data-ad-format="auto"

Diet dan Fitness

Ciptakan gaya hidup sehat dengan mulai peduli akan berat badan dan bentuk tubuh anda. Yuk, cari tahu tips seputar cara menurunkan berat badan yang sehat yang dapat dipraktikan dirumah dengan mudah. 

Tips Olahraga Bakar Kalori Untuk Pemula

Memiliki tubuh yang ideal yang ramping dan sehat tentu tidak mudah untuk didapatkan. Tidak pula semua orang lahir dengan tubuh yang berotot, kencang dan juga sehat. Semua ini tentu saja didapatkan lewat perjuangan yang besar dan komitmen yang tinggi dalam menjaga dan merawat tubuh agar tetap prima.

Banyak cara yang dapat dilalukan orang-orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal diantaranya adalah dengan menjaga pola makan, menjalankan diet dan bahkan melakukan olahraga secara teratur. Semua hal ini pada umumnya menjadi rangkaian yang tidak dapat terpisahkan. Sebab pada dasarnya apa yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Sementara itu, mengimbanginya dengan melakukan olahraga adalah apa yang membuat tubuh anda tetap sehat dan lebih fit saat melakukan aktivitas lainnya.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan betuk tubuh yang ideal dan kesehatan yang senantiasa terjaga dengan baik. Melakukan olahraga dengan pergi ketempat fiteness seringkali menjadi pilihan. Banyak yang mengatakan bahwa olahraga ditempat fitness akan lebih efektif dibandingkan dengan melakukan olahraga sendiri. Hal ini dikarenakan fasilitas yang lengkap ditempat fitness akan membantu anda dapat melakukan pergerakan yang lebih efektif.

Akan tetapi tentunya tidak mudah pula melakukan olahraga sesuka hati. Anda akan perlu tips untuk dapat melalui masa-masa sulit dan menyiksa saat pertama kali hendak melakukan olahraga ditempat fitness. Nah, untuk itu mari kita simak beberapa tips olahraga bakar kalori untuk pemula dibawah ini.

Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Olahraga yang dilakukan dengan tergesa-gesa dan sekaligus akan mungkin berdampak tidak baik untuk tubuh anda. Bukan memberikan manfaat dan membuat anda bisa mendapatkan ukuran tubuh yang didinginkan. Sebaliknya hal ini akan mungkin membuat anda mengalami kendala sewaktu melakukan olahraga seperti keram atau bahkan kecelakaan berolahraga.

Untuk itu, terlepas dari apakah latihan yang anda lakukan rutin atau tidak, baik itu aerobik, cardio atau melatih kekuatan, upayakan untuk anda selalu melakukan warming up atau pemanasan terlebih dahulu. Latihan pemanasan pada umumnya akan lebih banyak melibatkan peregangan tubuh dan juga membuat otot-otot mejadi lebih fleksibel sehingga anda akan dapat lebih siap untuk melakukan olahraga. Selain itu, pergerakan ini pun penting dilakukan untuk menghindari kecelakaan atau cidera sewaktu melakukan olahraga.

Umumnya beberapa pergerakan seperti meregangkan tangan, kaki dan batang tubuh bagian atas menjadi hal yang penting utnuk dilakukan. Selain itu, gerakan menekuk lutut dapat membuat darah terpompa dan bahkan anda akan terasa lebih panas sehingga anda akan dapat melanjutkan olahraga dengan menggunakan alat yang lainnya.

Pilih Peralatan Latihan yang Tepat

Banyak peralatan yang tersedia ditempat fitness yang cukup beragam. Hanya saja, tidak semua peralatan yang ada disana dapat digunakan. Untuk itu, sebaiknya gunakan peralatan latihan yang tepat sebab hal ini akan sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk anda yang pemula. Pilihlah peralatan yang membuat anda nyaman dan tetap merasa aman.

Hindari pula penggunaan aksesoris yang dapat membuat anda cedera, selain itu perhatikan pula sepatu yang anda gunakan. Jangan gunakan sepatu casual atau sepatu flat yang akan membuat anda merasa tidak nyaman. Sebaiknya kenakan sepatu olahraga yang nyaman dan dapat mendukung aktivitas anda.

Bukan hanya itu, pemilihan pakaian olahraga yang tepat pun akan dapat memberikan kenyamanan anda sewaktu melakukan kegiatan yang satu ini. Penggunaan baju yang tepat akan dapat menyerap keringat. Anda dapat memilih untuk memakai ikat kepala atau band pergelangan tangan jika keringan berlebihan menganggu anda.

Jangan Paksakan Diri Anda

Banyak pelatih kebugaran menyarankan agar para pelaku olahraga atau latihan untuk pemula tidak memaksakan dirinya pada saat awal-awal latihan. Hal ini dikarenakan tubuh anda akan memerlukan waktu untuk dapat melakukan penyesuaian dengan peningkatan aktivitas fisik yang anda lakukan. Selain tu, jika anda baru saja memulai latihan sebaiknya kenali tubuh anda saat sudah mulai merasa lelah.

Mintalah untuk mengurangi porsi latihan atau menghentikannya sejenak agar anda memiliki waktu untuk menarik napas dan membuat tubuh anda beristirahat sejenak. Jangan pernah sepelekan kondisi kelelahan yang anda alami hanya karena anda ingin segalanya terlihat maksimal dan sempurna anda lantas mengabaikan kesehatan anda. Sebab pada dasarnya hal ini akan malah berdampak tidak baik untuk kesehatan anda.

Berikan Kesempatan Tubuh Untuk Beristirahat

Sebagai seorang pemula, anda akan membakar kalori secara fisik dan juga mental jika anda latihan tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk itu, berikan kesempatan tubuh anda untuk rehat setelahnya. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu istirahat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setidaknya 7 sampai dengan 8 jam pada saat malam hari. Untuk itu, hindari terjaga sampai larut malam yang akan membuat tubuh anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Bukan hanya itu, terlalu sering terjaga sampai dengan larut malam malah akan membuat anda mudah merasakan stres. Jadi demikian, upayakan untuk tidur lebih awal agar anda dapat bangun lebih segar pada pagi hari.

Fokus Pada Latihan Cardio

Olahraga yang terbilang efektif untuk para pemula adalah jenis olahraga yang berfokus pada latihan kardiovaskular. Olahraga ini mencakup jenis olahraga seperti berjalan diatas treadmill atau bersepeda. Adapun manfaat dari melakukan olahraga ini akan baik untuk mendukung dan memperkuat jantung, kondisi otot dan juga membuat tubuh anda menjadi lebih fleksibel. Tentunya latihan inipun tidak dapat dilakukan dengan terlalu hebat dan tergesa-gesa. Anda dapat melakukannya dengan perlahan dan bertahap. Seperti misalkan pada hari pertama anda cukup melakukannya selama 15 menit dan menambah porsinya pada hari berikutnya sebanyak 20-30 menit setiap kali melakukan jenis olahraga kardio.

Perhatikan Pola Makan

Meski sudah melakukan olahraga yang berat dan dilakukan secara rutin. Akan tetapi, bila anda tidak sigap dalam memperhatikan pola makan maka mungkin hal ini akan dapat sia-sia saja. Tidak sedikit orang yang mengabaikan kebiasaan makan sehat karena berpikir mereka sudah berolahraga dengan giat.

Padahal pola makan sama pentingnya dengan latihan yang anda lakukan. Selama melakukan program ini maka sebaiknya konsumsilah lebih banyak protein dan makanan sehat. Hal ini akan dapat membantu anda mendapatkan ukuran tubuh yang ideal dan menjaga tubuh tetap sehat.

Demikianlah beberapa tips yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda mendapatkan ukuran tubuh yang diinginkan. Pada dasarnya menjaga pola makan dan konsisten dalam melakukan latihan yang baik untuk tubuh akan membuat anda mendapatkan tubuh yang sehat. Ketika tubuh sehat maka ukuran berat badan anda pun akan tetap terjaga pada ukuran yang ideal. Untuk itu, perhatikan kembali gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik yang anda konsumsi setiap harinya.

Penyebab dan Cara Mengecilkan Perut Buncit Agar Rata dan Ramping

Bagi setiap orang memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu hal yang bayak diidamkan, baik untuk kaum wanita maupun pria. Utamanya para perempuan yang seringkali ingin tampil menawan dengan tubuh yang telah didambakan. Tidak sedikit para wanita yang beranggapan bahwa untuk menjadi cantik maka tampilan perut yang rata dan ramping menjadi modal pendukung yang perlu untuk selalu diperhatikan dengan baik.

Akan tetapi, tentunya bukan hanya wanita sebab umumnya kaum pria pun bayak yang dirundung dengan masalah yang sama, terutama mereka yang memiliki gaya hidup yang terbilang kurang sehat. Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan mengkonsumsi minuman beralkohol pada pria yang dilakukan secara berlebihan dapat menyumbang timbulnya perut dengan ukuran yang membuncit.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan cari solusi dan mengupas lebih dalam tentang masalah perut buncit dan bagaimana cara mengatasi kondisi ini dengan aman dan mudah. Sebab pada umumnya kondisi perut dengan tumpukan lemak dan semakin membuncit membuat penampilan anda menjadi terganggu dan akibatnya anda bisa dibuat tidak percaya diri dengan hal seperti ini.

Penyebab Perut Buncit

Kondisi perut membuncit yang dialami oleh seseorang tentu tidak terjadi begitu saja dan dengan tiba-tiba. Kondisi seperti ini pada umumnya adalah akumulasi dari tumpukan lemak didalam tubuh, terutama yang terkumpul pada bagian perut. Akibatnya hal ini membuat perut mengendur dan terisi dengan lemak.

Kondisi perut buncit yang dialami oleh seseorang tentu menjadikan penderitanya mengalami krisis percaya diri yang besar. Nah, sebelum membahas bagaimana mengatasi kondisi perut buncit agar dapat rata dan terlihat lebih ramping mari kita apa saja penyebab dari kondisi ini dapat terjadi.

Jarang Berolahraga

Gaya hidup yang kurang sehat yang diterapkan sehari-hari memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap timbulnya perut buncit, terutama untuk anda yang jarang berolahraga. Olaharaga adalah salah satu kegiatan penting yang perlu untuk selalu dilakukan. Selain membuat badan terasa lebih segar dan bugar, olahraga juga dapat dilakukan untuk membakar timbunan lemak didalam tubuh dengan lebih baik. Dengan demikian, resiko perut buncit akan dapat dihindari dengan baik.

Tidur Setelah Makan

Kebiasaan buruk yang satu ini adalah hal yang umumnya banyak dilakukan. Tidak sedikit orang yang menyepelekan tidur setelah makan. Perlu diketahui beranjak tidur setelah makan akan dapat memberikan pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang baru saja anda asup kedalam perut membutuhkan waktu untuk dapat dicerna. Ketika anda langsung tidur maka asupan makanan tersebut akan tertimbun didalam perut sebab tidak dapat diolah dengan baik oleh bagian percernaan. Akibatnya, kondisi ini membuat tumpukan lemak semakin banyak dan lama-kelamaan menggunung dan membuat perut menjadi buncit.

Makan Pada Malam Hari

Makan berlebihan pada jam malam tidaklah dianjurkan sebagai waktu makan yang baik. Hal ini dikarenakan makan pada waktu malam akan dapat menyebabkan kegemukan dan membuat perut menjadi buncit serta membesar. Selain itu, makan pada jam ini pun tidaklah baik untuk pencernaan anda.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Untuk dapat mengecilkan perut yang buncit ada beberapa hal penting yang perlu untuk selalu diperhatikan dengan baik, diantaranya adalah:

Ketahui Anatomi Tubuh Anda

Yang pertama mulailah dengan mengenali diri anda, khususnya hal yang berhubungan dengan anatomi tubuh anda. Jika anda ingin langsung untuk mengecilkan perut yang bunciT maka penting sekali untuk anda mengenali secara detail anatomi perut anda. Hal ini akan dapat membantu anda untuk menentukan jenis olahraga yang seperti apa ang baik untuk anda jalankan. Memilih olahraga yang tepat tentu akan dapat memberikan anda manfaat yang lebih baik untuk dapat mengecilkan perut dengan lebih cepat.

Gunakan Korset dan Kencangkan

Penggunaan korset bukanlah sesuatu yang asing untuk masyarakat saat ini, terutama untuk kaum wanita. Alat bantu yang satu ini akan daPat memberikan manfaat jangka panjang meski terlihat sepele. Ketika menggunakan korset upayakan untuk mengencangkan bagian ini dengan tingkat kekencangan yang pas. Hanya saja, jangan mengikatnya terlalu kuat sampai anda kesulitan untuk dapat bernafas dengan baik. Hal ini akan dapat menghambat aktivitas anda sebab perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan dari kondisi ini.

Lakukan Latihan Keseimbangan

Tips mengecilkan perut yang selanjutnya adalah dengan melakukan latihan keseimbangan. Latihan yang satu ini mungkin terdengar sepele akan tetapi hal ini akan dapat memberikan manfaat untuk anda dapat mengecilkan perut dengan lebih baik. Untuk itu, mulailah rajin melakukan aktivitas yang satu ini dirumah atau dengan menyengaja menyewa instruktur untuk membimbing olahraga anda. Adapun jenis olahraga yang umumnya memberikan gerakan keseimbangan lebih banyak adalah olahraga jenis yoga.

Konsumsi Cukup Air Putih

Terkadang otak kita salah mengartikan perasaan haus dengan rasa lapar. Untuk itu, ketika anda merasa mudah lapar meski baru saja menyantap makanan maka coba alihkan makan anda pada konsumsi air putih yang cukup. Hal ini akan dapat menghindarkan anda dari asupan kalori yang datang dari makanan yang kurang sehat yang mungkin anda konsumsi. Untuk itu, perhatikan kembali asupan air putih dalam tubuh anda. Cukupi kebutuhannya dengan baik minimal sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Selain itu, manfaat air putih pun akan mencegah anda dari dehidrasi dan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Bijaklah Memilih Jenis Makanan

Makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi seperti yang terdapat pada junkfood adalah salah satu jenis makanan yang wajib untuk anda hindari. Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan ini akan membuat timbunan lemak dengan mudah terjadi pada bagian perut anda. Untuk itu, upayakan untuk mengurangi dan menghentikan konsumsi terhadap makanan ini dengan perlahan dan bertahap.

Tambah Porsi Olahraga Rutin Anda

Menghilangkan sejumlah lemak dan kalori yang menumpuk pada bagian perut memang tidak mudah untuk dilakukan. Hal ini memerlukan perjuangan dan effort lebih dari anda untuk dapat mencapainya. Nah untuk itu, tidak ada salahnya menambah porsi olahraga rutin anda dengan lebih baik. Jika biasanya anda hanya menghabiskan sekitar 1 jam di gym maka mungkin porsinya bisa anda tambah menjadi lebih banyak, seperti 30 menit lebih lama atau 1 jam lebih lama.

Selain itu, cobalah konsisten melakukan pembakaran kalori dan mintalah bantuan instruktur saat anda ingin membakar lemak pada bagian perut dan membuat perut anda menjadi lebih rata. Umumnya instruktur di gym akan lebih tahu dan lebih paham mengenai jenis olahraga apa yang akan baik dan efektif untuk anda lakukan.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya, diet atau menurunkan berat badan artinya membakar lebih banyak lemak dari yang anda konsumsi. Untuk itu, komitmen dan dedikasi yang tinggi pada saat melakukan hal ini menjadi hal penting yang dibutuhkan.

Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Gemuk

Sarapan adalah waktu makan paling penting untuk memulai hari anda. Lewat konsumsi sarapan tubuh anda akan mendapatkan pasokan energi untuk dapat melakukan aktivitas selama seharian penuh. Sayangnya, tidak semua orang mengindahkan anjuran makan penting yang satu ini. Malah tidak sedikit orang yang tengah dalam program menurunkan berat badan melewati jam makan yang satu ini. Mereka menganggap bahwa dengan dengan semakin sering mereka melewatkan jam makan maka sama artinya dengan mempercepat proses pembakaran lemak didalam tubuhnya.

Akan tetapi, tentu saja hal ini salah besar. Sebaliknya melewatkan konsumsi sarapan malah akan memberikan potensi gemuk pada tubuh anda dengan lebih besar. Namun, cara sarapan yang salah justru dapat berakibat sama, yakni menyebabkan penumpukan kalori dan lemak yang berlebihan.

Untuk itulah, mengetahui hal ini maka mungkin anda perlu membenahi kesalahan-kesalahan menyantap sarapan yang akan memberikan potensi kegemukan pada tubuh anda. Nah, untuk itu mengetahui apa saja kesalahan umum yang seringkali dilakukan saat sarapan akan menjadi sumber yang penting untuk anda dapat memperbaiki kesalahan ini dengan baik. Nah, dibawah ini mari kita simak beberapa kesalahan saat sarapan yang bikin gemuk.

Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Gemuk

Tidak sedikit orang yang masih dibuat bingung saat tengah menyantap sarapan. Disatu sisi jam makan ini adalah waktu makan yang penting. Akan tetapi disisi lain hal ini malah akan mungkin memberikan pengaruh timbunan lemak dalam tubuh anda. Untuk itu, hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah dengan memperhatikan cara anda sewaktu sarapan. Dibawah ini adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan sewaktu sarapan yang malah memicu kegemukan.

Minum Jus Pagi Hari

Seperti telah menjadi kebiasaan yang sebelumnya berawal dari anjuran bahwa konsumsi jus pada pagi hari akan memberikan manfaat yang baik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi rupanya mengkonsumsi jus pada pagi hari justru malah akan membuat anda gemuk. Minum segelas jus pada pagi hari memang memberikan semangat dan sensasi tersendiri untuk anda dapat mengawali hari. Akan tetapi, ketika hal ini justru berpengaruh buruk untuk kesehatan anda maka anda mungkin akan sedikit khawatir dengan masalah yang satu ini.

Konsumsi jus pada pagi hari dapat memberikan pengaruh terhadap kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan pada saat buah segar dijus maka yang tersisa hanyalah kandungan air dan gula yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan berdampak tidak baik, terutama untuk anda yang seringkali mengkonsumsi jus buah dalam kemasan. Sedangkan kandungan vitamin dan serat yang baik untuk proses metabolisme tubuh anda menjadi berkurang.

Nah, untuk mengatasi hal ini alangkah lebih baik jika mulai saat ini anda segera menghentikan kebiasaan mengkonsumsi jus buah pada pagi hari. Alangkah lebih baik jika ada mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung. Selain lebih nikmat, hal ini tentunya akan memberikan manfaat dari buah secara utuh.

Sarapan dengan Pastry

Aneka pastry seperti apple struddle atau croissant memang paling pas untuk dinikmati, apalagi saat pagi hari bersama dengan secangkir teh, susu atau mungkin bersama dengan kopi. Rasanya yang nikmat dan perpaduan yang sempurna akan membuat pagi hari anda semakin nikmat dengan sajian yang satu ini. Akan tetapi, kenikmatan yang anda rasakan hanya berlaku untuk lidah anda saja, bukan untuk tubuh.

Hindari mengkonsumsi pastry untuk dijadikan menu sarapan anda hal ini dikarenakan terdapat kandungan gula yang tinggi dan lemak jenuh yang banyak yang terdapat dalam pastry. Apalagi saat anda mengkombinasikannya dengan lebih banyak gula yang ada pada kopi atau teh. Sebaiknya, bijaklah dalam mengatur menu sarapan anda untuk menghindari resiko kegemukan yang akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Pancake dan Waffle Untuk Menu Sarapan

Meskipun dua menu hidangan ini adalah menu sarapan yang banyak diadaptasi dari luar negeri. Namun saat ini, masyarakat Indonesia sendiri sudah mulai jatuh cinta dengan kedua hidangan ini. Sehingga tidak heran bila sebagian orang akan menjadikan pancake dan waffle sebagai menu sarapannya. Dua hidangan ini memang nikmat dan lezat untuk dikonsumsi, Akan tetapi dampaknya tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk anda yang saat ini ingin segera menurunkan berat badannya.

Sajian yang terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan bahan-bahan lain dan dipadu dengan topping yang beragam seperti sirup atau bubu gula ini memang nikmat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tepung terigu yang terkandung dalam kedua bahan makanan ini akan cepat menaikan gula darah, namun cepat turun juga sehingga anda akan cepat merasa lapar lagi. Untuk itu, sebaiknya ganti jenis dan menu sarapan anda dengan jenis yang lebih sehat seperti sereal gandum atau roti gandum yang jauh lebih bermanfaat untuk dikonsumsi.

Minum Kopi

Minum kopi pada pagi hari seolah sudah menjadi budaya yang sulit untuk dipisahkan pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi kopi pada saat pagi hari memang sebenarnya tidak memberikan dampak yang buruk selama anda tidak menambahkan gula pada sajian kopi yang dibuat. Hanya saja yang jadi masalah adalah sewaktu anda menuangkan pemanis tambahan dengan jumlah yang banyak kedalamnya.

Konsumsi kopi dengan gula yang tinggi yang dilakukan secara terus menerus akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan anda. Kandungan glukosa pada gula akan dapat memicu kenaikan berat badan dengan mudah. Untuk itu, sebaiknya hentikan mengkonsumsi kopi dengan kandungan gula yang tinggi pada pagi hari dan waktu-waktu lainnya.

Sarapan yang Sehat Namun Banyak

Memilih makanan yang sehat dengan kandungan protein yang rendah, karbohidrat kompleks, sayuran dan buah-buahan memang menjadi hal yang baik untuk dilakukan. Akan tetapi, ketika anda menyantap semua jenis makanan ini dalam satu waktu maka dampaknya tetap saja tidak baik.

Untuk itu, sebaiknya konsumsilah makanan secukupnya dan jangan buat perut anda merasa kenyang berlebihan. Menyantap sarapan terlalu banyak malah akan membuat anda mudah mengantuk. Selain itu, konsumsi makanan sehat dalam jumlah yang berlebihan akan mungkin membuat anda memasukkan kalori dalam jumlah yang banyak.

Makan Terlalu Sedikit

Hanya karena takut akan menambah asupan lemak dan kalori yang terlalu besar kedalam tubuh anda lantas menyantap sarapan hanya sedikit bahkan dengan porsi yang begitu minim. Akan tetapi, hal ini bukanlah solusi yang baik dan tidak akan berimbas baik untuk kesehatan anda. Selain anda akan tetap merasa kelaparan, mengkonsumsi sarapan yang terlalu sedikit malah akan membuat hari-hari anda lemas karena kurangnya pasokan energi.

Untuk itu, silahkan konsumsi makanan yang cukup pada saat pagi hari karena makanan yang anda asup tidak akan membuat anda gemuk sebab makanan akan dibakar menjadi energi. Sementara itu, bila anda masih merasa ketakutan dengan lemak dan kalori berlebihan dalam makanan maka pilihlah jenis makanan sehat yang telah disebutkan diatas.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi cukup yang anda butuhkan.

Kesalahan Makan Malam yang Justru Bikin Anda Mudah Gemuk

Masyarakat Indonesia sudah lumrah dengan kebisaan menyantap makan sesuai dengan jam yang memang telah ditentukan. Seperti menyantap sarpan, makan siang dan juga menyantap makan malam. Makan seusai dengan waktu atau makan teratur memang bermanfaat baik untuk kesehatan. Hanya saja, untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan sepertinya penting untuk diperhatikan dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan apa yang anda kosumsi akan erat kaitanya dengan penambahan berat badan yang terjadi dengan tubuh anda.

Salah satu penyumbang kenaikan berat badan yang terjadi adalah lewat konsumsi makan malam. Hal ini dikarenakan makan pada jam malam, apalagi saat menjelang tidur akan mungkin memberikan kemungkinan penumpukan lemak yang berlebihan. Akibatnya, bila hal ini terus-terusan dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka akibatnya kenaikan berat badan anda akan sulit untuk dihindari.

Oleh karenanya, sesaat sebelum tidur anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau cemilan atau pula makanan berat sebab energi dalam makanan tidak akan tergunakan hanya akan tertumpuk sebagai cadangan makanan berupa tumpukan lemak didalam tubuh. Selain itu, ada beberapa kesalahan lain yang sebaiknya anda hindari seputar makan dimalam hari sebab hal ini dapat memberikan masalah untuk kenaikan berat badan anda.

Tidur dalam Keadaan Perut Kenyang

Kondisi lapar sebelum beranjak tidur yang tak terhankan atau mungkin perasaan lelah sepulang bekerja yang membuat tubuh merasa lemas membuat tubuh anda membutuhkan banyak energi untuk merecover yang sebelumya telah hilang. Akibatnya, perasaan lapar yang membendungi perut anda membuat anda akan kalap dan melahap jenis makanan apa saja yang anda lihat. Akhirnya perut anda kini sudah diisi dengan berbagai jenis makanan dan terasa lebih kenyang.

Akan tetapi, setelah anda merasa kenyang tidak sebaiknya anda segera tidur. Kebiasaan yang satu ini akan dapat menyebabkan lingkar pinggang anda semakin besar dan anda pun menjadi lebih gemuk. Untuk itu, sebaiknya berikanlah jarak atau waktu beberapa saat antara makan anda dengan tidur. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan lebih dari 200 kalori pada saat malam hari sebab seperti yang telah dijelaskan diatas hal ini malah akan menimbulkan penumpukan lemak didalam tubuh anda.

Konsumsi Makanan yang Salah

Anda memang tidak dilarang untuk mengkonsumsi makan malam. Hanya saja, kebanyakan para pelaku diet akan melewatkan jam makan ini atau menggesernya lebih dini dibandingkan harus menyantap makanan saat sudah gelap. Sementara itu, untuk anda yang masih tetap menyantap makan malam alangkah lebih baik jika anda tidak mengkonsumis jenis makanan yang salah. Kebanyakan diet yang gagal umumnya dipicu akibat konsumsi jenis makanan yang salah saat malam hari. Hindari jenis makanan yang tinggi akan lemak dan tinggi akan protein. Pilihlah jenis makanan yang rendah dengan dua kandungan ini dan sedikit karbohidrat sebagai menu makan malam anda.

Tidur dengan Perut Lapar

Banyak para pelaku diet memilih menekan nafsu makannya pada saat malam hari, termasuk ketika perut mereka kosong dan terasa begitu lapar. Dengan melakukan hal ini mereka menganggap bahwa tubuhnya akan dapat membakar lebih banyak lemak. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukan bahwa hal ini bukanlah anggapan yang baik untuk dilakukan. Tidur dalam keadaan lapar malah akan membuat anda kehilangan massa otot, bukannya lemak. Selain itu, pada saat anda kelaparan dimalam hari maka hal ini akan malah membuat anda cenderung makan berlebih pada saat jam sarapan atau makan siang.

Menyantap Dessert

Banyak orang akan merasa kurang lengkap bila setelah makan tidak menyantap dessert atau makanan penutup. Akan tetapi, menambah porsi makan anda dengan menyantap makanan penutup dengan rasa yang manis tidak alami malah akan membuat penumpukan lemak didalam tubuh menjadi semakin buruk. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Anda bukan tidak boleh menyantap dessert akan tetapi, bijaklah dalam memilih jenisnya. Daripada menyantap dessert seperti pudding atau kue, alangkah lebih baik jika anda menggantinya dengan buah-buahan yang lebih segar atau makanan lain yang lebih sehat seperti yogurt plain dan lain sebagainya.

Ngemil Dimalam Hari

Pekerjaan yang masih menumpuk atau tayangan televisi favorit anda yang tayang sampai larut malam terkadang membuat anda perlu untuk mengisi kesepian sendiri dimalam hari. Alhasil hal ini membuat anda memilih untuk mencari cemilan atau makanan ringan untuk menemani malam anda. Selain itu, tidak sedikit diantara mereka membenarkan hal ini sebagai hal yang akan mengusir rasa kantuk mereka agar dapat terjaga sampai malam hari.

Akan tetapi, untuk anda yang berkeinginan untuk menurunkan berat badan maka kebiasaan yang satu ini bukanlah solusi yang baik. Segera hentikan kebiasaan ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan sampai tengah malam. Hal ini malah akan membuat berat badan anda semakin meningkat. Sementara itu, untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya hindari terjaga sampai larut malam dan segeralah tidur.

Pemakaian Garam Berlebihan Pada Makanan

Kandungan garam yang terlalu banyak didalam makanan akan dapat menyebabkan natrium berlebih untuk badan. Ini adalah salah satu faktor pemicu bertambahnya berat badan dengan lebih mudah. Untuk itu, bagi anda yang seringkali menyantap makanan sebaiknya kurangi penggunaan garam pada sajian makanan yang anda buat. Akan lebih baik jika anda menggantinya dengan rempah-rempah lain yang beraroma seperti lada bubuk atau lada hitam. Bukan hanya itu, kurangi penggunaan bahan perasa gurih seperti petsin hal ini malah akan membuat anda semakin menginginkan makanan secara berlebihan.

Lapar Disiang Hari, Pesta Dimalam Hari

Kebiasaan ini mungkin dimiliki oleh anda yang menggunakan beberapa jenis diet dengan metode jendela makan. Akan tetapi, pada faktanya metode yang seperti ini malah akan merusak kebiasaan pola makan anda. Akibatnya, terlalu sering menerapkan jenis makan seperti ini malah akan membuat anda berakhir dengan ketidak stabilan metabolisme yang terjadi dengan tubuh anda. Untuk itu, sebaiknya ketika anda merasa lapar pada saat siang hari maka upayakan untuk mendapatkan makanan. Jangan menunda dan malah membuat anda mengkonsumsi aneka ragam makanan pada saat malah hari. Sebab saat malam hari makanan yang masuk kedalam tubuh anda tidak akan dapat diolah menjadi energi. Yang ada hanyalah tumpukan lemak yang memperparah kenaikan berat badan anda.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan kembali pola makan anda pada saat malam hari. Bila anda ingin menurunkan berat badan dengan lebih efektif maka sebaiknya geser makan malam anda ke sore hari dan hentikan mengkonsumsi makanan maksimal sampai jam 5 sore. Perlu diketahui tubuh anda akan membutuhkan waktu untuk dapat mencerna makanan menjadi energy. Untuk itu, pastikan bila anda memberikan jeda antara waktu makan dan tidur anda dimalam hari.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan sehingga dapat memberikan solusi pada masalah yang anda hadapi saat ini.

Aturan Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat dan Efektif

Sarapan merupakan saat makan yang paling penting dari semua waktu makan yang lainnya. Bahkan sarapan dikaitkan dengan kecerdasan otak dalam melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Namun sarapan yang dimaksud tentunya sarapan yang baik bukanlah sarapan yang sembarang. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kurang mengindahkan anjuran sarapan yang cukup penting ini. Terutama mereka yang tengah menjalankan program menurunkan berat badan.

Banyak yang menganggap bahwa dengan semakin banyak melewatkan waktu makan maka sama artinya dengan memangkas lebih banyak kalori dan lemak didalam tubuh. Akan tetapi, pada kenyataannya hal ini tentu saja keliru dan salah besar. Melewatkan santap sarapan justru malah membuat berpeluang untuk lebih gemuk. Hal ini dikarenakan anda mungkin bisa saja melewatkan asupan kalori saat pagi hari akan tetapi dampak lebih besar yang aka bermasalah untuk anda. Pada saat siang hari anda akan cenderung merasa lebih lapar dan akhirnya pada saat melihat banyak makanan.

Sebaliknya, mengkonsumsi sarapan akan membuat anda meningkatkan metabolisme dengan lebih baik. Dengan demikian, metabolisme yang terjaga dengan baik akan dapat memberikan kesempatan untuk anda dapat membakar kalori lebih baik. Hanya saja tentunya sarapan yang dimaksud perlu diperhatikan dengan baik. Simak beberapa aturan sarapan untuk bantu turunkan berat badan dibawah ini.

Aturan Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat dan Efektif

Untuk dapat menurunkan berat badan dengan lebih baik maka penting sekali untuk anda memperhatikan beberapa aturan yang perlu diterapkan saat anda menyantap hidangan makanan pada waktu ini. Seperti apa saja hal penting yang perlu diperhatikan? Mari simak dibawah ini.

Makan Satu Jam Setelah Bangun Tidur

Waktu menyantap sarapan yan terbaik adalah pada saat satu jam setelah anda bangun pagi. Untuk itu, luangkan waktu anda untuk dapat menyantap sarapan pada jam yang tepat. Jika anda merasa khawatir kesiangan maka anda perlu bangun lebih awal dari waktu biasanya. Upayakan untuk memasang alarm pada jam yang dapat memungkinkan anda menyantap sarapan satu jam setelah anda bangun.

Aturan ini sangat penting untuk diterapkan terutama untuk anda yang ingin menurunkan berat badan dengan lebih baik. Hal ini difungsikan untuk menjaga ritme sirkadian yakni siklus 24 jam dalam proses fisiologis guna menentukan pola tidur dan pola makan anda dengan lebih baik. Selain itu, hal ini akan dapat membantu anda untuk lebih cepat meningkatkan metabolisme didalam tubuh. Jadi demikian, sisakan waktu 1 jam yang bisa anda manfaatkan untuk bersiap-siap atau berdandan terlebih dahulu.

Makan Protein Bukan Gula

Pilihlah menu sarapan yang baik dan sehat untuk menghindarkan anda dari resiko kegemukan karena salah mengkonsumsi menu sarapan. Pilihlah makanan yang tinggi akan protein untuk dijadikan menu sarapan anda seperti konsumsi telur dan gandum. Makanan ini bukan hanya rendah kalori, namun juga memberikan ekstra energi agar anda lebih bersemangat pada pagi hari. Selain itu, konsumsi makanan ini akan membantu anda untuk tidak berlebihan mengkosumsi makanan pada saat siang hari karena perut anda masih cukup kenyang.

Hindarkan dan kurangi pula konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan pada saat makan siang. Sebab hal ini tetap dapat memberikan potensi lebih besar untuk anda mengalami kegemukan. Untuk itu, hindari mengkonsumsi pancake, roti dengan selai dan makanan lainnya pada saat siang hari.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Kita tahu bahwa buah dan sayuran adalah menu makanan sehat yang akan baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang ada dalam buah dan sayur akan membantu anda untuk meningkatkan metobolisme dalam tubuh dengan lebih baik. Hal ini berarti akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh dengan lebih cepat. Selain itu, serat akan membantu anda lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini tentu akan menghindarkan anda dari konsumsi makanan secara berlebihan.

Sarapan Sedikitnya 8 Gram Serat

Salah satu kunci keberhasilan menurunkan berat badan dengan lebih cepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang membuat anda cepat merasa kenyang. Sebab dengan begini maka akan dapat mengurungkan niat anda untuk melahap lebih banyak makanan dengan kandungan kalori yang tinggi. Untuk sarapan dipagi hari sebaiknya terapkan aturan untuk mengkonsumsi sedikitnya 8 gram seray.

Bila anda masih memiliki spare waktu yang lebih banyak sebelum berangkat kerja atau pergi ke sekolah maka cobalah membuat menu sarapan yang mengandung 10 gram serat dan bebas gluten, seperti oatmeal atau konsumsi buah-buahan manis yang beragam.

Selain itu, ketika anda dapat meluangkan lebih banyak waktu maka anda bisa membuat bekal makan siang anda sendiri yang tentunya jauh lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang anda dapatkan dengan membeli.

Hindari Konsumsi Makanan dengan Kandungan Kalori yang Tinggi

Pada saat sarapan alangkah lebih baik untuk anda menghindarkan jenis makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Adapun anjuran asupan kalori yang perlu diasup pada pagi hari hanyalah skitar 300 sampai dengan 600 untuk menjaga berat badan tetap seimbang. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah yoghurt, buah, roti gandum dan masih banyak lagi.

Perhatikan Jenis Minuman

Memperhatikan sarapan yang sehat bukan hanya berfokus pada jenis makanan yang anda konsumsi. Terkadang cairan yang anda konsumsi pada saat sarapan seringkali dianggap remeh. Padahal hal ini pun akan memberikan dampak yang kurang baik, apalagi bila hal ini dilakukan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya seperti mengkonsumsi kopi atau teh pada saat pagi hari yang akan dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kenaikan berat badan. Kandungan gula yang terdapat dalam minuman tersebut akan mungkin memberikan kontribusi untuk menumpuk lemak dan kalori didalam tubuh anda.

Jadi demikian, penting sekali untuk memperhatikan hal ini dengan baik dan benar. Alangkah lebih baik jika anda mengalihkan konsumsi kopi atau teh pada minuman yang lebih baik dan bermanfaat seperti air mineral atau secangkir susu murni. Protein yang terdapat dalam susu murni akan memberikan energy untuk anda lebih siap menghadapi hari-hari anda dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktikan dirumah dengan mudah. Pada intinya, sarapan yang sehat adalah waktu makan yang penting yang tidak boleh anda lewatkan. Sebab lewat konsumsi makanan ini akan memberikan anda sejumlah energy untuk dapat menghadapi aktivitas seharian penuh ini.

Tips Ngemil Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Siapa yang tidak suka dengan ngemil atau menikmati makanan ringan pada saat santai? Hampir setiap orang mungkin gemar melakukan kegiatan yang satu ini. Apalagi jika ngemil ditemani dengan makanan atau minuman yang anda sukai. Tentunya kegiatan yang satu ini akan semakin menyenangkan dan membuat anda tergoda untuk melakukannya. Meskipun kegiatan yang satu ini dianggap sebagai kebiasaan buruk terutama untuk anda yang tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Akan tetapi, rupanya tak sepenuhnya hal ini benar dan berdampak tidak baik untuk dilakukan.

Terkadang ngemil mugkin sulit untuk dihindarkan. Anda yang sedang santai dihadapan televisi dan menikmati acara kesukaan anda maka cemilan menjadi pelengkap yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Pada dasarnya kegiatan ngemil memang dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan dan akan mungkin menaikan berat badan anda dengan lebih cepat. Hanya saja, jika anda pandai memiliih cemilan dan bijak dalam mengkonsumsi cemilan maka kegiatan yang satu ini bisa berdampak baik untuk kesehatan. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips ngemil yang sehat yang dapat anda lakukan meski anda sedang dalam masa penurunan berat badan. Yuk, simak dibawah ini tipsnya.

Tips Ngemil Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Pada umumnya kegiatan ngemil yang banyak menjadi penyumbang kegemukan adalah kegiatan ini dilakukan dengan sembarang. Tanpa memperhatikan jenis cemilan dan jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang dapat menaikan berat badannya dengan mudah. Akan tetapi, bila anda dapat mengubah kegiatan ini dengan cemilan yang sehat dan alami. Maka meski anda sedang dalam proses penurunan berat badan kegiatan ngemil masih dapat dilakukan. Yuk, simak beberapa tips ngemil yang sehat dibawah ini.

1. Ganti Cemilan Anda dengan Makanan Sehat

Hal pertama yang penting untuk dilakukan dari tips kali ini adalah dengan memperhatikan jenis cemilan anda. Bila selama ini anda seringkali ngemil jenis makanan yang kurang sehat dan memiliki kandungan lemak yang tinggi maka segeralah benahi menu cemilan anda. Ketika lapar, segala jenis makanan yang kita lihat akan cenderung terlihat lezat dan mengoda. Utamanya adalah makanan yang mengandung kalori yang tinggi seperti halnya snack, gorengan, coklat, kue dan lain sebagainya.

Nah, untuk mencegah anda mengkonsumsi segala jenis makanan yang tidak sehat maka sebaiknya pilihlah jenis cemilan yang lebih sehat dan lebih alami. Upayakan untuk memenuhi lemari makanan anda dengan makanan sehat seperti sayur dan buah sehingga tidak ada alasan untuk anda menikmati jenis makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu, mengkonsumsi buah juga akan membuat anda merasa mudah kenyang dan perasaan kenyang ini akan dapat bertahan lama.

2. Konsumsi Jus Buah

Terkadang tubuh kita salah mengartikan antara perasaan lapar, haus dan bosan. Sehingga ketika tidak ada aktivitas maka anda akan cenderung mudah lapar. Terkadang otak salah mengartikan perasaan haus anda dengan rasa lapar. Untuk itulah, daripada mengkonsumsi makanan yang berat untuk membuat anda merasa lebih baik. Akan lebih bijak dengan coba terlebih dahulu mengkonsumsi minuman. Jika anda merasa bosan atau malas untuk mengkonsumsi air yang itu-itu saja maka cobalah untuk mengkombinasikan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi jus buah.

Akan tetapi, sebaiknya hindari mengkonsumsi jus buah yang dijual dipasaran atau jus buah kemasan. Sebab pada dasarnya kandungan gula dan buah yang kurang alami serta kandungan pengawet yang terdapat didalamnya akan kurang baik untuk kesehatan anda.

3. Buat Sendiri Bekal Makanan Anda

Terkadang meski anda sudah berniat besar untuk menjaga asupan makanan anda. Namun pada saat ditempat kerja atau dikantor anda akan terjebak dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan terbatasnya menu makanan atau rasa malas untuk menikmati makanan sehat membuat anda cenderung mengambil jalan pintas dengan menikmati makanan yang kurang baik.

Untuk itu, sebaiknya atur kembali asupan makanan dalam tubuh anda dan asupi dengan makanan yang sehat. Tidak ada salahnya membuat bekal makanan sendiri ke tempat kerja atau ke sekolah dengan komposisi makanan yang sehat. Misalkan untuk anda yang suka mengkonsumsi sandwich sebaiknya jangan asal menggunakan roti. Penggunaan roti yang lebih baik dan akan membuat anda kenyang lebih lama adalah roti yang dibuat dari gandum. Untuk itu, lebih selektiflah memilih jenis makanan ini dengan baik. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayuran pada bekal makanan anda.

4. Sarapan dengan Gandum

Tentunya anda sudah tahu bahwa sarapan adalah salah satu jam makan yang paling penting. Hal ini dikarenakan sarapan akan dapat memberikan anda energi yang cukup untuk anda dapat menjalankan aktivitas yang banyak pada saat siang hari sampai dengan berakhirnya hari tersebut. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan menyantap sarapan dengan alasan tidak ada waktu atau bangun kesiangan. Padahal menyepelekan waktu makan yang satu ini akan memberikan kerugian yang cukup banyak untuk anda. Untuk itu, sebaiknya upayakan sisakan barang 5 sampai dengan 10 menit untuk anda dapat menyantap sarapan.

Sementara itu, bila anda tidak cukup memiliki banyak waktu untuk menyantap makanan besar maka ganti sarapan anda dengan mengkonsumsi gandum seperti sereal gandum. Jenis makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang praktis untuk dikonsumsi pada saat pagi hari. Selain itu, sereal gandum pun sehat dan baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin dan seratnya yang banyak yang terdapat didalamnya.

5. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Fastfood

Pada saat perut lapar biasanya anda cenderung untuk memiliki makanan cepat saji yang lebih mudah dan cepat untuk didapat. Bahkan kemudahan untuk delivery atau mengantarnya langsung ke tempat anda, membuat anda cenderung memilih jenis makanan ini untuk dikonsumsi pada saat perut terasa begitu lapar. Akan tetapi, mengkonsumsi jenis makanan ini bukanlah solusi yang bijak dan memberikan manfaat untuk tubuh.

Sebaliknya mengkonsumsi terlalu sering makanan cepat saji atau fastfood malah berdampak masalah. Kandungan kalori yang terdapat dalam fastfood akan memberikan pengaruh kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat untuk tubuh anda. Jadi demikian, selama anda mendambakan untuk dapat menurunkan berat badan maka sebaiknya hindari mengkosumsi fastfood terlalu banyak.

6. Pilih Menu Pencuci Mulut yang Lebih Sehat

Terkadang setelah makan seseorang akan mendamba untuk dapat menikmati makanan penutup atau yang lebih umum disebut dengan pencuci mulut. Sayangnya, saat ini hidangan pencuci mulut sudah semakin bervariasi jenisnya, termasuk hidangan pencuci mulut yang kurang baik dan kurang sehat untuk dikonsumsi seperti ice cream, puding dengan kandungan banyak gula dan masih banyak lagi.

Konsumsi jenis makanan penutup seperti ini bukanlah pilihan yang bijak. Pilihlah jenis makanan penutup atau pencuci mulut yang lebih sehat seperti buah-buahan yang segar. Pilihan menu yang satu ini tentu akan lebih baik dan lebih sehat untuk anda konsumsi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Menyenangkan

Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih seringkali kondisi tubuh yang seperti ini membuat anda mengalami krisis percaya diri yang besar. Apalagi saat diminta menggunakan gaun terbuka atau yang fit dibadan. Umumnya hal ini akan menjadi mimpi buruk para wanita dengan berat tubuh yang tambun dan berlebihan. Betapa tidak, tampil dalam balutan gaun yang terbuka atau ngetat akan membuat anda merasa tidak nyaman. Belum lagi, bagian kulit yang tebal dan terisi dengan lemak akan mungkin membuat gaun yang dikenakan menekan sebagian bagian tubuh anda. Akibatnya kondisi ini membuat anda ingin segera terbebas dari jeratan gaun yang menjengkelkan.

Akan tetapi, bagaimanapun kita tidak dapat menyalahkan ukuran gaun yang diberikan oleh seseorang. Melainkan anda harus mulai mencari solusi lain untuk mengatasi kondisi seperti ini. Nah, program menurunkan berat badan seringkali dipilih sebagai solusi terbaik untuk memangkas sebagian besar kelebihan berat badan didalam tubuh. Lewat cara ini maka sama artinya dengan anda membakar lebih banyak lemak dan kalori dibandingkan dengan yang anda konsumsi kedalam tubuh.

Sayangnya tidak mudah melakukan program diet atau program penurunan berat badan. Dibutuhkan perjuangan dan kerja keras yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk anda dapat menahan segala godaan yang datang selama melakukan diet. Seperti menahan lapar, berolahraga yang rutin dan lain sebagainya. Untuk sebagian orang kondisi seperti ini akan mungkin menyiksa. Namun rupanya adapula tips diet yang dapat anda lakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Ingin tahu seperti apa tipsnya? Simak dibawah ini.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Menyenangkan

Menurunkan berat badan dengan mengikuti pola hidup sederhana adalah strategi terbaik untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan permanen. Anda tidak perlu lagi merasa tersiksa karena kelaparan dan juga kini anda tak perlu membuang terlalu banyak waktu untuk melakukan olahraga setiap harinya. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips diet yang sederhana dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dapatkan Tidur yang Sehat dan Berkualitas

Tidur adalah cara alami tubuh untuk dapat melepaskan pikiran setelah kerja keras dan kelelahan akibat melakukan aktivitas yang banyak selama seharian penuh. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka tidur yang cukup akan sangat dibutuhkan guna mengatur sistem didalam tubuh manusia dengan lebih baik.

Bukan hanya itu, tidur pun akan dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk tubuh yakni dengan memperbaiki setiap kerusakan sel didalam tubuh dan sistem pencernaan juga bekerja keras untuk mengolah makanan dengan lebih baik. Selain itu, manfaat lain dari mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas asalah membantu metabolisme karbohidrat didalam tubuh dan memecah lemak dengan baik. Hal ini tentu menjadi hal yang baik karena dengan begini sama artinya lemak didalam tubh anda akan dapat berkurang seiring dengan tidur cukup dan berkualitas yang anda dapatkan.

Sebaliknya, kurang tidur akan dapat memicu produksi kortisol didalam tubuh dimana hal ini akan dapat mengarahkan anda pada peningkatan insulin. Sehingga kondisi ini akan dapat memicu sulit terjadinya penurunan berat badan. Dengan demikian, upayakan agar anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Jauhkan Takaran Makan Anda

Mengontrol porsi makan sama artinya dengan mengukur jumlah makan anda. Takaran makanan anda mungkin saja tidak banyak pada saat anda melakukan program diet, akan tetapi tetap saja meskipun porsinya sedikit namun mengandung banyak kalori maka hal ini sia-sia saja. Anda tidak dianjurkan makan roti lagi sedangkan dimeja anda tersedia aneka makanan lezat yang menggoda untuk dapat disantap. Hal ini sama halnya ketika anda mengkonsumsi nasi dan pada saat yang sama anda pun tergoda untuk menikmati mie instan.

Untuk itulah, akan lebih baik jika anda berfokus pada jenis makanan yang anda konsumsi daripada dibuat pusing dengan terus-terusan mengurangi jumlah porsi yang anda konsumsi. Utamakan mengontrol asupan kalori kedalam tubuh. Nah, untuk membantu anda mengatasi masalah ini maka mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah akan membantu anda dapat makan dengan jumlah yang lebih banyak tanpa khawatir makanan tersebut akan membuat anda mudah gemuk.

Makan dengan Porsi Kecil

Anda dianjurkan untuk membawa tempat makan kecil anda kemanapun anda pergi. Hal ini dilakukan guna membatasi porsi makan yang anda konsumsi. Hal ini akan membantu anda untuk tetap mengontrol asupan makanan kedalam tubuh anda dengan baik. Seperti misalkan ketika anda berada di restoran atau kafetarian maka gunakan tempat makan anda untuk mengontrol porsi makan anda dengan lebih baik.

Namun tak perlu khawatir meski makan dengan porsi yang kecil anda dapat mengkosumsi makanan ini dengan waktu yang lebih sering bahkan anda dianjurkan untuk makan sebanyak 5 sampai dengan 6 kali dalam sehari. Asalkan menunya sehat dan porsinya tidak terlalu berlebihan.

Hindari Makan Terlalu Larut Malam

Makan pada jam malam beberapa waktu sebelum anda pergi tidur bukanlah solusi yang baik. Tubuh anda membutuhkan sedikitnya 3-5 jam untuk dapat mencerna makanan dengan baik. Untuk itu, guna membantu anda mengatasi kondisi ini maka sebaiknya sikat gigi setelah anda makan. Dengan demikian anda tidak akan lagi berkeinginan untuk makan. Hal ini dikarenakan umumnya anda akan merasa sayang untuk mengotori kembali mulut anda setelah membersihkannya dengan menyikat gigi.

Foto Diri Anda

Sebelum anda melakukan program diet alangkah lebih baik jika anda punya gambaran tubuh anda sebelum diet dimulai. Hal ini difungsikan untuk memberikan motivasi anda untuk lebih berkomitmen menjalankan diet dengan baik. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memulai diet kali ini dengan terlebih dahulu mempotret diri anda. Hasilnya bisa anda bandingkan setelah 1 minggu atau beberapa pekan anda menjalankan diet.

Gunakan Jeans yang Ketat

Anda dapat menggunakan jeans yang ketat guna melihat proporsi tubuh anda. Jika anda melihat diri anda dihadapan cermin sewaktu mengenakan jeans ketat. Lantas anda melihat bahwa kaki dan pinggang anda terlihat tidak proporsional maka hal ini diharapkan bisa membuat anda mendapatkan motivasi untuk menurunkan berat badan dengan lebih baik.

Kurangi Kebiasaan Mengkonsumsi Minuman Berkalori

Mengkonsumsi minuman bersoda yang dingin pada saat udara panas dan terasa begitu haus maka kegiatan ini bisa menjadi ide yang cemerlang. Seketika hasrat haus anda akan dapat berkurang dan membuat anda merasa lebih baik. Akan tetapi demi mendukung program penurunan berat badan yang tengah anda lakukan maka kegiatan yang satu ini bukanlah hal yang bijak. Hindari dan kurangi mengkonsumsi minuman yang berkalori dan mengandung gula yang tinggi sebab hal ini akan dapat membuat anda sulit untuk menurunkan berat badan dan yang anda ukuran berat badan anda akan terus melambung dan sulit untuk dikendalikan.

Itulah dia beberapa cara menurunkan berat badan dengan metode yang lebih menyenangkan. Semoga dapat dengan mudah dipraktikan dirumah dan membuat ukuran berat badan anda dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Tips Membatasi Nafsu Makan Tanpa Diet dan Rasa Lapar

Kesehatan sangatlah penting dan perlu untuk menjadi prioritas banyak orang. Termasuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan senantiasa terlihat bugar. Bnayak orang memilih jalan dengan diet dan pergi ke gym untuk menjaga ukuran tubuh mereka agar tetap indah dan elok dipandang. Sayangnya tidak semua orang dapat melalukan hal yang sama guna menjaga kebugaran tubuhnya dengan baik. Pun demikian, anda perlu tahu bagaimana cara menurunkan berat badan agar tetap ideal tanpa harus melakukan diet ketat dan mati-matian menahan rasa lapar dan dan terasa tersiksa karenanya.

Menjaga asupan makanan dan mengontrol porsinya adalah salah satu hal yang penting untuk mereka yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Hal ini dikarenakan apa yang dikonsumsi oleh anda erat kaitannya dengan kenaikan berat badan yang dapat terjadi. Untuk itu, menjaga asupan kalori lewat makanan adalah hal penting untuk selalu dilakukan.

Akan tetapi tentu saja kegiatan yang satu ini tidak bisa dirasakan dengan cepat dan mudah hasilnya. Kekonsistenan anda akan memainkan peran dalam menentukan keberhasilan dari menjaga berat tubuh tetap ideal. Tanpa melalui diet dan merasakan lapar yang menyiksa sebenarnya anda tetap dapat menekan nafsu makan anda. Yang mana hal ini tentu akan dapat membuat anda yang mengalami masalah dengan berat badannya terbantu untuk menurunkan ukuran tubuh anda. Sementara untuk mereka yang tidak bermasalah dengan ukuran tubuh maka hal ini akan membantu anda menjaga berat yang ideal. Simak beberapa tips menekan nafsu makan tanpa diet dan rasa lapar dibawah ini.

Tips Membatasi Nafsu Makan Tanpa Diet dan Rasa Lapar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu anda berusaha untuk menekan nafsu makan anda agar anda dapat tetap mengontrol ukuran berat badan anda. Akan tetapi yang terpenting adalah lakukan hal ini dengan konsisten dan berkomitmen yang tinggilah pada saat melakukannya. Sebab pada dasarnya kegiatan yang satu ini tidak akan dapat bekerja dengan mudah dan instan.

Tak Usah Menghindarkan Makanan Kesukaan Anda

Banyak para pelaku diet melakukan banyak kesalahan pada saat hendak menurunkan berat badan mereka. Dengan terang-terangan mereka menyiksa dirinya dengan menghindarkan segala makanan yang biasa mereka konsumsi, termasuk makanan kesukaannya. Parahnya, hal ini seringkali dilakukan dalam waktu yang cepat dan tiba-tiba. Padahal tubuh kita membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan kondisi diet yang dijalankan.

Sama halnya dengan menghindarkan diri anda dari makanan kesukaan anda. Semakin anda menyiksa diri anda dan menghindarkan makanan tersebut maka semakin buruk dampaknya untuk anda. Masalah ini akan semakin buruk ketika saat anda 'balas dendam' dimana justru akhirnya anda cenderung mengkonsumsi makanan favorit anda tanpa terkendali.

Alih-alih menghindari makanan favorit anda, maka sebaiknya cobalah sisihkan seperlima dari total kalori harian andauntuk menikmati makanan yang anda gemari tersebut tanpa rasa bersalah. Artinya ketika anda tergoda untuk mencicipi kue coklat maka setelah ini anda perlu untuk mengurangi asupan kalori kedalam tubuh anda setimpal dengan ukuran kalori yang terdapat dalam kue coklat tersebut.

Pilih Gorengan "Tiruan"

Makanan yang digoreng memang menjadi salah satu jenis olahan yang lezat dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Pada saat melakukan proses penurunan berat badan umumnya jenis makanan yang satu ini sulit sekali untuk ditolak. Banyak program diet yang gagal dilakukan akibat seseorang tidak mampu menahan godaan terhadap konsumsi makanan yang satu ini.

Nah, untuk mensiasati hal ini maka cobalah gunakan trik dengan melapisi makanan yang hendak digoreng dengan menggunakan putih telur dan berikan taburan keju parmesan. Atau anda bisa mengganti taburan ini dengan tepung gandum, remah roti dan lain sebagainya. Setelah itu, silahkan semprot sedikit dengan menggunakan cooking spray.

Selanjutnya anda bisa memasukan bahan makanan ini kedalam oven dan memanggangnya dibawah suhu 200 derajat sampai matang. Dengan melakukan hal ini maka anda akan mendapatkan makanan yang serupa dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng yang renyah namun tetap sehat saat dikonsumsi.

Kumpulkan Bungkus Permen dan Makanan yang Anda Konsumsi

Alih-alih membuang semua bungkus atau kemasan dari makanan dan perman yang anda konsumsi. Akan lebih baik jika anda mengumpulkannya dalam sebuah wadah atau toples. Ketika anda melihatnya maka anda akan sadar dan memiliki kendali tentang seberapa banyak makanan yang anda konsumsi pada hari tersebut. Hal ini diharapkan membangun kesadaran dalam diri anda untuk mengontrol nafsu makan anda dan porsi makan anda menjadi lebih sedikit.

Jangan Makan Sambil Nonton atau Mengobrol

Kebanyak orang akan senang menikmati hidangan dalam piringnya dengan sambil mengobrol atau menonton televisi atau juga melakukan banyak hal lainnya. Orang zaman dulu mengatakan makan sambil mengobrol adalah hal yang pamali untuk dilakukan. Namun rupanya, hal ini beralasan juga.

Makan sambil melakukan kegiatan lain atau mengobrol akan membuat anda sulit merasa kenyang. Hal ini dikarenakan otak anda akan mengasosiasikan makan dan mengobrol atau melakukan kegiatan lainnya secara bersamaan. Akibatnya, sulit untuk otak anda menyadari rasa kenyang saat menyantap makanan. Untuk itu, maka sebaiknya hindari melakukan aktivitas atau kegiatan lainnya pada saat anda sedang makan.

Hindari Pemanis Buatan

Ketika menyantap makanan atau minuman sebaiknya hindari jenis yang mengandung banyak pemanis buatan. Kandungan pemanis buatan dalam makanan hanya akan membuat anda menginginkan lebih banyak gula. Seperti yang kita ketahui kandungan gula dalam makanan yang masuk kedalam tubuh akan membuat anda mudah menjadi gemuk. Untuk itu, sebaiknya bijaklah dalam memilih jenis makanan dan pilih yang terbaik untuk anda. Beralihlah pada gula alami dan dengan begini maka akan semakin sukses untuk anda mengatasi keinginan untuk makan.

Buat Catatan Kecil

Catatan ini berisikan tentang keberhasilan anda melawan hasrat lapar. Buatlah daftar ini dalam secarik kertas dan tuliskan sebuah ceklis pada beberapa jenis makanan yang berhasil anda lawan. Hal ini akan memberikan hasil dan perbandingan yang diharapkan memberikan anda motivasi untuk melawan nafsu makan anda. Dengan begini maka keberhasilan dari memungkas sejumlah asupan kalori didalam tubuh akan semakin cepat anda rasakan.

Buat Makanan Anda Sendiri

Terkadang kita makan dalam jumlah yang banyak karena rasa dari makanan yang begitu lezat. Umumnya makanan yang berasa lezat dibuat dari kurang memperhatikan kandungan yang tidak baik pada makanan. Seperti banyak mengandung kalori, lemak, perasa buatan dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat rasa dari makanan menjadi lebih bangkit dan lebih berasa. Pada akhirnya, nafsu makan anda malah semakin menjadi dan ingin menyantap habis jenis makanan tersebut.

Nah, untuk mengatasi kondisi seperti ini maka siasati dengan mulai mengolah sendiri makanan anda dirumah. Selain komposisinya yang bisa anda sesuaikan memasak makanan sendiri dirumah tentunya akan lebih sehat dan bermanfaat baik untuk kesehatan.

Itulah dia beberapa tips membatasi nafsu makan tanpa melakukan diet yang menyiksa dan menahan rasa lapar yang akan sulit untuk dikendalikan. Semoga tips diatas bermanfaat dan memberikan hasil yang baik untuk anda.

Sulit Kurangi Porsi Makan Saat Diet? Lakukan Trik Berikut Ini

Keinginan untuk melakukan diet dan implementasinya lewat mengurangi porsi makan itu adalah dua hal yang berbeda. Sebab pada kenyataannya, tidak mudah untuk dapat mengurangi porsi makan dan makan lebih sedikit pada saat diet. Ya, banyak yang mengatakan bahwa pada dasarnya kenaikan berat badan didalam tubuh erat kaitannya dengan apa yang anda makan. Sehingga demikian, salah satu aspek penting untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengurangi porsi sewaktu anda makan.

Hanya saja, kegiatan yang satu ini seringkali sulit bahkan sebagian orang merasa kewalahan saat dihadapkan pada mengatur porsi makan. Pasalnya, banyaknya variasi makanan dan olahan makanan yang menggoda membuat seseorang merasa sulit untuk dapat mengendalikan nafsu makannya. Apalagi saat pergi ke pesta, ketika makanan tersaji dengan begitu banyak dan dihidangkan secara cuma-cuma maka sulit sekali untuk menolak godaan aroma yang begitu sedap ketika dicium. Hal inilah yang membuat rasa lapar semakin menggebu dan pada akhirnya mental menahan lapar menjadi runtuh dan perut anda akan dipenuhi dengan berbagai jenis makanan yang anda lihat.

Akan tetapi, sebenarnya tak perlu khawatir sebab kali ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mensiasati agar anda tetap dapat makan dengan porsi yang sedikit selama melakukan diet. Ingin tahu seperti apa? Mari simak dibawah ini.

Sulit Kurangi Porsi Makan Saat Diet? Lakukan Trik Berikut Ini

Memang tidak mudah menekan nafsu makan ketika dilingkungan sekitar anda dipenuhi dengan aneka ragam makanan yang menggoda. Akan tetapi, bila komitmen anda tinggi maka bukan tidak mungkin mewudujkan hal ini dengan lebih mudah. Caranya adalah dengan mencari solusi yang tepat untuk mensiasati agar sebisa mungkin anda menekan nafsu makan anda. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal untuk menekan nafsu makan anda dan membuat anda makan dalam porsi yang sedikit.

Lakukan dengan Perlahan

Tubuh anda akan sulit untuk dapat melakukan adaptasi dengan ukuran dan porsi makan anda yang baru pada saat anda menjalankan program diet. Untuk itulah, kegiatan yang satu ini tidak dapat dilakukan dengan mudah dan tergesa-gesa. Untuk dapat mengurangi porsi makan sebaiknya lakukan dengan perlahan namun bertahap. Misalkan pada hari pertama anda boleh makan nasi bersama dengan lauknya sebanyak satu piring, namun hari berikutnya cobalah untuk mengurangi jumlah nasi yang anda konsumsi. Begitupun seterusnya sampai anda makan dengan jumlah yang benar-benar sedikit.

Sebaliknya, melakukan kegiatan ini dengan tergesa dan bertubi-tubi malah akan menghancurkan diet anda. Sebab pada akhirnya akumulasi dari rasa lapar anda akan cenderung membuat anda 'balas dendam' dengan mengkonsumsi makanan apa saja sesuka hari anda.

Kurangi Porsinya

Berkaitan dengan poin yang diatas, perlahan anda dapat mengurangi porsi makan yang anda konsumsi. Seperti misalkan jika anda biasanya makan dalam satu porsi maka anda bisa mengurangi sebanyak 1/4 porsi dan membuat anda makan dengan porsi 3/4. Ingat kembali jangan lakukan dengan tergesa-gesa dan membuat anda menjadi makan dalam porsi yang hanya 1/2 saja. Hal ini akan cenderung menyiksa tubuh anda dan membuat hasrat lapar semakin menjadi. Untuk itu, makanlah dengan porsi yang kecil dan lakukan dengan perlahan.

Nikmati Setiap Gigitannya

Hindari makan sambil lalu alias makan sambil melakukan kegiatan yang lain atau terburu-buru. Ketika anda makan sambil melakukan kegiatan yang lain disatu waktu yang sama maka otak anda akan mengasosiasikan keduanya. Akibatnya, ketidak fokusan anda sewaktu menyantap makanan malah membuat anda sulit untuk merasa kenyang. Untuk itu, hindari makan dengan melakukan kegiatan lainnya.

Lebih baik nikmati setiap gigitan dari makanan yang anda konsumsi. Dengan begini maka otak anda akan dapat menikmati makanan dan mengenali perasaan kenyang dan puas dalam tubuh sehingga anda akan dapat berhenti pada waktunya.

Selain itu, aturlah timer dan mulailah dengan mencari tahu seberapa cepat anda makan. Anda akan kaget mengetahui sarapan dan makan siang anda yang hanya membutuhkan waktu antara 5 sampai dengan 10 menit. Nah, hal ini diharapkan membuat anda menjadi lebih teliti dalam makan, aturlah waktu makan anda dan lakukan dengan perlahan. Otak anda akan membutuhkan sedikitnya 10 menit untuk menyadari bahwa perut anda sudah kenyang. Untuk itulah, jangan tunggu waktu berhenti makan anda sampai perut terasa penuh.

Gunakan Piring dan Peralatan Makan yang Lebih Kecil

Sebuah penelitian menunjukan bawa mengunakan piring mangkuk dan peralatan makan dengan ukuran yang lebih besar akan cenderung membuat seseorang makan dalam jumlah yang lebih banyak. Sepertinya halnya pada saat melukis, ketika anda melihat hamparan kanvas yang besar maka anda akan cenderung ingin membuat lukisan yang besar dan memnuhinya dengan warna yang anda inginkan.

Untuk itu, cobalah mengganti peralatan makan anda dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan memungkinkan anda untuk dapat makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan baisanya. Selain itu, jangan sungkan untuk membawa perlengkapan makan anda, terutama mangkuk atau piring kemanapun anda pergi. Tentunya anda bisa memilih peralatan makan yang memang mudah untuk dibawah kemana-mana, seperti menggunakan tupperware dan peralatan lainnya.

Ketahui Apa Makanan Favorit Anda

Anda dan kita semua tentu memiliki satu atau beberapa jenis makanan favorit yang tidak dapat kita tolak atau hindari godaannya. Ketika anda dihadapkan pada makanan kesukaan anda maka akan cukup sulit umumnya untuk anda dapat menahan godaan untuk tidak mengkonsumsinya. Untuk itu, dengan menuliskan segala jenis makanan kesukaan anda maka anda diharapkan untuk dapat menghindari perjumpaan pada jenis makanan tersebut. Seperti misalkan ketika anda suka sekali dengan kue dan coklat maka hindari mengunjungi bakery atau kafe.

Mengenyangkan Perut dengan Protein

Protein memegang peranan yang cukup penting untuk mengatur asupan makanan dan nafsu makan seseorang. Protein akan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang karena zat ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh perut. Untuk itu, dalam rangka menekan porsi maka anda maka sebaiknya asupi kebutuhan protein dalam tubuh dengan lebih baik. Adapun beberapa asupan protein bisa anda dapatkan dari telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Santap Sarapan Anda

Banyak orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan memiliki anggapan yang keliru. Mereka menganggap bahwa dengan melewatkan mengkonsumsi sarapan akan dapat membuat mereka cepat langsing, termasuk dengan melewatkan sarapan. Namun tidaklah demikian, hal tersebut tentu saja keliru besar.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang rutin menyantap sarapan di awal harinya memiliki indeks masa tubuh yang lebih rendah dan mengkonsumsi total kalori yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Untuk itu, mulai saat ini jangan lewatkan jam makan penting ini dan awali dengan porsi yang kecil untuk menghindarkan anda dari kegemukan.

Itulah dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi porsi makan anda dengan cara yang cerdas dan pintar. Semoga beberapa cara diatas akan membantu anda dalam menekan nafsu makan anda sehingga anda makan dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya.

Ketahui 6 Hal Mengejutkan yang Membuat Anda Makan Berlebihan

Sema orang tentu suka makan. Akan tetapi, tidak semua orang suka makan secara berlebihan dan menyantap segala jenis makanan setelah perutnya terisi dengan beberapa jenis makanan lainnya. Disaat beberapa orang bisa makan banyak namun tanpa mengalami kenaikan berat badan yang berarti. Sebagian lain justru dibuat mati-matian untuk menahan makan agar masalah berat badannya tidak semakin memburuk.

Ya, untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan pola makan yang berlebihan atau lebih dikenal dengan overeating adalah salah satu musuh utama anda. Mau tidak mau anda yang saat ini tengah menjalankan program diet perlu mengatur dan menjaga asupan kalori dari makanan yang anda konsumsi kedalam tubuh.

Nah, jika anda adalah orang yang termasuk menjaga asupan makanan untuk menghindari kenaikan berat badan yang terjadi secara signifikan, seorang ahli dari Men's Health Michael Rousell dapat membantu anda menemukan beberapa pemicu yang membuat anda makan dengan cara yang berlebihan. Dengan mengetahui beberapa hal ini diharapakan anda akan dapat menghindarinya demi menghindari jarum timbangan yang semakin bergerak ke kanan.

Setidaknya 6 hal dibawah ini bisa menjadi beberapa hal yang mengejutkan yang menjadi pemicu seseorang makan secara berlebihan. Mari simak dibawah ini.

Memanjakan Diri dengan Makanan

Ketika anda merasakan hari-hari anda terlalu terlalu lelah, pernahkah terlintas dalam benak anda untuk memanjakan diri dengan makanan yang anda sukai? Atau menyengaja membuat sendiri makanan yang sedang anda dambakan? Atau mungkin ketika hati terasa sedih, makanan juga bisa dijadikan sebagai 'pelipur' lara seperti halnya coklat atau kue yang manis yang menjadi sasaran untuk membuat anda merasa lebih baik.

Tanpa sadar anda pun perlahan dan lama kelamaan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan. Setiap lelah, makanan yang dicari. Ketika sedih, makanan pula yang anda gali untuk mengobati hati. Belum lagi, pada saat bahagia anda pun akan cenderung merasa tidak bersalah untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan yang anda inginkan.

Nah, jika hal ini terus-terusan dilakukan makan perlahan kebiasaan buruk ini akan sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, sebaiknya ubahlan perlahan pola pikir anda. Dibandingkan dengan menyepelekan segala hal karena suasana hati anda yang tidak baik. Alangkah lebih baik jika anda mengambil tindakan yang realistis dengan memperhitungkan setiap kalori yang masuk kedalam tubuh anda.

Makan Banyak dalam Satu Waktu

Pernahkah anda tergoda untuk mencicipi makanan yang anda sukai seperti saat seseorang membawakan anda pizza lantas anda tidak tahan dengan perasaan lapar yang membendungi perut anda. Pertama anda hanya mencicipi satu potong saja, lantas anda ingin lagi potongan yang lainnya. Awalnya anda merasa ragu-ragu untuk menikmati hidangan ini. Namun kemudian anda berpikir "Oh Tuhan, saya sudah menghancurkan diet saya. Sudahlah lebih baik saya makan saja semuanya."

Hal seperti ini tentu menjadi masalah yang akan mempengaruhi diet yang anda lakukan. Bukan dari gigitan pizza yang anda konsumsi, namun dari jumlah kalori yang anda asup dalam satu waktu sekaligus. Satu atau dua potong pizza memang tidak akan menghancurkan diet anda. Hanya saja, ada perbedaan besar antara mengkonsumsi 300 kalori pizza dibandingkan dengan melahapnya sekaligus 1000 kalori dalam waktu yang sama. Daripada menikmati satu box pizza sekaligus akan lebih baik jika anda menyimpan potongan lainnya untuk anda konsumsi lain hari.

Mudah Merasa Kecewa

Salah satu hal yang paling buruk yang memicu mudahnya kegagalan pada saat melakukan diet adalah perasaan bersalah dan selalu menyalahkan diri anda ketika memakan junk food atau pada saat timbangan anda tak kunjung menunjukan angka yang memuaskan selama anda melakukan diet. Rousell mengatakan bahwa rasa malu atau kecewa dapat secara drastis memperngaruhi berat badan seseorang.

Ada sebuah penelitian di University of Toronto yang sengaja memalsukan timbangan guna melihat reaksi pada pelaku diet. Timbangan tersebut diatur untuk menampilkan 2 kg lebih berat dibandingkan dengan ukuran sebenarnya. Orang yang merasakan malu lebih besar akan menyantap es krim lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak peduli dengan hasil timbangannya.

Untuk itulah, jangan terlalu terofus pada bagaimana progres dari jarum timbangan yang anda lihat sewaktu anda menimbang berat badan anda. Sebab hal ini malah akan membuat anda merasa kecewa. Perasaan kecewa yang dialami selama melakukan penurunan berat badan akan cenderung membuat anda makan lebih banyak.

Makan Terlalu Banyak

Sebuah penelitian menunjukan bawah lebih dari 40% makanan dikonsumsi oleh orang diluar rumah. Rousell mengatakan bahwa porsi makan diluar rumah atau resotan pada umumnya seringkali lebih besar dibandingkan dengan porsi makan anda sewaktu menyantapnya dirumah.

Kehilangan kendali untuk porsi makan selalu menyebabkan sesorang menjadi makan dalam jumlah yang tidak terbatas. Selain itu, umumnya beberapa rumah kuliner seperti restoran memang seringkali menawarkan porsi yang lebih besar. Sayangnya, kebanyakan dari kita akan cenderung lebih sering mendengarkan perutnya dan menghabiskan semua jenis makanan tersebut tanpa berpikir panjang.

Sementara itu, untuk mengatasi kondisi yang seperti ini bila anda memang benar-benar tidak dapat makan dirumah maka upayakan untuk meminta porsi lebih sedikit dari porsi yang ditawarkan di restoran. Atau bila anda membawa teman atau rekan anda anda bisa membaginya bersama dengan mereka.

Perhatian yang Teralihkan Ketika Makan

Seringkali seseorang akan merasa senang ketika makan sambil mengobrol atau menonton televisi. Kemampuan yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan multitasking. Namun pada saat anda ingin menurunkan berat badan masalah yang satu ini bisa berpengaruh buruk untuk diet anda. Sebab kemampuan ini akan dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam merasakan jumlah makanan yang sedang anda konsumsi.

Akibatnya meski anda sudah makan dalam jumlah yang banyak anda seringkali tidak sadar bahwa makanan dalam piring anda sudah habis. Hal ini dikarenakan otak anda tengah mengasosiasikan kedua kegiatan makan dan aktivitas lain yang anda lakukan secara bersamaan. Untuk itu, perhatikan kembali dan hindari mengalihkan perhatian anda saat makan.

Terlalu Lelah

Hal terakhir yang memicu seseorang makan dalam jumlah yang berlebihan adalah perasaan lelah yang dirasakannya. Terkadang karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan energi membuat anda ingin menghibur diri anda dengan memanjakannya lewat makanan. Untuk itulah, pada saat pulang bekerja atau pulang sekolah meski anda tidak terlalu lapar anda akan cenderung untuk mencari dan membuat makanan sendiri untuk membuat anda merasa lebih baik.

Padahal tentu kebiasaan yang satu ini tidak baik untuk dilakukan dan harus segera dihentikan. Sebaiknya segera alihkan diri anda dengan langsung mandi dan beristirahat, apalagi saat hari sudah gelap. Membiarkan diri anda terjaga malah akan membuat anda semakin lapar.

Itulah dia beberapa penyebab yang membuat seseorang dapat makan dalam jumlah yang berlebihan. Semoga dengan mengetahui pemicu diatas dapat membuat anda menghindarinya dengan baik.

 

Tips Turunkan Berat Badan dengan Hentikan Kebiasaan Malam Ini!

Sewaktu anda berusaha untuk meurunkan berat badan, nampaknya seperti ada rentetan godaan yang tak pernah berakhir menganggu hari-hari deiat anda. Godaan tersebut datang dari berbagai sumber, baik dari luar rumah dan tidak berhenti hingga anda tiba dirumah. Selain itu, pada umumnya pemicu sulitnya berat badan yang menurun banyak disebabkan oleh beberapa hal termasuk hal-hal yang sering tidak kita sadari. Seperti salah satunya adalah kebiasaan yang dilakukan pada malam hari.

Ya, terjaga sampai larut malam baik itu disengaja ataupun tidak akan mungkin memicu resiko kenaikan berat badan yang tinggi untuk tubuh anda. Sehingga demikian untuk anda yang mendamba ingin segera menurunkan berat badan maka nampaknya kebiasaan yang sering anda lakukan pada malam hari pun perlu diperhatikan dengan baik.

Untuk itulah, mulai saat ini perbaiki pola hidup anda dengan menggantinya menjadi hal yang lebih baik dan lebih sehat. Hentikan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis kebiasaan buruk yang umunya seringkali dilakukan pada malam hari yang mana kebiasaan ini umumnya dapat menaikan resiko obesitas menjadi jauh lebih besar. Lantas apa saja kebiasaan tersebut? Mari kita simak beberapa halnya dibawah ini.

Makan Malam

Salah satu kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh bayak orang adalah menerapkan waktu makan sesuai dengan waktunya. Memang baik makan secara teratur sebab manfaatnya akan dirasakan oleh tubuh anda dengan lebih baik. Akan tetapi, untuk anda yang tengah dalam proses penurunan berat badan ada beberapa jadwal makanan yang memang perlu diperhatikan sebab makan dijam tersebut akan mungkin membuat timbunan lemak semain parah. Salah satunya adalah menyantap makan malam, konsumsi makan beberapa jam sebelum tidur akan mungkin membuat anda menimbun lemak dalam jumlah yang lebih banyak. Akibatnya, ketika anda tidur dan tidak ada akivitas setelah menyantap makan malam maka timbunan kalori dan lemak jahat yang anda dapatkan dari makanan akan bersarang dalam tubuh anda dan menumpuk.

Untuk itulah, bukan tidak boleh anda menyantap makan malam. Hanya saja, dalam rangka penurunan berat badan maka sebaiknya atur waktu makan anda dengan lebih baik. Anda bisa menggeser waktu makan ini ke sore hari. Maksimal waktu makan terakhir anda ada sampai jam 5 sore. Setelah waktu ini maka anda tidak diperkenankan untuk menyantap makanan berat lainnya selain air putih. Hal ini dikarenakan usus dan pencernaan anda akan membutuhkan waktu sedikitnya 5-6 jam untuk benar-benar mencerna makanan menjadi energi bukan menjadi timbunan lemak.

Ngemil di Jam Malam

Banyak orang menikmati snacking atau ngemil pada saat malam hari, terutama saat mereka melakukan rutinitasnya, seperti menonton televisi, membaca buku, menonton film dan lain sebagainya. Hal ini dianggap sebagai hal yang menyenangkan dan membuat perut mereka terganjal diantara waktu makan. Akan tetapi, ingat kembali makan malam saja sudah tidak diperkenankan untuk dilakukan pada malam hari, apalagi snacking atau kegiatan ngemil makanan ringan. Selain itu, pada umumnya seringkali banyak orang yang secara tidak sadar mengkonsumsi banyak makanan ringan karena mereka menganggap makanan tersebut lezat dan sulit membuat perut kenyang.

Untuk itulah, hindari pergi ke dapur dan terus menerus mengecek lemari es anda. Tahanlah diri anda didalam kamar dan upayakan untuk tidak terjaga terlalu larut malam sebab hal ini akan malah membuat anda semakin tersiksa dengan rasa lapar.

Terjaga Sampai Larut Malam

Kebiasaan terjaga sampai larut malam ketika anda sedang dalam proses menurunkan berat badan bukanlah solusi yang baik. Semakin larut anda terjaga maka hormon lapar dalam tubuh anda akan semakin aktif. Hal ini akan membuat anda merasa mudah kelaparan ditengah malam. Ketika anda merasakan kondisi yang satu ini maka akan semakin mudah untuk anda tergoda menyantap makanan karena tidak bisa menahan rasa lapar yang tak tertahankan.

Untuk itulah, hindari segala aktivitas yang akan membuat anda terjaga sampai larut malam. Bahkan bila itu adalah pekerjaan lembur anda. Cobalah sempatkan untuk segera tidur dan dapatkan tidur yang lebih awal dan berkualitas sebab ini akan menghindarkan anda dari stres.

Menyalakan Lampu

Suasana terang benderang didalam ruangan akan membuat anda kesulitan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, hal ini pun akan mungkin mengalihkan perhatian anda untuk melakukan kegiatan yang lain. Untuk itu, sebaiknya matikan cahaya yang ada diruangan ketika anda hendak tidur. Bila anda adalah tipikal orang yang takut dengan kegelapan maka cukup gunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup. Kondisi yang seperti ini akan dapat membuat anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman.

Bermain Dengan Ponsel Menjelang Waktu Tidur

Hindari mengoperasikan gadget atau ponsel pintar anda saat anda hendak tidur. Sebab kondisi seperti ini akan mungkin membuat anda terus-terusan terjaga dan sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cepat. Sederetan hal yang terjadi di sosial media atau internet yang terhubung dengan ponsel anda memungkinkan anda untuk mengakses segala hal yang akan mengalihkan perhatian anda. Hal ini akan berdampak tidak baik untuk waktu tidur anda.

Belum lagi postingan makanan yang terlihat lezat dan menggoda yang anda saksikan di sosial media akan mungkin membuat anda tergoda. Alhasil, bukan malah tidur anda akan mungkin mengalihkan perhatian anda dengan mencari makanan ke dapur.

Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk mengoperasikan ponsel pada saat anda hendak tidur. Triknya dapat dilakukan dengan segera mencharge ponsel anda pada saat anda hendak tidur. Selain itu, sebaiknya gunakanlah charger dengan kabel yang pendek yang memungkinkan anda untuk tidak mengaksesnya selagi di charge karena kondisi kabel yang pendek.

Kamar Tidur yang Berantakan

Kondisi kamar tidur yang berantakan akan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman dan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Kondisi seperti ini bisa berdampak pada diet yang anda jalankan. Karena kesulitan mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak anda akan lebih mungkin keluyuran dari kamar tidur anda dan berusaha mengalihkan rasa kantuk anda.

Hal ini bisa jadi membuat anda senang berada di ruang tengah, pergi ke dapur atau berada dihadapan televisi sambil menyaksikan tayangan yang tidak terlalu anda sukai. Kondisi terpaksa ini akan mungkin membuat anda mudah merasakan bosan. Akibatnya, anda akan dengan mudah mencari makanan untuk mnegalihkan kebosanan anda.

Perlahan bila kebiasaan buruk ini terus dilakukan maka akan berdampak tidak baik untuk kesehatan dan diet yang anda jalankan. Timbunan lemak yang terjadi dari konsumsi cemilan dan makanan yang anda santap akan semakin meningkat dan membuat kenaikan berat badan yang cepat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.

Tips Diet Pintar dan Efektif Untuk Wanita Karir

Sebagai seorang wanita yang bekerja seringkali waktu kita banyak dihabiskan dengan mendedikasikan diri untuk tempat bekerja. Tanpa kita sadari, sulitnya menemukan waktu untuk beberapa hal yang penting yang akan bermanfaat untuk tubuh kita, seperti halnya menjaga dan merawat tubuh.

Kesibukan ditempat kerja dan tuntutan membuat kita seringkali mengabaikan banyak hal dan mengesampingkan banyak faktor. Akibatnya, gaya hidup yang dijalani yang kurang sehat seringkali memberikan dampak yang cukup merugikan untuk tubuh. Bukan tidak ingin menjalankan gaya hidup yang sehat, namun apa daya saat tuntutan menjadi hal yang lebih utama dibandingkan segala hal yang kita lakukan setiap harinya.

Ya, banyak wanita yang saat ini masih tetap bekerja secara profesional meskipun sudah berkeluarga. Sepertinya menjadi wanita karir sudah bukan lagi sebuah fenomena karena setiap orang dapat membuktikan bahwa dirinya tetap mampu memiliki pengasilan sendiri meskipun memiliki suami dan anak dirumah.

Nah, untuk sebagian besar wanita yang berkarir, penampilan tentu menjadi hal yang utama dan perlu untuk selalu dijaga dengan baik. Betapa tidak, semua orang tentu akan lebih senang melihat anda terlihat anggun dengan tubuh yang semampai. Hanya saja mungkin kurangnya waktu untuk dapat meluangkan diri terlibat dengan perawatan dan olahraga yang rutin akan mungkin membuat anda kesulitan menjaga tubuh anda. Untuk itu, mari simak beberapa hal dibawah ini.

Tips Diet Pintar dan Efektif Untuk Wanita Karir

Perkerjaan kantor maupun perkerjaan dirumah seringkali membuat anda dituntut untuk menjadi multitasker. Jadi demikian, anda akan mungkin membutuhkan perhatian ekstra untuk dapat melakukan diet sambil bekerja. Namun tak perlu khawatir beberapa tips dibawah ini akan membantu anda melakukanya dengan lebih baik.

Mulailah dengan Hal-Hal yang Kecil

Kami memahami bahwa kenaikan berat badan yang terus terjadi dengan tubuh anda membuat anda dibuat tidak percaya diri tampil dengan berbagai mode baju yang menjadi standar seragam ditempat anda bekerja. Untuk itulah, anda ingin segera menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh seperti yang telah anda impikan. Akan tetapi, perlu disadari bahwa program ini tidak dapat diaplikasikan dengan mudah dan bekerja dengan instan. Diperlukan usaha dan proses yang cukup panjang yang didalamnya menuntut anda untuk dapat berkonsisten dengan komitmen yang anda buat.

Untuk itu, alangkah lebih baik jika memulainya dengan perlahan dan lakukan dengan hal-hal yang kecil. Diet yang dilakukan dengan tiba-tiba dan ketat tidak akan bekerja dengan baik untuk tubuh anda. Hal ini malah akan membuat anda semakin tersiksa. Pada akhirnya ketika semua rasa lapar dan jenuh anda terakumulasi kondisi ini malah membuat anda kehilangan kontrol dan melahap makanan apa saja yang anda temui. Dengan demikian, gagalah sudah diet yang anda lakukan secara mati-matian selama ini. Untuk itu, lakukan dengan perlahan seperti mulai mengurangi porsi makan anda, mulai rajin pergi ke gym, mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Jangan Lewatkan Sarapan

Seringkali seseorang yang menjalankan program diet akan menekan dan melewati banyak wkatu makan. Dengan perlahan mereka mulai tidak menyantap makanan dan menghentikan asupan pangan kedalam tubuhnya. Akan tetapi, kondisi seperti ini tentu tidak baik dan akan berdampak buruk untuk kesehatan anda. Contohnya seperti melewatkan sarapan, banyak yang menganggap bahwa dengan melewatkan waktu makan berarti mereka memungkas lebih banyak asupan kalori dan lemak kedalam tubuhnya. Hanya saja, tidak dengan sarapan sebab waktu makan yang satu ini adalah jam yang penting.

Menyantap sarapan akan menghidarkan anda dari makan terlalu berlebihan pada saat siang hari karena anda kelaparan. Selain itu, asupan makanan pada pagi hari ini akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh anda guna menghadapi aktivitas yang banyak.

Jangan Duduk Terlalu Sering

Pekerjaan anda dihadapan komputer bisa membuat anda menghabiskan sebagian besar waktu anda hanya dengan duduk. Akan tetapi kegiatan yang satu ini tentu membuat anda menjadi pasif dan tidak aktif dalam bergerak. Hal inilah yang membuat timbunan lemak dan kalori lebih mungkin terjadi.

Untuk itu, sebaiknya manfaatkan waktu senggang anda seperti waktu istirahat untuk beranjak dari kursi anda dan lakukan aktivitas yang membuat anda dapat bergerak. Seperti berjalan-jalan dikantor, pergi beribadah ke mushala, membaca buku dan lain sebagainya. Yang terpenting hindarkan terlalu banyak duduk karena selain tidak baik untuk diet anda, terlalu banyak duduk akan mungkin membuat pinggang dan mata anda saat memandang layar monitor menjadi mudah rusak.

Kurangi Asupan Makanan yang Tidak Sehat

Kebiasaan orang yang bekerja akan membuat makan siang mereka diisi dengan konsumsi makanan yang kurang sehat. Hal ini pada umumnya dikarenakan makanan yang tersedia dilingkungan kantor yang dibuat dengan pilihan menu yang terbatas atau hasrat mengkonsumsi makanan kurang sehat yang begitu besar pada saat waktu makan siang datang. Nah, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan anda. Untuk itu, siasati kondisi ini dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Upayakan untuk selalu membawa bekal makanan sehat ke kantor. Makanan yang dibuat sendiri tentu akan jauh lebih sehat dan lebih higienis dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang kurang baik diluar.

Dapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Tidur selama 8 jam dalam satu hari akan dapat membuat anda merasa lebih segar dan bugar pada esok harinya sehingga kondisi ini akan membuat anda lebih siap dan semangat untuk melakukan olahraga dan serangkaian kegiatan harian anda dengan baik. Selain itu, tidur yang cukup akan menghindarkan anda dari resiko stres yang akan mungkin menyerang. Stres yang menyerang akan mungkin membuat anda mudah lapar karena merasa bosan.

Hindari Menjelajahi Social Media yang Membahas Mengenai Makanan

Seringkali seseorang akan dengan mudah mencari sumber atau inspirasi olahan makanan  yang lezat untuk mereka lihat. Termasuk dengan melihat atau menstalk halaman yang membahas makanan dengan tampilan yang menggoda yang diposting oleh pemilik halaman ke akun social medianya. Dipungkiri atau tidak, gambar-gambar makanan yang seperti ini akan mungkin membuat anda semakin tersiksa dan tergoda untuk dapat mencicipinya. Untuk itu, sebaiknya hindari mengakses halaman kuliner yang akan menghancurkan diet anda.

Manfaatkan Akhir Pekan

Setelah beberapa hari bekerja dan disibukan dengan kegiatan mengantor yang menjenuhkan. Kini tiba saatnya untuk anda memanfaatkan waktu liburan atau akhir pekan untuk melakukan perawatan dan olahraga yang teratur. Kunjungilah gym dan lakukan olahraga sebanyak yang anda mampu, selain itu perhatikan pula asupan makanan yang anda konsumsi. Jangan sampai olahraga mati-matian yang dilakukan dibuat sia-sia karena anda senang menyantap makanan yang kurang sehat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan untuk dapat menurunkan berat badan dengan segera meski anda tengah bekerja.

Makanan Sehat Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Hal yang paling menyenangkan bagi para pelaku diet adalah mendapatkan ukuran berat badan seperti yang telah diimpikan. Ya, setelah melewati perjalanan yang panjang sekaligus melelahkan dan penuh dengan tantangan. Akhirnya keberhasilan dari program tersebut dapat dirasakan dengan baik. Akan tetapi, setelah berhasil menurunkan berat badan bukan berarti perjuangan anda sudah berakhir sampai disini. Perjalanan yang sesungguhnya tengah menanti anda didepan sana karena yang terberat dari proses ini bukan hanya mencapainya namun juga bagaimana menjaga apa yang telah anda dapatkan.

Memang tidak mudah menjaga berat badan tetap ideal apabila setelah menjalankan diet anda kembali pada kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, kebiasaan menyantap segala macam makanan atau resep masakan setelahnya akan mungkin membuat kenaikan berat badan semakin mudah terjadi.

Selain itu, tantangan berat dari hal ini adalah menahan nafsu makan anda sebagaimana sebelumnya anda mungkin sudah merencanakan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dapat anda konsumsi selama menjalankan diet. Untuk itulah, hal semacam ini sebaiknya tidak terjadi bila anda ingin tetap mempertahankan ukuran tubuh anda. Nah, dibawah ini mari kita simak beberapa jenis makanan yang dapat bekrja menjaga ukuran tubuh anda tetap ideal.

Makanan Sehat Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga ukuran tubuh tetap ideal tentu menjadi tantangan untuk beberapa orang. Apalagi jika ukuran tubuh yang anda dapatkan saat ini tidak didapat dengan mudah. Akan tetapi, tak perlu khawatir untuk tetap merasa kelaparan selepas melakukan diet. Sebab anda akan tetap dapat mengkonsumsi makanan namun tidak menaikan berat badan anda dengan cepat. Beberapa makanan tersebut tentunya adalah makanan sehat yang tidak mengandung lemak atau kalori yang berlebihan.

Apel

Sebutir apel yang dikonsumsi sehari akan dapat menjauhkan dokter dari diri anda, termasuk untuk urusan berat badan. buah ini seringkali disebut sebagai buah "negatif kalori" karena pada dasarnya buah apel memiliki fungsi untuk dapat membakar kalori lebih banyak didalam tubuh untuk mencernaanya daripada kalori yang diberikan oleh buah sendiri. Untuk itulah, tidak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi jenis buah yang satu ini sebagai cemilan atau makanan anda. Buah apel tersedia dalam berbagai varian yang bisa anda pilih salah satunya, baik apel hijau, apel merah ataupun apel yang berwarna dua kombinasi dari hijau dan merah.

Asparagus

Sayuran yang satu ini dipercaya dapat menjadi siuretik alami guna membantu tubuh mengeluarkan air dari dalam tubuh, sekaligus menjadi pengusir lemak. Setengah mangkuk asparagus yang dikonsumsi setiap hari memiliki kandungan 20 kalori. Namun kandungan lain seperti vitamin K, A dan B yang cukup tinggi tentunya lebih bermanfaat dibandingkan jumlah kalori yang tidak seberapa. Selain itu, senyawa kimia golongan alkaloid yang terdapat dalam asparagus akan dapat bekerja untuk memecah sel lemaki dalam tubuh. Hal ini tentu akan dapat membantu tubuh menghilangkan tumbunan lemaknya secara alami dan keseluruhan.

Konsumsi asparagus bisa anda olah menjadi makanan yang sedap seperti direbus dan dipadu bersama dengan sedikit garam dan merica atau ditumis dengan bumbu yang lezat. Hanya saja, perhatikan pengolahannya agar jangan sampai anda melibatkan minyak atau lemak lain secara berlebihan.

Paprika

Siapa kira bahwa sayuran berwarna-warni pelengkap makanan yang hampir sebagian besar terdapat pada junk food ini rupanya menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Paprika memiliki kandungan B6, C dan asam folat yang baik untuk tubuh. Selain itu, bahan makanan yang satu ini pun memiliki kandungan senyawa fitokimia yang diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti, jantung, stroke, kanker dan bahkan katarak. Paprika merah mengandung sebanyak 250 persen kebutuhan vitamin C harian anda dan 75 persen vitamin A serta 10 persen serat. Yang mana bila dikonsumsi manfaat dan kebaikan dari bahan yang satu ini dapat dirasakan dengan baik oleh tubuh anda.

Timun

Makanan selanjutnya yang akan bermanfaat untuk menjaga berat badan dan kesehatan dalam tubuh anda adalah timun. Bahan makanan yang satu ini bermanfaat sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi timun merupakan salah satu cara yang sehat dan baik untuk dapat menambah air dalam pola makan. Hal ini terjadi karena timun merupakan sayuran dengan kandungan air yang begitu tinggi. Sehingga demikian, sayuran yang satu ini akan baik anda konsumsi selama melakukan diet.

Selain itu, konsumsi timun pun akan dapat mencegah anda dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi timun akan dapat membuat anda merasa lebih kenyang sebab kandungan air didalamnya akan dapat memenuhi lambung anda. Oleh karenanya bagi anda para pelaku diet atau yang sedang dalam program menjaga bentuk tubuh dan ukuran tubuh agar tetap ideal. Konsumsi timun menjadi salah satu asupan makanan yang baik untuk tubuh anda.

Sayuran Berdaun Hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi makanan sehat seperti sayuran akan tentu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu, makanan yang satu ini mengandung kalori yang rata-rata berjumlah kurang dari 100 kalori per takaran saji. Misalnya saja seperti brokoli, bayam, seledri dan kubis adalah beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk disantap. Untuk itu, mulai saat ini lengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda dengan cara yang lebih aman dan efektif yakni dengan memasukkan sayuran hijau sebagai menu makanan harian anda.

Konsumsi terhadap makanan ini dapat anda padu padankan sesuai dengan selera anda. Misalkan memadukan brokoli bersama dengan makanan sehat lainnya seperti jagung dan diolah dengan cara ditumis atau disayur. Hanya saja, sebagaimana telah diungkapkan diatas, penting sekali untuk anda memperhatikan proses pengolahan makanan ini. Jangan libatkan terlalu banyak lemak seperti minyak atau butter pada saat anda mengolahnya. Sebab hal ini akan mungkin tidak berguna untuk anda.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Selain sayur dan buah, kacang dan biji-bijian pun termasuk kedalam jenis makanan dengan kandungan kalori yang rendah. Contohnya saja segenggam kacang almond yang memiliki kandungan kalori hanya sbanyak 80 kalori. Selain itu, mengkonsumsi sebanyak 10 biji kacang pistachio hanya akan memberikan asupan kalori sebanyak 50 kalori untuk tubuh anda.

Nah, hal ini tentu akan bermanfaat untuk anda yang ingin ngemil makanan sehat. Bila anda merasa lapar diantara jam makan maka anda daat mengkonsumsi popcorn yang rendah kalori atau yang tidak sama sekali ditambahkan dengan mentega atau gula. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan tentu akan menjadi pilihan yang jaug lebih baik dibandingkan dengan ngemil keripik atau makanan lainnya yang kurang sehat.

Itulah dia beberapa jenis makanan sehat yang dapat menjaga tubuh tetap ideal. Sebab sejatinya apa yang anda konsumsi akan menentukan ukuran berat badan anda. Jadi demikian cobalah lebih bijak dengan mengatur dan memperhatikan apa yang anda masukkan kedalam tubuh anda lewat makanan yang anda konsumsi.

Hal yang Penting Diperhatikan Jika Ingin Langsing

Tidak ada orang yang ingin mengalami obesitas atau memiliki tubuh dengan ukuran yang berlebih. Selain membuat penampilan menjadi kurang terlihat indah dipandang, resiko dari obesitas sendiri akan sangat mengerikan. Bahkan pada gilirannya obesitas akan mungkin membuat kesehatan anda dipertaruhkan bahkan nyawa menjadi harga mahal untuk dibayar. Akan tetapi sayangnya tidak semua orang dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Tidak pula enteng untuk dapat mengendalikan berat badan yang melambung dan mengembalikannya pada ukuran yang normal dan ideal.

Ya, untuk menurunkan berat badan diperlukan usaha dan pengorbanan yang besar. Selain menahan rasa lapar yang menyiksa, serangkaian hal lain seperti berolahraga pun perlu untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk menurunkan berat badan seseorang perlu membakar sejumlah kalori lebih banyak dibandingkan yang dikonsumsinya. Untuk itulah, pengorbanan dan komitmen yang cukup besar adalah hal penting yang perlu untuk ditanamkan didalam diri.

Banyak faktor yang dapat membuat seseorang menaikan berat badan dengan cepat, salah satunya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat yang dijalankan sehari-hari. Dari sinilah banyak menyumbang penumpukan kalori dalam tubuh yang membuat masalah obesitas lebih mudah terjadi.

Akan tetapi, sebenarnya hal ini dapat disiasati dengan mengubah kebiasaan anda. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal penting untuk dilakukan.

Hal yang Penting Diperhatikan Jika Ingin Langsing

Mereka yang terhindar dari resiko obesitas adalah mereka yang pada umumnya mampu menjalankan pola hidup yang sehat. Mereka yang mampu mengendalikan dan memegang kontrol penuh akan kehidupan mereka sendiri. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang pada umumya dilakukan oleh mereka yang dapat terhindar dari resiko kegemukan atau obesitas.

Berpikir Untuk Jangka Panjang

Mengkonsumsi makanan lezat, mewah dan jenis makanan yang diinginkan memang menyenangkan. Apalagi ketika anda menginginkannya, jenis makanan ini seketika bisa langsung ada dihadapan anda. Memang sulit mengendalikan hasrat menyantap makanan ketika anda lapar atau pada saat anda tengah begitu mendambanya.

Akan tetapi, cobalah berpikir untuk jangka panjang, semua jenis pasta, steak, burger, kentang goreng, bakso, soto dan segala jenis makanan tersebut memang nikmat untuk disantap. Namun, bila anda mengkonsumsi jenis makanan tersebut dalam jangka panjang dan secara terus menerus maka mungkin timbunan kalori dan lemak jahat dan tubuh anda akan dapat membuat resiko obesitas menghampiri anda dengan mudah.

Jangan hanya karena aromanya yang sedap dan tampilannya yang menggoda anda lantas mengabaikan kesehatan dan diet yang tengah anda jalankan. Cobalah pikirkan beberapa bulan kemudian, beberapa tahun kemudian akan seperti apa ukuran berat badan anda bila anda segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

Selalu Menyantap Sarapan

9 dari 10 orang yang tengah melakukan diet pada umumnya lebih cenderung melewatkan waktu makan. Mereka menganggap dengan banyak melewatkan waktu makan maka sama artinya memungkas sejumlah kalori yang seharusnya masuk kedalam tubuhnya, termasuk dengan melewatkan waktu sarapan. Akan tetapi, hal ini salah besar. Sarapan adalah jam makan paling penting dan utama, konsumsi sarapan dipagi hari akan memberikan sumber energi untuk tubuh anda agar anda lebih siap menghadapi aktivitas yang banyak.

Melewatkan konsumsi sarapan tidak membuat anda mudah mendapatkan ukuran tubuh anda. Malah sebaliknya, hal ini berpotensi memberikan kenaikan berat badan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pada saat anda tidak sarapan maka anda akan cenderung untuk menyantap lebih banyak makanan pada saat siang hari. Akibatnya, bila kondisi ini terus-terusan terjadi maka timbunan lemak dan resiko obesitas semakin nyata.

Jika anda sedang menghindari asupan kalori atau lemak maka bijaklah dalam memilih menu sarapan anda. Pilihlah sereal atau oat untuk menu sarapan anda dibandingkan dengan nasi goreng atau soto ayam.

Rutin Menimbang Berat Badan

Seringkali kita sulit menebak dengan perubahan berat badan karena jarang melakukan timbang badan atau mengecek ukuran berat badan. Hal inilah yang pada umumnya membuat banyak orang mengabaikan ukuran berat badannya dan mengkonsumsi makanan sesuka hati mereka. Untuk itu, cobalah mulai sering mengecek berat badan anda dengan rutin. Hal ini adalah cara yang penting untuk anda mengendalikan berat badan anda dengan lebih baik.

Orang akan cenderung merasa khawatir dan mau tidak mau menjaga berat badannya saat mereka seringkali melihat ukuran berat badannya. Selain itu, rutin mengecek berat badan akan menjadi motivasi untuk mengetatkan program yang anda jalankan.

Tidak Malas Bergerak

Pada intinya penurunan berat badan yang umum dilakukan adalah lewat pembakaran kalori. Dalam tubuh kalori akan dapat dibakar dan diluruhkan apabila anda melakukan aktivitas fisik dengan bergerak. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk dapat melakukan serangkaian olahraga. Sementara itu, sebagian lainnya dibuat malas melakukan aktivitas yang satu ini.

Akan tetapi, sebaiknya pada saat anda ingin menurunkan berat badan kegiatan yang satu ini menjadi syarat wajib yang perlu untuk dilakukan. Jika anda tidak mampu pergi ke gym untuk berolahraga maka cukup lakukan olahraga yang ringan dan sederhana dirumah seperti berjalan, bersepeda, jogging, loncat tali dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah dukung penurunan berat badan anda agar cepat terjadi dengan melibatkan aktivitas fisik yang baik.

Tidak Diet

Poin yang satu ini mungkin tedengar mustahil namun hal ini dapat diaplikasikan. Banyak orang yang berkeinginan untuk menurunkan berat badan terjebak dengan metode diet yang salah. Jika diet berarti mengurangi porsi makan habis-habisan sampai anda tidak makan sama sekali maka mungkin diet seperti ini tidak perlu dilakukan.

Untuk menurunkan berat badan anda tidak perlu memangkas makanan sampai tidak makan sama sekali. Yang perlu anda lakukan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh dengan baik. Selain itu, memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah adalah pilihan yang baik dan bijak saat anda ingin menurunkan berat badan.

Lain halnya dengan aneka jenis makanan yang lainnya, sayur dan buah bisa anda konsumsi sesuka hati. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang satu ini tidak memiliki kandungan lemak yang akan berbahaya dan dapat meningkatkan resiko obesitas dalam tubuh anda.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan anda solusi yang bijak untuk anda yang saat ini tengah mencari-cari cara atau tips untuk menurunkan berat badan dengan metode yang lebih sehat dan aman.

Cara Diet Cepat Turunkan Berat Badan Sampai 5 Kg Dalam 2 Minggu

Ketika anda harus tampil mempesona dalam sebuah acara penting yang wajib anda hadiri namun ternyata gaun kesayangan anda sudah tidak lagi muat ditubuh anda. Hal ini tentu menjadi mimpi buruk setiap wanita dan menuai kekhawatiran serta rasa percaya diri yang turun. Penambahan berat badan anda dari waktu kewaktu rupanya terjadi dengan begitu pesat.

Jika beberapa waktu yang lalu gaun indah favorit anda tersebut terlihat begitu memukau dan mempesona saat dikenakan. Namun saat ini, sewaktu anda hendak mengancingkan bagian punggung atau bagian perutnya, tiba-tiba tersedak dan sulit untuk ditarik keatas. Kondisi seperti ini tentu akan membuat anda semakin panik dan mengalami krisis percaya diri yang besar. Belum lagi, tuntutan waktu yang semakin mendesak membuat anda kesulitan untuk bisa mendapatkan gaun yang lain.

Nah, menghadapi kasus semacam ini seperti anda membutuhkan bantuan untuk dapat menurunkan berat badan anda dengan waktu yang singkat. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah perhatikan metode yang anda terapkan untuk memungkas berat tubuh anda. Sebaiknya pilihlah metode yang aman dan tidak memberikan efek samping berbahaya untuk tubuh anda.

Seperti halnya yang akan kami berikan kali ini. Lewat metode diet atau program penurunan berat badan kali ini akan memungkinkan anda untuk memangkas berat badan hingga 5 kg gram tanpa metode yang berbahaya. Yuk, simak langkahnya dibawah ini.

Cara Diet Cepat Turunkan Berat Badan Sampai 5 Kg Dalam 2 Minggu

Ada beberapa hal penting yang perlu untuk dilakukan. Dari serangkaian metode ini komitmen dan dedikasi yang tinggi adalah modal penting untuk anda dapat menjalankan diet yang bermanfaat dan memberikan hasil yang baik. Mari kita simak dibawah ini.

Buatlah Rancangan Latihan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat rancangan latihan sebagai pedoman anda untuk mendapatkan program diet yang baik. Menurunkan berat badan sama artinya dengan berusaha untuk membuang lebih banyak kalori daripada yang anda asup kedalam tubuh.

Untuk itu, dari sini anda akan membutuhkan rancangan perhitungan berapa ukuran yang memungkinkan anda untuk membuang sebanyak 5 kg dalam waktu hanya 2 minggu. Yang mana ini berarti dalam satu minggu anda perlu menurunkan sebanyak 2,5 kg dalam satu minggu yang artinya anda perlu membuang sebanyak 17.500 kalori dalam tubuh anda hanya dalam hitungan 7 hari. Nah, adapun beberapa tips yang penting untuk dilakukan adalah dibawah ini.

Untuk menurunkan berat badan dalam jumlah yang besar menggabungkan latihan kardio dengan latihan kekuatan seperti angkat berat akan menjadi solusi yang lebih baik. Hanya saja, bila anda belum mampu melakukan latiah ini maka dahulukan dengan melakukan latihan kardio. Hal ini dikarenakan latihan ini akan dapat memberikan hasil yang lebih masimal pada tubuh anda dibandingkan dengan latihan angkat beban.

Andapun dapat melakukan High Intensity Interval Training (HIIT). Itupun apabila anda ingin memadukan latihan yang keras dengan gerakan yang lebih santan. Adapun contoh dari latihan HIIT adalah dengan melakukan lari cepat (sprint) selama kurang lebih 30 detik. Kemudian dapat dilanjutkan dengan melakuan gerakan berjalan seperti biasa selama 60 detik. Dipercaya atau tidak gerakan seperti ini akan dapat membantu anda membakar lemak lebih mudah dan lebih cepat dalam waktu yang singkat. Selain itu, bila anda sedang beritirahat dan duduk santai di sofa, metabolisme dalam tubuh anda akan tetap tinggi dan tubuh akan terus bekerja untuk membakar lemak dan kalori samapi dengan 24 jam kemudian.

Perhatikan Asupan Makanan Anda

Jumlah kalori dan lemak dalam tubuh anda amat erat kaitannya dengan apa yang anda konsumsi. Jadi demikian, konsumsi makanan selama anda menjalankan program diet perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Penting sekali untuk anda mulai mengurangi asupan makanan kedalam tubuh dan menggantinya dengan makanan yang sehat. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang penting untuk diterapkan dalam kebiasaan makan anda selama melakukan diet.

Konsumsi buah dan sayuran lebih banyak dibandingkan dengan makanan biasa. Misalkan ketika anda sudah mengkonsumsi junk food dengan kalori sebanyak 400 kalori. Maka asupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda dengan memasukkan lebih banyak serat untuk mengikat lemak jahat yang masuk kedalam tubuh.

Hindari makanan olahan. Hal ini dikarenakan sekitar 90 persen nutrisi yang terdapat dalam makanan yang diolah telah hilang dan malah membuat anda cenderung untuk ingin makan makanan tersebut lebih banyak lagi.

Konsumsi makanan yang berwarna. Kebanyakan orang lebih senang mengkonsumsi makanan yang berwarna "putih". Untuk itu, guna mendukung program diet anda maka asupi kebutuhan makanan anda dengan jenis makanan yang lebih berwarna seperti sayuran berwarna hijau dan buah-buahan dengan beragam warna.

Konsumsi Lebih Banyak Air Putih

Selama melakukan program diet, asupan makanan dalam tubuh anda umumnya akan disarankan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya. Kondisi ini akan mungkin berpengaruh terhadap rasa lapar anda yang semakin tersiksa. Untuk itu, bantu atasi rasa lapar anda dengan mengganjalnya menggunakan air putih. Selain itu, air putih akan dapat bekerja untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa konsumsi air putih yang penting dilakukan.

Minum air putih sebelum makan. Tindakan seperti ini akan dapat memicu CCK dalam tubh anda untuk dapat bekerja dengan lebih baik. CCK adalah hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk memberikan perasaan kenyang. Anda akan makan lebih sedikit sebab tubuh anda akan dapat memberikan sinyal bahwa anda sudah kenyang.

Minum air putih saat hendak tidur. Ketika tidur tubuh anda akan dapat berfungsi dan meregenerasi peremajaan kulit. Konsumsi air putih sebelum tidur akan baik untuk kesehatan.

Makan Tanpa Garam

Melakukan diet seperti ini akan dapat bermanfaat baik untuk tubuh anda. Hal ini dikarenakan diet tanpa garam akan dapat membuat kemampuan tubuh untuk menyimpan cairan menurun drastis sehingga kondisi ini lebih mungkin membuat ukuran pinggang anda menjadi lebih ramping.

Dengan melakukan diet ini anda berarti betul-betul tidak mengkonsumsi garam. Hindari pula menyantap makanan ketika anda mengunjungi restoran dan bahkan anda tidak diperkenankan untuk menyantap makanan olahan sama sekali.

Anda perlu mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang besar pada saat anda melakukan diet yang satu ini. Namun demikian, anda masih dapat mengkonsumsi jenis minuman yang lain seperti teh hijau.

Jenis diet yang satu ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan tubuh anda masih tetap membutuhkan asupan garam.

Disiplin yang Tinggi dan Bersabarlah

Tentunya tidak mudah untuk menahan nafsu makan saat perut keroncongan. Tidak pula enteng untuk mengalihkan perhatian saat anda benar-benar ingin menyantap makanan yang anda dambakan. Untuk itulah, salah satu kunci keberhasilan diet adalah dengan menaikan beberapa level lebih tinggi kesabaran anda. Tindakan disiplin yang tinggi pun akan sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan diet yang anda lakukan.

Demikianlah beberapa tips diet menurunkan berat badan dengan cepat sampai 5 kg hanya dalam kurun waktu 2 minggu. Bila anda berkomitmen tinggi dengan segala peraturan yang diberikan dan menjalankannya dengan baik maka kemungkinan berhasil akan lebih besar anda dapatkan.

Tips Bijak dan Pintar Turunkan Berat Badan yang Sering Gagal

Banyak orang yang bermasalah dengan ukuran berat badan yang berlebih dibuat frustasi menurunkan ukuran tubuhnya. Meski segala cara sudah ditempuh dan dicoba namun tetap saja lemak didalam tubuh tak kunjung menghilang. Malah sebaliknya, setelah kegagalan diet yang dialami berat badan malah semakin melonjak dan ukuran sudah semakin tak karuan.

Mendapati hal ini, tak sedikit mereka yang sudah sering melakukan diet dibuat stres dan putus asa sehingga pada akhirnya mereka kapok melakukan diet ini. Memiliki tubuh dengan ukuran yang berlebih memang cukup memusingkan.

Selain menurunkan percaya diri, kondisi ini akan cukup beresiko. Sebab orang-orang dengan berat tubuh yang berlebih atau yang juga dikenal dengan obesitas akan lebih rentan menaikan resiko memiliki penyakit berbahaya lainnya, seperti diabetes, hipertensi bahkan resiko penyakit jantung.

Jadi demikian, menurunkan berat badan bukan hanya penting dilakukan demi kecantikan estetika tubuh saja namun dengan alasan kesehatan hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

Sebenarnya, ada banyak metode diet yang diklaim telah teruji dan banyak diprkatikan oleh selebritis tanah air. Dengan sedikit perjuangan, beberapa selebritis ini nyatanya mampu tampil dengan perubahan yang drastis dan begitu mencengangkan. Sebut saja salah satunya adalah mantan artis cilik Tina Toon.

Tubuh yang sebelumnya ia miliki berbobot begitu tambun dan berlebih. Bahkan sang mantan bintang cilik ini mengaku seringkali mendapatkan bully dari orang-orang sekitarnya. Sampai pada akhirnya dengan ketekunan dan konsistensi yang besar terhadap komitmennya untuk menurunkan berat badan. Akhirnya ia sukses memangkas sebagian besar lemak dalam tubuhnya. Lihat saja betapa molek dan indahnya tubuh Tina saat ini.

Nah, kasus seperti ini sebenarnya bisa dijadikan motivasi untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab umumnya, mereka yang seringkali terjebak dalam metode diet yang kerap kali gagal dipicu karena kurangnya motivasi dalam dirinya. Untuk itulah, buat perencanaan dan tanamkan niat dan komitmen dalam diri anda. Setelah itu, berusahalah untuk memberikan konsitensi yang besar pada apa yang anda rencanakan.

Nah, dibawah ini untuk membantu anda menjalankan program penurunan berat badan atau diet agar terasa lebih mudah. Maka ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya mari simak dibawah ini.

Tips Bijak dan Pintar Turunkan Berat Badan yang Sering Gagal

Banyak orang yang sudah mempraktikan metode menurunkan berat badan namun seringkali dihinggapi dengan kegagalan. Cobalah praktikan beberapa hal dibawah ini untuk membantu anda mempermudah program diet yang lebih sehat dan lebih efektif.

Batasi Banyaknya Porsi Makan Anda

Menjalankan program diet bukan berarti dengan memangkas atau menghentikan tubuh anda dari konsumsi makanan. Yang perlu diperhatikan bukanlah makan atau tidaknya namun lebih kepada porsi yang anda lahap sewaktu makan. Untuk itu, anda tidak dilarang untuk makan sebaliknya silahkan konsumsi makanan dengan teratur namun perhatikan porsi yang seimbang yang anda konsumsi.

Kurangi segala jenis makanan mewah yang anda gemari, seperti misalkan burger, steak, ayam goreng dan segala jenis makanan berat lannya. Makanan yang kita gemari umumnya mengandung banyak kalori dan lemak yang akan membuat anda menaikan berat badan dengan cepat.

Tak usah khawatir karena tidak mengkonsumsi makanan ini sebab tanpa makanan ini pun anda masih tetap bisa hidup. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa mengutamakan konsumsi terhadap makanan sehat seperti sayur dan buah. Hindari pula makanan yang mengandung banyak lemak yang seringkali tidak kita sadari seperti ice cream, kue-kue dan segala jenis gula-gula

Hentikan Makan Diantara Waktu Malam

Sudah menjadi aturan yang baku dimana dalam satu hari kita dapat menyantap 3 kali atau lebih makan dalam waktu yang berbeda. Hanya saja, dalam rangka menurunkan berat badan maka cobalah latih diri anda untuk meniaakan makanan yang tidak perlu, seperti misalkan waktu makan malam. Memang tidak mudah menghilangkan waktu makan ini dengan cepat.

Untuk itu, lakukan hal ini dengan perlahan dan pelan-pelan. Bila anda khawatir akan merasakan kelaparan saat malam hari maka cobalah geser waktu makan malam anda sebelum jam 5 sore. Karena umumnya diperlukan sedikitnya 3 jam bagi pencernaan anda untuk mengolah semua makanan. Pada awalnya anda mungkin akan merasa kesulitan dan merasa tersiksa namun perlahan bila anda konsisten tubuh anda akan terbiasa dengan hal ini.

Hindari Konsumsi Makanan yang Mewah

Makanan yang mewah umumnya memiliki kandungan gula dan kalori yang berlebihan, termasuk makanan restoran yang mahal. Untuk itu, sebaiknya kurangi mengunjungi restoran dan makan diluar. Akan lebih baik jika anda mengolah sendiri makanan anda dan sesuaikan komposisinya dengan kebutuhan anda. Sementara itu, jika anda terpaksa makan di restoran kebiasaan yang terbaik adalah dengan menghentikan makan sebelum anda merasa kenyang.

Berhati-Hatilah dengan Sisa Makanan

Banyak ibu atau orangtua mengalami kesulitan saat ingin menurunkan berat badannya. Seringkali mereka menganggap faktor usialah yang memicu kondisi ini dapa terjadi. Padahal tidaklah sepenuhnya benar demikian. Seringkali ibu yang memiliki anak-anak dirumahnya merasa sayang terhadap makanan sisa bekas si kecil.

Mereka menganggap makanan yang masih tersisa bekas si kecil akan sayang jika dibuang. Sehingga pada akhirnya hal ini membuat ibu banyak menghabiskan makanan tersebut. Perlu diketahui, hal inilah yang seringkali membuat diet yang dijalani sulit mendapatkan hasil. Untuk itu, berhati-hatilah dengan sisa makanan. Bagaimanapun setiap gram kalori yang masuk kedalam tubuh anda diperhitungkan dengan baik.

Jangan Menahan Lapar Terlalu Lama

Banyak para pelaku diet menganggap bahwa menahan lapar akan dapat membuat tubuhnya cepat kurus. Anggapan ini benar-benar keliru dan tidak beralasan. Sebaliknya, menahan lapar dengan tidak menyantap makanan mungkin membuat anda tidak memasukan sejumlah kalori dan lemak yang biasanya disantap. Akan tetapi, perlahan ketika rasa lapar anda sudah tak lagi dapat ditahan maka kondisi ini akan mebuat anda cenderung makan dengan tidak terkontrol dan berlebihan. Akibatnya, asupan lemak dari makanan akan lebih banyak dibandingkan dengan yang biasanya anda konsumsi.

Konsumsi Sayuran Lebih Banyak

Makanan yang dianjurkan untuk mereka yang memiliki ukuran berat badan yang berlebih adalah makanan yang kaya akan serat. Selain menyehatkan, makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat anda cepat merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ini artinya nafsu makan anda akan dapat ditekan dengan lebih baik. Sehingga kalori dan lemak tidak akan masuk dalam jumlah yang lebih banyak.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari cara menurunkan berat badan dengan bijak dan pintar. Pada intinya, memperhatikan segala asupan makanan kedalam tubuh adalah hal penting untuk dilakukan. Selain itu, komitmen yang tinggi dan kesabaran akan diperlukan agar anda bisa menggapai hasil yang maksimal.

Tips Turunkan Berat Badan dengan Mulai Mengubah Pola Makan

Sebagian besar orang yang mengalami kegemukan atau ukuran badan yang berlebih ingin menurunkan berat badan mereka. Tubuh yang ramping dengan ukuran berat badan yang ideal menjadi dambaan untuk banyak orang. Jadi demikian tak heran bila banyak orang berlomba-lomba membentuk tubuhnya agar tetap dalam ukuran yang ideal.

Memang berat tantangannya memiliki tubuh dengan ukuran yang ekstra, selain seringkali menjadi olok-olok dan cemoohan orang lain. Orang dengan tubuh yang tambun umumnya akan lebih cenderung mudah menaikan resiko terhadap penyakit yang lain yang berbahaya. Beberapa resiko penyakit yang mungkin terjadi dari kondisi obesitas atau kelebihan berat badan yang dialami adalah tingginya kemungkinan terserang dengan penyakit hipertensi, jantung, diabetes dan masih banyak lagi.

Untuk itulah, segera upayakan solusi untuk mengatasi kondisi anda saat ini. Selain mengurangi resiko peningkatan terhadap penyakit tersebut, berat tubuh yang lebih ringan tentu akan membuat anda merasa lebih nyaman tampil dalam berbagai jenis gaya busana.

Nah, pada dasarnya usaha untuk menurunkan berat badan selalu erat kaitannya dengan diet. Metode ini adalah salah satu cara efektif untuk mereka yang berkeinginan untuk memungkas sejumlah berat badan dari tubuhnya. Akan tetapi, rupanya selain menjalankan diet yang dibarengi dengan olahraga. Menurunkan berat badanpun dapat dilakukan dengan mulai mengatur pola makan anda sehari-hari.

Mengubah kebiasaan makan merupakan tantangan yang sangat besar bagi sebagian orang. Apalagi jika perilaku makan tersebut sudah diterapkannya sebagai kebiasaan yang telah dijalani bertahun-tahun. Tidak heran bila banyak para pelaku diet yang mengalami kegagalan ditengah jalan ketika mereka bersaha mencoba mengungah kebiasaan pola makannya.

Seperti mungkin telah anda coba menjalani pola makan yang lebih sehat, sehari dua hari kegiatan yang satu ini mungkin berhasil anda lakukan. Akan tetapi, pada saat menjelang hari berikutnya anda lantas tergoda dengan makanan yang kurang sehat yang biasa anda makan. Akibatnya, perubahan pola makan ini hanya dilakukan beberapa saat dan selanjutnya berakhir dengan kegagalan. Padahal mengubah dan menerapkan pola makan yang baru dan lebih sehat adalah jalan yang penting untuk anda yang tengah putus asa menurunkan berat badan.

Nah, untuk membantu anda untuk mengubah pola makan saat melakukan diet sehat simak beberapa cara dibawah ini.

Tips Turunkan Berat Badan dengan Mulai Mengubah Pola Makan

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum anda menentukan menu sehat apa yang akan anda konsumsi dalam menjalankan diet kali ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa rahasia penting yang perlu diketahui dalam membantu anda merubah pola makan yang sehat.

Perhatikan Langkah Pertama Adalah Penentu

Umumnya mereka yang mengalami kegagalan dalam mengubah perilaku makan menjadi pola yang lebih sehat adalah mereka yang cenderung memulai dietnya dengan langkah yang salah. Idealnya, terdapat dua faktor penting yang perlu untuk diperhatikan guna memaksimalkan program penurunan berat badan yang akan anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Mengubah jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya
  2. Mengurangi porsi makan yang anda santap.

Tidak mudah memang menerapkan dua perencanaan ini, tidak juga semudah anda membalikan kedua telapak tangan dari telungkup menjadi terbuka. Untuk itu, anda tidak perlu mengubah kebiasaan ini dengan cara yang spontan. Mengubah pola atau perilaku makan memang bukanlah perkara yang mudah. Tubuh anda pun akan butuh waktu untuk dapat menyesuaikan antara kebiasaan makan lama dengan kebiasaan yang saat ini akan anda terapkan.

Kebanyakan para pelaku diet menginginkan memiliki badan yang sehat dengan cepat sehingga mereka habis-habisan melakukan diet dan merubah semua pola makan dan pola hidupnya dengan cara mendadak dan tiba-tiba. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat diet gagal dilakukan. Perlu diperhatikan menurunkan berat badan memerlukan kekonsistenan jangka panjang dan juga pembiasaan. Untuk itu, bersabarlah dan lakuakn dengan bertahap.

Nah, adapun salah satu anjuran pola makan yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengurangi konsumsi terhadap nasi putih, memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan kegiatan ini pun tidak dapat dilakukan dengan cepat. Untuk itu, perlahan namun pasti cobalah untuk mulai menerapkan kegiatan ini.

Untuk mereka yang belum terbiasa menerapkan kegiatan ini pada awalnya mereka akan tersiksa. Akan tetapi perlahan-lahan dan bertahap tubuh anda pun akan mulai beradaptasi dan terbiasa.

Selain itu, lakukan perubahan kecil yang anda lakukan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan lebih baik dibandingkan dengan mengubah kebiasaan makan secara mendadak. Nah, dibawah ini adalah beberapa contoh merubah kebiasaan pola makan menjadi lebih sehat.

  • Melakukan Perubahan Pola Makan dengan Beberapa Hal Kecil
  • Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dengan perlahan dan lakukan kegiatan ini dalam jangka panjang agar anda mulai terbiasa, seperti:
  • Membagi porsi makan menjadi tiga bagian kecil
  • Menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil
  • Rajin mengkonsumsi air putih. Sebab sebagian orang yang memiliki ukuran berat badan berlebih seringkali salah mengartikan perasaan haus dengan rasa lapar.
  • Mengkonsumsi cemilan yang tinggi akan protein dan rendah kalori. Lakukan kegiatan ini seriap 2 jam sekali agar ketika makan anda tidak konsumsi makanan terlalu berlebihan.
  • Hindari makan sambil mengobrol atau menonton. Hal ini dikarenakan pada saat makan dibarengi dengan melakukan kegiatan lain otak akan mengasosiasikan keduanya sehingga anda tidak bisa mengontrol porsi makan anda.
  • Agar perut anda lebih mudah kenyang, kunyah makanan lebih lama dan lakukan dengan perlahan
  • Hindari stresi agar anda tidak mengalami emotional eating

Perhatikan Langkah Kedua dan Mulailah Bergerak

Setelah anda mengubah kebiasaan pola makan anda dengan baik maka sudah saatnya anda meningkatkan akitivitas fisik dengan lebih baik.

Nah, bila sebelumnya anda adalah seseorang yang pasif, dimana seringkali hanya diam, nonton tv kemudian tidur lagi, Maka mulailah untuk membiasakan diri anda menjadi lebih aktid. Tubuh yang aktif akan cenderung membuat metabolisme menjadi lebih aktif pula.

Untuk itu, dengan semakin aktifnya tubuh anda akan semakin mudah pula untuk pembakaran lemak dalam tubuh terjadi. Ini artinya akan lebih mudah untuk anda menurunkan berat badam

Meski anda merasa terbebani dengan olahraga namun perhatikan kembali diet tidak selalu harus melakukan olahraga yang berat. Cukup biasakan diri anda untuk bangun lebih pagi dan mulailah melakukan olahraga anda sendiri. Seperti misalkan jogging selama 30 menit disekitaran rumah anda dan lain sebagainya.

Sementara itu, bila anda merasa malas untuk pergi ke luar rumah maka cukup lakukan aktivitas olahraga ini didalam rumah seperti senam atau zumba. Yang terpenting adalah buat diri anda berkeringat sehingga kalori dapat dibakar dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips menurunkan berat badan dengan mulai mengubah pola makan. Semoga cara ini dapat dipraktikan dirumah dengan mudah dan membantu anda mengatasi masalah berat badan untuk segera turun.

Mengenal Eating Disorder (Gangguan Pola Makan) yang Beresiko

Tubuh manusia membutuhkan makanan untuk bisa mendapatkan energi agar dapat melakukan aktivitas kesehariannya. Tanpa asupan makanan tubuh akan terasa lemas dan tak berdaya. Kondisi ini pun akan mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang. Dimana mereka yang kurang asupan makanan akan cenderung mudah sakit dan tidak dapat melakukan kegiatan serta rutinitas sebagaimana mestinya.

Untuk itulah, cukupi kebutuhan makanan anda dengan baik. Selain itu, penting sekali mencukupi asupan makanan sehat kedalam tubuh sebab tubuh anda membutuhkan sejumlah asupan nutrisi dari konsumsi makanan sehat untuk dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Akan tetapi rupanya konsumsi terhadap makanan pun bisa dibayang-bayangi dengan resiko masalah atau gangguan. Pada gangguan ini, masalah yang akan dapat muncul adalah adanya eating disorder (kelainan atau gangguan pada pola makan). Nah, untuk lebih jelasnya lagi kita akan kenali apa itu eating disorder dan apa sajakah jenisnya. Simak dibawah ini.

Apa Itu Eating Disorder?

Eating disorder adalah sebuah kelainan atau gangguan pola makan dimana kondisi ini membuat si penderita menunjukan perilaku tidak normal terhadap makanan yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak dan bahkan perempuan atau laki-laki akan pula beresiko mengalami kndisi ini. Akan tetapi, pada kebanyakan kasus perempuanlah yang banyak mengidap kondisi kelainan yang satu ini.

Lantas mengapa demikian? Hal ini dikarenakan munculnya kebiasaan abnormal ini berhubungan erat dengan keinginan untuk memiliki tubuh yang sempurna dengan berat badan ideal di mata si penderita.

Tidak jarang kondisi eating disorder ini pun diikuti dengan gangguan mental lainnya seperti depresi, substance abuse (penyalahguaan/mengkonsumsi sesuatu secara terus menerus dan dapat menjadi sebuah ketergantuan) dan disertai dengan anxiety disorder. Kondisi seperti ini tentu tidak dapat dianggap remeh atau disepelekan begitu saja. Sebab ketika pengaruhnya terhadap kesehatan mental maka dikhawatirkan terjadi guncangan mental pada si penderita.

Gangguan eating disorder pun pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis bagian. Nah, diantaranya mari kita simak dibawah ini.

Jenis-Jenis Eating Disorder

Ada beberapa macam gangguan makan yang dapat terjadi yang mana dari kesemua jenis ini pada intinya jangan pernah menganggapnya remah atau memandang sebelah mata. Ketika orang-orang sekitar anda menunjukan perilaku ini maka penting sekali untuk segera menangani kasus ini dengan baik. Jangan sampai si penderita terjebak dengan kondisi gangguan makanan yang salah yang akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Anorexia Nervosa

Gangguan yang pertama terhadap makanan adalah anorexia nervosa. Pada ganggaun ini penderita akan memiliki ketakutan dan kekhawatiran yang amat besar terhadap terjadinya kenaikan berat badan. Selain itu, dalam pola pikir si penderita umumnya telah tertanam persepsi yang salah soal bentuk tubuh. Sehingga kondisi inilah yang membuat mereka membatasi makan yang akan mereka konsumsi dengan memangkas porsinya secara berlebihan. Bahkan sampai dengan membuat mereka tidak mengkonsumsi makanan sediktipun dan merasa kelaparan.

Saat berat badan dan bentuk tubuh mereka telah ideal pun, mereka tetap memandang dirinya gemuk dan tidak indah. Penelitian menunjukan sekitar 90 sampai dengan 95 persen penderita anorexia nervosa dialami oleh perempuan dan banyak terjadi pada kaum remaja.

Bila kondisi ini tidak segera ditangani maka anorexia nervosa akan dapat menyebabkan tekanan darah rendah, kulit kering, kerusakan otak, tulang yang rapuh, kemandulan, kerusakan hati bahkan sampai dengan timbulnya kematian.

Binge Eating Disorder (BED)

Gangguan makan yang kedua adalah Binge Eating, pada kondisi ini si penderita akan mengalami kehilangan kontrol untuk dapat membatasi makanan mereka. Sehingga kondisi ini akan memungkinkan mereka untuk mengknsumsi makanan dalam porsi yang banyak dan berlebihan samapi mereka merasa kenyang. Parahnya, kondisi ini membuat penderita Binge eating tidak mudah merasa kenyang dan mudah merasa lapar.

Gangguan seperti ini akan tentu membuat si penderita mudah mengalami obesitas dan selanjutnya akan diikuti dengan gangguan atau masalah kesehatan lainnya. Contohhnya seperti masalah kesehatan gagguan kardiovaskular, mendengkur, diabetes, tekanan darah yang tinggi dan bahkan resiko diabetes akibat timbunan kolesterol yang tinggi dalam darah.

Bukan hanya resiko diatas, kondisi berat badan yang terus menaik pada si penderita akan membuatnya merasa malu, mengalami krisis kepercayaan diri, stres akibat terlalu banyak makan. Tapi mereka akan tetap melakukannya dan bahkan bila kondisi stres datang mereka bisa akan dalam jumlah yang banyak dan besar pada akhirnya mereka akan dihadapkan kembali pada rasa penyesalan dan malu dan begitu seterusnya.

Bila tidak segera ditangani maka ukuran berat badan penderita gangguan ini akan terus meningkat dan melambung sehingga resiko peningkatan terhadap penyakit lainnya akan semakin nyata.

Bulimia Nervosa

Yang selanjutnya adalah bulimia nervosa, kondisi ini mengakibatkan si penderita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, lalu dibarengi dengan perasaan menyesal setelahnya. Bedanya, pada penderita bulimia mereka akan melakukan cara apapun untuk dapat membakar kalori yang baru saja masuk kedalam tubuhnya. Bahkan penderita ini akan cenderung berusaha untuk kembali mengeluarkan makanan yang baru saja ditelannya dengan terpaksa. Contohnya seperti menusuk bagian tenggorokannya dengan jari tangan agar ia merasa mual sehingga makanan bisa kembali dimuntahkan.

Mengapa Eating Disorder Dapat Terjadi?

Pemicu kondisi gangguan ini sendiri sangatlah kompleks. Karena bisa saja faktor penyebabkan disebabkan oleh faktor biologis yang memang dipicu oleh tuntutan atau tekanan dari lingkungan. Apa saja faktor tersebut? Simak dibawah ini.

Contoh Faktor Biologis Eating Disorder:

  • Fungsi hormon yang tidak normal
  • Kekurangan nutrisi
  • Keturunan (baru dugaan, masih perlu diteliti lebih lanjut)
  • Contoh Faktor Lingkungan Eating Disorder:
  • Merasa tidak percaya diri dengan teman sebayanya
  • Trauma akibat dibully atau dilecehkan secara psikis maupun verbal oleh lingkungan
  • Tuntutan peran untuk memilih tubuh langsing

Contoh Faktor Psikologis Eating Disorder:

  • Tidak merasa puas dengan dirinya
  • Melihat dirinya berbeda dengan orang lain
  • Pandangan buruk tentang diri sendiri.

Kondisi eating disorder yang terjadi pada penderita, terutama anak-anak remaja bukanlah kasus yang dapat disepelekan atau dipandang sebelah mata. Terutama untuk anak remaja dimana notabene pada masa ini mereka masih tergolong dalam tahapan pertumbuhan.

Terjebak dalam kondisi gangguan makan yang bahaya akan membuat pertumbuhannya terkendala. Untuk itulah, segera tangani kasus ini dengan mengkonsultasikanya dengan dokter atau ahli gizi agar si kecil dan keluarga anda terbebas dari resiko masalah ini.

Demikianlah beberapa penjelasan yang dapat disampaikan dari mengenali apa itu eating disorder. Dengan memahami pembahasan kali ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan pada semua orang untuk dapat mendeteksi gangguan yang mungkin terjadi sejak dini. Pendeteksian yang lebih dini akan tentu membuat penanganan menjadi lebih mudah dilakukan sehingga si kecil dan keluarga kita dapat diberikan kesempatan untuk diselamatkan.

Kiat Mendongkrak Motivasi Diet dengan Cerdas

Masalah berat badan yang tak kunjung usai seperti sebuah drama yang tak kunjung selesai. Kita tahu betul bagaimana sulit dan gemasnya melihat ukuran tubuh yang tak kunjung menurun, hanya saja terkadang sulit untuk dapat mengupayakan cara mengatasi masalah yang satu ini.

Padahal saat ini sebenarnya sudah ada banyak meotde menurunkan berat badan yang telah teruji bahkan beberapa selebritis tanah air pernah mencobanya dan nyatanya berhasil. Hanya saja, ketika dipraktikan dengan tubuh kita tetap saja jauh dari kata keberhasilan yang ada malah perjuangan yang sia-sia.

Ya, banyak orang yang telah berusaha menjalankan program diet namun harus berakhir dengan kegagalan. Pada akhirnya, penantian yang panjang dan harapan yang besar harus berakhir dengan kekecewaan dan kapok untuk kembali menjalankan metode-metode tersebut karena seringkali diberikan harapan yang kosong.

Sebenarnya, kegagalan diet yang dijalankan oleh seseorang umumnya lebih banyak disebabkan oleh perilaku si orang itu sendiri. Dengan tidak mereka sadari, seringkali mereka memberlakukan peraturan sendiri dan membenarkan apa yang mereka lakukan. Seperti misalkan ketika dilarang makan kue coklat karena merasa tidak tahan dengan perlahan mereka mencicipi dan menganggap porsi sedikit tidak akan membuat tubuh mereka gemuk. Akan tetapi, bila kegiatan ini dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama maka tentu saja yang terjadi dengan diet anda adalah lagi-lagi kegagalan.

Selain itu, ketika anda berniat melakukan sesuatu sebaiknya segera lakukan dan mulailah bergerak. Banyak orang yang berkeinginan besar untuk melakukan diet namun terlalu banyak mempertimbangkan banyak hal. Atau misalkan tindakan seperti mengulur waktu, ah nanti saja...ah esok hari saja...ah minggu depan saja dan seterusnya. Bila anda terus-terusan mengulur maka kapan anda akan mulai melakukannya.

Dari hari berganti minggu dari minggu berganti bulan dan dari bulan berganti tahun, begitu seterusnya. Bila anda tidak segera memulainya maka waktu tidak akan menunggu untuk anda. Akhirnya, permasalah berat badan inilah yang seolah menjadi masalah yang tidak ada habisnya. Untuk itulah, segeralah memulai dan lakukan saat ini juga.

Terkadang apa yang ditanamkan dalam pikiran akan dapat membuat seseorang lebih bersemagat melakukan suatu hal. Jadi sepertinya sebelum melakukan diet anda akan butuh motivasi yang besar untuk menunjang keberhasilan program yang akan anda jalankan.

Tak perlu khawatir dibawah ini kami akan berikan beberapa tips mendongkrak motivasi dalam diri anda agar anda mau dan bersemangat untuk menjalankan diet anda.

Kiat Mendongkrak Motivasi Diet dengan Cerdas

Motivasi menjadi bagian penting dari keberhasilan sebuah program diet. Hal ini dikarenakan tantangan selama melakukan diet umumnya akan cukup besar sehingga bila niatan dalam diri anda tidak kuat maka akan gampang untuk anda tergoda. Simak beberapa tips mendongkrak motivasi dibawah ini.

1. Siapkan Pencapaian yang Realistis

Sebelum terburu menjalankan salah satu progrm diet andalan anda, alangkah lebih baik bila anda mulai menentukan berapa angka pencapaian yang ingin anda cetak. Jangan muluk-muluk dan ingin mendapatkan perubahan drastis, lakukan dengan bertahap dan perlahan. Untuk itu, buat pencapaian realistis anda dalam sebuah jurnal. Seperti misalkan, "Saya ingin menurunkan sebanyak 20 kg selama beberapa bulan kedepan", jelas pada dasarnya tulisan ini yang akan memotivasi anda untuk terus berjuang agar target anda bisa tercapai.

Nah, setelah melakukan pencatatan ini maka perjuangan anda akan segera dimulai. Teruslah berusaha dan jangan pantang menyerah. Tahapan awal biasanya menjadi level yang paling sulit namun bila anda tidak menyerah maka perlahan tubuh anda akan terbiasa dengan program diet sehat yang anda lakukan.

Selain itu, perjuangan yang paling besar umumnya akan datang dari rasa malas anda untuk itu anda harus mampu berjuangan melawan keinginan untuk menyerah. Dengan menetapkan pencapaian realistis menjadikan perjuangan anda lebih mudah untuk diraih. Dan perjuangan ini akan semakin terasa melegakan dan membanggakan tatkala anda dapat meraihnya dengan baik.

2. Cari Teman Untuk Berjuang Menurunkan Berat Badan

Memang sulit menjadi minoritas ketika mayoritas anda adalah lingkungan yang kurang sehat. Akan terasa cukup menyiksa ketika anda duduk disebuah meja dan menyaksikan teman-teman anda melahap makanan dengan sesuka hati mereka. Untuk itu, carilah mitra atau partner yang juga ingin menurunkan berat badan.

Dengan begini perjuangan anda akan terasa lebih ringan. Selain itu, ketika ada mitra yang sama dengan anda akan lebih mudah untuk anda bertukar menu makanan, wawasa diet dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, cobalah cari seseorang atau kerabat dekat anda yang tentunya sedang dalam kasus yang sama. Dengan begini anda akan dapat berbagi dan mencari solusi bersama-sama.

3. Ikuti Kelas

Jika mencari mitra untuk menurunkan diet sulit didapatkan maka anda akan mungkin membutuhkan kelas untuk menjalankan kegiatan ini. Layaknya memiliki tiga puluh kawan-kawan dimana didalamnya anda akan merasa lebih terpacu untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, ketika mengikuti kelas umumnya anda akan dapat berbagi kisah perjuangan saat menurunkan berat badan dengan orang lain. Dengan begini anda akan lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dengan lebih fokus.

Bukan hanya itu, mengikuti kelas menurunkan berat badan umumnya akan bekerja lebih baik dan efektif karena pada kelas ini anda akan dipandu bagaimana seharusnya latihan dan program diet yang harus anda lakukan.

4. Lakukan Saat Ini

Jangan pernah menunda niat baik anda sebelum terkubur menjadi wacana yang sudah kadaluarsa. Untuk itu, mulailah saat ini juga. Ketika anda berencana untuk menurunkan berat badan maka pertimbangkan untuk mulai melakukannya sekarang juga. Terus-terusan menunda hanya akan membuat anda semakin malas melakukan eksekusi terhadap hal ini. Pada akhirnya impian memiliki tubuh yang indah hanyalah angan-angan belaka.

5. Cari Pelatih

Bila anda tidak memiliki kawan untuk bisa diajak berjuang bersama dalam menurunkan berat badan maka carilah pelatih. Pelatih adalah orang yang akan memandu anda melakukan serangkaian program penurunan berat badan. Upayakan mencari pelatih yang memang sudah berkompeten dibidangnya. Agar program yang anda jalankan lebih efektif sehingga penurunan berat badan lebih cepat terjadi.

Umumnya untuk mendapatkan pelatih ini anda bisa menyambangi rumah gym dan meminta saran seseorang yang sudah dalam ahlinya. Dengan begini pembakaran lemak dalam tubuh anda menjadi mudah terjadi.

Jadi demikian, bagaimana sudah siap untuk melakukan diet? Jangan lupa persiapkan niatan dan mental yang kuat ya. Sebab pada dasarnya tidak mudah menahan godaan sewaktu menjalankan diet. Teman-teman dekat anda bahkan bisa menjadi tantangan yang besar, terutama mereka yang senang jajanan kuliner. Maka mungkin anda harus siap menahan godaan untuk tidak menyantap makanan yang anda sukai.

Semoga tips diatas bermanfaat dan membantu anda mencapai ukuran berat badan yang telah anda impikan sehingga tubuh yang indah dan ramping bisa segera didapatkan.

Ketahui Beberapa Kebiasaan Buruk yang Dapat Hancurkan Diet

Frustasi dengan berat badan yang terus melambung dan tak percaya diri dengan penampilan anda saat ini? Ayo ubah segera kebiasaan anda dan lakukan program diet dari saat ini juga. Hanya saja, sayangnya meski sudah beberapa kali lakukan diet tetap saja angka berat badan ketika di timbang tidak pernah mau bergerak turun. Yang ada, jarum pada angka timbangan terus bergerak ke kanan dan bertambah setiap saatnya. Hal ini tentu saja memusingkan dan membuat kita frustasi terus-terusan terjebak dalam tubuh yang besar dan menyesakan.

Meski sudah banyak metode diet yang dijalankan, hanya saja tetep tidak berhasi. Ujung-ujungnya kegagalan terus dihadapi. Padahal selama ini sudah berusaha dengan mati-matian menahan rasa lapar dan lemas akibat tidak menyantap banyak makanan seperti biasanya. Namun apa mau dikata ketika pada saat anda menimbang tetap saja ukuran berat anda tidak kunjung berkurang.

Nah, menghadapi kondisi seperti ini cukup aneh rasanya. Bila anda sudah berjuang dengan sepenuh tenaga dan sebisa mungkin untuk bersungguh-sungguh menjalankan diet namun berat badan tak kunjung berkurang. Seperti ada yang salah dengan diet anda.

Coba check kembali dengan seksama apakah selama ini anda sudah benar-benar mengikuti aturan diet dengan tepat? Sebab umumnya banyak kegagalan diet yang dijalankan diakibatkan oleh perilaku si pelaku diet itu sendiri.

Tidak sedikit diantara mereka yang tergoda untuk mencicipi makanan yang jelas dilarang untuk dikonsumsi selama diet. Secara tidak sadar mereka kemudian membenarkan apa yang mereka lakukan dan menganggap bahwa sedikit mencicipi tidak akan membuat berat badannya cepat melambung tinggi. Pada akhirnya ketika diet yang dijalankan gagal mereka akan cenderung menyalahkan program yang dijalankan dan dianggap program tersebut kurang efektif.

Menjalankan diet memang bukanlah perkara yang mudah dan tidak pula dapat dilakukan dengan instan. Perlu perjuangan dan konsisten yang besar terhadap komitmen yang anda buat. Untuk itulah, jangan lakukan program penurunan berat badan dengan cara mendadak dengan tiba-tiba menghentikan asupan makan kedalam tubuh anda. Sebab pada dasarnya, tubuh anda akan membutuhkan waktu penyesuaian dengan perubahan yang dilakukan.

Nah, seperti beberapa hal dibawah ini. Banyak para pelaku diet melakukan beberapa kebiasaan buruk sewaktu menjalankan program penurunan berat badannya. Tanpa disadari beberapa hal tersebut dapat membuat dietnya menjadi hancur dan berantakan. Apa saja hal tersebut? Simak dibawah ini.

Ketahui Beberapa Kebiasaan Buruk yang Dapat Hancurkan Diet

Seringkali para pelaku diet, umumnya mereka yang baru pertama kali menjalankan diet kerap kali melakukan beberapa kebiasaan buru yang tanpa disadari hal ini dapat membuat dietnya menjadi gagal. Apa saja hal tersebut? Simak berikut ini.

1. Kurang Tidur

Tuntutan pekerjaan dan deadline yang menumpuk seringkali membuat seorang karir memutuskan untuk mengambil kerja lembur demi menyelesaikan tugasnya. Hal ini dengan perlahan menjadi kebiasaan yang diulang secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi ketika anda dalam program menurunkan berat badan kegiatan yang satu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

Pekerjaan yang dilakukan sampai larut malam atau tetap terjaga hingga menjelang fajar akan dapat meningkatkan hormon lapar dalam tubuh anda dan menurunkan hormon kenyang. Pada akhirnya, anda akan seringkali mudah merasa lapar. Selain itu, kurang tidur akan cenderung membuat anda ngantuk dan malas untuk beraktivitas. Kondisi seperti ini tentu akan mengurangi prouduktivitas dan konsentrasi anda dala bekerja.

Sementara itu, makan pada malam hari membuat timbunan lemak mudah terjadi sebab pada saat ini usus dan pencernaan bekerja lebih lambat karena seharusnya anda tidur malah terbangun dan membuat kegemukan lebih rentan menyerang.

2. Makan Terlalu Cepat

Seringkali kita makan terburu-buru dan cepat akibat kesibukan yang menanti kita. Hanya saja, makan terburu-buru akan membuat anda tidak dapat menikmati makanan dengan baik. Selain itu, tubuh akan kesulitan mencerna lemak akibat anda mengunyahnya terlalu cepat.

Untuk itu, cobalah makan dengan perlahan dan nikmati setiap sendok makanan yang anda masukkan kedalam mulut dan kunyahlah dengan perlahan. Perlu diketahui, otak sedikitnya membutuhkan waktu 20 menit untuk memberikan sinyal kenyang terhadap perut anda. Menunyah dengan perlahan akan memberikan kesempatan anda untuk merasakan mudah kenyang,

3. Kurang Konsumsi Air Putih

Tidak sedikit para pelaku diet ekstrim tidak mengkonsumsi makanan sedikitpun kedalam tubuhnya. Jangankan makanan, minuman saja mereka takuti termasuk dengan konsumsi air putih. Mereka menganggap terlalu sering mulutnya diisi akan membuat penumpukan lemak lebih sering terjadi.

Akibatnya mereka memilih untuk sama sekali tidak mengisi perutnya dengan makanan dan minuman. Padahal hal ini jelas keliru. Bagaimana pun untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik tubuh anda akan membutuhkan asupan nutrisi dan cairan.

Tidak mengkonsumsi cukup air putih dalam tubuh akan membuat anda mengalami dehidrasi yang berujung dengan timbulnya diare. Selain itu, kulit pun menjadi kering dan lemas. Akibatnya tidak ada energi untuk anda dapat melakukan kegiatan dan aktivitas dengan baik.

4. Menunda Waktu Makan

Dengan alasan pekerjaan yang masih menumpuk, kerap kali seseorang melewatkan waktu makannya dan menundanya sampai larut. Padahal melakukan kegiatan ini bukanlah tindakan yang bijak. Melewatkan atau menunda waktu makan malah akan membuat anda merasa lebih lapar. Akibatnya, hal ini akan membuat anda cenderung makan dalam jumlah yang berlebihan.

Untuk itu, sebaiknya makanlah dengan teratur dan nikmati makanan anda dengan baik. Hanya saja, tentunya pilihlah jenis makanan yang sehat yang akan baik untuk pencernaan anda. Jangan pilih makanan yang memiliki kandungan lemak dan kalori yang besar sebab hal ini akan dapat membuat berat badan anda melambung tinggi.

5. Hindari Berbelanja Sebelum Makan

Perut yang kosong ketika berbelanja akan cenderung membuat anda tergoda untuk menyantap aneka jenis makanan yang anda jumpai. Yang mana tentunya kegiatan yang satu ini tidak baik untuk dilakukan. Untuk itulah, upayakan jika sebelum berbelanja anda memastikan perut anda telah diisi dengan baik. Dengan begini akan kecil kemungkinan untuk anda makan diluar dan tergoda dengan jenis makanan lainnya.

Jadi demikian, pada intinya perhatikan segala kebiasaan yang anda lakukan selama anda melakukan program diet. Jangan pernah buat aturan sendiri dengan banyak melakukan toleransi pada apa yang anda lakukan. Sebab dalam tubuh anda setiap gram kalorinya diperhitungkan.

Semoga dengan mengetahui jenis kebiasaan buruk yang akan dapat menghancurkan diet diatas dapat anda hindari sehingga diet kali ini dapat berjalan dengan lancar dan berbuah dengan penurunan berat badan seperti yang telah anda impikan. Sebab sejatinya memiliki tubuh impian yang ramping dan ideal akan membuat penampilan anda terlihat lebih memukau dan menambah percaya diri semakin meningkat.

Tips Membakar Lemak Perut dengan Cepat dan Aman

Salah satu problematika yang sampai saat ini seolah tak ada habisnya adalah timbunan lemak didalam tubuh. Saking kesalnya dengan hadirnya lemak didalam tubuh seseorang akan melakukan hal apa saja untuk mengusir keberadaan lemak.

Mulai dari tidak makan, mengkonsumsi obat pelangsing sampai dengan menempuh jalan operasi sedot lemak demi menghilangkan timbunan lemak ini. Betapa tidak, selain mengganggu dan membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Untuk itulah tidak heran bila banyak orang ingin segera menyingkirkan hadirnya lemak didalam tubuh.

Selain itu, kehadiran lemak biasanya selalu erat dengan timbunan lemak didalam perut. Bukan hanya memperburuk kondisi penampilan, timbunan lemak didalam perut pun akan lebih mudah memicu timbulnya obesitas. Dimana ketika seseorang mengalami kondisi ini maka akan lebih mudah untuk mereka menaikan resiko terhadap penyakit seperti jantung, hipertensi dan juga diabetes.

Mendengar ancaman penyakit berbahaya seperti ini anda dan kita semua tentu akan dibuat khawatir dan ketakutan dengan hal seperti ini. Untuk itulah, segera upayakan segala hal untuk mengatasi kondisi timbunan lemak didalam perut dengan lebih cepat.

Hanya saja, olahraga saja tidak cukup dapat membakar lemak dengan cepat. Anda pun perlu memperhatikan pola makan dan menghindari stres yang dialami. Hal ini dikarenakan, umumnya ketika stress tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dengan jumlah yang tinggi.

Keberadaan hormon ini dalam tubuh akan dapat menahan lemak agar tersimpan dibagain perut. Senyawa ini pun akan dapat meningkat bila program diet yang anda jalankan adalah pola yang salah atau tidak sehat.

Untuk itulah, anda perlu mencari cara bagaimana mengupayakan pembakaran lemak dalam perut dengan lebih mudah. Nah, tak perlu khawatir kali ini kami akan berikan beberapa rahasia membakar lemak didalam perut dengan cara yang aman dan sehat. Ingin tahu seperti apa saja? Simak caranya dibawah ini.

Perbaiki Pola Tidur

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup adalah satu satu cara terbaik untuk menghindarkan stres. Untuk itu, upayakan untuk mendapatkan waktu tidur minimal 7 jam dalam satu hari utuk membentuk tubuh yang ideal. Kurang tidur akan dapat memungkas produksi hormon dan meningkatkan kortisol yang berpengaruh terhadap sensitivitas insulin sehingga hal ini akan dapat berpengaruh terhadap pembentukan lemak didalam perut.

Untuk itu, hindarkan mengambil lembur yang terlalu sering sebab hal ini akan dapat mengacaukan bioritme anda. Akibatnya, ketika anda seringkali terjaga sampai malam hari maka besar kemungkinan untuk anda makan lebih banyak. Ketika capek, tubuh anda pun memproduksi ghrelin lebih banyak dimana hal ini akan membuat anda cenderung lebih tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang manis dan membuat penimbunan lemak semakin parah.

Perbanyak Latihan Planking

Melakukan 1000 kali cruch dimalam hari mungkin akan dapat membuat anda menghasilkan otot abdominal yang kuat. Hanya saja, untuk anda yang memiliki banyak lapisan lemak pada bagian perut maka mungkin hasil yang anda dapatkan akan kurang maksimal.

Untuk itu, dibandingkan dengan melakukan cruch sebaiknya lakukan latiah yang melibatkan kerja otot ganda dan sistem kardiovaskular. Misalkan seperti dengan melakukan latiahan planking. Latihan ini dapat dilakukan dengan meletakan lengaan dibawah lantai sementara tubuh anda tertahan seperti dalam posisi push up. Lakukan latihan ini sbenayak 3 sampai 4 kali dengan durasi masing-masing 30 detik. Dengan begini lemak pada bagian perut anda akan dapat dengan mudah dibakar.

Tingkatkan Asupan Lemak yang Sehat

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membakar lemak pada bagian perut adalah dengan meningkatkan asupan lemak yang sehat. Perlu diketahui selama ini pemicu kegemukan yang terjadi pada diri seseorang bukanlah dari lemak, melainkan dari gula.

Meningkatkan asupan lemak sehat justru akan dapat membantu tubuh anda untuk membakar lemak jahat dengan lebih cepat. Adapun kandungan lemak yang sehat terkandung dalam beberapa jenis makanan yang mengandung Omega 3 seperti salmon , walnut dan juga alpukat.

Makanan dengan kandungan nutrisi yang baik ini pun akan dapat membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga nafsu makan anda dapat ditekan dengan lebih baik. Untuk itulah, sebaiknya jangan sungkan mengkonsumsi beberapa makanan untuk mendapatkan asupan yang anda butuhkan guna membakar lemak dengan lebih baik dan lebih cepat.

Atur Cara Bernafas

Metode ini sangat sederhana dan bisa digunakan bahkan ketika anda sedang sibuk. Tekhnik pengaturan napas yang baik umumnya lebih banyak diajarkan pada olahraga dengan jenis yoga. Ketika anda merasa tegang atau cemas, cobalah untuk mengamati bagaimana cara bernafas anda. Kebanyakan orang yang sedang berada dibawah tekanan seringkali menahan nafas atau bahkan mengambil nafas yang dangkal dan cepat.

Nah, setelah anda menyadari pola nafas anda, cobalah buat perut anda menjadi santan dan perlambat nafas anda dengan perlahan. Cara seperti ini akan lebih efektif bekerja apabila anda fokus memperlambat pengeluaran nafas, bukan penarikan napas.

Dengan cara ini, anda akan dapat menekan tingkat stres yang dialami dan menyeimbangkan kadar hormon kortisol didalam tubuh. Selain itu, mengambil nafas dalam-dalam juga dapat menigkatkan asupan oksigen dan mebantu membakar kalori dengan lebih cepat. Termasuk kalori didalam perut anda sehingga bentuk perut anda akan terlihat lebih ramping jika latihan ini dilakukan dengan rutin.

Konsumsi Banyak Air Putih

Konsumsi air putih bukan hanya akan membuat anda terhindari dari dehidrasi. Konsumsi air putih akan dapat mengganjal perut dan menahan nafsu makan dengan lebih baik. Terkadang, kekurangan cairan didalam tubuh membuat otak salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Ketika anda makan padahal tubuh anda haus maka hal ini malah membuat timbunan lemak dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Untuk itu, silahkan penuhi kebutuhan cairan anda dengan lebih baik. Konsumsi air putih yang banyak akan baik untuk mempercantik kulit dan mempercepat proses pembakaran lemak, khususnya lemak yang ada pada bagian perut.Jadi demikian, silahkan pastikan bila anda mengkonsumsi cukup kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi sebanyak 8 gelas air setiap harinya.

Lakukan Olahraga Step Up

  • Lakukan latihan pergerakan step up untuk membakar lemak didalam perut anda. Cara ini dapat dilakukan dengan mempraktikan gerakan dibawah ini:
  • Berdiri yang tegak dan biarkan bagian tangan anda berada disamping badan seperti saat anda hendak berbaris.
  • Selanjutnya adalah dengan meletakkan kaki kanan diatas bench dan biarkan kaki kiri anda berada dan menyentuh bagian lantai.
  • Kemudian naikan kaki kiti ke bagian bench dan turunkan kembali dengan perlahan.

Silahkan ulangi langkah ini beberapa kali dan ganti dengan menggunakan kaki kanan. Lakukan masing-masing pergerakan ini 20-30 detik. Atau bila anda belum terlalu kuat silahkan sesuaikan dengan kemampuan anda dan tambah porsinya saat anda sudah mulai mahir melakukannya.

Latihan seperti ini akan membantu tubuh membakar lemak dibagian perut dengan lebih mudah. Asalkan anda rajin melakukannya maka hasilnya akan dapat dirasakan dengan lebih mudah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips membakar lemak didalam perut. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktikan dirumah dengan mudah.

Perhatikan Kebiasaan Unik Ini Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Memiliki badan dengan ukuran yang ekstra tentu menjadi masalah tersendiri. Selain menuai krisis percaya diri yang besar, masalah ini seringkali membuat anda tidak dapat bergerak dan melakukan aktivitas seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Selain itu, tubuh yang gempal seringkali membuat kita mudah merasakan lelah sehingga cibiran dan olok-olok pada saat dihadapkan pada kegiatan fisik menjadi hal yang tak terhindarkan. Pada akhirnya, cibiran yang terus menerus akan membuat anda kesal dan frustasi ingin menurunkan berat badan dengan segera.

Kita dan anda semua tentu tahu bahwa aturan dasar untuk menurunkan berat badan adalah dengan menerapkan program diet yang sehat dan rajin berolahraga. Kedua hal ini menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari menerapkan pola hidup sehat demi menurunkan berat badan.

Sayangnya, tidak mudah menjalankan diet dan rutin berolahraga apalagi bila anda adalah seorang pekerja karir yang dituntut untuk selalu produktif setiap harinya. Jangankan untuk dapat menyisihkan waktu untuk olahraga, waktu makan saja seringkali tidak terperhatikan dengan baik. Inilah yang menjadi salah satu pemicu mengapa banyak orang akan merasa keberatan saat harus menjalankan diet dan dituntut untuk berolahraga.

Hanya saja, bila niatan kita sudah besar dan bersunggung-sungguh dalam melakukan suatu hal maka tidak ada yang tidak mungkin. Meski padatnya pekerjaan membuat anda tidak dapat meluangkan waktu untuk dapat berolahraga, namun bukan berarti kesempatan memiliki tubuh yang diimpikan tidak bisa didapatkan. Selalu ada jalan bila anda mau berusaha, untuk itu yang perlu anda lakukan adalah bersungguh-sungguh bagaimana impian tersebut bisa anda wujudkan.

Nah, kali ini ada beberapa cara yang terkesan unik untuk dilakukan guna menurunkan berat badan. Beberapa cara dibawah ini adalah metode yang dilakukan untuk mengurangi dan menekan nafsu makan. Sebab pada dasarnya salah satu penyumbang kelebihan berat badan yang terjadi pada seseorang bersumber dari apa yang mereka konsumsi. Dengan menekan nafsu makan maka kemungkinan untuk menurunkan berat badan akan lebih cepat terjadi.

Ingin tahu seperti apa cara menurunkan berat badan dengan menerapkan beberapa hal unik berikut ini? Yuk, simak langsung.

1. Sewaktu Makan Pilihlah Piring Berwarna Merah

Ketika waktu makan tiba sebaiknya pilihlah piring dengan warna merah yang menyala. Hal ini dilakukan untuk membantu anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang menggunakan piring berwarna merah sewaktu menyantap makanan akan cenderung makan dengan porsi yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan warna merah saat menyantap makan membuat nafsu makan anda menjadi sedikit.

Hal seperti ini tentu bisa membantu anda untuk menekan porsi besar sewaktu makan yang mana ini artinya berat badan anda dapat diturunkan lebih cepat saat anda makan dalam porsi yang minim. Untuk itu, pastikan anda menggunakan piring dengan warna merah saat hendak menyantap makanan.

2. Mencium Aroma Peppermint

Rutin mencium aroma peppermint pun dapat dijadikan sebagai strategi untuk menurunkan berat badan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan aroma menenangkan dari peppermint akan dapat mengurangi kadar lapar dan otomatis hal ini dapat memungkas sujumlah kalori yang anda asup. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Desember lalu. Jadi demikian, tidak ada salahnya untuk anda yang rajin menghirup aroma peppermint langsung dari daunnya atau lewat minyak aromatherapy yang saat ini banyak dijual dipasaran.

3. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Kandungan gula yang banyak dikonsumsi kedalam tubuh akan membuat tubuh menaikan berat badannya secara berlebihan. Untuk itu, perhatikan konsumi makanan anda hindari pula makanan dan minuman dengan gula yang banyak. Terutama minuman seperti soda atau softdrink lain yang didalamnya didominasi oleh kandungan gula yang banyak.

4. Turunkan Temperatur Kamar Tidur

Pada saat anda tidur dimalam hari maka cobalah untuk menurunkan suhu pendingin ruangan. Suhu lebih hangat didalam kamar akan membantu pembakaran lemak terjadi dengan lebih cepat. Untuk itu, janan sungkan untuk menurunkan AC kamar anda atau bila memungkinkan jangan gunakan pendingin ruangan agar tubuh anda dapat membakar lemak dengan lebih cepat. Ini berarti penurunan berat badan akan dapat terjadi dengan lebih singkat.

5. Motivasi Diri Anda dengan Gambar Makanan Sehat

Seringkali kita akan tergoda melihat seseorang memposting foto kuliner atau makanan di akun media sosialnya. Melihat hal yang serupa, mengapa tidak memanfaatkannya untuk membantu anda menurunkan berat badan? Kali ini silahkan hiasi lemari es anda dengan gambar-gambar makanan sehat yang menggoda.

Hal ini tentu dilakukan untuk memotivasi anda untuk menyantap makanan yang lebih sehat dibandingkan makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Dengan begini maka anda akan lebih tergoda untuk menyantap jenis makanan sehat seperti buah dan sayur untuk dijadikan santapan sehari-hari.

6. Rapihkan Meja Kerja Anda

Merapihkan dan menata meja kerja anda dengan cantik dan serapih mungkin akan mendorong anda untuk merapihkan hal-hal lainnya dalam hidup anda, termasuk dengan pola makan sendiri. Ini artinya anda akan lebih terpicu untuk memilih konsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan cepat saji yang jelas tidak baik untuk kesehatan anda.

Untuk itu, mulai saat ini mulailah menata segala sesuatunya dengan baik, termasuk benahi pola makan anda dan ganti pada sesuatu yang lebih baik dan lebih sehat untuk tubuh dan kesehatan anda.

7. Buatlah Makanan Anda Sendiri

Dipungkiri atau tidak, serigkali kita beranggapan makanan diluar terasa lebih enak dibandingkan dengan membuat sendiri dirumah. Hal ini sebenarnya hanyalah perspective belaka sebab pada dasarnya anda merasa enggan untuk dibuat rumit pada saat membuat hidangan yang sama seperti yang dijual dipinggir jalan.

 Untuk itu, buang jauh-jauh pemikiran ini dan mulailah membuat makanan sendiri dirumah. Selain lebih sehat anda dapat menyesuaikan sendiri kandungan apa pada makanan yang anda buat yang tidak dibutuhkan.

Dengan begini, kenaikan berat badan anda tidak akan terjadi dengan melambung tinggi bila anda bisa menyesuaikan makanan anda sendiri. Untuk itulah, jangan malas untuk membuat makanan anda sendiri dibandingkan dengan membelinya diluar rumah.

Tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal tentu menjadi impian untuk siapa saja. Selain enak dipandang, pola hidup sehat yang dijalankan tentu akan menghindarkan anda dari resiko penyakit yang berbahaya. Untuk itulah, bagi anda yang mendambakan memiliki tubuh yang sehat dan berat badan yang ramping maka mulailah membenahi pola hidup dan pola makan anda dengan lebih baik.

Selain itu, setidaknya berusahalah untuk bergerak dan berolahraga sebab tubuh yang langsing dan ramping tentu tidak mudah didapatkan tanpa berusaha. Semoga cara dan tips diatas memberikan solusi dan membantu anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.

Panduan Diet Sehat Untuk Anak Remaja yang Aman

Masalah kelebihan berat badan atau yang juga dikenal dengan sebutan obesitas tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa saja, namun juga anak remaja bisa mengalami hal yang serupa. Gaya hidup yang serba cepat dan instan saat ini menyebabnya sejumlah remaja mengalami kenaikan berat badan yang begitu pesat sehingga resiko obesitas cenderung mudah dialami. 

Pada saat usia remaja anak-anak sedang dalam masa pencarian jati diri, saat ini pula mereka mulai memiliki ketertarikan dengan lawan jenisnya. Insecurities atau kekurangan yang ada dalam tubuh mereka akan menjadi kekhawatiran yang cukup besar untuk sebagian remaja, meski tak semua remaja mengalami hal serupa.

Anak remaja dengan emosi yang menggebu-gebu kerap kali mengambil jalan keputusan yang gegabah tanpa mempertimbangkan resiko dan konsekuensi dari apa yang mereka putuskan. Termasuk pada saat merasa tubuhnya terlalu gemuk atau merasa kurang percaya diri. Dengan mudah mereka akan memutuskan untuk menghentikan asupan makanan kedalam tubuhnya dan berharap berat badannya bisa segera turun dengan melakukan hal secamam ini.

Hanya saja, usia pertumbuhan pada diri remaja pada dasarnya membuat mereka masih membutuhkan asupan nutrisi dan gizi kedalam tubuhnya untuk mendukung masa pertumbuhannya. Sehingga demikian, metode diet yang sembarang yang dilakukan oleh akan remaja dikhawatirkan akan membuat proses pertumbuhannya terkendala dan memicu timbulnya masalah kesehatan.

Nah, menghadapi problematikan seperti ini maka sudah menjadi tugas para orangtua untuk memandu dan mengarahkan buah hatinya memilih jenis diet yang sehat dan aman untuk dijalankan. Kelebihan berat badan memang menuai krisis percaya diri yang besar, akan tetapi demikian ini bukan berarti anda membiarkan putra dan putri anda terjebak menjalankan pola diet yang salah yang justru akan membahayakan kesehatannya.

Nah, dibawah ini adalah beberapa tips penting yang dapat dilakukan oleh anak remaja yang ingin menurunkan berat badan. Cara dibawah ini tentu didasarkan pada metode diet yang aman dan memang mengutamakan kesehatan para remaja. Sehingga demikian, komitmen dan motivasi yang kuat akan dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan dari diet yang akan dijalankan.

Panduan Diet Sehat Untuk Anak Remaja yang Aman

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menurunkan berat badan pada anak remaja. Hanya saja satu hal yang penting adalah jangan mengharapkan hasil yang diperoleh dapat bekerja dengan instan sebab metode kali ini mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pelaku diet. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak beberapa tips dan panduan diet untuk anak remaja yang aman.

Mengontrol Kebiasaan

Para remaja saat ini cenderung banyak menjalankan kebiasaan yang buruk, seperti halnya melewatkan waktu makan, menjalani olahraga yang terlalu berlebihan dan berat, mengkonsumsi makanan dan minuman yang ringan. Lewat kebiasaan ini mereka menganggap bahwa berat badan mereka akan dapat cepat turun sebab banyak makanan yang mereka lewatkan untuk disantap.

Selain itu, mereka menganggap bahwa berolahraga dalam porsi yang banyak dan sering akan membuat tubuh mereka cepat ramping. Padahal nyatanya tidak demikian, pemikiran yang seperti ini justru keliru dan akan berimbas bahaya untuk kesehatan.

Memungkas asupan makanan dengan tiba-tiba dan tergesa-gesa dalam waktu yang bersamaan akan membuat tubuh anda lemas dan tidak berdaya. Apalagi tuntutan olahraga berat yang dijalankan akan semakin membuat tubuh merasa tidak berdaya. Akhirnya, bila kondisi ini terus dilakukan secara berulang maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah sakit.

Untuk itulah, sebaiknya ganti kebiasaan buruk ini dengan sesuatu yang lebih baik yang dapat memacu pertumbuhan badan, seperti misalkan tetap mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein, buah dan juga sayur. Asupan makanan sehat kedalam tubuh akan membuat tubuh menjadi bugar dan pertumbuhan anak remaja tetap dapat terjaga dengan baik.

Jangan Tinggalkan Sarapan

Bukan hanya anak remaja, orang dewasa sekalipun banyak yang menyepelekan waktu makan ini. Bahkan mereka menganggap dengan melewatkan sarapan maka sama artinya dengan memangkas sejumlah asupan kalori dan lemak dari waktu makan yang satu ini.

Akan tetapi, hal ini jelas keliru. Sebaliknya, sarapan adalah waktu makan yang sangat penting selain memberikan energi untuk anda bisa lebih siap menghadapi aktivitas disiang hari. Sarapan juga akan menghindarkan anda dari resiko kegemukan.

Pada saat anda melewatkan sarapan, beberapa kalori mungkin bisa dipungkas akan tetapi pada saat siang hari anda akan lebih merasa lapar sehingga anda akan cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan saat waktu makan siang datang. Untuk itulah, sebaiknya jangan lewatkan santap makan sarapan anda sebagaimana kita pahami ini adalah waktu makan yang paling penting.

Mengontrol Porsi Makan

Seringkali pemicu berat badan diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak dibatasi. Jumlahnya yang banyak dan waktu makan yang sering membuat banyak asupan kalori dan lemak tertimbun didalam tubuh sehingga kondisi ini akan memicu kenaikan berat badan yang terjadi dengan lebih pesat.

Untuk itu, bagi remaja yang ingin menurunkan berat badan maka mulailah mengontrol porsi makan anda dengan lebih baik. Makanlah dalam jumlah yang sedikit namun sering. Selain akan membuat anda tetap merasa kenyang makan dengan sering tentu akan menghindarkan anda dari resiko kegemukan akibat menahan lapar dalam waktu yang lama.

Kurangi Intensitas Makan Diluar

Banyak anak remaja memilih nongkrong bersama dengan teman-teman atau jajan dipinggir jalan bersama-sama pada saat perutnya terasa lapar. Akan tetapi, hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan dan berat badan anda. Terlalu sering jajan diluar malah akan membuat berat badan anda menaik dengan mudah.

Hal ini dikarenakan kandungan makanan yang dijual dikaki lima atau pedagang tidak dapat selalu kita pastikan aman. Selain itu, penggunaan bahan-bahan yang mengandung lemak bisa saja dimasukkan tanpa memperhatikan aturan sehingga demikian kondisi ini akan membuat kenaikan berat badan anda terjadi dengan lebih mudah dan melambung.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Amat dianjurkan untuk anak remaja yang ingin menurunkan berat badan untuk memperbanyak konsumsi terhadap air putih. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 liter air putih dalams atu hari guna memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi cukup air akan dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan baik serta membantu tubuh bekerja mengluarkan zat berbahaya atau yang bersifat toxic dari dalam ubuh dengan lebih mudah.

Manfaat lain dari rajin mengkonsumsi air putih adalah membantu meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan dengan lebih mudah.Untuk itu, pastikan bila anda mengkonsumsi cukup cairan setiap harinya sesuai dengan ukuran yang telah dianjurkan diatas.

Anak remaja masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan jadi demikian metode diet yang dijalankan tidak boleh dipilih dengan sembarang agar tidak membahayakan kesehatan atau menimbulkan masalah yang rumit untuk tubuhnya. Semoga cara diatas dapat bermanfaat dan bisa dipraktikan dengan mudah.

Kenali Jenis Makanan Pembakar Lemak Untuk Turunkan Berat Badan

Dewasa ini perubahan gaya hidup yang serba praktis dan instan memang mempermudah segala hal, termasuk kegiatan sehari-hari yang anda lakukan. Akan tetapi, tanpa kita sadari segala kemudahan ini pun beriringan dengan timbulnya permasalahan baru. Diantaranya resiko kenaikan berat badan yang berlebihan atau yang lebih dikenal dengan obesitas lebih mudah terjadi. Hal ini dikarenakan adanya inovasi kuliner seperti hadirnya fasfood membuat resiko obesitas mudah menyerang seseorang.

Apalagi, kurangnya olahraga dan sedikitnya akitivitas fisik membuat penimbunan lemak menjadi lebih mudah terjadi. Hal ini tentu berbanding terbalik bila kita tarik ke belakang saat jaman dahulu. Dimana belum terdapat banyak makanan untuk dijadikan cemilan, selain ubi dan singkong tidak banyak cemilan yang bisa diperolah oleh masyarakat. Untuk itulah, jarang sekali ditemui kasus obesitas yang terjadi pada masyarakat tatkala yang mereka konsumsi adalah makanan yang sehat.

Bahkan riset kesehatan yang dilakukan oleh duni medis tanah air saat ini mengungkapkan bahwa angka obesitas atau kegemukan di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Anda dan kita semua tentu tidak ingin bila penumpukan lemak dalam tubuh pada akhirnya berujung dengan menaiknya berat badan yang terus melambung setiap saatnya. Hanya saja, bila pola dan gaya hidup yang anda jalankan tidak dirubah maka bukan tidak mungkin pada gilirannnya hal ini akan menyerang anda.

Perlu diketahui kondisi obesitas yang terjadi pada seseorang bukan saja menuai krisis percaya diri dan membuat penampilan kurang enak dipandang. Akan tetapi, pengaruh yang lebih besar dapat terjadi dengan kesehatannya.

Orang-orang yang mengalami obesitas akan cenderung menaikan resiko terhadap penyakit lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. Hal ini tentu akan sangat menyeramkan dan membuat anda terus-terusan dibayang-bayangi dengan rasa takut yang besar.

Untuk itulah, mulai saat ini penting sekali untuk merubah pola hidup anda dengan sesuatu yang lebih baik. Perlu diketahui, kenaikan berat badan pada umumnya lebih erat kaitannya dengan konsumsi makanan. Konsumsi makanan dengan kandungan kalori dan lemak yang tinggi akan dapat memicu kenaikan berat badan dengan lebih cepat. Untuk itu, segera benahi pola hidup dan pola makan anda mulai saat ini.

Nah, dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda membakar lemak dengan lebih cepat. Dimana tentunya konsumsi terhadap makanan ini akan membantu penurunan berat badan anda. Ingin tahu seperti apa saja jenis makanan yang dapat membakar lemak dalam tubuh? Simak dibawah ini.

Kenali Jenis Makanan Pembakar Lemak Untuk Turunkan Berat Badan

Brokoli

Jenis makanan pertama yang dapat bekerja untuk menurunkan berat badan adalah brokoli. Makanan yang satu ini merupakan salah satu sayuran terbaik yang dapat bekerja untuk mengatasi lemak dalam tubuh anda yang menumpuk dan berlebihan jumlahnya. Kandungan kalori yang rendah namun serat yang begitu berlimpah dalam brokoli akan dapat membaut anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk menekan nafsu makan lebih sedikit.

Selain itu, serat yang ada pada brokoli akan dapat mengelaurkan asam empedu dari tubuh dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Bukan hanya itu, kandungan Indole-3-Carbinol (I3C) yang tinggi dalam brokolo akan dapat melawan xenoestrogen dan membakar lemak denan lebih cepat dan mencegah datangnya kembali kedalam tubuh.

Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6 dan riboflavin yang dapat membantu merangsang proses metabolisme sehingga pembakaran kalori menjadi lebih meningkat.

Bayam

Makanan yang selanjutnya yang baik dalam pembakaran lemak dalam tubuh adalah bayam. Bayam dan sayuran berwarna hijau lainnya seperti kangkung kaya akan zat besi, magnesium dan juga seng.

Sayuran ini pun memiliki kandungan vitamin A yang besar dan vitamin K yang melimpah dimana vitamin K berperan dalam melancarkan peredaran darah didalam tubuh. Selain itu, vitamin ini pun bekerja untuk meningkatkan metabolisme sehingga baik dikonsumsi anda yang ingin membakar lemak didalam tubuhnya dengan lebih baik.

Selain itu, kandungan kalori didalam bayampun terbilang rendah yakni hanya sekitar 23 kalori per 100 gramnya. Dengan kandungan serat yang tinggi bahan ini akan dapat menekan nafsu makan anda karena bayam akan membuat anda kenyang lebih lama.

Wortel

Sayuran yang terkenal dengan kandungan vitamian A yang tinggi dan beta caroten dengan jumlah yang berlimpah ini akan dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dengan lebih cepat.

Wortel pun memiliki kandungan serat yang lebih banyak, dimana setengah diantaranya merupakan serat larut kalsium pektat yang dapa menurunkan kolesterol dengan mengikat dan mengeluarkan asam empedu dari tubuh. Bukan hanya itu, wortel pun termasuk kedalam jenis sayuran yang berindek glikemiks yang rendah sehingga tidak menyebabkan perubahan besar terhadap kadar glukosa didalam darah ketika dikonsumsi.

Cabai

Meski dikenal sebagai salah satu penambah nafsu makan di Indonesia. Akan tetapi rupanya cabai pun termasuk kedalam sayuran yang dapat bekerja untuk membakar lemak didalam tubuh. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandunga capsaicin, yakni sebuah senyawa pemberi raa pedas pada cabai. Senyawa ini memiliki sifat termogenik yang dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak terjadi dengan lebih cepat dan meningkat.

Untuk itu, bagi anda pecinta makanan pedas seperti ini menjadi angin segar terutama untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Hanya saja, sebaiknya jangan kombinasikan makanan pedas dengan minyak atau makanan bersantan sebab hal ini malah akan membuat anda menaikan berat badan dengan lebih mudah.

Nanas

Bila rangkaian makanan diatas hanyalah seputar sayuran, kali ini makanan selanjutnya datang dari buah-buahan. Konsumsi buah nanas rupanya akan dapat membantu tubuh membakar lemak dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang tinggi dimana enzim ini dapat berfungsi sebagai anti peradangan dan mampu meningkatkan kualitas metabolisme protin sehingga dapat mempercepat proses penghancuran lemak didalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai rajin mengkonsumsi buah nanas. Baik di buat jus atau dilahap sebagi buah potong yang anda jadikan cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Anggur

Anggur dikenal sebagai bahan utama untuk membuat wine, yakni minuman yang difermentasi. Akan tetapi, selain dapat diolah menjadi minuman rupanya bahan yang satu ini pun dapat dijadikan bahan makanan yang bekerja untuk membakar lemak didalam tubuh.

Apapun warna anggurnya semua jenis anggur dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan anggur memiliki kandungan vitamin, mineral dan sedikit alkohol yang memang dapat bekerja untuk mempercepat proses pembakaran lemak didalam tubuh. Hanya saja, tentunya imbangi konsumsi makanan ini dengan olahraga yang dilakukan secara teratur.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu memprcepat pembakaran lemak didaam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai memasukan beberapa menu tersebut kedalam konsumsi makanan harian anda. Selain itu, penting sekali untuk mengiringi konsumsi makanan ini dengan olahraga yang teratur agar berat badan ideal bisa segera anda dapatkan.

Bantu Tubuh Cepat Langsing dengan Terapkan Kebiasaan Sehat Ini!

Memiliki tubuh langsing semampai tentu menjadi dambaan untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan. Selain enak dipandang, tubuh yang ramping dan terbebas dari timbunan lemak jahat tentu akan dapat menghindarkan anda dari resiko penyakit obesitas yang menyeramkan, diantaranya seperti resiko penyakit jantung, diabetes dan masih banyak lagi. Itulah mengapa setiap orang akan dibuat khawatir pada saat dihadapkan dengan masalah kelebihan berat badan yang menganggu dan menyeramkan.

Sayangnya, tidak semua orang diberikan keberuntungan untuk dapat dengan mudah menurunkan berat tubuh mereka pada ukuran yang telah diimpikan. Sebagian merasakan kesulitan yang begitu besar pada saat dihadapkan pada program diet atau menurunkan berat badan yang tak kunjung memberikan hasil. Sementara itu, sebagian lain tengah benar-benar putus asa mencoba segala macam program penurunan berat badan namun selalu terjebak dengan metode yang salah dan pada akhirnya dihadapkan pada kegagalan yang menyedihkan.

Kami memahami bahwa penampilan dengan berat badan yang berlebihan akan membuat anda kurang percaya diri. Sementara itu, sebenarnya saat ini sudah ada banyak program diet yang populer diperkenalkan dan telah diuji para selebritis dan terbukti dapat bekerja dengan baik. Nah, dari sini tentu anda diberikan keleluasaan untuk memilih salah satu jenis program diet yang cocok atau sesuai dengan tubuh anda.

Yang terpenting dari menjalankan sebuah program diet adalah ke-konsistenan anda dalam menjalani komitmen untuk menurunkan berat badan. Sebab pada dasarnya sedahsyat apapun program yang dijalankan apabila kita tidak serius menjalankannya maka lagi-lagi kegagalan akan menjadi hal yang harus kita telan pahit-pahit. Untuk itulah, mulailah dari menyusun rencana dan persiapkan diri anda untuk berkomitmen tinggi pada program diet yang akan anda jalankan.

Nah, cara yang paling mudah untuk menjalankan sesuatu adalah dengan menerapkannya menjadi kebiasaan. Semakin sering anda melakukannya maka akan semakin mudah untuk anda bisa menjalani suatu hal dengan lebih ringan dan tanpa beban. Begitupula dengan program diet yang akan anda jalankan, mulailah menerapkan beberapa peraturan diet anda sebagai sebuah kebiasaan.

Jangan pandang hal tersebut sebagai sebuah aturan yang mengikat dan membebani anda. Lepaskan diri anda dan terima segala macam aturan diet anda menjadi sebuah kebiasaan yang perlu anda lakukan setiap hari. Dengan begini maka anda akan dapat menjalani program diet ini dengan lebih ceria dan lebih bersemangat.

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara membantu menurunkan berat badan agar langsing dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat ini pada kehidupan sehari-hari anda.

Bantu Tubuh Cepat Langsing dengan Terapkan Kebiasaan Sehat Ini!

1. Jangan Pernah Lupakan Sarapan!

Setelah semalam beristirahat dengan tidur, perut anda akan kosong dan semua energi belum pulih sebelum anda mengisinya kembali. Nah, untuk mengembalikan kembali energi yang telah hilang pada hari sebelumnya setelah aktivitas yang banyak dan begitu menumpuk maka tubuh anda perlu diisi dengan makanan dan minuman. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk mengisi kembali energi yang telah hilang digunakan untuk beraktivitas.

Untuk itu, jangan pernah lewatkan santap makan yang satu ini pada saat pagi hari. Luangkanlah waktu anda meski hanya sebentar untuk menyantap sarapan dan mengisi kembali tubuh anda agar siap menghadapi banyak aktivitas dihari ini.

Bila anda seringkali beralasan kesiangan karena tidak menyantap sarapan maka cobalah bangun lebih pagi sehingga anda bisa meluangkan barang 5-10 menit untuk menghabiskan sarapan anda. Selain berkesempatan untuk menyantap sarapan, bangun lebih pagi tentu membuat anda lebih tenang menghadapi aktivitas pagi hari anda. Selain itu, melewatkan sarapan akan tentu memberikan masalah dan kerugian untuk anda sendiri. Kebiasaan buruk tidak menyantap sarapan malah akan membuat anda cepat gemuk.

2. Makan Teratur

Menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak makan atau tidak menyantap segala jenis makanan kedalam tubuh. Hal ini tentu saja keliru sebab bagaimana pun tubuh anda membutuhkan asupan dari nutrisi dan vitamin untuk dapat menjalankan fungsi tubuhnya dengan baik. Tidak menyantap makanan akan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak berdaya. Untuk itu, silahkan makan dengan teratur. Hanya saja, pilih menu makanan yang sehat dan bernutrisi seperti konsumsi sayur dan buah yang sehat.

3. Makan dalam Porsi yang Kecil dan Perlahan

Ketika makan, cobalah bagi makanan anda menjadi beberapa bagian yang kecil. Lalu santaplah makanan dengan perlahan untuk setiap bagian makanan yang ada pada piring anda. Otak anda akan membutuhkan waktu sedikitnya 20 menit untuk dapat benar-benar merasa kenyang.

Dengan makan perlahan, maka anda akan cepat merasa kenyang meskipun porsi makan anda sedikit dari ukuran biasanya. Nah, untuk itu mulai saat ini silahkan konsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit dan kunyahlah dengan perlahan untuk membantu tubuh anda menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

4. Jangan Lakukan Aktivitas Lain Ketika Tengah Makan

Hindari mengobrol, nonton atau melakukan aktivitas lainnya pada saat anda tengah makan. Hal ini dikarenakan, melakukan aktivitas ditengah-tengah maka anda akan membuat anda tidak menyadari berapa banyak porsi yang telah anda konsumsi pada saat makan tersebut.

Melakukan aktivitas saat makan akan dapat membuat otak anda mengasosiasikan kedua hal tersebut. Untuk itu, sebaiknya hindari melakukan segala aktivitas lain pada saat anda tengah makan. Cobalah fokus pada piring anda dan santap makanan dengan perlahan agar anda tahu seberapa banyak porsi yang anda habiskan dalam piring anda.

5. Berbelanja atau Keluar Rumah dalam Keadaan Perut Kenyang

Untuk membantu tubuh menurunkan berat badan dengan lebih cepat maka sebaiknya hindari melakukan aktivitas keluar rumah baik itu berbelanja, berjalan-jalan atau lain sebagainya dengan membawa perut kosong. Hal ini dikarenakan perut yang kosong akan memungkinkan anda tergiur dengan aneka jenis makanan yang tersedia. Hal inilah yang akan memicu kenaikan berat badan yang terjadi dengan lebih drastis pada tubuh anda.

Untuk itu, pada saat anda hendak pergi keluar rumah alangkah lebih baik pastikan bahwa perut anda dalam keadaan kenyang. Dengan begini akan sedikit kemungkinan anda tergiur dengan membeli makanan diluar karena perut anda sudah diganjal dengan makanan yang anda santap sebelumnya.

6. Sikat Gigi Setelah Makan

Rajin menggosok gigi setelah makan atau menggunakan obat kumur selesai makan akan dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan anda akan cenderung tidak tergoda untuk makan makanan lain karena sudah membersihkan mulut anda. Untuk itu, pastikan bila anda rajin menerapkan kebiasaan yang satu ini.

Jadi demikian pada intinya jangan pernah pandang aturan diet anda sebagai hal yang akan membebani anda. Jika anda menerapkanya sebagai kebiasaan maka akan lebih mduah dan lebih ringan rasanya untuk dapat menjalankan beberapa hal tersebut. Semoga tips diatas bermanfaat dan dapat membantu masalah menurunkan berat badan yang anda alami saat ini. 

Tips Diet Sehat dan Cepat Untuk Turunkan Berat Badan

Tampil sempurna dengan tubuh yang tinggi semampai dan berat tubuh yang ideal tentu menjadi dambaan untuk siapa saja, tak terkecuali dengan kaum laki-laki. Lewat tubuh yang ideal penampilan seseorang akan jauh terlihat lebih ringan dan memukau.

Berbeda halnya dengan mereka yang memiliki masalah dengan berat badannya. Bukan hanya terkendala dengan penampilan yang terlihat kurang enak untuk dipandang. Orang-orang dengan bobot tubuh yang berlebihan memiliki kecenderungan sulit memilih busana atau pakaian yang akan mereka kenakan.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat orang-orang yang bertubuh gemuk atau memiliki berat badan yang berlebihan akan merasa tidak percaya diri tampil dalam balutan berbaga model dan jenis pakaian. Kebanyakan orang yang memiliki masalah dengan berat badan hanya akan memiliki beberapa jenis atau model pakaian andalan yang mereka anggap nyaman untuk dikenakan.

Nah, melihat masalah yang cukup rumit yang dihadapi dari memiliki berat tubuh yang berlebih maka sudah saatnya anda merubah pola hidup anda dan menerapkan aturan baru yang lebih baik. Hal ini tentu saja dilakukan guna memangkas berat tubuh anda menjadi ukuran yang ideal. Bukan hanya akan membuat tampilan anda lebih enak dipandang, berat badan yang ideal akan tentu menghindarkan anda dari berbagai resiko kesehatan akibat obesitas.

Anda dan kita semua tentu sudah paham betul bagaimana pengaruh nyata dari resiko obesitas terhadap kesehatan. Untuk itulah, sudah saatnya merubah pola dan gaya hidup anda dengan hal yang lebih baik.

Kegemukan atau masalah berat badan berlebih pada umumnya disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah dari gaya hidup yang dijalankan oleh si orang itu sendiri. Kebiasaan menyantap berbagai makanan berlemak dan tidak rutin berolahraga membuat timbunan lemak menumpuk dalam tubuh dan akhirnya membuat tubuh mengalami kenaikan beratnya ke level yang lebih tinggi.

Akan tetapi selain beberapa hal tersebut ada pula penyebab berat badan berlebih lainnya yang dapat terjadi, diantaranya akan disimak dibawah ini.

Penyebab Berat Badan Berlebih

Ada cukup banyak pemicu yang membuat kenaikan berat badan terjadi, diantaranya adalah beberapa hal dibawah ini seperti:

Konsumsi Makanan

Penyebab pertama dari pemicu timbulnya kenaikan berat badan pada tubuh seseorang datang dari konsumsi makanan. Pada kasus seperti ini, banyak orang kurang memperhatikan kandungan dan zat yang terdapat dalam berbagai jenis makanan yang mereka konsumsi. Selama makanan tersebut bercita rasa lezat untuk lidahnya maka mereka akan cenderung menikmati makanan tersebut sesuka hati mereka.

Padahal kebiasaan yang satu ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dan kalori besar yang ada pada makanan dan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan tentu menimbulkan masalah dan menumpuk lemak dalam tubuh. Akibatnya, bila hal ini terus-terusan diulang dan dilakukan dalam jangka panjang maka resiko kenaikan berat badan menjadi hal yang tak dapat dihindari.

Buruknya Persiapan

Maksudnya persiapan disini adalah kebanyakan masyarakat saat ini senang dengan sesuatu yang instan dan serba cepat. Sehingga demikian kondisi ini membuat mereka memenuhi lemari makanannya dengan beragam jenis makanan cepat saji. Padahal dalam makanan cepat saji atau makanan instan kandungan yang ada didalamnya tidak dapat dipastikan baik untuk kesehatan. Termasuk mungkin kandungan lemak dan kalori yang ada didalamnya begitu tinggi. Hal inilah yang membuat mereka dengan mudah dan secara tidak sadar menaikan berat badannya dengan mudah.

Tidak Mengkonsumsi Cukup Air

Mengkosumsi cukup cairan setiap hari akan baik untuk kesehatan dan menghindarkan anda dari dehidrasi. Selain itu, manfaat air putih pun bisa menghindarkan anda dari resiko kegemukan. Terkadang, diantara waktu makan perut akan terasa keroncongan. Pada sebagian orang mereka akan dengan mudah mengartikan hal ini sebagai rasa lapar. Padahal belum tentu perut anda meminta makanan bisa jadi perut kekurangan cairan. Untuk itu, konsumsi dan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda untuk mengganjal rasa lapar dengan lebih baik.

Kurang Bergerak

Banyak orang yang senang dengan aneka jenis kuliner dan hidangan makanan namun sulit untuk mereka dapat bergerak. Bergerak disini maksudnya adalah berolahraga. Timbunan lemak yang ada dalam tubuh akan berubah menjadi sumber yang memicu kegemukan apabila anda tidak mengolahnya menjadi energi. Untuk itu, mulailah bergerak dan rajinlah berolahraga dengan baik.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Sehat dan Cepat

Masalah berat badan berlebih atau kegemukan memang seringkali menjadi masalah yang tidak ada habisnya. Akan tetapi, ini bukan berarti kesempatan untuk anda bisa memiliki badan impian tertutup rapat atau mustahil. Tidak ada yang tidak mungkin selama anda ingin dan mau untuk berusaha. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips menurunkan berat badan dengan metode yang sehat namun cepat.

Jalankan Program Diet yang Sehat

Hal pertama untuk memangkas berat tubuh anda dapat dilakukan dengan mulai merencanakan dan menjalankan program diet. Diet yang dimaksud bukan hanya mengurangi jumlah asupan makan kedalam tubuh. Namun sebaiknya pilihlah program diet yang sehat agar anda dapat tetap menjalankan aktivitas anda dengan baik tanpa kendala. Saat ini ada cukup banyak metode diet yang bisa dijalankan, anda bisa memilih salah satunya yang sesuai untuk anda.

Mulailah Berolahraga

Timbunan lemak dan kalori dalam tubuh anda sudah saatnya diolah menjadi energi dengan cara berolahraga. Memang tidak mudah untuk bisa keluar rumah dan mulai menggerakan seluruh tubuh anda. Apalagi untuk pemula kegiatan yang satu ini bisa sangat melelahkan. Akan tetapi demi impian mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal maka hal ini perlu untuk dilakukan. Tak perlu melakukan olahraga yang berat dan dilakukan dengan bertubi-tubi. Cukup awali dengan berlari pagi keliling kompleks dan dengan perlahan tambah jadwal dan waktu berolah raga anda dengan bertahap.

Konsisten

Tidak mudah menahan nafsu makan dan godaan yang datang dari gaya hidup anda sebelumnya. Apalagi bila sebelumnya anda adalah tipikal pecinta kuliner dengan hidangan makanan yang beragam. Untuk itulah, dalam menjalankan program ini maka dibutuhkan ke-konsistenan yang baik. Pertimbangkan kembali semua impian dan keinginan hidup sehat yang anda dambakan saat anda mulai tergoda dengan berbagai pola hidup yang buruk. Bila anda tahan godaan dan konsisten maka program penurunan berat badan ini akan jauh lebih cepat tercapai. Untuk itu, berusahalah untuk tetap kuat menahan godaan yang datang.

Motivasi

Tidak mudah menurunkan berat badan dari ukuran saat ini menjadi ukuran yang anda inginkan. Untuk itulah sebuah motivasi akan dibutuhkan dengan baik. Tidak dapat disangkal bahwa segala hal yang ditanamkan dalam pikiran akan dapat bekerja lebih efektif untuk membuat seseorang menjadi bersemangat dan lebih konsisten dalam melakukan program diet. Misalnya yang menjadi motivasi anda untuk menurunkan berat badan adalah anda ingin terbebas dari resiko penyakit berbahaya yang akan mungkin menyerang tubuh anda.

Itulah dia beberap hal yang dapat disampaikan dari tips menurunkan berat badan dengan metode yang sehat dan cepat. Semoga dengan menyimak beberapa hal diatas akan dapat memberikan solusi bagi anda yang tengah putus asa untuk menurunkan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Sebagian orang memang diberkahi dengan keberuntungan memiliki tubuh yang ideal dan ramping. Meski mereka mengkonsumsi banyak makanan dan cenderung senang ngemil, juga tak pernah absen mencicipi berbagai jenis makanan namun tubuh mereka tidak pernah mengalami kenaikan yang melambung tinggi atau membuat mereka cepat gemuk.

Sementara itu meski sebagian lainnya sudah mati-matian menahan lapar dan membatasi segala asupan makanan kedalam tubuhnya, kenaikan berat badan terus saja melambung tinggi seperti balon udara yang dilepaskan. Tentu terasa tidak adil pada saat anda adalah bagian dari mereka yang mengalami problematika seperti ini.

Tubuh yang tambun dengan berat badan yang melambung tinggi tentu akan membuat anda tampil kurang percaya diri. Apalagi untuk kaum perempuan, hal semacam ini bisa menjadi mimpi buruk yang bayak ditakuti. Betapa tidak, tampil dengan berat badan yang berlebih dan lengan yang tampak besar dan perut yang membuncit tentu akan membuat anda tidak cukup percaya diri berada dalam balutan gaun ketat yang menampilkan lekukan tubuh. Bisa jadi jenis gaun seperti ini menjadi hal yang begitu anda hindari karena dianggap sebagai musuh anda.

Pada akhirnya anda akan terjebak dalam satu model baju yang sama karena ingin tampil dalam balutan yang aman dan membuat anda nyaman. Namun sepertinya, ini bukanlah solusi yang bijak sebab dipungkiri atau tidak akan ada saatnya dimana anda harus tampil dalam balutan busana yang lain yang mungkin anda hindari selama ini.

Tak perlu merasa khawatir, masalahnya bukan terletak pada model atau jenis gaunnya. Namun pada ukuran berat tubuh anda yang harus segera dipungkas habis dan membuatnya menjadi ukuran berat ideal. Dengan begini maka impian memiliki berat badan yang ideal dengan tubuh yang ramping akan bisa dengan segera anda dapatkan.

Hanya saja, tentunya bukan hal mudah untuk dapat mengurangi berat badan anda dari ukuran saat ini dengan ukuran ideal yang anda impikan. Segala sesuatunya akan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Selain waktu, kerja keras dan kekonsistenan anda dalam menjalankan program menurunkan berat badanpun akan dibutuhkan.

Nah, berbicara mengenai penurunan berat badan saat ini memang banyak metode menurunkan berat badan yang tersedia bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi trend dikalangan para selebritis dan terbukti bekerja dengan baik.

Hanya saja tentunya program diet atau menurunkan berat badan yang dijalankan akan lebih baik bila anda memilih program yang alami dan sehat. Metode yang alami akan tentu aman untuk anda lakukan dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen diet yang belum tentu terjaga keamanannya. Selain itu, menjalakan metode diet yang alami akan mungkin menghindarkan anda dari resiko efek samping yang berbahaya. Ingin tahu seperti apa cara menurunkan berat badan dengan alami dan sehat? Simak dibawah ini.

Pemicu Kenaikan Berat Badan

Dewasa ini kecenderungan seseorang untuk memiliki resiko tubuh berlebihan atau gemuk cenderung lebih besar kemungkinannya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pola hidup kurang sehat yang dijalani serta tuntutan jaman yang serba instan dan cepat.

Maka demikian, jangan heran bila saat ini kita akan dengan mudah menemukan restoran yang menyediakan makanan cepat saji yang selalu dipadati dengan pembeli. Padahal sebuah penelitian menunjukan bahwa konsumsi makanan cepat saji atau fastfood menjadi salah satu pemicu kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, jajanan atau cemilan yang ada saat ini cenderung mendukung seseorang untuk menaikan berat badannya lebih banyak. Tentunya hal ini jauh berbeda dengan jaman dahulu dimana cemilan yang tersedia tak jauh dari bahan makanan alami yakni ubi dan singkong saja.

Bukan hanya itu, stres pun bisa menjadi media yang menyumbang penambahan berat badan pada diri sesorang. Sementara itu, orang-orang jaman sekarang mudah sekali terkena dengan stres sehingga demikian tidak heran bila resiko kenaikan berat badan lebih mudah terjadi pada masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan.

Lalu bagaimana sebenarnya cara untuk dapat memungkas berat badan dan mengembalikan ukuran tubuh pada ukuran yang normal? Pembahasannya akan dibahas dibawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Terlepas dari semua itu, kita dan semuanya tentu mendambakan memiliki penampilan yang memukau dengan tubuh yang ramping dan indah. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat ditempuh, mari simak dibawah ini.

1. Jangan Tinggalkan Sarapan

Banyak orang yang menjalankan kesalah pahaman yang satu ini. Mereka mengira dengan melewati beberapa waktu makan seperti salah satunya adalah sarapan pagi maka mereka bisa memangkas masuknya kalori dan lemak yang masuk kedalam tubuhnya. Hal ini berarti akan membuat mereka menjaga berat badannya.

Padahal, hal tersebut nyatanya keliru besar. Sarapan adalah waktu makan paling penting yang tidak semestinya dilewatkan. Mengkonsumsi sarapan akan mungkin menghindarkan anda dari resiko kelaparan saat tengah hari.

Pada saat perut kosong di pagi hari karena tidak menyantap sarapan, nafsu makan anda akan cenderung lebih tinggi dan ketika menjumpai makanan maka anda akan cenderung kalap dan melahap segala yang anda lihat. Pada akhirnya anda mungkin memang memungkas kalori dan lemak pada pagi hari. Akan tetapi, pertimbangkan berapa banyak kalori dan asupan lemak yang anda konsumsi saat siang hari ketika anda kelaparan? Untuk itu, jangan lewatkan waktu makan penting ini.

2. Selalu Awali Pagi Anda dengan Air Putih

Metode menurunkan berat badan yang alami selanjutnya adalah dengan mamanfaatkan air putih. Air putih akan sangat membantu proses memungkas berat badan dalam tubuh anda dengan lebih baik. Dengan konsumsi cairan ini akan dapat meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh sehingga menunjang proses metabolisme dengan lebih baik. Untuk itu, dalam menjalankan diet minimal cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh anda sebanyak 8 gelas dalam satu hari.

Selain itu, air putih pun dalam dijadikan sebagai pengganjal pada saat makan dan mengurangi rasa lapar anda. Jadi demikian, selalu awali konsumsi air putih pada saat anda hendak makan dan terutama pada pagi hari.

3. Mulailah Berolahraga

Tidak mudah memang untuk dapat melakukan olahraga secara teratur, terutama untuk anda yang memiliki kesibukan dikantor. Akan tetapi, olahraga menjadi salah satu kunci sehat untuk anda bisa mengolah timbunan lemak menjadi energi. Sebenarnya olahraga yang dilakukan tidak perlu selalu pergi ke gym. Bila dikantor atau ditempat anda bekerja ada tangga, berjalan dan menaiki tangga akan dapat dijadikan sebagai olahraga yang baik untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh anda.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Selama ini makanan adalah salah satu pemicu masalah kegemukan yang menyerang anda. Sebagaimana disebutkan diatas konsumsi makanan yang tidak sehat menjadi pemicu kenaikan berat badan dengan cepat. Untuk itu, sebaiknya beralihlah konsumsi makanan pada jenis yang lebih sehat seperti sayur dan buah secara teratur.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menurunkan berat badan dengan metode yang alami dan lebih sehat. Semoga bermanfaat dan memberikan solusi untuk masalah yang anda hadapi.

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu

Hari besar anda tinggal menghitung hari namun tidak percaya diri dengan penampilan anda karena berat badan yang berlebih? Wah..wah..bisa jadi masalah bila hal ini tidak segera diatasi. Ya, masalah berat badan yang seringkali dikeluhkan banyak orang memang menjadi problematika yang seolah tidak ada habisnya. Pakaian tidak muat, tampilan kurang prima, masalah lengan yang dianggap terlalu besar dan lain sebagainya adalah segelintir hal yang banyak dikeluhkan oleh mereka dengan berat badan yang berlebihan.

Memang memusingkan saat impian menggunakan gaun yang indah tidak sesuai dengan kenyataan sewaktu kita berkaca dihadapan cermin. Perut yang buncit dan wajah yang bulat seringkali membuat penampilan tidak percaya diri. Apalagi untuk perempuan hal ini akan tentu membuat mereka tak ingin berada dalam balutan gaun terbuka ataupun baju yang terkesan mengetat.

Hanya saja, ketika penurunan berat badan dituntut dilakukan dengan cepat karena ada momen besar yang akan terjadi dalam hidup anda seperti misalkan momen pernikahan, pertunangan dan lain sebagainya tentu akan membuat anda semakin frustasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang ingin tampil sempurna dihari spesialnya. Berat badan yang tidak ideal tentu akan terlihat kurang menarik meski berada dalam balutan gaun yang cantik.

Nah, bila sudah begini anda mungkin akan panik mencari-cari metode diet yang dapat dilakukan cepat atau jika memungkinkan dalam satu minggu ini perubahan harus segera terlihat dengan tubuh anda. Akan tetapi, sebenarnya tak perlu khawatir program menurunkan berat badan ini bisa dilakukan dengan cepat bahkan dalam satu minggu sekalipun bahkan tidak diperlukan obat atau zat pelangsing untuk bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Hanya saja, dengan catatan anda melakukannya dengan serius dan bersungguh-sungguh. Sebab pada dasarnya kurangnya kekonsistenan pada diri seseorang membuat segala program diet atau penurunan berat badan yang dilakukannya berantakan dan gagal. Untuk itulah, penting sekali adanya sifat konsisten dalam diri anda dan motivasi yang tinggi untuk mendukung program yang anda jalankan.

Nah, dibawah ini kita akan simak cara menurunkan berat badan dalam satu minggu dengan metode yang aman dan sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu

Dalam menjalankan program diet atau program menurunkan berat badan. Tidak sedikit yang mengalami kegagalan hal ini dikarenakan itu tadi, kurangnya konsisten dalam berkomitmen dengan program yang dijalankan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat dan Gula

Karbohidrat dan kandungan gula yang terdapat dalam makanan adalah salah satu pemicu kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat. Untuk itu, bila selama ini anda seringkali terlalu banyak mengkonsumsi nasi atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis maka sudah saatnya anda mengurangi kebiasaan ini dengan perlahan. Hal ini dikarenakan karbohidrat dan gula akan dapat menambah hormon insulin. Nah, meski hormon ini dapat berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi, insulin juga dapat menimbun lemak dalam tubuh.

Jadi demikian, bila tubuh anda terlalu banyak menerima asupan dua bahan karbohidrat dan gula maka lemak akan semakin banyak tertimbun dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya mulai saat ini segera kurangi konsumsi terhadap dua jenis zat ini agar berat badan anda segera turun.

Konsumsi Sayuran, Protein dan Lemak Baik

Cara menurunkan berat badan dalam waktu 1 minggu memang menjadi tantangan yang cukup berat apabila anda tidak selektif memilih jenis makanan yang anda konsumsi. Untuk itu, sebaiknya perhatikan segala jenis konsumsi makanan selama anda menjalankan program diet.

Oleh karenanya, sebaiknya pilihlah jenis makanan yang memiliki kandungan protein dan lemak yang baik. Selain itu, sayuran juga menjadi menu yang penting untuk disantap bersama dengan buah-buahan. Sebab konsumsi buah dan sayur tidak akan beresiko menaikan berat badan anda. Selain sehat, tidak ada kandungan lemak pada jenis makanan ini.

Sementara itu, untuk protein sendiri dalam sehari setidaknya tubuh manusia membutuhkan kurang lebih 20-50 gram protein dalam satu harinya. Hal inilah yang dapat membuat metabolisme didalam tubuh dapat berjalan dengan baik dan lancar dan akan pula membantu pembakaran lemak dalam tubuh anda. Adapun konsumsi protein ini bisa didapatkan dari konsumsi telur, ayam, udang, salmon dan masih banyak lagi.

Lakukan Olahraga

Menurunkan berat badan dalam satu minggu bisa menjadi tantangan. Untuk itu, dukung program ini dengan melakukan olahraga secara rutin. Selain mengatur pola makan yang sehat sebaiknya bersahabatlah dengan segala kegiatan yang akan membakar kalori dengan lebih baik. Olahraga adalah salah satu hal yang umum dalam diet, semakin banyak olahraga yang dilakukan maka akan semakin cepat proses pembakaran kalori dapat dilakukan.

Selain membakar lemak menjadi tenaga, olahraga akan dapat membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan lebih bugar. Untuk itulah, jangan sungkan untuk berolahraga dengan teratur dan baik. Minimal lakukan olahraga sebanyak 3-4 kali dapat satu minggu. Selain itu, sesuaikan olahraga dengan jenis olahraga yang anda senangi. Mulai dari jenis olahraga yang ringan sampai dengan berat.

Hindari Konsumsi Gorengan

Untuk masyarakat Indonesia, gorengan adalah salah satu jenis makanan yang umum dan menyeluruh. Selain itu, sepertinya sudah menajdi bagian dari kebiasaan menyantap makanan yang digoreng. Selain rasanya yang lezat, gorengan pun cukup bersahabat dengan kantong. Sehingga demikian tidak heran bila banyak orang tertarik mencicipi hidangan ini. Anda pun mungkin menjadi salah satu penikmat yang hobi menyantap gorengan.

Akan tetapi, selama menjalani program diet gorengan adalah salah satu jenis makanan yang dipantang. Sebab makanan ini mengandung banyak kalori dan lemak jahat yang akan dapat mengancam keberhasilan dari diet yang anda jalani.

Untuk itu, sebaiknya hindari menyantap jenis makanan yang satu ini. Selain mengkonsumsi sayur dan buah anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus untuk menghindari asupan lemak kedalam tubuh yang dapat mempersulit proses penurunan berat badan.

Program menurunkan berat badan hanya dalam kurun waktu satu minggu memang bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Selama anda konsisten dengan komitmen program ini maka hal ini akan dapat dilakukan dengan baik. Yang terpenting adalah perhatikan pola makan dan gaya hidup anda dengan baik. Jangan konsumsi makanan yang akan dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh.

Selain itu, rutin berolahraga adalah salah satu kunci dari tercapainya keberhasilan dalam menjalankan diet. Untuk itu, jangan malas berolahraga dan mulailah bergerak hal ini dapat anda awali dari melakukan pergerakan yang ringan sampai dengan olahraga yang berat yang dapat membakar kalori dengan lebih cepat.

Demikian beberapa hal diatas semoga anda dapat mencapai keberhasilan dalam menjalankan diet yang satu ini.

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga

Memiliki tubuh yang ramping dan ideal tentu menjadi dambaan untuk siapa saja, tak terkecuali bagi kaum adam. Betapa tidak, lewat tubuh yang indah dan ramping penampilan akan dapat ditunjang dengan lebih baik. Itulah mengapa masalah berat badan berlebih seringkali menjadi mimpi buruk untuk sebagian besar orang.

Bukan hanya permasalah penampilan yang menjadi kurang percaya diri, pada sebagian besar orang yang mengalami berat tubuh yang sudah berlebihan mereka akan cenderung menaikan resiko terhadap beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung dan obesitas.

Mendengar resiko penyakit berbahaya ini anda dan kita semua tentu akan dibuat khawatir dengan permasalah berat badan yang berlebihan. Bagaimana tidak, semua orang tentunya ingin hidup sehat dan tanpa ada masalah dalam tubuhnya. Penyakit yang bersarang dalam tubuh akan mungkin membuat anda tidak dapat menjalani kehidupan sebagaimana biasanya. Kekhawatiran penyakit tersebut kambuh membuat aktivitas anda menjadi terbatas. Pada akhirnya, hal ini pun akan berimbas pada produktivitas anda sehari-hari.

Sayangnya, meski banyak yang mengeluhkan kekhawatirannya terhadap kenaikan berat badan dan resiko kegemukan yang mengerikan. Namun tetap saja, banyak orang tidak jeli dalam memperhatikan pola hidupnya dengan baik.

Bahkan tidak sedikit diantara mereka mengharapkan untuk bisa menurunkan berat badan namun saat diberikan program diet dan panduan olahraga, mereka dibuat ogah-ogahan menjalankannya. Bila sudah seperti ini maka mungkin akan cukup rumit permasalah menurunkan berat badan anda.

Pada dasarnya tidak ada yang tidak mungkin selagi anda mau berusaha dan bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal. Begitu pula dengan program penurunan berat badan yang dijalankan. Menurunkan berat badan tanpa harus dibarengi dengan olahraga mungkin terkesan mustahil.

Akan tetapi, bukan berarti hal ini tidak dapat dilakukan. Masih ada kemungkinan untuk anda dapat menurunkan berat badan meski tidak melakukan olahraga. Hanya saja, asupan makanan dalam tubuh anda harus benar-benar dipungkas dan diperhatikan dengan lebih baik.

Nah, lantas seperti apa sih cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu tanpa olahraga? Simak dibawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga

Sebagian orang memahami bahwa olahraga yang besar dan berat adalah salah satu kunci keberhasilan penurunan berat badan dengan waktu yang singkat. Padahal sebenarnya, ada cara lain yang lebih efektif dalam mengurangi berat badan beberapa kilogram meski tanpa menempuh kegiatan berolahraga secara rutin. Nah, dibawah ini kami akan jelaskan beberapa rahasia untuk anda agar dapat memungkas berat badannya dengan lebih cepat meski tanpa melakukan work out.

Awali dengan Membuat Jurnal

Persiapan adalah hal penting untuk dilakukan. Dari persiapan yang matang dan disiplin yang tinggi dalam melakukan kegiatan ini maka keberhasilan akan dapat dengan mudah didapatkan. Sama halnya dengan melakukan program diet kali ini, ada baiknya jika anda menyusun semua jadwal dan perencanaan anda lewat sebuah jurnal. Ketika anda berkomitmen untuk menurunkan berat badan maka langkah penting untuk mengawali hal ini adalah menyusun rencana diet tersebut.

Ini merupakan sarana bagi anda untuk memantau sejauh mana keberhasilan dan disiplinitas anda selama melakukan program ini. Bila perlu dalam jurnal tersebut tuliskan pula berapa target ukuran berat tubuh yang ingin anda pungkas, makanan apa saja yang perlu untuk dihindari dan kegiatan apa yang akan anda lakukan selama diet.

Konsumsi Banyak Air Putih

Mengingat diet yang anda lakukan adalah jenis yang tidak dibarengi dengan olahraga maka seperti yang telah dibahas diatas pemerhatian asupan makanan perlu dilakukan dengan baik. Asupan makanan dalam jumlah yang terlalu banyak atau dalam porsi yang berlebihan akan mungkin membuat timbunan lemak semakin banyak didalam tubuh.

Untuk itu, sebaiknya kurangi asupan makanan dengan mesiasati hal ini dengan baik. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih baik sebelum dan setelah makan. Hal ini dilakukan untuk menekan rasa lapar anda sehingga anda terhindar dari konsumsi makanan yang terlalu berlebihan.

Perlu diketahui, konsumsi air putih yang banyak bukan hanya baik untuk mendukung diet anda. Namun hal ini pun akan dapat menghindarkan anda dari resiko dehidrasi. Selain itu, ari putih baik untuk kesehatan kulit dan membuat anda lebih bugar.

Menghitung Kalori yang Masuk dalam Tubuh

Penting sekali memperhatikan dan mengkalkulasi berapa ukuran kalori yang masuk kedalam tubuh anda setiap kali anda mengkonsumsi aneka jenis makanan. Hal ini tentu dilakukan sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan anda. Perhitungan ini dapat anda tulis dalam jurnal anda guna memantau asupan gizi dan segala macamnya kedalam tubuh anda. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak jenis makanan ini tidak akan membuat anda gemuk atau menimbun lemak.

Makanlah dalam Porsi yang Kecil

Penting sekali untuk mulai memangkas porsi makan anda sejak saat ini. Porsi makan yang banyak dalam sering adalah salah satu penyumbang kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat selama ini. Untuk itu, kurangi porsi makan anda dengan perlahan dan lebih baik. Dengan begini maka kemungkinan penurunan berat badan akan dapat lebih cepat.

Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Salah satu penyebab timbunan kalori yang banyak didalam tubuh terjadi dari konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Nah, bila anda seringkali mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak maka sudah tiba saatnya mengurangi kebiasaan ini. Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumi beras merah yang lebih kaya akan serat. Selain itu, penting sekali untuk mengganti kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat dengan konsumsi buah-buahan segar yang lebih bermanfaat.

Tidur yang Cukup

Selama ini banyak orang yang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup menaikan resiko kegemukan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Untuk itu, upayakan agar tubuh anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup untuk menekan nafsu makan yang besar. Perlu diketahui, rasa lelah pada otak akan dapat membuat tubuh anda memunculkan sinyal lapar sehingga kondisi seperti inilah yang cenderung membuat anda lebih banyak makan dari porsi biasanya.

Selain beberapa hal diatas, memperhatikan serta menghindarkan tubuh dari konsumsi makanan yang mengandung lemak yang banyak adalah satu hal penting untuk diperhatikan. Hindarkan pula kebiasaan ngemil atau konsumsi makanan yang digoreng sebab pada dasarnya kebiasaan ini seringkali tidak disadari padahal menjadi salah satu pemicu kegemukan yang lebih besar pada kebanyakan orang.

Semoga tips ini menjadi solusi untuk masalah kegemukan yang anda alami saat ini. Jadi demikian, hanya karena anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga bukan berarti tidak ada kesempatan untuk anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya.

Cara Diet Sehat Tanpa Menggunakan Obat Pelangsing

Tubuh yang ramping dan bebas dari lemak tentu diidamkan semua orang, tak terkecuali para kaum laki-laki. Bagaimana tidak, lewat tubuh yang seperti ini segala jenis pakaian yang anda gunakan akan terlihat memukau. Apalagi untuk perempuan, pakaian yang sedikit terbuka dan menampilkan lekukan tubuh akan terlihat indah dan lebih menarik. Tak heran bila saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk tampil menarik dengan tubuh yang ramping dan ideal.

Sayangnya, tidak mudah untuk bisa mendapatkan tubuh yang indah seperti yang telah diimpikan. Banyak orang melakukan cara yang cukup bervariasi, mulai dari menjalankan program diet sederhana dirumah, melakukan olahraga secara rutin dan bahkan sebagian ada yang mengkonsumsi obat-obatan pelangsing atau juga sampai dengan menempuh jalan operasi untuk menyedot lemak didalam tubuhnya.

Segala macam cara ini pada intinya dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang telah diimpikan. Hanya saja, beberapa metode yang ekstrim sepeti penggunaan obat-obatan dan sedot lemak yang dilakukan oleh sebagian orang tentu memberikan dampak untuk kesehatan si orang itu sendiri.

Penggunaan obat-obatan pelangsing akan mungkin memberikan efek samping. Selain dapat berbahaya untuk kesehatan ginjal dan hati. Konsumsi obat pelangsing yang dihentikan secara tiba-tiba akan malah berdampak terhadap kenaikan berat badan yang lebih tinggi bahkan bisa melampaui angka berat badan tertinggi anda sebelumnya.

Selain itu, saat ini sudah banyak korban berjatuhan dari mengkonsumsi obat pelangsing yang tidak aman. Akibatnya, kerugian materil dan fisik mereka rasakan apalagi kondisi terburuk yang parah bahkan bisa sampai menelan korban jiwa.

Tidak semestinya kasus semacam ini terjadi. Hanya karena anda ingin menurunkan berat badan anda bukan berarti anda dibenarkan untuk bisa menyakiti diri anda. Apalagi sampai membahayakan kesehatan anda. Daripada menggunakan obat-obatan pelangsing yang berbahaya, alangkah lebih baik jika program penurunan berat badan yang dipilih adalah metode yang aman dan alami.

Nah, dibawah ini adalah beberapa rahasia menjalankan metode diet yang sehat untuk menurunkan berat badan tanpa menggunakan obat-obatan pelangsing. Apa saja? Mari simak dibawah ini.

Cara Diet Sehat Tanpa Menggunakan Obat Pelangsing

Makan Teratur

Banyak orang yang keliru dengan melewatkan waktu makannya hanya karena ingin memungkas berat badannya dengan lebih cepat. Mereka menganggap bahwa sedikit makan berarti akan dapat menurunkan berat badan dengan segera. Padahal, kondisi seperti ini bukanlah solusi yang baik.

Satu sampai dua hari tubuh anda mungkin bisa bertahan dengan tanpa mengkonsusmi makanan. Akan tetapi, ketika tubuh sudah tidak lagi mampu menahan rasa lapar maka akan ada kecenderungan dimana anda akan makan segala hal yang anda lihat. Hal ini dikarenakan perut yang lapar akan mungkin membuat anda tidak dapat mengontrol diri anda. Pada akhirnya, bukan memungkas berat badan, hal ini malah membuat anda mengalami kegagalan diet.

Untuk itulah, sebaiknya konsumsilah makanan dengan teratur. Hanya saja, hal penting yang perlu diperhatikan adalah porsi makan yang anda ambil. Dalam kasus ini anda dianjurkan untuk makan dalam porsi yang sedikit dan tidak diperkenankan untuk melewatkan sarapan.

Sarapan adalah waktu makan yang penting yang akan menjaga energi anda untuk siap menghadapi segudang aktivitas selama seharian. Tidak mengkonsumsi sarapan pada saat pagi hari akan mungkin membuat tubuh anda lemas dan kelaparan. Akibatnya, hal ini malah akan membuat anda makan berlebihan pada saat siang harinya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menurunkan berat badan, pemilihan jenis makanan adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Hindari mengkonsumsi aneka jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng sebab jenis makanan ini menimbun banyak lemak yang akan berdampak buruk untuk diet yang anda jalankan. Sebaliknya, konsumsi buah dan sayur bisa anda masukkan dalam menu sehari-hari anda. Selain baik untuk pencernaan, buah dan sayur tentu akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan ngemil gorengan atau konsumsi makanan cepat saji.

Untuk itulah, mulai saat ini benahi makanan dalam lemari es anda. Keluarkan segala jenis makanan dan minuman yang tidak sehat. Mulai pasok buah dan sayur didalamnya dan lengkapi dengan aneka jenis makanan yang sehat lainnya. Sehingga tidak ada alasan untuk anda untuk tidak menyantap sajian makanan yang lebih sehat.

Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

Seringkali seseorang akan berhenti makan setelah perutnya penuh dan kenyang. Akan tetapi, sikap yang seperti ini bukanlah pilihan yang bijak. Menunggu waktu kenyang akan mungkin membuat makanan lebih banyak masuk kedalam tubuh anda. Ini artinya berat badan anda akan dapat bertambah dengan lebih cepat.

Untuk itulah, sebaiknya gunakan kembali perhitungan kalori anda dan berhentilah makan sebelum anda merasa kenyang. Asalkan nutirisi dalam tubuh terpenuhi dengan baik maka sudah cukup untuk anda makan. Jangan perparah asupan makanan dengan lebih banyak porsi yang melimpah yang malah akan membuat berat badan anda melonjak lebih hebat. Sebab pada dasarnya otak akan meyadari perasaan kenyang setelah 10-15 menit setelah anda berhenti makan.

Kunyah Makanan Sampai Halus

Jika konsumsi obat pelangsing sangat prkatis untuk dikonsumsi cukup dengan menelannya. Maka pada diet tanpa obat langsing anda dianjurkan untuk mengunyah makanan yang anda konsumsi sampai halus secara merata. Hal ini tentu dilakukan agar usus anda tidak bekerja dengan keras pada saat menghancurkan makanan. Jadi demikian, pastikan bila anda mengunyah makanan anda sampai benar-benar halus.

Perhatikan Minuman yang Anda Konsumsi

Seringkali orang yang menjalankan diet hanya terfokus memperhatikan makanan apa yang mereka konsumsi. Padahal secara tidak sadar minuman yang dikonsumsi pun ikut menentukan kenaikan berat badan dalam tubuh anda. Untuk itu, selama menjalankan diet anda dituntut untuk memperhatikan kalori yang terdapat pada minuman anda. Terutama minuman berkarbonasi memiliki hampir 70 persen gula didalamnya yang mana bila anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan dan dilakukan dalam jangka panjang maka kenaikan berat badan anda akan dapat terjadi dengan lebih cepat.

Kue dan Coklat? Silahkan Makan

Banyak diet yang menganjurkan anda untuk menghindari jenis makanan yang satu ini. Betapa tidak kue dan coklat akan mungkin memicu kenaikan berat badan yang terjadi dengan lebih cepat. Alhasil, karena dilarang mengkonsumsi makanan ini, imbasnya anda akan mencuri-curi sedikit untuk memakannya. Seperti peribahasa, sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Jika kebiasaan buruk ini terus menerus dilakukan maka perlahan akan menjadi penghambat diet yang anda jalani. Lalu apa sebenarnya yang harus dilakukan?

Well, jangan sungkan untuk melakukannya. Feel free dan bebaskan diri anda untuk berekspresi dan menyantap makanan tersebut. Cokelat memang lezat dan terkadang membuat kita sulit menahan diri untuk berhenti memakannya dalam waktu yang lama. Akan tetapi, sebaiknya siasati hal ini dengan memilih dark chocolate dan atur porsinya dengan baik. Bila perlu tuliskan dalam jurnal anda untuk mengatur jadwal melahap beberapa jenis makanan ini.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari rahasia menurunkan berat badan tanpa menggunakan obat-obatan pelangsing. Cara yang alami tentu tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya untuk tubuh anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Loading...