Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

4.75/5 (189)

Usia kehamilan anda, kini sudah masuk dalam tahapan minggu ke 27.

Pada tahapan ini, ada begitu banyak perkembangan yang menakujubkan yang terjadi dengan si buah hati dalam kandungan anda. Selain itu, ukuran berat tubuhnya dari waktu ke waktu, terus mengalami peningkatan dan perubahan yang begitu signifikan. Yang mana tentunya, kondisi perkembangan ini tidak akan dapat berjalan dengan lancar bila tidak ada dukungan atau kerja sama dari si ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat konsumsi makanan sehat yang dibutuhkan okeh si bayi dalam kandungan ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bund, terus jaga selalu pola makan yang baik dan barengi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena dengan begini, ibu akan dapat terus mendukung perkembangan si bayi dalam kandungan agar tetap berjalan dengan sehat dan lancar.

Selain itu, perjuangan ibu pada usia kehamilan ini rasanya sudah tak lagi seberat waktu-waktu sebelumnya. Pasalnya, jika pada pekan-pekan sebelumnya ibu dibuat kepayahan dengan banyak gejala atau tanda kehamilan awal yang begitu menyiksa, seperti halnya mual, muntah, pusing, lemas dan bahkan beberapa gejala yang membuat ibu seolah tak berdaya, kini sudah tak akan lagi ibu rasakan.

Pada pekan ini bisa dibilang, kehamilan yang ibu jalani terasa lebih bahagia dan lebih menyenangkan. Dibandingkan dengan merasakan banyak gejala yang mengganggu, pada masa ini ibu justru akan lebih fokus dalam merasakan pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh si kecil dalam kandungan. Selain itu, tubuh ibu pun sudah mulai dapat beradaptasi atau menyesuaikan dirinya dengan kondisi hamil.

Bukan hanya itu, pada usia kehamilan inipun, nafsu makan ibu sudah berangsur membaik. Sehingga demikian, tidak ada alasan untuk anda mengulur waktu makan atau mengabaikan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan oleh si buah hati. Sebaliknya, jadikanlah momen ini sebagai ajang untuk anda bisa memperbaiki asupan gizi untuk si buah hati dalam kandungan agar perkembangannya dalam rahim senantiasa terjaga dengan baik.

Mengikuti setiap perkembangan si buah hati dalam rahim, tentu menjadi hal yang seolah tak bisa anda lewatkan saat ini. Betapa tidak, apalagi untuk anda para calon ibu hamil yang baru mengalami kehamilan pertama. Momen ini tentu saja, menjadi hal yang tak ingin ibu lewatkan sedikitpun.

perkembangan janin minggu 27

Nah, untuk itulah, melihat antusiame seorang ibu yang begitu besar terhadap perkembangan si janin dala rahimnya, maka kali ini kami pun akan berikan gambaran secara umum bagaimana perkembangan janin dalam rahim anda pada pekan ke 27 dan perkembangan apa saja yang terjadi dengannya. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Perkembangan Janin Usia Minggu 27

Pada usia kehamilan 27 minggu ini, kabar baik yang akan cukup menggembirakan pada masa ini adalah kini anda sudah mulai dapat berinteraksi dengan si calon buah hati anda dalam rahim. Beberapa interaksi yang dapat ibu lakukan bersama dengan si calon buah hati diantaranya adalah melalui sentuhan, geraka atau mungkin memberikan musik dengan memperdengarkannya lewat earphone dan didekatkan pada bagian perut anda. Dengan begini, bayi akan mulai merespons anda dengan gerakan.

Jika pada saat hamil usia pekan sebelumnya, anda tidak begitu yakin apakah si buah hati dapat mendengar atau merasakan. Pada momen kehamilan ini, bayi anda sudah mulai bergerak dengan begitu aktif dan mulai dapat merespon stimulasi yang ibu berikan, baik itu berupa sentuhan, gerakan atau nyanyian. Bahkan suara-suara kencang yang ada disekitar ibu seperti teriakan, suara bising jalanan akan dapat dirasakan oleh si kecil dan memicu mereka untuk melakukan lonjakan atau tendangan kecil sebagai responnya. Untuk itulah, jangan heran bila bayi anda akan cenderung lebih banyak bergerak bila kondisi sekitar ibu banyak suara.

Usia kehamilan minggu ini dapat dikatakan bahwa anda sudah mulai dekat dengan trimester ke 3 atau trimester akhir dalam periode kehamilan. Kini, bayi anda mulai mengisi ruang yang tersedia dalam rahim anda secara keseluruhan.

Kini, ia pun sudah mulai dapat membuka dan menutup matannya. Ia pun sudah mulai dapat tidur dan bangun dengan periode yang lebih berkala. Dan mungkin saat ini, si kecil tengah menghisap jari atau jempolnya didalam rahim.

Selain itu, perlu diketahui meskipun pada usia ini si bayi lahir lebih cepat dan mengalami kelahiran yang prematur, akan tetapi tak perlu khawatir sebab pada dasarnya bayi anda akan dapat bertahan hidup namun dengan bantuan medis. Hal ini dikarenakan usia pekan ini, paru-paru si buah hati sudah mulai bekerja dengan semestinya.

Bukan hanya itu, perkembangan lain yang juga tak kalah menakjubkan adalah perkembangan pada bobot tubuhnya yang terus mengalami peningkatan. Pada pekan ini, berat tubuh si bayi sudah mencapai 875 gram dan bila mengukur panjang tubuh si bayi dari bagian kepala sampai kebagian kaki, kini panjangnya telah mencapai 36 cm.

Selain itu, pada usia kehamilan ini, si bayi mungkin sudah mulai mengalami mimpi ketika ia tidur. Hal ini dikemukakan oleh beberapa ahli, bahwasanya bayi dalam kandungan yang telah mencapai usia 27 minggu akan dapat mengalami mimpi. Akan tetapi, meski demikian, belum diketahui apa yang mereka mimpikan dalam rahim. Alur karakteristik dipermukaan otak si bayi sudah mulai muncul dan jaringan otaknya mulai berkembang pada masa kehamilan pekan ini.

Bukan saja itu, perkembangan yang juga terjadi pada si buah hati usia pekan ini adalah perkembangan kelopak matanya yang telah terbentuk dengan sempurna. Ia kini akan mulai dapat menutup dan membuka matanya dengan lebih stabil.

Selain pergerakan bayi sebagai respon dari sebuah rangsangan, pergerakan lain yang mungkin ibu alami pada usia kehamilan pekan ini adalah karena si bayi dalam rahim mengalami cegukan. Kondisi ini umum sekali terjadi. Pergerakan ini mungkin akan terasa aneh untuk anda, karena biasanya si bayi akan lebih sering bergerak, akan tetapi tak perlu khawatir, kondisi ini adalah hal yang wajar dirasakan dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa. Cobalah berikan bayi anda sentuhan untuk membuatnya menjadi lebih tenang sehingga cegukan yang dialaminya menjadi mereda.

Pada usia kehamilan ini, anda mungkin akan mulai mengalami beberapa gejala. Akan tetapi, beberapa gejala tersebut lebih kepada hal yang menyenangkan. Dan umumnya, wanita hamil akan mulai dapat menerima dengan senang hati kehamilannya saat ini. Hal ini dikarenakan, tubuh mereka sudah mulai dapat menyesuaikan diri dengan aktivitas yang dijalani meski dalam keadaan perut yang semakin membesar.

Selain itu, anda mungkin akan pula mengalami mimpi yang aneh atau merasakan kekhawatiran akan masa kelahiran anda nanti. Akan tetapi, jangan membawa hal ini terlalu berat dan menjadi beban anda. Sebaliknya, rileks dan tenanglah dengan kondisi ini anda saat ini.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply