data-ad-format="auto"

Tips Membatasi Nafsu Makan Tanpa Diet dan Rasa Lapar

Kesehatan sangatlah penting dan perlu untuk menjadi prioritas banyak orang. Termasuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan senantiasa terlihat bugar. Bnayak orang memilih jalan dengan diet dan pergi ke gym untuk menjaga ukuran tubuh mereka agar tetap indah dan elok dipandang. Sayangnya tidak semua orang dapat melalukan hal yang sama guna menjaga kebugaran tubuhnya dengan baik. Pun demikian, anda perlu tahu bagaimana cara menurunkan berat badan agar tetap ideal tanpa harus melakukan diet ketat dan mati-matian menahan rasa lapar dan dan terasa tersiksa karenanya.

Menjaga asupan makanan dan mengontrol porsinya adalah salah satu hal yang penting untuk mereka yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Hal ini dikarenakan apa yang dikonsumsi oleh anda erat kaitannya dengan kenaikan berat badan yang dapat terjadi. Untuk itu, menjaga asupan kalori lewat makanan adalah hal penting untuk selalu dilakukan.

Akan tetapi tentu saja kegiatan yang satu ini tidak bisa dirasakan dengan cepat dan mudah hasilnya. Kekonsistenan anda akan memainkan peran dalam menentukan keberhasilan dari menjaga berat tubuh tetap ideal. Tanpa melalui diet dan merasakan lapar yang menyiksa sebenarnya anda tetap dapat menekan nafsu makan anda. Yang mana hal ini tentu akan dapat membuat anda yang mengalami masalah dengan berat badannya terbantu untuk menurunkan ukuran tubuh anda. Sementara untuk mereka yang tidak bermasalah dengan ukuran tubuh maka hal ini akan membantu anda menjaga berat yang ideal. Simak beberapa tips menekan nafsu makan tanpa diet dan rasa lapar dibawah ini.

Tips Membatasi Nafsu Makan Tanpa Diet dan Rasa Lapar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu anda berusaha untuk menekan nafsu makan anda agar anda dapat tetap mengontrol ukuran berat badan anda. Akan tetapi yang terpenting adalah lakukan hal ini dengan konsisten dan berkomitmen yang tinggilah pada saat melakukannya. Sebab pada dasarnya kegiatan yang satu ini tidak akan dapat bekerja dengan mudah dan instan.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Tak Usah Menghindarkan Makanan Kesukaan Anda

Banyak para pelaku diet melakukan banyak kesalahan pada saat hendak menurunkan berat badan mereka. Dengan terang-terangan mereka menyiksa dirinya dengan menghindarkan segala makanan yang biasa mereka konsumsi, termasuk makanan kesukaannya. Parahnya, hal ini seringkali dilakukan dalam waktu yang cepat dan tiba-tiba. Padahal tubuh kita membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan kondisi diet yang dijalankan.

Sama halnya dengan menghindarkan diri anda dari makanan kesukaan anda. Semakin anda menyiksa diri anda dan menghindarkan makanan tersebut maka semakin buruk dampaknya untuk anda. Masalah ini akan semakin buruk ketika saat anda 'balas dendam' dimana justru akhirnya anda cenderung mengkonsumsi makanan favorit anda tanpa terkendali.

Alih-alih menghindari makanan favorit anda, maka sebaiknya cobalah sisihkan seperlima dari total kalori harian andauntuk menikmati makanan yang anda gemari tersebut tanpa rasa bersalah. Artinya ketika anda tergoda untuk mencicipi kue coklat maka setelah ini anda perlu untuk mengurangi asupan kalori kedalam tubuh anda setimpal dengan ukuran kalori yang terdapat dalam kue coklat tersebut.

Pilih Gorengan "Tiruan"

Makanan yang digoreng memang menjadi salah satu jenis olahan yang lezat dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Pada saat melakukan proses penurunan berat badan umumnya jenis makanan yang satu ini sulit sekali untuk ditolak. Banyak program diet yang gagal dilakukan akibat seseorang tidak mampu menahan godaan terhadap konsumsi makanan yang satu ini.

Nah, untuk mensiasati hal ini maka cobalah gunakan trik dengan melapisi makanan yang hendak digoreng dengan menggunakan putih telur dan berikan taburan keju parmesan. Atau anda bisa mengganti taburan ini dengan tepung gandum, remah roti dan lain sebagainya. Setelah itu, silahkan semprot sedikit dengan menggunakan cooking spray.

Selanjutnya anda bisa memasukan bahan makanan ini kedalam oven dan memanggangnya dibawah suhu 200 derajat sampai matang. Dengan melakukan hal ini maka anda akan mendapatkan makanan yang serupa dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng yang renyah namun tetap sehat saat dikonsumsi.

Kumpulkan Bungkus Permen dan Makanan yang Anda Konsumsi

Alih-alih membuang semua bungkus atau kemasan dari makanan dan perman yang anda konsumsi. Akan lebih baik jika anda mengumpulkannya dalam sebuah wadah atau toples. Ketika anda melihatnya maka anda akan sadar dan memiliki kendali tentang seberapa banyak makanan yang anda konsumsi pada hari tersebut. Hal ini diharapkan membangun kesadaran dalam diri anda untuk mengontrol nafsu makan anda dan porsi makan anda menjadi lebih sedikit.

Jangan Makan Sambil Nonton atau Mengobrol

Kebanyak orang akan senang menikmati hidangan dalam piringnya dengan sambil mengobrol atau menonton televisi atau juga melakukan banyak hal lainnya. Orang zaman dulu mengatakan makan sambil mengobrol adalah hal yang pamali untuk dilakukan. Namun rupanya, hal ini beralasan juga.

Makan sambil melakukan kegiatan lain atau mengobrol akan membuat anda sulit merasa kenyang. Hal ini dikarenakan otak anda akan mengasosiasikan makan dan mengobrol atau melakukan kegiatan lainnya secara bersamaan. Akibatnya, sulit untuk otak anda menyadari rasa kenyang saat menyantap makanan. Untuk itu, maka sebaiknya hindari melakukan aktivitas atau kegiatan lainnya pada saat anda sedang makan.

Hindari Pemanis Buatan

Ketika menyantap makanan atau minuman sebaiknya hindari jenis yang mengandung banyak pemanis buatan. Kandungan pemanis buatan dalam makanan hanya akan membuat anda menginginkan lebih banyak gula. Seperti yang kita ketahui kandungan gula dalam makanan yang masuk kedalam tubuh akan membuat anda mudah menjadi gemuk. Untuk itu, sebaiknya bijaklah dalam memilih jenis makanan dan pilih yang terbaik untuk anda. Beralihlah pada gula alami dan dengan begini maka akan semakin sukses untuk anda mengatasi keinginan untuk makan.

Buat Catatan Kecil

Catatan ini berisikan tentang keberhasilan anda melawan hasrat lapar. Buatlah daftar ini dalam secarik kertas dan tuliskan sebuah ceklis pada beberapa jenis makanan yang berhasil anda lawan. Hal ini akan memberikan hasil dan perbandingan yang diharapkan memberikan anda motivasi untuk melawan nafsu makan anda. Dengan begini maka keberhasilan dari memungkas sejumlah asupan kalori didalam tubuh akan semakin cepat anda rasakan.

Buat Makanan Anda Sendiri

Terkadang kita makan dalam jumlah yang banyak karena rasa dari makanan yang begitu lezat. Umumnya makanan yang berasa lezat dibuat dari kurang memperhatikan kandungan yang tidak baik pada makanan. Seperti banyak mengandung kalori, lemak, perasa buatan dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat rasa dari makanan menjadi lebih bangkit dan lebih berasa. Pada akhirnya, nafsu makan anda malah semakin menjadi dan ingin menyantap habis jenis makanan tersebut.

Nah, untuk mengatasi kondisi seperti ini maka siasati dengan mulai mengolah sendiri makanan anda dirumah. Selain komposisinya yang bisa anda sesuaikan memasak makanan sendiri dirumah tentunya akan lebih sehat dan bermanfaat baik untuk kesehatan.

Itulah dia beberapa tips membatasi nafsu makan tanpa melakukan diet yang menyiksa dan menahan rasa lapar yang akan sulit untuk dikendalikan. Semoga tips diatas bermanfaat dan memberikan hasil yang baik untuk anda.

Loading...