data-ad-format="auto"

Perawatan Kehamilan

Kategori artikel yang berisi informasi bagaimana menjaga kehamilan agar senantiasa sehat. Disertai dengan berbagai tips kehamilan yang berguna bagi para ibu hamil

Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil | Tips & Rekomendasi Perawatan

Kehamilan tentu merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Mereka sangat berharap untuk memiliki keturunan dengan mudah dan cepat pasca menikah. Pasalnya, memiliki seorang anak merupakan hal yang tidak ternilai harganya.

Tentu, Anda sangat mendambakan bayi yang sehat dan tumbuh dengan baik dirahim Anda. Hal ini merupakan tugas Anda untuk menjaga kehamilan dengan baik. Jika saat ini Anda sedang hamil, menjaga janin Anda tetap sehat adalah sebuah keharusan. Perhatikan asupan nutrisi dan jangan melakukan hal-hal yang dilarang bagi ibu hamil. Faktanya, banyak larangan bagi ibu hamil untuk tidak melakukan sesuatu yang nantinya akan merugikan kesehatan ibu dan janin seperti pemakaian kosmetik yang tidak aman.

Masa hamil adalah waktu yang dianggap rentan dimana ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik yang saat ini menjamur dipasaran. Namun, tidak semua kosmetik dipasaran berbahaya bagi ibu hamil, tentunya ada sebagian yang direkomendasikan untuk digunakan oleh ibu hamil.

Tips Memilih Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil

Hamil bukanlah alasan untuk menjaga penampilan tetap cantik dan menarik. Tentunya, ini adalah tugas yang terbilang sedikit merepotkan bagi sebagian ibu hamil. Pasalnya, mereka dilarang untuk memakai kosmetik yang dapat membahayakan kesehatan terutama janin.

Pada umumnya kosmetik mengandung zat-zat yang berbahaya dan bisa terserap oleh tubuh melalui kulit. Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap wanita menginginkan penampilan yang cantik dan menarik meskipun tengah hamil. Tentunya, ibu hamil harus selektif dalam memilih kosmetik, jangan sembarang memakai kosmetik terlebih yang beredar dipasaran. Baca juga: Tanda-Tanda Kehamilan 4 Minggu

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk kosmetik yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Beberapa panduan bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih kosmetik, diantaranya:

Produk khusus anti-jerawat

Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu hamil seringkali mengalami perubahan hormon yang menyebabkan pertumbuhan jerawat meningkat. Kosmetik yang cocok tentunya yang dapat mengatasi timbulnya jerawat terutama jerawat yang meradang. Anda juga harus mewaspadai memakai produk kosmetik untuk mengatasi jerawat yang ditelan terutama produk yang mengandung isotretinoin dan tretinoin. Karena kedua zat tersebut akan menyebabkan kelainan pada bayi.
Terlebih produk jerawat yang mengandung asam salisilat yang beresiko untuk pengelupasan pada kulit. Memilih produk jerawat tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kosmetik sebagai obat jerawat yang cocok bagi ibu hamil. Produk dengan krim berbahan benzoil peroksida dapat membantu Anda untuk mengatasi jerawat.

Produk anti-penuaan

Produk kosmetik yang disarankan untuk Anda gunakan pada saat sedang hamil adalah produk dengan zat anti-penuaan. Bagaimanapun juga , saat sedang hamil, hormon akan meningkat yang akan mengakibatkan kulit Anda lebih kusam. Dengan memilik kosmetik dengan anti-penuaan yang aman, tentu Anda akan mencegah sesuatu yang tidak inginkan terjadi. Produk penuaan terutama yang mengandung retinoid atau sejenis vitamin A harus Anda hindari karena zat ini dapat menimbulkan dampak negatif pada bayi dalam kandungan. Meskipun memang anti-penuaan dengan zat ini sangat ampuh untuk memperbaiki warna kulit wajah dan mengurangi kerutan, namun jika digunakan pada saat sedang hamil, maka hal ini akan sangat beresiko bagi Anda.

Kosmetik dengan tabir surya

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika Anda sedang hamil, tentu perubahan bentuk tubuh dan kulit tubuh juga terasa sangat signifikan. Perubahan hormonal pada tubuh sedang hamil tentu menimbulkan kondisi kulit yang tidak menentu terutama kulit wajah. Memiliki produk kosmetik dengan kandungan tabir surya memang sangat dianjurkan untuk Anda.

Produk tabir surya dengan kandungan seng oksida(Zinc Oxide) dan titanium dioksida disebut sebagai kosmetik yang aman bagi ibu hamil. Kandungan zat tersebut bermanfaat untuk melindungi kulit wajah secara maksimal yang tidak menyrap kedalam kulit sehingga tidak berdampak apapun bagi kehamilan Anda. Namun, ada beberapa produk kosmetik dengan tabir surya yang dilarang digunakan untuk wanita hamil yaitu produk dengan kandungan zat oksibenzon. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menghubungkan kandungan zat tersebut dengan kelahiran beresiko yang kemungkinan berat bayi lahir rendah. Namun, studi ini belum dipastikan kebenarannya bahwa tabir surya penyebab kelahiran berat bayi lahir rendah. Lihat juga: Produksi Keringat Berlebih? Berikut Cara Mengatasinya

Pewarna rambut

Jika Anda sedang hamil, cobalah untuk menahan diri agar tidak mewarnai rambut Anda dengan pewarna yang sangat berbahaya bagi kehamilan Anda. Pasalnya, pewarna rambut mengandung zat Ammonia yang dapat menyebabkan rasa mual timbul di perut Anda. Tentunya, produk pewarna rambut dapat masuk kedalam kulit Anda melalui pori-pori pada kulit kepala Anda.
Bagaimanapun juga, produk pewarna rambut mengandung zat pewarna buatan yang berbahaya terutama jika Anda sedang hamil. Meskipun efek dari penggunaan pewarna rambut ini masih diteliti, namun sebaiknya Anda menghindarkan diri dari segala kemungkinan yang akan terjadi terutama pada saat kehamilan trimester pertama.

Pewarna kuku

Tentunya, meskipun Anda sedang hamil, namun Anda masih tetap ingin berpenampilan menarik dengan kuku Anda yang berwarna-warni nan cantik. Namun, tidak semua keinginan dalam dalam mempercantik diri menjadi kenyataan. Terbukti dengan bahaya yang ditimbulkan dari zat pewarna kuku ini. Pasalnya, pewarna kuku mengandung bahan phthalates yang dapat menyebabkan resiko kelainan bawaan pada bayi Anda. Lebih jauh lagi, hal ini dibuktikan pada percobaan sebuah hewan yang berjenis kelamin jantan yang mengalami gangguan perkembangan seksual.

Begitu pula dengan manusia, bayi laki-laki dimungkinkan mengalami perkembangan seksual yang terganggu bila si ibu mengaplikasikan cat kuku yang berbahan phthalates. Selain, produk cat cucu atau kutek, zat ini ditemukan pula pada produk hairspray.  Jika Anda ingin menggunakan cat kuku, pilihlah produk cat kuku yang aman dan tidak memberikan bau yang kuat seperti cat kuku pada umumnya. Gunakan cat kuku pada ruang terbuka untuk mencegah Anda menghirup bahan dari kandungan cat kuku tersebut. 

Hindari Proses Peeling

Salah satu proses perawatan kulit yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah melakukan proses peeling. Pasalnya, proses peeling pada kulit dapat menyebabkan kulit mengalami pengelupasan. Ketika kulit mengalami pengelupasan, tentunya menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Kandungan zat kimianya dapat meresap jauh kedalam kulit tidak terkecuali pada rahim Anda. Jika Anda ingin merawat kulit agar tampak segar seharusnya Anda menggunakan bahan-bahan yang alami.
Pilih Kosmetik Minimal "Telah lulus uji klinis" atau BPOM

Terdapat beberapa kosmetik dengan label telah uji klinis dan lulus bpom yang aman bagi ibu hamil. Jika Anda ingin memakai produk kosmetik yang saat ada dipasaran, tentu Anda harus selektif dalam pemilihan produk tersebut. Jangan sampai Anda memilih produk kosmetik yang tidak ada label uji klinisnya sama sekali. Dimungkinkan zat kosmetik yang terkandung dalam produk tersebut terdapat zat yang berbahaya bagi kehamilan Anda.

Perhatikan Penggunaan Deodoran

Ibu hamil tentunya selalu memproduksi keringat yang berlebih disebabkan oleh hormon didalam tubuh. Tidak heran jika seorang ibu hamil selalu merasa kegerahan walau mereka sudah mandi. Tentu, kondisi ini akan membuat seorang wanita hamil memproduksi keringat yang menyebabkan bau badan tidak sedap. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memakai deodoran yang berasal dari bahan-bahan minyak karena terbukti dapat menghentikan keringat selama 24 jam. Penggunaan deodoran alami yang mengandung minyak sangat berguna, namun tidak berbahaya bagi ibu dan janin.

Kosmetik Alami Untuk Ibu Hamil

Jika Anda ingin tetap memiliki wajah yang bersinar meskipun Anda sedang hamil, tentu Anda harus melakukan perawatan wajah yang alami. Meskipun merawat wajah Anda secara alami terbilang repot daripada membeli produk yang sudah beredar dipasaran, namun langkah ini harus Anda lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Anda dan janin. Merawat wajah secara alami pada saat hamil tidaklah rumit dan susah, tapi membutuhkan ketekunan dalam membuat bahan untuk perawatan wajah tersebut.

Untuk memberikan solusi dan pencerahan bagaimana cara melakukan perawatan wajah yang alami pada saat hamil, untuk itu kami sajikan beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan wajah secara alami saat hamil. Yuk, kita simak berikut ini!

Gunakan Masker Buah-Buahan

Jangan heran jika sedang hamil wajah Anda mengalami kekusaman yang cukup mengganggu penampilan Anda. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh setiap wanita hamil. Nah, diperlukan perawatan khusus yang tidak membahayakan bagi ibu dan janin dengan menggunakan bahan-bahan alami, contohnya buah-buahan.
Kandungan vitamin pada buah seperti alpukat, tomat, lemon, jeruk nipis dan buah-buahan lainnya dipercaya dapat mengurangi kekusaman pada kulit wajah jika kita rutin menggunakannya. Merawat wajah tidak harus selalu dengan biaya mahal dan menggunakan krim wajah yang instan. Dengan membuat masker dari buah-buahan, tentu ini menjadi pilihan alternatif bagi ibu hamil. Selain murah, masker ini justru sangat bagus untuk perawatan wajah ibu hamil tanpa berbahaya sama sekali.

Cuci Muka Yang Teratur

Membersihkan wajah yang teratur akan mencegah timbulnya bakteri dan debu pada wajah. Dengan mencuci muka sebelum tidur atau setelah dari luar rumah menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit wajah yang kusam. Gunakan perasan lemon atau Anda juga bisa menggosokkan buah lemon langsung pada wajah Anda. Setelah itu, cuci wajah Anda dengan air bersih. Melakukannya secara teratur minimal 2 kali sehari, tentu akan membuat wajah ibu hamil jauh dari kekusaman.

Gunakan Pelembab Yang Aman

Jika dirasa kulit wajah Anda kering dan kusam setelah mencuci wajah menggunakan lemon, Anda dapat mengaplikasikan pelembab yang beredar dipasaran dengan catatan harus terdaftar BPOM. Terdapat beberapa produk pelembab yang terdaftar BPOM dan telah uji klinis yang aman bagi ibu hamil. Jika Anda sebelum hamil menggunakan krim wajah yang tidak terdaftar BPOM, maka Anda harus menghindarinya. Namun sebaliknya, jika Anda sudah menggunakan pelembab yang terdaftar aman, Anda dapat melanjutkan penggunaan pelembab tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kosmetik aman untuk ibu hamil. Sebagai tambahan lagi, Anda harus mempertimbangkan penggunaan kosmetik karena apapun langkah yang Anda ambil, tentu akan menentukan hasilnya. Semoga tips perawatan wajah alami dan memilih kosmetik aman untuk ibu hamil memberikan manfaat bagi Anda.

Tips Olahraga Untuk Hamil Muda

Kondisi Tubuh Saat Hamil Muda. Tahukah anda pada saat hamil muda, kualitas janin yang dikandungnya ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil. Oleh karena itu, organ-organ janin, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, tulang, dan sebagainya terbentuk pada trimester awal. Akan tetapi, pada kehamilan trimester awal, biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness, yakni sering mual-muntah, hingga nafsu makannya hilang.

Continue Reading

Tips - Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Kondisi tubuh ibu hamil pada trimester ketiga. Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, sang calon ibu mulai dipicu rasa gelisah sekaligus bahagia, karena akan segera menyambut lahirnya si buah hati yang sudah di kandungnya selama kehamilan.

Continue Reading

Aktivitas Untuk Ibu Hamil Muda

Mungkin bagi para ibu hamil adakalanya bingung apa yang mesti di lakukan dan apa yang tak seharusnya dilakukan. Terkadang keluarga berperan penting untuk memberikan saran dan kepeduliannya agar ibu yang sedang mengalami hamil muda tidak salah dalam melakukan aktivitas.

Continue Reading

Memenuhi Gizi Selama Kehamilan

Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit. Pada masa lalu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan standard kebutuhan dasar nutrisi pada makhluk hidup. Angka kebutuhan nutrisi (zat gizi) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA).

Continue Reading

Pentingkah Forum Ibu Hamil?

Pada jaman serba teknologi sangat memungkinkan untuk bertukar informasi dengan mudah, begitu pula dengan ibu hamil yang terkadang membutuhkan sarana untuk berbagi pengalaman perkembangan kehamilan, keluhan yang dirasakan dan juga beberapa perubahan emosional selama kehamilan.

Continue Reading

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Ketiga

Pada usia kehamilan trimester ketiga yaitu usia antara 7 bulan hingga menjelang persalinan. Ini merupakan tahap akhir dari proses kehamilan, dimana ibu harus mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan dan dapat merawat kehamilan yang semakin membesar. Ibu hamil seringkali mengeluhkan kehamilan menjelang persalinan. Kondisi ini membuat ibu kurang fokus dalam perawatan kehamilan di trimester ketiga. Padahal sama dengan trimester sebelumnya, ibu hamil pada trimester ketiga membutuhkan perawatan sehinga janin dapat lahir dengan sehat.

Continue Reading

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Kedua

Menantikan kehadiran buah hati tercinta sangat mendebarkan apalagi buat anda yang hamil pertama. Perasaan senang terkadang diliputi rasa cemas dengan tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Semua ibu hamil mengalaminya, ini merupakan perasaan yang wajar terjadi.

Continue Reading

Tips Merawat Ibu dan Janin Trimester Pertama

Awal terjadinya kehamilan membuat anda senang meskipun seringkali dikhawatirkan tindakan anda menyikapi usia kehamilan yang masih muda akan berpengaruh negatif pada janin. Pada awal kehamilan masih sangat sensitif bahkan pada minggu awal anda harus berhati-hati karena rawan terjadinya keguguran.

Continue Reading

Mengapa Saat Hamil Harus Naik Berat Badan?

Wanita seringkali takut ketika mengalami kenaikan berat badan. Perubahan fisik menjadi gendut adalah salah satu yang dihindari ketika naik berat badan, Meskipun demikian ketika ibu hamil kenaikan berat badan menjadi salah satu ukuran kesehatan janin di dalam kandungan.

Continue Reading

Manfaat Lakukan Prenatal Yoga Bantu Ibu Hamil Lebih Bugar

Prenatal yoga merupakan olah yoga yang dikhususkan bagi para ibu hamil. Yang mana tentunya gerakan yang disuguhkan dalam prenatal yoga ini jauh lebih sederhana dan lebih mudah untuk di praktekan yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dibandingkan dengan gerakan yoga pada umumnya. Adapun dalam setiap sesi prenatal yoga secara garis besar dibagi kedalam beberapa bagian, yakni pemanasan (gentle stretching), pernafasan (breathing), postur (gerakan yoga) dan pendinginan (cooling down and relaxation). ( Baca : 5 Gerakan Sehat Untuk Ibu Hamil )

Continue Reading

Mengapa Terjadi Plasenta Berkapur?

Selama janin di dalam kandungan organ yang sangat penting yang membantu dalam tumbuh-kembang janin. Ya, plasenta adalah suatu organ di dalam kandungan yang berfungsi dalam pertukaran produk-produk metabolisme dan peredaran darah ibu dan janin.

Continue Reading

Trik Bebas Mual di Pagi Hari Bagi Ibu Hamil

Seringkali tanda kehamilan yang sangat mencolok pada ibu hamil pada usia kehamilan muda adalah ditandai dengan mual dan muntah. Pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah akan mengganggu kecukupun nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Pada penelitian yang dilakukan 8 dari 10 ibu hamil sering kali mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil dikarenakan kadar hormon estrogen yang meningkat. Adapula faktor yang seringkali menjadi penyebab terjadinya peningkatan hormon estrogen yaitu adalah perubahan secara metabolis, psikolog atau kehamilan kembar.

Continue Reading

Tips Mengatasi Heartburn Saat Hamil

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para ibu hamil adalah heartburn atau rasa panas pada bagian dada atau ulu hati. Kondisi ini akan lebih intens kemunculannya terutama saat memasuki trimester ketiga di usia kehamilan.Heratburn adalah kondisi dimana ibu hamil akan merasakan panas atau terbakar di daerah sekitaran dadanya. Selain rasa panas seperti terbakar, ibu hamil juga kerap merasakan rasa seperti ditusuk-tusuk benda tajam di daerah ulu hatinya. Jangan cemas, karena kondisi ini tidak ada sangkut pautnya dengan gangguan jantung.

Continue Reading

Tips Kurangi Sakit Maag Saat Sedang Hamil

Bagi anda yang sedang hamil muda, penurunan selera makan yang disertai dengan mual dan muntah dapat terjadi dikarenakan pengaruh hormon. Kondisi ini akan meningkatkan ibu hamil yang sebelumnya tidak memiliki riwayat maag bisa terkena saat hamil atau justru bagi memperburuk kondisi sakit maag anda sebelumnya. Pada ibu hamil sakit maag dapat dipengaruhi oleh hormon-hormon yang terjadi selama kehamilan, seperti adanya hormon esterogen yang dapat membangun lapisan dinding rahim  sehingga memberikan dampak mual pada ibu hamil. Sedangkan adanya pengaruh dari hormon pregesteron dapat mengakibatkan terjadinya relaksasi pencernaan sehingga melambatnya pengosongongan lambung dan kerja usus.

Continue Reading

Tips Menjalani Masa Kehamilan Dengan Bahagia

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah apalagi bila anda merupakan pasangan yang baru. Meskipun terkadang ibu yang sedang hamil muda mengeluhkan beberapa kondisi kesehatannya yang membuat ibu tidak nyaman beraktifitas. Keluhan-keluhan selama kehamilan membuat ibu merasa tidak menikmati masa kehamilannya padahal psikologi ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin dan juga persiapan menjelang persalinan. Oleh karena itu penting sekiranya untuk anda menjalani masa kehamilan dengan perasaan bahagia.

Continue Reading

Cara Menjaga Kondisi Agar Aman dan Nyaman Selama Kehamilan

Kenyamanan sangat diperlukan pada saat ibu hamil akan tetapi tidak boleh membahayakan kesehatan ibu dan juga janin. Sehingga sangat penting untuk anda dalam mencari cara yang nyaman dan aman selama kehamilan. Cara yang bisa dilakukan terdiri dari kesiapan secara kesehatan dalam persiapan kehamilan untuk menghindari kemungkinan gangguan kehamilan yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat sedangkan selanjutnya adalah dengan mendapatkan dukungan yang dapat membuat mental ibu hamil siap dari awal kehamilan hingga proses persalinan.

Continue Reading

Pelihara Kesehatan Gigi Sejak Dini Bisa Hindarkan Kelahiran Prematur

Memelihara kesehatan gigi tentunya hal yang penting untuk anda lakukan, disamping baik untuk kesehatan gigi, memelihara kesehatan gigi juga terbukti memunculkan kepercayaan diri yang lebih prima. Dan khususnya bagi anda para wanita, sebaiknya mulailah memelihara kesehatan gigi semenjak dini. Karena jika anda lalai, resikonya akan berpengaruh pada kelahiran bayi prematur dan berat badan yang rendah. Seorang ahli medis menyatakan bahwa sudah terbukti dengan banyaknya penelitian yang mengungkapkan bahwa kesehatan gusi berkaitan dengan kesehatan tubuh lainnya. Salah satunya adalah resiko kelahiran bayi prematur dengan bobot tubuh bayi yang rendah jika sejak dini sang ibu tidak pernah membiasakan menjaga kesehatan giginya dengan baik. “Bila seorag wanita sejak mudanya kurang peduli terhadap kesehatan giginya, hal tersebut akan berpengaruh terhadap bayinya kelak. Bayi bisa saja beresiko menghadapi kelahiran prematur, atau berat badannya kurang dari angka normal”. Jelas seorang ahli kesehatan gigi Dr. Hari.

Continue Reading

Kondisi Psikologis Saat Bed Rest

Wanita yang sedang hamil biasanya di biarkan untuk tetap beraktifitas seperti biasanya pada masa kehamilan. Namun beberapa wanita hamil juga ada yang disarankan, bahkan ada yang sampai diharuskan menjalani bed rest dalam masa kehamilan tertentu. Kegiatan bed rest yang dilakukan di rumah sakit maupun di rumah di haruskan memiliki pengawasan yang ketat dari petugas rumah sakit maupun orang-orang terdekat. Bed rest pada awal, akhir ataupun yang dilakukan selama kehamilan, memiliki tujuan sama ialah agar dapat membantu ada dalam menjaga kesehatan anda dan juga kesehatan kandungan anda. Umumnya kondisi kesehatan ini yang menjadikan alasan wanita hamil harus menjalankan bed rest ialah diabetes gestational, pre-eclampsia, masalah dalam rahim, rahim lemah, terjadi pendarahan vagina, dan pertumbuhan janin yang bermasalah. Bagi wanita hamil yang mempunyai pengalaman keguguran, serta kelahiran bayi prematur serta anda memiliki resiko terjangkit komplikasi terhadap kehamilan biasanya akan diminta oleh dokter untuk menjalani bed rest.

Continue Reading

Betulkah dapat Dilakukan Pencegahan untuk Posisi Bayi Sungsang?

Memasuki usia kehamilan trimester akhir kecemasan anda mempersiapkan persalinan sangat kian terasa. Beberapa persiapan telah anda lakukan termasuk dalam mempersiapkan tempat persalinan yang membantu anda untuk menyambut kehadiran bayi tercinta. Meskipun demikian diantara anda yang justru mengalami kekwatiran dengan kondisi kesehatan anda dan janin setelah ahli medis mengatakan bayi anda mengalami posisi sungsang. Hal tersebut dapat membebani emosional anda dalam mempersiapkan kehamilan. Posisi sungsangatau breech babies yaitu suatu kelainan pada letak bayi dimana posisi kepala masih berada di atas sedangkan posisi bokong berada di bawah. Meskipun demikian anda jangan terlalu cemas dikarenakan pada bayi yang masih berusia di bawah 34 minggu letak bayi masih berada di posisi bebas dengan kata lain posisi kepala kemungkinan masih berada di atas atau berada di bawah.

Continue Reading

Mencegah Janin Agar Tidak Meninggal di Dalam Kandungan

Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil memang sangat penting mengingat asupan nutrisi yang didapatkan oleh janin anda berhubungan dengan tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Bila kondisi kesehatan anda memburuk terhadap imunitas yang semakin melemah dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan pada pembentukan organ janin anda hingga mengalami janin meninggal di dalam kandungan. Janin meninggal di dalam kandungan atau dikenal dengan istilah kedokteran yaitu Intra Uterin Fetal Death (IUFD). Berbeda dengan keguguran yang terjadi pada trimester pertama sedangkan untuk Intra Uterin Fetal Death terjadi pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu atau pada trimester kedua. Pada umumnya terjadi pada saat usia kehamilan memasuki persalinan yaitu pada usia kehamilan 8 bulan. Meskipun demikian anda tidak usah cemas dengan kehamilan anda yang kini tengah memasuki trimester kedua.

Continue Reading

Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil

Enam dari sepuluh ibu hamil mengalami peregangan kulit atau lebih dikenal dengan sebutan stretch mark. Pada ibu hamil yang memasuki trimester ke tiga sering mangalami gatal bahkan kesemutan pada bagian perut, hingga anda melakukan gerakan tidak sadar yaitu menggaruk perut. Menggaruk bagian tubuh yang gatal ketika hamil terutama bagian perut dan payudara bukan merupakan solusi yang terbaik. Gatal pada bagian perut adalah gejala kehamilan umum dan menjengkelkan yang hampir tak terelakkan. Perkembangan janin anda menyebabkan perut membesar, kulit menjadi meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembaban dan membuat anda gatal dan juga tidak nyaman.

Continue Reading

Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Varises adalah terjadinya pembuluh darah bengkak dan membesar yang biasanya berwarna biru. Varises terjadi karena adanya pembuluh darah balik (vena) yang mengakibatkan penurunan pada dinding vena. Varises dapat terjadi di kaki (terutama di belakang lutut), pada keadaan wasir atau diarea kewanitaan anda. Varises yang terjadi pada kehamilan karena hormon progesteron kehamilan. Pertumbuhan bayi anda memberikan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan pada pembuluh darah besar. Vena memiliki katup yang menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambahan. Dinding pembuluh darah mulai meregang dan membengkak vena, membuatnya terlihat di bawah kulit Anda.

Continue Reading

Manfaat Aromaterapi Bagi Ibu Hamil

Pada umunya pengguanaan aromaterapi sangat lekat dengan beberapa terapi untuk menghasilkan rileksasi. Aromaterapi dihasilkan dari bahan yang mudah menguap atau lebih dikenal dengan minyak esensial yang diekstrak dari tanaman. Manfaat dari minyak esensial atau aromaterapi dapat membantu untuk bersantai, meredakan sakit dan nyeri yang muncul saat anda sedang hamil.

Continue Reading

Tips Merawat Kehamilan pada Trimester Pertama

Kehamilan merupakan masa yang sangat menarik untuk anda mengetahui perkembangan janin dari minggu pertama hingga minggu terakhir dia terlahir ke dunia. Meskipun perkembangan pada minggu pertama masih belum terdeketeksi oleh sebagian dari anda karena di rasa tidak memiliki tanda-tanda kehamilan. Kehamilan ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi sementara sehingga untuk anda yang memiliki siklus panjang atau pendek sulit untuk menentukannya. Alat bantuan medis bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda sudah memasuki masa kehamilan. Bila anda sedang berada di masa kehamilan pertama sebaiknya anda banyak mendapatkan informasi tentang kehamilan dikarenakan awal kehamilan di trimester pertama masih rentan terhadap perkembangan janin.

Continue Reading

Ibu Hamil, Polusi Menyebabkan Gangguan Kecerdasan Mental ?

Jika anda tinggal di perkotaan, anda mungkin menyadari betapa banyak udara yang anda hirup telah bercampur dengan polusi mobil, truk dan mesin industri, kemungkinan besar udara tersebut bercampur dengan karbon monoksida yang beracun untuk tubuh anda. Karbon monoksida adalah gas yang mematikan dan gas berbau yang menyebabkan kematian mendadak pada tingkat konsentrasi yang tinggi.

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us