data-ad-format="auto"

Sulit Kurangi Porsi Makan Saat Diet? Lakukan Trik Berikut Ini

Keinginan untuk melakukan diet dan implementasinya lewat mengurangi porsi makan itu adalah dua hal yang berbeda. Sebab pada kenyataannya, tidak mudah untuk dapat mengurangi porsi makan dan makan lebih sedikit pada saat diet. Ya, banyak yang mengatakan bahwa pada dasarnya kenaikan berat badan didalam tubuh erat kaitannya dengan apa yang anda makan. Sehingga demikian, salah satu aspek penting untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengurangi porsi sewaktu anda makan.

Hanya saja, kegiatan yang satu ini seringkali sulit bahkan sebagian orang merasa kewalahan saat dihadapkan pada mengatur porsi makan. Pasalnya, banyaknya variasi makanan dan olahan makanan yang menggoda membuat seseorang merasa sulit untuk dapat mengendalikan nafsu makannya. Apalagi saat pergi ke pesta, ketika makanan tersaji dengan begitu banyak dan dihidangkan secara cuma-cuma maka sulit sekali untuk menolak godaan aroma yang begitu sedap ketika dicium. Hal inilah yang membuat rasa lapar semakin menggebu dan pada akhirnya mental menahan lapar menjadi runtuh dan perut anda akan dipenuhi dengan berbagai jenis makanan yang anda lihat.

Akan tetapi, sebenarnya tak perlu khawatir sebab kali ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mensiasati agar anda tetap dapat makan dengan porsi yang sedikit selama melakukan diet. Ingin tahu seperti apa? Mari simak dibawah ini.

Sulit Kurangi Porsi Makan Saat Diet? Lakukan Trik Berikut Ini

Memang tidak mudah menekan nafsu makan ketika dilingkungan sekitar anda dipenuhi dengan aneka ragam makanan yang menggoda. Akan tetapi, bila komitmen anda tinggi maka bukan tidak mungkin mewudujkan hal ini dengan lebih mudah. Caranya adalah dengan mencari solusi yang tepat untuk mensiasati agar sebisa mungkin anda menekan nafsu makan anda. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal untuk menekan nafsu makan anda dan membuat anda makan dalam porsi yang sedikit.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Lakukan dengan Perlahan

Tubuh anda akan sulit untuk dapat melakukan adaptasi dengan ukuran dan porsi makan anda yang baru pada saat anda menjalankan program diet. Untuk itulah, kegiatan yang satu ini tidak dapat dilakukan dengan mudah dan tergesa-gesa. Untuk dapat mengurangi porsi makan sebaiknya lakukan dengan perlahan namun bertahap. Misalkan pada hari pertama anda boleh makan nasi bersama dengan lauknya sebanyak satu piring, namun hari berikutnya cobalah untuk mengurangi jumlah nasi yang anda konsumsi. Begitupun seterusnya sampai anda makan dengan jumlah yang benar-benar sedikit.

Sebaliknya, melakukan kegiatan ini dengan tergesa dan bertubi-tubi malah akan menghancurkan diet anda. Sebab pada akhirnya akumulasi dari rasa lapar anda akan cenderung membuat anda 'balas dendam' dengan mengkonsumsi makanan apa saja sesuka hari anda.

Kurangi Porsinya

Berkaitan dengan poin yang diatas, perlahan anda dapat mengurangi porsi makan yang anda konsumsi. Seperti misalkan jika anda biasanya makan dalam satu porsi maka anda bisa mengurangi sebanyak 1/4 porsi dan membuat anda makan dengan porsi 3/4. Ingat kembali jangan lakukan dengan tergesa-gesa dan membuat anda menjadi makan dalam porsi yang hanya 1/2 saja. Hal ini akan cenderung menyiksa tubuh anda dan membuat hasrat lapar semakin menjadi. Untuk itu, makanlah dengan porsi yang kecil dan lakukan dengan perlahan.

Nikmati Setiap Gigitannya

Hindari makan sambil lalu alias makan sambil melakukan kegiatan yang lain atau terburu-buru. Ketika anda makan sambil melakukan kegiatan yang lain disatu waktu yang sama maka otak anda akan mengasosiasikan keduanya. Akibatnya, ketidak fokusan anda sewaktu menyantap makanan malah membuat anda sulit untuk merasa kenyang. Untuk itu, hindari makan dengan melakukan kegiatan lainnya.

Lebih baik nikmati setiap gigitan dari makanan yang anda konsumsi. Dengan begini maka otak anda akan dapat menikmati makanan dan mengenali perasaan kenyang dan puas dalam tubuh sehingga anda akan dapat berhenti pada waktunya.

Selain itu, aturlah timer dan mulailah dengan mencari tahu seberapa cepat anda makan. Anda akan kaget mengetahui sarapan dan makan siang anda yang hanya membutuhkan waktu antara 5 sampai dengan 10 menit. Nah, hal ini diharapkan membuat anda menjadi lebih teliti dalam makan, aturlah waktu makan anda dan lakukan dengan perlahan. Otak anda akan membutuhkan sedikitnya 10 menit untuk menyadari bahwa perut anda sudah kenyang. Untuk itulah, jangan tunggu waktu berhenti makan anda sampai perut terasa penuh.

Gunakan Piring dan Peralatan Makan yang Lebih Kecil

Sebuah penelitian menunjukan bawa mengunakan piring mangkuk dan peralatan makan dengan ukuran yang lebih besar akan cenderung membuat seseorang makan dalam jumlah yang lebih banyak. Sepertinya halnya pada saat melukis, ketika anda melihat hamparan kanvas yang besar maka anda akan cenderung ingin membuat lukisan yang besar dan memnuhinya dengan warna yang anda inginkan.

Untuk itu, cobalah mengganti peralatan makan anda dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini akan memungkinkan anda untuk dapat makan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan baisanya. Selain itu, jangan sungkan untuk membawa perlengkapan makan anda, terutama mangkuk atau piring kemanapun anda pergi. Tentunya anda bisa memilih peralatan makan yang memang mudah untuk dibawah kemana-mana, seperti menggunakan tupperware dan peralatan lainnya.

Ketahui Apa Makanan Favorit Anda

Anda dan kita semua tentu memiliki satu atau beberapa jenis makanan favorit yang tidak dapat kita tolak atau hindari godaannya. Ketika anda dihadapkan pada makanan kesukaan anda maka akan cukup sulit umumnya untuk anda dapat menahan godaan untuk tidak mengkonsumsinya. Untuk itu, dengan menuliskan segala jenis makanan kesukaan anda maka anda diharapkan untuk dapat menghindari perjumpaan pada jenis makanan tersebut. Seperti misalkan ketika anda suka sekali dengan kue dan coklat maka hindari mengunjungi bakery atau kafe.

Mengenyangkan Perut dengan Protein

Protein memegang peranan yang cukup penting untuk mengatur asupan makanan dan nafsu makan seseorang. Protein akan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang karena zat ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh perut. Untuk itu, dalam rangka menekan porsi maka anda maka sebaiknya asupi kebutuhan protein dalam tubuh dengan lebih baik. Adapun beberapa asupan protein bisa anda dapatkan dari telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Santap Sarapan Anda

Banyak orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan memiliki anggapan yang keliru. Mereka menganggap bahwa dengan melewatkan mengkonsumsi sarapan akan dapat membuat mereka cepat langsing, termasuk dengan melewatkan sarapan. Namun tidaklah demikian, hal tersebut tentu saja keliru besar.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang rutin menyantap sarapan di awal harinya memiliki indeks masa tubuh yang lebih rendah dan mengkonsumsi total kalori yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Untuk itu, mulai saat ini jangan lewatkan jam makan penting ini dan awali dengan porsi yang kecil untuk menghindarkan anda dari kegemukan.

Itulah dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi porsi makan anda dengan cara yang cerdas dan pintar. Semoga beberapa cara diatas akan membantu anda dalam menekan nafsu makan anda sehingga anda makan dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya.

Loading...