data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

Selamat bunda, kini usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan trimester ke 2 periode kehamilan.

Ya, usia kehamilan yang telah memasuki usia 25 minggu atau setara dengan bulan ke 6 adalah periode trimester ke dua dari 3 periode trimester pada kehamilan. Perjalanan panjang yang telah ibu lalui ini, tentu menjadi hal yang luar biasa dan patut diapresiasi dengan begitu besar. Betapa tidak, tak mudah tentunya menjalani serangkaian momen dan waktu yang cukup menenggangkan dan sebagian mungkin membuat anda dibuat tak tahan menghadapi banyak gejala, terutama gejala yang muncul pada awal-awal periode kehamilan.

Akan tetapi, rupanya berkat rasa cinta ibu yang begitu besar dan cinta kasih ibu yang tak terukur untuk si calon buah hati, nyatanya ibu masih tetap bisa menjalani momen-momen kehamilan yang sedikit banyak menguras tenaga ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bu. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi yang ibu konsumsi. Selain itu, pola hidup yang sehat yang ibu terapkan saat ini adalah salah satu faktor yang membuat perkembangan si buah hati dalam rahim ibu dapat berjalan dengan begitu baik dan begitu luar biasa.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Di usia kehamilan 6 bulan ini, kabar gembira untuk anda semua para calon ibu. Pasalnya, berbeda halnya dengan bulan kehamilan sebelumnya, seperti pada usia kehamilan 4 bulan atau diminggu-minggu pertama awal kehamilan, ibu mugkin harus berhadapan dengan berbagai tanda dan gejala kehamilan yang cukup menganggu, semisal mual, muntah, pusing, lemas atau bahkan perasaan tidak nyaman dengan perubahan yang anda rasakan.

Akan tetapi, pada usia kehamilan ini, beberapa gejala kehamilan yang 'cukup menyiksa' tersebut sudah mulai menghilang dan tak lagi anda rasakan. Hal ini dikarenakan, kini tubuh anda sudah mulai dapat beradaptasi dengan perubahan dan kondisi hamil saat ini. Tubuh anda pun akan mulai merasa lebih nyaman berpergian atau melakukan aktivitas seperti sediakala meski dalam keadaan perut yang mulai membesar.

Selain itu, pada usia kehamilan ini, umumnya anda sudah mendapatkan kembali nafsu makan anda. Sehingga tidak ada alasan untuk mengabaikan asupan nutrisi dan gizi untuk si kecil dalam kandungan. Sebaliknya, jadikanlah momen yang satu ini sebagai sarana untuk memperbaiki asupan gizi anda. Agar demikian, perkembangan si bayi dalam rahim dan kesehatan anda bisa tetap terjaga. Tubuh yang bugar dan fit selama menjalani masa kehamilan akan membuat anda merasa lebih senang.

Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si bayi dalam perut ibu pada usia kehamilan 25 minggu ini, ada begitu banyak perkembangan pesat yang terus terjadi dengannya. Perkembangan paling umum pada usia pekan ini adalah si kecil yang sudah semakin mirip dengan manusia mungil yang seolah akan siap untuk dilahirkan kedunia.

Bukan hanya itu, usia kehamilan pekan ini pun bisa dibilang bahwa usia kehamilan anda sudah semakin matang. Meski si bayi lahir dalam keadaan prematur, pada dasarnya ia masih akan dapat bertahan hidup. Hanya saja, tentunya, dibutuhkan perawatan dan penanganan yang intens pada si buah hati selepas kelahirannya.

perkembangan janin minggu 25

Selain itu pada pekan ini, meskipun tidak ada udara dibagian paru-parunya, bayi anda sudah mulai melakukan pergerakan dalam usahanya untuk dapat bernapas. Semua inderanya, mulai dapat bekerja dengan cepat pada masa ini.

Sekitaran tahap ini, scan otak pada bayi anda mulai dapat menunjukan bahwa ia mulai merespon dengan sentuhan atau adanya rangsangan cahaya. Dengan demikian, pada masa ini, tidak ada salahnya jika ibu mulai memberikan mereka beragam rangsangan guna melatih responnnya agar lebih baik.

Berikan si buah hati dalam kandungan anda stimulasi seperti mengelus-elusnya, membelai perut ibu atau bahkan menyorotkan lampu senter dibagian perut. Dengan begini, anda akan mulai dapat melihat pergerakan si buah hati ketikan anda memberikan mereka rangsangan.

Sementara itu, jika berbicara mengenai berat tubuh dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai tumit, kini beratnya sudah mencapai 660 gram dan panjangnya sekitar 35 cm.

Kini, tubuh si bayi mulai terlihat lebih ramping dan lemak pada tubuhnya mulai tersebar mengisi bagian kulit sehingga kini kulit keriputnya telah berubah menjadi lebih kencang dan membuat rupa si bayi menjadi lebih proporsional bak seorang bayi yang siap untuk dilahirkan ke dunia. Kulitnya kini berubah menjadi berwarna merah mudah, bukan karena kepanansan, sebab dalam rahim suhu si bayi dijaga dengan begitu sempurna oleh air ketuban.

Hal ini dikarenakan, perubahan kulit terjadi akibat dibawah kulit sudah terbentuk kapiler yang mana bagian ini nantinya akan diisi oleh aliran darah, sehingga kulitnya kini seolah terlihat seperti orang kepanansan dengan menampilkan warna merah mudah atau pink.

Bayi anda pun kini sudah mulai dapat buang air besar yang disebut dengan mekonium yang terbentuk dibagian dalam usus besar, mekonium ini nantinya akan ikut terbuang setelah si bayi lahir kedunia.

Perubahan dan Gejala Fisik yang Terjadi Pada Ibu Hamil Usia 25 Minggu

Sama halnya dengan perkembangan si bayi dalam kandungan, akan ada banyak perubahan yang juga ibu rasakan pada masa kehamilan pekan ini. Nah, untuk mengetahui seperti apa saja perubahan dan gejala fisik yang akan dirasakan, maka mari simak dibawah ini.

  • Pada usia kehamilan pekan ini, anda akan lebih mudah merasakan gerak si bayi dalam kandungan anda seiring dengan perkembangannya yang semakin besar dan semakin kuat dalam kandungan ibu.
  • Selain itu, anda mungkin akan mulai merasakan kontraksi kecil berupa mulas, dan bila hal ini membuat makan anda menjadi terganggu, maka cobalah alihkan konsumsi makanan pada makanan ringan yang bergizi dan kaya akan nutrisi. Selain itu, hindari pula konsumsi makanan yang berasa pedas ataupun masam .
  • Bukan hanya itu, hasrat seksualitas anda mungkin akan lebih meningkat pada bulan ini. Dengan demikian, tidak ada salahnya mulai bangkitkan kembali hubungan yang hangat bersama dengan pasangan.
  • Anda pun akan mulai semakin menikmat kehamilan anda dengan perut yang semakin membesar dan umumnya, kelelahan akan datang menjelang datangnya hamil tua yakni pada usia kehamilan 7-9 bulan.

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan bayi pada usia kehamilan 25 minggu dan gejala serta tanda fisik yang akan dialami si ibu hamil pada usia kehamilannya di pekan ini. Pada umumnya, perkembangan setiap bayi mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan diatas, hanya menjelaskan perkembangan bayi secara umum dan garis besarnya saja.

Selain itu, gejala fisik yang akan dirasakan oleh ibu hamil adalah hal yang normal dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa. Untuk itulah, jangan merasa khawatir saat anda mengalami gejala-gejala diatas. Akan tetapi, bila gejala yang anda rasakan terasa janggal, maka segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter terdekat anda.

Loading...

Follow us