data-ad-format="auto"

9 Cara Membersihkan Rahim Secara Alami Setelah Keguguran

Cara Membersihkan Rahim Secara Alami - Bagaimanapun juga, kondisi rahim setelah keguguran pasti mengalami gangguan serta tertinggalnya berbagai macam kotoran dan juga sisa kehamilan di dalam rahim. Kondisi ini tentunya membuat seorang wanita merasa kesakitan dan juga tidak nyaman. Untuk itu, diperlukan suatu cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran.

Keguguran memang sesuatu yang sangat menyakitkan terlebih bagi wanita. Selain kehilangan calon buah hatinya juga membuat fisik seorang wanita merasakan sakit dan juga nyeri yang sungguh luar biasa. Ini tentunya membuat mental seorang wanita menjadi drop dan juga tidak stabil. Terlebih lagi, rahim yang kotor sisa kehamilan dapat berbahaya bagi wanita terutama dalam jangka yang cukup panjang.

Keguguran sudah pasti ditakuti oleh setiap wanita yang tengah hamil. Keguguran berarti keluarnya embrio dari dalam kandungan yang merupakan cikal bakal calon buah hati kita berkembang. Hal ini juga terjadi pada wanita yang tidak menyadari akan kehamilannya. Oleh karena itu, mengenali penyebab dan juga gejala-gejala keguguran memang sangat penting adanya. Berikut ini kami sajikan beberapa penyebab dan juga gejala yang mungkin dirasakan oleh sebagian besar wanita yang pernah mengalami keguguran.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Penyebab Terjadinya Keguguran

Setiap kejadian yang telah terjadi tentunya dipicu oleh beberapa penyebab. Begitu pula dengan terjadinya sebuah keguguran. Pastinya, keguguran yang kerap terjadi pada seorang wanita tidak berlangsung begitu saja tanpa adanya penyebab. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sebuah keguguran seperti pada berikut ini:

1. Adanya infeksi penyakit

Penyebab utama yang sering terjadi pada wanita yang keguguran biasanya dikarenakan terinfeksi oleh penyakit. Pada umumnya, penyakit sindrom antifosfolipid yaitu antibodi justru menyerang jaringan tubuh seperti anemia, diabetes melitus, darah tinggi, lupus, tiroid dan juag embrio.

Antibodi yang malah menyerang tubuh pada awalnya memang tidak berakibat apa-apa pada tubuh. Namun, dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan berakibat fatal sehingga akan menyerang bayi. Hal ini tentunya yang menyebabkan bayi kekurangan asupan makanan dan juga nutrisi yang seharusnya diperlukan untuk perkembangannya. Akibatnya, keguguran dapat terjadi dengan tiba-tiba dan juga secara langsung.

2. Infeksi pada vagina

Bakteri yang menyerang vagina tentunya akan berakibat pada perkembangan janin. Bakteri pada vagina tentunya dapat merangsang kontraksi pada kehamilan sehingga dapat membuat janin lahir sebelum pada waktunya. Wanita yang sedang hamil lebih baik memeriksakan dirinya ke dokter karena dikhawatirkan terdapat infeksi yang dapat mengganggu kehamilan.

3. Infeksi virus TORCH

Seorang wanita yang mengalami keguguran biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus TORCH. Seperti yang kita tahu bahwa virus ini sangat berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Virus TORCH yang merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Infeksi virus tentunya dapat menyebabkan kematian janin.

4. Imunitas menurun

Setiap wanita yang sedang hamil tentunya memiliki imun tubuh yang berkurang dan juga rentan terhadap penyakit. Tidak heran jika wanita yang sedang hamil sering mengalami demam dan juga sakit. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh pada ibu hamil ngedrop sehingga virus-virus akan mudah masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Tentunya, ini akan menyebabkan perkembangan janin menjadi terganggu bahkan menyebabkan kematian pada janin.

5. Kelelahan dan stres yang berat

Rasa stres dan juga kelelahan yang cukup berat dapat mempengaruhi kondisi kehamilan pada ibu hamil. Hal ini disebabkan pembuluh darah menjadi lebih kecil. Tentunya, ini membuat oksigen dan suplai darah tidak masuk ke dalam rahim. Kondisi ini menyebabkan terjadinya sebuah kontraksi pada rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran menjadi lebih awal. Anda dapat menghilangkan kontraksi rahim dengan pemberian obat sehingga dapat mmebuat rahim menjadi lebih rileks.

6. Merokok

Jika seorang ibu hamil rentan mengonsumsi rokok, hal ini menyebabkan pembuluh darah pada ibu mengalami kerusakan. Dengan begitu nutrisi dan juga gizi pada ibu hamil menajdi kesulitan untuk masuk ke aliran darah. Kondisi ini menyebabkan bayi kekurangan oksigen dan juga makanan sehingga menyebabkan keguguran dan juga bayi tidak berkembang.

7. Kurang nutrisi yang dibutuhkan saat hamil

Jika seorang wanita mengalami kekurangan gizi dan juga nutrisi pada saat hamil, tentunya ini menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran. Bagaimana tidak, gizi yang diperlukan oleh ibu hamil seperti asam folat dan juga zat besi memang sangat diperlukan. Untuk itu, untuk mengurangi resiko keguguran pada ibu hamil, maka kedua zat tersebut dapat dikonsumsi mulai dari awal terjadinya kehamilan sampai saat melahirkan. Resiko yang mungkin Anda dapatkan jika kekurangan kedua zat tersebut dapat mengakibatkan keguguran pada ibu hamil.

Gejala-Gejala Terjadinya Keguguran

Tentunya, keguguran yang terjadi pada sejumlah wanita menyisakan gejala dan juga tanda-tanda akan terjadinya keguguran. Akan tetapi, pertanda keguguran tersebut bukanlah indikasi seorang wanita benar-benar mengalami keguguran. Ada kondisi tertentu yang menyebabkan seorang wanita mengalami gejala-gejala keguguran.

Tentunya, jika Anda tengah hamil dan juga mengalami beberapa gejala seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini. Hal yang harus Anda lakukan ialah dengan menghubungi bidan dan juga dokter terdekat untuk mengecek apakah ada gejala keguguran dalam kehamilan Anda. Berikut ini beberapa gejala yang menjadi awal adanya indikasi keguguran dalam kandungan Anda, diantaranya:

1. Rasa kram

Kram yang kerap menyerang wanita hamil tentunya dapat menjadi sebuah tanda akan terjadinya keguguran. Terlebih jika rasa kram tersebut berada pada area bawah perut. Rasa kram tentunya disebabkan oleh peregangan pada otot ligamen. Namun, tidak semua rasa kram yang menyerang seorang wanita dapat menjadi tanda terjadinya keguguran. Pada umumnya, rasa kram pada perut dapat lebih sakit jika dibandingkan dengan siklus menstruasi setiap bulan. Rasa kram dapat menjadi tanda awal keguguran jika disertai dengan pendarahan yang keluar dari vagina.

2. Pendarahan

Indikasi dan juga gejala keguguran dapat ditandai dengan adanya pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba. Pendarahan tersebut dapat berupa bercak-bercak hingga darah yang berwarna merah. Namun, tidak semua tanda bercak darah yang keluar dari serviks menjadi gejala sebuah keguguran. Pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan sangat beresiko tinggi terjadinya keguguran.

3. Nyeri area punggung

Selain kram, gejala awal terjadinya keguguran juga ditandai dengan adanya rasa nyeri pada area punggung. Rasa nyeri tersebut tentunya disertai dengan rasa kram pada area perut bagian bawah. Rasa nyeri pada area punggung juga bukan menjadi indikasi terjadinya keguguran. Namun, jika disertai dengan pendarahan, maka Anda harus waspada dan harus memeriksakan diri ke bidan dan juga dokter secepat mungkin.

4. Tidak adanya gejala kehamilan

Pada umumnya, seorang wanita yang sedang hamil pasti akan mengalami gejala-gejala kehamilan seperti mual, muntah dan juga pusing. Akan tetapi, jika gejala kehamilan tersebut hilang bahkan Anda merasa sangat baik-baik saja. Tentunya, kondisi ini harus Anda waspadai karena kemungkinan besar sedang terjadinya proses keguguran. Hal ini dikarenakan telah terjadinya keseimbangan hormon di dalam tubuh Anda.

5. Hasil tes kehamilan berubah

Seorang wanita yang dikatakan hamil tentunya memiliki hasil testpack yang positif. Jika tiba-tiba hasil yang ditunjukan tiba-tiba negatif, maka Anda perlu waspada karena kemungkinan adanya gejala terjadinya keguguran. Segeralah cek ke bidan/dokter jika Anda mengalami hal tersebut.

6. Keluarnya cairan dari dalam vagina

Cairan di sini bentuknya dapat berupa cairan dan juga gumpalan darah yang tidak biasa. Keluarnya cairan ini bahkan tidak disadari oleh wanita. Banyak yang mengira bahwa ia buang air kecil yang tidak tertahankan. Cairan yang keluar tersebut tentunya memiliki aroma yang sangat menyengat dan juga disertai dengan rasa yang gatal pada vagina.

Tentunya, jika cairan tersebut keluar, maka akan berbentuk seperti jaringan janin berupa gumpalan darah berwarna keabu-abuan. Jika kondisi tersebut Anda alami, Anda dapat menyimpan cairan tersebut di dalam wadah dan segera periksakan ke bidan dan juga dokter terdekat.  

Itulah beberapa gejala awal terjadinya keguguran yang harus Anda kenali secepat mungkin. Anda harus waspada jika ditemukan salah satu gejala keguguran yang telah kami sebutkan di atas. Jangan menganggap remeh dan mengabaikan gejala tersebut karena hal tersebut menyangkut janin di dalam kandungan Anda.

Cara Membersihkan Rahim Secara Alami Setelah Keguguran

Setelah kita mengetahui penyebab dan juga gejala terjadinya keguguran, tentunya hal pertama yang harus kita lakukan ialah dengan mencegahnya agar penyebab keguguran tersebut tidak terjadi. Jika sudah terjadi keguguran, tentunya diperlukan suatu cara yang tepat untuk membersihkan rahim. Tidak hanya cara yang modern untuk membersihkan rahim, tetapi cara yang alami pun dapat Anda lakukan agar cara yang Anda jalankan lebih aman. Berikut ini kami sajikan beberapa cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran, diantaranya:

1. Konsumsi air kelapa muda

Memilih air kelapa untuk dikonsumsi sebagai cara alternatif untuk membersihkan rahim memang sangatlah tepat. Air kelapa muda memang dikenal memiliki elektrolit yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Selain rasanya yang segar dan juga nikmat, air kelapa memang kerap dijadikan sebagai cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran.

Zat elektrolit yang terdapat pada air buah kelapa tentunya mampu mengembalikan kondisi rahim pada keadaan semula sehingga rahim akan kembali normal seperti biasanya. Selain mengandung zat elektrolit, air kelapa juga mengandung diuretik yang merupakan sebuah zat pensteril alami yang terdapat di dalam air kelapa. Dengan meminum air kelapa tentunya zat diuretik yang ada di dalam air buah kelapa dapat menghilangkan virus yang menyebabkan janin meninggal.

Asam laurat yang terdapat di dalam air buah kelapa tentunya dapat dijadikan sebuah cairan pensteril yang dapat melindungi rahim dari virus. Dengan memanfaatkan buah kelapa untuk membersihkan rahim tentunya dipercaya dapat meluruhkan gumpalan darah yang merupakan sisa-sisa menempelnya embrio pada rahim. Air kelapa tentunya sebagai cara membersihkan rahim secara alami sehingga dapat mengembalikan kesegaran pada tubuh wanita setelah keguguran.

2. Ramuan kunyit asem

Bahan alami kedua yang dipercaya dapat membersihkan rahim ialah dengan mengonsumsi ramuan kunyit asem. Selain itu, ramuan kunyit asem juga dapat melancarkan haid yang tidak lancar dan juga mengatasi rasa nyeri selama siklus menstruasi. Ramuan kunyit asem tentunya dapat memberikan kesehatan dan juga menjadi ramuan yang efektif dalam membersihkan rahim.Konsumsilah ramuan kunyit asem ini setiap hari pasca  keguguran agar rahim menjadi bersih dan juga kembali normal sehingga akan siap menerima kehamilan kembali.

3. Godokan daun sirih

Seperti yang kita tahu bahwa air sirih merupakan salah satu daun yang berfungsi menjaga kewanitaan dan juga bau tidak sedap dari vagina. Manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan sebagai cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran. daun sirih juga sangat berkhasiat untuk mengobati keputihan yang cukup parah. Untuk membersihkan rahim tentunya ANda dapat menggodok daun sirih dan ambil airnya untuk diminum. Konsumsi secara rutin untuk membantu mengeluarkan sisa-sisa kotoran dan juga kehamilan di dalam rahim.

 4. Kulit manggis

Selain untuk kesehatan, kulit manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat membersihkan rahim setelah keguguran. Hasil yang diperoleh dalam pembersihan rahim tentunya sangat mengejutkan. Kulit manggis tentunya dapat memulihkan kondisi tubuh setelah keguguran dan dapat membersihkan sisa-sisa kehamilan yang menempel di dinding rahim.

Selain itu, kulilt manggis dapat menguatkan rahim untuk mempersiapkan kembali kehamilan selanjutnya. Sebagai poin plusnya, Anda dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang berat seperti jantung, kanker dan juga penyakit lainnya. Untuk itu, jangan ragu untuk mengonsumsi kulit manggis pasca Anda mengalami keguguran.

5. Ramuan daun sirsak

Kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam daun sirsak tentunya menjadi sebuah cara dan juga alternatif untuk menjadikan daun sirsak sebagai bahan utama atau bahan herbal utnuk mengobati penyakit. Manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan sebagai obat dan juga ramuan alami untuk membersihkan rahim. Selain itu, air rebusan daun sirsak dipercaya dapat menyuburkan rahim dan juga menjaganya dengan cukup baik.

 6. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Tidak hanya obat dan juga bahan herbal yang dijadikan sebagai alternatif untuk membersihkan rahim. Bahan yang mengandung serat cukup banyak juga dipercaya dapat membuat rahim cepat bersih. Selain itu, makanan yang kaya serat dapat menyembuhkan berbagai penyakit parah lainnya seperti kanker rahim, payudara, kanker usus berat, kanker indung telur, dan juga gangguan di dalam rahim. Menu makanan yang banyak mengandung serat tentunya didapatkan dari buah-buahan dan juga sayuran. 

7. Minum obat antibiotik

Pemilihan obat antibiotik tentunya harus sesuai dengan resep dokter kandungan. Jangan sampai Anda memilih obat sembarangan dan tidak sesuai dengan resep dokter. Obat antibiotik tentunya dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi dan juga gangguan lainnya di dalam rahim.

Akan tetapi, obat antibiotik alami juga bisa Anda dapatkan dari bahan-bahan alami seperti madu, jahe, kunyit, bawang putih dan juga bahan lami lainnya.

8. Olah raga

Tentunya, terdengar klise memang jika memasukkan olahraga ke dalam cara membersihkan rahim secara alami. Namun, hal yang harus Anda tahu bahwa olahraga mempunyai peranan yang cukup penting untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan dengan olahraga dapat melancarkan dan juga membersihkan sisa-sisa kehamilan dan juga kotoran yang ada di dalam rahim.

Tentunya, setiap wanita tidak menginginkan keguguran terjadi selama masa kehamilan. Akan tetapi, hal ini memang tidak dapat kita hindari dengan mudah, terlebih bagi seorang wanita yang mengalami masalah dalam kandungannya. Untuk itu, jika Anda terpaksa harus mengalami keguguran, satu hal yang harus Anda lakukan ialah membersihkan rahim secara alami guna mempersiapkan kehamilan selanjutnya agar lancar. Itulah beberapa cara membersihkan rahim secara alami setelah keguguran yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us