data-ad-format="auto"

Tips dan Cara Cepat Hamil

Kategori yang berisi tips, cara dan solusi agar cepat hamil. Bermanfaat bagi anda yang mendambakan atau ingin segera mewujudkan kahamilan.

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Banyak pasangan yang sudah menikah kecewa karena keinginannya untuk memiliki anak tidak segera terwujud.

Untuk sebagian orang kehamilan bisa dengan mudah terjadi, namun tidak sedikit pula pasangan yang sulit untuk mendapatkannya. Apabila anda salah satunya, maka selain pergi ke dokter untuk memeriksa kesuburan, anda juga bisa melakukan upaya untuk cepat hamil setelah haid.

Bagi anda yang ingin cepat hamil, memperhatikan siklus haid adalah salah satu hal penting, karena hal ini akan menyangkut kesuburan yang akan menunjang proses kehamilan.

Cara cepat hamil setelah haid bisa menjadi petunjuk bagi anda yang ingin segera hamil. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan guna mendapatkan buah hati seperti berikut.

CARA CEPAT HAMIL SETELAH HAID

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Tidak Menggunakan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi memiliki fungsi untuk menghambat atau menunda kehamilan. Namun, apabila anda menginginkan kehamilan maka sebaiknya anda jangan menggunakan alat kontrasepsi apapun. Dimana hal ini dimaksudkan agar rahim dan organ tubuh yang lainnya siap menerima kehamilan.

Perhatikan Sikluas Haid

Selain cara di atas, anda harus menandai siklus haid sebagai perkiraan ovulasi. Kemudian, anda bisa menghitung hari dalam siklus haid anda. Mulai dari hari pertama sampai akhir siklus. Masa subur wanita yaitu setelah 14 hari pertama mengalami haid terakhir, apabila siklus haid anda selama 28 hari. Untuk mendapatkan hasil terbaik, setiap 48 jam selama 4-5 hari pada hari ke 14 setelah haid pertama anda bisa melakukan hubungan intim.

Periksa Lendir Serviks

Selain memperhatikan siklus haid, anda juga harus memperhatikan perubahan lendir serviks setelah siklus haid. Namun, anda harus memperhatikan bahwa siklus haid anda teratur. Pada hari ke 12-16 setelah haid terakhir, biasanya sekresi terlihat layaknya putih telur yang masih mentah. Nah, dalam kondisi seperti itu anda bisa melakukan hubungan intim agar cepat hamil.

Termometer Digital

Selain memeriksa lendir serviks, anda juga bisa  menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu tubuh basal anda. Waktu yang tepat untuk memeriksa suhu tubuh yaitu pada pagi hari setelah siklus haid terakhir. Apabila pada saat itu terlihat adanya peningkatan suhu basal, maka itu merupakan waktu untuk berhubungan intim. Selain itu, cara agar cepat hamil setelah haid yaitu dengan menghitung siklus menstruasi anda sendiri. Biasanya siklus menstruasi normal yaitu 25 sampai 35 hari. Wanita akan mengalami menstruasi biasanya selama 7 hari atau satu minggu.

Selain hal di atas, anda juga perlu mempersiapkan kehamilan dengan hal berikut ini.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Ketika anda berencana untuk melakukan program hamil atau menginginkan kehamilan, maka tubuh anda harus siap untuk itu semua. Sangat penting bagi anda untuk memenuhi nutrisi calon buah hati kelak. Nutrisi yang cukup ini pun akan memenuhi gizi serta menjaga ketika sedang pembuahan, serta ketika pembentukan janin. Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan tertentu seperti buah, sayur, daging yag mengandung rendah lemak dan nutrisi lainnya.

Hindari Stress

Ketika anda menunggu tiba saatnya waktu kehamilan, maka anda harus menghindari stress. Ketika seorang wanita dalam keadaan stress atau emosi, maka tingkat hormonalnya menjadi tidak seimbang. Dimana hal ini dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh serta proses tumbuh kembang janin. Awal kehamilan merupakan masa yang paling rentan karena bayi dalam proses pembentukan. Oleh sebab itu, guna cepat hamil dan mendapatkan kehamian sehat, maka sebaiknya anda harus bisa menghindari stress dan mengontrol emosi.

Jalani Hidup dengan Bahagia

Tanpa disadari ketika seseorang mejalani hidup dengan bahagia, tanpa adanya pikiran apapun yang mengganjal, maka sistem metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar dan lebih baik. Apabila sistem metabolisme tubuh menjadi normal, maka proses pembentukan buah hati akan jauh lebih baik.

Apabila anda menginginkan kehamilan, maka anda harus memastikan bahwa tubuh anda benar-benar siap. Dengan adanya cara cepat hamil setelah haid, diharapkan dapat membantu anda dalam mempersiapkan tubuh untuk menghadapi kehamilan. Semoga bermanfaat.

Solusi Cepat Hamil Untuk Wanita dengan Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Agar cepat hamil seorang wanita seharusnya mengetahui kapan masa subur tubuhnya.

Namun, ada beberapa orang wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Dimana untuk wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur biasanya akan memiliki kesulitan dalam menentukan masa subur, sehingga dengan begitu tidak bisa menentukan waktu yang tepat atau kapan untuk melakukan hubungan intim agar bisa cepat hamil.

Penyebab siklus menstruasi tidak teratur bisa terjadi karena dua hal. Dimana yang pertama yaitu, kondisi siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau bahkan lebih hingga 36 hari. Yang kedua, yaitu siklus menstruasi tidak bisa diprediksi, kadang-kadang datang 28 hari, 40 hari atau bahkan sampai 2 bulan.

CARA CEPAT HAMIL UNTUK WANITA SIKLUS MENSTRUASI TIDAK TERATUR

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Terlalu Stress

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur yaitu keadaan stress. Ketika seseorang mengalami stress, maka produksi hormon di dalam tubuh akan mengalami gangguan.

Adanya Masalah Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur produksi hormon di dalam tubuh. Ketika kelenjar tiroid ini mengalami masalah di dalam tubuh, maka produksi hormon pun akan menjadi terganggu, termasuk siklus haid.

Obat-Obatan Tertentu

Beberapa jenis obat tertentu dapat mempengaruhi siklus haid.

Olahraga Terlalu Berat dan Sering

Olahraga terlalu berat dan terlalu sering bisa menjadi penyebab siklus haid menjadi tidak teratur. Untuk itu, akan lebih baiknya apabila anda melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh anda. Jangan terlalu dipaksakan.

Siklus mentsruasi tidak teratur akan sangat berpengaruh terhadap peluang kehamilan. Untuk itu, ada beberapa solusi yang harus anda ketahui agar cepat hamil meskipun siklus menstruasi tidak teratur seperti berikut ini.

Solusi Cepat Hamil Untuk Wanita dengan Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Berat Badan Ideal

Orang yang kekurangan berat badan atau terlalu kurus biasanya memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Bahkan ada beberapa kasus yang tidak menstruasi sama sekali. Itu artinya ovarium tidak pernah berovulasi atau mengeluarkan sel telur. Oleh sebab itu, apabila anda ingin cepat hamil meskipun siklus menstruasi tidak teratur, anda harus memiliki berat badan ideal, tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk.

Makan Teratur

Konsumsi makanan sehat dengan teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi atau kestabilan tubuh. Apabila kondisi tubuh anda tidak fit, maka kemungkinan anda untuk hamil sangat kecil. Bahkan jika kehamilan terjadi, maka akan membahayakan anda dan janin yang nantinya dikandung. Untuk itu, mulai dari sekarang anda bisa konsumsi makanan sehat dengan teratur. Jika olahraga terlalu berat dan sering dapat mempengaruhi siklus menstruasi, maka sebagai upaya untuk cepat hamil anda bisa melakukan olahraga ringan. Anda bisa melakukan ini bersama dengan pasangan anda, karena kualitas sperma pasangan anda pun harus dijaga.

Ketahui Masa Subur dengan Termometer dan Ovulation Kit

Karena anda memiliki siklus menstruasi tidak teratur, maka anda harus tahu kapan masa subur tubuh anda. Caranya yaitu dengan mengukur suhu tubuh dan periksa cairan mukus. Untuk itu, anda memerlukan sebuah alat bernama ovulation kit. Namun, apabila alat tersebut tidak ditemukan anda bisa datang dan menemui dokter.

Hindari Stres

Jika siklus menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh stres, maka biasanya tubuh akan terasa lebih lelah dan mudah sakit. Sehingga dengan begitu akan mempengaruhi siklus mentruasi. Agar cepat hamil, maka anda harus mengatasi penyebab stress agar kembali normal seperti sedia kala. Anda bisa meminta bantuan pada psikolog untuk membantu mengatasi stres atau depresi yang anda alami.

Demikian beberapa solusi atau tips cepat hamil bagi anda yang memiliki siklus haid tidak teratur. Jangan berkecil hati dan mengeluh, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk hamil. Terus berdo’a dan tetap berusaha. Semoga bermanfaat.

6 Tips Agar Cepat Hamil Setelah KB Implan

Program KB memiliki tujuan untuk menunda kehamilan atau memberi jarak pada kehamilan berikutnya.

KB implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang biasanya banyak digunakan. Kelebihan dari KB implan yaitu lebih sederhana serta persentase mencegah kehamilan sangat tinggi.

KB implan mengandung salah satu hormon yang dapat mencegah indung telur untuk melepaskan sel telur yang dihasilkan, serta berfungsi untuk mempertebal mukus yang ada pada dinding mulut rahim, sehingga dengan begitu sperma akan sulit untuk masuk ke dalam rahim. Selain itu, hormon yang satu ini pun berfungsi dalam menjaga agar rahim tetap tipis, sehingga telur yang sudah berhasil dibuahi akan sulit untuk menempel pada dinding rahim.

Setelah menggunakan KB implan, tidak jarang wanita memutuskan untuk melepaskannya guna mendapatkan kehamilan.  Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar cepat hamil setelah melepaskan KB implan seperti di bawah ini.

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KB IMPLAN1

6 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Implan

1. Istirahatkan Tubuh

Jika anda ingin segera hamil setelah melepaskan KB implan, maka tubuh anda harus atau perlu menyesuaikan diri terlebih dahulu dari pengendalian hormon tertentu. Ketika anda menggunakan alat kontrasepsi bentuk hormonal seperti KB implan, maka kelenjar yang menghasilkan hormon kehamilan atau endokrin akan ditekan. Dimana hal ini harus anda pulihkan, agar kelenjar bisa berfungsi dengan baik. Apabila kelenjar ini mampu bekerja dengan baik, maka kehamilan yang anda inginkan akan cepat didapatkan. Proses istirahat ini memerlukan waktu sekitar 1-3 bulan.

2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu cara agar cepat hamil setelah anda melepaskan KB implan. Untuk menjaga kebugaran tubuh, anda bisa melakukan olahraga dengan teratur. Ketika anda berolahraga, maka metabolisme tubuh anda akan menjadi lebih lancar. Dengan melakukan jalan kaki  dapat melancarkan kelenjar endokrin kembali. Berolahraga secara teratur akan membantu kesehatan ibu dan rahim.

Tidak hanya melakukan olahraga saja, anda juga bisa beristirahat secara total agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Karena ada beberapa wanita yang memerlukan istirahat total dalam mempersiapkan rahim untuk pembuahan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mempercepat kehamilan, anda harus mengkonsumsi makanan sehat. Ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang baik, maka proses metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik. Adanya nutrisi yang baik merupakan salah satu proses persiapan untuk pembuahan kelak. Makanan yang baik dikonsumsi yaitu makanan yang mengandung AHA, DHA, omega 3 dan lain sebagainya. Makanan tersebut bisa anda peroleh dari sayuran, buah-buahan, daging rendah lemak, ikan dan lain sebagainya.

4. Hindari Stress

Untuk mendapatkan kehamilan yang baik dengan tetap menjaga metabolisme tubuh agar tetap fit yaitu salah satunya dengan menghindari stress. Ketika seseorang dalam keadaan stress, maka sistem metabolisme tubuhnya akan menjadi kacau. Sehingga dengan begitu keinginan untuk cepat hamil akan sulit.

5. Konsumsi Suplemen Penyubur

Anda bisa mendukung upaya agar cepat hamil dengan mengkonsumsi suplemen penyubur kandungan. Namun, dalam hal ini anda harus berkonsultasi terlebih dahulu. Jangan sampai anda mengkonsumsinya tanpa ada resep atau anjuran dari dokter.

6. Melakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Anda harus bisa mengetahui kapan masa subur tubuh anda. Dimana ketika masa itulah anda bisa melakukan hubungan intim. Karena berhubungan pada masa itu akan mempercepat proses pembuahan.

Itulah beberapa cara agar cepat hamil setelah lepas KB implan. Tetap berusaha dan jangan menyerah karena kesempatan untuk hamil selalu terbuka. Semoga bermanfaat.

4 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Memakai KB Pil

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai jenis KB yang bisa digunakan untuk menghambat kehamilan.

Dimana salah satunya yaitu dengan KB Pil. Bagi mereka yang ingin agar cepat hamil setelah KB pil biasanya tidak ditemukan kesulitan. Berbeda halnya dengan KB suntik yang difungsikan untuk menurunkan tingkat kesuburan hormon, dimana KB pil justru akan bekerja pada sel telur. Ketika menggunakan pil KB, maka sel telur akan dicegah kematangannya untuk menunda kehamilan.

Dengan cara kerja seperti ini, anda jangan merasa khawatir dalam merencanakan kehamilan. Karena tubuh anda akan kembali normal. Klik di sini: Tanda Orang Hamil

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KONSUMSI KB PIL

Berikut ini tips agar cepat hamil setelah KB pil.

1. Tuntaskan Sisa Pil

Berdasarkan penelitian, kesuburan wanita yang menggunakan kontrasepsi pil KB akan kembali seperti sediakala sebelum ia mengkonsumsi pil tersebut. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengembalikan tingkat kesuburan, yang mana kesuburan bisa kembali didapatkan setelah mengkonsumsi pil. Setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, anda bisa segera berovulasi sesuai dengan siklus yang selama ini anda alami.

Apabila anda merencanakan kehamilan setelah melepas pil KB, maka disarankan untuk menuntaskan sisa pil yang masih tersisa. Dimana tujuan menuntaskan konsumi pil KB ini yaitu untuk memastikan bahwa kehamilan anda akan berjalan dengan cepat pada waktu sesuai yang anda inginkan. Meskipun anda menuntaskan sisa pil KB tersebut, tetapi kesuburan anda tidak akan terganggu. Setelah itu, anda bisa merencanakan program kehamilan bersama pasangan anda.

2. Jeda 1-2 Siklus Haid

Apabila anda ingin cepat hamil setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, maka anda bisa memberikan jeda waktu. Sangat dianjurkan bagi mereka untuk memberikan jeda satu sampai dua siklus haid setelah berhenti mengkonsumsi pil KB sebelum akhirnya merencanakan program hamil. Yang mana pemberian jeda ini bertujuan untuk membuat kehamilan lebih terencana dan tepat pada waktunya.

3. Siapkan Diri untuk Program Kehamilan

Meskipun faktanya banyak wanita yang menggunakan KB pil tidak kesulitan untuk menjalani kembali program hamil, tapi tidak sedikit pula wanita yang sulit hamil setelah berhenti mengkonsumsi pil KB. Namun, anda jangan pernah menyalahkan alat kontrasepsi yang anda pilih tersebut. Karena bisa saja sulit hamil disebabkan karena ada gangguan pada sperma dan sel telur atau mungkin saja karena kondisi badan anda yang tidak prima utuk menjalankan program kehamilan. Untuk itu, anda harus menyiapkan diri anda selama menjalankan progam kehamilan.

Selain itu, anda juga harus menjaga pola makan. Usahakan konsumsi makanan sehat, serta kurangi porsi nasi dan perbanyak porsi buah serta sayuran. Selain itu, kebutuhan protein pun harus dipenuhi. Untuk memperlancar proses metabolisme atau siklus kesuburan, jangan lupa untuk melakukan olahraga.

Anda juga harus menyiapkan mental anda dengan selalu berpikir positif. Karena tubuh yang siap secara fisik maupun mental mampu meningkatkan peluang keberhasilan program hamil yang anda jalankan.

4. Konsultasi dengan Dokter

Setelah berhenti mengkonsumsi pil KB, dan untuk menjalankan program hamil maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, anda juga bisa memeriksa kesuburan tubuh anda, sehingga diperoleh waktu yang tepat untuk merencanakan program kehamilan. Selain itu, dengan berkonsultasi atau memeriksa diri ke dokter, anda juga bisa bertanya cara cepat hamil yang paling tepat setelah KB pil, sehingga peluang anda untuk bisa hamil lagi cukup  besar.

Itulah beberapa tips cepat hamil setelah berhenti konsumsi pil KB. Tips di atas harus diiringi dengan kesabaran dan do’a agar keinginan anda bisa terwujud. Semoga bermanfaat.

6 Tips Agar Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Wanita memiliki takdir untuk hamil dan melahirkan. Namun banyak wanita yang sudah menikah atau yang telah memiliki anak pertama memutuskan untuk memakai KB dengan alasan untuk menunda kehamilan pertama atau anak keduanya.

Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang biasanya digunakan untuk menunda kehamilan.

KB suntik merupakan alat kontrasepsi dengan model injeski, yang mana di dalamnya mengandung zat hormon yang memiliki tingkat pelepasan lamban ke dalam darah. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan pengaruh atau efeknya pun memerlukan waktu yang cukup lama, sampai pengaruhnya benar-benar bersih atau hilang, serta tingkat kesuburan kembali normal seperti sediakala seperti sebelum menggunakan kontrasepsi.

Setelah melepaskan KB suntik, pada umumnya ovulasi akan kembali normal setelah 3 bulan. Namun, meskipun begitu kondisi antara  wanita yang satu dan yang lainnya memiliki perbedaan, bisa dalam waktu 6 sampai 8 bulan atau bahkan 2 tahun setelah KB suntik tersebut dihentikan, namun kondisi yang terakhir ini masih jarang terjadi dan terjadi hanya pada beberapa kasus saja.

Dalam kondisi seperti ini, sebenarnya pola menstruasi sudah kembali normal, bahkan mungkin efek atau pengaruh kontrasepsi sudah hilang di dalam tubuh. Sementara bagi anda yang ingin agar cepat hamil lagi, ada beberapa hal yang perlu anda cermati seperti di bawah ini.

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KB SUNTIK

6 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Suntik

1. Hindari Stress

Cara cepat hamil setelah suntik KB yang paling utama yaitu dengan mengembalikan keseimbangan hormon, sehingga dengan begitu kesuburan alami pada wanita akan kembali normal. Menghindari stress merupakan salah satu cara untuk mengembalikan keseimbangan hormon. Apabila hormon tidak seimbang, maka akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur, sehingga dengan begitu akan berdampak pada tingkat kesuburan.

2. Perhatikan Frekuensi Berhubungan Intim

Untuk mendapatkan keturunan, idealnya pasangan melakukan hubungan intim sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu minggu dan ketika masa subur berlangsung. Semakin sering frekuensi berhubungan, maka peluang agar terjadi pembuahan pun semakin besar.

3. Kesuburan Suami

Salah satu hal yang paling penting agar terjadi proses pembuahan yaitu tingkat kesuburan suami. Dimana tingkat kesuburan suami bisa diketahui dengan menganalisa sperma. Untuk mengetahui hasilnya yang lebih pasti, maka anda bisa melakukan pengcekan langsung dengan dokter spesialis.

4. Ovulasi

Apabila siklus menstruasi anda teratur, maka mengcek ovulasi akan menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukan atau mengcek ovulasi menjelang pertengahan siklus menstruasi dengan menggunakan berbagai macam cara. Dimana cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan alat tes ovulasi strip test.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Jika anda ingin cepat hamil setelah melepas KB suntik, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan rubah pola makan anda. Sebisa mungkin anda harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu, seperti makanan cepat saji atau makanan olahan. Istrihat dengan baik dan cukup juga bisa membantu dalam meningkatkan peluang anda untuk bisa hamil lagi.

6. Menjaga Kebugaran Tubuh

Kesehatan atau kebugaran tubuh bisa anda dapatkan dari asupan gizi yang seimbang. Tidak hanya itu, melakukan kegiatan fisik atau olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap fit. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin penyubur kandungan. Namun, dalam hal ini sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah beberapa tips dan cara cepat hamil setelah KB suntik. Tetap berusaha dan berdo’a. Semoga bermanfaat.

Solusi Cepat Hamil Setelah Mengalami Keguguran

Semua wanita tentunya menginginkan kehamilan yang sehat. Namun, justru ada beberapa wanita yang harus menerima pukulan yang sangat berat, dimana kehamilan yang didambakannya tersebut mengalami masalah atau keguguran.

Ada banyak penyebab terjadinya keguguran pada ibu hamil, meskipun penyebab pastinya belum ditemukan.

Namun, jika keguguran terjadi pada trimester pertama atau tiga bulan pertama, biasanya penyebab keguguran tersebut yaitu karena adanya masalah pada janin di dalam kandungan. Tapi apabila keguguran terjadi pada trimester kedua, penyebab biasanya dikarenakan masalah kesehatan ibu yang mengandung. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak penyebab keguguran di bawah ini.

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KEGUGURAN

Penyebab Keguguran Trimester Pertama

Adanya Masalah Kromosom

Maslaah kromosom janin merupakan masalah yang banyak menyebabkan keguguran pada trimester pertama.

Kromosom itu sendiri merupakan blok DNA yang di dalamnya berisi intruksi yang berfungsi untuk mengontrol berbagai faktor, termasuk mata, warna kulit, rambut dan semua bagian tubuh yang lainnya.

Adanya kesalahan bisa saja terjadi ketika konsepsi, sehingga janin akan menerima terlalu banyak atau kurangnya kromosom. Akibatnya janin tidak bisa berkembang secara normal, sehingga dengan begitu terjadilah keguguran.

Masalah Plasenta

  1. Plasenta merupakan organ suplai yang menghubungkan ibu dengan janin. Untuk itulah, masalah pada plasenta bisa menyebabkan keguguran janin yang dikandung.
  2. Namun, selain penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran ketika hamil muda seperti di bawah ini.
  3. Faktor usia ibu, biasanya semakin tua usia ibu maka resiko kegugurannya akan semakin besar
  4. Kegemukan
  5. Kebiasaan merokok ketika hamil
  6. Penyalahgunaan obat selama kehamilan
  7. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
  8. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Penyebab Keguguran Pada Trimester Kedua

Penyakit Kronis

Pada trimester kedua, kondisi medis atau penyakit jangka panjang bisa menyebabkan atau meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keguguran yaitu:

  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes atau kencing manis
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit lupus
  • Penyakit celiac
  • Hipo dan hiper tiroid

Infeksi

Beberapa infeksi juga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil trimester kedua.

  • Rubella atau campak Jerman
  • Sipilis Malaria
  • Toksoplasmosis
  • Gonorea (GO)
  • Sitomegalovirus
  • Vaginosis bakteri
  • HIV
  • Klamidia

Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat meningkatkan resiko keguguran. Beberapa obat-obatan yang dimaksud yaitu:

  • Retinoid, obat eksim dan jerawat
  • Misoprostal, abat rheumatoid arthritis
  • Metotreksat, obat rheumatoid arthritis
  • Obat anti inflamasi non-steroid, obat anti nyeri dan peradangan

Jika anda ingin memastikan apakah obat tersebut aman untuk kehamilan, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter, apoteker ataupun bidan sebelum anda mengkonsumsinya.

Lemah Serviks

Dalam keadaan tertentu otot leher rahim atau serviks lebih lemah dibandingkan dengan biasanya. Yang mana hal ini biasa dikenal dengan inkompetensi serviks. Hal ini biasanya terjadi karena adanya prosedur bedah sebelumnya atau cedera.

Kelemahan otot ini akan membuat leher rahim terbuka terlalu dini selama kehamilan, sehingga dengan begitu menyebabkan isi rahim mudah keluar.

Struktur Rahim

Masalah atau kelainan pada rahim juga dapat menjadi penyebab keguguran pada trimester kedua. Cotohnya yaitu, pertumbuhan abnormal non-kanker yang biasanya disebut dengan fibroid atau rahim berbentuk tidak normal.

Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ini merupakan suatu keadaan dimana ovarium lebih besar dari ukuran normal. Hal ini akan membuat hormon yang ada di dalam rahim menjadi tidak seimbang.

Bahkan sindrom ini dikenal sebagai penyebab utama kemandulan atau ketidaksuburan. Namun, ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa hal ini juga mampu menyebabkan keguguran meskipun perannya tidak jelas.

Setelah mengalami keguguran tentunya sedih akan dirasakan oleh setiap wanita. Namun, meski begitu jangan biarkan kesedihan tersebut menyelimuti hidup anda. Karena kesempatan untuk memiliki kembali seorang anak masih ada dan terbuka.

Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar ingin kembali mengandung setelah mengalami keguguran jangan merasa khawatir, karena ada beberapa tips cepat hamil lagi setelah mengalami keguguran seperti di bawah ini.

Tips Cepat Hamil Setelah Mengalami Keguguran

Konsumsi Makanan Penyubur Kandungan

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat menyuburkan kandungan. Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Makanan penyubur kandungan di antaranya yaitu, ikan, daging rendah lemak, tumbuhan berprotein seperti misalkan kacang dan biji-bijian, makanan mengandung zinc, produk susu, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan lain sebagainya.

Rutin Berolahraga

Seperti yang kita ketahui, kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesempatan seseorang agar cepat hamil. Namun, justru olahraga yang terlalu berlebihan memiliki efek buruk yakni membuat tubuh tidak berovulasi.

Untuk itu, demi membantu mempercepat kehamilan seseorang disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Beberapa olahraga yang disarankan yaitu, berjalan cepat selama kurang lebih setenga jam. Anda bisa melakukan olahraga ini sebanyak lima kali dalam satu minggu.

Hindari Stres

Stres memiliki dampak buruk untuk kesehatan serta dapat menghambat kehamilan. Stres mampu merusak cara kerja serta keseimbangan hormon yang memiliki tugas untuk mengontrol ovarium dalam melepas sel telur. Sehingga dengan begitu ovulasi akan menjadi terlambat atau tidak akan terjadi sama sekali. Padahal cara agar cepat hamil lagi yaitu berhubungan intim ketika masa ovulasi.

Demi hamil lagi, anda bisa menghindari stres. Caranya yaitu, cari kegiatan yang dapat membuat tubuh dan pikiran anda rileks.

Hindari Minuman Berkafein

Berdasarkan penelitian, kafein dapat menghambat seseorang untuk hamil. Meskpun penelitian tersebut masih belum terbukti dengan sepenuhnya, namun tidak ada salahnya apabila anda menghindari minuman yang mengandung kafein. Beberapa contoh minuman berkafein yaitu, teh, kopi, minuman bersoda dan minuman penambah energi.

Hindari Rokok, Alkohol dan Narkoba

Rokok, alkohol dan narkoba tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, demi keinginan anda untuk hamil lagi segera terwujud, maka anda bisa menghindari kebiasaan yang tidak sehat ini.

Melakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Waktu yang sangat tepat untuk melakukan hubungan intim agar cepat hamil yaitu ketika masa subur. Namun, anda juga bisa melakukan hubungan intim sebelum masa subur. Hal ini disebabkan karena sperma dapat hidup di dalam tubuh wanita selama seminggu. Untuk itu, sangat penting bagi anda mengetahui masa subur. Cara mengetahui masa subur yaitu dengan cek lendir serviks, mengukur suhu basal tubuh atau memperhatikan siklus menstruasi.

Konsumsi Obat-Obatan Khusus

Setelah keguguran, mungkin dokter akan memberikan obat khusus agar anda bisa cepat hamil lagi. Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan resep dari dokter.

Periksa Diri

Selain tips-tips di atas, anda juga perlu memeriksa diri ke dokter kandungan. Dokter pada saat itu bisa memeriksa kondisi anda dan melakukan perawatan apabila anda mengidap kondisi tertentu yang membuat anda sulit hamil.

Itulah beberapa tips cara cepat hamil setelah mengalami keguguran. Selalu berusaha dan berdo’a agar kehamilan yang anda dambakan bisa terwujud. Semoga bermanfaat.

3 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Spiral

Pemerintah sudah mencanangkan program keluarga berencana sejak akhir tahun 70-an. Yang mana program ini memiliki tujuan untuk membentuk keluarga yang sejahtera dan sehat dengan membatasi kelahiran anak menjadi dua anak saja di dalam satu keluarga.

Nah, untuk mendukung program keluarga berencana tersebut, pada akhirnya muncul beberapa pilihan alat KB atau kontrasepsi. Dimana di salah satunya yaitu KB spiral. KB spiral dinilai sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

KB spiral atau biasanya disebut dengan  intrauterine device (IUD) merupakan salah satu alat kontrasepsi yang berbahan dasar plastik yang mana bentuknya menyerupai huruf T. Alat yang satu ini dimasukan ke dalam rahim wanita.

Namun, setelah beberapa lama dan dirasa cukup untuk memiliki anak lagi, tidak sedikit wanita yang memutuskan untuk melepas KB spiral. Banyak wanita yang bertanya, "apakah bisa cepat hamil setelah melepaskan KB spiral?". Pada dasarnya setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi memiliki pengaruh atau efek yang berbeda pada kondisi hormonal. Yang mana periode menstruasi dan tingkat kesuburan tergantung pada jenis kontrasepsi itu sendiri.

Spiral merupakan salah satu alat KB yang tidak mengganggu siklus mensturasi atau tingkat kesuburan seseorang. Setelah alat spiral tersebut dilepas, seharusnya tubuh tidak memiliki banyak waktu untuk mengembalikan kesuburan.

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KB SPIRAL

Ada beberapa tips cepat hamil setelah melepas KB spiral. Berikut ini tips yang bisa anda simak.

Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Spiral

1. Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang harus anda lakukan apabila ingi cepat hamil setelah melepaskan KB spiral yaitu berkonsultasi dengan dokter.

Anda bisa menemui dokter bahwa anda siap untuk melepas spiral dan siap untuk hamil lagi. Sehingga dengan begitu dokter akan memberikan saran serta memberikan informasi kepada anda tentang rata-rata waktu yang dibutuhkan agar bisa hamil setelah melepaskan KB spiral.

Selain itu, dokter juga mungkin akan membahas lebih rinci tentang efek samping yang mempengaruhi peluang anda untuk bisa hamil lagi, namun meskipun begitu sangat jarang ditemukan efek yang membahayakan.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Setelah anda melepaskan spiral, maka cobalah untuk merawat kesehatan tubuh anda sendiri. Jika sebelumnya anda tidak menerapkan pola hidup sehat, maka untuk sekarang ini anda bisa meninggalkan kebiasaan buruk dan mulai hidup sehat agar tubuh anda lebih siap untuk menerima kehamilan.

Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, mengkonsumsi vitamin prenatal dan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan berhenti mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tubuh anda mendapatkan cukup olahraga.

Menghindari stres juga akan memperbesar peluang anda untuk cepat hamil lagi.

3. Berovulasi Normal

Jika anda ingin agar cepat hamil setelah melepaskan KB sipral, maka anda harus memastikan bahwa tubuh anda masih bisa berovulasi dengan normal tanpa adanya masalah. Untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan alat pendeteksi ovulasi, jika tidak anda juga bisa membuat catatan grafik mengenai suhu basal tubuh anda atau dengan melacak lendir serviks.

Membutuhkan beberapa saat agar anda bisa hamil lagi setelah melepas KB spiral. Namun, anda jangan merasa khawatir karena tidak ada bukti yang menunjukan bahwa spiral dapat mempengaruhi kesuburan seseorang, meskipun terkadang memerlukan waktu bagi tubuh untuk kembali pada keadaan normal seperti sedia kala. Untuk itu, anda harus mempelajari kapan hari tersubur, anda juga bisa menjadwalkan untuk melakukan hubungan intim pada waktu tersebut. Selain itu, anda juga harus tetap berpikir positif dan tetap bersabar. Semoga bermanfaat. Klik di sini---> Tanda orang hamil

3 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Spiral

Pemerintah sudah mencanangkan program keluarga berencana sejak akhir tahun 70-an. Yang mana program ini memiliki tujuan untuk membentuk keluarga yang sejahtera dan sehat dengan membatasi kelahiran anak menjadi dua anak saja di dalam satu keluarga.

Nah, untuk mendukung program keluarga berencana tersebut, pada akhirnya muncul beberapa pilihan alat KB atau kontrasepsi. Dimana di salah satunya yaitu KB spiral. KB spiral dinilai sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

KB spiral atau biasanya disebut dengan  intrauterine device (IUD) merupakan salah satu alat kontrasepsi yang berbahan dasar plastik yang mana bentuknya menyerupai huruf T. Alat yang satu ini dimasukan ke dalam rahim wanita.

Namun, setelah beberapa lama dan dirasa cukup untuk memiliki anak lagi, tidak sedikit wanita yang memutuskan untuk melepas KB spiral. Banyak wanita yang bertanya, "apakah bisa cepat hamil setelah melepaskan KB spiral?". Pada dasarnya setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi memiliki pengaruh atau efek yang berbeda pada kondisi hormonal. Yang mana periode menstruasi dan tingkat kesuburan tergantung pada jenis kontrasepsi itu sendiri.

Spiral merupakan salah satu alat KB yang tidak mengganggu siklus mensturasi atau tingkat kesuburan seseorang. Setelah alat spiral tersebut dilepas, seharusnya tubuh tidak memiliki banyak waktu untuk mengembalikan kesuburan.

Ada beberapa tips cepat hamil setelah melepas KB spiral. Berikut ini tips yang bisa anda simak.

Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Spiral

Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang harus anda lakukan apabila ingi cepat hamil setelah melepaskan KB spiral yaitu berkonsultasi dengan dokter.

Anda bisa menemui dokter bahwa anda siap untuk melepas spiral dan siap untuk hamil lagi. Sehingga dengan begitu dokter akan memberikan saran serta memberikan informasi kepada anda tentang rata-rata waktu yang dibutuhkan agar bisa hamil setelah melepaskan KB spiral.

Selain itu, dokter juga mungkin akan membahas lebih rinci tentang efek samping yang mempengaruhi peluang anda untuk bisa hamil lagi, namun meskipun begitu sangat jarang ditemukan efek yang membahayakan.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Setelah anda melepaskan spiral, maka cobalah untuk merawat kesehatan tubuh anda sendiri. Jika sebelumnya anda tidak menerapkan pola hidup sehat, maka untuk sekarang ini anda bisa meninggalkan kebiasaan buruk dan mulai hidup sehat agar tubuh anda lebih siap untuk menerima kehamilan.

Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, mengkonsumsi vitamin prenatal dan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan berhenti mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tubuh anda mendapatkan cukup olahraga.

Menghindari stres juga akan memperbesar peluang anda untuk cepat hamil lagi.

Berovulasi Normal

Jika anda ingin cepat hamil setelah melepaskan KB sipral, maka anda harus memastikan bahwa tubuh anda masih bisa berovulasi dengan normal tanpa adanya masalah. Untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan alat pendeteksi ovulasi, jika tidak anda juga bisa membuat catatan grafik mengenai suhu basal tubuh anda atau dengan melacak lendir serviks.

Membutuhkan beberapa saat agar anda bisa hamil lagi setelah melepas KB spiral. Namun, anda jangan merasa khawatir karena tidak ada bukti yang menunjukan bahwa spiral dapat mempengaruhi kesuburan seseorang, meskipun terkadang memerlukan waktu bagi tubuh untuk kembali pada keadaan normal seperti sedia kala. Untuk itu, anda harus mempelajari kapan hari tersubur, anda juga bisa menjadwalkan untuk melakukan hubungan intim pada waktu tersebut. Selain itu, anda juga harus tetap berpikir positif dan tetap bersabar. Semoga bermanfaat.

Kenali Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Solusi Agar Cepat Hamil

Pada umumnya setelah menikah setiap pasangan suami istri mendambakan kehadiran buah hati yang akan melengkapi atau menyempurnakan kehidupannya.

Namun, tidak semua pasangan yang beruntung atau langsung hamil dalam waktu yang singkat. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang harus menunggu lama sampai bertahun-tahun. Meskipun pasangan sudah menerapkan pola hidup sehat, berhubungan intim pada waktu yang tepat, tetapi masih banyak yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kehamilannya. Baca juga: Tanda Orang Hamil

Ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi wanita sulit hamil. Lantas apa saja penyebabnya? Berikut penyebab wanita sulit hamil dan solusinya.

PENYEBAB SULIT HAMIL DAN SOLUSIANYA

Penyebab Wanita Sulit Hamil dan Solusinya

1. Menunda Kehamilan Terlalu Lama

Ketika seorang wanita sudah menikah, namun ia masih sibuk pada karir dan urusan lainnya, biasanya ia akan menunda kehamilannya. Namun, perlu anda ketahui, menunda kehamilan tidak akan selamanya menjadi solusi yang tepat. Usia 30 tahun ke atas adalah usia yang rawan untuk wanita yang belum hamil. Pada usia tersebut, wanita akan cenderung lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang lebih muda.

Jumlah sel telur wanita akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kualitas sel telur pun akan berkurang atau mengalami penurunan dibandingkan dengan kualitas sel telur pada wanita yang masih muda.

Nah, apabila anda memang memiliki rencana untuk memiliki anak, maka sangat disarankan apabila anda tidak menunda waktu kehamilan. Anda jangan menunda waktu kehamilan, karena hal tersebut akan berpengaruh pada usaha agar segera hamil.

2. Monopause dini

Monopause merupakan keadaan dimana wanita berhenti menstruasi. Seorang wanita akan mengalami monopause ketika usianya sudah lanjut. Namun, tahukah anda? Monopause juga bisa terjadi pada wanita yang usianya masih tergolong muda, yang mana disebut dengan monopause dini. Menstruasi pada wanita yang mengalami monopause dini biasanya akan berhenti  secara tiba-tiba pada usia kurang dari 40-an. Apabila seorang wanita sudah seperti ini, maka tidak akan ada lagi sel telur yang bisa dibuahi. Sehingga dengan begitu, apabila sperma tidak membuahi sel telur maka kehamilan pun tidak akan terjadi.

3. Gaya hidup tidak sehat

Gaya atau pola hidup tidak sehat ternyata dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita, terlebih lagi bagi wanita yang memiliki kebiasaan merokok dan minum minuman keras. Wanita karir yang biasa bekerja sampai larut malam serta biasa mengkonsumsi kafein termasuk salah satunya.

Agar anda bisa segera hamil, maka anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut. Mulai dari saat ini anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain makanan yang diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kebugaran tubuh anda. Dimana kebugaran tubuh bisa didapatkan dengan melakukan olahraga.

4. Aktivitas yang terlalu berat

Saat ini mungkin kita sering melihat banyak pria atau wanita yang bekerja atau melakukan aktivitas berat dengan melebihi kemampuan tubuhnya. Nah, untuk meningkatkan tenaga atau daya tahan tubuh biasanya tidak jarang mereka mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

Perlu diketahui, hal tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang sulit hamil. Meskipun melakukan olahraga sangat disarankan agar cepat hamil, tetapi justru olahraga secara berlebihan tidak baik dan akan membuat anda susah hamil.

Nah, bagi pria yang selalu berolahraga secara berlebihan akan menyebabkan sperma mati karena suhu internal testis meningkat terlalu tinggi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kejelasan porsi dalam melakukan olahraga atau aktivitas tertentu.

5. Kualitas sperma

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuburan. Ejakulasi bisa disebut normal apabila sperma yang dikeluarkan setidaknya mencapai 39 juta. Apabila sperma yang dikeluarkan kurang dari 20 juta ketika ejakulasi, maka sel telur yang bisa terbuahi kemungkinannya akan sangat kecil. Namun, seorang wanita bisa tetap hamil meskipun sperma yang dikeluarkan kurang dari 20 juta, namun untuk bisa hamil biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Solusi untuk cara cepat hamil tetap masih ada. Kuncinya yaitu terletak pada tiap-tiap pasangan itu sendiri dalam mencari jalan keluarnya dengan bertanya atau berkonsultasi pada ahlinya, serta selalu diiringi dengan do'a.

Ketahui Beberapa Latihan Olahraga Agar Cepat Hamil

Beberapa pasangan yang baru menikah biasanya tidak sabar untuk menimang anak.

Oleh sebab itu, direncanakan untuk melakukan prorgam hamil agar keinginan tersebut cepat terwujud. Ketika anda sedang melakukan program hamil, tentunya anda dianjurkan untuk merubah gaya hidup dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Selain itu, anda juga harus menerapkan pola makan untuk memaksimalkan peluang agar cepat hamil.

Namun, selain itu ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu anda hamil dengan cepat serta mewujudkan kehamilan yang sehat. Apabila tubuh anda sehat, maka akan lebih mudah untuk terjadinya pembuahan serta sekaligus bisa mengontrol berat badan anda. Yang mana berat badan merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan agar anda bisa cepat hamil. Klik di sini--->Tanda-tanda orang hamil

Berikut ini beberapa olahraga yang dapat membantu anda agar cepat hamil.

OLAHRAGA CEPAT HAMIL

Latihan Olahraga Agar Cepat Hamil

Ketika anda sedang menjalankan program hamil, maka anda harus melakukan latihan olahraga ringan guna menentukan terjadinya ovulasi. Olahraga prenatal sangat berbeda dengan olahraga yang anda lakukan untuk menunjang kebugaran dan kesehatan tubuh. Karena apabila tubuh terlalu mendapatkan banyak latihan justru akan menyebabkan keguguran.

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu latihan prenatal yang cukup efektif. Berjalan kaki merupakan salah satu latihan aerobik, yang mana memiliki dampak ringan serta tidak memiliki dampak yang menyebabkan trauma abdomen. Berjalan perlahan atau lambat setiap hari merupakan salah satu olahraga yang sehat dan tepat. Olahraga berjalan kaki ini bisa anda lanjutkan bahkan setelah hamil.

Bersepeda

Selain jalan kaki, bersepeda pun merupakan salah satu latihan yang memiliki banyak manfaat. Olahraga yang satu ini dapat meregangkan otot kaki dan paha, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sirkulasi, memperkuat otot-otot serta memperlancar aliran darah.

Berenang

Berenang merupakan salah satu latihan prenatal yang banyak disukai. Berenang dalam beberapa putaran, latihan berkelompok serta jogging di dalam kolam renang merupakan bentuk latihan yang mudah untuk dilakukan. Setelah hamil, anda juga bisa melakukan latihan ini. Namun, harus tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menghindari beberapa resiko yang akan timbul.

Meditasi

Meditasi merupakan latihan yang tidak hanya efektif untuk membuat pikiran menjadi rileks, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ketika anda sedang menjalankan program hamil, biasanya stress atau tegang akan anda rasakan sehingga dengan begitu akan berdampak buruk pada usaha anda agar cepat hamil. Apabila anda memiliki pikiran yang tetap tenang dan damai, serta tubuh dalam keadaan tetap santai maka akan membantu tubuh anda tetap fit. Yoga merupakan salah satu latihan yang dapat meningkatkan aliran darah pada organ tubuh.

Tips Latihan Olahraga yang Aman Agar Cepat Hamil

Apabila anda khawatir jika olahraga di atas dapat beresiko, ada beberapa tips melakukan olahraga dengan tetap aman seperti di bawah.

  • Sebelum memulai latihan, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Anda bisa melakukan olahraga dengan cukup atau setidaknya 30 menit. Apabila pada saat latihan anda masih bisa berbicara normal, maka intensitas latihan anda masih terbilang aman.
  • Anda harus menghindari latihan yang memiliki resiko jatuh atau terbentur pada bagian perut.
  • Hindari melakukan scuba diving.

Demikian penjelasan mengenai olahraga yang baik sebagai cara cepat hamil. Usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan perubahan atau kegiatan apapun ketika dalam  program hamil. Semoga bermanfaat.

Cara Tingkatkan Kesuburan Pria Sebagai Solusi Cepat Hamil

Memiliki seorang anak tentunya merupakan dambaan untuk semua pasangan yang sudah menikah.

Namun, tidak semua pasangan bisa beruntung dan mendapatkan kehamilan dalam waktu dekat. Karena faktanya ada beberapa pasangan meskipun sudah lama menikah belum juga mendapatkan anak karena sang istri sulit hamil.

Salah satu penyebab seseorang sulit hamil yaitu karena tidak subur. Dimana ketidaksuburan tersebut disebabkan oleh berbagai macam hal. Ketidaksuburan yang menjadi penyebab sulit hamil bukan hanya pada wanita saja, faktanya pria pun memiliki andil dalam proses pembuahan. Karena bisa saja tingkat kesuburan sang istri baik-baik saja dan bermasalah pada tingkat kesuburan suaminya.

Ada beberapa penyebab mengapa pria tidak subur. Apa saja penyebabnya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

CARA TINGKATKAN KESUBURAN PRIA

Penyebab Ketidaksuburan Pria

Masalah Fisik

Ketidaksuburan yang dialami oleh pria bisa disebabkan karena adanya masalah atau gangguan fisik, seperti proses produksi sperma terganggu, atau perjalanan sperma terhambat. Keadaan seperti ini dapat ditandai dengan jumlah sperma yang rendah serta bentuk dan ukurannya tidak normal. Ada beberapa masalah fisik yang menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan pria seperti di bawah.

Varikokel

Ada pelebaran pada pembuluh darah di dalam skrotum, serta mencegah darah untuk mengalir dengan baik. Dimana kondisi ini biasanya terdapat pada sekitar 15 sampai 40 persen pria yang sedang melakukan evaluasi ketidaksuburan atau infertilitas.

Kelainan Pada Saluran Sperma

Karena cedera atau penyakit tertentu, tabung yang membawa sperma dapat mengalami kerusakan. Dimana ada beberapa pria yang mana tempat menyimpan sperma mengalami penyumbatan, atau adanya hambatan pada saluran baik satu atau kedua saluran yang membawa sperma.

Infeksi dan Penyakit Tertentu

Kondisi atau produksi sperma dapat terganggu oleh beberapa infeksi atau penyakit tertentu. Bahkan penyakit atau infeksi tersebut menghambat jalannya sperma. Beberapa penyakit yang dimaksud yaitu, tuberkulosis, tipus, gondong, dan beberapa penyakt menular seksual sperti sifilis dan gonore.

Penyakit Genetik

Penyakit cystic fibrosis atau ganguan kromosom lainnya dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan, meskipun tidak banyak ditemukan.

Gangguan Hormonal

Dalam kondisi ini ditandai dengan tingkat hormon yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sehingga dengan begitu akan mempengaruhi kesuburan.

Hipotiroid

Kualitas sperma serta libido akan terganggu dengan kadar hormon tiroid yang rendah.

Hiperprolaktinemia

Hiperprolaktinemia merupakan kondisi dimana hormon prolaktin tinggi. Akan ditemukan sekiar 10 sampai 40 persen pada pria yang mengalami ketidaksuburan. Dengan tingginya kadar prolaktin, maka produksi sperma akan menurun, serta akan menyebabkan impotensi.

Hipogonadotropik hipopituitarisme

Hipogonadotropik hipopituitarisme merupakan keadaan dimana hormon lutenizing hormone dan follicle stimulating hormone dari kelenjar pituari rendah. Dimana hal ini dapat menyebabkan perkembangan sperma terganggu.

Hiperplasia adrenal kongenital

Hiperplasia adrenal kongenital terjadi ketika kelenjar pituitari tertekan karena adanya kenaikan hormon androgen adrenal sehingga dengan begitu akan menyebabkan produksi sperma menjadi rendah, banyak sel sperma yang tidak berkembang dengan baik serta gerak sperma kurang aktif.

Panhipopituitarisme

Kelenjar pituitari mengalami kegagalan sehingga dengan begitu menekan hormon pertumbuhan, hormon stimulasi tiroid serta tingkat LH dan FSH.

Adanya Gangguan Kombinasi Fisik dan Psikologis

Impotensi

Impotensi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi ini dulu dinggap sebagai masalah atau gangguan psikologis. Namun, dalam penelitian terbaru menyebut bahwa masalah ini termasuk ke dalam masalah fisik yang diperburuk dengan masalah psikologis seperti rendahnya rasa percaya diri, tegang ataupun adanya rasa bersalah.

Ejakulasi dini

Inkompetensi ejakulasi

Selain faktor-faktor di atas, faktor gaya hidup dan kesehatan pun memiliki peranan penting terhadap kesuburan. Faktor-faktor yang dimaksud di antaranya yaitu:

  • Kebiasaan merokok
  • Pertambahan usia
  • Mengkonsumsi minuman keras secera berlebihan
  • Olahraga dengan intensitas yang berlebihan
  • Penggunaan obat terlarang
  • Kondisi karena kurang gizi seperti anemia, defisiensi vitamain C atau seng
  • Paparan zat tertentu

Untuk meningkatkan kesuburan yang tergangggu karena faktor penyebab yang sudah dijelaskan sebenarnya bisa dikonsultasikan dengan dokter. Namun sebagai usaha untuk membantu, ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan pria agar istri cepat hamil seperti di bawah.

Cara Tingkatkan Kesuburan Pria Sebagai Solusi Cepat Hamil

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Salah satu penyebab pria mandul yaitu karena sperma yang menggumpal. Yang mana penyebab penggumpalan sperma tersebut yaitu karena kurangnya asupan vitamin C. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesuburan akan lebih baik jika anda mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C yaitu buah mangga, jeruk, tomat, semangka, strawberry dan jenis sayuran tertentu seperti brokol dan kecambah. Vitamin C memiliki manfaat yang banyak untuk sperma karena mengandung antioksidan yang dapat menstabilkan membran-membran sel.

Diet Sehat dan Seimbang

Selain harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, anda juga harus melakukan diet sehat dan seimbang. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin, selenium dan zinc. Yang mana makanan tersebut mampu membantu meningkatkan masa subur pria. Zinc adalah salah satu zat bergizi, yang mana kandungan zinc tersebut bisa anda dapatkan dari kerang. Kerang merupakan makanan esensial yang mampu membantu dalam memproduksi hormon testosteron. Selain itu, zat ini pun membantu dalam mengelola jumlah sperma serta meningkatkan kualitas sperma.

Hindari Rokok dan Alkohol

Pada umumnya pria adalah perokok. Akan lebih parah lagi jika pasangan suami istri adalah perokok. Perlu diketahui salah satu bahaya merokok yaitu dapat menyebabkan keguguran sampai 64 persen. Selain itu, rokok dan alkohol juga akan mempengaruhi kesuburan seorang pria serta menurunkan potensi kesuburan. Demi untuk mendapatkan anak, maka upayakan untuk mencegah suami anda meroko dan menghindari minuman yang mengandung alkohol. Mulai dari sekarang anda bisa menerapkan gaya hidup sehat.

Rajin Berolahraga Namun Jangan Terlalu Berlebihan

Berolahraga dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Berolahraga juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan. Anda bisa mengajak suami anda untuk berolahraga sebagai salah satu upaya agar cepat hamil. Namun, yang harus anda perhatikan yaitu janganlah berolahraga terlalu berlebihan, karena suhu di sekitar organ vital pria  akan meningkat sehingga bisa mengurangi jumlah sperma. Joging, aerobik dan berenang merupakan salah satu olahraga yang tidak memiliki intensitas terlalu berat.

Hindari Penggunaan Celana yang Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat bisa diganti dengan celana dalam yang lebih "loose" apabila anda sedang di rumah atau ketika malam hari. Apabila suasana di sekitar organ vital lebih sejuk maka akan membantu dalam meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan.

Hindari Stres

Faktanya suasana hati dan pikiran dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Sebagai upaya untuk mendapatkan anak, maka anda bisa menghindari keadaan seperti ini. Usahakan mencari segala solusi apabila keadaan ini menimpa anda.

Selain cara di atas, banyak hak-hal lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Untuk mengetahuinya, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang ada di sekitar anda. Yang terpenting, anda jangan merasa putus asa dan lakukan semua yang terbaik agar keinginan untuk mendapatkan anak bisa segera terkabul. Semoga bermanfaat.

Tips Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil

Semua orang tentunya dituntut untuk bisa menerapkan pola hidup sehat, guna menjaga kesehatan.

Namun, menerapkan pola hidup sehat pun tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan saja, namun pola hidup sehat juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang agar cepat hamil, menjaga kesehatan ibu yang tengah hamil ataupun kesehatan saat hendak melakukan persalinan.

Menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan tentunya tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi perlu dilakukan oleh anda maupun pasangan anda. 

POLA HIDUP SEHAT AGAR CEPAT HAMIL

Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang dapat anda terapkan sebagai salah satu cara agar anda cepat hamil.

1. Pola Makan

Pola hidup sehat pertama kali yang harus anda terapkan untuk menyuburkan kandungan yaitu dengan memperbaiki pola makan. Semakin anda cepat memperbaiki pola makan yang baik, maka semakin cepat anda hamil. Makanan pada kenyataannya sangat berkaitan dengan kesuburan baik wanita maupun pria. Apabila anda ingin segera hamil, maka disarankan untuk tidak melakukan atau menjalankan metode diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, anda harus segera mempelajari serta menerapkan pola hidup sehat agar keinginan cepat hamil terkabul. Anda bisa melakukan diet agar cepat hamil, yang mana diet dalam artian yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta kandungan nutrisi yang cukup. Dimana tujuannya yaitu untuk memperbesar peluang anda mendapatkan kehamilan, memiliki kondisi kehamilan yang sehat serta persalinan yang lancar. Hal ini juga penting sebagai cara untuk menjaga sistem reproduksi wanita serta menjaga kualitas dan kuantitas sperma pria.

Mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dapat membantu tubuh wanita agar cepat hamil dengan memberikan suplai nutrisi seperti protein, kalsium serta zat besi. Ini artinya, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin serta nutrisi yang baik. Makanan yang mengandung vitamin serta nutrisi baik di antaranya yaitu sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak,  keju, roti gandum, biji-bijian, makanan yang mengandung lemak sehat, serta makanan yang kaya akan kalsium seperti halnya keju, yoghurt, serta susu yang rendah lemak.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Dimana anda bisa mendapatkan vitamin B tersebut dari  buah alpukat, sayuran dengan daun berwarna hijau gelap, roti yang diperkaya sereal, brokoli, kecambah, buah jeruk dan kacang-kacangan. Apabila anda sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti daging ayam, daging sapi, telur dan makanan yang lainnya, maka diharapkan anda juga sering mengontrol tingkat kolesterol karena kolesterol dipercaya mampu menghambat kehamilan. Tidak hanya itu, calon ibu pun dituntut untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat. Buah kiwi dan sayur bayam merupakan contoh makanan yang mengandung asam folat. Makanan yang mengandung asam folat ini bermanfaat untuk perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan.

Di samping itu, anda juga harus menghindari pola hidup tertentu seperti di bawah ini.

Ikan merkuri tinggi

Pada umumnya ikan merupakan salah satu makanan sehat. Namun, jenis ikan tertentu yang tinggi akan merkuri justru dapat membahayakan janin yang anda kandung nantinya. Oleh sebab itu, bagi anda yang berusaha ingin segera hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan tersebut.

Berhenti merokok

Seperti yang kita ketahui, rokok memiliki dampak atau efek buruk untuk kesehatan. Selain itu, merokok juga disinyalir dapat mempengaruhi kesuburan seseorang karena dapat membuat saluran falopi tersumbat sehingga akan menghambat jalan sperma untuk bertemu dengan sel telur.  Tidak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko kehamilan ektopik serta kualitas sel telur akan menurun. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok pun terbukti dapat menurunkan tingkat kesuburan pria bahkan akan menyebabkan infertilitas atau mandul pada pria.

Kurangi konsumsi kafein

Mengurangi konsumsi kafein merupakan salah satu cara agar anda cepat hamil. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi, teh dan minuman lainnya dapat menurunkan sekitar 25% kesempatan untuk bisa hamil apabila minuman berkafein tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan dapat merusak jalan telur dari ovarium ke rahim ataupun mengganggu proses pematangan sel telur

Kurangi konsumsi alkohol

Gaya hidup lainnya yang patut anda hindari agar cepat hamil yaitu dengan menghentikan konsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang.

2. Usahakan Menjaga Berat Badan

Apabila anda terlalu gemuk, maka anda bisa mengurangi beberapa kg dari berat badan anda, namun apabila anda terlalu kurus maka anda bisa mengusahakan untuk berat badan ideal. Dimana hal ini harus anda lakukan jika ingin segera hamil. Anda bisa menerapkan diet sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang tinggi serat dan rendah lemak serta rutin berolahraga. Menurunkan berat badan sebanyak 1-2 kg masih aman dilakukan untuk proses menurunkan berat badan. Tapi menurunkan berat badan dengan ekstrim yang mana mampu menguras persedian gizi justru merupakan awal yang tidak baik untuk memulai kehamilan. Anda harus menjaga berat badan anda pada batas ideal, tidak terlalu berlebihan atau tidak terlalu kurang. Berat badan yang tidak ideal dapat mempersulit pembuahan sel telur serta akan menjadi masalah ketika anda hamil.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan dengan rutin juga dapat meningkatkan kesuburan baik wanita ataupun pria. Olahraga yang dilakukan sebagai proses untuk cepat hamil tentunya berbeda dengan olahraga yang ditujukan untuk membentuk tubuh. Karena olahraga yang berlebihan justru akan menghambat atau mengganggu periode masa subur, karena kelenjar di bawah otak atau pituitary tidak akan merangsang sel telur untuk berovulasi. Olahraga yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti ada umumnya, serta berjalan kaki selama 30-50 menit dengan rutin atau 3 kali dalam seminggu terkecuali ketika masa subur. Untuk mengetahui jenis olahraga apa yang tepat dengan anda, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Hindari Konsumsi Obat-Obatan Sembarangan

Obat-obatan sembarangan yang dimaksud di sini yaitu bukan hanya narkotika saja. Penggunaan obat-obatan tanpa adanya resep dari dokter pun termasuk ke dalam kategori ini. Obat-obatan yang dikonsumsi sembarangan dapat menurunkan kesuburan pada wanita, serta akan membuat siklus menstruasinya menjadi tidak teratur sehingga dengan begitu akan sulit hamil. Ada beberapa jenis obat tertentu yang dapat mempengaruhi kesuburan seseorang, seperti misalkan obat penenang, antibiotik, obat hormonal dan obat pereda rasa sakit. Pada laki-laki, antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penurunan serta kualitas sperma.

Itulah saran pola hidup sehat cara agar cepat hamil. Intinya anda harus tetap bersabar dalam menantikan kehadiran sang buah hati, yang terpenting anda jangan menyerah dan terus berusaha dengan memberikan semua yang terbaik. Hindarilah hal-hal yang justru dapat menghambat kehamilan anda. Semoga  bermanfaat.

Tips Cepat Hamil Untuk Wanita Gemuk

Memiliki momongan atau buah hati tentunya menjadi harapan semua pasangan yang sudah menikah.

Namun, di balik keinginan itu semua justru ada beberapa pasangan yang meskipun sudah lama menikah tetapi mereka masih belum dikaruniai anak.

Mungkin kita juga pernah mendengar beberapa  mitos tentang kehamilan. Dimana salah satu mitos mengatakan bahwa wanita gemuk atau wanita mengalami obesitas tidak bisa hamil.

Namun, mitos tersebut tidak benar adanya, karena faktanya wanita gemuk pun bisa hamil, namun mungkin untuk mendapatkan kehamilannya tersebut harus melakukan beberapa usaha seperti menurunkan terlebih dahulu berat badannya yang berlebih, karena selain akan beresiko pada kehamilannya nanti, juga sangat dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, kata-kata  yang mungkin lebih tepat yaitu, wanita gemuk susah hamil bukan berarti ia tidak bisa hamil. Baik itu wanita gemuk atau wanita kurus masih bisa hamil yang terpenting ia tahu caranya. Lantas apa alasan wanita gemuk sulit hamil?

Kegemukan atau berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang susah hamil. Apabila anda merupakan salah satu wanita yang mengalami kegemukan, maka disarankan anda segera menemui dokter untuk berkonsultasi, ahli gizi serta instruktur pribadi untuk melakukan beberapa latihan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

TIPS CEPAT HAMIL BAGI WANITA GEMUK

Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 40 peluang untuk bisa hamil berkurang sebesar 35% dibandingkan dengan wanita yang memiliki massa tubuh normal. Selain itu, embrio akan sulit ditanam pada wanita dengan bobot tubuh berlebihan, sehingga teknologi seperti bayi tabung pun tidak terlalu banyak membantu.

Bahkan yang lebih bahayanya, selain dapat menurunkan peluang seseorang untuk hamil, kegemukan juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti tekanan darah tinggi atau komplikasi.

Menurunkan berat badan ketika wanita sedang hamil sangat tidak dianjurkan, hal ini disebabkan karena dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan, oleh sebab itu akan lebih baik apabila anda menurunkan berat badan sebelum melakukan program hamil.

Tips agar wanita gemuk cepat hamil

Ada beberapa hal yang disarankan agar wanita gemuk agar cepat hamil seperti di bawah ini.

1. Diet sehat

Diet bukan hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan saja. Namun, diet juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan momongan atau buah hati. Asupan makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan dan menjaga kesuburan. Ada beberapa makanan yang dapat membantu seseorang agar cepat hamil seperti misalkan makanan yang mengandung asam folat, kentang, asparagus, kuning telur, kol, tauge dan lain sebagainya.

2. Melakukan tes darah

Tes darah dilakukan untuk memastikan apakah anda memiliki tiroid atau tidak. Jika anda bebas tiroid maka anda bisa lebih mudah untuk menurunkan berat badan anda. Anda bisa melakukan diet sehat dan olahraga yang tidak terlalu ekstrim atau berlebihan, karena olahraga berlebihan justru akan mengganggu tingkat kesuburan.

3. Perhatikan siklus menstruasi

Kadar lemak tubuh dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Oleh sebab itu, segera turunkan berat badan anda yang berlebih. Apabila anda sudah mengetahui pola siklus menstruasi anda sendiri, maka anda bisa menentukan lebih pasti kapan masa ovulasi pada tubuh anda, sehingga dengan begitu dapat memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Nah, itulah beberapa tips cepat hamil bagi wanita gemuk. Untuk lebih jelasnya akan lebih baik apabila anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Tips Agar Cepat Hamil Untuk Wanita Kurus

Salah satu syarat agar cepat hamil yaitu memiliki berat badan ideal, tidak terlalu berlebihan atau tidak terlalu kurus.

Nah, untuk itu seringkali wanita dengan bobot tubuh terlalu kurus mencari tips atau referensi agar ia cepat memiliki momongan. Sebenarnya, memiliki tubuh kurus bukanlah sebuah masalah, justru masalah akan muncul apabila wanita tersebut mendapati dirinya hamil. Karena hal ini justru akan membahayakan kesehatan ibu mengandung dan juga bayi yang dikandungnya.

Seseorang yang memiliki berat badan terlalu kurus itu berarti menandakan bahwa dirinya kekurangan gizi. Dimana hal seperti inilah yang kemudian dideteksi oleh tubuh ketika berbadan dua. Janin yang ada di dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak, guna proses perkembangan tubuhnya. Oleh karena itu, apabila nutrisi yang ada di dalam tubuh ibunya kurang, maka bagaimana ia mampu memberikan nutrisi pada janin yang ada di dalam rahimnya. Nah, untuk itu ada beberapa tips agar cepat hamil untuk wanita berbadan kurus seperti di bawah ini. (Baca Juga: Tanda-Tanda Orang Hamil)

TIPS CEPAT HAMI BAGI WANITA KURUS

Apa Saja Tips Cara Cepat Hamil Untuk Wanita Kurus?

Konsumsi Makanan Bergizi

Bagi wanita yang memiliki berat badan kurang atau kurus, maka langkah pertama yang harus dilakukan agar dirinya cepat hamil yaitu dengan menerapkan pola makan sehat yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Wanita yang mendambakan kehamilan alangkah lebih baiknya jika ia mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, asam folat, DHA, vitamin serta berbagai macam nutrisi lainnya agar ibu memiliki daya tahan yang baik serta rahimnya siap untuk dibuahi.

Selain itu, ibu juga harus menghindari beberapa makanan yang mengandung pengawet serta menghindari beberapa makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan janin nanti.

Konsumsi Suplemen Kehamilan

Selain itu, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi suplemen kehamilan, hal ini dimaksudkan agar tubuh tetap sehat serta nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi tetap jerjaga dengan baik. Mengkonsumsi suplemen pun dapat membantu mengurangi resiko keguguran bagi mereka yang bertubuh kurus. Namun, dalam hal ini alangkah lebih baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan resep yang jelas serta kehamilan yang sehat dan aman.

Menjaga pola hidup sehat

Selain itu, melakukan pola hidup sehat pun harus anda lakukan. Yang dimaksudkan dalam hal ini yaitu anda harus menjaga tubuh agar tidak stress, tidak melakukan aktifitas secara berlebihan, mendapatkan istirahat yang cukup dan hal-hal lainnya yang akan menghambat kehamilan. Dengan melakukan hal ini tubuh anda akan fokus dalam melakukan pembuahan. Selain itu juga akan menjaga tubuh ibu dan bayi yang dikandung tetap dalam keadaan sehat.

Apabila pola hidup sehat tidak dijalankan, maka akan mengganggu metabolisme tubuh. Keadaan seperti ini justru akan menghambat proses kesuburan.

Melakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Melakukan hubungan intim pada saat yang tepat dapat mempercepat terjadinya proses pembuahan. Oleh sebab itu, anda harus tahu kapan masa subur tubuh anda karena masa subur setiap wanita berbeda-beda. Anda bisa melakukan hubungan intim ketika masa subur.

Nah, bagi anda yang bertubuh kurus, maka alangkah lebih baiknya jika anda memperhatikan keadaan tubuh anda sendiri sebelum akhirnya mendapatkan kehamilan. Selain itu, kerjasama di antara anda dan pasangan pun harus dilakukan guna mendapatkan momongan atau anak yang sehat. Ituah beberapa tips cepat hamil untuk wanita kurus. Semoga bermanfaat.

Inilah Makanan Sehat Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Setelah menikah, pasangan suami istri tentunya mendambakan kehadiran seorang anak untuk menyempurnakan hidupnya.

Untuk itu, tidak heran apabila banyak pasangan yang baru menikah atau pasangan yang belum memiliki anak melakukan program hamil. Untuk mempersiapkan kehamilan tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dimana gaya hidup sehat sepatutnya menjadi kebiasaan pasangan suami istri yang sedang mempersiapkan kehamilan. Seperti misalkan merubah pola makan dengan mengkonsumi makanan sehat.

Nutrisi yang terkandung di dalam makanan tertentu yang dikonsumsi memang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuburan pria atau wanita. Nah, bagi anda yang ingin segera memiliki anak atau momongan, mungkin anda membutuhkan asupan gizi agar bisa menyuburkan kandungan.

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menyuburkan kandungan sehingga dapat membantu anda cepat hamil. Lantas makanan apa yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa simak penjelasan di bawah ini. Klik di sini--->Tanda-Tanda Orang hamil

MAKANAN PENYUBUR KANDUNGAN

Makanan Sehat Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Daging

Daging merupakan menu makanan favorit banyak orang. Dibalik itu semua ternyata bahan makanan yang satu merupakan makanan penyubur kandungan sehingga dapat membantu seseorang untuk segera hamil. Daging yang dapat menyuburkan kandungan yaitu daging sapi dan daging ayam rendah lemak. Selain memiliki banyak kandungan protein, daging juga termasuk makanan yang kaya akan zat besi. Namun, ada batasan tertentu untuk mengkonsumsi daging. Dimana anda disarankan tidak mengkonsumsi lebih dari tiga porsi dalam setiap harinya. Karena menurut penelitian, mengkonsumsi daging atau protein hewani justru akan menurunkan kesuburan.

Ikan

Ada beberapa ikan yang mengandung asam lemak omega-3, dimana ikan yang dimaksud yaitu sarden, salmon dan ikan lele. Nah, asam lemak omega-3  ini merupakan zat yang bisa memaksimalkan kinerja organ reproduksi. Namun, meskipun begitu ada beberapa kekhawatiran, dimana saat ini banyak ikan yang sudah terkontaminasi oleh mekuri. Oleh sebab itu, anda harus memilih ikan yang benar-benar segar. Dan untuk amannya, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan yang dimaksud lebih dari 12 ons dalam seminggu. Tapi, jika anda masih khawatir atau tidak suka ikan, maka anda bisa mendapatkan zat asam lemak omega-3 tersebut dari makanan lainnya seperti kenari, almond, dan telur yang kaya akan omega-3 atau DHA.

Tumbuhan berprotein

Selain daging, ada beberapa tumbuhan yang juga banyak mengandung protein. Tumbuhan tertentu bisa menjadi alternatif makanan berprotein lainnya. Tumbuhan berprotein yang dimaksud yaitu kedelai yang diolah menjadi tempe atau tahu, kacang tanah atau kacang polong. Makanan tersebut lebih murah dibandingkan dengan daging, selain itu lemak dan kalori yang dikandung juga lebih rendah sehingga dengan begitu bobot tubuh anda masih bisa tetap terjaga. Menurut beberapa ahli, mengkonsumsi protein hewani dan nabati dapat menyuburkan kandungan, namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Karbohidrat kompleks

Selama ini mungkin karbohidrat yang kita konsumsi yaitu hanya padi-padian yang sudah disuling atau karbohidrat olahan seperti halnya nasi putih atau roti tawar putih. Untuk sekarang ini anda bisa mengganti konsumsi karbohidrat tersebut dengan produk biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti misalkan nasi merah, sereal biji-bijian utuh atau roti tawar gandum. Makanan yang berasal atau terbuat dari biji-bijian utuh diyakini memiliki nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil, seperti vitamin B, zat besi dan antioksidan.

Konsumsi karbohidrat olahan justru dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah di dalam tubuh. Dimana meningkatnya kadar insulin dan gula darah tersebut mampu mengganggu hormon dari sistem reproduksi serta akan mengacaukan siklus menstruasi. Sebenarnya, kedua hal tersebut harus berjalan normal apabila ingin segera hamil. Namun, hal itu tidak akan berlaku apabila anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

Produk Susu

Produk susu sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun selain itu, produk olahan susu tersebut juga baik untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa produk olahan susu yaitu susu, yoghurt dan keju. Anda bisa memilih produk olahan susu yang memiliki kandungan rendah lemak atau bebas lemak.

Ubi

Ubi merupakan makanan kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan kesuburan seseorang agar cepat hamil. Menurut beberapa penelitian, ubi memiliki zat yang dapat merangsang ovulasi.

Makanan Mengandung Zinc

Zat yang satu ini sangat penting untuk mempercepat proses kehamilan. Zinc mampu meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas serta memperlancar sirklus menstruasi. Tiram merupakan salah satu sumber terbaik zinc. Tapi jika anda kesulitan mencari tiram, maka anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti pada telur, biji-bijian utuh, produk susu, daging sapi dan daging ayam.

Buah-Buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menyuburkan kandungan. Berikut buah-buahan yang dimaksud:

Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat. Selain memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, buah alpukat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Buah alpukat kaya akan kandungan tertentu seperti lemak nabati. Lemak nabati tersebut bermanfaat untuk memperlancar sirklus menstruasi serta meningkatkan kesuburan. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara langsung atau dijadikan jus.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk bermanfaat untuk menyuburkan kandungan terlebih lagi untuk para pria. Viitamin C yang terdapat pada jeruk dapat meningkatkan kualitas sperma serta menghindari terjadinya penggumpalan sperma. Buah yang tinggi akan kandungan vitamin C juga bisa anda dapatkan pada buah jeruk.

Kurma

Kurma muda kering sangat bermanfaat untuk menyuburkan kandungan serta sebagai penguat kandungan.

Ada banyak penyebab mengapa pasangan belum dikaruniai anak, dimana salah satunya yaitu karena tidak suburnya salah satu dari pasangan atau justru keduanya. Selain itu, masalah rahim seperti kista dan miomi pun menjadi salah satu penyebabnya. Nah, jika masalah atau penyebab belum dikaruniai anak terletak pada kesuburan, maka anda jangan merasa khawatir karena anda bisa mengkonsumsi makanan seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur serta disertai doa merupakan usaha yang seharusnya anda lakukan.

Namun, untuk memperoleh kehamilan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan penyubur kandungan saja. Karena akan sangat percuma apabila pasangan mengkonsumsi makanan tersebut namun tanpa diiringi dengan hal-hal penunjang lainnya. Dimana salah satu penunjang yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki anak yaitu berhubungan ketika masa subur. Apabila pasangan mengkonsumsi makanan tersebut namun berhubungan di masa-masa tidak subur, maka itu akan menjadi hal yang percuma atau peluangnya sangat sedikit. Oleh sebab itu, diharapkan pasangan mengkonsumsi makanan yang dapat menyuburkan kandungan serta memperhatikan kapan masa subur.

Pasangan juga sebaiknya menghindari beberapa makanan tertentu, seperti ikan yang banyak mengandung merkuri, makanan yang mengandung lemak jenuhs, makanan mentah, minuman yang mengandung kafein, serta produk susu yang belum dipasteurisasi.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us