data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 39.

Atau yang dalam hitungan bulan kini anda sudah berada diakhir bulan ke 9 atau periode terakhir dari masa trimester kehamilan. Untuk itu, kami ucapkan selamat yang sebasar-besarya ya bunda. Kami memahami bahwa perjalanan panjang yang bunda lewati hingga sampai pekan ini tidaklah dijalani dengan mudah seperti membalikan telapak tangan. Untuk itulah besar apresiasi dan penghargaan kami dari setiap perjuangan dan ketidak putus asaan bunda untuk menyerah dengan semua "tantangan" yang diberikan pada usia kehamilan minggu dan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk itu, tetaplah jaga asupan nutrisi dan gizi yang bunda konsumsi agar senantiasa mendukung dan membantu tumbuh kembang si buah hati yang tak lama lagi akan hadir ke dunia agar tetap terjaga dan berlangsung dengan baik. Selain itu, tetap terapkan pola hidup yang baik dan sehat. Karena dukungan dan kasih sayang bunda yang besar inilah yang membuat si kecil dalam kandungan mengalami perkembangan yang pesat dan tanpa kendala.

Tak terasa ya bunda, rasanya seperti baru kemarin sore bunda dan pasangan mengetahui kehamilan bunda dan dibuat gembira serta haru dengan kabar kehamilan ini. Tantangan demi tantangan sudah bisa bunda taklukan karena besarnya cinta bunda untuk si calon buah hati yang bahkan belum bunda kenali seperti apa rupanya. Akhirnya usia pekan 39 atau 9 bulan ini sudah bunda jalani. Dengan demikian momen kelahiran tinggalah menunggu waktu yang tepat dan impian menimang si buah hati dalam genggaman bunda bersama dengan pasangan akan segera terwujud dalam waktu dekat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Lantas bagaimana, sudahkah bunda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik? Jika belum, nampaknya saat ini menjadi saat yang mendesak untuk bunda harus segera mempersiapkan semua perlengkapan si calon buah hati dan perlengkapan yang akan bunda sendiri butuhkan.

Selain itu, pada masa ini ibu hamil akan cenderung mulai merasakan kontraksi yang cukup instens baik kontraksi yang palsu maupun kontraksi yang asli. Untuk itulah sebaiknya mulai rajinlah berkonsultasi dengan bidan atau dokter di rumah sakit. Agar demikian segala hal mengenai fisik dan mental bunda bisa dipersiapkan dengan baik menjelang hari kelahiran tiba.

Nah, pada usia kehamilan bulan ke 9 atau pada pekan ini banyak ibu hamil yang merasa gugup sekaligus dihinggapi perasaan takut dan panik menghadapi hari kelahiran yang tinggal menunggu waktu. Untuk itulah pada masa ini dukungan dan support dari keluarga terdekat dan orang-orang yang ada disekitar ibu hamil adalah hal yang akan sangat dibutuhkan guna meringankan beban pikiran dan ketakutan si ibu hamil agar kelahiran yang dijalaninya menjadi lebih ringan dan diharapkan bisa lebih lancar.

perkembangan janin minggu 39

Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

Meski hari kelahiran sudah hampir tiba pada masa-masa kehamilan ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak calon ibu yang penasaran dan dibuat ingin tahu sudah sejauh mana perkembangan bayi dalam kandungan mereka saat ini.

Pada usia 9 bulan adalah masa dimana si bayi yang dikandung oleh ibu hamil sudah masuk dalam tahapan yang matang dan akan siap dilahirkan ke dunia. Dengan kata lain, pada saat ibu hamil menginjak usia kehamilan 9 bulan ini artinya si bayi akan dapat lahir kapan saja.

Hanya 5% bayi yang lahir tepat pada masa perkiraanya. Dengan demikian, jangan merasa khawatir atau was-was pada saat bayi anda lahir lebih lama atau lebih cepat dari masa perkiraan lahirnya.

Di usia kehamilan pekan ini bayi anda sudah siap menyapa dunia. Dan dalam rahim ia masih terus membangun lapisan lemak dalam tubuhnya guna mengontrol suhu tubuhnya pada saat ia lahir nanti agar tubuhnya bisa tetap hangat meski berada diluar rahim.

Kini semua organ dalam tubuh si bayi sudah berkembang dan bekerja dengan baik. Meski demikian umumnya paru-paru menjadi satu-satunya organ yang mencapai puncak kematangan paling akhir. Bahkan pada saat si bayi sudah dilahirkan butuh sekitar 6 jam untuk paru-paru bisa memompa napas dan membuat si bayi bernapas dengan normal. Akan tetapi tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh sebagian besar bayi yang baru lahir.

Pada usia kehamilan pekan ini panjang bayi anda bila diukur dari bagian kepala sampai ke bagian kaki kini ukurannya sudah mencapai kira-kira 51 cm dan berat tubuhnya udah lebih dari 3.4 kg. Akan tetapi sebagian bayi yang laihir dengan bobot tubuh kurang dari ukuran tersebut antara 2.5-3.8 kg dianggap sebagai ukuran standar yang menjadikan berat tubuhnya dikategorikan normal.

Dalam rahim anda cairan amniom atau air ketuban yang sebelumnya jernih, kini warnanya berubah menjadi lebih pucat bak air susu. Hal ini dikarenakan bayi anda menghasilkan zat putih yang disebut dengan vernix caseosa yang selama ini telah melindungi kulitnya yang halus. Dengan terbukanya cairan vernix caseosa yang dulu melindungi kulitnya kini sudah tumbuh lapisan kulit luar pada bayi anda dengan keseluruhan dan terbentuk kulit-kulit baru dibawahnya.

Bukan saja itu rambut pada kepala  si bayi pada saat ini mungkin sudah tumbuh lebih banyak dan lebih tebal. Perkembangan bulu dan rambut ini pun diikuti dengan perkembangan kuku pada jari-jarinya yang kecil.

Hanya saja pada usia ini tulang tengkorak pada si bayi belum benar-benar mengeras. Hal inilah yang akan memudahkan si bayi keluar menuju jalan persalinan. Hal ini pulalah yang membuat kepala si bayi seolah terlihat berbentuk lonjong pada saat dilahirkan. Namun seiring berjalannya waktu tulang-tulang dan tengkoraknya akan mulai mengeras bilamana didukung dengan asupan gizi dan kalsium dari air susu ibunya.

Nah bagi sebagian ibu hamil yang merasa was-was menanti kelahiran sang buah hati yang tak kunjung tiba ke dunia dan lebih lama dari tanggal perkiraan kelahirannya. Maka biasanya dokter akan memberi opsi menunggu sekitar dua minggu lagi.

Pada pekan ini umumnya pada posisi normal badan si bayi akan terlihat miring kebawah dengan kepala menghadap ke panggul (anterior presentation), dan begitulah nantinya posisi bayi akan lahir meskipun terkadang ada pula posisi bayi yang menghadap kebagaian perut (cephalic posterior). Apabila posisi bayi anda sungsang maka biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan operasi caesar karena pada kondisi ini kelahiran si bayi akan lebih sulit dan resiko yang dihadapi cukup besar.

Wajar untuk wanita hamil merasakan gugup, panic dan dibayangi dengan ketakutan akan menghadapi momen kelahiran. Akan tetapi momen ini pun sekaligus menjadi momen besar yang sudah anda nanti-nanti selama ini. Dimana impian menimang buah hati tak lama lagi akan segera terwujud dan terlaksana. Dengan mempersiapkan segala halnya dengan matang dan sempurna, maka proses persalinan akan bisa ibu lalui dengan lancar. 

Loading...

Follow us