data-ad-format="auto"

Kehamilan Bermasalah

Kategori artikel yang berisi informasi seputar kehamilan-kehamilan bermasalah baik yang disebabkan oleh penyakit atau karena adanya kelainan. Informasi yang berguna agar terhindar dari kehamilan bermasalah serta mengenal cara penangannanya.

9 Cara Membersihkan Rahim Secara Alami Setelah Keguguran

Cara Membersihkan Rahim Secara Alami - Bagaimanapun juga, kondisi rahim setelah keguguran pasti mengalami gangguan serta tertinggalnya berbagai macam kotoran dan juga sisa kehamilan di dalam rahim. Kondisi ini tentunya membuat seorang wanita merasa kesakitan dan juga tidak nyaman. Untuk itu, diperlukan suatu cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran.

Keguguran memang sesuatu yang sangat menyakitkan terlebih bagi wanita. Selain kehilangan calon buah hatinya juga membuat fisik seorang wanita merasakan sakit dan juga nyeri yang sungguh luar biasa. Ini tentunya membuat mental seorang wanita menjadi drop dan juga tidak stabil. Terlebih lagi, rahim yang kotor sisa kehamilan dapat berbahaya bagi wanita terutama dalam jangka yang cukup panjang.

Keguguran sudah pasti ditakuti oleh setiap wanita yang tengah hamil. Keguguran berarti keluarnya embrio dari dalam kandungan yang merupakan cikal bakal calon buah hati kita berkembang. Hal ini juga terjadi pada wanita yang tidak menyadari akan kehamilannya. Oleh karena itu, mengenali penyebab dan juga

Continue Reading

Mengenal Apa Itu Abortus Inkomplit | Penyebab & Cara Penanganan

Mungkin sebagian besar orang tidak mengenal akan dua kata ini. Akan tetapi, dua kata tersebut dapat menjadi sebuah permasalahan yang sangat besar bagi wanita dan juga hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, ini menyangkut gagalnya seorang wanita mendapatkan kehamilan.

Jika Anda mengalami pendarahan pada saat hamil muda, sudah pasti Anda harus waspada akan semua kemungkinan yang terjadi. Pendarahan yang terjadi pada saat hamil muda memang sesuatu yang sangat dikhawatir bagi setiap wanita yang tengah hamil. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan abortus inkomplit? Tentunya, kami akan menyajikan beberapa pembahasan mengenai abortus inkomplit mulai dari pengertian, gejala, akibat dan juga cara penanganannya.

Apa Itu Abortus Inkomplit?

Keguguran memang sangat rentan terjadi pada wanita hamil terutama pada usia kandungan masih muda tepatnya pada trimester I.Pada umumnya, keguguran terjadi akibat pecahnya selaput ketuban pada usia kehamilan masih sangat muda. Biasanya, wanita yang mengalami keguguran akan ditangani dengan cara kuretasi oleh tenaga kesehatan. Namun, hal

Continue Reading

Cara Pulihkan Trauma Usai Keguguran

Wanita mana yang tidak hancur hatinya ketika buah hati yang mereka nantikan selama ini pada akhirnya berujung dengan kehilangan yang membawa kepedihan yang begitu mendalam. Ya, keguguran adalah sebuah pilu yang besar untuk seorang wanita. Hati yang hancur, perasaan yang kecewa hingga trauma yang mendalam bisa jadi menghinggapi mereka yang mengalami keguguran.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk memulihkan kondisi pasca keguguran dan kehilangan seorang bayi. Akan tetapi, sebaiknya anda tidak larut dalam kepedihan yang mendalam. Sebab bagaimana pun kehidupan ini terus berlanjut dan anda pun harus mampu mengatasi kepedihan yang dirasakan.

Memang tidak mudah merelakan kepergian seseorang dalam kehidupan kita. Apalagi bila orang tersebut adalah buah cinta yang telah kita nantikan. Namun untuk membantu anda memulihkan trauma usai keguguran. Mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Yuk Kenali Hipnoterapi Untuk Terapi Kesuburan

 

Cara Pulihkan Trauma Usai Keguguran

Keguguran memang seringkali menuai

Continue Reading

Waspadai Penyakit Pada Wanita yang Hambat Kehamilan

Bagi pasangan yang sudah menikah dan berumah tangga, memiliki anak tentu menjadi dambaan untuk semuanya. Betapa tidak, kehadiran seorang anak bukan hanya menjadi penerus garis keturunan pasangan saja. Namun kehadirannya akan lebih memberikan warna dalam kehidupan rumah tangga yang anda jalani bersama dengan pasangan.

Oleh karenanya, tidak heran bila banyak pasangan akan mengupayakan segala hal untuk bisa mewujudkan impian memiliki buah hati dalam keluarganya dengan cepat. Hanya saja, sayangnya tidak semua wanita yang sudah menikah akan dapat hamil dengan mudah dan dikaruniai buah hati dengan cepat.

Sebagian orang bahwa harus berjuang mati-matian untuk bisa mendapatkan anugerah anak dalam kehidupannya. Apalagi banyaknya masalah kehamilan akan mungkin membuat impian memiliki momongan semakin jauh dari angan-angan.

Lantas apa saja sih sebenarnya jenis penyakit pada wanita yang akan dapat menghambat kehamilan? Tak perlu khawatir mari kita simak informasinya dibawah ini dengan mudah.

Waspadai Penyakit Pada Wanita yang Hambat Kehamilan

Continue Reading

Waspadai Tingkat Kolesterol Rendah Saat Hamil Dapat Picu Kelahiran Prematur

Setiap ibu hamil tentu mendambakan dapat melahirkan bayi yang sehat dan sempurna tanpa masalah apapun ketika menghadapi persalinan. Akan tetapi, kelahiran bayi yang sempurna dan tanpa masalah tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah dan begitu saja.

Tidak pula semua ibu hamil akan dapat menjalani kehamilan dengan baik tanpa adanya masalah. Kondisi kelahiran sehat yang dialami oleh ibu pada saat waktu persalinan nanti akan ditentukan dari bagaimana ibu hamil menjalani kehamilannya saat ini.

Dalam artian lain, demi mencapai kelahiran bayi yang sehat dan sempurna maka ibu hamil perlu mencukupi segala kebutuhan nutrisi demi mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sehingga dengan begini maka kelahiran bayi akan dapat berjalan dengan lebih baik.

Sayangnya meski sudah berusaha mati-matian untuk dapat menjaga kehamilan. Namun resiko kehamilan bermasalah seringkali mengintai dan datang dengan tiba-tiba. Termasuk dengan resiko kelahiran bayi prematur yang mengerikan.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir lebih cepat dari

Continue Reading

Kenali Beberapa Tipe Wanita yang Rentan Alami Keguguran

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang Tuhan berikan pada seorang wanita. Apalagi bila anda sudah lama menantikan kehadiran buah hati ditengah keluarga kecil anda bersama dengan pasangan. Tentunya saja, memiliki buah hati dalam kandungan seolah menjadi mimpi yang menjadi kenyataan. Tak heran bila hal ini akan membuat anda dengan teliti dan apik menjaga kehamilan anda agar senantiasa sehat dan terjaga.

Hal diatas tentu dilakukan semata agar kesehatan janin dalam kandungan anda terjaga dengan baik. Masalah dan gangguan kecil saja akan mungkin membuat anda panik sebab anda tidak ingin sampai kehilangan buah cinta anda dengan pasangan.

Ya, untuk ibu hamil keguguran adalah hal yang paling menakutkan dan bisa menjadi mimpi buruk untuk calon ibu mana saja. Apalagi untuk ibu baru yang belum memiliki banyak pengalaman seputar kehamilan, keguguran bisa saja menjadi hal yang rentan terjadi apabila anda tidak dengan sigap menjaga kehamilan anda dengan baik.

Nah, untuk ibu baru

Continue Reading

Makanan Penambah Darah Usai Keguguran

Ibu mana yang tidak akan dirundung dengan kesedihan mendalam usai kehilangan jabang bayi yang telah mereka harapkan selama ini. Keguguran memang menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan pada seorang wanita hamil. Meski sudah berusaha keras untuk menjaga buah hati dalam kandungan. Namun ketika takdir berkata lain maka tidak ada hal yang bisa kita lakukan.

Berbicara mengenai keguguran, tidak semestinya kita larut dalam kesedihan yang mendalam dan terus menerus. Sebab bagaimana pun kehidupan terus berjalan dan begitupun dengan kesedihan ibu yang harus segera direlakan.

Selain menyedihkan, keguguran akan sekaligus meninggalkan luka yang besar. Proses kuret yang umumnya membuat ibu kehilangan banyak darah akan mungkin membuat anda merasa lemas. Sehingga demikian, penting sekali kembali mengasup tubuh anda dengan makanan yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah makanan yang mampu mengembalikan pasokan darah dalam tubuh.

Nah, dibawah ini adalah beberapa daftar makanan penambah darah usai keguguran untuk anda para

Continue Reading

Depresi dan Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil tidak hanya yang berhubungan dengan fisik, ibu hamil seringkali diliputi rasa sedih, tidak dapat menerima kondisi kehamilan bahkan cenderung mengalami perasaan sendiri tidak ada temen untuk berbagi ketika usia kehamilannya semakin tua. Hal ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil, faktor-faktor diatas dapat memicu terjadinya depresi saat kehamilan.

Ibu hamil yang dihadapkan pada kegiatan yang berulang, pekerjaan, permasalahan dalam rumah tangga dan kehidupan bermasyarakat sehingga menimbulkan rasa jenuh. Rasa jenuh yang setiap hari dirasakan oleh ibu hamil akan memicu terjadinya depresi.

Depresi pada ibu hamil akan menimbulkan permasalahan kesehatan, tidak terkecuali pada masalah kesehatan ibu dan janin. Salah satunya akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai ibu hamil yang seringkali mengalami depresi. Bagaimana pengaruhnya pada janin dan bagaimana solusinya.

Pengertian Depresi

Seperti yang dikutip dari halaman wikipedia.org bahwa depresi adalah kondisi yang lebih dari keadaan sedih. Apalagi kondisi sedih seseorang

Continue Reading

Torch dan Kehamilan

Kehamilan yang sehat merupakan dambaan setiap ibu hamil meskipun demikian beberapa kondisi fisik dan psikis yang berubah selama kehamilan seringkali menimbulkan masalah kesehatan pada ibu hamil. Beberapa diantaranya karena ibu memiliki riwayat kesehatan sebelum menjalani kehamilan.

Perencanaan kehamilan memang penting dilakukan. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi ibu. Pemeriksaan yang berhubungan dengan TORCH dapat dilakukan sehingga ibu dan janin terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut.

Penyakit TORCH berhubungan dengan infeksi yang disebabkan oleh virus. TORCH merupakan kepanjangan dari Toxoplasmosis, Other Infection, Rubella, Cytomegalovirus dan juga Herpes Simplex Virus. Infeksi virus TORCH akan membahayakan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Ibu harus mengetahui pengetahuan dan wawasan yang akan membantu untuk mengurangi pengaruh negatif dari penyakit TORCH.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai TORCH yang akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. Masing masing virus memiliki penyebab, penularan dan akibat yang berbeda-beda. Sehingga dengan

Continue Reading

Herpes Pada Ibu Hamil

Waspadai Ibu hamil dapat terkena penyakit herpes. Bahkan penyakit herpes dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Herpes dapat menyebabkan keguguran, penularan virus dari kulit kelamin ibu ke bayi pada saat persalian dan juga kerusakan syaraf janin.

Pencegahan dan pengobatan ibu hamil terinfeksi virus herpes dapat dilakukan. Ini untuk mencegah kemungkinan terburuk dari penyakit herpes pada kesehatan ibu dan janin. Artikel kali ini yang akan membantu anda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh negatif penyakit herpes pada ibu hamil dan bagaimana solusi yang dilakukan agar penyakit herpes tidak membahayakan pada janin dan ibu hamil.

Penyakit Herpes

Penyakit herpes dibedakan menjadi dua yaitu herpes simpleks dan juga herpes zoster. Herpes simpelks umumnya menyerang mulut dan bibir bahkan ada juga yang bersarang pada kelamin sedangkan pada herpes zoster maka bagian kulit badan akan terserang, biasanya menyerang satu sisi tubuh saja.

Herpes berasal dari virus herpes yang dapat menular dengan mudah. Penularan virus herpes

Continue Reading

Chorioamnionitis dan Kehamilan

Terpenting selama kehamilan adalah kesehatan ibu dan janin. Banyak artikel yang menyarankan untuk ibu sehat selama menjalani kehamilan, sehat fisik maupun psikis. Kondisi kesehatan ibu yang akan menentukan tumbuh kembang janin.

 

Pencegahan kesehatan dapat dilakukan sebelum ibu merencanakan kehamilan. Pola hidup yang sehat akan menjadi modal utama pada ibu hamil. Lantas bagaimana ibu yang memiliki masalah kesehatan? Apakah ibu hamil degan riwayat kesehatan tertentu dapat mempengaruhi janin?

Siapa yang mau sakit, semua orang ingin sehat. Meskipun demikian sebagian ibu hamil yang sedang cemas karena dokter menemukan adanya infeksi di dalam tubuh yang akan mempengaruhi kesehatan.Setidaknya dari berbagai infeksi,kali ini tim bidanku akan membahas infeksi mengenai chorioamnionitis pada ibu hamil. Bagaimana chorioamnionitis menyerang tubuh ibu hamil dan bagaimana pengaruhnya untuk janin ?

Pengertian Chorioamnionitis

Korioamnionitis atau chorioamnionitis merupakan infeksi pada korion dan amnion. Infeksi ini berhubungan langsung dengan plasenta yang menjadi pelindung penting selama di dalam kandungan. Meskipun hanya terjadi

Continue Reading

Pendarahan Trimester Kedua, Tanda Keguguran?

Pendarahan pada ibu hamil tidak hanya terjadi pada saat ibu hamil muda atau trimester pertama. Beberapa ibu hamil mengalami pendarahan pada trimester kedua atau trimester ketiga. Jelas saja ini merupakan kondisi yang berbeda, pendarahan merupakan pertanda ibu mengalami kondisi yang harus diwaspadai baik untuk kesehatan ibu maupun kesehatan janin.

Pendarahan dapat digolongkan pendarahan ringan ataupun pendarahan berat. Selain itu penyebabnya dapat disebabkan karena kondisi kesehatan ibu hamil atau pengaruh luar yang membebani ibu hamil. Meskipun setiap kasus tidak semua berakibat fatal akan tetapi untuk mencegah terjadinya pengaruh negatif pada ibu hamil sebaiknya anda melakukan tindakan dengan berkonsultasi dengan dokter kandugan.

Banyaknya ibu hamil yang cemas dan sulit membedakan pendarahan yang normal atau abnormal selama kehamilan mendorong tim bidanku memberikan informasi mengenai pendarahan khususnya yang terjadi pada kehamilan di trimester kedua. Banyak ibu yang bertanya bukankah kehamilan di trimester kedua kondisi janin sudah kuat dan tidak mungkin terjadi keguguran, mengapa

Continue Reading

Pendarahan Pada Ibu Hamil Muda

Selama kehamilan kondisi kesehatan ibu memang sangat diperhitungkan. Kondisi kesehatan ibu hamil akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin secara optimal. Meskipun demikian pada umumnya ibu hamil dapat mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga memicu munculnya penyakit pada saat hamil.

Penyakit yang kerap kali muncul saat ibu hamil akan menganggu kesehatan ibu dan janin. Inilah yang dikhawatirkan oleh ibu hamil ketika kondisinya tidak sehat saat hamil apalagi bila ibu memiliki risiko penyakit sebelum kehamilan. Kondisi ini akan memicu terjadinya pengaruh negatif pada janin dan ibu hamil.

Artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai penyakit selama kehamilan yang berhubungan dengan usia kehamilan muda. Pada usia kehamilan muda dan hamil pertama ibu sering kali dibuat cemas akan kondisi kandungannya. Perubahan kondisi tubuh ibu hamil seringkali membuat ibu bertanya-tanya kondisi yang normal atau abnormal yang akan membahayakan ibu dan janin. Pendarahan adalah salah satu yang membuat ibu cemas tetapi tidak semua ibu hamil

Continue Reading

Waspadai Infeksi Cytomegalovirus (CMV) Pada Kehamilan

Tujuan dari pemeriksaan sebelum kehamilan adalah untuk mengetahui kondisi ibu dan suami dalam keadaan sehat sehingga tidak membahayakan ibu dan janin selama kehamilan. Sudahkah anda melakukan pemeriksaan kehamilan? Bagaimana dengan pemeriksaan TORCH , sudahkah anda lakukan?

Anda yang akan berencana untuk hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH. Pemeriksaan TORCH yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan terhindar dari Toxoplasma, Rubella, kemudian Cytomegalovirus dan juga Hepatitis B. Penyakit tersebut akan membahayakan kesehatan ibu dan janin. Dari sekian pemeriksaan TORCH yang dilakukan, kali ini melalui artikel tim bidanku akan berbagi informasi mengenai Cytomegalovirus yang membahayakan kehamilan. Apa saja bahaya yang akan disebabkan oleh cytomegalovirus dan bagaimana solusi bagi ibu hamil yang mengalami infeksi virus Cytomegalovirus.

Pengertian Cytomegalovirus

Cytomegalovirus atau yang lebih dikenal dengan CMV adalah salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Pada penderita yang terinfeksi oleh Cytomegalovirus maka gejalanya menyerupai flu bahkan beberapa mengalami tanpa gejala. Pemeriksaan darah

Continue Reading

Dampak Hipertensi Saat Hamil

Salah satu gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah hipertensi. Kondisi ini dapat terjadi pada saat ibu hamil belum hamil tetapi sudah memiliki riwayat hipertensi atau hipertensi baru muncul ketika ibu hamil.

Hipertensi yang dialami oleh ibu hamil akan berbeda-beda, hipertensi ringan atau hipertensi berat. Meskipun demikian hipertensi pada saat hamil akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin sehingga harus segera berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengurangi risiko dari hipertensi pada ibu dan janin.

Tim bidanku melalui artikel dampak hipertensi pada saat hamil akan memberikan informasi mengenai hipertensi saat kehamilan, jenis hipertensi yang dapat terjadi saat hamil, pengaruh pada janin dan solusi bagi ibu hamil yang menderita hipertensi.

Hipertensi Pada Ibu Hamil

Hipertensi dapat terjadi pada siapa saja bukan hanya pada ibu hamil. Hipertensi merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dimana terjadi peningkatan tekanan darah. Seseorang dapat dinyatakan hipertensi dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Pemeriksaan tekanan darah dibagi

Continue Reading

Anemia Pada Ibu Hamil

Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terkena anemia. Anemia yang diabaikan pada ibu hamil akan menganggu kesehatan ibu dan janin. Meskipun anemia pada ibu hamil bukan merupakan kelainan melainkan harus tetap ditangani dengan tepat.

Ibu hamil yang mengalami anemia akan mengalami kendala dalam mencukupi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke jaringan. Padahal selama kehamilan tubuh harus dapat memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang pertumbuhan bayi yang sehat. Anemia pada ibu hamil dapat digolongkan anemia ringan dan anemia berat. Pada dasarnya kedua jenis anemia pada ibu hamil harus mendapatkan penanganan segera untuk tetap menyelamatkan ibu dan janin dari kekurangan darah selama kehamilan.

Meskipun anemia dianggap kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil akan tetapi akan berdampak negatif pada bayi dan ibu hamil apabila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Artikel bidanku kali ini akan memberikan informasi mengenai anemia pada ibu hamil, dampak anemia pada ibu dan janin dan solusi yang

Continue Reading

Ibu Hamil Terserang Flu, Janin Berisiko Tinggi Terkena Skizofrenia?

Kondisi kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dijaga dari awal terjadinya pembuahan hingga persalinan berlangsung.Ini berkaitan dengan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, perhatikan perubahaan kondisi kesehataan anda. Sakit ringan yang menyerang anda seperti misalnya flu akan membahayakan kesehatan janin anda apabila tidak dilakukan penanganan yang serius.

Flu disebabkan karena virus sehingga apabila menyerang ibu hamil akan meningkatkan risiko rusak pada otak janin dan menaikan risiko gangguan jiwa atau yang dikenal dengan istilah Skizofrenia. Skizofrenia merupakan kelainan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan respons emosi yang melemah. Penderita mengalami halusinasi dalam pendengaran, mendengar suara suara terus- menerus atau perasaan diikuti dalam setiap gerak geriknya.

Resiko terjadinya Skizofrenia pada ibu hamil yang paling utama adalah ibu hamil yang menderita influenza selama trimester pertama kehamilan. Sedangkan penyebab lainnya dapat disebabkan karena campak, polio, rubella, varisela-zoster, toxoplasma gondii dan herpes simplex virus tipe 2 yang diderita saat

Continue Reading

Bagaimana Dengan Ibu Hamil yang Menderita Lupus?

Bagi kebanyakan ibu yang mengalami kehamilan pertama menimbulkan rasa kekhawatiran. Rasa khawatir yang berlebih dapat membuat anda terbebani dan menimbulkan stress selama kehamilan. Anda dapat menanamkan sifat positif bahwa kehamilan adalah anugerah sehingga dapat menjadikan kehamilan masa yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, kekhawatiran dapat muncul pada ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan khusus. Salah satu yang akan kita bahasa kali ini adalah ibu hamil yang menderita lupus. Bagaimana dengan ibu hamil yang menderita lupus? Wanita yang penyandang lupus dapat menjalani kehamilan dengan sehat.

Kehamilan tidak akan berdampak negatif bagi janin ataupun wanita penderita lupus asalkan penyakit lupus dapat terkontrol. Ibu hamil dapat mengontrol maksimal enam bulan sebelum konsepsi. Persiapan kehamilan bagi penderita lupus sangat penting. Ini berkaitan dengan ibu yang menderita penyakit oto-imun yang seharusnya antibodi memberantas mikroorganisme di dalam tubuh melainkan menyerang tubuh. ( Baca juga: Tanda Kehamilan )

Wanita yang menderita lupus perlu mengetahui resiko yang akan

Continue Reading

Apakah Kelahiran Sungsang Faktor Keturunan?

Dulu waktu ibu anda melahirkan mempunyai riwayat kelahiran sungsang sehingga kini anda sangat mencemaskan kelahiran anak anda akan sama harus melalui kelahiran sungsang. Inilah yang menjadi salah satu kekhawatiran bagi sebagian ibu hamil. Kelahiran sungsang merupakan kondisi medis yang berkaitan dengan kelainan posisi bayi. Untuk lebih mengenai kelahiran sungsang dan apakah berkaitan dengan faktor keturunan, kali ini tim bidanku akan membahasnya.

Kelahiran sungsang berkaitan erat dengan posisi bayi di dalam rahim. Umumnya pada usia kehamilan 28 minggu janin masih dapat bebas bergerak sedangkan memasuki usia kehamilan 34-36 janin sudah berada di rongga panggul. Pada posisi normal yang mengisi rongga panggul adalah kepala sedangkan pada posisi sungsang diisi oleh panggul, kaki atau kepala bayi.

Posisi sungsang baru ditemukan setelah pemeriksaan dokter di usia kehamilan 34 minggu. Untuk memastikan kondisi janin, dokter akan menggunakan pemeriksaan ulang melalui Ultrasonografi (USG). Sehingga menjelang persalinan kepala bayi berada di atas sehingga pada saat persalinan

Continue Reading

Kenali Tanda Kehamilan Bermasalah

Memiliki bayi yang lucu di tengah keluarga anda menjadi idaman semua yang baru membina keluarga. Sehingga tidak heran jika kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Bagi pasangan yang tidak menunda untuk memiliki momongan dan juga diberikan kemudahan ketika mengandung bayi di dalam rahim, tentu saja tidak bermasalah. Sedangkan bagi anda yang bermasalah untuk mendapat momongan, salah satu solusinya berkonsultasi dengan dokter.

Memang tidak saja bagi ibu hamil dengan resiko usia kehamilan tua atau terlalu muda yang dapat membahayakan ibu dan janin. Sehingga penting bagi anda untuk berkonsultasi sebelum kehamilan untuk menghindari masalah-masalah kehamialan. Oleh karena itu untuk menghindari masalah kehamilan ketika anda sedang hamil maka anda harus mengenal beberapa kondisi yang menandakan bahwa kehamilan anda bermasalah. Berikut adalah ciri-ciri kehamilan anda sedang bermasalah : Artikel menarik lainnya: Tanda Hamil

Ciri-ciri kehamilan bermasalah

Kehamilan yang bermasalah ditandai dengan adanya perkembangan yang

Continue Reading

Solusi Bagi Ibu Hamil yang Mengalami Keguguran Berulang

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah untuk semua pasangan meskipun tidak semuanya pasangan mendapatkan kehamilan dengan mudah. Seringkali ibu hamil mengalami beberapa hambatan diantaranya terjadinya keguguran yang berulang hingga mencapai lima kali keguguran. Bagaimana solusi bagi keguguran yang terjadi berulang? Kenali pula faktor penyebabnya yang dapat mengakibatkan keguguran berulang. Berikut adalah penjelasan mengenai keguguran berulang :

Pengertian Keguguran Berulang

Keguguran merupakan berhentinya tumbuh kembang janin secara spontan pada usia dini yaitu dibawah usia kehamilan 20 minggu. Keguguran dapat terjadi secara berulang (lebih dari satu kali) terjadi sekitar 20% pada perempuan yang terjadi pada usia kehamilan 13 minggu. Kategori untuk keguguran yang berulang adalah ketika terjadi pada ibu hamil yang berhentinya tumbuh kembang janin di trimester pertama sebanyak tiga kali secara berturut turut.

Keguguran berulang akan berbeda dengan keguguran yang hanya terjadi pada perempuan dan kemudian di kehamilan kedua dapat menjaga dan mempertahankan janin. Meskipun terjadinya keguguran berulang hanya terjadi pada

Continue Reading

Waspadai Janin yang Tidak Berkembang

Selama kehamilan sangat penting sekiranya untuk memperhatikan kesehatan anda dan janin yang akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan. Pemeriksaan yang teratur mengenai perkembangan janin dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan sangat penting hal ini untuk menghindari resiko denyut jantung janin yang hilang atau janin yang tidak mengalami perkembangan. Berikut adalah uraian penjelasan mengenai janin yang tidak mengalami perkembangan.

Pengertian Janin yang Tidak Berkembang

Untuk mendapatkan gambaran mengenai janin yang tidak berkembang dicontohkan pada salah satu kasus dimana ketika melakukan kontrol ke dokter pada usia kandungan 5 minggu masih terbentuk kantung kehamilan sedangkan ketika melakukan kontrol kembali usia kehamilan 10 minggu dokter menyatakan bahwa janin tidak mengalami perkembangan dengan ditandai berhentinya denyut jantung pada janin. Dengan demikian janin yang tidak mengalami perkembangan berarti tidak mengalami pertumbuhan sesuai dengan kehamilan normalnya. Janin yang tidak berkembang dapat dideteksi pada awal kehamilan biasanya sebelum usia kehamilan tiga bulan.

Cara Deteksi Janin

Continue Reading

Resiko Bila Bayi Lahir Lebih dari 42 Minggu

Bayi yang terlambat lahir atau masa kandungan melebihi kandungan normal hingga mencapai 42 minggu memiliki risiko kesehatan yang tinggi pada kemudian hari. Semakin lama usia kandungan anda, maka semakin tinggi pula risiko komplikasi terjadi pada anda. Berikut adalah beberapa resiko apabila bayi lahir lebih dari 42 minggu :

1.   Fungsi plasenta menurun. Hal ini membuat bayi kelaparan saat berada dalam rahim disebabkan berkurangnya pasokan nutrisi dan oksigen pada bayi. Berkurangnya fungi plasenta berarti berkurangnya masukan nutrisi bagi bayi di dalam kantungan. Risiko yang paling buruk jika bayi masih berada dalam kandungan dan melebih 42 minggu yaitu terhambatnya perkembangan dan pertumbuhan bayi. Sehingga bayi dapat mengalami gangguan gizi yang membutuhkan perhatian khusus secara bertahap.

2.   Menurunnya cairan amino (air ketuban). Keadaan ini yang dapat mengakibatkan kondisi gawat pada bayi. Sehingga tindakan harus dilakukan secara tepat yaitu dengan mengeluarkan bayi yang ada dalam kandungan secepatnya.

3.   Meningkatnya resiko kelahiran bayi. Masa

Continue Reading

Infeksi Listeria (Listeriosis) pada Kehamilan

Infeksi Listeria atau dikenal sebagai listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Meskipun pada umumnya Infeksi ini jarang terjadi akan tetapi dapat menyerang wanita hamil pada usia kehamilan trimester akhir, bayi yang baru lahir  dan anak-anak serta orang dewasa yang kekebalan dilemahkan oleh penyakit seperti kanker atau HIV. Begitu pula dengan indicidu  yang telah memiliki berbagai jenis transplantasi lebih berisiko untuk listeriosis. Bakteri Listeria dapat ditularkan melalui tanah dan air, ibu hamil juga dapat menelan listeria dengan mengkonsumsi makanan tertentu, seperti  daging yang dibekukan, keju, susu, daging ayam yang terontaminasi oleh mikroorganisme dan kerang. Kasus infeksi listeria tidak memiliki identifikasi yang berbeda dengan gejala kehamilan normal. Infeksi Listeria dapat menimbulkan gejala seperti demam, kesulitan bernapas, muntah, lesu, kehilangan nafsu makan dan diare.

Ibu hamil yang mengalami listeriosis hanya mungkin mengalami gejala seperti flu ringan, meskipun demikian pemeriksaan dokter dapat membantu anda untuk memastikan kondisi kesehatan anda. Infeksi listeria akan menyebabkan risiko

Continue Reading

Kehamilan dengan Placenta Previa

Plasenta memiliki peranan untuk mensuplai nutrisi antara anda dan janin melalui tali pusar janin. Sedangkan placenta previa adalah terjadinya kondisi plasenta menempel di bagian bawah rahim sehingga bukan berada dalam posisi normal. Plasenta previa dibagi menjadi plasenta previa totalis, plasenta previa sentralis, plasenta previa partialis dan juga plasenta previa marginalis. Penyebab dari plasenta previa diantaranya adalah riwayat plasenta previa pada kehamilan sebelumnya, kelahiran kembar, mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok, ketika anda hamil melibihi usia 35 tahun, pernah mengalami operasi rahim atau memiliki kelainan rahim. Adapun gejala plasenta previa adalah terjadinya pendarahan vagina setelah 20 minggu kehamilan yang disertai dengan sakit dan kram.

Meskipun demikian pemeriksaan dokter akan membantu anda untuk mengetahui pendarahan yang terjadi untuk penanganan yang lebih lanjut. Plasenta previa menempel pada bagian bawah rahim yang lemah, lebih tipis, dan lebih vaskular. Ketika Anda memasuki trimester kedua dan ketiga, leher rahim mulai menipis dan peregangan untuk persiapan persalinan. Sebagai

Continue Reading

Gaya Hidup, Obesitas Mempengaruhi Kesehatan Bayi Anda


Anak mengalami diabetes? Mengapa hal ini terjadi padahal asupan nutrisi sudah disesuaikan dengan menu makan yang tepat. Kebanyakan diabetes tipe 2 dipengaruhi karena gaya hidup yang dijumpai pada anak-anak tidak sehat. Tau kah anda bahwa masa kehamilan juga bisa memberikan sedikitnya sumbangan untuk anak ana. Ibu hamil yang mengalami obesitas didefinisikan umumnya sebagai mana memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30. BMI adalah pengukuran obesitas dihitung menggunakan berat badan dan tinggi.Sekitar 15-20% wanita hamil menngidap obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan dapat menimbulkan komplikasi bagi Anda dan bayi Anda. Semakin gemuk Anda, semakin besar kemungkinan untuk mengalami komplikasi kehamilan.

Jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan maka masalah yang mungkin anda alami diantaranya adalah keguguran, biasanya bayi meninggal di dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan, selain itu pada kasus tertentu mengalami lahir mati yaitu ketika meninggal di dalam rahim biasanya setelah 20

Continue Reading

Ketika Masa Kehamilan Sudah Melewati Waktu yang Seharusnya

Ketika masa kehamilan sudah melewati batas normal, atau sekitar lebih dari 42 minggu, anda sebagai ibu hamil tentu merasa was-was akan hal ini. Ada baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini, agar dokter kandungan anda bisa memastikan apakah masa kehamilan anda memang benar-benar sudah lewat waktu atau hanya ada beberapa kesalahan kecil. Dengan cara ini, dokter kandungan anda akan bisa memutuskan apakah persalinan harus segera dilakukan atau tidak.

Di dalam dunia medis, masa kehamilan yang sudah melewati batas waktu normal disebut dengan prolonged atau postterm pregnancy. Pada umumnya, kehamilan yang normal atau atterm berlangsung selama 38-41 minggu. Sedangkan masa kehamilan yang melebihi 42 minggu dimasukkan dalam kategori postterm atau lewat waktu. Jumlah angka kejadian ibu hamil yang memiliki masa kehamilan melebihi batas normal relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 3 hingga 12%.

Kekeliruan dalam Penghitungan

Jumlah kejadian kehamilan yang melewati batas waktu normal memang tidak terlalu banyak.

Continue Reading

Mengenal Kehamilan Kosong atau Blighted Ovum (BO)

blighted ovum kehamilan kosong

Setiap ibu yang sedang hamil pada usia dini tentunya selalu mendambakan kehamilan yang sedang dijalaninya berjalan dengan apa yang diharapkannya, kehamilnnya terus berlanjut hingga 9 bulan dengan sehat. Setiap ibu hamil dini tentunya berharap, kelak di bulan ke 9 dia dapat melahirkan ke dunia seorang buah hati pujaan orang tua. Namun, manusia hanya bisa berharap dan berencana. Kadang apa yang diharapkan dan direncanakan tidak sesuai dengan harapan, termasuk pada diri ibu hamil. Kehamilan yang di damba kadang gugur di tengah jalan akibat berbagai hal, salah satunya mulai dari adanya kehamilan di luar kandungan, adanya TORCH, kehamilan anggur dan yang akan kita bahas disini adalah adanya kondisi kehamilan kosong atau dikenal dengan istilah Blighted Ovum.

Blighted ovum juga dikenal sebagai kehamilan tanpa embrio. Pada saat terjadi pembuahan, sel-sel tetap membentuk kantung ketuban, plasenta, namun telur yang telah dibuahi (konsepsi) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Pada kondisi blighted ovum kantung kehamilan akan

Continue Reading

Hipertensi Pada Kehamilan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang menimpa ibu hamil akan sangat membahayakan baik kehamilan itu sendiri maupun bagi ibu. hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika darah yang dipompakan oleh jantung mengalami peningkatan tekanan, hingga hal ini dapat membuat adanaya tekanan dan merusak dinding arteri di pembuluh darah. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darahnya di atas 140/90 mmHG (berarti 140 mmHg tekanan sistolik dan 90 mmHg tekanan diastolik). Hipertensi pada kehamilan banyak terjadi pada usia ibu hamil di bawah 20 tahun atau di atas 40, kehamilan dengan bayi kembar, atau terjadi pada ibu hamil dengan kehamilan pertama.

Penyebab Hipertensi

Ada dua hal penyebab hipertensi, yaitu Hipertensi essensial atau hiipertensi primer di mana penyebabnya bukan disebabkan oleh adanya gangguan pada jantung atau ginjal, melainkan disebabkan oleh faktor lain misal dikarenakan pola hidup yang tidak sehat; mengalami stress, mengkonsumsi garam yang berlebih, merokok, kebiasaan minuman beralkohol dan kafein, pola makan yang

Continue Reading

Penyakit Endometriosis dan Kehamilan

endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi kelainan yang terdapat pada lapisan yang berfungsi melingungi rongga kehamilan (endometrium). Kondisi normal adalah endometrium seharusnya berada pada rongga rahim, namun pada kasus endometriosis, endemetrium tumbuh pada luar rahim. Endometriosis sering terjadi pada organ-organ seperti indung telur, pada usus, kandung kemih dan dalam kondisi tertentu terjadi pada seluruh daerah panggul. Endometriosis meskipun tidak termasuk ke dalam golongan penyakit yang mematikan, namun jangan dianggap remeh, karena dapat mengganggu kesuburan wanita serta dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Jika endometriosis ini sampai menyebar hingga ke otak dan paru-paru, penderita yang mengidap endometriosis dapat mengalami pengempisan paru-paru dan mengalami kejang setiap kali haid. Sakit saat datang bulan yang tidak normal merupakan keluhan yang sering terjadi pada penderita endometriosis. Tanda umum lainnya adalah, susahnya mendapat keturunan. Hal ini disebabkan karena endometriosis dapat merusak struktur organ reproduksi wanita serta mengurangi sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sperma yang masuk.

Endometriosis

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us