data-ad-format="auto"

Tips - Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Kondisi tubuh ibu hamil pada trimester ketiga. Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, sang calon ibu mulai dipicu rasa gelisah sekaligus bahagia, karena akan segera menyambut lahirnya si buah hati yang sudah di kandungnya selama kehamilan.

Pada trimester ketiga, ibu hamil akan mengalami perubahan fisik dan psikis. Secara fisik, perut akan semakin membesar sedangkan secara psikis ibu hamil akan mengalami kekhawatiran saat menjelang persalinan, suami atau keluarga harus berperan aktif karena mampu menenangkan psikis ibu hamil. Ibu hamil juga harus diperiksa kesehatan lebih rutin untuk mempersiapkan fisik menjelang hari persalinan,

Keluhan ibu hamil pada trimester ketiga

Kehamilan adalah sebuah keinginan yang telah anda idam-idamkan selama ini. Namun bagi ibu hamil, menjalani kehamilan terutama di trimester ketiga bisa menjadi pengalaman yang kurang membuat ibu nyaman.

Berikut ini adalah beberapa hal membuat ibu tidak nyaman yang biasa ditemui pada trimester ketiga. Keluhan ibu hamil di trimester ketiga, yaitu:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

1. Sering buang air kecil

Ibu hamil di trimester ketiga menjadi kerap buang air kecil, dikarenakan berkebangnya rahim dan terjadi peningkatan tekanan pada kantung kemih. Jangan coba-coba untuk menahan kencing karena hanya akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih dan bahkan memicu kontraksi dini.

2. Perubahan buah dada

Terjadinya perubaan pada buah dada yang terus membesar, terjadi pada trimerter ketiga. Adapula beberapa ibu haml mengalami produksi ASI dini atau ASI bocor. Hal ini biasanya berkosistensi kental.

3. Nyeri pada organ genital

Kondisi di trimester ketiga juga dapat menyebabkan Ibu hamil mengalami nyeri di daerah organ genital. Hal ini merupakan sebuah kondisi akibat terjadinya tekanan pada serviks atau leher rahim.

4. Nyeri Punggung

Ibu hamil akan mengalami rasa sakit dan tekanan di daerah punggung. Kemungkinan besar hal ini disebabkan adanya pergeseran tulang punggung dan mengendurnya ligamen yang melekat pada tulang-tulang ibu hamil. Semakin tua usia kehamilan anda, semakin sering ibu hamil mengalami sensasi-sensasi pinggul ini.

5. Nyeri pada selangkangan

Saat ibu hamil batuk, bersin, tertawa atau berbalik, mengubah posisi, ibu hamil akan tiba-tiba merasakan sakit yang tajam . Hal ini disebabkan adanya suatu peregangan ligamen yang menempel antara rahim dan panggul. Cobalah untuk mengatur dan merubah posisi tubuh agar dapat meringankan rasa sakit ini.

6. Dehidrasi

Hal ini merupakan sinyal tubuh yang menandakan anda perlu minum banyak air untuk menjaga cairan tubuh. Kerap haus umum terjadi di trimester ketiga karena memang tubuh sangat membutuhkannya dalam kondisi kehamilan jelang kelahiran.

7. Sering mengalami pusing

Saat ibu hamil sudah beraktivitas cukup menyita waktu kemudian berdiri mendadak, dia mungkin akan mengalami perasaan akan pingsan atau pusing. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk beristirahat duduk atau berbaring segera. Hal ini bisa saja disebabkan kadar gula darah yang rendah, konsumsi makanan-makanan yang bergizi dan hindari gerakan tiba-tiba ke posisi tegak untuk mengurangi risiko ini.

8. Lambung terasa nyeri dan panas

Pada trimester ketiga, ibu hamil akan mengalami nyeri lambung atau lambung panas yang lebih kerap terasa karena adanya tekanan ke atas dari perut dan rahim. Cobalah untuk menghindari posisi tidur yang salah, lakukan posisi tidur tegak lurus.

9. Konstipasi

Faktor ini disebabkan adanya pembesaran rahim dan janin, yang akan terus mendorong usus kearah samping. Salah satu yang dapat dilakukan ibu hamil adalah dengan banyak minum setidaknya delapan (250 ml) pergelas, 8 kali dalam sehari.

10. Merasa kesal, atau sedih tiba-tiba

Perubahan mood ini sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini menimbulkan perasan campur aduk dari seorang ibu hamil terhadap kehamilannya. Mulai dari perasaan senang, bahagia, sampai depresi ataupun marah.

Perubahan ini terjadi akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi selama hamil. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan penenang atau antidepresi pada saat hamil.

Tips yang harus dilakukan saat trimester ketiga

Pada trimester ini ibu hamil harus mengetahui apa saja yang perlu kita lakukan untuk persiapan kelahiran bayi anda. Ada beberapa saran yang mungkin dapat membantu anda untuk menikmati hitungan mundur kelahiran bayi anda.

Lakukan apa yang terasa tepat dan nyaman untuk anda.

1. Sadari gerakan bayi anda

Selama anda mengandung, bayi yang ada dalam perut anda akan terus tumbuh sepanjang waktu sehingga gerakannya akan berubah sesuai dengan ukuran tubuhnya.

2. Pelajari tentang janji antenatal pada trimester ketiga

Seringlah konsul pada bidan anda, agar anda tau informasi tentang persiapan persalinan dan kelahiran, termasuk cara mengatasi nyeri selama persalinan.

3. Lakukanlah beberapa peregangan

Trimester ketiga adalah saat yang paling tepat untuk belajar peregangan yang akan meregangkan tubuh anda untuk persiapan kelahiran bayi anda.

4. Ajak bicara dan pijat dengan lembut pada daerah kandungan anda

Ini adalah cara komunikasi yang baik bagi anda untuk dapat merasa dekat dengan bayi anda, bahkan anda akan merasakan sedikit tendangan untuk menanggapi sentuhan pijatan.

5. Pelajari tentang tahapan menjelang persalinan

Tidak akan ada yang dapat member tahu seperti apa pengalaman persalinan anda nanti atau seberapa lamanya persalinan anda berlangsung. Tapi belajar tentang hal ini mungkin dapat membantu anda merasa lebih memegang kendali ketika persalinan tiba.

6. Kenali tentang kontraksi

Kenalilah kontraksi Braxton Hicks anda. Perhatikan apa saja yang mereka rasakan dan seberapa sering hal ini terjadi. Hal ini dapat membantu ibu hamil untuk membedakan mereka dari tanda-tanda riil persalinan.

7. Hindari olahraga dan aktivitas berat

Ibu hamil disarankan olahraga yang teratur semasa kehamilannya. Akan tetapi, ada banyak jenis olahraga yang beresiko buruk pada kehamilan anda. Cobalah untuk konsul pada doctor kandungan dan pelatih olahraga agar anda tidak salah dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

8. Jangan berkendara atau naik pesawat

Hal ini cukup beresiko untuk kehamilan anda. Menaiki pesawat akan membawa anda di ketinggian, dan tidak boleh dilakukan pada saat trimesterketiga. Karena dapat menyebabkan sulitnya bernafas dan dapat menyebabkan bayi yang ada dalam kandungan jadi sesak napas.

Pada trimester ketiga, posisi dan ukuran bayi akan membuat ada semakin tidak nyaman, atau bahkan mungkin merasa sangat lelah dan ingin segera melahirkan agar segera keluar dari penderitaan yang selama ini ibu hamil rasakan.

Keluhan-keluhan yang dialami selama ini kebanyakan diakibatkan oleh perubahan normal dari tubuh selama hamil. Seringlah konsultasi pada dokter kehamilan anda agar terhindar dari resiko-resiko yang tidak anda harapkan. Pahami mengenai perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil dan persiapan untuk menghadapi proses persalinan. Namun bila keluhan yang anda rasakan cukup mengkhawatirkan, segeralah komunikasikan dengan dokter kehamilan anda.

Loading...

Follow us