Tips Bijak dan Pintar Turunkan Berat Badan yang Sering Gagal

Banyak orang yang bermasalah dengan ukuran berat badan yang berlebih dibuat frustasi menurunkan ukuran tubuhnya. Meski segala cara sudah ditempuh dan dicoba namun tetap saja lemak didalam tubuh tak kunjung menghilang. Malah sebaliknya, setelah kegagalan diet yang dialami berat badan malah semakin melonjak dan ukuran sudah semakin tak karuan.

Mendapati hal ini, tak sedikit mereka yang sudah sering melakukan diet dibuat stres dan putus asa sehingga pada akhirnya mereka kapok melakukan diet ini. Memiliki tubuh dengan ukuran yang berlebih memang cukup memusingkan.

Selain menurunkan percaya diri, kondisi ini akan cukup beresiko. Sebab orang-orang dengan berat tubuh yang berlebih atau yang juga dikenal dengan obesitas akan lebih rentan menaikan resiko memiliki penyakit berbahaya lainnya, seperti diabetes, hipertensi bahkan resiko penyakit jantung.

Jadi demikian, menurunkan berat badan bukan hanya penting dilakukan demi kecantikan estetika tubuh saja namun dengan alasan kesehatan hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

Sebenarnya, ada banyak metode diet yang diklaim telah teruji dan banyak diprkatikan oleh selebritis tanah air. Dengan sedikit perjuangan, beberapa selebritis ini nyatanya mampu tampil dengan perubahan yang drastis dan begitu mencengangkan. Sebut saja salah satunya adalah mantan artis cilik Tina Toon.

Tubuh yang sebelumnya ia miliki berbobot begitu tambun dan berlebih. Bahkan sang mantan bintang cilik ini mengaku seringkali mendapatkan bully dari orang-orang sekitarnya. Sampai pada akhirnya dengan ketekunan dan konsistensi yang besar terhadap komitmennya untuk menurunkan berat badan. Akhirnya ia sukses memangkas sebagian besar lemak dalam tubuhnya. Lihat saja betapa molek dan indahnya tubuh Tina saat ini.

Nah, kasus seperti ini sebenarnya bisa dijadikan motivasi untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab umumnya, mereka yang seringkali terjebak dalam metode diet yang kerap kali gagal dipicu karena kurangnya motivasi dalam dirinya. Untuk itulah, buat perencanaan dan tanamkan niat dan komitmen dalam diri anda. Setelah itu, berusahalah untuk memberikan konsitensi yang besar pada apa yang anda rencanakan.

Nah, dibawah ini untuk membantu anda menjalankan program penurunan berat badan atau diet agar terasa lebih mudah. Maka ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa diantaranya mari simak dibawah ini.

Tips Bijak dan Pintar Turunkan Berat Badan yang Sering Gagal

Banyak orang yang sudah mempraktikan metode menurunkan berat badan namun seringkali dihinggapi dengan kegagalan. Cobalah praktikan beberapa hal dibawah ini untuk membantu anda mempermudah program diet yang lebih sehat dan lebih efektif.

Batasi Banyaknya Porsi Makan Anda

Menjalankan program diet bukan berarti dengan memangkas atau menghentikan tubuh anda dari konsumsi makanan. Yang perlu diperhatikan bukanlah makan atau tidaknya namun lebih kepada porsi yang anda lahap sewaktu makan. Untuk itu, anda tidak dilarang untuk makan sebaliknya silahkan konsumsi makanan dengan teratur namun perhatikan porsi yang seimbang yang anda konsumsi.

Kurangi segala jenis makanan mewah yang anda gemari, seperti misalkan burger, steak, ayam goreng dan segala jenis makanan berat lannya. Makanan yang kita gemari umumnya mengandung banyak kalori dan lemak yang akan membuat anda menaikan berat badan dengan cepat.

Tak usah khawatir karena tidak mengkonsumsi makanan ini sebab tanpa makanan ini pun anda masih tetap bisa hidup. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa mengutamakan konsumsi terhadap makanan sehat seperti sayur dan buah. Hindari pula makanan yang mengandung banyak lemak yang seringkali tidak kita sadari seperti ice cream, kue-kue dan segala jenis gula-gula

Hentikan Makan Diantara Waktu Malam

Sudah menjadi aturan yang baku dimana dalam satu hari kita dapat menyantap 3 kali atau lebih makan dalam waktu yang berbeda. Hanya saja, dalam rangka menurunkan berat badan maka cobalah latih diri anda untuk meniaakan makanan yang tidak perlu, seperti misalkan waktu makan malam. Memang tidak mudah menghilangkan waktu makan ini dengan cepat.

Untuk itu, lakukan hal ini dengan perlahan dan pelan-pelan. Bila anda khawatir akan merasakan kelaparan saat malam hari maka cobalah geser waktu makan malam anda sebelum jam 5 sore. Karena umumnya diperlukan sedikitnya 3 jam bagi pencernaan anda untuk mengolah semua makanan. Pada awalnya anda mungkin akan merasa kesulitan dan merasa tersiksa namun perlahan bila anda konsisten tubuh anda akan terbiasa dengan hal ini.

Hindari Konsumsi Makanan yang Mewah

Makanan yang mewah umumnya memiliki kandungan gula dan kalori yang berlebihan, termasuk makanan restoran yang mahal. Untuk itu, sebaiknya kurangi mengunjungi restoran dan makan diluar. Akan lebih baik jika anda mengolah sendiri makanan anda dan sesuaikan komposisinya dengan kebutuhan anda. Sementara itu, jika anda terpaksa makan di restoran kebiasaan yang terbaik adalah dengan menghentikan makan sebelum anda merasa kenyang.

Berhati-Hatilah dengan Sisa Makanan

Banyak ibu atau orangtua mengalami kesulitan saat ingin menurunkan berat badannya. Seringkali mereka menganggap faktor usialah yang memicu kondisi ini dapa terjadi. Padahal tidaklah sepenuhnya benar demikian. Seringkali ibu yang memiliki anak-anak dirumahnya merasa sayang terhadap makanan sisa bekas si kecil.

Mereka menganggap makanan yang masih tersisa bekas si kecil akan sayang jika dibuang. Sehingga pada akhirnya hal ini membuat ibu banyak menghabiskan makanan tersebut. Perlu diketahui, hal inilah yang seringkali membuat diet yang dijalani sulit mendapatkan hasil. Untuk itu, berhati-hatilah dengan sisa makanan. Bagaimanapun setiap gram kalori yang masuk kedalam tubuh anda diperhitungkan dengan baik.

Jangan Menahan Lapar Terlalu Lama

Banyak para pelaku diet menganggap bahwa menahan lapar akan dapat membuat tubuhnya cepat kurus. Anggapan ini benar-benar keliru dan tidak beralasan. Sebaliknya, menahan lapar dengan tidak menyantap makanan mungkin membuat anda tidak memasukan sejumlah kalori dan lemak yang biasanya disantap. Akan tetapi, perlahan ketika rasa lapar anda sudah tak lagi dapat ditahan maka kondisi ini akan mebuat anda cenderung makan dengan tidak terkontrol dan berlebihan. Akibatnya, asupan lemak dari makanan akan lebih banyak dibandingkan dengan yang biasanya anda konsumsi.

Konsumsi Sayuran Lebih Banyak

Makanan yang dianjurkan untuk mereka yang memiliki ukuran berat badan yang berlebih adalah makanan yang kaya akan serat. Selain menyehatkan, makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat anda cepat merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ini artinya nafsu makan anda akan dapat ditekan dengan lebih baik. Sehingga kalori dan lemak tidak akan masuk dalam jumlah yang lebih banyak.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari cara menurunkan berat badan dengan bijak dan pintar. Pada intinya, memperhatikan segala asupan makanan kedalam tubuh adalah hal penting untuk dilakukan. Selain itu, komitmen yang tinggi dan kesabaran akan diperlukan agar anda bisa menggapai hasil yang maksimal.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel