Kategori: Perawatan Kehamilan

Kategori artikel yang berisi informasi bagaimana menjaga kehamilan agar senantiasa sehat. Disertai dengan berbagai tips kehamilan yang berguna bagi para ibu hamil

19 Perawatan Hamil Muda Agar Tetap Sehat

Hamil Muda

4.84/5 (44) Hamil Muda – Setiap pasangan pasti menginginkan kehadiran anak untuk melengkapi keluarga. Sehingga setelah menikah, pasangan umumnya akan merencanakan kehamilan. Untuk mewujudkan impian menjadi orangtua, bukan hanya merencanakan memiliki berapa anak saja. Yang menjadi tantangan paling besar yaitu menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga melahirkan nanti. Saat ibu hamil muda, maka kesehatan ibu [Baca selengkapnya…]

Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil | Tips & Rekomendasi Perawatan

5/5 (10) Kehamilan tentu merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Mereka sangat berharap untuk memiliki keturunan dengan mudah dan cepat pasca menikah. Pasalnya, memiliki seorang anak merupakan hal yang tidak ternilai harganya. Tentu, Anda sangat mendambakan bayi yang sehat dan tumbuh dengan baik dirahim Anda. Hal ini merupakan tugas Anda [Baca selengkapnya…]

Tetap Modis dan Percaya Diri Di Trimester Akhir Kehamilan

Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah kurangnya percaya diri setelah usia kehamilan semakin tua.Ya, diusia kehamilan trimester tiga perubahan fisik memang sangat terlihat, perut ibu yang semakin membesar, berat badan yang semakin bertambah dan beberapa kondisi seperti kaki yang mudah kram.

Tips Olahraga Untuk Hamil Muda

Kondisi Tubuh Saat Hamil Muda. Tahukah anda pada saat hamil muda, kualitas janin yang dikandungnya ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil. Oleh karena itu, organ-organ janin, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, tulang, dan sebagainya terbentuk pada trimester awal. Akan tetapi, pada kehamilan trimester awal, biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness, yakni sering mual-muntah, hingga nafsu makannya hilang.

Tips – Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Kondisi tubuh ibu hamil pada trimester ketiga. Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, sang calon ibu mulai dipicu rasa gelisah sekaligus bahagia, karena akan segera menyambut lahirnya si buah hati yang sudah di kandungnya selama kehamilan.

Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda

Mungkin bagi para ibu hamil adakalanya bingung apa yang mesti di lakukan dan apa yang tak seharusnya dilakukan. Terkadang keluarga berperan penting untuk memberikan saran dan kepeduliannya agar ibu yang sedang mengalami hamil muda tidak salah dalam melakukan aktivitas.

Memenuhi Gizi Selama Kehamilan

Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit. Pada masa lalu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan standard kebutuhan dasar nutrisi pada makhluk hidup. Angka kebutuhan nutrisi (zat gizi) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA).

Sudahkah Anda Melakukan Antenatal Care?

Memiliki kehamilan yang sehat didukung oleh kesehatan ibu dari persiapan kehamilan hingga menjelang persalinan dan mampu memberikan perawatan yang optimal untuk tumbuh kembang janin selama kehamilan merupakan idaman setiap ibu hamil.

Perhatikan Penggunaan Skincare dan Kosmetik Saat Hamil

Penggunaan kosmetik dan skincare sangat erat kaitannya dengan wanita, mungkin salah satunya adalah anda yang menggunakan perawatan kecantikan tersebut. Bagaimana jika penggunaanya kini dihentikan total karena konon katanya akan mempengaruhi janin?

Pentingkah Forum Ibu Hamil?

Pada jaman serba teknologi sangat memungkinkan untuk bertukar informasi dengan mudah, begitu pula dengan ibu hamil yang terkadang membutuhkan sarana untuk berbagi pengalaman perkembangan kehamilan, keluhan yang dirasakan dan juga beberapa perubahan emosional selama kehamilan.

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Ketiga

Pada usia kehamilan trimester ketiga yaitu usia antara 7 bulan hingga menjelang persalinan. Ini merupakan tahap akhir dari proses kehamilan, dimana ibu harus mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan dan dapat merawat kehamilan yang semakin membesar. Ibu hamil seringkali mengeluhkan kehamilan menjelang persalinan. Kondisi ini membuat ibu kurang fokus dalam perawatan kehamilan di trimester ketiga. Padahal sama dengan trimester sebelumnya, ibu hamil pada trimester ketiga membutuhkan perawatan sehinga janin dapat lahir dengan sehat.

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Kedua

Menantikan kehadiran buah hati tercinta sangat mendebarkan apalagi buat anda yang hamil pertama. Perasaan senang terkadang diliputi rasa cemas dengan tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Semua ibu hamil mengalaminya, ini merupakan perasaan yang wajar terjadi.

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Pertama

Awal terjadinya kehamilan membuat anda senang meskipun seringkali dikhawatirkan tindakan anda menyikapi usia kehamilan yang masih muda akan berpengaruh negatif pada janin. Pada awal kehamilan masih sangat sensitif bahkan pada minggu awal anda harus berhati-hati karena rawan terjadinya keguguran.

Mengapa Saat Hamil Harus Naik Berat Badan?

Wanita seringkali takut ketika mengalami kenaikan berat badan. Perubahan fisik menjadi gendut adalah salah satu yang dihindari ketika naik berat badan, Meskipun demikian ketika ibu hamil kenaikan berat badan menjadi salah satu ukuran kesehatan janin di dalam kandungan.

Manfaat Lakukan Prenatal Yoga Bantu Ibu Hamil Lebih Bugar

Prenatal yoga merupakan olah yoga yang dikhususkan bagi para ibu hamil. Yang mana tentunya gerakan yang disuguhkan dalam prenatal yoga ini jauh lebih sederhana dan lebih mudah untuk di praktekan yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dibandingkan dengan gerakan yoga pada umumnya. Adapun dalam setiap sesi prenatal yoga secara garis besar dibagi kedalam beberapa bagian, yakni pemanasan (gentle stretching), pernafasan (breathing), postur (gerakan yoga) dan pendinginan (cooling down and relaxation). ( Baca : 5 Gerakan Sehat Untuk Ibu Hamil )

Mengapa Terjadi Plasenta Berkapur?

Selama janin di dalam kandungan organ yang sangat penting yang membantu dalam tumbuh-kembang janin. Ya, plasenta adalah suatu organ di dalam kandungan yang berfungsi dalam pertukaran produk-produk metabolisme dan peredaran darah ibu dan janin.

Trik Bebas Mual di Pagi Hari Bagi Ibu Hamil

Seringkali tanda kehamilan yang sangat mencolok pada ibu hamil pada usia kehamilan muda adalah ditandai dengan mual dan muntah. Pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan mengganggu kecukupun nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Pada penelitian yang dilakukan 8 dari 10 ibu hamil sering kali mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil dikarenakan kadar hormon estrogen yang meningkat. Adapula faktor yang seringkali menjadi penyebab terjadinya peningkatan hormon estrogen yaitu adalah perubahan secara metabolis, psikolog atau kehamilan kembar.

Tips Mengatasi Heartburn Saat Hamil

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para ibu hamil adalah heartburn atau rasa panas pada bagian dada atau ulu hati. Kondisi ini akan lebih intens kemunculannya terutama saat memasuki trimester ketiga di usia kehamilan.Heratburn adalah kondisi dimana ibu hamil akan merasakan panas atau terbakar di daerah sekitaran dadanya. Selain rasa panas seperti terbakar, ibu hamil juga kerap merasakan rasa seperti ditusuk-tusuk benda tajam di daerah ulu hatinya. Jangan cemas, karena kondisi ini tidak ada sangkut pautnya dengan gangguan jantung.

Tips Kurangi Sakit Maag Saat Sedang Hamil

Bagi anda yang sedang hamil muda, penurunan selera makan yang disertai dengan mual dan muntah dapat terjadi dikarenakan pengaruh hormon. Kondisi ini akan meningkatkan ibu hamil yang sebelumnya tidak memiliki riwayat maag bisa terkena saat hamil atau justru bagi memperburuk kondisi sakit maag anda sebelumnya. Pada ibu hamil sakit maag dapat dipengaruhi oleh hormon-hormon yang terjadi selama kehamilan, seperti adanya hormon esterogen yang dapat membangun lapisan dinding rahim  sehingga memberikan dampak mual pada ibu hamil. Sedangkan adanya pengaruh dari hormon pregesteron dapat mengakibatkan terjadinya relaksasi pencernaan sehingga melambatnya pengosongongan lambung dan kerja usus.

Tips Menjalani Masa Kehamilan Dengan Bahagia

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah apalagi bila anda merupakan pasangan yang baru. Meskipun terkadang ibu yang sedang hamil muda mengeluhkan beberapa kondisi kesehatannya yang membuat ibu tidak nyaman beraktifitas. Keluhan-keluhan selama kehamilan membuat ibu merasa tidak menikmati masa kehamilannya padahal psikologi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin dan juga persiapan menjelang persalinan. Oleh karena itu penting sekiranya untuk anda menjalani masa kehamilan dengan perasaan bahagia.