Perkembangan Janin Usia 24 Minggu

4.71/5 (96)

Pada usia kehamilan 24 minggu atau yang mulai menginjak bulan ke-6, biasanya anda akan mulai berbelanja keperluan untuk bakal si calon buah hati anda nantinya.

Sebab pada bulan ini, dokter pada umumnya sudah mulai dapat memastikan jenis kelamin anda melalui scan test atau yang dikenal dengan test USG. Jadi demikian, anda sudah tak lagi perlu memperkirakan ciri-ciri bayi anda apakah berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.

Kegiatan yang satu ini atau kegiatan berbelanja kebutuhan si calon buah hati, biasanya menjadi hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk calon ibu baru. Selain dapat difungsikan untuk mencari peralatan dan perlengkapan untuk si buah hati, hal ini pun pada umumnya seringkali dijadikan pelepas penat guna mengusir kebosanan sekaligus perasaan cemas selama masa kehamilan.

Untuk itulah, bagi anda yang hendak membeli atau berbelanja perlengkapan untuk si calon buah hati, tidak ada salahnya ajak serta sang suami atau pasangan anda agar turut serta memilih setiap perlengkapan yang akan dikenakan si calon buah hati. Dengan begini, biarkan anda dan pasangan saling mengerti dan berbagi kebahagiaan akan penantian si buah hati untuk segera lahir ke dunia yang tinggal menghitung bulan.

Selain kabar gembira mengenai kepastian akan jenis kelamin si calon buah hati dalam kandungan anda. Kabar lain yang tak kalah menggembirakan diantaranya adalah perkembangan si buah hati didalam rahim ibu yang terus mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Dalam rahim ibu, si bayi sudah mulai mendapatkan berbagai macam perkembangan dan pertumbuhan baru yang mana, perkembangan ini akan terus berlanjut hingga sampai pada saat hari kelahiran tiba.

Kondisi si bayi dalam kandungan pada usia kehamilan 24 minggu atau 6 bulan ini bisa dibilang kehamilan anda sudah mendekati usia yang matang, bahkan bila memang ternyata premature, bayi akan dapat bertahan hidup ketika dilahirkan. Akan tetapi tentunya, kelahiran ini harus ditunjang dengan perawatan intensif setelah masa kelahiran.

perkembangan janin minggu 24

Dalam perut ibu, si bayi terus berkembang dan tubuhnya kini hampir mengisi lebih banyak ruang dalam rahim anda, akan tetapi pada masa ini perkembangan pada kulitnya masih terbilang begitu tipis dan rapuh. Selain itu, kulit pada bayi pun masih mengendur dan keriput.

Namun, tak usah khawatir, kondisi ini terjadi sebab dalam tubuhnya, si bayi masih belum mendapatkan asupan lemak. Akan tetapi, setelah pertumbuhan lemak tersebut, maka kulitnya akan mulai mengencang dan terbentuk seperti pada umumnya.

Sementara itu, berat utubh si bayi saat ini lebih dari 600 gram dan ukuran panjang tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai dengan bagian tumitnya, ukurannya kini sudah mencapai 30 cm, yang mana tentunya, perkembangan ini akan terus berlanjut dan bertumbuh sampai ukuran bayi normal pada saat ia akan siap untuk dilahirkan nantinya.

Seiring dengan perkembangan pada tubuh, perkembangan lain yang juga cukup pesat, terjadi pada perkembangan otaknya yang terus bertumbuh dengan pesat. Tastebud pada si bayi telah sepenuhnya berkembang. Bukan hanya itu, kini bila saja anda dapat melihat kedalam perut anda, si bayi telah mulai memiliki jejak kaki karena sidik jarinya sudah mulai terbentuk.

Didalam tubuhnya, paru-parunya tengah berkembang dan tumbuh bak sebuah cabang pohon pernapasan dengan sel-sel yang memproduksi surfaktan. Yang mana zat tesebut adalah zat yang akan membantu kantung udaranya mengembang setelah ia lahir kedunia nantinya.

Pada minggu-minggu sebelumnya, kulitnya sempat nampak membentuk lemak, namuan pada mingu ini, lemak tersebut akan mulai hilang Dan kulitnya akan terlihat transparan serta organ-organ seperti halnya tulang, otot dan pembuluh darah pada si bayi akan dapat terlihat dari kulitnya.

Saat ini bayi anda akan mulai dapat merasakan keseimbangan karena organ-organ keseimbangan didalam telinga bagian dalam sudah mulai terbentuk dengan perlahan mendekati sempurna. Bahkan kini, ia pun sudah mulai mengetahui dan menyadari posisinya didalam perut si ibu. Sebab saat ini rahim sudah mulai cukup besar untuknya dapat bergerak. Untuk itulah, pada usia ini si bayi akan mulai bergerak-gerak untuk mendapatkan posisi yang dirasa nyaman untuknya.

Bukan hanya itu, pada saat ini bayi anda pun sudah mulai belajar untuk berinteraksi dan menyentuh. Bahkan ia akan mulai belajar menggosok perut ibunya. Untuk itulah pada saat ini, tidak ada salahnya jika ibu mengelus-elus bagian perut ibu untuk menenangkannya bila si bayi bergerak dengan tiba-tiba. Hal ini bisa jadi dikarenakan bayi anda merasa kaget dengan suara-suara keras atau bising yang didengarnya, untuk itulah reaksi bergerak dengan tiba-tiba ini dibuatnya sebagai perilaku waspada.

Perubahan Ibu Hamil Usia 24 Minggu

Pada saat usia kehamilan menginjak usia ini, anda mungkin mulai menyadari ada banyak perubahan yang terjadi dengan tubuh anda. Seperti halnya, adanya garis kehamilan dibagian perut, pinggul dan payudara.

Garis-garis ini pada umumnya akan terbentuk dengan samar dengan warna kemerahan atau coklat, yang mana biasanya garis tersebut dinamakan dengan striae. Garis-garis ini tidak akan dapat dihilangkan dengan menggunakan krim atau obat-obatan lain. Akan tetapi demikian, bukan berarti anda tidak akan dapat mengatasi garis-garis ini.

Selama masa kehamilan, sebaiknya kenakan bra yang dapat mendukung bagian payudara. Jangan kenakan bra terlalu kuat untuk membantu anda mencegah atau meminimalkan timbulnya garis-garis ini dibagian payudara anda.

Kondisi timbulnya garis-garis samar ini pada dasarnya adalah hal yang wajar dan normal, bahkan persentasi data menyatakan bahwa 90 persen wanita hamil akan mendapatkan garis-garis ini. Tak perlu khawatir ataupun merasa risau. Kondisi ini memang sedikit banyak akan mempengaruhi estetika keindahan tubuh anda. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, garis kemerahan atau pigmen coklat yang muncul pada bagian tubuh akan secara perlahan memudar seiring dengan proses kelahiran yang telah usai.

Setelah kelahiran, garis samar dan garis kehamilan atau stretch mark akan mulai memudar dan terlihat lebih pudar dibagian area tersebut. Dengan demikian, bersabarlah sebentar. Daripada anda dibuat sibuk dengan terus mengkhawatirkan kondisi ini, lebih baik berfokuslah pada bagaimana menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga asupan makanan agar anda dan si bayi didalam rahim senantiasa terjaga kesehatannya.

Kabar gembira pada usia kehamilan saat ini adalah kebanyakan wanita hamil akan lebih menikmati masa kehamilannya. Hal ini dikarenakan gejala umum atau ciri kehamilan yang cukup menyiksa seperti mual dan muntah sudah tak lagi nampak pada usian ini. Hanya saja, sesak nafas mungkin akan lebih meningkat diusia kehamilan 6 bulan ini.

Gejala atau ciri hamil pada bulan ke 6 ini bukan lagi sebuah tanda yang akan mencirikan bahwa anda sedang hamil atau tidak, namun lebih kepada perubahan dan perkembangan yang terjadi pada ibu hamil pada usia ke 6 bulan ini.

Demikianlah perkembangan dan perubahan yang akan terjadi pada bayi dan ibu hamil usia kehamilan 6 bulan. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel