data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Perminggu

Memiliki buah hati tentu menjadi dambaan untuk setiap orangtua. Untuk itu, yuk kenali dan ketahui perkembangan janin ibu dalam rahim dari minggu ke minggu disini. 

Perkembangan Janin Usia 40 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah masuk pada usia pekan ke 40.

Atau mungkin gelar janin sudah tidak lagi pas diberikan pada si buah hati. Karena pada faktanya si buah hati sudah siap untuk dilahrikan. Dengan demikianlah ia kini mungkin sudah bergelar menjadi seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Pada usia pekan ini perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan mungkin sudah masuk dalam masa penyelesaian atau masa penyempurnaan. Sebab semua organ tubuh pada si bayi baik organ dalam maupun organ luarnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna. Dengan demikianlah beberapa perkembangan yang terjadi mungkin hanyalah bagian dari perkembangan guna menyempurnakan tubuh si bayi sebelum ia siap untuk dilahirkan ke dunia.

Pada sebagian besar ibu hamil usia kehamilan periode terakhir ini seringkali membuat mereka nervous atau gugup terutama mereka para calon ibu yang baru saja mendapatkan pengalaman pertamanya hamil. Momen ini mungkin akan membuat mereka dibuat panik dan dibayangi ketakutan yang cukup besar menghadapi poroses persalinan nanti. Hal ini tentu wajar apalagi bila mengingat minimnya pengalaman dan rasa ingin tahu yang begitu besar akan mungkin membuat si calon ibu dibuat deg-degan dan tak karuan.

Untuk itulah dalam hal ini support dan dukungan dari orang-orang terdekat yang ada disekitar ibu hamil akan sangat diperlukan supaya si bu tidak panik dan takut menghadapi proses persalinan yang tak lama lagi akan dijalaninya.

Bukan saja itu, penting sekali untuk berkonsultasi ke dokter kandungan guna mengetahui perkembangan janin dalam rahim anda dengan baik. Agar demikian anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Bukan hanya tentang materi dalam hal ini persiapan mental menjadi hal utama yang menjadi kunci kesuksesan mendapatkan persalinan yang lancar. Saat detik-detik menjelang proses persalinan tiba inilah menjadi waktu yang tepat untuk menjalin kedekatan dan berdiskusi bersama dengan pasangan tentang kesiapan anda menyambut si buah hati. Dengan begini diharapkan komunikasi yang terjalin akan membuat ibu hamil dengan perlahan mengurangi ketakutan dan kegugupannya menjelang persalinan tiba.

Dalam kenyataanya usia kehamilan pekan ini adalah waktu yang matang bagi si buah hati dalam perut anda  lahir ke dunia. Masa ini adalah masa-masa yang siap si buah hati menyapa dunia dan menyambut kehidupannya yang baru.

perkembangan janin minggu 40

Usia kehamilan trimester akhr ini bayi anda sudah seharusnya berada pada posisi siap lahir, yakni dengan posisi kepala berada dibawah. Akan tetapi demikian, hanya sekian persen bayi yang lahir tepat pada tanggal yang doperkirakan. Maka demikian anda sebaiknya tetap tenang bila bayi anda tak kunjung lahir atau rupanya masa kelahirannya lebih cepat dari tanggal yang telah diperkirakan.

Usia kehamilan ini membuat perkembangan pada si bayi sudah sempurna dan akan siap lahir ke dunia. Dengan demikianlan sejak usia kehamilan 8 bulan atau pada pekan-pekan sebelumnya anda perlu mempersiapkan diri dan bersiaga untuk segera berkonsultasi bila kontraksi terasa semakin teratur dan intens.

Hanya saja tak bisa dipungkiri. Setelah berkonsultasi dengan dokter dan ditarik tanggal perkiraan kelahiran si buah hati. Namun pada tanggal yang bersangkutan ia tak kunjung lahir ke dunia atau bahkan tanda-tanda kelahiran belum juga nampak. Hal ini akan membuat anda cemas atau bahkan sebagian wanita merasa frustasi dengan hal ini. Ketakutan akan kehamilan yang tidak normal dan lain sebagainya seolah memperburuk kondisi ini. Namun tak perlu khawatir, sebab sebagian besar wanita hamil mungkin merasakan kondisi yang serupa.

Bayi anda mungkin masih merasa nyaman berada dalam perut anda. Pada usia kehamilan ini perkembangan pada berat dan panjang tubuhnya semakin sedikit untuk dikembangkan mengingat hari kelahirannya sudah semakin dekat. Tak heran bila sebagian besar bayi akan mengembangkan berat dan panjang tubuhnya yang melambat pada masa ini.

Rata-rata bayi pada usia kehamilan ini panjang tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki kini ukurannya sudah mencapai 51 cm dan berat tubuhnya mencapai 3.4 kg. Ukuran ini adalah ukuran secara umum dan rata-rata sebagian bayi mungkin mengalami ukuran berat tubuh dan panjang yang lebih besar atau bahkan lebih sedikit. Selama ukuran berat tubuhnya 2,5-3,8 kg ukuran ini adalah ukuran yang normal.

Pada usia kehamilan ini cairan ketuban dalam rahim anda semakin sedikit jumlahnya dan ukuran tubuh si bayi semakin membesar. Cairan ketuban yang dulunya jernih kini berubah menjadi lebih keruh. Hal ini dikarnakan si bayi yang mulai menumpahkan zat cairan putih yang disebut dengan vernix caseosa yang mana cairan ini telah melindungi kulitnya selama bulan-bulan sebelumnya. Bila si bayi tidak menunjukan tanda-tanda akan kelahirannya beberapa minggu kedepan maka kemungkinan kulitnya akan mengering pada saat ia dilahirkan nantinya.

Bayi dalam kandungan anda sudah menguasai hampir semua keterampilan yang dia perlukan saat ia lahir. Secara naluriah si bayi sudah mulai dapat mengenali ibu jarinya sendiri dan memasukannya kedalam mulut sebelum ia menghisap payudara ibunya saat ia dilahirkan nanti.

Meskipun posisinya kini sudah semakin kebawah dibagian perut ibunya dan terjepit diantara bagian panggul dan rahim si ibu. Namun didalam perut ibu si bayi masih terus berkembang dan ia masih sibuk dengan pertumbuhan rambut dan kukunya yang akan semakin panjang.

Perkembangan kuku-kuku pada jari mungil inilah yang akan mungkin membuat ibu membutuhkan sarung tangan mungil untuk melapisi tangan-tangan mungilnya agar nantinya kulitnya yang halus tidak tergores dengan kuku-kukunya. Hal ini dikarenakan pemotongan kuku pada si bayi tidak boleh dilakukan terlalu dini apalagi pada saat ia baru saja dilahirkan ke dunia.

Mungkin akan sulit untuk kita bisa memprediksi seberapa besar berat tubuh si bayi pada saat ia akan dilahirkan ke dunia. Akan tetapi, kita tentu tahu bahwa ukuran normal bayi baru lahir adalah dikisaran 3.3 kg.

Meskipun hari kelahirannya sudah hampir tiba akan tetapi tulang tengkorak pada bayi anda belum menyatu dengan sempurna. Hal inilah yang memungkinkan tulang-tulang pada tubuh mereka menjadi sedikit tumpang tindih pada saat si bayi bergerak melalui jalan lahir selama proses persalinan.

Kondisi ini biasa disebut dengan molding dan merupakan alasan kepala bayi anda terlihat mengkerut atau mengerucut pada saat ia baru saja dilahirkan. Akan tetapi tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang bersifat temporary atau sementara. Dengan berjalannya waktu tulang-tulangnya akan mengeras dan terbentuk dengan baik.

Pada saat ini anda mungkin akan mulai mengalami kontraksi dan seolah bayi anda akan keluar beberapa saat lagi. Nah, ketika anda merasakan kondisi ini sebaiknya janganlah panik dan cobalah untuk tetap tenang dengan beristirahat. Jangan dulu menghubungi dokter atau bidan seketika anda merasakan kondisi ini. Anda mungkin akan disarankan untuk menunggu sampai kontraksi benar-benar terjadi. Sebab biasanya seringkali dijumpai kontraksi palsu. 

Demikianlah gambaran perkembangan bayi pada usia pekan ke 40. Semoga bermanfaat!

Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 39.

Atau yang dalam hitungan bulan kini anda sudah berada diakhir bulan ke 9 atau periode terakhir dari masa trimester kehamilan. Untuk itu, kami ucapkan selamat yang sebasar-besarya ya bunda. Kami memahami bahwa perjalanan panjang yang bunda lewati hingga sampai pekan ini tidaklah dijalani dengan mudah seperti membalikan telapak tangan. Untuk itulah besar apresiasi dan penghargaan kami dari setiap perjuangan dan ketidak putus asaan bunda untuk menyerah dengan semua "tantangan" yang diberikan pada usia kehamilan minggu dan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk itu, tetaplah jaga asupan nutrisi dan gizi yang bunda konsumsi agar senantiasa mendukung dan membantu tumbuh kembang si buah hati yang tak lama lagi akan hadir ke dunia agar tetap terjaga dan berlangsung dengan baik. Selain itu, tetap terapkan pola hidup yang baik dan sehat. Karena dukungan dan kasih sayang bunda yang besar inilah yang membuat si kecil dalam kandungan mengalami perkembangan yang pesat dan tanpa kendala.

Tak terasa ya bunda, rasanya seperti baru kemarin sore bunda dan pasangan mengetahui kehamilan bunda dan dibuat gembira serta haru dengan kabar kehamilan ini. Tantangan demi tantangan sudah bisa bunda taklukan karena besarnya cinta bunda untuk si calon buah hati yang bahkan belum bunda kenali seperti apa rupanya. Akhirnya usia pekan 39 atau 9 bulan ini sudah bunda jalani. Dengan demikian momen kelahiran tinggalah menunggu waktu yang tepat dan impian menimang si buah hati dalam genggaman bunda bersama dengan pasangan akan segera terwujud dalam waktu dekat.

Lantas bagaimana, sudahkah bunda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik? Jika belum, nampaknya saat ini menjadi saat yang mendesak untuk bunda harus segera mempersiapkan semua perlengkapan si calon buah hati dan perlengkapan yang akan bunda sendiri butuhkan.

Selain itu, pada masa ini ibu hamil akan cenderung mulai merasakan kontraksi yang cukup instens baik kontraksi yang palsu maupun kontraksi yang asli. Untuk itulah sebaiknya mulai rajinlah berkonsultasi dengan bidan atau dokter di rumah sakit. Agar demikian segala hal mengenai fisik dan mental bunda bisa dipersiapkan dengan baik menjelang hari kelahiran tiba.

Nah, pada usia kehamilan bulan ke 9 atau pada pekan ini banyak ibu hamil yang merasa gugup sekaligus dihinggapi perasaan takut dan panik menghadapi hari kelahiran yang tinggal menunggu waktu. Untuk itulah pada masa ini dukungan dan support dari keluarga terdekat dan orang-orang yang ada disekitar ibu hamil adalah hal yang akan sangat dibutuhkan guna meringankan beban pikiran dan ketakutan si ibu hamil agar kelahiran yang dijalaninya menjadi lebih ringan dan diharapkan bisa lebih lancar.

perkembangan janin minggu 39

Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

Meski hari kelahiran sudah hampir tiba pada masa-masa kehamilan ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak calon ibu yang penasaran dan dibuat ingin tahu sudah sejauh mana perkembangan bayi dalam kandungan mereka saat ini.

Pada usia 9 bulan adalah masa dimana si bayi yang dikandung oleh ibu hamil sudah masuk dalam tahapan yang matang dan akan siap dilahirkan ke dunia. Dengan kata lain, pada saat ibu hamil menginjak usia kehamilan 9 bulan ini artinya si bayi akan dapat lahir kapan saja.

Hanya 5% bayi yang lahir tepat pada masa perkiraanya. Dengan demikian, jangan merasa khawatir atau was-was pada saat bayi anda lahir lebih lama atau lebih cepat dari masa perkiraan lahirnya.

Di usia kehamilan pekan ini bayi anda sudah siap menyapa dunia. Dan dalam rahim ia masih terus membangun lapisan lemak dalam tubuhnya guna mengontrol suhu tubuhnya pada saat ia lahir nanti agar tubuhnya bisa tetap hangat meski berada diluar rahim.

Kini semua organ dalam tubuh si bayi sudah berkembang dan bekerja dengan baik. Meski demikian umumnya paru-paru menjadi satu-satunya organ yang mencapai puncak kematangan paling akhir. Bahkan pada saat si bayi sudah dilahirkan butuh sekitar 6 jam untuk paru-paru bisa memompa napas dan membuat si bayi bernapas dengan normal. Akan tetapi tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh sebagian besar bayi yang baru lahir.

Pada usia kehamilan pekan ini panjang bayi anda bila diukur dari bagian kepala sampai ke bagian kaki kini ukurannya sudah mencapai kira-kira 51 cm dan berat tubuhnya udah lebih dari 3.4 kg. Akan tetapi sebagian bayi yang laihir dengan bobot tubuh kurang dari ukuran tersebut antara 2.5-3.8 kg dianggap sebagai ukuran standar yang menjadikan berat tubuhnya dikategorikan normal.

Dalam rahim anda cairan amniom atau air ketuban yang sebelumnya jernih, kini warnanya berubah menjadi lebih pucat bak air susu. Hal ini dikarenakan bayi anda menghasilkan zat putih yang disebut dengan vernix caseosa yang selama ini telah melindungi kulitnya yang halus. Dengan terbukanya cairan vernix caseosa yang dulu melindungi kulitnya kini sudah tumbuh lapisan kulit luar pada bayi anda dengan keseluruhan dan terbentuk kulit-kulit baru dibawahnya.

Bukan saja itu rambut pada kepala  si bayi pada saat ini mungkin sudah tumbuh lebih banyak dan lebih tebal. Perkembangan bulu dan rambut ini pun diikuti dengan perkembangan kuku pada jari-jarinya yang kecil.

Hanya saja pada usia ini tulang tengkorak pada si bayi belum benar-benar mengeras. Hal inilah yang akan memudahkan si bayi keluar menuju jalan persalinan. Hal ini pulalah yang membuat kepala si bayi seolah terlihat berbentuk lonjong pada saat dilahirkan. Namun seiring berjalannya waktu tulang-tulang dan tengkoraknya akan mulai mengeras bilamana didukung dengan asupan gizi dan kalsium dari air susu ibunya.

Nah bagi sebagian ibu hamil yang merasa was-was menanti kelahiran sang buah hati yang tak kunjung tiba ke dunia dan lebih lama dari tanggal perkiraan kelahirannya. Maka biasanya dokter akan memberi opsi menunggu sekitar dua minggu lagi.

Pada pekan ini umumnya pada posisi normal badan si bayi akan terlihat miring kebawah dengan kepala menghadap ke panggul (anterior presentation), dan begitulah nantinya posisi bayi akan lahir meskipun terkadang ada pula posisi bayi yang menghadap kebagaian perut (cephalic posterior). Apabila posisi bayi anda sungsang maka biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan operasi caesar karena pada kondisi ini kelahiran si bayi akan lebih sulit dan resiko yang dihadapi cukup besar.

Wajar untuk wanita hamil merasakan gugup, panic dan dibayangi dengan ketakutan akan menghadapi momen kelahiran. Akan tetapi momen ini pun sekaligus menjadi momen besar yang sudah anda nanti-nanti selama ini. Dimana impian menimang buah hati tak lama lagi akan segera terwujud dan terlaksana. Dengan mempersiapkan segala halnya dengan matang dan sempurna, maka proses persalinan akan bisa ibu lalui dengan lancar. 

Perkembangan Janin Usia 38 Minggu

Usia perkembangan janin anda kini sudah memasuki usia ke 38 pekan dihitung dari perkiraan hari pertama haid terakhir anda pada waktu yang lalu.

Seiring dengan perkembangan usia kehamilan ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan bayi dan juga diri anda sendiri. Usia kehamilan pekan ke 38 atau yang bila dihitung berdasarkan hitungan bulan kini usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 9 atau trimester akhir dari periode kehamilan.

Usia kehamilan ini tentu menjadi masa yang mendebarkan untuk sebagian besar wanita. Betapa tidak tak selang beberapa saat lagi mereka akan dihadapkan dengan momen besar yakni melahirkan. Untuk wanita yang mendapatkan kehamilan pertama hal ini tentu akan menjadi momen yang membuat mereka panik dan bahkan dicampuri dengan perasaan takut akan masa kelahiran yang sebentar lagi. Minimnya pengalaman dan perasaan ingin tahu yang besar mungkin membuat banyak perasaan berkecamuk dalam benak mereka.

Untuk itulah dalam hal ini dukungan dan perhatian dari orang-orang terdekat si ibu hamil amatlah diperlukan guna meringankan beban ketakutan dan kepanikan yang dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi pada kenyataannya usia kehamilan bulan ini seharusnya menjadi hal yang menyenangkan untuk anda para ibu hamil. Pasalnya beberapa saat lagi momen penting yang sudah anda nanti-nanti selama ini tak lama lagi akan segera terwujud.

Impian dan angan memeluk dan menggenggam si buah hati dalam tangan anda akan segera terwujud sebentar lagi. Untuk itulah persiapkan segala halnya dengan matang dan baik. Agar nantinya momen menyambut si buah hati ke dunia akan menjadi hal yang mengesankan dan membuat momen tersebut dapat terkenang selamanya dalam hidup anda.

Pada usia kehamilan ini bayi anda akan siap dan matang dilahirkan ke dunia. Sebenarnya pada pekan dan bulan-bulan sebelumnya anda sudah harus mempersiapkan diri dan bersiaga agar dapat segera mengunjungi rumah sakit bilamana anda mengalami kontraksi yang semakin terasa intens dan teratur.

Hanya sekitar 5% bayi yag lahir tepat pada tanggal perkiraan kelahirannya. Maka anda sebaiknya tetap tenang bila bayi anda tak kunjung lahir ke dunia atau mungkin lahir dengan waktu lebih cepat dari tanggal perkiraannya. Sebab pada masa ini si bayi sudah terhitung matang dan siap untuk dilahirkan kapan saja.

Pada usia kehamilan pekan ini atau pada masa akhir trimester kehamilan bayi anda usudah seharusnya berada pada posisi siap lahir, yakni dengan posisi kepala berada dibawah. Bukan hanya itu perkembangan pada organ tubuh dan organ dalam pada si bayi sebenarnya sudah mulai terbentuk dengan keseluruhan.

perkembangan janin minggu 38

Pada masa ini perkembangan yang banyak terjadi dengan tubuhnya hanyalah berupa perkembangan tahap penyelesaian sebelum akhirnya nanti si bayi akan siap lahir ke dunia. Organ dalam seperti otak dan paru-paru pada si bayi sudah hampir berkembang dengan sepenuhnya dan kini paru-parunya sudah siap untuk bekerja dengan bernapas dan merasakan momen-momen yang terjadi di dunia nanti.

Pada usia kehamilan ini kemampuan besar yang dimiliki oleh si buah hati adalah ia akan dapat merespon cahaya dan sentuhan. Bahkan kemampuan inilah yang akan menjadi kemampuan pertamanya pada saat ia dilahirkan.

Pada masa ini bayi anda sudah merasa nyaman dengan posisinya sendiri, ia kini menggantung pada bawah rahim dan akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Kabar baiknya pada usia kehamilan ini anda dapat mengetahui jenis kelamin bayi yang anda kandung dengan melakukan analisis yang unik. Salah satu petunjuk yang bisa dijadikan alat pendukung analisis tersebut yakni dilihat dari ukuran berat tubuh bayi anda.

Bayi laki-laki umumnya akan lebih berat ukurannya dibandingkan dengan bayi perempuan. Pada usia kehamilan 39 minggu berat tubuh bati anda akan berkisar antara 3-3,2 kg dan ia akan terus mengalami peningkatan berat tubuh karena simpanan lemaknya yang akan membantunya untuk mengatur suhu badannya selepas ia dilahirkan ke dunia.

Selain itu, sistem-sitem organ pada si buah hati kini sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan keseluruhan. Akan tetapi nantinya paru-paru akan menjadi organ yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk mencapai tingkat perkembangan yang matang. Biasanya pada saat bayi dilahirkan masih dibutuhkan beberapa jam sebelum pernapasanya matang dan dapat bekerja dengan baik dan normal.

Pernahkan anda bertanya-tanya apakah warna mata bayi anda? Kebanyakan bayi Asia dan Afrika memiliki warna mata hitam atau coklat pada saat mereka dilahirkan. Akan tetapi warna mata tersebut akan menjadi lebih jelas dan benar-benar hitam atau coklat setelah si bayi berusia 6 bula atau satu tahun.

Bukan hanya perkembangan mata saja, pada pekan ini perkembangan otak bayi anda sudah semakin bayi setiap harinya sehigga mampu melakukan pekerjaan kompleks untuk memfungsikan organ-organ dalam tubuhnya dna memberikan respon, jika si bayi dilahirkan pada minggu ini maka ia akan dapat dikategorikan lahir dengan normal dan siap untuk dilahirkan kapan saja pada masa ini.

Perkembangan dan Gejala yang Dirasakan Ibu Hamil Usia 38 Minggu

Perjalanan kehamilan anda kini berada pada tahapan akhir sebelum nantinya anda akan dihadapkan pada momen kelahiran sang bayi. Gejala-gejala hamil tua pada saat ini sudah mulai anda rasakan. Selain itu gejala-gejala kehamilan pada bulan-bulan sebelumnya pun akan mungkin kembali anda rasakan. Dengan seiring membesarnya ukuran si bayi dalam rahim anda mungkin anda akan merasakan mudah lelah, kaki bengkak dan perasaan ingin buah air kecil lebih sering daripada waktu biasanya.

Menjelang momen kelahiran tiba mungkin ini adalah masa-masa anda dibuat panik menghadapi momen besar dalam kehidupan anda. Bukan hanya itu orangtua anda pun mungkin sudah tak lagi sabar menunggu kehadiran sang cucu tercinta yang telah mereka nantinya. Untuk itu selain mempersiapkan keperluan dan kebutuhan bayi anda, persiapan mental akan menjadi bekal yang penting yang harus anda miliki.

Selain perubahan diatas ada pula perubahan yang terjadi dengan tubuh anda. Pada trimester terakhir ini berat badan anda mungkin hanya mengalami kenaikan yang sedikit. Cairan ketuban dalam rahim anda pun mungkin akan semakin berkurang menginjak pekan ini. (Baca juga: Keputihan Pada Wanita)

Selain itu anda mungkin akan mulai merasakan kontraksi palsu yang akan sering terasa. Tubuh anda akan mempersiapkan persalinan dengan timbulnya tanda peregangan pada bagian leher rahim dan bagian ini yang mulai melepaskan lendir.

Selama masa kehamilan, lendir ini menghalangi jalan lahir guna menghindari bakteri masuk kedalam tubuh terutama kebagian rahim. Dengan demikianlan keluarnya lenidr dari bagian rahim seringkali menjadi tanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Demikianlah beberapa penjelasan terperinci mengenai perkembangan janin pada usia kehamilan pekan ke 38. Sebenarnya perkembangan janin yang ada dalam rahim tidaklah sama. Nah, perkembangan jani diatas hanya menggambarkan perkembangan bayi secara umum yang terjadi dalam rahim ibunya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. 

Perkembangan Janin Usia 37 Minggu

Usia perkembangan janin dalam perut anda kini sudah memasuki pekan ke 37.

Atau yang dalam hitungan bulan usianya kini sudah mulai menginjak bulan ke 9 yang mana ini sama dengan anda sudah memasuki trimester akhir masa kehamilan anda. Untuk itu kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bunda. Tak terasa seperti baru saja kemarin bunda mengetahui kehamilan yang tengah begitu dinanti-nanti selama ini. Perjuangan dan tantangan demi tantangan telah bunda lewati dengan penuh perjuangan.

Meski beberapa kali bunda merasakan jenuh, kesal dan merasa jengkel dengan beberapa tantangan kehamilan seperti tanda kehamilan pada awal-awal masa kehamilan yang cukup menyiksa. Namun rupanya hal tersebut bisa bunda lewati dengan baik meski dengan penuh perjuangan.

Berkat dukungan bunda dan asupan makanan, serta gizi yang baik yang bunda berikan untuk si buah hati sehingga saat ini tumbuh kembangnya dalam rahim bunda tidak mengalami kendala atau gangguan yang serius yang membuat kondisi si buah hati dan bunda harus mendapatkan penanganan medis yang berarti.

Untuk itulah tetap jaga asupan makanan dan minuman yang bunda konsumsi saat ini ya bun. Serta teruslah terapkan pola hidup sehat dengan menghindari segala sesuatu dapat membuat kondisi ibu dan si buah hati dalam rahim terancam.

Pada usia perkembangan janin dipekan 37 ini ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si buah hati. Bisa dikatakan perkembangan yang terjadi pada tahapan ini adalah perkembangan pada masa penyelesaian. Sebab pada dasarnya organ-organ tubuh pada si bayi berserta dengan organ internalnya sudah terlebih dahulu terbentuk pada usia kehamilan minggu-minggu yang lalu.

Sementara pada tahapan minggu ini perkembangan yang terjadi hanya seputar pada tahapan penyempurnaan sehingga nantinya si bayi akan siap untuk dilahirkan ke dunia dalam keadaan matang dan siap hidup diluar rahim ibunya sendiri.

Kehamilan pekan ini pun akan mungkin membuat ibu hamil merasa nervous atau gugup pada sebagian orang hamil yang baru pertama kali mengalami kehamilan sebab pikiran mereka mungkin sudah dihinggapi dengan gambaran melahirkan yang tinggal menghitung waktu atau mungkin menghitung pekan.

Pada masa kehamilan inilah support atau dukungan penuh dari orang-orang terdekat ibu hamil akan sangat diperlukan guna meringankan dan mengurangi perasaan panik pada ibu hamil serta ketakutannya menghadapi persalinan. Selain itu ibu hamil juga perlu memeriksakan atau mengkonsultasikan segala kondisi kesehatannnya dan kandungannya pada dokter guna mengetahui dengan baik perkembangan janinnya dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Dalam kenyataannya anda ibu hamil seharusnya merasa bahagia menginjak usia kehamilan ini karena tak selang beberapa saat lagi momen-momen besar yang telah anda nantikan selama ini untuk menimang buah cinta anda akan segera terwujud. Perasaan haru, senang, bahagia, antusias mungkin akan mulai menghinggapi perasaan anda pada waktu kehamilan pekan ini. Jadi demikian bersiaplah dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Pada usia kehamilan 9 bulan ini perkembangan bayi anda telah begitu sempurna dan akan siap dilahirkan ke dunia. Sebenarnya sejak usia kehamilan 8 bulan atau pekan sebelumya adalah masa yang tepat untuk anda bisa bersiaga dan mempersiapkan segala sesuatunya yang akan anda dan si buah hati butuhkan nantinya.

Nah berbicara mengenai perkembangan janin pada usia pekan ini kita akan simak lebih dalam bagaimana perkembangan bayi pada usia kehamilan pekan ke 37.

perkembangan janin minggu 37

Perkembangan Janin 37 Minggu

Pada usia kehamilan pekan ini bayi anda masih terus mengembangkan berat tubuhnya hingga sebanyak 28 gram per harinya. Kini berat tubuh totalnya pada minggu ini sudah mencapai 2.8 kg dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki sudah mencapai 49 cm.

Bila ini adalah kehamilan pertama anda maka mungkin anda akan mulai merasakan tekanan yang meningkat dibagian perut bawah anda dan merasakan bahwa kini posisi bayi anda sudah mulai bergerak menurun kebagian bawah dari perut anda. Posisi bayi yang semakin ke bagian bawah akan mulai berada di lubang panggul dan disangga denga tulang panggul. Akan tetapi, bila ini adalah kehamilan kedua atau seterusnya, maka kemungkinan kepala bayi anda posisinya belum turun kebagian ini.

Kebanyakan perkembangan bayi pada usia pekan ini sudah penuh dan terlihat ditumbuhi dengan rambut sepanjang lebih dari 3,5 cm. Akan tetapi ada pula beberapa bayi yang tidak sedikitpun memiliki rambut atau masih botak. Kondisi ini biasanya tergantung atau dipengaruhi oleh hormon ibu hamil.

Kondisi turunnya posisi bayi kebagian bawah mungkin akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan berpengaruh terhadap fisik ibu hamil. Seperti halnya ibu akan merasakan tidak nyaman sewaktu berjalan dan terasa semakin berat. Bahkan beberapa wanita mungkin merasakan seperti bayi mereka sudah akan lahir pada saat itu. Selain itu, anda mungkin akan merasakan lebih sering ingin buang air kecil karena posisi rahim yang tertekan dengan membesarnya tubuh si bayi.

Kini sebagian besar lanugo pada si buah hati atau rambut halus yang menyelubungi bayi sudah mulai menghilang dan tak lagi dinampakan karena bagian ini sudha ditelan dan disimpan oleh si bayi dalam ususnya. Yang mana nantinya bahan ini akan dikeluarkan olehnya melalui kotoran pertamanya pada saat ia lahir ke dunia yang disebut dengan mekonium.

Bukan saja itu pada usia kehamilan pekan ke 37 atau 9 bulan ini si bayi sudah mulai memiliki antibodi yang dibentuk dalam tubuhnya yang tersalur melalui tali pusarnya. Peranan antibodi ini penting sekali untuk kekebalan tubuhnya nanti saat ia dilahirkan ke dunia agar tubuhnya bisa bekerja melawan serangan bakteri atau kuman yang ada diluar rahim ibunya. (Baca juga: Penyebab Keputihan)

Pada usia kehamilan ini bayi anda menjadi semakin kuar, kulitnya sudah semakin halus dan gusinya mulai mengeras dan kaku. Hati dan ginjalnya pun sudah mulai bekerja dan berfungsi dengan seharusnya.

Kini panca inderanya bahkan sudah banyak perkembang dan ia akan mulai mengenali suara ibunya, bila ia sudah lahir nanti ia akan merespon dengan caranya sendiri yakni dengan memutar kepalanya atau menggerakan anggota tubuhnya.

Hal ini dikarenakan kini si bayi sudah mulai megenai suara ibunya dengan baik. Koordinasi gerakan pada jari-jari tangan si bayi sudah mulai terbentuk dengan baik, dan bila ia lahir hal ini akan ditandai dengan responsnya untuk menggenggam atau berpenggangan jari pada tubuh si ibunya.

Demikianlah beberapa perkembangan janin pada usia pekan ke 37. Pada dasarnya setiap perkembangan janin yang terjadi dalam perut ibu hamil tidaklah sama dan berbeda antara satu dengan lainnya. Perkembangan diatas hanya menggambarkan perkembangan janin secara umum. Semoga perkembangan janin diatas memberikan cukup informasi dan menambah wawasan ibu dan anda semua akan pergerakan dan perkembangan janin dalam rahimnya. 

Perkembangan Janin Usia 36 Minggu

Selamat bunda! pada akhir pekan ini kehamilan anda sudah mulai dapat digolongkan pada kehamilan yang matang.

Ya, usia kehamilan pekan ke 36 adalah masa-masa yang cukup untuk memungkinkan si bayi bisa lahir ke dunia. Dengan demikian usia kehamilan pekan ini si bayi mungkin akan bisa lahir kapan saja meski usia perkiraan kelahirannya terntara lebih cepat dari usia perkiraan kelahiran seharusnya. Namun si bayi akan tetap dapat lahir dengan kemungkinan selamat lebih besar.

Bayi yang lahir pada usia kehamilan dibawah pekan ke 37 akan memungkinkan si bayi lahir dalam keadaan prematur dan pra-premature. Sementara itu untuk mereka yang lahir pada usia kehamilan pekan ke 42 maka bisa disebut dengan pasca-matur atau pasca-matang. Setiap ukuran tubuh dan berat pada bayi usia pekan ke 37 pada umumnya ukurannya akan berbeda-beda. Hanya saja ukuran general pada berat tubuhnya biasanya berkisar antara 2.8 kg.

Pada usia kehamilan pekan ini bayi anda masih terus meningkatkan berat tubuhnya yakni dengan ukuran sebanyak 28 gram setiap harinya. Kini ukuran berat si buah hati pada usia kehamilan ini berkisar 2.7 kg dan bila diukur panjang tubuhnya dari bagian kepala hingga kebagian kaki sudah mencapai ukuran 47 cm. Ukuran ini tentunya akan terus berlanjut dan berkembang sampai akhirnya si bayi siap untuk dilahirkan.

Pada usia kehamilan pekan ini anda mungkin akan mulai merasakan tekanan dibagian bawah perut anda dan mulai menyadari bahwa kini posisi bayi anda sudah dengan perlahan mulai turun kebagian bawah perut anda. Kondisi ini disebut dengan lightening atau engagement. Dan pada kondisi ini paru-paru dan perut anda mulai akan mendapatkan kesempatan untuk bisa meregang sedikit demi sedikit. Hal niilah yang akan membuat anda mulai dapat bernapas dan makan dengan lebih mudah dibandingkan pada kondisi sebelumnya.

Selain perkembangan panjang dan berat tubuh si bayi yang terus berkembang dengan pesat dan begitu baik pada usia kehamilan ini tulang dan tubuh si bayi semakin berkembang dan membesar yang membuat tubuhnya kini terlihat sempurna bak seorang malaikat kecil yang akan siap anda genggam di pelukan anda.

Kadang kala anda akan merasakan dan melihat pergerakan si buah hati saat ia bergerak. Kaki mungilnya, siku kecilnya atau mungkin tangannya yang lugu akan menonjol kebagian perut anda yang menandakan bahwa mereka bergerak dan baik-baik saja dalam perut anda.

perkembangan janin minggu 36

Bukan saja itu kini jantungnya pun telah tumbuh dengan sempurna dan siap menarik napas pertamanya saat ia lahir ke dunia nantinya. Mulut dan saluran pencernaan pada si bayi pun telah siap untuk menyusu dan mencerna ASI yang ibu berikan nanti untuk si buah hati.

Kini lapisan lemak pada tubuh si bayi pun sudah tumbuh dengan lebih banyak dan lebih tebal. Jumlah ini bisa mencapai 15% dari ukuran total berat badannya. Bila jenis kelamin bayi anda adalah laki-laki, maka kini testisnya akan mulai menurun.

Selain itu, perkembangan lain juga terjadi dengan indera pendengarannya yang semakin hari semakin membaik dan jelas. Ia kini sudah mulai dapat mendengar suara-suara bising yang berasal dari luar perut ibunya. Selain itu suara-suara yang dekat yang akan mungkin didengar si buah hati dalam perut ibu adalah suara detak jantung ibu dan juga suara perut keroncongan.

Nah, mengingat indera pendengaran si buah hati yang semakin hari semakin membaik ini maka tidak ada salahnya jika pada usia kehamilan ini bunda mulai rajin memperdengarkannya musik yang akan membuat si kecil merasa tenang. Musik-musik dengan aliran instrumen klasik biasanya banyak diperdengarkan dan dianggap baik untuk mengasah kemampuan otak si buah hati dalam perut ibu.

Selain itu tidak ada salahnya juga bila ibu mulai melakukan interaksi dengan si buah hati seperti mengajaknya mengobrol, membacakan sebuah buku dan lain sebagainya. Hal ini bisa dijadikan sebagai media untuk mengasah kemampuan responya terhadap rangsangan atau stimulasi yang ibu berikan.

Perubahan dan Gejala Fisik yang Ibu Alami

Selain perubahan dan perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda. Beberapa perubahan dan gejala fisik pada usia kehamilan pekan ini pun akan mulai ibu rasakan. Pada usia kehamilan pekan ini sebagian besar perubahan dan gejala fisik yang ibu alami adalah hal-hal dan gejala yang cukup menganggu.

Beberapa gejala kehamilan pada bulan-bulan kehamilan sebelumnya akan mungkin kembali dan anda rasakan pada masa ini. Nah, untuk mengetahui perubahan dan gejala fisik apa saja yang dirasakan pada minggu ini maka tak perlu khawatir kita simak dibawah ini hal apa sajakah yang akan ibu alami pada usia kehamilan pekan ini.

Kandung kemih ibu hamil akan mulai tertekan pada usia kehamilan pekan ini. Hal ini dikarenakan pembesaran rahim yang terus melebar dan turun kebagian panggul sehingga dampaknya kondisi ini akan membuat ibu akan lebih sering buang air kecil. Bahkan terkadang pada saat bersin atau tertawa yang lepas sebagian ibu hamil akan kesulitan untuk mengontrol keluarnya air seni atau urine dari tubuhnya.

Semakin beratnya bobot bayi dalam kandungan akan membuat ibu merasa lebih mudah lelah. Bahkan beberapa wanita akan mengalami pembengkakan dibagian kaki atau mengalami vasises pada otot kaki. Untuk mengatasi kondisi ini sebaiknya ibu hamil mulai mengambil cuti hamil dan hindarkan mengenakan sepatu dengan hak tinggi yang akan memperparah pembengkakan atau varises otot kaki yang dialami.

Pada beberapa wanita stretch mark atau garis kehmailan mulai terbentuk seiring dengan melebarnya bagian kulit karena dorongan bayi dalam kandungan yang terus membesar.

Beberapa wanita akan mengalami kesulitan tidur dimalam hari atau mengalami insomia. Hal ini biasanya dipengaruhi karena pergerakan bayi pada malam hari yang begitu aktif dan tidak terkendali yang membuat ibu hamil sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dimalam hari. Akan tetapi pada umumnya mereka akan bisa terlelap pada siang hari. Namun tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh sebagian ibu hamil. Yang terpenting adalah bagimana ibu bisa tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup guna menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terjaga.

Kontraksi Braxton-Hicks dan mulai masih dirasakan pada usia kehamilan ini. Yang mana bila kondisi ini dirasakan pada malam hari akan mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat anda merasa kesulitan mendapatkan tidur yang nyaman dimalam hari.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perkembangan bayi pada usia kehamilan 36 minggu. Pada umumnya perkembangan yang akan dialami oleh setiap bayi sifatnya tidak menyeluruh karena perkembangan ini bisa berbeda-beda antara setiap bayi. Nah, perkembangan bayi diatas hanya menggambarkan perkembangan yang umum dan secara garis besar saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. 

Perkembangan Janin Usia 35 Minggu

Bunda, kini usia kehamilan yang tengah anda jalani sudah memasuki usia ke 35 pekan atau yang dalam hitungan bulan kini anda sedang menjalani usia kehamilan 8 bulan.

Usia kehamilan pekan ini membuat perkembangan dan pertumbuhan banyak terjadi dengan si kecil dalam perut anda. Salah satunya adalah kini si buah hati sudah mulai aktif menendang dan melakukan banyak pergerakan dalam rahim ibu. Bila pada usia kehamilan pekan sebelumnya pergerakan si kecil mengalami proses yang cukup lambat akibat pertumbuhan lemak tubuhnya yang membuat ia kesulitan untuk dapat bergerak dengan aktif, pada bulan ini si kecil sudah mulai bisa kembali bergerak dengan bebas dan semakin hari akan semakin aktif.

Hal ini mungkin sudah mulai bunda rasakan. Tak sedikit para wanita hamil di usia pekan ini mengalami perubahan emosional yang cukup besar diantaranya adalah mereka merasa terharu dan bahagia karena kini mereka mulai menyadari bahwa diri mereka tengah benar-benar hamil dengan segala perubahan yang terjadi dari mulai perut yang semakin membesar dan juga pergerakan si buah hati dalam perutnya.

Untuk itulah anda sebagai seorang calon ibu yang akan segera menyambut hangat buah cintanya maka jaga dan dukung terus perkembangan dan pertumbuhan si buah hati dalam perut anda agar mereka senantiasa sehat dan terjaga. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan si buah hati dalam perut ibu untuk menunjang pertumbuhan didalamnya.

Jaga terus asupan gizi dan nutrisi serta terapkan pola makan yang sehat. Bila perlu bantu dengan asupan susu hamil jika ibu kesulitan mendapatkan nutrisi dari makanan karena nafsu makan yang bermasalah.

Nah menginjak usia pekan ini ada begitu banyak perubahan dan perkembangan yang dialami oleh bayi anda didalam rahim. Untuk mengetahui seperti apa lebih jauhnya mengenai perkembangan janin pada usia pekan ke 35 maka mari kita simak uraiannya dibawah ini.

perkembangan janin minggu 35

Perkembangan Janin Usia Pekan 35

Pada usia pekan ini panjang bayi anda diukur dari bagian kepala hingga ke bagian kaki ukurannya sudah mencapai 45 cm dan berat tubuh mungilnya kini sudah mencapai 2.4 kg. Ukuran ini mungkin berbeda-beda pada masing-masing bayi hanya saja pada ukuran normal berat dan tubuh bayi akan berkisar pada angka ini.

Perkembangan lain yang terjadi pada usia pekan ini adalah mungkin pada saat ini anda sudah mulai dapat melihat dan merasakan siku, kaki atau kepala si kecil yang menonjol dibagian perut ketika si kecil bergerak atau saat ia menggeliat.

Tidak lama lagi, apabila dinding uterus atau rahim anda mulai meregang dan menipis anda akan dapat melihat pergerakan si bayi yang mulai stabil setiap harinya. Dengan demikian jangan heran bila mungkin setiap pagi atau setiap malam bayi anda akan mulai menendang, menggeliat, meninju atau bahkan melakukan pergerakan lainnya yang tak terduga.

Pada minggu ini si kecil dalam rahim anda sudah mulai menunjukan perkembangan pada kuku jari ditangan dan kakinya. Bukan hanya itu, perkembangan ini pun seiring terjadi dengan perkembangan organ internalnya yakni tumbuhnya kedua ginjal kecil pada si buah hati yang sudah terbentuk dengan sempurna. Livernya pun kini sudah mulai dapat bekerja untuk mengeluarkan produk sisa dari tubuhnya.

Kini, cairan amnion dalam rahim ibu semakin berkurang jumlahnya dan tubuh si bayi sudah semakin memenuhi ruang dalam rahim. Selain itu perkembangan ukuran tubuh si bayi ini akan mungkin membuat bagian pusar anda semakin menonjol dan membesar. Tak heran bila ketika anda berpakaian maka bagian pusar anda akan terlihat mencolok dan membesar. Namun tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh hampir seluruh wanita hamil.

Bukan saja itu, perkembangan perut yang semakin membesar dan melebar serta tubuh bayi dalam perut anda yang terus berkembang mungkin akan membuat anda merasa sedikit sulit untuk bernapas dan mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan saat ini bagian atas dari rahim anda letaknya sudah mendekati bagian tulang rusuk anda.

Pada usia kehamilan 35 minggu kini posisi bayi dalam kandungan anda hampir semua atau sekitar 97% kepalanya sudah berada di posisi dibawah dan sisanya pantat atau bokongnya dibawah atau yang bisa kita sebut sebagai posisi sungsan. Perlu diketahui bahwa hampir 99% bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan pekan ini sudah mampu bertahan hidup jika dilahirkan dan tanpa masalah serius yang berarti. Hal ini dikarenakan hampir seluruh organ tubuh luar dan dalam pada si bayi sudah terbentuk dengan sempurna.

Perkembangan dan Gejala yang Terjadi dengan Ibu Hamil Usia 35 Minggu

Kehamilan usia 35 minggu atau yang setara dengan bulan ke 8 ini anda akan mengalami beberapa gejala yang mulai menganggu. Hal ini dikarenakan si bayi dalam perut anda ukurannya sudah mulai membesar, terlihat pula pertumbuhan janin yang kaan semakin cepat dan mulai kekurangan ruang gerak dalam perut ibu.

Selain itu tantangan fisik pada usia kehamilan ini akan mulai anda rasakan. Akan tetapi melakukan peregangan, senam, berenang dan olahraga lain yang aman akan dapat membantu merelaksasi tubuh ibu da membuatnya tetap segar serta mengurangi stres.

Bukan hanya itu, gejala-gejala hamil tua yang pada beberapa bulan sebelumnya yang anda rasakan mungkin akan mulai kembali anda alami pada masa ini, seperti halnya sering buang air, insomnia dan juga kelelahan.

Akan tetapi sebaiknya jangan merasa terbebani dengan kondisi-kondisi seperti ini. Sebaliknya cobalah lakukan segala hal yang akan membantu anda merasa lebih baik. Ketika tubuh dan pikiran anda merasa bebas, maka efek samping dari gejala-gejala diatas setidaknya tidak akan terlalu buruk anda alami.

Selain itu jika anda mendambakan mendapatkan kelahiran yang normal untuk si buah hati anda saat ini maka ini adalah saat yang tepat untuk anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk dapat melahirkan dengan normal adalah dengan mulai mengikuti kelas senam hamil yang diadakan di bidan-bidan terdekat dirumah anda.

Biasanya kelas hamil ini akan diadakan setiap minggu dirumah sakit ibu dan anak. Dalam senam hamil pernapasan menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan persalinan normal juga akan dilatih. Kelas hamil ini akan mulai bisa anda ikuti pada usia kehamilan 7 bulan.

Nah, pada saat mengikuti kelas ini bila pasangan anda sedang tidak sibuk, maka mintalah mereka untuk mendampingi anda. Ikatan yang terjalin bersama dengan pasangan akan membuat anda merasa lebih aman dan lebih nyaman. Sehingga beban pikiran anda akan ketakutan dan kekhawatiran melahirkan akan bisa sedikitnya berkurang.

Demikianlah beberapa penjelasan detail mengenai perkembangan janin usia ke 35 minggu. Semoga informasi diatas dapat memberikan cukup ilmu dan wawasan untuk anda. 

Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 34 bunda yang mana ini artinya perkembangan bayi dalam kandungan anda tentu akan terus berlanjut dan bertumbuh dengan pesat sampai akhirnya ia tumbuh dengan begitu sempurna dan siap dilahirkan ke dunia.

Perjalanan panjang perkembangan janin dan usia kehamilan yang terus berlanjut dari waktu ke waktu ini adalah momen yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Betapa tidak jika kita menarik waktu ke belakang saat pertama kali anda mengetahui kehamilan anda, merasakan tanda dan gejala awal kehamilan yang menyiksa seperti mual, muntah, pusing, lemas dan gejala lain yang menyiksa, kemudian berlanjut pada perkembangan si bayi yang sudah mulai nampak di mesin USG hingga sampai saat ini bayi anda sudah mulai dapat bergerak-gerak dan tak sabar menanti kelahiran tiba tentu menjadi serangkaian perjalanan panjang yang begitu menegangkan sekaligus menyenangkan.

Tak terasa, seperti seolah baru kemarin anda dan pasangan membicarakan mengenai perencanaan kehamilan dan kini anda sudah akan dihadapkan pada momen kelahiran yang tinggal menghitung beberapa waktu lagi.

Perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu memang menjadi hal yang menarik untuk disimak dan disaksikan. Pasalnya, sebagai seorang calon ibu baru yang akan segera menimang buah hatinya, anda tentu tidak ingin melewatkan meski sedetikpun perkembangan buah hati anda dalam kandungan.

Apalagi kini pergerakannya dalam rahim sudah mulai anda rasakan dengan cukup sering. Anda tentu semakin dibauat penasaran apa saja perkembangan yang terjadi dengannya sampai pergerakannya dalam rahim bisa menjadi begitu aktif. Selain itu, anda mungkin bertanya-tanya kapan tepatnya si bayi sudah mulai masuk pada usia normal untuk dilahirkan.

Nah, untuk dapat menyimak seperti apa perkembangan si buah hati dalam kandungan anda dan segala pertumbuhan yang menakjubkan yang terjadi dengannya di pekan ini, maka tak perlu khawatir kita simak perkembangannya dibawah ini.

Pada usia kehamilan ini berat tubuh bayi anda berkisar 2.2 kg dan panjangnya mengalami perkembangan yang lebih besar yakni 45 cm. Ukuran panjang ini diukur dari bagian kepala sampai dengan bagian kaki. Kini, ukuran bayi semakin besar dan mengisi hampir seluruhnya rahim ibu dalam perut. Pada saat ini si bayi akan membutuhkan lebih banyak lapisan lemak untuk mengatur suhu tubuhnya pada saat ia lahir agar tetap hangat.

perkembangan janin minggu 34

Nah, bila anda masih ragu atau merasa belum terbiasa berbicara bersama dengan si buah hati dalam perut anda karena anda tak yakin apakah ia akan bisa mendengarkan anda atau tidak. Maka jangan terlalu banyak berpikir segeralah ajak mereka untuk berbincang dan mengobrol. Karena pada saat ini indera pendengaran pada si buah hati sudah terbentuk dengan sempurna dan dapat berfungsi dengan begitu baik.

Segala organ pada tubuh bayi suda terbentuk dengan begitu sempurna pada masa ini, begitupun dengan organ internal dan organ-organ vitalnya yang lain. Dengan demikian, tidak usah merasa gugup atau khawatir bila anda mengalami persalinan prematur atau persalinan yang lebih dini pada masa ini, 99 persen dari bayi yang lahi pada usia pekan ke 34 dapat bertahan hidup diluar rahim ibunya dan kabar bahagianya adalah sebagian besar dari bayi yang lahir lebih awal tersebut tidak mengalami masalah yang besar.

Meskipun pusat sistem saraf bayi anda belumlah terbentuk dengan matang, akan tetapi paru-parunya kini sudah sepenuhnya terbentuk dan siap untuk dikembangkan. Dengan demikian, bayi anda sepertinya tidak akan membutuhkan perawatan medis untuk membantu pernapasannya bila ternyata ia lahir pada usia pekan ini.

Selain itu, pertambahan lemak dibawah permukaan kulit bayi akan semakin membuat kulitnya terlihat lebih halus dan lebih mulus, kini kerutan pada kulitnya sudah mengencang dan menghilang. Kecuali tempurung kepala, tulang-tulang pada rangka tubuh si bayi sudah mulai mengeras pada masa pekan ini.

Tubuhnya yang panjang akan membuatnya berada pada posisi meringkuk didalam rahim dengan lutut ditekuk mendekati dada. Akan tetapi demikian masih terdapat ruang untuk si buah hati dalam perut anda untuk dapat dengan leluasa bergerak sehingga anda masih akan dapat merasakan pergerakannya.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi diatas minggu ke 34 akan membuat bentukan lapisan putih seperi lapisan keju akan terbentuk pada tubuh si bayi, lapisan tersebut akan menjaga kulitnya agar tetap aman selama dalam kandungan. Lapisan kulit ini juga disebut dengan lapisan pelindung venix caseosa. Namun jangan khawatir, lapisan kulit ini akan dapat menghilang seiringan dengan lahirnya si buah hati ke dunia pada saat ia pertama kali dimandikan oleh bidan atau dokter.

Perubahan yang Terjadi dengan Ibu Hamil Pekan ke 34

Banyak wanita hamil pada pekan ini mengeluhkan kesemutan atau muali merasa mati rasa dibagian panggul dan perasaan nyeri sewaktu mereka berjalan. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh persendian dibagian panggul yang mulai meloggar karena bersamaan dengan hari kelahiran yang tinggal menghitung waktu. Nah, untuk mengatasi kondisi ini sebaiknya segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menangani anda bila perasaan nyeri yang dirasakan sudah terasa begitu menyiksa dan tidak tertahankan.

Selain itu pada usia kehamilan minggu ini berat badan anda kurang lebih sudah mencapai 11-13,5 kg. Anda mungkin akan juga merasakan sesak panas serta mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan rahim anda tepat berada dibawah tulang rusuk.

Perut yang semakin membesar mungkin akan membuat anda kesulitan berjalan dan sering sakit punggung dan juga merasa seolah cepat lelah. Bukan hanya itu pergelangan kaki pun biasanya akan cenderung mengalami pembengkakan pada saat sore hari. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan cairan.

Bukan hanya itu, anda pun akan cenderung lebih sering buang air kecil pada maka kehamilan pekan ini. Dikarenakan rahim anda yang semakin melebar dan membengkak akan menekan kandung kemih yang membuat anda akan merasa seringkali buang air kecil. Akan tetapi demikian sebaiknya jangan menghentikan mengkonsumsi asupan mineral atau konsumsi air putih pada masa ini untuk menghindari adanya dehidrasi yang terjadi dengan tubuh anda. Yang perlu dikurangi disini justru adalah minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti halnya kopi atau teh.

Demikianlah mengenai perkembangan janin dalam rahim pada usia pekan ke 34. Semoga dengan menyimak hal diatas dapat memberikan pengetahuan secara umum mengenai perkembangan janin dalam kandungan anda dan perubahan apa saja yang terjadi dengan ibu hamil pada masa ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang cukup.

Perkembangan Janin Usia 33 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 33 atau yang setara dengan bulan ke 8 masa kehamilan.

Pada usia kehamilan ini, janin dalam kandungan anda mungkin sudah akan lebih banyak bergerak dan menendang dengan begitu aktif. Dengan demikian pada usia kehamilan ini, tidak ada salahnya jika anda mulai rajin memberikan mereka stimulasi guna melatih responnya agar semakin baik. Beberapa stimulasi yang bisa diberikan kepada si buah hati dalam kandungan diantaranya adalah berupa sentuhan, mengajaknya untuk berbicara, memperdengarkannya musik dan bahkan membacakannya sebuah cerita.

Tahukah anda, sebuah studi menjelaskan bahwa stimulasi terbaik yang dapat diberikan pada si buah hati dalam kandungan selain daripada sentuhan diantaranya adalah membacakan mereka sebuah bacaan. Sebab disadari atau tidak hal ini akan dapat berpengaruh pada perkembangan otak si bayi menjadi lebih cerdas pada saat ia dilahirkan nantinya.

Nah, untuk itulah tidak ada salahnya lakukan banyak stimulasi pada buah hati anda. Selain membuatnya belajar mengasah kemampuan responnya, hal ini tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Pergerakan bayi yang begitu aktif dalam rahim tentu menjadi indikasi bahwa bayi anda sehat.

Pada saat usia kehamilan pekan ini anda mungkin merasakan pergerakan si buah hati dalam perut anda terbilang begitu aktif dibandingkan pada masa sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada pekan-pekan sebelumnya pergerakan si kecil dipengaruhi karena adanya pertumbuhan lemak yang membuatnya lebih lambat dalam bergerak.

Akan tetapi pada pekan ini, si lemak dalam tubuh si bayi tetap berkembang namun sudah mulai dibentuk menjadi energi. Dengan demikianlah, tak heran bahwa energi si bayi akan semakin kuat yang membuat pergerakannya semakin aktif dan tendangannya akan lebih kencang pada pekan-pekan ini. Perkembangan ini tentu saja akan menarik untuk diikuti. Nah, untuk tahu lebih jauh seperti apa perkembangan si buah hati dalam kandungan pada usia pekan ke 33, mari kita simak dibawah ini.

perkembangan janin minggu 33a

Perkembangan Janin Usia 33 Minggu

Perkembangan yang mencolok pada usia pekan ini adalah perkembangan yang terjadi pada otaknya. Pada usia ini, si bayi akan mulai mengembangkan bagian-bagian otak pentingnya guna memberikan indera yang baik. Perkembangan otak ini akan seraya didukung dengan pembentukan pendengaran dan penglihatan yang menjadi semakin baik.

Selain itu, organ-organ internal pada tubuh si bayi sudah mulai membentuk dengan sempurna dan dapat bekerja dengan baik, hanya saja paru-paru dalam tubuhnya belum benar-benar matang meskipun bagian ini sudah siap untuk digunakan.

Untuk itulah, jika pada faktanya si janin lahir lebih awal dari prediksi hari kelahiran tiba, maka demikian besar kemungkinan bahwa si buah hati akan dapat bertahan hidup dan berkembang diluar rahim ibunya.

Pada pekan ini, kepala bayi anda letaknya sudah menghadap kebagian bawah. Meski sebagian besar posisi kepala bayi sudah berada dibawah rahim pada pekan ini, akan tetapi adapula sebagian besar bayi yang masih berubah-rubah posisi kepalanya.

Tulang tengkorak pada bayi masa ini masih terbentuk denngan lentur dan belum sepenuhnya tergabung. Kondisi ini mungkin akan membuat anda mudah ketika melahirkan sebab tulangnya akan lebih mudah untuk menyesuaikan dan akan membuatnya lebih mudah bergerak kebagian bawah vagina ketika anda melahirkan.

Sementara itu, jika berbicara tentang bobot atau berat tubuh si bayi, kini ukurannya sudah mencapai 2 kg dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki kira-kira sudah mencapai 44 cm. Ukuran berat tubuh ini nantinya akan berkembang lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan tingginya.

Pada pekan ini seiring dengan berjalannya perkembangan tulang si bayi yang akan terus bertumbuh dan mengeras maka nantinya warna merah pada kulit si bayi akan perlahan memudah. Bukan hanya itu kondisi ini juga dipengaruhi oleh bertambahnya lemak dibagian bawah permukaan kulit yang mana tentunya kondisi ini akan membuat kulit si bayi tak lagi keriput. Justru sebaliknya kulit si bayi akan tumbuh dengan lebih mulus dan lebih halus.

Perkembangan otaknya pada pekan ini mulai memasuki periode puncak. Semua saraf-sarafnya akan bekerja guna membentuk panca indera yang lebih baik untuknya.

Perkembangan ini mungin akan membuat kepala si bayi semakin besar dan menyeimbangi dengan bentuk tubuhnya yang semaki proporsional. Si bayi dalam kandungan anda mungkin akan merasa semakin sempit karena perkembangannya yang semakin besar. Gerakannya akan lebih kurang pada minggu ini akibat sempitnya rahim karena pertumbuhannya semakin besar yang membuatnya ketika bergerak akan merasakan sikunya mulai menyikut dan kadang terlihat benjolan-benjolan di perut anda. Pada masa ini otak besar si buah hati akan mulai terbentuk dan terus berkembang.

Nah, bila anda ingin melahirkan secara normal, maka ini adalah saat yang paling tepat untuk mempersiapkannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendukung persalinan secara normal adalah dengan mulai mengikuti senam hamil yang banyak disediakan tiap minggu si rumah-rumah sakit ibu dan anak.

Dalam senam hamil pernapasan yang menjadi faktor keberhasilan persalinan normal akan juga diberikan yang mana tentunya ini akan menjadi latihan dasar anda untuk menghadapi persalinan normal yang diimpikan. Senam ini sebenarnya mulai dapat dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan.

Ketika berencana untuk mengikuti senam tidak ada salahnya jika suami anda memiliki waktu luang maka ajak serta pasangan anda untuk menemani anda. Ikatan yang erat yang dijalin bersama dengan pasangan ketika menjelang waktu persalinan akan membuat anda merasa lebih nyaman dan lebih tenang.

Sementara itu jika berbicara mengenai perkembangan dan gejala hamil pada usia pekan ini maka biasanya anda akan mulai merasakan gejala-gejala hamil yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan bayi dalam perut anda sudah mulai membesar dan pertumbuhan si janin pada masa ini pun akan berkembang lebih pesat. Bukan hanya itu pergerakan si bauh hati yang tak menentu seperti pada saat jam malam, mungkin akan membuat anda sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman.

Nah untuk mengatasi hal ini maka cobalah untuk melakukan beberapa relaksasi agar tubuh anda tidak stres. Pada usia pekan ini mungkin sudah saatnya anda mendapatkan cuti hamil menunggu hari kelahiran tiba.

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan si buah hati dalam kandungan pada usia pekan ke 33. Sebuah studi menyatakan bahwa perkembangan janin dalam kandungan pada umumnya berbeda-beda. Perkembangan diatas hanya menjelaskan perkembangan janin secara umum dan diambil garis besarnya saja. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Perkembangan Janin Usia 32 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 32 atau yang dalam hitungan bulan, pekan ini terhitung sudah memasuki bulan ke 8.

Pada kehamilan bulan ke 8, janin dalam kandungan anda mungkin sudah mulai menampakan pergerakan yang cukup aktif seperti halnya menendang, meninju atau bahkan bergerak dengan intensitas yang lebih sering.

Jika pada bulan sebelumnya si buah hati dalam kandungan mengalami pergerakan yang lebih lambat karena berkembangnya lemak dalam tubuhnya, pada pekan atau memasuki bulan ke 8, pergerakannya akan semakin aktif dan mungkin anda sudah mulai menyadari pola pergerakan si buah hati dalam waktu-waktu tertentu. Kini, pada usia pekan ke 32, lemak dalam tubuh si bayi akan tetap berkembang dan menambah energi berat badannya. Itulah mengapa mulai saat ini perkembangan berat tubuhnya akan lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan yang terjadi dengan panjang tubuhnya.

Nah, berbicara mengenai perkembangan berat dan panjang tubuhnya, di pekan ini ukuran berat tubuh si bayi sudah mencapai 2,3 kg dan panjangnya sudah sekitar 45 cm. Ukuran berat dan panjang ini tentu akan terus berkembang dan berlanjut sampai nantinya si bayi berada dalam bobot yang pas untuk segera dilahirkan bila hari kelahirannya telah tiba.

Adapun perkembangan mencolok yang terjadi pada usia kehamilan pekan ini adalah perkembangan otaknya yang terjadi dengan begitu pesat. Bayi dalam kandungan anda sudah mulai mengembangkan bagian-bagian otak penting guna memberikannya panca indera yang baik. Perkembangan otak ini akan tentu saja didukung dan ditandai dengan pendengaran dan penglihatan yang lebih baik dibandingkan pekan-pekan sebelumnya.

Bahkan kini, organ internal pada tubuh bayi sudah mulai dapat bekerja dengan baik, hanya saja paru-parunya baru akan dapat matang dan siap digunakan saat si bayi berusia 36 pekan. Meskipun paru-parunya belum terbentuk dengan sempurna, namun si kecil sudah sibuk menghirup cairan amnion dalam perut ibu. Hal ini tentu dilakukannya guna melatih paru-parunya agar bekerja dengan lebih baik. Untuk itulah, meski rupanya bayi anda lahir lebih cpat pada pekan ini, maka besar kemungkinan bayi anda akan dapat bertahan hidup dan berkembang diluar rahim ibunya.

Nah, bila ternyata jenis kelamin bayi yang anda kandung saat ini adalah seorang bayi laki-laki, maka testikelnya akan turun dari bagian perut ke bagian skrotum. Akan tetapi, dalam beberapa kasus ada pula bayi laki-laki yang mengalami perkembangan terlambat dibagian ini, dimana salah satu dari testikelnya belum akan turun kebagian bawah dibagian skrotumnya sampai hari kelahirannya tiba.

perkembangan janin minggu 32

Perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan pun terjadi dengan kepalanya. Sebagian bayi pada pekan ini sudah mulai mengembangkan rambut-rambut halusnya. Akan tetapi, perkembangan yang satu ini biasanya berbeda dan tergantung pada hormon si ibu hamil. Beberapa bayi mungkin akan mulai mengembangkan bulu-bulu halus dikepala atau rambut pada saat mereka dilahirkan nantinya.

Selain perkembangan rambutnya, perkembangan lain yang juga terjadi adalah dengan perkembangan kulitnya. Dari hari ke hari dan waktu ke waktu, kulit pada si bayi akan tampak lebih mulus dan lebih halus. Lunago pada tubuhnya pun lama kelamaan akan mulai menghilang dengan perlahan. Kemampuan si bayi untuk menghisap pun akan semakin berkembang dan kini, ia sudah mulai dapat menghisap jempolnya sendiri.

Bila anda bertanya-tanya kapan si janin akan siap untuk dilahirkan, maka jawabannya adalah pekan ini pun si janin akan siap untuk lahir. Hal ini dikarenakan selain perkembangan organ tubuh dan organ internalnya yang sudah mendekati kondisi yang sempurna, kepala si bayi umumnya telah berada dibawah dan membuatnya siap untuk dilahirkan.

Jika rupanya, bayi anda lahir pada pekan ini, maka bisa dipastikan bahwa ia akan dapat bertahan hidup dan berkembang. Semua organnya sudah berfungsi dengan baik, hanya saja paru-parunya yang masih membutuhkan sedikit perkembangan untuk dapat berfungsi secara maksimal.

Perubahan yang Terjadi dengan Ibu Hamil

Sebagaimana meningkatnya pergerakan si buah hati dalam perut anda yang mulai berjalan dengan cukup stabil, maka inilah saatnya anda mulai membenahi asupan gizi dan nutrisi dalam perut anda agar lebih baik. Hal ini tentunya dilakukan dalam rangka mendukung dan membantu perkembangan si buah hati dalam kandungan anda agar tetap sehat dan senantiasa terjaga dengan baik.

Pada usia kehamilan pekan ini, perut anda mungkin akan terlihat bulat penuh dan terlihat lebih besar. Hal ini dikarenakan, pada saat ini bayi anda mulai mengisi seluruh ruang dalam rahim seiring dengan perkembangannya yang muai membesar. Perkembangan ini mungkin memakan dari setengah dari total berat anda berada pada si buah hati yang tengah anda kandung saat ini.

Selain itu, usia kehamilan bulan ke 8 ini pada umumnya akan membuat anda mulai mengalami gejala-gejala hamil yang menggaggu. Hal ini dikarenakan si janin dalam perut ada sudah mulai membesar dan terlihat juga perkembangan si janin dan semakin cepat dan mulai kekurangan ruang gerak didalam rahim ibu.

Tantangan fisik pada bulan ini pun akan mulai anda rasakan. Melakukan peregangan, berenang, senam akan dapat membantu anda lebih tenang dan lebih rileks, selain itu beberapa peregangan ini akan dapat membantu anda untuk mengurangi stres yang dirasakan. Bukan hanya itu, gejala-gejala hamil tua seperti halnya kelelahan, insomnia, sering buang air dan lain sebagainya akan mulai anda rasakan.

Akan tetapi, jangan merasa khawatir atau terbebani dengan kondisi ini. Sebaliknya, mulailah fokus pada bagaimana menemukan solusi-solusi mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, menjalin hubungan dan komunikasi yang baik bersama dengan pasangan atau ibu akan membuat anda semakin merasa nyaman dan merasa tenang.

Tidak ada salahnya, mulai menggali informasi tentang bagaimana menjalin kesiapan emosi dan fisik pada saat menghadapi proses persalinan. Selain itu, minta pula pendapat pasangan dan kerabat terdekat ketika anda akan mulai mempersiapkan perlengkapan untuk si buah hati.

Beberapa perencanaan tentang semua perlengkapan dan peralatan si calon buah hati akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus alternative untuk mengatasi stress atau rasa panic menjelang hari kelahiran yang tinggal menghitung minggu.

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah mencapai usia pekan ke 31.

Yang mana, usia pekan ini tentu akan membuat bayi dalam perut ibu hamil mengalami perkembangan yang cukup pesat dan terus berlanjut sampai usia si janin dalam kandungan memasuki tahap terakhir dan akan siap dilahirkan ke dunia.

Penting untuk diketahui, bahwasanya saat ini anda tidak lagi memanggil buah hati dalam perut anda sebagai janin. Karena kini, gelarnya sudah meningkat menjadi seorang bayi. Hal ini dikarenakan semua organ tubuh dalam bayi beserta dengan organ internalnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna.

Selain itu, usia pekan ke 31 pekan atau yang setara dengan masa kehamilan 7 bulan akhir adalah periode yang penting dalam kehamilan. Pada usia ini, usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan yang cukup matang. Organ-organ vital pada si bayi, seperti jantung dan paru-parunya sudah mulai terbentuk dengan baik dan bekerja dengan semestinya.

Dengan demikian, meski ternyata usia kelahiran bayi anda lebih cepat dibandingkan dengan waktu perkiraan lahir. Akan tetapi, tak perlu khawatir, pada dasarnya si bayi akan tetap bisa lahir kedunia dan dapat bertahan hidup. Hanya saja mungkin, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan pada buah hati anda untuk menentukan apakah si kecil yang lahir lebih dini memerlukan penanganan medis atau tidak.

Waktu usia matang pada masa kehamilan pekan ini seringkali dianggap sebagai momen yang sakral oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih memegang teguh adat dan budaya, salah satunya seperti masyarakat Jawa.

Tahukah anda, di Jawa sendiri usia kehamilan 7 bulan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk si ibu hamil dan keluarga untuk mengadakan upacara ritual dalam rangka memanjatkan puji syukur dan meminta ridha dari yang Maha Kuasa agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu bisa berjalan dengan baik dan berjalan dengan mudah. Ritual ini seringkali disebut dengan mitoni.

Sementara itu, untuk anda yang tidak menganut budaya dan paham seperti orang-orang Jawa, tidak ada salahnya jika anda memanjatkan puji dan syukur kepada sang Maha Kuasa. Karena betapapun berkah dari Tuhan adalah hal yang akan membuat anda merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

perkembangan janin minggu 31

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si buah hati dalam kandungan. Kami memahami betul bahwa antusiasme anda dalam menyambut hadirnya si buah hati di dunia begitu besar. Sehingga bukan tidak mungkin jika pada usia kehamilan pekan ini, anda akan lebih banyak menggali informasi dari berbagai sumber mengenai bagaimana perkembangan si buah hati dalam kandungan anda.

Nah, untuk itulah agar membuat anda tidak melewatkan sedetik pun momen perkembangan si buah hati dalam kandungan. Kali ini kita akan lihat bagaimana perkembangan si bayi dalam perut ibu pada usia pekan ke 31.

Pada saat ini bayi anda bobotnya sudah kurang lebih 1,5 kg dengan panjang tubuh kira-kira 41 cm. Ukuran panjang ini tentunya diukur dari bagian kepala sampai ke bagian kaki. Mulai dari pekan ini, perkembangan panjang tubuh pada si bayi akan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan perkembangan bobot tubuhnya yang begitu pesat terus bertumbuh. Akan tetapi, tentunya bobot tubuh ini akan mengalami perkembangan yang terus berlanjut apabila ibu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh si buah hati.

Pada usia kehamilan pekan ini, pergerakan bayi dalam kandungan anda sedang dalam puncaknya. Si bayi semakin senang untuk terus mengeksplorasi ruang dalam rahim ibu. Tak heran bila ketika ibu memberikan mereka stimulasi, maka mereka akan memberikan respon berupa tendangan, gerakan, pukulan atau bahkan dorongan.

Akan tetapi, adanya pertumbuhan lemak pada tubuh bayi yang mendukung pertumbuhan kulitnya akan mungkin membuat pergerakan si bayi agaknya melambat dari waktu-waktu sebelumnya. Namun tak perlu khawatir, selama ibu masih dapat merasakan pergerakan si buah hati dalam rahim, itu artinya bayi dalam kandungan anda dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja.

Selain itu, pergerakan yang dialami oleh beberapa wanita hamil adalah gerakan si bayi yang seringkali terjadi pada malam hari. Hal ini mungkin akan cukup memberikan dampak pada sebagian ibu hamil dan membuat mereka harus juga terjaga pada malam hari. Akan tetapi, kondisi ini wajar karena mungkin jam tidur si bayi dalam kandungan tidak sama dengan jam tidur anda. Kondisi ini mungkin akan membuat si bayi mulai senang bergerak dan menggeliat karena kini ia tumbuh dengan lebih cepat.

Pada pekan ini pun, bayi anda sudah mulai dapat menggerakan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain, organ-organ dalam tubuhnya pun sudah semakin dikembangkan dengan matang dan lapisan lemak dibawah kulitnya terus berkembang. Hal inilah yang tentu membuat kulit si bayi semakin halus dan semakin mulus. Selain itu, lunago pada tubuh si bayi akan lama kelamaan menghilang dan tidak nampak dengan sendirinya. Lunago adalah rambut halus yang tipis yang muncul pada kulit bayi. Rambut-rambut ini akan dapat menghilang beberapa waktu setelah kelahiran bayi.

Mata bayi anda pun sudah mulai berkembang dengan hampir sempurna, bahkan kini matanya sudah mulai dapat fokus pada satu objek. Perkembangan ini tentunya diimbangi dengan perkembangan pada organ lain ditubuhnya, yakni kini paru-paru si bayi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Akan tetapi, ia baru akan benar-benar mampu bernapas dengan baik setelah usianya mencapai 36 minggu.

Bukan hanya itu, kadar cairan pada ketuban ibu pun mulai megalami peningkatan. Bayi anda pada masa ini masih menelan cairan dari ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine.

Alat kelamin si buah hati pada pekan inipun sudah mulai mengalami perkembangan menuju kesempurnaan. Bila rupanya bayi anda adalah seorang perempuan, maka klitorisnya akan mulai nampak pada usia pekan ini. Sementara untuk laki-laki, terstikelnya mulai turun dari bagian ginjal ke bagian skotrum.

Bayi anda pun mulai berkembang dengan cepat dalam hal berat badan, pertumbuhan berat badannya akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran panjang tubuhnya. Pada usia pekan ini pun si bayi seharusnya sudah berada dalam posisi yang benar untuk siap dilahirkan. Otak dan saraf utama pada kepala si bayi sudah mulai dikembangakna dengan baik guna membantunya mempersiapkan kelima indera dalam tubuhnya.

Seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan anda, anda pun akan mulai merasakan berbagai tanda dan gejala kehamilan. Akan tetapi, gejala yang dirasakan pada umumnya lebih kepada gejala yang menyenangkan seperti halnya gejala emosional dari pergerakan si buah hati dalam kandungan anda.

Usia pekan ini akan membuat anda semakin menikmati kehamilan anda dan mungkin anda pun akan mulai merencanakan ruang untuk si buah hati dan senang berbelanja kebutuhan si calon buah hati. Untuk itu, tak perlu sungkan untuk meminta saran kerabat atau pasangan ketika anda akan merencanakan membeli perlengkapan untuk si calon buah hati anda.

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Usia perkembangan janin dalam perut anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 30.

Nah, dari usia ini, perkembangan yang pesat akan terus terjadi dengan tubuhnya sampai akhirnya nanti si bayi akan siap dilahirkan ke dunia.

Serangkaian perkembangan yang panjang dan cukup melelahkan ini, tentu tidak terjadi dengan mudah dan bisa dilalui dengan cepat. Besar pengorbanan anda sebagai seorang calon ibu, membuat si bayi dalam kandungan anda bisa terjaga setiap perkembangannya dengan begitu baik.

Meski ada begitu banyak rintangan dan halangan, dari mulai munculnya gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya, mual, muntah, lemas dan lain sebagainya. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa bunda lewati dengan baik.

Kami menyadari bahwa hal tersebut semata-mata mampu dan berhasil bunda lewati karena besarnya cinta bunda untuk si calon buah hati. Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bund. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi ibu hamil yang diperlukan oleh si bayi dalam kandungan. Selain itu, tetap jalankan pola hidup yang sehat sebagai kunci keberhasilan bunda dalam melewati segala macam tahap kehamilan ini.

Nah, melihat antusiasme bunda yang begitu besar terhadap perkembangan si bayi dalam kandungan, kami menyadari betul bahwa tidak ada satu detik pun momen dimana bunda mau melewatkan perkembangan si malaikat kecilnya. Untuk itulah, tak heran jika pada saat ini mungkin bunda tengah asik mencari-cari informasi perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu.

Begitu juga pada artikel kali ini, pada pembahasan kali ini anda akan menyimak bagaimana perkembangan si buah hati dalam kandungan di usia pekan ke 30.

perkembangan janin minggu 30

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Mulai dari pekan ini, bayi anda akan mulai mengalami perkembangan bobot dan panjang tubuh yang pesat dan cepat. Usia pekan ini perkembangan yang mulai terjadi dengan jelas adalah perkembangan dibagian organ internalnya yakni paru-paru dan saluran pencernaan si bayi yang sudah mulai terbentuk dengan matang.

Selain itu, perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan diantaranya terjadi pada kelopak matanya yang begitu kecil yang sudah mulai dapat membuka dan menutup untuk sementara waktu, jadi mungkin saat ini si bayi akan bisa melihat bagian dalam diri anda saat ini. Sungguh sebuah perkembangan yang menakjubkan, yang mana setiap perkembangan ini akan terus berlanjut dan berlangsung sampai akhirnya nanti si buah hati akan siap dilahirkan ke dunia.

Bila anda mengukur ukuran berat si bayi saat ini sudah mencapai 1.3 kg dan panjang tubuhnya dari bagian kepala sampai kebagian kaki, ukurannya suah mencapai 39 cm. Ukuran panjang tubuh ini mungkin akan lebih lambat bertumbuh dibandingkan dengan berat tubuhnya yang terus mengalami perkembangan yang lebih pesat.

Selain itu, usia kehamilan pekan ini membuat responnya terhadap rangsangan semakin dikembangkan dengan baik. Jadi demikian, bila anda menyorotkan senter pada perut anda atau memberikan stimulasi lainnya, bayi anda akan langsung memberikan respon, baik itu berupa pergerakan, tendangan, dorongan atau bahkan pukulan.

Beberapa ahli menyatakan bahwa dengan memberikan si bayi dalam kandungan stimulasi berupa sebuah cahaya akan dapat meningkatkan perkembangan penglihatannya dengan lebih baik. Untuk itulah, jangan pernah sungkan untuk mulai rajin memberikan bayi anda beberapa stimulasi yang akan mengasah kemampuan responnya agar menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, perkembangan lainnya pun mulai terjadi dengan matanya, kini bayi anda dalam rahim sudah mulai memiliki alis dengan bulu-bulu halus yang mulai tumbuh dibagian tersebut.

Selain itu, pada usia kehamilan pekan ini, bayi anda akan mulai mengembangkan lemak pada tubuhnya lebih banyak dibandingkan dengan usia pekan-pekan sebelumnya. Kondisi ini tentu saja akan membuat kulit si bayi terasa semakin lembut, dan lemak berwarna putih dalam tubuhnya akan digunakannya nanti sebagai persiapannya setelah dilahirkan untuk membantu si bayi menyesuaikan diri dalam mempertahankan suhu panas pada tuubhnya.

Banyaknya lemak dalam tubuh si bayi akan juga berpengaruh terhadap pergerakannya dalam kandungan. Dengan kondisi ini, pergerakan si bayi dalam kandungan akan mungkin sedikit berkurang, namun jika tidak ada gerakan sama sekali yang anda rasakan, maka kondisi ini harus segera diperiksakan ke dokter. Dengan memeriksakan atau berkonsultasi ke dokter, maka akan diketahui penyebab pergerakan si buah hati dalam kandungan anda.

Perubahan yang Terjadi dengan Tubuh Ibu Hamil

Sama halnya dengan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan, perkembangan dan perubahan lain pun akan juga anda rasakan. Pada usia kehamilan ini, anda mungkin akan merasa sering lelah. Akibatnya jam tidur anda terutama jam tidur dimalam hari akan terganggu. Akan tetapi, bila anda mengalami insomnia, sebaiknya konsultasikan kondisi ini ke dokter agar kondisi ini bisa segera diatasi.

Selain itu, kolostrum atau cairan yang mengawali keluarnya ASI bisa mungkin sudah keluar di payudara anda pada masa kehamilan usia pekan ini, meski demikian hanya sebagian wanita yang mengalaminya. Bila anda mengalami kondisi ini, anda dapat menggunakan bra yang memiliki bantalan untuk menyerapnya.

Perubahan dan Gejala Emosional

Selain beberapa perubahan fisik diatas, usia kehamilan ini akan membuat anda mengalami perubahan emosional. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah:

Anda akan mulai mempelajari semua hal tentang kehamilan dan perawatan bayi. Perubahan ini pada umumnya lebih sering merujuk pada hal yang lebih menyenangkan dibandingkan pada hal yang menyiksa. Pada usia kehamilan ini, hal-hal tentang persiapan dan perawatan bayi setelah kelahirannya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dibicarakan bersama dengan pasangan atau teman-teman anda.

Selain itu, anda mungkin akan semakin penasaran dengan proses kelahirannya dan mulai bertanya-tanya pada teman atau kerabat atau mungkin dokter mengenai proses kelahiran nanti. Akan tetapi sebaiknya, hindari menanyakan kondisi seputar proses kehamilan yang menakutkan atau menegangkan, karena percaya atau tidak alam bawah sadar anda akan tersugesti menjadi negatif yang nantinya dikhawatirkan, kondisi ini malah akan semakin membebani pikiran anda karena timbulnya ketakutan yang besar.

Dibandingkan dengan membebani pikiran, sebaiknya fokuslah pada bagaimana, mempersiapkan diri dan kesehatan anda menjelang hari kelahiran tiba nantinya.

Demikianlah penjelasan gamblang mengenai perkembangan janin dan perubahan yang terjadi pada ibu hamil usia kehamilan pekan ke 30. Para ahli mengemukakan, bahwa perkembangan janin antara satu dan lainnnya berbeda. Untuk itulah, perkembangan diatas hanya menggambarkan secara umum mengenai perkembangan rata-rata seorang janin daam kandungan.

Perkembangan Janin Usia 29 Minggu

Usia kehamilan 29 pekan atau yang juga berarti telah masuk kedalam usia kehamilan 7 bulan, merupakan periode kehamilan yang cukup sakral.

Pada usia ini, bisa dibilang usia kehamilan ibu hamil sudah memasuki usia yang matang dan bila si bayi rupanya lahir lebih cepat dari prediksi hari kelahirannya, yakni pada pekan ini, maka pada dasarnya si bayi masih akan dapat bertahan hidup. Hanya saja, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pada si bayi jika saja mereka membutuhkan perawatan intens dari tim medis.

Hamil pada usia bulan ke 7 ini merupakan kehamilan yang sakral untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya adat ini dijunjung tinggi oleh orang-orang Jawa. Mereka memiliki keyakinan bahwa usia kehamilan pada pekan-pekan ini adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan puji dan syukur kepada sang Khalik seraya meminta doa resthu agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu hamil dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Oleh karen itulah, tak heran bila di Jawa seringkali diadakan upacara atau ritual 7 bulanan, guna memanjatkan puji syukur yang mereka berikan lewat sebuah upacara adat.

Akan tatapi, apapun adatnya, kehamilan pada usia pekan ini memang membuat si bayi dalam kandungan sudah berusia cukup matang. Hal ini dikarenakan organ-organ internal pada tubuh si bayi sudah terbentuk dengan sempurna dan sudah bekerja dengan seharusnya. Dengan demikianlah, ketika si bayi lahir pada usia pekan ini, maka tubuhnya akan dapat bertahan karena semua organnya sudah bekerja.

Pada masa awal kehamilan di 7 bulan, bobot tubuh bayi anda sudah lebih dari 1 kilogram dengan panjang ukuran tubuh yang diukur dari bagian kepala sampai ke bagian kaki, kini ukuran panjangnya sudah mencapai 38,6-39 cm.

Pada usia kehamilan ini, bayi anda akan menjadi begitu aktif dengan mulai banyak melakukan pergerakan dalam kandungan ibu. Kondisi ini, lama-kelamaan akan dapat membuat anda menyadari pola pergerakan si buah hati dan waktu-waktu saat si bayi menjadi begitu aktif untuk bergerak. Selain menyenangkan untuk diikuti, pergerakan ini pun berfungsi utuk mengetahui apakah bayi dalam kandungan anda sehat atau tidak.

perkembangan janin minggu 29

Usia pada pekan ke 29, memuat si bayi dalam kandungan anda semakin mengisi ruang dalam rahim, kini mungkin rahim akan terasa lebih sempit untuknya, pasalnya pergerakannya sudah begitu aktif dan energinya sudah semakin kuat. Untuk tiulah, anda mungkin akan mulai merasakan tendangan, dorongan atau bahkan pukulan dari si buah hati yang lebih keras dibandingkan pada masa-masa kehamilan sebelumnya.

Kini, kecerdasan dan kepribadian yang diproses oleh otaknya sudah mulai terbentuk dengan perlahan. Bila anda mencermati dengan baik, anda mungkin akan merasakan seperti apa dan bagaimana respon si buah hati terhadap suara-suara yang datang dari luar. Selain itu, beberapa rangsangan yang diberikan seperti cahaya pun akan juga membuat respon si bayi akan semakin aktif pada masa ini.

Perkembangan otaknya begitu pesat terjadi pada pekan ini, dan kepalanya sudah semakin berkembang mengimbangi dengan ukuran tubuhnya. Ukurannya kini, sudah semakin proporsional.

Nah, bila dalam kandungan ternyata bayi anda adalah seorang bayi laki-laki, maka testikel si bayi akan bergerak kebagian bawah dan turun dari dekat ginjal ke bagian skrotum. Sementara pada perempuan, maka klitorisnya akan mulai Nampak pada usia pekan ini. Perkembangan ini, tentunya diimbangi dengan perkembangan dibagian anggota tubuh lainnya, yakni saat ini rambut pada bayi sudah mulai tumbuh dengan baik dan merata.

Tempurung kepala dan tulang-tulang pada tubuh bayi anda kini sudah mulai mengeras seiring dengan berkembangnya otak, otot dan paru-parunya.

Kebutuhan gizi bayi anda mulai mencapai puncak selama masa kehamilan trimester ketiga. Untuk itulah, pada usia kehamilan ini anda akan membutuhkan banyak asupan vitamin dan nutrisi seperti halnya vitamin C, protein, asam folat, zat besi dan juga kalsium. Untuk itulah, jangan sungkan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi seperti sayur, buah, daging dan juga biji-bijian. Bila perlu, bantu pula asupan gizi dalam tubuh dengan konsumsi susu ibu hamil agar kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh si buah hati akan dapat terpenuhi dengan baik.

Perubahan yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan pekan ini, pertambahan berat badan anda akan mengalami kenaikan. Dari masa kehamilan awal hingga sampai saat ini, penambahan yang telah terjadi dengan berat badan anda sudah sekitar 8,6-11,3 kg. Sebagian wanita akan mengalami konstipasi yang mana kondisi ini akan dapat menyebabkan sakit perut, tinja yang keras dan tidak teraturnya buang air.

Pada pekan kehamilan ini, tubuh akan memproduksi bermacam-macam hormon yang dapat berpengaruh pada persendian yang melonggar. Kondisi ini pula yang akan dapat menyebabkan kaki menjadi lebih besar sehingga anda mungkin akan perlu mengganti ukuran sepatu dengan 1 ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran sebelumnya.

Selain itu, anda mungkin akan sering merasa sulit untuk bernapas, artinya pernapasan anda akan terasa lebih berat. Hal ini dikarenakan bagian rahim anda yang menekan dan menikangkatnya bobot janin. Akan tetapi, tak perlu khawatir, kondisi ini akan dapat mereda dan membaik setelah bayi anda berada dalam posisi yang siap untuk dilahirkan dengan bagian kepala dibagan bawah.

Selain itu, pada usia kehamilan ini, anda pun akan serta merta merasakan perubahan dan gejala fisik yang akan muncul, seperti diantaranya adalah beberapa gejala hamil yang akan dirasakan pada trimester ketiga akan mulai anda rasakan di pekan ini. Gejala-gejala yang akan dapat mengganggu diantaranya adalah susah atau kurang nyamannya pada saat tidur dan sakit pinggang yang akan sangat menganggu.

Selain itu, gejala lain yang akan juga dirasakan adalah perut anda yang akan mulai terlihat membesar seiring dengan perkembangan janin anda. Dan pada usia ini, perut anda mungkin sudah mulai menampakan benjolan pada saat si janin menendang atau bergerak mencari ruang yang diinginkannya dalam rahim.

Pada usia kehamilan ini, tubuh anda akan mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan dengan ditandai oleh sendi yang akan terasa lebih kendor karena adanya pelepasan hormon rekalsin yang mana hormon ini adalah salah satu hormon kehamilan.

Akan tetapi demikian, semua gejala-gejala ini adalah gejala yang normal yang sebagian besar ibu hamil merasakannya. Untuk itulah, tak perlu merasa khawatir atau risau dengan kondisi ini. Sebaliknya, daripada membebani pikiran anda dengan beberapa hal tersebut, maka sebaiknya penuhi kebutuhan gizi si bayi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi.

Asupan gizi dan nutrisi yang terpenuhi dengan baik akan dapat mendukung perkembangan janin dalam kandungan agar tetap sehat dan perkembangannya tidak terkendala.

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan janin dalam rahim ibu di usia pekan ke 29. Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran yang cukup jelas.

Perkembangan Janin Usia 28 Minggu

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 28 atau yang mana kini, usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 7.

Tahukah anda? Usia kehamilan 7 bulan merupakan periode masa kehamilan yang sakral bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama untuk orang-orang Jawa. Saking sakralnya, momen kehamilan usia 7 bulan seringkali membuat orang-orang Jawa mengadakan ritual syukuran dan doa yang dipanjatkan pada Tuhan dengan maksud meminta resthu atau ridho agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu hamil dapat berjalan dengan baik tanpa adanya halangan dan rintangan.

Ritual ini seringkali disebut dengan ritual "mitoni". Menurut kepercayaan orang Jawa jaman dahulu, periode masa kehamilan ini adalah masa dimana keluarga dan ibu hamil sudah mulai mempersiapkan perlengkapan untuk si calon bayi yang akan lahir. Seperti halnya mempersiapkan popok dan perlengkapan lainnya yang akan dibutuhkan oleh si bayi nantinya.

Dan memang, dalam kenyatannya pada usia kehamilan 7 bulan, bila ternyata si bayi lahir dalam keadaan yang prematur, mereka akan dapat bertahan hidup. Akan tetapi, kondisi ini tetap melihat kondisi si bayi apakan ia memelurkan perawatan yang intensif atau tidak.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini, jenis kelamin si bayi dalam perut anda sudah dapat dipastikan dengan sempurna apakah perempuan atau laki-laki. Dan tentunya, kondisi ini akan dengan jelas bisa anda lihat dengan menggunakan mesin USG.

Nah, selain berbagai perkembangan diatas, ada pula perkembangan lain yang tak kalah menarik yang terjadi dengan si buah hati anda. Apakah saja, perkembangan itu? Mari kita simak dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia 28 Minggu

Dalam kandungan, bayi anda sudah dapat mendengar dengan baik. Kini, ia akan mulai sering merubah posisinya dan mulai merespon terhadap segala rangsangan yang diberikan, seperti halnya cahaya, suara dan rasa nyeri. Semua ini, akan mulai dirasakan oleh si buah hati. Dengan demikianlah, jangan heran bila pada saat pekan ini, bayi anda akan mulai dapat melakukan pergerakan.

Bukan hanya itu, usia perkembangan pekan ini membuat si buah hati sudah mulai dapat membuka kelopak mata dan mengubah kepalanya ke arah sumber cahaya terang yang diberikan dari luar perut si ibu. Tunas kukunya dan lapisan lemak sudah mulai terbentuk pada masa ini. Kondisi ini tentu saja merupakan persiapannya sebelum ia dilahirkan ke dunia.

perkembangan janin minggu 28

Bila anda mulai membayangkan untuk dapat berinteraksi dengan si buah hati dalam kandungan anda. Maka tidak ada salahnya, jika anda mulai memberikan mereka beberapa rangsangan seperti halnya, membaca atau menyanyi. Kedua rangsangan tersebut adalah stimulasi yang baik untuk bayi dalam rahim anda.

Dikarenakan kini, alur saraf dibagian telinga bayi anda sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Untuk itu, jangan merasa sungkan untuk melakukan interaksi dengan si bauh hati, meskipun anda tidak yakin apakah si bayi bisa mendengar atau tidak, akan tetapi respon pergerakannya adalah bukti nyata bahwa ia sudah mulai menangkap dan merasakan rangsangan yang anda berikan untuknya.

Selain itu, perkembangan yang tak kalah pesat pun terjadi dengan bobot tubuhnya. Kini, bayi anda sudah mulai bertambah beratnya menjadi 1 kg dan panjang ukuran tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai ke kakinya, kini panjangnya sudah mencapai 38 cm.

Lapisan lemak pada tubuh si buah hati pun akan terus terbentuk dan tulangnya hampir terbentuk dengan sempurna, akan tetapi tulang-tulang tersebut masih begitu lembut dan lentur. Kondisi ini tentu tidak akan berubah atau mengeras dengan sepenuhnya sebelum si bayi lahir ke dunia. Selain itu, paru-paru pada si bayi sudah terbentuk dengan cukup baik untuk digunakan untuk bernapas menggunakan udara, sehingga meskipun ia lahir pada usia pekan ini, maka si bayi akan dapat bernapas dan bertahan hidup. Jaringan otak pada si bayi pun terus mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Apa Saja yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Hamil?

Sama halnya dengan bayi anda, usia kehamilan pekan ini akan juga membawa perkembangan yang cukup pesat pada tubuh anda. Pada usia kehamilan ini, rahim anda kini akan kira-kira seukuran dengan sebuah bola. Usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga ini, akan banyak perempuan yang mengalami kram dibagian kaki. Selain itu, beberapa perkembangan lain yang juga terjadi dengan ibu adalah adanya masalah pada jam tidur atau terjaga dimalam hari yakni insomnia, konstipasi dan hemoroid.

Selain itu, akibat posisi rahim yang berada dibagian bawah tulang rusuk, maka anda akan mungkin mengalami kesulitan bernapas. Akan tetapi, tak perlu khawatir dampak yang akan anda alami dari kondisi rahim yang membesar ini tidaklah terlalu besar. Selain itu, kondisi ini adalah hal yang wajar, yang mana sebagian besar wanita mengalami hal yang serupa.

Usia kehamilan ini, akan membuat anda mulai merasakan pergerakan si buah hati dalam rahim anda. Bahkan ketika anda menyorotkan cahaya senter pada perut anda, maka si kecil akan mulai bergerak-gerak mengikuti sumber cahaya tersebut. Terkadang bayi pun akan merespon ketika ibunya melakukan gerakan olahraga. Tahukah anda? Pergerakan inilah yang seringkali menjadi penguat hubungan ibu dan bayinya yang tengah dikandung.

Usia kehamilan 7 bulan bukan hanya sebagai momen yang sakral pada periode kehamilan. Pada usia ini, ibu sudah dapat menikmati kehamilannya tanpa adanya gangguan, seperti pada pekan kehamilan sebelumnya. Bulan ini adalah kesempatan untuk ibu dapat beristirahat dengan baik dan membuat diri anda lebih nyaman.

Hal-hal baru dan menyenangkan akan menghiasi hari-hari anda bersama dengan pasangan karena kini si janin akan lebih seirng bergerak dan membuat perhatian anda dan pasangan akan tentu saja teralihkan padanya. Hal ini tentu saja, akan membuat kesegaran dan refreshing tersendiri untuk anda dan pasangan. Yang mana tentunya, obrolan anda dimalam hari bersama dengan si pasangan akan semakin hidup dan semakin hangat mengenai hal-hal yang dibutuhkan oleh si bayi nanti dan kelak. Bahkan, impian tentang masa depan si calon buah hati akan menjadi obrolan yang menyenangkan dan membuat hubungan anda bersama dengan pasangan semakin hangat.

Nah, demikianlah beberapa perkembangan yang terjadi dengan si bayi pada usia kehamilan pekan ke 28 serta perubahan fisik apa saja yang akan dapat terjadi pada ibu hamil pada usia ini. Para ahli mengemukakan bahwa perkembangan bayi dalam rahim pada umumnya berbeda. Akan tetapi, perkembangan diatas, menunjukan perkembangan si bayi secara umum dan garis besar.

Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

Usia kehamilan anda, kini sudah masuk dalam tahapan minggu ke 27.

Pada tahapan ini, ada begitu banyak perkembangan yang menakujubkan yang terjadi dengan si buah hati dalam kandungan anda. Selain itu, ukuran berat tubuhnya dari waktu ke waktu, terus mengalami peningkatan dan perubahan yang begitu signifikan. Yang mana tentunya, kondisi perkembangan ini tidak akan dapat berjalan dengan lancar bila tidak ada dukungan atau kerja sama dari si ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat konsumsi makanan sehat yang dibutuhkan okeh si bayi dalam kandungan ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bund, terus jaga selalu pola makan yang baik dan barengi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena dengan begini, ibu akan dapat terus mendukung perkembangan si bayi dalam kandungan agar tetap berjalan dengan sehat dan lancar.

Selain itu, perjuangan ibu pada usia kehamilan ini rasanya sudah tak lagi seberat waktu-waktu sebelumnya. Pasalnya, jika pada pekan-pekan sebelumnya ibu dibuat kepayahan dengan banyak gejala atau tanda kehamilan awal yang begitu menyiksa, seperti halnya mual, muntah, pusing, lemas dan bahkan beberapa gejala yang membuat ibu seolah tak berdaya, kini sudah tak akan lagi ibu rasakan.

Pada pekan ini bisa dibilang, kehamilan yang ibu jalani terasa lebih bahagia dan lebih menyenangkan. Dibandingkan dengan merasakan banyak gejala yang mengganggu, pada masa ini ibu justru akan lebih fokus dalam merasakan pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh si kecil dalam kandungan. Selain itu, tubuh ibu pun sudah mulai dapat beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan kondisi hamil.

Bukan hanya itu, pada usia kehamilan inipun, nafsu makan ibu sudah berangsur membaik. Sehingga demikian, tidak ada alasan untuk anda mengulur waktu makan atau mengabaikan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan oleh si buah hati. Sebaliknya, jadikanlah momen ini sebagai ajang untuk anda bisa memperbaiki asupan gizi untuk si buah hati dalam kandungan agar perkembangannya dalam rahim senantiasa terjaga dengan baik.

Mengikuti setiap perkembangan si buah hati dalam rahim, tentu menjadi hal yang seolah tak bisa anda lewatkan saat ini. Betapa tidak, apalagi untuk anda para calon ibu hamil yang baru mengalami kehamilan pertama. Momen ini tentu saja, menjadi hal yang tak ingin ibu lewatkan sedikitpun.

perkembangan janin minggu 27

Nah, untuk itulah, melihat antusiame seorang ibu yang begitu besar terhadap perkembangan si janin dala rahimnya, maka kali ini kami pun akan berikan gambaran secara umum bagaimana perkembangan si janin dalam rahim anda pada pekan ke 27 dan perkembangan apa saja yang terjadi dengannya. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia Minggu 27

Pada usia kehamilan 27 minggu ini, kabar baik yang akan cukup menggembirakan pada masa ini adalah kini anda sudah mulai dapat berinteraksi dengan si calon buah hati anda dalam rahim. Beberapa interaksi yang dapat ibu lakukan bersama dengan si calon buah hati diantaranya adalah melalui sentuhan, geraka atau mungkin memberikan musik dengan memperdengarkannya lewat earphone dan didekatkan pada bagian perut anda. Dengan begini, bayi akan mulai merespons anda dengan gerakan.

Jika pada saat hamil usia pekan sebelumnya, anda tidak begitu yakin apakah si buah hati dapat mendengar atau merasakan. Pada momen kehamilan ini, bayi anda sudah mulai bergerak dengan begitu aktif dan mulai dapat merespon stimulasi yang ibu berikan, baik itu berupa sentuhan, gerakan atau nyanyian. Bahkan suara-suara kencang yang ada disekitar ibu seperti teriakan, suara bising jalanan akan dapat dirasakan oleh si kecil dan memicu mereka untuk melakukan lonjakan atau tendangan kecil sebagai responnya. Untuk itulah, jangan heran bila bayi anda akan cenderung lebih banyak bergerak bila kondisi sekitar ibu banyak suara.

Usia kehamilan minggu ini dapat dikatakan bahwa anda sudah mulai dekat dengan trimester ke 3 atau trimester akhir dalam periode kehamilan. Kini, bayi anda mulai mengisi ruang yang tersedia dalam rahim anda secara keseluruhan.

Kini, ia pun sudah mulai dapat membuka dan menutup matannya. Ia pun sudah mulai dapat tidur dan bangun dengan periode yang lebih berkala. Dan mungkin saat ini, si kecil tengah menghisap jari atau jempolnya didalam rahim.

Selain itu, perlu diketahui meskipun pada usia ini si bayi lahir lebih cepat dan mengalami kelahiran yang prematur, akan tetapi tak perlu khawatir sebab pada dasarnya bayi anda akan dapat bertahan hidup namun dengan bantuan medis. Hal ini dikarenakan usia pekan ini, paru-paru si buah hati sudah mulai bekerja dengan semestinya.

Bukan hanya itu, perkembangan lain yang juga tak kalah menakjubkan adalah perkembangan pada bobot tubuhnya yang terus mengalami peningkatan. Pada pekan ini, berat tubuh si bayi sudah mencapai 875 gram dan bila mengukur panjang tubuh si bayi dari bagian kepala sampai kebagian kaki, kini panjangnya telah mencapai 36 cm.

Selain itu, pada usia kehamilan ini, si bayi mungkin sudah mulai mengalami mimpi ketika ia tidur. Hal ini dikemukakan oleh beberapa ahli, bahwasanya bayi dalam kandungan yang telah mencapai usia 27 minggu akan dapat mengalami mimpi. Akan tetapi, meski demikian, belum diketahui apa yang mereka mimpikan dalam rahim. Alur karakteristik dipermukaan otak si bayi sudah mulai muncul dan jaringan otaknya mulai berkembang pada masa kehamilan pekan ini.

Bukan saja itu, perkembangan yang juga terjadi pada si buah hati usia pekan ini adalah perkembangan kelopak matanya yang telah terbentuk dengan sempurna. Ia kini akan mulai dapat menutup dan membuka matanya dengan lebih stabil.

Selain pergerakan bayi sebagai respon dari sebuah rangsangan, pergerakan lain yang mungkin ibu alami pada usia kehamilan pekan ini adalah karena si bayi dalam rahim mengalami cegukan. Kondisi ini umum sekali terjadi. Pergerakan ini mungkin akan terasa aneh untuk anda, karena biasanya si bayi akan lebih sering bergerak, akan tetapi tak perlu khawatir, kondisi ini adalah hal yang wajar dirasakan dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa. Cobalah berikan bayi anda sentuhan untuk membuatnya menjadi lebih tenang sehingga cegukan yang dialaminya menjadi mereda.

Pada usia kehamilan ini, anda mungkin akan mulai mengalami beberapa gejala. Akan tetapi, beberapa gejala tersebut lebih kepada hal yang menyenangkan. Dan umumnya, wanita hamil akan mulai dapat menerima dengan senang hati kehamilannya saat ini. Hal ini dikarenakan, tubuh mereka sudah mulai dapat menyesuaikan diri dengan aktivitas yang dijalani meski dalam keadaan perut yang semakin membesar.

Selain itu, anda mungkin akan pula mengalami mimpi yang aneh atau merasakan kekhawatiran akan masa kelahiran anda nanti. Akan tetapi, jangan membawa hal ini terlalu berat dan menjadi beban anda. Sebaliknya, rileks dan tenanglah dengan kondisi ini anda saat ini.

Perkembangan Janin Usia 26 Minggu

Perkembangan dari pekan ke pekan kini telah anda lewati.

Tak terasa ya, kini kehamilan bunda sudah menginjak pekan ke 26. Rasanya, seperti baru kemarin bunda mengalami banyak keluhan dari gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa. Jika kita tarik kembali kebelakang, rasanya begitu banyak perjuangan da rintangan yang telah bunda lewati dengan sepenuh hati. Dari mulai momen mengetahui kehamilan, merasakan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya mual dan muntah, pusing, lemas dan lain sebagainya dan sampai kini bunda sudah mulai dibuat "lebih tenang" dengan kondisi kehamilan pada pekan ini.

Ya, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, pada usia kehamilan pekan ke 26 minggu atau yang masih berada pada tahapan 6 bulan, perasaan bunda akan lebih nyaman dan lebih tenang menjalani masa kehamilan saat ini. Hal ini, dikarenakan berbagai gejala dan tanda awal kehamilan sudah tak lagi bunda rasakan.

Sehingga demikian, saat ini bunda akan lebih cenderung menikmati perkembangan si buah hati dalam kandungan. Bukan hanya itu, perasaan tenang pada umumnya lebih bisa bunda nikmati pada saat ini. Bahkan kini, yang ada adalah bunda mampu menikmati pergerakan si buah hati dalam kandungan.

Untuk itulah, tidak ada salahnya jika bunda mulai memberikan stimulasi terhadap si janin dalam kandungan dengan melakukan sentuhan, berbicara dengannya atau bahkan memperdengarkannya musik. Meskipun tidak bisa kita dengar, namun didalam perut ia bisa mendengarnya dengan jelas. Jangan heran jika pada saat bunda memberikan stimulasi, si kecil akan juga memberikan respon seperti pergerakan atau menendang.

Perkembangan Janin Usia 26 Minggu

Nah, berbicara mengenai pergerakan si janin dalam rahim. Sebenarnya pada pekan ini, ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si buah hati dalam rahim anda. Perkembangan menakjubkan ini tentu akan terus bertumbuh dan berjalan jika bunda mendukungnya dengan asupan nutiri dan gizi yang dibutuhkan oleh si buah hati. Untuk itu, pastikan bila bunda tidak melewatkan sedikitpun asupan makanan begizi untuk si jabang bayi dalam rahim ya bund.

Bila diukur, kini ukuran bayi anda beratnya sudah mencapai 760 gram. Ukuran berat ini, tentunya mengalami perkembangan dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Sementara untuk panjang tubuhnya, bila diukur dari bagian kepala sampai kebagian tumit, kini panjangnya telah mencapai 36 cm.

perkembangan janin minggu 26

Seiring dengan perkembangan berat dan panjang tubuhnya, kini mata si bayi pun sudah mulai dapat membuka pada kisaran pekan ini. Responnya terhadap suara pun semakin membaik dan lebih konsisten menjelang akhir bulan ke 7 ketika jaringan saraf ditelinganya akan mulai selesai dan sempurna.

Saat ini bayi anda mungkin sudah mulai bisa mendengar anda dan pasangan sedang mengobrol, atau mungkin suara TV yang anda tonton akan pula ia dengar bahkan suara kendaraan dan klakson motor diluar pun akan dapat didengar oleh si buah hati dalam kandungan.

Untuk itulah, sebaiknya tidak membuat suara-suara gaduh yang ribut dan mencekam seperti halnya suara pertengkaran, suara tangisan suara teriakan dan suara lainnya. Sebab disadari atau tidak, kondisi ini akan membuat si bayi dalam kandungan dibuat ketakutan.

Selain perkembangan diatas, bayi anda sata ini pun mungkin sudah dapat melakukan latihan untuk menghirup dan menghembuskan napas, meski didalam kandungan tidak ada udara. Akan tetapi, hal ini adalah latihan dasar yang akan dilakukannya untuk mempersiapkan saat ia lahir nanti.

Sejak perkembangan yang terjadi pada si bayi begitu cepat dan pesat, serta perkembangan pada otaknya yang mulai intens, maka asupan gizi yang dibutuhkan oleh si buah hati akan sangat penting.

Untuk itulah, pastikan bila anda mengkonsumsi asupan makanan yang mencakup kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh si janin dalam rahim anda. Seperti halnya, sayur, buah dan konsumsi biji-bijian.

Selain beberapa perkembangan menakjubkan ditas, pada pekan ini bayi anda pun sudah memiliki pola tidur sendiri, jika si bayi bangun anda mungkin akan mendapati bahkan bayi anda melakukan pergerakan seperti menendang, meninju dan terus bergerak. Sementara itu, bila ia terdiam maka kemungkinan ia sedang tidur.

Namun bila anda beruntung, terkadang bayi anda akan pula meniru pola tidur anda. Pada pekan ini, bayi pun sudah memproduksi sistem kekebalan tubuh yang ia serap dari antibodi anda, hal ini lah yang akan mempersiapkannya sebelum hari kelahiran tiba.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperiksakan?

Setiap berkonsultasi ke dokter kandungan tiap bulanya, dokter atau suster akan memeriksa tekanan darah anda. Pemeriksaan sampel urine pun akan juga dibutuhkan gua mendeteksi bila terdapat kondisi tertentu dalam tubuh anda, seperti halnya adanya diabetes atau preeklamsia.

Bila tes darah rupanya menunjukan bahwa adanya status resus negatif (RhD negatif) dalam tubuh anda, maka nantinya, anda akan disarankan untuk menjalani tes anti ketahanan tubuh (antibody). Terdapat kemungkinan bahwa antibodi ini terdapat dalam darah anda bila bayi anda berstatus RhD positif. Pada kondisi ini, anda perlu mendapatkan injeksi atau suntikan anti-D, guna mencegah reaksi ketidakcocokan antara anda bersama dengan si bayi dalam kandungan.

Pada usia kehamilan pekan ini, beberapa wanita hamil mungkin mengalami pegal-pegal dibagian jari dan juga tangan. Hal ini, pada umumnya dipicu karena saraf yang terdapat dibagian pergelangan tangan terjepit, sehingga menyebabkan adanya tekanan dan menimbulkan rasa nyeri. Bila kondisi ini dirasa mengganggu, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini kepada dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih aman dan lebih baik.

Demikianlah, gambaran mengenai perkembangan bayi pada usia pekan ke 26. Berbeda dengan usia kehamilan pada pekan-pekan sebelumnya, dimana anda masih belum yakin apakah bayi anda bisa mendengar atau merasakan suara-suara dan stimulasi yang anda berikan untuknya.

Pada usia kehamilan 6 bulan atau pada pekan ke 26 ini, anda sudah bisa memastikan perkembangan si bayi dengan memperdengarkannya music atau berbicara dengannya. Dengan begini anda akan dapat menyaksikan sendiri pergerakan dan respon dari si buah hati.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini pada umumnya akan membuat anda lebih bahagia dibandingkan dengan usia sebelumnya. Hal ini dikarenakan segala tanda dan gejala awal kehamilan sudah menghilang pada minggu ini. Sebaliknya, usia kehamilan ini membuat anda bisa merasakan dengan lebih nyaman perkembangan si buah hati dalam rahim anda.

Untuk itulah, guna mendukung perkembangan yang pesat dalam perut anda agar tidak terkendala, maka jaga asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin dalam kandungan anda.

Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

Selamat bunda, kini usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan trimester ke 2 periode kehamilan.

Ya, usia kehamilan yang telah memasuki usia 25 minggu atau setara dengan bulan ke 6 adalah periode trimester ke dua dari 3 periode trimester pada kehamilan. Perjalanan panjang yang telah ibu lalui ini, tentu menjadi hal yang luar biasa dan patut diapresiasi dengan begitu besar. Betapa tidak, tak mudah tentunya menjalani serangkaian momen dan waktu yang cukup menenggangkan dan sebagian mungkin membuat anda dibuat tak tahan menghadapi banyak gejala, terutama gejala yang muncul pada awal-awal periode kehamilan.

Akan tetapi, rupanya berkat rasa cinta ibu yang begitu besar dan cinta kasih ibu yang tak terukur untuk si calon buah hati, nyatanya ibu masih tetap bisa menjalani momen-momen kehamilan yang sedikit banyak menguras tenaga ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bu. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi yang ibu konsumsi. Selain itu, pola hidup yang sehat yang ibu terapkan saat ini adalah salah satu faktor yang membuat perkembangan si buah hati dalam rahim ibu dapat berjalan dengan begitu baik dan begitu luar biasa.

Di usia kehamilan 6 bulan ini, kabar gembira untuk anda semua para calon ibu. Pasalnya, berbeda halnya dengan bulan kehamilan sebelumnya, seperti pada usia kehamilan 4 bulan atau diminggu-minggu pertama awal kehamilan, ibu mugkin harus berhadapan dengan berbagai tanda dan gejala kehamilan yang cukup menganggu, semisal mual, muntah, pusing, lemas atau bahkan perasaan tidak nyaman dengan perubahan yang anda rasakan.

Akan tetapi, pada usia kehamilan ini, beberapa gejala kehamilan yang 'cukup menyiksa' tersebut sudah mulai menghilang dan tak lagi anda rasakan. Hal ini dikarenakan, kini tubuh anda sudah mulai dapat beradaptasi dengan perubahan dan kondisi hamil saat ini. Tubuh anda pun akan mulai merasa lebih nyaman berpergian atau melakukan aktivitas seperti sediakala meski dalam keadaan perut yang mulai membesar.

Selain itu, pada usia kehamilan ini, umumnya anda sudah mendapatkan kembali nafsu makan anda. Sehingga tidak ada alasan untuk mengabaikan asupan nutrisi dan gizi untuk si kecil dalam kandungan. Sebaliknya, jadikanlah momen yang satu ini sebagai sarana untuk memperbaiki asupan gizi anda. Agar demikian, perkembangan si bayi dalam rahim dan kesehatan anda bisa tetap terjaga. Tubuh yang bugar dan fit selama menjalani masa kehamilan akan membuat anda merasa lebih senang.

Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si bayi dalam perut ibu pada usia kehamilan 25 minggu ini, ada begitu banyak perkembangan pesat yang terus terjadi dengannya. Perkembangan paling umum pada usia pekan ini adalah si kecil yang sudah semakin mirip dengan manusia mungil yang seolah akan siap untuk dilahirkan kedunia.

Bukan hanya itu, usia kehamilan pekan ini pun bisa dibilang bahwa usia kehamilan anda sudah semakin matang. Meski si bayi lahir dalam keadaan prematur, pada dasarnya ia masih akan dapat bertahan hidup. Hanya saja, tentunya, dibutuhkan perawatan dan penanganan yang intens pada si buah hati selepas kelahirannya.

perkembangan janin minggu 25

Selain itu pada pekan ini, meskipun tidak ada udara dibagian paru-parunya, bayi anda sudah mulai melakukan pergerakan dalam usahanya untuk dapat bernapas. Semua inderanya, mulai dapat bekerja dengan cepat pada masa ini.

Sekitaran tahap ini, scan otak pada bayi anda mulai dapat menunjukan bahwa ia mulai merespon dengan sentuhan atau adanya rangsangan cahaya. Dengan demikian, pada masa ini, tidak ada salahnya jika ibu mulai memberikan mereka beragam rangsangan guna melatih responnnya agar lebih baik.

Berikan si buah hati dalam kandungan anda stimulasi seperti mengelus-elusnya, membelai perut ibu atau bahkan menyorotkan lampu senter dibagian perut. Dengan begini, anda akan mulai dapat melihat pergerakan si buah hati ketikan anda memberikan mereka rangsangan.

Sementara itu, jika berbicara mengenai berat tubuh dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai tumit, kini beratnya sudah mencapai 660 gram dan panjangnya sekitar 35 cm.

Kini, tubuh si bayi mulai terlihat lebih ramping dan lemak pada tubuhnya mulai tersebar mengisi bagian kulit sehingga kini kulit keriputnya telah berubah menjadi lebih kencang dan membuat rupa si bayi menjadi lebih proporsional bak seorang bayi yang siap untuk dilahirkan ke dunia. Kulitnya kini berubah menjadi berwarna merah mudah, bukan karena kepanansan, sebab dalam rahim suhu si bayi dijaga dengan begitu sempurna oleh air ketuban.

Hal ini dikarenakan, perubahan kulit terjadi akibat dibawah kulit sudah terbentuk kapiler yang mana bagian ini nantinya akan diisi oleh aliran darah, sehingga kulitnya kini seolah terlihat seperti orang kepanansan dengan menampilkan warna merah mudah atau pink.

Bayi anda pun kini sudah mulai dapat buang air besar yang disebut dengan mekonium yang terbentuk dibagian dalam usus besar, mekonium ini nantinya akan ikut terbuang setelah si bayi lahir kedunia.

Perubahan dan Gejala Fisik yang Terjadi Pada Ibu Hamil Usia 25 Minggu

Sama halnya dengan perkembangan si bayi dalam kandungan, akan ada banyak perubahan yang juga ibu rasakan pada masa kehamilan pekan ini. Nah, untuk mengetahui seperti apa saja perubahan dan gejala fisik yang akan dirasakan, maka mari simak dibawah ini.

  • Pada usia kehamilan pekan ini, anda akan lebih mudah merasakan gerak si bayi dalam kandungan anda seiring dengan perkembangannya yang semakin besar dan semakin kuat dalam kandungan ibu.
  • Selain itu, anda mungkin akan mulai merasakan kontraksi kecil berupa mulas, dan bila hal ini membuat makan anda menjadi terganggu, maka cobalah alihkan konsumsi makanan pada makanan ringan yang bergizi dan kaya akan nutrisi. Selain itu, hindari pula konsumsi makanan yang berasa pedas ataupun masam .
  • Bukan hanya itu, hasrat seksualitas anda mungkin akan lebih meningkat pada bulan ini. Dengan demikian, tidak ada salahnya mulai bangkitkan kembali hubungan yang hangat bersama dengan pasangan.
  • Anda pun akan mulai semakin menikmat kehamilan anda dengan perut yang semakin membesar dan umumnya, kelelahan akan datang menjelang datangnya hamil tua yakni pada usia kehamilan 7-9 bulan.

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan bayi pada usia kehamilan 25 minggu dan gejala serta tanda fisik yang akan dialami si ibu hamil pada usia kehamilannya di pekan ini. Pada umumnya, perkembangan setiap bayi mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan diatas, hanya menjelaskan perkembangan bayi secara umum dan garis besarnya saja.

Selain itu, gejala fisik yang akan dirasakan oleh ibu hamil adalah hal yang normal dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa. Untuk itulah, jangan merasa khawatir saat anda mengalami gejala-gejala diatas. Akan tetapi, bila gejala yang anda rasakan terasa janggal, maka segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter terdekat anda.

Perkembangan Janin Usia 24 Minggu

Pada usia kehamilan 24 minggu atau yang mulai menginjak bulan ke-6, biasanya anda akan mulai berbelanja keperluan untuk bakal si calon buah hati anda nantinya.

Sebab pada bulan ini, dokter pada umumnya sudah mulai dapat memastikan jenis kelamin anda melalui scan test atau yang dikenal dengan test USG. Jadi demikian, anda sudah tak lagi perlu memperkirakan ciri-ciri bayi anda apakah berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.

Kegiatan yang satu ini atau kegiatan berbelanja kebutuhan si calon buah hati, biasanya menjadi hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk calon ibu baru. Selain dapat difungsikan untuk mencari peralatan dan perlengkapan untuk si buah hati, hal ini pun pada umumnya seringkali dijadikan pelepas penat guna mengusir kebosanan sekaligus perasaan cemas selama masa kehamilan.

Untuk itulah, bagi anda yang hendak membeli atau berbelanja perlengkapan untuk si calon buah hati, tidak ada salahnya ajak serta sang suami atau pasangan anda agar turut serta memilih setiap perlengkapan yang akan dikenakan si calon buah hati. Dengan begini, biarkan anda dan pasangan saling mengerti dan berbagi kebahagiaan akan penantian si buah hati untuk segera lahir ke dunia yang tinggal menghitung bulan.

Selain kabar gembira mengenai kepastian akan jenis kelamin si calon buah hati dalam kandungan anda. Kabar lain yang tak kalah menggembirakan diantaranya adalah perkembangan si buah hati didalam rahim ibu yang terus mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Dalam rahim ibu, si bayi sudah mulai mendapatkan berbagai macam perkembangan dan pertumbuhan baru yang mana, perkembangan ini akan terus berlanjut hingga sampai pada saat hari kelahiran tiba.

Kondisi si bayi dalam kandungan pada usia kehamilan 24 minggu atau 6 bulan ini bisa dibilang kehamilan anda sudah mendekati usia yang matang, bahkan bila memang ternyata premature, bayi akan dapat bertahan hidup ketika dilahirkan. Akan tetapi tentunya, kelahiran ini harus ditunjang dengan perawatan intensif setelah masa kelahiran.

perkembangan janin minggu 24

Dalam perut ibu, si bayi terus berkembang dan tubuhnya kini hampir mengisi lebih banyak ruang dalam rahim anda, akan tetapi pada masa ini perkembangan pada kulitnya masih terbilang begitu tipis dan rapuh. Selain itu, kulit pada bayi pun masih mengendur dan keriput.

Namun, tak usah khawatir, kondisi ini terjadi sebab dalam tubuhnya, si bayi masih belum mendapatkan asupan lemak. Akan tetapi, setelah pertumbuhan lemak tersebut, maka kulitnya akan mulai mengencang dan terbentuk seperti pada umumnya.

Sementara itu, berat utubh si bayi saat ini lebih dari 600 gram dan ukuran panjang tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai dengan bagian tumitnya, ukurannya kini sudah mencapai 30 cm, yang mana tentunya, perkembangan ini akan terus berlanjut dan bertumbuh sampai ukuran bayi normal pada saat ia akan siap untuk dilahirkan nantinya.

Seiring dengan perkembangan pada tubuh, perkembangan lain yang juga cukup pesat, terjadi pada perkembangan otaknya yang terus bertumbuh dengan pesat. Tastebud pada si bayi telah sepenuhnya berkembang. Bukan hanya itu, kini bila saja anda dapat melihat kedalam perut anda, si bayi telah mulai memiliki jejak kaki karena sidik jarinya sudah mulai terbentuk.

Didalam tubuhnya, paru-parunya tengah berkembang dan tumbuh bak sebuah cabang pohon pernapasan dengan sel-sel yang memproduksi surfaktan. Yang mana zat tesebut adalah zat yang akan membantu kantung udaranya mengembang setelah ia lahir kedunia nantinya.

Pada minggu-minggu sebelumnya, kulitnya sempat nampak membentuk lemak, namuan pada mingu ini, lemak tersebut akan mulai hilang Dan kulitnya akan terlihat transparan serta organ-organ seperti halnya tulang, otot dan pembuluh darah pada si bayi akan dapat terlihat dari kulitnya.

Saat ini bayi anda akan mulai dapat merasakan keseimbangan karena organ-organ keseimbangan didalam telinga bagian dalam sudah mulai terbentuk dengan perlahan mendekati sempurna. Bahkan kini, ia pun sudah mulai mengetahui dan menyadari posisinya didalam perut si ibu. Sebab saat ini rahim sudah mulai cukup besar untuknya dapat bergerak. Untuk itulah, pada usia ini si bayi akan mulai bergerak-gerak untuk mendapatkan posisi yang dirasa nyaman untuknya.

Bukan hanya itu, pada saat ini bayi anda pun sudah mulai belajar untuk berinteraksi dan menyentuh. Bahkan ia akan mulai belajar menggosok perut ibunya. Untuk itulah pada saat ini, tidak ada salahnya jika ibu mengelus-elus bagian perut ibu untuk menenangkannya bila si bayi bergerak dengan tiba-tiba. Hal ini bisa jadi dikarenakan bayi anda merasa kaget dengan suara-suara keras atau bising yang didengarnya, untuk itulah reaksi bergerak dengan tiba-tiba ini dibuatnya sebagai perilaku waspada.

Perubahan Ibu Hamil Usia 24 Minggu

Pada saat usia kehamilan menginjak usia ini, anda mungkin mulai menyadari ada banyak perubahan yang terjadi dengan tubuh anda. Seperti halnya, adanya garis kehamilan dibagian perut, pinggul dan payudara.

Garis-garis ini pada umumnya akan terbentuk dengan samar dengan warna kemerahan atau coklat, yang mana biasanya garis tersebut dinamakan dengan striae. Garis-garis ini tidak akan dapat dihilangkan dengan menggunakan krim atau obat-obatan lain. Akan tetapi demikian, bukan berarti anda tidak akan dapat mengatasi garis-garis ini.

Selama masa kehamilan, sebaiknya kenakan bra yang dapat mendukung bagian payudara. Jangan kenakan bra terlalu kuat untuk membantu anda mencegah atau meminimalkan timbulnya garis-garis ini dibagian payudara anda.

Kondisi timbulnya garis-garis samar ini pada dasarnya adalah hal yang wajar dan normal, bahkan persentasi data menyatakan bahwa 90 persen wanita hamil akan mendapatkan garis-garis ini. Tak perlu khawatir ataupun merasa risau. Kondisi ini memang sedikit banyak akan mempengaruhi estetika keindahan tubuh anda. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, garis kemerahan atau pigmen coklat yang muncul pada bagian tubuh akan secara perlahan memudar seiring dengan proses kelahiran yang telah usai.

Setelah kelahiran, garis samar dan garis kehamilan atau stretch mark akan mulai memudar dan terlihat lebih pudar dibagian area tersebut. Dengan demikian, bersabarlah sebentar. Daripada anda dibuat sibuk dengan terus mengkhawatirkan kondisi ini, lebih baik berfokuslah pada bagaimana menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga asupan makanan agar anda dan si bayi didalam rahim senantiasa terjaga kesehatannya.

Kabar gembira pada usia kehamilan saat ini adalah kebanyakan wanita hamil akan lebih menikmati masa kehamilannya. Hal ini dikarenakan gejala umum atau ciri kehamilan yang cukup menyiksa seperti mual dan muntah sudah tak lagi nampak pada usian ini. Hanya saja, sesak nafas mungkin akan lebih meningkat diusia kehamilan 6 bulan ini.

Gejala atau ciri hamil pada bulan ke 6 ini bukan lagi sebuah tanda yang akan mencirikan bahwa anda sedang hamil atau tidak, namun lebih kepada perubahan dan perkembangan yang terjadi pada ibu hamil pada usia ke 6 bulan ini.

Demikianlah perkembangan dan perubahan yang akan terjadi pada bayi dan ibu hamil usia kehamilan 6 bulan. Semoga bermanfaat!

Perkembangan Janin Usia 23 Minggu

Menginjak usia ke 23 minggu periode kehamilan anda, kini si bayi dalam kandungan tengah mengalami perkembangan yang begitu pesat dan luar biasa.

Yang mana tentunya, perkembangan ini tak semata-mata didapatkan dengan mudah tanpa perjuangan panjang dan menguras banyak waktu dan tenaga. Untuk itulah, atas segala rangkaian perjuangan panjang yang cukup melelahkan hingga sampai saat ini, kamu ucapkan selamat ya bund. Terus jaga pola hidup yang sehat dan perhatikan asupan makanan yang ibu konsumsi untuk tetap mendukung perkembangan si bayi agar tetap sehat dalam rahim bunda. Selain itu, pola hidup yang sehat akan tentu saja menjaga kondisi tubuh ibu agar tetap fit dan bugar selama menjalani masa kehamilan.

Sebagai seorang calon ibu yang saat ini tengah menanti dengan begitu tak sabar akan kehadiran buah hatinya. Kami memahami, bahwa besar rasa ingin tahu bunda akan perkembangan si janin dalam rahimnya. Sehingga tak heran bila sebagian besar bunda, akan senantiasa menanti dan tak ingin melewatkan setiap detik momen pergerakan yang terjadi pada si bayi dalam rahimnya meskipun ia belum lahir kedunia.

Nah, untuk itulah kami akan berikan gambaran seperti apa sih menakjubkan dan luarbiasanya perkembangan si buah hati dalam rahim ibu pada minggu ke 23 ini? Yuk, simak gambarannya dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia 23 Minggu

Pada perkembangan usia ke 23 minggu, ada cukup banyak hal yang terjadi dengan si buah hati dalam rahim anda. Berbagai perkembangan yang menakjubkan pun mulai akan dirasakan oleh si malaikat kecil dalam perut anda.

Sementara itu, jika berbicara ukuran dan berat tubuhnya, kini ukuran berat tubuh si bayi sudah mencapai 500 gram, angka ini tentunya lebih besar dan mengalami kenaikan dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Sedangakan panjang tubuhnya dihitung dari bagian kepala sampai kebagian tumitnya, ukurannya kini sudah mencapai 29 cm.

Pendengaran si bayi kini mulai mengalami perkembangan yang pesat yang membuatnya sudah mulai bisa mendengar suara dengan lebih jelas. Dan sekitar minggu ini, si bayi mungkin sudah mulai dapat mendengar suara-suara dari luar perut ibunya dengan samar. Meski belum terdengar begitu jelas, akan tetapi ini adalah perkembangan yang cukup signifikan. Dengan begini, si bayi akan mulai dapat merasakan rangsangan yang diberikan oleh ibu atau orang lain dari luar.

Pendengarannya saat ini sudah semakin sempurna. Kini, didalam rahim suara yang paling jelas yang akan dapat didengarnya adalah suara detak jantung dan suara pergerakan dalam perut ibu, termasuk ketika perut ibunya keroncongan.

perkembangan janin minggu 23

Suara-suara dari luar seperti halnya suara televisi, suara percakapan si ibu atau bahkan suara anjing, akan mulai bisa dirasakanya. Untuk itulah, tidak heran pada beberapa ibu hamil, bayi mereka akan cenderung lebih aktif ketika mendengar suara ribut diluar.

Hanya saja, jangan heran bila ketika dalam rahim anda hanya merasakan pergerakannya yang aktif saja, selepas si buah hati lahir, beberapa suara-suara yang nyaring tersebut bisa menjadi suara yang menjengkelkan atau suara yang mengganggu untuk si buah hati dan mungkin bisa jadi suara-suara tersebut adalah sumber yang akan mengganggu tidurnya.

Selain progres perkembangan pada pendengarannya yang semakin mendekati sempurna, kini perkembangan lain yang juga tak kalah menakjubkan terjadi dibagian organ internalnya, yakni paru-parunya kini sudah mulai melalui berbagai perubahan dan mulai mengembang guna mendapatkan udara agar si kecil bisa bernapas dengan lebih baik.

Didalam rahim, bayi akan bernapas melalui air ketuban tidak mengguankan udara, akan tetapi paru-parunya mulai dapat bekerja dengan perlahan. Bayi anda mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat pada minggu ini, karena perkembangan cepat inilah, kulitnya mungkin akan mulai sedikit mengendur. Namun bunda tak perlu khawatir, kulit mungil ini akan mengencang kembali saat tubuhnya sudah mulai terisi dengan lemak.

Seiring dengan perkembangan lain yang mulai terus berjalan, buah hati anda kini sudah mulai nampak seperti seorang manusia mungil yang akan siap dilahirkan ke dunia. Wajahnya pun sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan bahkan kini puting pada bagian tubuhnya sudah mulai tumbuh, meski pun masih terlihat begitu kecil dan ukurannya seperti sebuah titik, namun demikian bagian ini tentu akan terus berkembang sehingga pada saatnya tiba, bagian puting pada si bayi akan mulai terbentuk dengan sempurna.

Miliaran sel otak pada bayi sudah mulai terbentuk dan terhubung menjadi jaringan yang begitu kompleks.

Perubahan yang Terjadi Pada Ibu Hamil Usia 23 Minggu

Sama halnya dengan perkembangan janin dalam perut anda yang terus mengalami perkembangan dan perubahan. Hal serupa akan pula ibu hamil rasakan seiring dengan terus berjalan dan bertambahnya usia kehamilan anda.

Akan tetapi, tak perlu khawatir sebab pada usia minggu ini anda tidak lagi akan merasakan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya mual, muntah, lemas dan gejala lainnya. Sebaliknya, pada masa ini tubuh anda akan merasa lebih nyaman dengan kondisi hamil saat ini, sebab pada usia ini tubuh anda sudah mulai bisa beradaptasi beraktivitas dengan kondisi perut yang semakin membesar.

Ada banyak hal yang terjadi dengan tubuh anda pada usia kehamilan ini, salah satunya adalah gusi yang berdarah ketika anda menggosok gigi. Akan tetapi, tak perlu khawatir, kondisi ini adalah hal yang wajar pada masa kehamilan dna sebagian besar wanita hamil mengalami kondisi yang serupa.

Bahkan sebagian kecil ibu hamil lainnya mengeluhkan, pendarahan bukan hanya terjadi pada gusi mereka, namun juga diikuti dengan mimisan atau keluarnya darah dibagian hidung. Meskipun kondisi seperti ini lebih jarang terjadi, akan tetapi sebaiknya bila anda merasa khawatir dengan kondisi seperti ini, segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Umumnya, kondisi gusi berdarah pada saat hamil dipengaruhi akibat meningkatnya hormon kehamilan yang dapat mengakibatkan gusi membengkak dan membuatnya menjadi meradang. Alhasil, ketika bagian ini mengalami inflamasi atau peradangan dan mendapatkan tekanan atau gesekan dari suatu benda asing, maka pendarahan adalah hal yang tidak akan dapat dihindari.

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi berdarah selama masa kehamilan adalah dengna mengunakan sikat dan floss secara teratur. Akan tetapi, lakukan kegiatan ini dengan begitu perlahan dan lembut. Bila perlu, ganti sikat gigi anda dengan sikat gigi yang lebih lembut.

Selain itu, tidak ada salahnya dengan menggunakan obat-obatan herbal yang alami dan aman untuk mengatasi gusi berdarah yang anda alami seperti halnya berkumur dengan menggunakan air garam. Lakukan hal ini secara teratur agar kondisi gusi berdarah akan dapat pulih dengan lebih cepat.

Bukan hanya itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan.

Demikian gambaran seputar perkembangan janin pada usia kehamilan 23 minggu. Semoga penjelasan diatas, memberikan gambaran cukup untuk anda.

Perkembangan Janin Usia 22 Minggu

Usia kehamilan 22 minggu kini telah anda hadapi, dari serangkaian perkembangan yang begitu panjang, akhirnya anda bisa sampai dalam tahap perkembangan ini.

Kami menyadari bahwa setiap perkembangan yang anda alami selama masa kehamilan bukanlah kondisi yang gampang dan mudah untuk dilalui. Ada begitu banyak tantangan dan mungkin keluhan yang anda rasakan yang mana mungkin, ada kalanya anda merasa tersiksa dengan berbagai kondisi yang demikian.

Akan tetapi, karena besarnya cinta dan kasih sayang ibu terhadap si calon buah hati, membuat ibu mengesampingkan lelah dan mengabaikan sakit yang ibu rasakan. Untuk itulah, kami ucapkan selamat untuk semua perjuangan dan usaha ibu hingga sampai saat ini.

Usaha ibu yang begitu besar dan perjuangan yang tak kenal lelah, membuat si janin dalam rahim ibu dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Tetap jaga asupan makan dan selalu terapkan pola hidup yang sehat seperti ini ya bu, agar demikian kesehatan si buah hati dan ibu akan bisa terjaga dengan baik.

Nah, berbicara mengenai perkembangan si janin dalam rahim, kami menyadari betul bahwa setiap perkembangan ini membuat antusias ibu semakin besar. Untuk itulah, kami memahami bahwa besar rasa ingin tahu ibu terhadap setiap pergerakan si buah hati akan membuat ibu dibuat senang dan bahagia.

Untuk itulah, kami akan berikan gambaran mengenai perkembangan si janin dalam rahim ibu pada usia kehamilan 22 minggu ini. Ingin tahu seperti apa perkembangan si janin dalam rahim di usia kehamilan ini? Maka mari kita simak dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia 22 Minggu

Pada perkembangan minggu ini, kini berat tubuh si bayi sudah mencapai 430 gram dan bila mengukur ukuran panjangnya dari bagian kepala sampai tumit, kini ukurannya telah mencapai 27 cm. Ukuran ini tentunya akan terus berkembang sampai akhirnya tiba hari kelahirannya maka bobot tubuh dan panjang tubuhnya akan terus mengalami kenaikan.

Yang mana tentunya, kondisi ini akan besar pengaruhnya pada asupan makanan dan gizi yang ibu konsumsi. Dengan demikian, jangan pernah melewatkan asupan nutrisi dan gizi selama masa kehamilan guna mendukung perkembangan janin dalam rahim ibu.

Seiring dengan perkembangan tubuhnya, kini rupa dan tampilan si bayi semakin mendekati sempurna dengan perlahan. Usia kehamilan 5 bulan atau 22 minggu ini, membuat rupa si bayi bak seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan. Hanya saja, ukurannya masih terlalu kecil karena lemak pada tubuh si bayi belum terbentuk dengan sepenuhnya.

perkembangan janin minggu 22

Meski berat badannya terus meningkat setiap harinya, akan tetapi, kulit pada tubuhnya masih berkerut dan ia masih memerlukan pertambahan berat badan guna menyempurnakan kondisi kulitnya menjadi lebih kuat.

Pada usia kehamilan ini, bibir pada si bayi sudah terbentuk dengan sempurna, sehingga bila saja anda mampu melihat kedalam perut anda, kini anda mungkin akan mendapati bahwa bibir mungil pada si buah hati sudah nampak terlihat dengan jelas.

Akan tetapi, bagian iris mata pada si buah hati masih terlihat kurang gelap pada usia kehamilan ini. Namun demikian, disisi lain perkembangan bagian pencernaan dalamnya yakni organ pankreasnya sudah berkembang dan bekerja dengan baik.

Meskipun terlalu dini, namun pada usia kehamilan ini, tanda-tanda awal dari munculnya gigi pada gusinya sudah mulai terbentukl. Tunas-tunas gigi yang begitu kecil ini sudah mulai terbentuk pada mulut si buah hati. Perlu anda ketahui, setelah kelahirannya, bakal gigi pertamanya akan mulai tumbuh hingga pada saat yang tepat gigi ini akan muncul sebagai pertumbuhan gigi pertamanya.

Selain itu, perkembangan lain yang juga tumbuh seiring dengan usia kehamilan ini adalah kini kaki si bayi sudah tidak lagi menempel pada perut seperti pada usia-usia sebelumnya. Pada perkembangan ini, si janin dalam kandungan anda mulai mampu memberikan respon terhadap rangsangan.

Selain itu, indera pendengarannya akan mulai bekerja. Dengan demikian, ketika anda melakukan serangkaian kegiatan yang menimbulkan suara seperti halnya bernyanyi, berbicara atau bahkan berdoa, maka hal ini akan didengar oleh si buah hati. Yang mana, kegiatan tersebut akan baik dilakukan dengan dan bersama dengan si kecil sebagai latihan dasar atau stimulasi guna merangsang kinerja indera pendengarannya agar lebih baik.

Untuk itulah, tidak ada salahnya jika ibu mulai rajin mengajak si buah hati dalam kandungan untuk berinteraksi, berbicara atau mungkin bernyanyi. Karena meskipun ibu tidak merasakannya, akan tetapi si bayi dalam rahim ibu akan mampu mendengar hal ini.

Perubahan yang Terjadi Pada Ibu Hamil Usia 22 Minggu

Seiring dengan perkembangan yang terjadi dengan si bayi dalam kandungan ibu. Kondisi yang serupa pun akan dialami ibu sebagai dampak dari kehamilan.

Nah, sebagain besar wanita banyak mengatakan bahwa usia kehamilan 5 bulan atau pada usia 20 minggu-an ini adalah periode kehamilan yang menyenangkan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bila pada usia kehamilan 4 bulan anda kadang masih merasa mual, pada masa ini gejala-gejela awal kehamilan seperti mual dan muntah sudah usai.

Pada usia kehamilan ini, tubuh anda sudah mulai dapat menyesuaikan diri untuk melakukan serangkaian aktivitas sehari-hari meski dengan kondisi perut yang mulai membesar. Anda pun kini sudah mulai dapat merasakan dan menikmati setiap reaksi dan pergerakan si kecil dalam perut serta merasa lebih nyaman untuk berpergian dalam keadaan hamil dibandingkan pada periode awal kehamilan dulu.

Selain itu, pada usia kehamilan ini berat badan anda mungkin sudah mengalami penambahan yang cukup signifikan. Sehingga tak heran bila ketika anda bercermin, bagian tubuh selain perut yang membesar, lengan dan paha anda mulai terlihat berisi. Pada usia kehamilan ini, kira-kira penambahan berat tubuh yang akan anda alami bisa mencapai 5.4 kg sampai 6.8 kg.

Nah, mulai dari saat ini anda akan mulai mengalami kenaikan berat badan yang terus berkembang. Selain itu, pada periode ini anda mungkin akan mulai merasakan ngidam dengan menginginkan jenis makanan tertentu. Hal ini tentunya terjadi seiring dengan membaiknya selera makan. Dengan artian lain, pada usia kehamilan ini anda akan mulai mendapatkan kembali selera makan anda.

Pada sebagian besar ibu hamil, terutama masyarakat Indonesia, mereka akan cenderung mengalami ngidam dengan menginginkan jenis makanan atau minuman tertentu. Bila anda mengalami hal serupa, maka tak perlu khawatir atau merasa kaget dengan kondisi ini. Mintalah bantuan suami agar pasangan bisa bekerja sama dalam mewujudkan keinginan anda menyantap makanan atau minuman tertentu.

Dengan menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik bersama dengan pasangan, maka diharapkan kondisi ini (ngidam) akan membuat anda dan pasangan bisa saling memahami dan mengerti. Terkadang keinginan atau ngidam yang dialami oleh seorang wanita hamil lebih cenderung terhadap makanan atau sesuatu yang cukup sulit untuk didapatkan. Untuk itulah, kerjasama dan komunikasi yang baik antara keduanya diharapkan mampu membuat suami dan istri tetap rukun dan harmonis.

Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

Usia kehamilan anda, kini telah memasuki usia ke 21 minggu, yang mana ini artinya pertumbuhan si bayi dalam kandungan akan terus mengalami perkembangan hingga sampai akhirnya tiba hari kelahirannya.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan ini, tentu tidak akan semata-mata bisa ibu lalui tanpa besarnya kasih sayang dan rasa cinta ibu kepada si buah hati yang begitu tak terkira. Meski selama periode kehamilan ada begitu banyak pantangan, cobaan dan bahkan kondisi-kondisi yang cukup menguras tenaga harus ibu jalani, akan tetapi kondisi ini tetap bisa ibu jalani dengan sepenuh hati berkat besarnya cinta ibu kepada si kecil.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-sebesarnya ya bu, semoga perjuangan ibu saat ini bisa membuahkan hasil pada saat waktunya nanti dan semoga si janin dalam kandungan ibu beserta kesehatan ibu senantiasa terjaga.

Nah, pada usia kehamilan 21 minggu atau 5 bulan ini, kini perkembangan janin dalam rahim ibu telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Jika di minggu-minggu sebelumnya, si buah hati masih bergelar janin, kini ia telah tumbuh dan berkembang menjadi seorang bayi, semua organ pada tubuhnya pun sudah mulai terbentuk dengan perlahan mendekati sempurna seperti seorang manusia kecil.

Selain itu, usia kehamilan ini memungkinkan ibu untuk dapat melakukan tes scan atau USG guna mengetahui jenis kelamin si buah hati yang tengah ibu kandung. Untuk itulah, tidak ada salahnya bawa serta pasangan ketika ibu hendak melakukan test scan ini agar kebahagiaan serupa mengetahui jenis kelamin si buah hati bisa dirasakan oleh suami.

Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si buah hati dalam rahim ibu pada usia ke 21 minggu ini, tentunya sudah banyak perkembangan dan pertumbuhan yang telah dialaminya didalam perut ibu. Si buah hati pun kini sudah mampu berinteraksi dan melakukan pergerakan dalam rahim ibu.

Sementara itu, untuk bobot si bayi pada usia kehamilan 21 minggu, kini beratnya sudah mencapai 0,34 kilogram dan ukuran panjang dari bagian kepala hingga kebagian bokong kini sudah mencapai 21,6 cm. Angka ukuran ini tentu akan berbeda-beda pada masing-masing janin karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

perkembangan janin minggu 21

Ketika anda mengunjungi dokter kandungan dan melakukan test guna mengetahui kondisi si janin dalam rahim, anda mungkin menemukan bahwa ukuran janin anda lebih panjang atau mungkin lebih berat, sementara itu sebagian mungkin mendapati bahwa bayi mereka lebih ringan atau lebih pendek ukurannya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, para ahli mengemukakan bahwa setiap janin mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda-beda didalam rahimnya. Ukuran tersebut hanya menggambarkan ukuran normal atau rata-rata pada perkembangan janin.

Pada usia kehamilan minggu ini, kabar gembiranya adalah kini rupa si bayi dalam rahim ibu sudah menyerupai bayi yang siap untuk dilahirkan kedunia, akan tetapi masih dalam ukuran yang begitu kecil. Organ pankreasnya kini sudah berkembang dengan lebih matang. Mata dan bibirnya sudah semakin terbentuk dan terlihat dengan sempurna.

Bulu kening dan kelopak matanya kini sudah terbentuk dengan penuh dan kuku pada jari-jarinya sudah mulai menutupi bagian ujung jarinya. Rupanya kini, sudah bak seorang bayi mungil yang akan siap untuk dilahirkan kedunia. Hanya saja, iris atau bagian dalam bola mata si buah hati pada usia ini masih membutuhkan lebih banyak pigmen. Walau demikian, kelopak dan alis matanya sudah mulai terbentuk dengan perlahan. Kini, ia pun sudah mulai bisa mengedipkan mata-matanya yang kecil dan begitu mungil.

Bila anda memiliki seorang bayi laki-laki, maka pada minggu-minggu mendatang, testisnya akan mulai turun dari bagian panggul ke dalam skrotum. Sementara itu, bila rupanya anda memiliki seorang anak perempuan, maka kini bayi akan mulai memproduksi sel telur sebanyak 6 juta lebih untuk menjadikannya cadangan seumur hidupnya kelak.

Seiring dengan perkembangannya yang sudah mulai pesat, kini si bayi dalam rahim anda sudah mulai dapat mendengar suara-suara yang datang dari luar perut ibunya. Dengan demikian, ketika anda menyanyi, berbicara, berteriak atau bahkan sewaktu ibu tengah membaca, maka hal tersebut akan dapat didengar oleh si buah hati dalam rahim ibu.

Sebagian kajian mendapati bahwa bayi baru lahir akan cencerung menghisap jempol dengan lebih kuat pada saat mendengarkan ibu mereka membaca sewaktu mereka berada dalam kandungan. Untuk itulah, bila anda mau, maka tidak ada salahnya mulai sering membaca buku dan dibaca dengan suara yang cukup keras. Akan tetapi, tentunya pastikan bila anda tidak akan keberatan membaca buku yang sama secara berulang-ulang bila anda mulai kehabisan bahan bacaan seperti majalan atau novel favorit anda.

Pada usia kehamilan ini, si kecil dalam rahim mulai bergerak-gerak dan sementara itu organ dalam pencernaannya sudah semakin matang dan mulai bekerja sebagaimana mestinya. Organ vital pada bayi seperti testis dan vagina akan mulai terbentuk dan akan terus berkembang sampai hari kelahiran tiba.

Dalam mendukung perkembangan si bayi dalam rahim ini, maka sudah seharusnya ibu hamil dapat menjaga pola hidup yang sehat dan senantiasa memperhatikan asupan makanan dalam tubuhnya.

Bayi dalam rahim anda memperoleh oksigen dari anda melalui plasenta. Paru-parunya memang belum berfungsi dengan baik, akan tetapi ia kini mulai berlatih untuk bernafas guna mempersiapkan diri hidup diluar rahim.

Selain itu, kini si jabang bayi sudah mulai mendapatkan energi dan nutrisi lebih dengan cara menelan air ketuban, meskipun nutrisi masih disokong dari plasenta yang terhubung lewat tali pusar. Bayi masih memiliki banyak ruang untuk bergerak dalam rahim, ia masih dapat bergerak dan bahkan berjungkir balik sekalipun dalam rahim. Dengan demikianlah, meski diantara kita banyak yang bertanya-tanya apakah rahim kita tidak akan terlalu sempit untuk mereka, namun demikian mereka akan tetap bisa mendapatkan ruang yang cukup untuknya bisa bergerak.

Tanda Kehamilan Usia 21 Minggu

Seiring dengan perkembangan si janin dalam rahim, perkembangan ini pun akan pula membawa pengaruh terhadap fisik ibu. Akan ada beberapa tanda atau gejala yang mungkin dirasakan oleh ibu pada usia kehamilan minggu ini.

Pada usia kehamilan ini, anda mungkin tidak akan menyadari bahwa telah terjadi perubahan dengan tubuh anda. Dengan demikian, jangan terkejut bila anda melihat diri anda didepan cermin, kini mungkin ukuran perut anda ukurannya mulai membesar dari ukuran biasanya. Namun tak perlu khawatir, kenaikan berat tubuh yang terjadi pada diri anda ini dikarenakan anda mengandung si buah hati dalam rahim anda.

Selain itu, perubahan lain yang akan mungkin terlihat dengan fisik anda adalah dengan mulai membesar atau membengkaknya jari-jari pada kaki dan persendian lainnya yang mulai melonggar. Perubahan ini tentu terjadi karena pengaruh hormon kehamilan yang anda alami.

Sampai saat ini belum anda ukuran normal atas seberapa besar pembengkakan atau benjolan yang terjadi pada tubuh anda sebagai bagian dari tanda kehamilan. Untuk itulah, cobalah untuk tidak perlu merasa khawatir terlalu berlebihan jika anda merasakan adanya benjolan atau pembengakakn yang terjadi dengan tubuh anda.

Akan tetapi, bila efek benjolan atau gejala lain yang terjadi dengan tubuh anda rupanya disertai dengan gejala lainnya, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter atau bidan yang menangani anda.

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 20, yang mana ini artinya bulan ke 5 kehamilan sudah mulai anda masuki.

Pada usia kehamilan ini, bukan hanya perkembangan janin yang mulai mengalami banyak perubahan dan pertumbuhan yang pesat. Namun ada banyak hal yang mulai terjadi dengan ibu hamil.

Diusia kehamilan pekan ini, anda mungkin sudah memerlukan pakaian hamil, sebab saat ini perut anda sudah mulai membesar. Bila anda masih penasaran dan belum percaya dengan perubahan perut ini, maka cobalah untuk berdiri di depan kaca dan posisikan berdiri menyamping, kini perut anda akan terlihat buncit dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan anda sebelumnya. Selain itu, anda pun bisa melakukan pengukuran ini dengan menggunakan meteran lingkar (pita meteran). Ketika menggunakan pengukur ini, sebelumnya anda harus memiliki ukuran normal anda, sehingga ukuran tersebut bisa dijadikan pembanding untuk ukuran anda saat ini.

Perkembangan perut yang mulai membesar ini, tentu menjadi kabar gembira untuk anda dan pasangan yang telah menantikan sekian lama kehamilan ini. Untuk itulah, tidak ada salahnya jika anda membagi kabar perubahan ini bersama dengan pasangan, agar ia pun bisa memperhatikan dengan seksama perubahan tubuh anda saat ini.

Selain itu, kabar lain yang tak kalah menggembirakan pada usia kehamilan pekan ini adalah anda telah melewati masa rawan keguguran akibat pendarahan yang bisa terjadi karena faktor kecapekan atau si janin yang belum menempel dengan kuat pada bagian rahim. Hal ini dikarenakan kini si janin sudah menempel di dinding rahim dengan lebih kuat, dengan demikian anda tidak akan menjumpai flek darah yang keluar.

Namun demikian, tetap saja kondisi ini haruslah didukung dengan istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi guna membantu kondisi si janin dan ibu hamil agar tetap sehat dan kuat.

perkembangan janin minggu 20

Pada saat usia kehamilan ini, ciri atau tanda kehamilan sudah tak lagi perlu dipertanyakan secara mendetail, sebab pada dasarnya anda sendiri akan mulai menyadari bahwa anda tengah hamil.

Pada umumnya, seorang wanita hail akan mulai menerima kondisi tersebut. Dengan kata lain, kini tubuhnya sudah mulai beradaptasi dengan kondisi kehamilannya, sehingga kini kehamilan yang dijalani terasa lebih bahagia dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya. Karena beberapa tanda kehamilan menganggu seperti mual, muntah, lemah dan lain sebagainya yang anda rasakan sudah mulai menghilang dan tak lagi dialami.

Sementara itu, perut sudah mulai terlihat membesar dan bagi orang-orang yang disekitarnya pun mereka akan mulai menyadari bahwa kini anda tengah mengandung tanpa anda harus memberi tahu mereka bahwa anda sedang hamil.

Pada saat inilah, mungkin sudah saatnya untuk anda berbelanja pakaian hamil atau menyiapkan pakaian hamil pemberian dari saudara, teman atau mungkin dari ibu mertua anda, hal-hal seperti inilah yang akan membuat kehamilan anda akan terasa lebih spesial.

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

Selain beberapa perkembangan kehamilan yang akan terjadi pada ibu hamil, perkembangan lain yang juga penting diketahui pada usia ini adalah perkembangan janin dalam rahim anda.

Pada usia ke 20 minggu, sampai saat ini jika diukur panjang si bayi dari bagian kepala hingga ke bagian bokong panjangnya sudah mencapat 26 cm dan berat tubuh pada si bayi terus bertambah dari minggu ke minggunya. Hal ini dikarenakan perkembangan organ pada tubuh bayi yang sudah hampir terbentuk sepenuhnya.

Selain itu, pada masa ini tubuh si bayi sudah dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut dengan vernix caseosa. Lapisan inilah yang akan melindungi bagian kulit bayi selama ia berada dalam cairan ketuban. Hal ini juga yang akan memudahkan jalannya kelahiran pada si bayi.

Pada usia pekan ini, si bayi sudah mulai menelan. Hal ini adalah latihan dasar yang dilakukan si bayi untuk melatih bagian sistem pencernaannya. Bayi anda akan lebih banyak menelan. Tubuhnya akan menyerap air dalam cairan ketubannya dan memasukkanya kedalam usus besar. Di ususnya terdapat cairan lengket dari sistem pencernaan. Cairan ini disebut dengan mekonium yang terakumulasi. Yang mana bagian ini akan muncul sebagai buang air besar pertamanya saat ia lahir nanti.

Untuk itulah, guna membantu si janin dalam rahim anda agar mendapatkan asupan nutirisi dan gizi yang cukup, maka ibu hamil harus memastikan bahwa dirinya mendapatkan cukup asupan makanan yang bergizi, termasuk asupan zat besi. Bayi dalam rahim anda akan membutuhkan zat besi dalam pembuatan sel darah merah.

Akan tetapi, pada kenyataannya akan sulit rasanya bagi seseorang bisa mendapatkan asupan gizi dan banyak nutrisi lainnya dengan hanya melahap satu jenis makanan. Untuk itulah, ibu hamil diharapkan bisa lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Salah satu jenis makanan yang menyumbang pemberian zat besi yang banyak dalam tubuh adalah dengan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, bayam dan juga oat yang dipercaya memiliki kandungan zat besi yang begitu tinggi.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini sudah semestinya membuat anda mulai menerapkan pola hidup yang sehat dan menghindari segala kebiasaan buruk, seperti halnya merokok, konsumsi alkohol dan lain sebagainya. Beberapa kebiasaan buruk tersebut dampaknya akan fatal pada kesehatan dan perkembangan si buah hati dalam rahim anda. Untuk itulah, segera hentikan semua kebiasaan yang akan membuat anda mempertaruhkan keselamatan si buah hati.

Perubahan dan Gejala Fisik Pada Ibu Hamil

Pada pekan ini, ada beberap perubahan dan gejala fisik yang akan mulai dirasakan oleh ibu hamil. Beberapa gejala dibawah ini sifatnya umum dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa.

Hanya saja, bila anda merasakan sesuatu terjadi dengan tubuh anda atau anda mengalami rasanya nyeri yang berlebihan dibagian rahim atau bagian area kewanitaan. Maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter atau bidan. Agar demikian, penanganan yang tepat bisa segera anda dapatkan.

Adapun beberapa perubahan dan gejala yang dirasakan pada usia kehamilan 20 minggu, diantaranya adalah:

  • Pada pekan ini anda akan lebih sering merasakan gerak janin dalam kandungan anda. Yang mana, pada beberapa kasus, sebagian wanita hamil dibuat tidak bisa tidur karena gerak yang terlalu aktif dari si janin dalam rahim.
  • Pada pekan ini anda akan terlihat seperti seorang wanita hamil yang sebenarnya, dimana bagian perut anda sudah mulai membesar dan tali pusar anda akan terlihat menjulang. Hal ini dikarenakan rahim anda sudah berada dibagian tengah.
  • Pada pekan ini, anda akan lebih sering ingin ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini dikarenakan ginjal anda bekerja lebih aktif di bulan-bulan kehamilan saat ini.
  • Pada pekan ini, gejala umum wanita hamil masih anda rasakan, sepeti halnya sembelit, sesak nafas, pusing, gusi berdarah dan perubahan di bagian payudara akan semakin nampak jelas. Karena payudara anda sedang mempersiapkan ASI untuk si calon buah hati anda nantinya.

Itulah dia beberapa perubahan dan gejala yang akan dirasakan oleh ibu hamil pada pecan ke 20 usia kehamilannya.

Catatan: Menurut pendapat para ahli, setiap janin yang tumbuh dalam rahim ibu, mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Nah, perkembangan janin diatas menggambarkan perkembangan janin secara umum.

Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

Pada perkembangan janin usia 19 minggu, kini ada banyak perkembangan yang terjadi dengan janin dalam rahim anda.

Kabar ini tentu menjadi hal yang akan menggembirakan setiap orangtua, terutama para calon ibu yang telah mendambakan untuk dapat menimang buah hati mereka yang sudah tak sabar mereka nantikan.

Perjalanan panjang yang dilalui oleh ibu pada awal-awal masa kehamilan, mungkin cukup membuat ibu dibuat tersiksa. Belum lagi, beberapa gejala kehamilan seperti perasaan mual, muntah, kram, lemas, mudah lelah dan peningkatan emosi, membuat sebagian besar wanita hamil dibuat frustasi dengan kondisi yang demikian.

Namun, sebenarnya kondisi tersebut wajar, hal ini dikarenakan adanya kenaikan hormon yang melonjak yang terjadi pada ibu hamil, membuat emosi mereka cenderung tak stabil dan menjadi lebih sensitif dibandingkan pada wanita yang tidak hamil. Selain itu, pada dasarnya beberapa gejala yang dialami yang dampaknya cukup menyiksa adalah bentuk dari penyesuaian tubuh dengan kondisi anda yang hamil.

Namun tak perlu khawatir, kabar gembiranya dari usia kehamilan 19 minggu ini adalah beberapa gejala kehamilan tersebut akan dapat menghilang dan tak lagi dirasakan seperti sebelumnya. Dengan demikian, di usia kehamilan ini anda mungkin sudah tak lagi merasakan mual, lemas, keram dan muntah seperti pada minggu-mingu awal masa kehamilan anda.

perkembangan janin minggu 19

Dengan demikian, kondisi ini pada umumnya mungkin akan membuat kehamilan yang anda jalani pada saat ini menjadi lebih bahagia. Sehingga tak heran, bila pada usia kehamilan 4 bulan ini, banyak wanita hamil yang mulai merasa nyaman dan bisa menikmasti masa kehamilan. Mereka pun kini mulai tak segan untuk berbagi kebahagiaan kabar kehamilannya dengan orang lain semisal dengan teman, sahabat, rekan dan banyak orang lainnya.

Kabar kehamilan pun ini mulai tersebar dan berita baiknya dari masa kehamilan usia ini adalah anda tak lagi dihantui dengan perasaan takut akan resiko keguguran karena pada trimester ini janin sudah mulai menempel dengan kuat pada rahim anda. Akan tetapi, demikian, tetap saja anda dianjurkan untuk selalu menjaga kondisi fisik dan tubuh anda guna menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

Pada minggu ke 19 usia kehamilan, ada begitu banyak perkembangan yang telah terjadi dengan janin dalam rahim anda. Kini, matannya sudah terbentuk dengan baik, struktur gigi pada si bayi pun sudah mulai mengeras, begitu pula dengan tulang-tulannya.

Bulu-bulu halus sudah mulai bertumbuh pada tubuhnya, termasuk hadirnya bulu alis dan bulu mata. Perkembangan organ pendukung lain seperti kuku dan rambut pada kepala bayi, kini sudah mulai tumbuh dengan perlahan.

Alat kelamin atau reproduksi pada si bayi sudah mulai berkembang, meskipun sulit dan belum begitu jelas ketika diperiksa dengan USG. Namun demikian, jenis kelamin si buah hati dalam rahim anda sudah dapat terlihat pada usia kehamilan 19 minggu ini. Detak jantung si bayi pun sudah mulai terdengar dengan baik. Kini jantungnya sudah mulai dapat bekerja dan berfungsi dengan baik dengan memompa 25 liter darah setiap harinya.

Masa ini adalah waktu yang penting utnuk perkembangan indera pada si bayi dalam rahim anda. Sel-sel saraf pada otak bayi akan membantu mereka untuk memahami dan bereaksi terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang cukup sibuk yang terjadi didalamnya.

Kini, bagian atas rahim anda sudah mencapai bagian pusar dan akan tumbuh sekitar 1 cm setiap minggunya. Jika mengukur panjang ukuran bayi dari mulai kepala hingga kebagian bokong, kini ukurannya sudah mencapai 14,2 cm dan beratnya sudah sekitar 240 gram. Ukuran panjang dan berat tubuh pada bayi ini tentunya akan terus mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan bertambahnya usia dan perkembangan si bayi dalam perut anda.

Kini, si janin telah dapat menelan cairan ketuban dan ginjalnya sudah bekerja semestinya dengan membuang air seninya. Rambut-rambut pada si bayi pun sudah mulai tumbuh dan terbentuk. Selain itu, perkembangan saraf sensoriknya telah mencapai puncaknya pada pekan ini. Beberapa syaraf dan indera sudah mulai terbentuk mulai dari syaraf untuk mencium, melihat, menyentuh dan mendengar sudah mulai terbentuk pada otaknya.

Kini produksi sel saraf pada si bayi mengalami penurunan dikarenakan adanya pertumbuhan sel saraf yang semakin membesar dan tumbuh menjadi koneksi-koneksi yang lebih kompleks dibagian dalam otaknya.

Nah, pada usia pekan ini, anda mungkin sudah mulai merasakan gerakan-gerakan si bayi dalam perut anda. Jika anda merasa usia kelahiran masih begitu jauh, dengan adanya pergerakan yang anda rasakan ini, mungkin saat ini anda telah mengira bahwa usia kelahiran ini tinggalah menunggu waktu yang tepat saja. Pada kebanyakan ibu hamil, pergerakan dalam perut ini sudah mulai mereka rasakan di usia 18 dan 20 minggu.

Bagi anda yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya, anda mungkin akan bisa mendeteksi pergerakan bayi dalam rahim lebih dini. Akan tetapi, pada ibu yang baru mengalami kehamilan, sebagian dari mereka mengasumsikan bahwa gerakan-gerakan yang terjadi dalam perutnya diartikan sebagai bunyi keroncongan akibat perut yang lapar. Padahal, didalam perut si baiy mungkin sedang melakukan beberapa pergerakan seperti berbalik, bergerak dan lain sebagainya.

Nah, ketika anda mulai merasakan pergerakan pertama pada si buah hari dalam kandungan anda, tidak ada salahnya jika anda mulai membuat catatan kapan pertama kali anda merasakan pergerakan tersebut. Agar nantinya ketika anda melakukan pemeriksakan rutin bersama dengan bidan, bidan akan tahu bagaimana perkembangan anda bersama si janin dalam rahim.

Pada usia pekan ini, anda mungkin akan merasakan tendangan dan pergerakan si bayi dalam rahim yang makin membesar dan intensitasnya menjadi semakin sering. Akan pula ada masa-masanya dimana saat si kecil terlalu aktif dalam perut anda, kondisi ini akan membuat anda tidak dapat tidur dimalam hari. Sementara itu, sepuluh minggu ke depan adalah masa yang paling sibuk dan aktif bagi bayi anda.

Untuk itu, kedepannya anda mungkin akan lebih sering mengalami pergerakan dalam perut anda. Akan tetapi, kondisi pergerakan ini akan lebih berkurang intensitasnya jika ibu hamil mengalami rahim yang sempit.

Untuk itulah, penting sekali mencatatkan kapan pertama kali anda mengalami pergerakan si buah hati dalam perut anda dan mengkonsultasikannya ke bidan guna memeriksa jika rahim anda sempit.

Demikianlah gambaran mengenai perkembangan janin dalam rahim pada minggu ke 19 usia kehamilan. Menurut para pakar menyatakan, bahwa perkembangan bayi dalam rahim, pada umumnya berbeda-beda. Nah, perkembangan bayi diatas menjelaskan perkembangan janin secara umum. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi yang cukup untuk anda dan semoga bermanfaat.

Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Usia kehamilan anda kini sudah masuk pada usia 18 minggu, yang mana pada usia ini, janin anda akan terus mengalami perkembangan yang pesat.

Serangkaian perjalanan panjang yang telah anda jalani sebelumnya, termasuk mengalami banyak gejala kehamilan yang cukup menyiksa dan menganggu, mungkin tak akan lagi anda alami pada usia kehamilan di minggu ini. Sebab pada minggu ini, tubuh sudah mulai beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan anda.

Jika pada usia kehamilan sebelumnya anda mengalami mual, muntah, kram, lemas dan pusing. Pada usia kehamilan minggu ini, beberapa gejala diatas mungkin akan mulai menghilang.

Pada usia kehamilan ini, ibu hamil mungkin sudah mulai merasa bahagia dan berbagi kabar kehamilannya ini bersama dengan orang lain, seperti sahabat, rekan, keluarga dan mungkin teman-teman kantornya. Dari sinilah, kabar kehamilan akan mulai menyebar dan ucapan selamat dari ponsel, email atau komentar di facebook akan mulai berdatangan.

Usia kehamilan 18 minggu atau yang setara dengan hitungan 4 bulan adalah waktu dimana kini perut anda sudah mulai membesar. Jika anda mengukur lingkar perut anda dengan menggunakan pita meteran, kini anda mungkin menemukan bahwa ukuran perut anda meningkat.

Kabar ini tentu menjadi hal yang menggembirakan dan untuk anda yang mengalami kehamilan pertama, hal ini mungkin membuat anda mulai menyadari bahwa kehamilan anda adalah hal yang nyata dengan perubahan fisik yang sudah mulai nampak.

Nah, perubahan inilah yang mungkin akan membuat anda sudah memerlukan pakaian yang ukurannya lebih longgar. Selain itu, pembesaran ini pun akan mungkin membuat anda mulai memerlukan pakaian dan celana hamil. Untuk itu, mulailah membuat daftar perlengkapan hamil yang akan anda butuhkan seperti membeli celana hamil, baju hamil dan kaos-kaos yang longgar yang akan membuat anda merasa lebih nyaman menjalani kehamilan anda.

perkembangan janin minggu 18

Selain itu, sebaiknya hindari mengenakan pakaian ketat atau pakaian yang akan membuat pergerakan anda merasa terhalangi, seperti halnya celana jeans. Seiring dengan membesarnya perut anda, sebaiknya hindari mengenakan jenis celanan atau pakaian seperti ini. Sebab kondisi ini, selain akan membuat anda merasa tidak nyaman, juga akan membuat bayi dalam kandungan anda tertekan. Anda tentu tidak ingin mempertaruhkan keselamatan si calon buah hati dalam rahim anda bukan? Untuk itu, menjaga segala hal agar tetap amat dan sehat adalah kunci menjalani kehamilan yang sehat.

Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Berbicara mengenai si janin dalam rahim ibu. Kami memahami bahwa antusias ibu yang besar, membuat anda selalu dibuat penasaran dengan perkembangan si janin dalam rahim anda. Sebagai seorang calon ibu, anda mungkin dibuat bertanya-tanya dan ingin tahu seperti apa perkembangan dan pergerakan yang terjadi dalam rahim anda pada usia kehamilan ini.

Untuk itulah, kami akan hadirkan seperti apa perkembangan janin dalam rahim pada usia kehamilan 18 minggu. Simak dibawah ini.

Pada usia kehamilan 18 minggu, ukuran si janin dari mulai bagian kepala hingga ke bokong akan mulai mencapai 13 cm, sementara berat tubuhnya sudah sekitar 190 gram. Angka kenaikan berat dan panjang tubuh ini, tentunya akan terus mengalami kenaikan seiring dengan perkembangannya usianya yang terus berlanjut.

Usia ini membuat si bayi belajar banyak hal, sehingga hal baru pada usia ini mulai mengalami perkembangan yang cukup banyak. Dadanya kini sudah mulai bergerak naik turun sebagaimana hal ini dilakukannya dalam rangka menirukan cara bernapas. Namun yang dihirupaay bukanlah udara, melainkan cairan amion.

Bukan hanya itu, pembuluh darah pada si janin, kini sudah mulai nampak pada permukaan kulit. Telinganya pun sudah mulai terbentuk dan nampak, meski tampilannya ini belum sesempurna telinga manusia. Akan tetapi, bila anda melihat sekilas, kini si bayi dalam rahim anda mungkin sudah terbentuk dengan sempurna dan bak seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan.

Pada usia kehamialn ini, jenis kelamin si bayi sudah mulai dapat dikenali. Si bayi dalam rahim anda pun sudah mulai bisa mendengar suara-suara dibalik perut ibunya, baik itu suara dari luar atau suara-suara seperti tali pusarnya, detak jantung ibunya atau suara musik yang ibu perdengarkan untuknya.

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika pada usia kehamilan ini anda mulai memberikan bayi dalam kandungan anda sebuah rangsangan atau stimulasi, baik itu sentuhan, bernyanyi, mengajaknya mengobrol dan lain sebagainya. Meskipun si bayi dalam perut anda belum memahami maksudnya, akan tetapi ia sudah mulai bisa merasakan dan tentunya suara-suara dari oragtua atau ibu akan dikenalinya dan membuat suara ibu tak asing untuknya.

Sementara itu, perkembangan janin yang akan lebih bisa ibu rasakan dengan jelas, biasanya akan mulai terjadi pada usia ke 20 minggu, dari usia inilah ibu akan mulai bisa merasakan gerakan-gerakan si janin dengan lebih jelas, termasuk tendangan dan pukulan yang diberikan oleh si buah hati.

Pada pertengahan usia kehamilan, sebuah test scan ultrasound atau yang lebih dikenal dengan sebutan scan anomali, biasanya aka dilakukan pada usia kehamilan antara 18 dan 22 minggu. Scan ini pada umumnya dilakukan guna mengecheck perkembangan dan pertumbuhan si bayi serta memeriksa apakah usia kehamilan anda sudah akurat atau belum.

Saat melakukan scan ini, anda mungkin melihat bahwa bayi dalam kandungan anda melakukan beberapa pergerakan seperti menendang, meraih, berguling atau bahkan tengah menghisap ibu jarinya. Nah, pemeriksaan scan ini bisa dijadikan momen dimana anda bisa membawa serta pasangan anda untuk bisa menyaksikan perkembangan bayi ini secara bersama-sama.

Sudah pasti hal ini akan menjadi momen yang mendebarkan sekaligus mengharukan bila anda dan pasangan bisa bersama-sama menyaksikannya. Selain itu, anda pun bisa meminta dokter agar anda bisa membawa pulang foto scan dari perkembangan si janin dalam rahim anda.

Ketika melakukan scan ultraound atau USG ini, bila ternyata bayi yang ada dalam perut anda adalah seorang bayi perempuan, bisanya, vagina, uterus dan falopi akan berada di tempat yang seharusnya. Sementara bila ternyata bayi anda adalah seorang laki-laki, maka alat kelamin pada si bayi pada umumnya akan lebih sulit dikenali. Selain itu, pemeriksaan ini pun perlu dilakukan untuk mendeteksi jika ternyata anda tengah mengandung anak kembar.

Nah, mulai usia kehamilan saat ini, ketika anda berbaring, posisi terbaik anda untuk bisa berbaring adalah dengan berbaring menyamping, atau setidaknya cobalah mencondongkan bagian tubuh agak miring ke satu sisi.

Ketika anda berbaring dengan telentang, bagian uterus anda akan menekan bagian vena utama. Hal inilah yang akan dapat berakibat pusing, sebab kurangnya darah yang kembali kebagian hati anda. Selain itu, cobalah untuk menempatkan bantal dibagian belakang punggung atau dibagian bawah pinggul anda atau dibagian kaki agar anda dapat berbaring dengan lebih nyaman.

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan pada kehamilan sebelumnya, usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 17 minggu.

Yang mana ini artinya, periode trimester ke 2 masa kehamilan anda, tengah anda jalani saat ini. Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bu.

Perjalanan panjang yang ibu tempuh saat ini memang menjadi serangkaian usaha yang keras dan penuh dengan perjuangan. Betapa tidak, minggu-minggu awal yang ibu jalani, pada umumnya terlihat begitu dramatis. Belum lagi, penyesuaian diri yang baru dengan keadaan hamil, membuat ibu mungkin dibuat kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang baru.

Diperparah lagi dengan gejala morning sickness atau mual dan muntah yang cenderung lebih sering dirasakan pada pagi hari, membuat ibu kesulitan untuk bisa memiliki nafsu makan seperti biasa dan mungkin segala aktivitas yang anda jalani menjadi terhalang karena kendala bau yang lebih sensitive, cenderung lebih membuat ibu merasa tak nyaman.

Namun, akhirnya perjuangan panjang dan kerja keras itu, kini sudah bisa anda lalui. Pada masa kehamilan usia 17 minggu ini, beberapa gejala-gejala awal kehamilan yang pada umumnya lebih banyak menyiksa, sudah tak lagi nampak dan mungkin pada usia kehamilan ini, ibu sudah mulai mendapatkan kembali selera makan ibu seperti sediakala. Selain itu, beberapa gejala lain seperti mudah lelah dan lemas, mungkin sudah sedikit berkurang, karena kini tubuh ibu sudah bisa menyesuaikan dirinya dengan kondisi ibu saat ini.

Untuk itulah, pada saat usia ini rasanya tidak ada lagi alasan yang membuat bunda untuk melewatkan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu dan janin. Sebaliknya, jadikanlah momen ini momen dimana ibu mulai memperbaiki asupan gizi dan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bila perlu konsumsi susu ibu hamil akan dapat mendukung asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin dalam rahim.

Bila ibu dan si janin yang dikandung sehat, maka perkembangannya didalam rahim ibu tidak akan mengalami kendala, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan pesat.

perkembangan janin minggu 17

Usia kehamilan minggu ke 17 atau jika dihitung dengan menggunakan perhitungan bulan, kini usia kehamilan anda sudah masuk pada usia kehmilan 4 bulan.

Pada usia kehamilan ini, anda tak lagi perlu khawatir akan bahaya pendarahaan yang banyak terjadi. Hal ini dikarenakan, pada usia ini, bayi telah menempel dengan lebih kuat dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Akan tetapi, demikian anda harus tetap mengontrol kesehatan anda dan menjaga kesehatan janin yang anda kandung.

Nah, berbicara mengenai perkembangan yang pesat, pada usia ini si janin dalam rahim ibu mengalami perkembangan yang cukup signifikan dibandingkan dengan perkembangan di minggu-minggu sebelumnya.

Kabar ini tentu menjadi kabar gembira untuk ibu yang saat ini tengah menantikan dengan begitu tak sabar buah hatinya agar segera lahir kedunia. Untuk itu, mari kita simak seperti apa perkembangan janin usia 17 minggu dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Pada awal memasuki usia 4 bulan, bayi anda akan kurang lebih ukurannya sekitar 13 cm dengan berat kira-kira 140 gram. Perkembangan berat dan panjang tubuhnya ini dari minggu ke minggu tentu mengalami perkembangan dan untuk perkembangan minggu ini, ukuran berat dan panjang pada si kecil mengalami perkembangan yang relatif pesat. Pada minggu ini, pergerakan akan banyak terjadi dengan si buah hati dalam kandungan anda.

Kini, tempurung pada kepala si bayi mulai terususun dari tulang rawan akan mulai mengeras. Selain itu, saraf dibagian tulang belakangnya kini mulai terselubungi oleh lapisan pelindung yang disebut dengan mielin.

Sementara itu , kelenjar keringat juga mulali berkembang diseluruh tubuhnya. Perkembangan ini pun diimbangi dengan menguatnya bagian saluran tali pusatnya yang mana bagian ini akan menjadi saluran sumber makanannya. Dengan kata lain, makanan atau minuman yang ibu konsumsi, gizi dan nutrisinya akan masuk kebagian saluran tali pusat dan akan dijadikan makanan untuk si buah hati. Untuk itu, selama masa kehamilan, sebaiknya bunda mengontrol asupan makanan untuk si buah hati.

Bukan hanya itu, perkembangan lain yang mulai terbentuk pada si buah hati adalah tubuhnya yang kini mulai membesar mengikuti kepala sehingga wujud si buah hati kini nampak lebih proporsional dengan tubuhnya. Wajahnya pun akan mulai makin nampak serupa bak seorang manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata yang sudah mulai nampak. Bila saja, perkembangan ini mampu anda lihat, maka mungkin saat ini anda akan dibuat menangis terharu atau senang tak tertahankan.

Meski kelopak mata si bayi masih tertutup, namun bola matanya kini sudah mulai bergerak. Mulut kecilnya pun sudah mulai dapat terbuka dan tertutup.

Jari jemari pada si buah hati, kini mulai terbentuk dan sidik jarinnya sudah mulai tercipta dengan perlahan. Perkembangan yang sama pun terjadi dengan tangannya, kini tangan-tangannya yang mungil sudah belajar ia kepalkan.

Pada saat usia perkembangan ini, si bayi dalam rahim anda sudah mulai memiliki kemampuan untuk merespon bunyi dari luar, seperti halnya suara musik dan suara-suara lainnya. Akan tetapi, kemungkinan kondisi ini belum bisa anda dengar atau anda rasakan.

Jadi demikian, tidak ada salahnya jika pada usia ini anda mulai melakukan serangkaian stimulasi bersama dengan jabang bayi dalam perut anda seperti halnya mengobrol, bernyanyi, mendengarkannya musik, berdoa dan lain sebagainya. Segala hal akan mungkin mulai dirasakan oleh si bayi, termasuk kegaduhan-kegaduhan ketika orangtuanya bertengkar. Dengan demikian, sebaiknya hindari segala pertengkaran atau kegaduhan yang akan membuat si bayi merasakan emosi yang ibu rasakan.

Pada usia kehamilan 17 minggu, tubuh si bayi belum menyimpan lemak, sehingga kulitnya pada usia ini akan terlihat keriput. Namun tak perlu khawatir, perkembangan pada usia selanjutnya akan mulai mengisi tubuh si bayi dan membuat tubuhnya akan terbentuk dengan proporsional nantinya.

Perkembangan Ibu dan Gejala Hamil Pada Usia 17 Minggu

Perkembangan pesat yang terjadi dengan si buah hati akan juga membawa perubahan lain pada tubuh atau fisik ibu. Pada awal trimester kedua masa kehamilan, sang ibu biasanya akan mulai dapat menikmati kehamilannya tanpa dihantui dengan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menganggu, seperti pada minggu-minggu sebelumnya.

Pada masa ini si ibu sudah mulai merasa lega dan berbagi kebahagiaan kehamilannya bersama dengan sahabat, saudara atau bahkan rekannya. Kabar kehamilan pun kini sudah mulai tersebar. Dan berita baiknya dari usia kehamilan minggu ini adalah resiko keguguran pada trimester kedua menurun seiring dengan menguatnya si janin dalam rahim ibu.

Pada usia ini, produksi hormon kehamilan sekarang akan diambil alih oleh plasenta. Untuk itulah, ibu akan merasakan kondisi yang lebih baik dan lebih nyaman dibandingkan dengan minggu-minggu kehamilan sebelumnya. Sebab beberapa ciri kehamilan seperti, kram, mulai, pusing, lelah dan muntah sudah mulai menghilang.

Itulah dia beberapa hal yang bisa diketahui dari perkembangan janin dalam kehamilan pada usia 17 minggu.

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Kini usia kehamilan anda sudah memasuki usia minggu ke 16.

Yang mana ini artinya anda sudah memasuki trimester ke dua masa kehamilan anda sebelum nantinya akan berlanjut ke bulan berikutnya sampai masuk ke trimester ke 3 atau trimester akhir periode kehamilan. Serangkaian perjalanan panjang dari masa kehamilan ini tentu akan menjadi masa yang melelahkan bila anda tidak menjalaninya dengan lapang dada. Akan tetapi, nyatanya tidak demikian, buktinya saat ini anda masih bisa menjalani setiap masa yang baru usia kehamilan anda.

Dengan semangat dan usaha anda yang keras, usia kehamilan 16 minggu ini masih anda jalani. Selain itu, kami percaya rasa cinta anda yang besar terhadap si buah hatilah yang membuat anda terus bertahan dan berjuang.

Betapa tidak, buah hati tercinta yang telah sekian lama anda nantikan ini, akhirnya bisa hadir dalam rahim anda yang akan terus bertumbuh menjadi seorang bayi yang akan siap dilahirkan, sehingga rasanya lengkaplah sudah kebahagiaan anda bersama dengan pasangan.

Bak sebuah mimpi menjadi nyata, kondisi ini tentunya akan membuat anda merasa bahagia yang tak tertahankan. Sehingga tidak heran, mengingat usia kelahiran yang tinggal menghitung hari, mungkin saat ini anda sudah mulai mengemas pakaian-pakaian mungil untuk si buah hati dan meletakanya pada keranjang baju bayi yang sudah anda persiapkan.

Bukan hanya itu, ruangan khusus sebagai kamar si bayi mungkin sudah anda dekor dengan cantik bahkan meski anda belum mengetahui dengan pasti apa jenis kelamin si buah hati, beberapa orangtua umumnya lebih cenderung mempersiapkan lebih awal perlengkapan dan peralatan untuk si calon buah hati mereka.

Atas semua rangkaian perjuangan dan persiapan yang sudah anda lakukan selama ini, kami ucapkan selamat yang begitu besar untuk bunda. Sebab tanpa perjuangan dan kerja keras anda, perkembangan si buah hati mungkin tidak akan dapat berjalan dengan lancar seperti saat ini.

Berkat kasih sayang yang besar dan perhatian yang bunda curahkan pula, perkembangan pesat si janin dalam rahim anda seolah seperti menggambarkan bahwa si kecil pun tak sabar ingin meletakan jari jemari kecilnya di hati bunda agar anda bisa merasakan bahwa besar pula rasa cinta mereka untuk anda.

perkembangan janin minggu 16

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Mengingat begitu besar antusiasme setiap bunda untuk dapat mengetahui setiap perkembangan yang terjadi dengan buah hatinya, mungkin tidak cukup untuk mereka hanya dengan melakukan check kesehatan dan perkembangan bayi dengan menggunakan test USG.

Untuk ituah, mengetahui setiap perkembangan janin dalam tahapan per minggu akan membuat anda dapat memantau dan mengetahui seperti apa momen-momen yang dialami oleh si bayi setiap pergantian minggunya. Ingin tahu seperti apa tahapan perkembangan bayi pada usia 16 minggu ini? Simak dibawah ini.

Ukuran tubuh bayi anda pada usia minggu ke 16 ini, kira-kira seukuran dengan buah alpukat. Di minggu ini, perkembangan tubuhnya terjadi dengan begitu pesat dan cepat. Sirkulasi pada si bayi dan kandung kemihnya kini telah sepenuhnya bekerja dan berfungsi. Saat ini mungkin si bayi sudah mulai menemukan mainan barunya yakni tali pusatnya sendiri yang membentang.

Pada minggu ini ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si bayi, bobotnya saat ini kurang lebih sudah mencapai 100 gram dan panjanganya sekiar 10 cm. Kenaikan bobot tubuh ini terbilang sebagai kenaikan yang cukup signifikan dari bobot tubuh sebelumnya. Seiring dengan perkembangan ini, kini otot pada wajah si bayi pun dengan perlahan mulai terbentuk dapat belum dapat di kontrol oleh si bayi dengan baik.

Pada usia ini, kepala si bayi mulai tegak dan matanya sudah berada di posisi seharusnya. Bila anda mampu melihat dengan jelas kedalam perut anda, anda mungkin melihat bahwa rupa si bayi kini sudah terlihat seperti manusia mungil yang begitu lucu. Sistem saraf pada si bayi pun sudah mulai berkembang sehingga otot pada anggota tubuhnya dapat melentur dengan baik.

Dalam rahim anda, si bayi tumbuh didalam cairan yang menenggelamkannya. Napas yang dihembuskannya pun berupa cairan bukan udara. Namun demikian, cairan inilah yang akan melindunginya dan membantunya tumbuh dan perkembang sampai akhirnya ia akan siap untuk di lahirkan nantinya.

Selain itu, pada perkembangan janin usia janin 16 minggu, uterus atau rahim anda sudah mulai mengalami pembesaran yang cukup signifikan. Yang mana kondisi ini pada umumnya akan mulai anda rasakan. Selain itu, pembesaran dibagian perut pun akan mungkin anda lihat dan rasakan.

Pada saat ini, ketika anda bercermin didepan kaca atau mengukur bagian perut dengan menggunakan pita ukuran (alat ukur lingkar), anda mungkin akan menyadari bahwa lingkar perut bagian anda kini mengalami kenaikan. Dari saat ini pula anda mungkin sudah saat mempertimbangkan untuk mengenakan pakaian dan celana yang lebih longgar atau mulai mengenakan pakaian hamil yang akan membuat ana merasa lebih nyaman.

Ketika anda bergerak dengan tiba-tiba, terkadang anda akan merasakan sakit dibagian pinggang. Hal ini dikarenakan logamen di setiap sisi rahim anda yang berada dibagian panggul meregang. Peregangan inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri ketika anda secara mendadak melakukan pergerakan. Namun demikian, kondisi ini pada umumnya adalah hal yang normal dan semua wanita hamil akan merasakan kondisi yang wajar.

Akan tetapi, bila kondisi ini berubah menjadi lebih buruk dan sakit dibagian persendian pada pinggang tak kunjung sembuh atau malah membuat bagian tersebut mengalami pembengkakan, maka sebaiknya hubungi dokter atau kunjungi bidan yang biasa anda kunjungi untuk memeriksakan kesehatan.

Jangan sekali-kali menemui tukang urut atau dipijat seorang diri, salah-salah kondisi ini, malah akan membuat anda kesakitan dan bayi dalam rahim anda menjadi terancam bila saja ada tekanan yang membuat si jabang bayi tertekan.

Perhatikan kembali, janin dalam rahim anda belumlah terbentuk dengan sempurna, jangankan untuk ditekan atau mendapatkan tekanan yang kuat. Rangsangan yang terlalu kuat seperti teroyak akan membuat mereka berada dalam bahaya.

Untuk itulah, sebaiknya jaga semua hal yang terjadi dengan anda. Berkonsultasi ke dokter atau bidan adalah solusi terbaik untuk menangani kondisi atau keluhan kesehatan yang terjadi dengan anda atau janin dalam rahim anda.

Dokter dan bidan dibekali dengan pengetahuan yang tepat dalam menangani pasien atau ibu hamil, dengan demikian penanganan yang akan diberikan oleh dokter dan bidan sifatnya lebih aman dibandingkan dengan orang lain.

Demikian gambaran perkembangan bayi usia 16 minggu pada rahim seorang ibu.

Catatan: Para pakar menyatakan bahwa setiap bayi atau janin memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan diatas hanya menggambarkan secara umum bagaimana pertumbuhan dan perkembangan seorang janin dalam rahim pada usia 16 minggu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang cukup untuk anda.

Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

Perkembangan janin dalam rahim anda, kini telah masuk pada usia 15 minggu menurut perhitungan hari pertama haid terakhir anda.

Perjalanan panjang kehamilan yang sudah anda jalani selama ini, tentu menjadi serangkaian proses yang mendebarkan sekaligus membahagiakan. Dapat menyaksikan sendiri bagaimana perkembangan si buah hati dari momen ke momennya tentu menjadi hal yang sangat mengharukan, segaligus menyenangkan untuk terus disimak.

Betapa tidak, kehadiran si calon buah hati dirumah anda tentu sudah begitu anda nantikan selama ini. Bahkan mungkin saat ini, anda sudah mempersiapkan dan merangkai sebuah kamar mungil yang khusus anda persembahkan untuknya nanti.

Selain itu, perlengkapan lain seperti popok-popok kain yang lucu dan mainan gantung mungkin sudah terpasang di kamarnya yang telah anda dekorasi dengan begitu cantik. Wajar saja, semua ini hanya akan anda persembahkan untuk si buah hati tercinta yang tak selang berapa lama lagi, ia akan hadir kedunia dan mengisi ruang kosong yang telah anda buat untuknya.

Dengan begini, tawa riang dan tangis manjanya akan terdengar haru sekaligus membahagiakan mengisi hari-hari dan setiap detik dalam kehidupan anda.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda. Perjalanan panjang ini tak akan semata-mata bisa bunda tempuh tanpa kerja keras dan usaha bunda untuk selalu mendukung perkembangan dan pertumbuhannya dalam rahim bunda. Jaga selalu pola hidup sehat dan pola makan yang baik serta dapatkan waktu istirahat yang cukup, agar kesehatan bunda dan si buah hati dalam raim tetap bisa terus terjaga dengan baik.

Nah, kami memahami bahwa setiap perkembangan, baik itu perkembangan yang besar atau perkembangan yang sifatnya kecil akan tentu membuat anda sebagai orangtua si buah hati merasa senang dan menjadi momen yang begitu berharga.

Untuk itulah, kami sajikan untuk anda setiap perkembangan si buah hati setiap minggunya dalam rahim bunda. Ingin tahu seperti apa perkembangan si janin dalam rahim pada usia ke 15 minggu? Simak selengkapnya dibawah ini.

perkembangan janin minggu 15

Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

Pada usia kehamilan ini, janin anda mengalami perkembangan yang begitu pesat. Akan tetapi, ukuran si bayi saat ini masih terlalu kecil jika dikepal dengan menggunakan tagan orang dewasa. Bobot tubuhnya pada usia kehamilan ini akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan minggu sebelumnya, kini beratnya sudah mencapai 70 gram dengan panjang tubuh dari bagian kepala hingga ke bagian bokong sekitar 9,1 cm. Ukuran ini tentunya akan terus berkembang dan mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya usia pada si bayi.

Selain itu, pada usia ini si buah hati mungkin sudah mulai mengalami cegukan. Kondisi ini pada umumnya merupakan tanda bahwa si kecil sedang dalam proses memahami bagaimana caranya ia untuk bisa bernapas.

Meskipun si bayi sudah mulai mengalami cegukan, namun hal ini belum bisa anda rasakan atau anda dengarkan dengan baik karena sistem pembuat suara dibagian tenggorokan (trakea) pada si bayi, diisi dengan banyak cairan bukan udara. Akan tetapi setelah kelahiran nanti, maka kondisi cegukan akan lebih sering dirasakan oleh si buah hati bila tubuhnya terkena paparan cuaca dingin dan banyak lagi faktor yang bisa membuatnya mengalami cegukan.

Pada usia kehamilan minggu ini, meski si bayi hanya mengalami kenaikan berat badan yang relatif, akan tetapi, kondisi ini akan juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan anda yang diantaranya pada kehamilan minggu ini kenaikan berat badan yang akan anda alami hingga 2.2-4.5 kg. Penambahan bobot tubuh ini mungkin sebagian dirasakan oleh wanita dan sebagian lain pun ada yang tidak menyadari kenaikan ini. Namun tak perlu khawatir, kenaikan berat tubuh selama masa kehamilan adalah hal yang wajar. Perubahan ini adalah bentuk tubuh untuk mengimbangi perkembangan janin didalam perut anda.

Kini, usia 15 minggu membuat kaki si bayi tumbuh lebih panjang dibandingkan dengan tangannya, yang mana tentunya perkembangan ini akan membuat kaki si bayi lebih proporsional ukurannya dengan ukuran tubuhnya.

Selain itu, otot-otot dan semua persedian pada organ tubuhnya sudah mulai dapat bergerak. Alat kelaminnya pun sudah dapat dikembangkan dengan baik. Alat scan ultrasound pun sudah mulai bisa melihat perkembangan ini. Akan tetapi, mungkin akan butuh waktu lebih lama untuk bunda bisa mengetahui jenis kelamin putra dan putri yang tengah bunda kandung saat ini.

Pada minggu ini, bayi anda sudah mulai dapat mendengar banyak hal seperti halnya suara sistem pencernaannya juga bunyi detak jantungnya. Meski matanya masih tertutup, namun ia pun bisa menjadi sensitif terhadap sorotan cahaya dari luar perut ibu. Minggu ke 15 belas usia kehamilan, membuat telinga si bayi terus berkembang dan mulai nampak seperti telinga manusia dewasa. Matanya kini perlahan mulai berpindah dari sebelah kanan dan kiri menjadi mendekat tepat diatas hidung.

Nah, pada tahapan tengah usia kehamilan anda ini adalah saat yang tepat untuk mulai melakukan beberapa latihan dasar dan olahraga yang dapat mendukung bagian otot-otot kewanitaan agar kuat sehingga jalannya proses kelahiran bisa dijalani dengan lebih lancar.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mulai mencari-cari sumber pengetahuan mengenai kelas antenatal. Terutama untuk anda para calon ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, kursus kebugaran dan olahraga akan membuat anda mendapatkan banyak keuntungan. Apapun program olahrga yang anda ambil, beberapa latihan tersebut akan dapat mempersiapkan anda untuk menghadapi kehamilan yang tinggal menunggu waktu.

Terutama pada usia kehamilan 37 minggu, dari usia kehamilan ini anda harus mulai mempertimbangkan banyak hal dan mungkin menghentikan segala pekerjaan dan rutinitas adalah ide yang baik sebab pada usia ini usia kehamilan anda sudah masuk dalam masak siap untuk melahirkan.

Dengan demikian, jika anda masih melakukan banyak kegiatan dan rutinitas, dikhawatirkan kelahiran anda bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, sebaiknya tinggalah dirumah atau bila memungkinkan mintalah suami atau kerabat anda untuk menemani anda jika saja sewaktu-waktu kontraksi mulai anda rasakan.

Menghindari segala macam aktivitas berat dan melelahkan tentunya bukan hanya penting dilakukan menjelang hari kelahiran saja. Guna mendukung tubuh agar perkembangan janin dalam rahim anda senantiasa sehat, maka rutinitas dan kesibukan yang membuat anda menguras banyak tenaga sebaikya dihindari. Agar demikian, bayi dan anda bisa dalam keadaan yang sehat. Sehingga kelahiran akan dapat anda jalani dengan lebih nyaman dan tanpa tekanan.

Catatan: Setiap perkembangan janin mengalami perkembangan yang berbeda. Perkembangan bayi anda dalam rahim bersama dengan bayi yang lain mungkin akan mengalami perbedaan. Nah, perkembangan diatas hanya menjelaskan perkembangan bayi secara umum.

Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah masuk pada minggu ke 14.

Yang mana ini artinya anda sudah masuk pada periode trimester ke 2 dari 3 trimester pada periode kehamilan. Kini, perkembangan janin dalam rahim anda sudah mengalami perkembangan begitu pesat. Hal ini tentunya tak semata-mata lepas dari dukungan besar bunda yang tak lelah memberikan mereka asupan nutrisi dan gizi yang baik.

Selain itu, peran bunda dalam menjaga pola hidup sehat dan menjalankan pola makan yang baik, membuat perkembangan janin dalam rahim bunda tidak mengalami kendala besar. Untuk itulah, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bunda. Teruslah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat agar si janin dalam rahim bunda bisa terus berkembang dengan pesat dan tanpa adanya halangan.

Sebagai seorang calon ibu yang tengah menanti-nanti hadirnya si buah hati ke dunia, kami memahami bahwa setiap momen perkembangan yang terjadi dengan si buah hati adalah momen berharga untuk anda yang tak ingin anda lewatkan, meski sedetik pun. Termasuk perkembangan si janin dari minggu ke minggu, setiap pertumbuhan kecil yang terjadi dengannya adalah hal yang begitu anda nantikan. Untuk itu, kami hadirkan untuk anda bagaimana perkembangan si janin pada minggu ke 14.

Pada minggu ke 14 ini, perkembangan paling besar yang terjadi dengan buah hati anda adalah tumbuhnya rambut-rambut halus dibagian kepalanya, sudah mulai nampak dan terbentuk. Pada minggu ini, ada banyak pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dengan si kecil. Pertumbuhan bulu-bulu yang terjadi dengan si kecil bukan hanya tumbuh dibagian kepala saja, namun bulu-bulu ini mulai tumbuh dibagian alis dan seluruh tubuhnya. Pertumbuhan bulu-bulu dibagian bawah tubuh bayi disebut dengan lanugo. Bulu-bulu ini biasanya akan menghilang sebelum kelahiran si bayi.

perkembangan janin minggu 14

Sementara itu, jika berbicara ukuran tubuh si bayi. Kini ukuran panjangnya dari bagian kepala hingga ke bokongnya sudah mencapai 8 cm dan beratnya sudah mencapai 40 gram. Angka kenaiakan berat tubuh dan panjang ini, tentu berbeda dari masing-masing perkembangan janin dalam rahim setiap ibu. Hanya saja, bila dirata-rata, ukuran yang umum adalah ukuran 40 gram.

Perkembangan tubuh bayi kini mulai tumbuh dengan lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan kepalanya. Pada minggu ini, kulitnya yang tipis mulai meyimuti bagian tubuhnya dan bagian bawah tubuhnya mulai ditumbui dengan bulu-bulu halus (lanugo) yang mana bulu-bulu ini pada umumnya akan menghilang sebelum masa kelahirannya tiba. Meskipun bulu-bulu alis dan rambutnya mulai tumbuh, biasanya tekstur dan warna dari rambut ini akan berubah saat si buah hati dilahirkan nantinya.

Berkat sinyal dari otaknya, kini otot-otot pada wajah bayi mulai bisa bergerak dan melakukan latihan untuk si bayi dalam menciptakan beberapa eskpresi dengan bertahap satu demi satu. Pada usia kehamilan ini, mungkin si bayi sudah mulai memahami beberapa ekspresi seperti menampakan wajah sedih, mata juling dan meringis. Selain itu, usia kehamilan ini pun akan membuat si bayi mengalami perkembangan yang pesat salah satunya si bayi sudah mulai dapat menghisap ibu jarinya.

Sementara itu, disaat yang bersamaan, bagian organ internal pada bayi seperti halnya ginjal sudah dapat bekerja dan berfungsi dengan memproduksi urine yang akan dilepaskan kedalam cairan tubuh seluruhnya. Kondisi ini akan tetap berlansung sampai hari kelahirannya tiba.

Pada usia kehamilan minggu ke 14, si bayi mulai menelan cairan dari ketubannya sedikit demi sedkit. Cairan ini kemudian akan masuk kedalam perut dan di proses oleh ginjal yang selanjutnya akan dialirkan kembali sebagai urine.

Lengan pada bayi pun sudah terbentuk menjadi lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya. Hatinya pun sudah mulai memproduksi cairan empedu, sementara limpanya sudah mulai memproduksi sel darah merah. Pada usia kehamilan ini, sudah waktunya untuk anda bisa melakukan 2 scan ultrasound di akhir minggu ini.

Sebuah dating scan akan ditawarkan oleh dokter antara minggu ke 11 dan minggu ke 13 lebih 6 hari. Sementara untuk nuchal tranlucency scan, pada umumnya dilakukan guna mendeteksi atau memeriksa apakah bayi anda mengalami gejala down syndrome atau tidak. Scan ini biasanya ditawarkan pada usia kehamilan 11 minggu lebih 2 hari dan 14 minggu lebih satu hari.

Bila anda adalah seorang wanita hamil dengan usia lebih dari 35 tahun sebaiknya seringlah melakukan pemeriksaan kehamilan sebelum tiba saatnya melahirkan. Hal ini penting, karena usia anda akan pula mempengaruhi kehamilan anda saat ini.

Sebagian besar wanita yang memilih menunda kehamilannya hingga mereka merasa sudah siap biasanya akan cukup lama untuk mereka bisa memutuskan kapan mereka ingin punya anak. Hingga tibalah diusia yang sudah cukup tua untuk usia kehamilan seperti misalkan pada usia lebih dri 35 tahun.

Pada usia ini, kehamilan yang akan dihadapi oleh seorang wanita akan semain beresiko. Karena pada usia ini, si wanita memiliki peningkatan resiko kondisi kesehatan yang patut diwasapadai, yang mana sebagian besarnya pada umumnya akan ditemukan saat anda sedang hamil.

Semakin tua usia anda, maka akan semakin besar kemungkinan anda untuk memiliki beberapa kondisi kesehatan yang cukup mengkhawatirkan seperti halnya diabetes dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini tentu akan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan dan kelahiran yang akan anda hadapi serta akan pula mempengaruhi kesehatan anda nantinya.

Selain itu, ancaman keguguran dan kehamilan ektopik (kehamilan yang berkembang diluar rahim) akan lebih besar potensinya jika kehamilan yang anda jalani di usia lebih tua.

Perubahan Pada Tubuh Usia Kehamilan 14 Minggu

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda, hal ini akan pula berdampak pada tubuh anda. Pada usia kehamilan minggu ini, strecth mark atau garis kehamilan akan mulai nampak dibagian perut bagian atas, payudara, paha dan juga bagian bokong. Akan tetapi, diwaktu yang bersamaan, payudara akan mulai mempersiapkan produksi ASI (Air susu ibu) sehingga tak heran bila ketika anda meraba bagian ini, maka akan terasa lebih kencang dan terisi dengan penuh.

Pembuluh darah pada usia kehamilan ini pun akan mulai terlihat dan membentang dengan jelas. Kondisi ini terjadi karena kulit bagian payudara mengalami pembesaran yang cukup besar sehingga pembuluh darah akan mulai nampak pada kulit payudara.

Beberapa hal yang Perlu Diperiksakan

Selain daripada melakukan pemeriksaan kesehatan dan pertumbuhan si bayi dalam rahim ibu dengan menggunakan USG serta melakukan check kesehatan ibu, dibawah ini ada poin-poin yang juga perlu ibu periksakan.

Buang air kecil dengan intensitas yang lebih sering pada masa kehamilan adalah yang wajar dan dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Akan tetapi, bila ibu hamil mengalami sakit atau nyeri pada saat buang air kecil, maka hal ini bisa mengindikasikan adanya keluhan kesehatan didalam tubuh anda seperti halnya infeksi dibagian saluran kandung kemih. Bila kondisi ini tidak segera ditanganni, maka hal ini akan berubah menajdi kondisi yang seirus. Untuk itu, segera konsulitasikan masalah kesehatan ini ke dokter.

Sakit kepala saat hamil pun adalah kondisi yang normal. Namun bila anda mulai mengalami sakit kepala dengan skala sakit yang sudah lagi tak tertahankan, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Demikian beberapa hal yang perlu diperiksakan selama kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

Usia si janin yang tengah berkembang dalam perut anda, kini usinya telah menginjak minggu ke 13.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda. Berkat bunda, tumbuh kembang si buah hati dalam rahim, kini dapat mengalami perkembangan yang pesat dan begitu luar biasa. Semua ini adalah kerja keras dan usaha bunda dalam memberikannya dukungan untuk bisa tumbuh dengan baik.

Asupan nutrisi dan gizi yang bunda berikan untuknya, membuat si kecil bisa tumbuh dengan begitu pesat. Berkat pola hidup sehat yang bunda jalankan pula, perkembangan si janin dalam rahim tidak mengalami kendala. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bund. Semoga perjuangan bunda ini bisa menghasilkan buah yang dapat bunda petik saat hari kelahiran nanti. Tetap jalankan pola hidup sehat dan jaga asupan gizi dan nutrisi untuk si buah hati ya bun, agar si buah hati dan bunda bisa senantiasa sehat dan perkembangannya bisa berjalan dengan tanpa kendala.

Nah, berbicara mengenai perkembangan si janin di usia 13 minggu, kini panjang si bayi mulai dari bagian kepala hingga ke bokong ukurannya sudah mencapai 6.7 cm dan beratnya sudah mencapai 23 gram. Perkembangan pesat ini akan mulai berdampak pada pembesaran rahim ibu yang kini ibu mungkin sudah akan mulai merasakan adanya benjolan dibagian rahim ketika ibu memegang bagian atas dari area kewanitaan.

Nah, inilah yang mungkin akan membuat ibu semakin terharu dengan semakin menyadari bahwa kehamilan yang sedang anda jalani adalah hal yang nyata, dimana tak selang beberapa lama lagi, impian ibu dan suami dalam menimang si buah hati akan kesampaian bila ibu terus mampu menjaga perkembangan si janin agar tetap sehat.

Meski ukuran rahim sudah mulai mengalami pembesaran, akan tetapi ukuran bayi dalam rahim anda masih begitu kecil. Namun demikian, jika saja anda mampu melihat kedalam perut anda, anda akan melihat, kini seorang manusia kecil telah terbentuk dengan sepenuhnya dan mengisi ruang kosong dalam rahim anda. Ia kini suah mulai memiliki sidik jari yang begitu unik.

perkembangan janin minggu 13

Perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan adalah kini si bayi dalam rahim mulai belajar mengemut bagian otot-otot dipipinya, sehingga ketika anda menyentuh dengan perlahan bagian perut anda, ia akan mulai merasakannya dan mulai bereaksi dengan rangsangan sentuhan ini.

Dengan demikian, tak ada salahnya dengan mulai melakukan sentuhan dan melakukan interaksi dengan perut anda. Agar bisa menjadi latihan dasar untuk si kecil guna mengasah kemampuan responnya terhadap rasangan atau stimulasi yang diberikan dari luar.

Bila bayi yang anda kandung adalah perempuan, kini ia mungkin memiliki sekitar 2 juta sel telur dalam ovariumnya. Akan tetapi, hanya sekitar 1 juta sel telur ketika ia dilahirkan kedunia nanti. Kondisi ini akan terus berkurang saat si buah hati beranjak dewasa. Sementara saat si buah hati menginjak usia 17 tahun, maka jumlah sel telur tersebut akan semakin menurun dan penurunan ini cukup signifikan sampai 200.00 sel.

Usia kehamilan 13 minggu ini adalah waktu dimana kini anda sudah memasuki usia trimester ke 2 dari periode 3 trimester kehamilan. Pada usia kehamilan 3 bulan, resiko keguguran akan lebih berkurang dibandingkan pada masa kehamilan 2 bulan yang komperesinya lebih riskan dibandingkan saat usia kehamilan di minggu ini.

Pada usia kehamilan ini, kini perut anda sudah tampak membesar. Kondisi ini mungkin akan membuat anda membutuhkan baju atau pakaian yang lebih longgar dibandingkan dengan pakaian anda sebelumnya. Pakaian yang lebih longgar bukan hanya difungsikan untuk membuat anda lebih nyaman dengan kondisi perut yang membesar dan kenaikan berat badan yang siginifikan, kostum yang lebih longgar tentu dimaksudkan untuk membuat si jabang bayi dalam kandungan anda menjadi lebih aman dan tidak tertekan.

Selain itu, kabar gembira lain yang mungkin anda dapatkan dari usia kehamilan inggu ini adalah berkurangnya gejala-gejala kehamilan yang cukup menganggu seperti halnya morning sickness dan lain sebagainya. Kini, tubuh anda mulai dapat menyesuaikan dirinya dengan perubahan tubuh saat anda hamil.

Yang mana demikian, kondisi ini tentu akan membuat anda lebih tenang dan lebih nyaman. Sehingga tidak ada alasan untuk anda menunda makan, malas mengkonsumsi makanan dan lain sebagainya yang menyangkut kesehatan si jabang bayi.

Sebaliknya, jadikanlah momen ini sebagai momen dimana anda bisa memperbaiki asupan gizi dan nutrisi anda untuk diberikan kepada si buah hati dalam kandungan. Agar anda dan si janin dalam rahim anda bisa sehat karena terjaga asupan gizinya.

Selain beberapa perkembangan diatas, janin anda dalam rahim kini mulai mengalami cegukan, meski demikian anda belum bisa merasakan kondisi ini. Adapun kondisi cegukan yang dialami oleh si bayi dalam rahim adalah sebuah pertanda bahwa kini ia tengah berlatih untuk dapat bernapas. Bayi pun sudah mulai belajar menghisap yang mana hal ini merupakan persiapan nantinya ia akan mencari puting susu setelah ia lahir kedunia.

Apa Saja yang Terjadi dengan Tubuh Ibu Usia Kehamilan 13 Minggu?

Berbeda pada usia kehamilain 1 dan dua bulan, dimana anda merasakan mual dan muntah yang begtiu menyiksa, perasaan lemas, emosi yang meledak-ledak dan gejala lainnya secara terus menerus. Pada usia kehamilan 13 minggu atau 3 bulan, kini kondisi anda mungkin terasa lebih sehat. Gairah seksual yang barangkali sebelumnya dirasakan menurun pada awal masa kehamilan, saat ini bisa jadi telah membaik dan malah beranjak naik. Akan tetapi, perasaan ibu yang enggan atau malas berhubungan bersama dengan suami pun adalah hal yang wajar dan dirasakan oleh sebagian wanita hamil.

Sebagian perut wanita pada usia kehamilan ini sudah mulai nampak membesar. Serta frekuensi buang air kecilnya bisa saja meningkat. Hal ini dikarenakan kandung kemih si ibu hamil yang tertekan dengan rahim.

Meski anda belum bertransformasi mengenakan pakaian hamil pada masa ini, sebaiknya beralihlah pada pakaian longgar yang akan membuat anda merasa lebih nyaman. Selain itu, pada umumnya ibu hamil akan lebih cenderung mudah merasakan gerah dan panas, untuk itu pemilihan bahan pakaian selama masa kehamilan adalah solusi yang baik dalam menangani masalah kepanasan dan mudah kegerahan pada masa kehamilan.

Bukan hanya itu, pengaplikasian fashion atau gaya berbusana pada ibu hamil untuk tampil cantik selama kehamilan sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Ibu hamil tidak dianjurkan mengenakan sepatu dengan hak tinggi yang akan membuat mereka kelelahan dan merasa tersiksa dengan perasaan yang tidak nyaman. Selain itu, penggunaan sepatu dengan hak tinggi selama masa kehamilan akan beresiko parises pada ibu hamil.

Itulah dia beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ibu hamil di minggu ke 13. Segala perubahan selama masa kehamilan adalah hal pasti yang akan mungkin anda hadapi. Untuk itu, jangan khawatir atau takut dengan perubahan tersebut karena beberapa perubahan tersebut sifatnya umum dan akan dirasakan oleh hampir sebagian besar ibu hamil. Hanya saja, bila anda merasa tubuh anda mengalami perubahan yang janggal, maka sebaiknya konsultasikan dengan segera perubahan tersebut ke dokter.

Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Usia kehamilan anda kini telah memasuki minggu ke 12, begitupun dengan perkembangan janin dalam rahim anda yang semakin membesar.

Pada perkembangan usia minggu ini, si janin terus mengalami perkembangan yang pesat sebelum terbentuk menjadi bayi yang akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda atau perkembangan sehat si jabang bayi dalam rahim bunda, selamat juga karena selama ini bunda tetap menjaga asupan makanan sehat dan menjalankan pola hidup yang baik demi menjaga kesehatan dan keselamatan si jabang bayi yang bunda kandung. Semoga, kondisi ini tetap bunda jaga dan bunda lakukan sampai nanti hari kelahiran tiba ya bunda.

Perkembangan Janin Usia Minggu Ke-12

Nah, berbicara mengenai perkembangan janin dalam perut bunda pada usia ini, kini si janin sudah mulai bisa bergerak-gerak dan menendang-nendang.

Meskipun rasanya terlalu dini untuk bunda bisa merasakan gerakan si bayi dalam rahim, namu nyatanya pada minggu ke-12 inilah si bayi mulai dapat memberikan respon akan suatu gerakan.

perkembangan janin minggu 12

Si janin kini sudah mulai mampu menggerakan jari tangan dan kakinya dengan perlahan. Bahkan pada beberapa kasus, bagi anda yang memegang bagian perut akan merasakan respon si bayi ketika meninju dan menendang. Bukan hanya itu, diusia kehamilan minggu ini, si janin sudah mulai bisa bergerak dan bergeser, meskipun pergerakan ini belum bisa dirasakan oleh si ibu.

Berbicara mengenai ukuran si janin dalam perut bunda, kini ukuran panjang dari bagian kepala hingga kebagian punggungnya sudah mencapai 5.5 cm dan berat tubuhnya kurag lebih telah mencapai 14 gram. Rupa wajah pada si bayi pun kini sudah lebih mirip manusia, dan matanya yang semula muncul dibagian sisi kepala, kini telah bergeser dan menajdi lebih rapat.

Bukan hanya itu, beberapa organ internal pada si janin seperti hatinya, kini sudah mulai mengeluarkan empedu dan ginjalnya sudah bekerja dalam mengalirkan air kecil pada kandung kemih.

Berita paling membahagiakan dari perkembangan janin pada minggu ini adalah kini si respon si bayi terhadap rangsangan mulai terasah dengan baik, meski perlahan, akan tetapi mengingat perkembangan kebelakang dengan memakan waktu cukup lama dan mendebarkan, tentu ini menjadi progres yang baik untuknya. Si bayi pun sudah mulai belajar menggeliat dan meregangkan organ tubuhnya, meski demikian pergerakan ini belum bisa ibu rasakan.

Sel-sel saraf pada janin kini mulia bercabang dan saling berhubungan dengan pesat dengan saraf diotaknya (sinapsis) yang mulai membentuk dengan perlahan. Kini, si janin mulai dapat mengepalkan jari-jarinya dan melipat kakinya serta mengedipkan otot-otot matanya. Kini, didalam tubuhnya, organ-organ yang ada mulai bekerja dan melakukan tugas-tugasnya dengan lebih kompleks.

Nah, ketika anda melakukan pemeriksaan ini ke bidan atau dokter, bidan kini sudah mulai bisa merasakan tonjolan atau perkembangan janin yang muali bergerak-gerak melaui bagian atas dari uterus atau rahim yang juga bagian ini dikenal dengan sebutan fundus, letaknya dibagian paling bawah pada perut anda sebelum area kewanitaan anda.

Mengingat periode trimester kedua ini hampir habis anda jalani, mulai dari saat ini anda mungkin sudah mulai memerlukan beberapa pakaian yang lebih longgar. Sebab dengan seiring berjalannya perkembangan yang selanjutnya, tubuh anda mungkin sudah tak lagi muat pada setelan pakaian yang anda kenakan dulu.

Selain itu, pada masa kehamilan sebaiknya jangan paksakan diri anda untuk menggunakan pakaian ketat yang akan menekan tubuh anda, seperti halnya celana jeans. Desain celana ketat yang difungsikan bisa pas dibadan ini, sebaiknya tidak dikenakan ketika masa kehamilan anda. Selain akan membuat anda merasa tidak nyaman, penggunaan beberapa kostum ini tentu akan membuat bayi dalam rahim anda tertekan yang mana kondisi ini tentunya kan membahayakan si buah hati.

Selain itu, cobalah untuk mulai melakukan beberapa olahraga yang akan membuat bagian panggul anda menjadi lebih kuat. Hal inipun bisa difungsikan untuk menghindari urinary incontinence (inkontinensia urin) atau urine yang lolos dari kantong kencing tanpa terkontrol.

Urin atau air seni adalah produk hasil metabolisme yang akan dibuang dari tubuh manusia sebagai zat sisa. Dalam hal ini, ginjal adalah media yang betugas untuk menyaring darah dan menghasilkan urine dan mengalirkannya melalui ureter ke kantung kencing atau kandung kemih. Kandung kemih yang mengembang seiring dengan terisinya dengan urin akan membuat seseorang merasa ingin buang air kecil dan pada umumnya kondisi ini akan dapat dikontrol.

Akan tetapi, pada kasus urinary incontinence atau inkontinensia urin, si penderita bisa mengalami urin yang lolos dari kandung kemih dan tanpa disadari urin akan keluar dengan sendirinya.

Kondisi ini sering terjadi pada sebagian ibu hamil. Untuk itu, cobalah lakukan beberapa olahraga atau gerakan dasar guna melatih bagian panggul anda. Selain bisa mencegah terjadinya urinary incontinence, latihan dasar ini akan membantu memperlancar persalinan yang akan anda hadapi nantinya.

Kabar gembira pula untuk anda pada kehamilan minggu ini, kini morning sickness atau gejala kehamilan yang membuat anda sering merasakan mual dan muntah pada pagi hari dan beberapa waktu lainnya, kini pada usia kehamilan saat ini, kondisi morning sickness sudah mulai hilang dan nafsu makan anda pun sudah mulai membaik. Untuk itulah, tidak ada alasan untuk anda bisa melewatkan makan atau konsumsi makanan bergizi guna memberikan asupan gizi dan nutrisi untuk buah hati dalam kandungan anda ya bunda.

Pastikan bila waktu kehamilan usia ini dijadikan bunda sebagai ajang untuk memperbaiki asupan gizi dan nutrisi untuk si buah hati dalam kandungan. Konsumsi buah dan sayur adalah beberapa makanan yang memberikan asupan nutrisi dan gizi yang baik serta alami untuk janin dalam kandungan anda.

Selain itu, hindari pula melakukan kegiatan yang akan membuat bunda merasa lelah dan lemas. Bila bunda adalah seorang wanita karir, coba pertimbangkan kembali aktivitas yang bunda lakukan saat ini. Jangan sampai karena bunda tidak merasakan gejala kehamilan yang terlalu parah akhirnya membuat bunda bisa bekerja dengan semaunya.

Bukan tidak boleh melakukan kegiatan rutin dan bekerja seperti biasanya, sebab hal ini akan membuat bunda bisa terhindar dari rasa bosan, akan tetapi poin terpenting dalam hal ini adalah dengan menjaga agar aktivitas yang bunda lakukan tidaklah berlebihan yang akan membuat bunda kewalahan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai perkembangan janin usia 12 minggu dalam periode kehamilan. Perkembangan setiap janin pada dasrnya berbeda-beda. Namun, perkembangan janin diatas hanya menggambarkan perkembangannya secara umum.

Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Saat ini usai kehamilan anda telah masuk pada periode trimester pertama dari 3 terimester periode kehamilan.

Kami ucapkan selamat ya bund, perkembangan janin dalam rahim ibu berkembang dengan begitu pesat. Yang mana tentunya, setiap detiknya si kecil dalam rahim ibu akan terus berkembang dan bertumbuh seiring dengan dukungan asupan nutrisi dan gizi yang ibu berikan untuk mereka.

Pada kehamilan usia 11 minggu, kini bayi anda telah secara resmi bergelar janin dan bukan lagi embrio. Sebab pada usia ini, organ-organ pada si bayi dalam kandungan sudah terbentuk seperti manusia kecil. Hal ini tentu berbeda dari masa sebelumnya, dimana bentuk atau rupa si kecil lebih mirip berudu dibandingkan dengan manusia. Ekor yang membentangnya pun kini sudah menghilang. Mata, telinga, hidung dan semua organ internal pada si kecil sudah mulai terbentuk dengan perlahan.

Bayi anda saat ini sudah benar-benar terbentuk dengan sepenuhnya. Kini, jari-jari pada tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput yang menyelimutinya kini sudah tak lagi ada. Tulang-tulangnya pun kini sudah mulai mengeras dengan perlahan. Sementara itu, selama 6 bulan kedepan, pertumbuhan bayi anda akan terus berkembang lebih besar dan lebih kuat sehingga ia akan siap untuk dilahirkan ke dunia dan siap untuk hidup diluar rahim.

perkembangan janin minggu 11

Nah, bila dukur dari ujung kepala hingga kebagian pantatnya, ukuran bayi anda panjangnya sudah mencapai 4 cm. Kini, ia telah memiliki semua bagian organ dalam tubuhnya mulai dari tunas gigi, kuku-kukunya dan jari tanagn serta kakinya mulai terpisah dengan perlahan.

Bila anda mampu melihat kedalam perut anda, kini si kecil mulai memiliki kemampuan baru yakni menendang dan meregangkan tubuhnya yang mungil. Gerakan-gerakan yang diciptakannya dalam rahim anda, seolah terlihat seperti ia tengah melakukan tarian balet dalam air.

Pergerakan ini begitu lucu dan menggemaskan, tak heran bila pada saat yang bersamaan ketika anda melakukan scan atau pemeriksaan USG dan kebetulan si buah hati sedang menendang atau melakukan pergelangan pada tubuhnya, hal ini akan tentu membuat setiap orang tua yang menyaksikannya dibuat haru dan bahagia.

Betapa tidak, setiap pergerakan dan tendangan yang dilakukan oleh si buah hati pada umumnya menandakan janin yang sehat. Pergerakan ini tentunya akan lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia si janin dalam kandungan ibu.

Bukan hanya itu, tubuh si janin terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga kini kepalanya hanya sepertiga dari seluruh tubuhnya. Bagian organ luar dari kelamin si buah hati pun sudah mulai terbentuk. Sehingga pada minggu ini, anda akan dapat melakukan test kehamilan guna mengetahui jenis kelamin si buah hati.

Akan tetapi, pada perkembangan ini, bagian organ terluar yang melapisi tubuh si janin yakni kulitnya belum terbentuk dengan sepenuhnya. Kulitnya masihlah begitu transparan. Namun kabar lain yang menggemberikan adalah pada minggu ini, tulang-tulang pada si janin mulai mengeras dan menguat, yang mana ini artinya perkembangan ini akan terus berlanjut sampai ia terbentuk dengan sempurna dan si bayi telah siap untuk dilahirkan kedunia.

Pergerakan si buah hati dalam rahim anda begitu aktif, akan tetapi demikian hal ini belum bisa anda rasakan sampai bulan ke 4 dalam periode kehamilan.

Tanda dan Perubahan yang Dialami Pada Kehamilan Usia 11 Minggu

Kini periode trimester kehamilan pertama anda hampir usai, yang mana ini artinya periode trimester selanjutnya dalam kehamilan akan siap anda jalani. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya periode kehamilan yang anda jalani, akan muncul pigmentasi garis vertikal gelap dibagian perut anda, garis ini umumnya disebut dengan linea nigra. Selain itu, dalam kondisi usia kehamilan minggu ini, anda mungkin akan mulai mengalami masalah dengan waktu tidur dimalam hari.

Selain itu, perkembangan hormon dan janin dalam rahim anda akan dapat mengakibatkan ibu hamil seringkali merasa mudah lemas ketika melakukan aktivitas. Nah, bila pada masa kehamilan 1 dan 2 bulan, si janin masih disebut dengan embro atau kumpulan sel, pada usia ke 3 bulan atau 11 minggu ini, si janin sudah bergelar jann dengan anggota tubuhnya yang mulai terlihat.

Pada usia kehamilan ini, anda akan mulai mengalami berbagai perubahan fisik yang cukup drastis, beberapa dari wanita hamil kurang menerima keadaan ini. Namun demikian, tak sedikit pula mereka yang dengan lapang dada menerima kondisi ini.

Perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil sedikit banyak akan membuat mereka mengalami krisis kepercayaan diri. Betapa tidak, kulit yang kencang berubah menjadi mengendur, perubahan pigmen pada kulit membuatnya menjadi gelap dibeberapa bagian area tertentu, terutama kenaikan berat badan yang cukup signifikan adalah hal yang paling menjadi ketakutan untuk setiap wanita.

Akan tetapi demikian, tak sebijaknya kondisi ini dijadikan sebagai ketakutan besar yang membuat anda enggan memiliki buah hati atau mungkin menyangkal kehamilan anda. Hadirnya buah hati dalam rahim anda adalah anugerah besar yang Tuhan berikan. Dengan begini anda telah diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk bisa menjadi ibu.

Untuk itulah, tidak sebaiknya anda menjadikan kondisi kehamilan anda sebagai hal yang akan membuat anda dibebani dengan banyak hal. Sebaliknya, cobalah fokus pada bagaimana membuat kehamilan anda tetap sehat agar janin dalam rahim anda bisa berkembang dan bertumbuh dengan baik.

Seiringan dengan berjalannya kehamilan, beberapa tanda kehamilan seperti halnya kenaikan jumlah hormon dalam tubuh anda akan membuat jaringan dasar panggul dan otot-otot akan mengalami peregangan. Yang mana kondisi ini akan dapat berdampak pada melemahnya bagian otot sphincter yang mengontrol pelepasan air seni dari kandung kemih anda.

Ketika anda tertawa, batuk atau berlari hal ini akan membuat bagian kandung kemih menjadi tertekan. Tekanan inilah yang akan meremas bagian kandung kemih anda, hal inilah yang pada akhirnya akan membuat anda mudah merasakan ingin buang air kecil.

Dengan demikian, tak heran bila beberapa gejala pada orang hamil salah satunya adalah seringnya mereka merasakan ingin buang air kecil. Kondisi ini, pada umumnya akan cukup menganggu dan membuat anda kesulitan tidur dimalam hari, karena terus-terusan ingin buang air kecil.

Nah, adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyediakan tempat untuk buang air kecil dekat dengan jangkauan anda. Agar demikian, anda tak perlu jauh-jauh pergi ke toilet. Atau usahkan buat kondisi kamar ada senyaman mungkin, ketika kondisi kamar anda nyaman secara tidak langsung, hal ini akan membuat anda bisa terlelap dengan lebih nyaman.

Demikian beberapa tanda dan perubahan yang akan terjadi pada wanita hamil diusia kehamilan 11 minggu. Perkembangan janin pada masing-masing bayi mengalami perbedaan. Perkembangan diatas, menggambarkan perkembangan janin secara umum.

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us