tanda Mau Melahirkan)

Continue Reading

Momen Persalinan Dilihat dari Sudut Pandang Suami

Siapa bilang melahirkan normal adalah suatu momen menegangkan yang hanya dialami oleh para calon ibu saja? Tanpa disadari kita sering lupa bahwa beberapa suami juga mengalami ketegangan atau bahkan ketakutan yang sama ketika istrinya akan menghadapi persalinan. Hal ini sering dilupakan oleh para calon ibu karena mereka terlalu tegang, stress, panik atau justru terlalu menikmati detik-detik menuju persalinan, sehingga mereka pun tidak sempat memperhatikan kondisi psikologis suaminya. Berikut ini adalah beberapa macam ketakutan suami saat menghadapi persalinan dan beberapa tips untuk mengatasinya. (Artikel terkait: Tanda mau melahirkan)

Continue Reading

Melahirkan di Rumah Sakit, Klinik Bersalin Atau di Rumah?

Dimana Anda memilih untuk melahirkan dapat memiliki dampak besar pada pengalaman persalinan Anda. Umumnya semakin santai perasaan Anda, semakin mudah persalinan Anda. Jadi Anda harus berpikir tentang di mana Anda akan merasa paling nyaman - dan itu mungkin tidak perlu di rumah sakit saja

Continue Reading

Waktu Melahirkan Semakin Dekat? Berikut Tips Menjelang Persalinan

Saat mendekati waktu kelahiranseringkali adalah saat dimana orang menjadi panik. Ini bukan berarti mereka mengalami banyak rasa sakit dari kontraksi, tapikarena mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dan persiapkan. Mereka tidak siap untuk pergi ke rumah sakit atau pusat kelahiran dan mereka merasa tidak dapat melakukan secara normal karena kelahiran bisa datang kapan saja. (Artikel lainnya: Tanda-Tanda Mau Melahirkan)

Namun pergi ke rumah sakit terlalu cepat juga bukan pilihan yang tepat. Pergi ke rumah sakit terlalu awal akan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kenyamanan karena Anda tidak berada dalam lingkungan Anda sendiri. Kebanyakan wanita jauh lebih nyaman di rumah mereka sendiri selama mungkin. Jadi, menemukan cara untuk tinggal di rumah dengan nyaman adalah cara terbaik untuk menghindari pergi ke rumah sakit terlalu dini dan bahkan dikirim pulang kembali. Ingat, pergi ke rumah sakit terlalu awal bisa menjadi penyebab peningkatan ketidaknyamanan (emosi atau fisik) dan intervensi. (Baca juga Memilih Nama bayi perempuan dan nama bali laki-laki)

Ketika seorang ibu menjadi cemas di awal persalinannya,kondisi ini benar-benar akan menentukan keadaannya. Hal ini bisa berarti bahwa persalinan dapat menjadi lebih lama atau lebih menyakitkan karena ketidakmampuan ibu untuk rileks. Dengan beberapa saran untuk relaksasi dan kenyamanan, Anda dapat menentukan bagaimana perasaan Anda dan rileks sebelum Anda pergi ke tempat persalinan Anda. Jadi bagaimana tepatnya Anda menghabiskan waktu itu?

Persiapkan segala sesuatunya dan masukkan hal yang penting ke dalam tas.

Anda mungkin sudah merencanakan sebelumya dan telah mengepak sebagian besar perlengkapan dalam tas yang akan Anda gunakan di rumah sakit atau klinik bersalin.Tapi sekarang adalah waktu untuk duduk kembali dan dengan tenang melihat ke check list Anda dan temukan perlengkapan terakhir yang mungkin perlu dibawa dalam tas, termasuk barang-barang perawatan pribadi Anda. Artikel berkaitan: Persiapan Melahirkan

Anda masih bisa memasak!

Memasak adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu menjelang melahirkan. Ini adalah kegiatan sebelum persalinan yang menyenangkan yang dapat membantu Anda rileks danmelakukan kegiatan normal. Saya sarankan membuat beberapa kue atau brownies untuk dibawa ke rumah sakit. Dapatkah Anda bayangkan betapa bahagia perawat akan melihat Anda dengan sepiring makanan manis? Beberapa pasangan juga memilih untuk membuat kue kelahiran untuk makan setelah bayi lahir.

Menonton film

Beberapa pasangan mendapati bahwa mereka masih bisa pergi ke bioskop menjelang waktu persalinan. Si calon ibu masih cukup nyaman dan kontraksi tidak begitu sering. Jika Anda merasa tidak cukup kuat untuk pergi ke bioskop,sewa atau beli beberapa film untuk ditonton di rumah. Sangat menyenangkan untuk meringkuk di sofa atau tempat tidur dan menonton film apapun yang Anda nikmati dengan suami.

Lipat pakaian bayi

Melipat merupakan kegiatan yang bagus karena berirama dan tidak memerlukan banyak usaha. Hal ini juga membantu Anda berfokus pada si kecil baru yang akan lahir. Belum lagi, itu adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Isi buku harian

Saat Anda melakukan kegiatan ini, hati-hati dengan apa yang Anda tulis tentang kelahiran. Sebaliknya, Anda bisa mengisi informasi kehamilan atau silsilah keluarga. Sekali lagi itu adalah teknik fokus yang bagus yang dapat membuat Anda mampu untuk menghentikan kontraksi dan mengambil tindakan kenyamanan yang diperlukan. Jika Anda tidak memiliki buku harian bayi atau hal ini tidak menarik bagi Anda, cobalah menulis surat untuk bayi Anda.

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips "Membujuk" Janin Agar Lahir Alami

Sering kali kehamilan menyebabkan seorang wanita mengalami stres. Stres itu bisa terjadi…

Follow us