Tips Turunkan Berat Badan dengan Mulai Mengubah Pola Makan

5/5 (1)

Sebagian besar orang yang mengalami kegemukan atau ukuran badan yang berlebih ingin menurunkan berat badan mereka. Tubuh yang ramping dengan ukuran berat badan yang ideal menjadi dambaan untuk banyak orang. Jadi demikian tak heran bila banyak orang berlomba-lomba membentuk tubuhnya agar tetap dalam ukuran yang ideal.

Memang berat tantangannya memiliki tubuh dengan ukuran yang ekstra, selain seringkali menjadi olok-olok dan cemoohan orang lain. Orang dengan tubuh yang tambun umumnya akan lebih cenderung mudah menaikan resiko terhadap penyakit yang lain yang berbahaya. Beberapa resiko penyakit yang mungkin terjadi dari kondisi obesitas atau kelebihan berat badan yang dialami adalah tingginya kemungkinan terserang dengan penyakit hipertensi, jantung, diabetes dan masih banyak lagi.

Untuk itulah, segera upayakan solusi untuk mengatasi kondisi anda saat ini. Selain mengurangi resiko peningkatan terhadap penyakit tersebut, berat tubuh yang lebih ringan tentu akan membuat anda merasa lebih nyaman tampil dalam berbagai jenis gaya busana.

Nah, pada dasarnya usaha untuk menurunkan berat badan selalu erat kaitannya dengan diet. Metode ini adalah salah satu cara efektif untuk mereka yang berkeinginan untuk memungkas sejumlah berat badan dari tubuhnya. Akan tetapi, rupanya selain menjalankan diet yang dibarengi dengan olahraga. Menurunkan berat badanpun dapat dilakukan dengan mulai mengatur pola makan anda sehari-hari.

Mengubah kebiasaan makan merupakan tantangan yang sangat besar bagi sebagian orang. Apalagi jika perilaku makan tersebut sudah diterapkannya sebagai kebiasaan yang telah dijalani bertahun-tahun. Tidak heran bila banyak para pelaku diet yang mengalami kegagalan ditengah jalan ketika mereka bersaha mencoba mengungah kebiasaan pola makannya.

Seperti mungkin telah anda coba menjalani pola makan yang lebih sehat, sehari dua hari kegiatan yang satu ini mungkin berhasil anda lakukan. Akan tetapi, pada saat menjelang hari berikutnya anda lantas tergoda dengan makanan yang kurang sehat yang biasa anda makan. Akibatnya, perubahan pola makan ini hanya dilakukan beberapa saat dan selanjutnya berakhir dengan kegagalan. Padahal mengubah dan menerapkan pola makan yang baru dan lebih sehat adalah jalan yang penting untuk anda yang tengah putus asa menurunkan berat badan.

Nah, untuk membantu anda untuk mengubah pola makan saat melakukan diet sehat simak beberapa cara dibawah ini.

Tips Turunkan Berat Badan dengan Mulai Mengubah Pola Makan

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum anda menentukan menu sehat apa yang akan anda konsumsi dalam menjalankan diet kali ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa rahasia penting yang perlu diketahui dalam membantu anda merubah pola makan yang sehat.

Perhatikan Langkah Pertama Adalah Penentu

Umumnya mereka yang mengalami kegagalan dalam mengubah perilaku makan menjadi pola yang lebih sehat adalah mereka yang cenderung memulai dietnya dengan langkah yang salah. Idealnya, terdapat dua faktor penting yang perlu untuk diperhatikan guna memaksimalkan program penurunan berat badan yang akan anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Mengubah jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya
  2. Mengurangi porsi makan yang anda santap.

Tidak mudah memang menerapkan dua perencanaan ini, tidak juga semudah anda membalikan kedua telapak tangan dari telungkup menjadi terbuka. Untuk itu, anda tidak perlu mengubah kebiasaan ini dengan cara yang spontan. Mengubah pola atau perilaku makan memang bukanlah perkara yang mudah. Tubuh anda pun akan butuh waktu untuk dapat menyesuaikan antara kebiasaan makan lama dengan kebiasaan yang saat ini akan anda terapkan.

Kebanyakan para pelaku diet menginginkan memiliki badan yang sehat dengan cepat sehingga mereka habis-habisan melakukan diet dan merubah semua pola makan dan pola hidupnya dengan cara mendadak dan tiba-tiba. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat diet gagal dilakukan. Perlu diperhatikan menurunkan berat badan memerlukan kekonsistenan jangka panjang dan juga pembiasaan. Untuk itu, bersabarlah dan lakuakn dengan bertahap.

Nah, adapun salah satu anjuran pola makan yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengurangi konsumsi terhadap nasi putih, memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan kegiatan ini pun tidak dapat dilakukan dengan cepat. Untuk itu, perlahan namun pasti cobalah untuk mulai menerapkan kegiatan ini.

Untuk mereka yang belum terbiasa menerapkan kegiatan ini pada awalnya mereka akan tersiksa. Akan tetapi perlahan-lahan dan bertahap tubuh anda pun akan mulai beradaptasi dan terbiasa.

Selain itu, lakukan perubahan kecil yang anda lakukan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan lebih baik dibandingkan dengan mengubah kebiasaan makan secara mendadak. Nah, dibawah ini adalah beberapa contoh merubah kebiasaan pola makan menjadi lebih sehat.

  • Melakukan Perubahan Pola Makan dengan Beberapa Hal Kecil
  • Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dengan perlahan dan lakukan kegiatan ini dalam jangka panjang agar anda mulai terbiasa, seperti:
  • Membagi porsi makan menjadi tiga bagian kecil
  • Menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil
  • Rajin mengkonsumsi air putih. Sebab sebagian orang yang memiliki ukuran berat badan berlebih seringkali salah mengartikan perasaan haus dengan rasa lapar.
  • Mengkonsumsi cemilan yang tinggi akan protein dan rendah kalori. Lakukan kegiatan ini seriap 2 jam sekali agar ketika makan anda tidak konsumsi makanan terlalu berlebihan.
  • Hindari makan sambil mengobrol atau menonton. Hal ini dikarenakan pada saat makan dibarengi dengan melakukan kegiatan lain otak akan mengasosiasikan keduanya sehingga anda tidak bisa mengontrol porsi makan anda.
  • Agar perut anda lebih mudah kenyang, kunyah makanan lebih lama dan lakukan dengan perlahan
  • Hindari stresi agar anda tidak mengalami emotional eating

Perhatikan Langkah Kedua dan Mulailah Bergerak

Setelah anda mengubah kebiasaan pola makan anda dengan baik maka sudah saatnya anda meningkatkan akitivitas fisik dengan lebih baik.

Nah, bila sebelumnya anda adalah seseorang yang pasif, dimana seringkali hanya diam, nonton tv kemudian tidur lagi, Maka mulailah untuk membiasakan diri anda menjadi lebih aktid. Tubuh yang aktif akan cenderung membuat metabolisme menjadi lebih aktif pula.

Untuk itu, dengan semakin aktifnya tubuh anda akan semakin mudah pula untuk pembakaran lemak dalam tubuh terjadi. Ini artinya akan lebih mudah untuk anda menurunkan berat badam

Meski anda merasa terbebani dengan olahraga namun perhatikan kembali diet tidak selalu harus melakukan olahraga yang berat. Cukup biasakan diri anda untuk bangun lebih pagi dan mulailah melakukan olahraga anda sendiri. Seperti misalkan jogging selama 30 menit disekitaran rumah anda dan lain sebagainya.

Sementara itu, bila anda merasa malas untuk pergi ke luar rumah maka cukup lakukan aktivitas olahraga ini didalam rumah seperti senam atau zumba. Yang terpenting adalah buat diri anda berkeringat sehingga kalori dapat dibakar dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari tips menurunkan berat badan dengan mulai mengubah pola makan. Semoga cara ini dapat dipraktikan dirumah dengan mudah dan membantu anda mengatasi masalah berat badan untuk segera turun.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel