Kalkulator Masa Subur Wanita

4.57/5 (67)

Menghitung Masa Subur dengan Kalkulator Masa Subur

Kalkulator masa subur ini di gunakan untuk mengetahui masa subur seorang perempuan. Dengan mengetahui masa subur, maka di harapkan pasangan suami isteri dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan. Karena saat berhubungan di masa subur, kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan semakin besar.

Untuk menggunakan kalkulator masa subur ini cukup memasukan tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT), lalu pilih siklus menstruasi anda. Kalkultor masa subur ini dapat memberikan tanggal masa subur wanita hingga 6 bulan ke depan berdasar HPHT yang anda masukan. Selamat mencoba.

Kalkulator Masa Subur

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Siklus Menstruasi Anda

Catatan:

Kalkulator masa subur ini sifatnya hanya sebagai alat bantu dengan hasil perhitungan sebagai perkiraan saja. Dengan demikian, kami tidak menjamin hasil yang di peroleh akan sesuai dengan harapan.

Nah, itulah dia aplikasi yang dapat membantu anda mengetahui kapan masa subur anda. Adapun manfaat dari mengetahui masa subur ketika anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan adalah waktu ini akan menjadi patokan yang baik untuk menentukan waktu berhubungan dengan pasangan. Sebab ketika istri dalam kondisi masa subur maka sperma akan lebih cepat dibuahi oleh sel telur.

Dengan demikian, kehamilan pun akan semakin mudah terjadi. Tentunya, cara ini diharapkan lebih efektif dengan hanya mengira-ngira waktu subur berdasarkan tanda yang belum tentu jelas kebenarannya.

Namun demikian, kalkulator masa subur  di atas pun sifatnya hanya sebagai alat bantu saja. Jadi demikian, hasil yang di dapatkan tentang ampuh atau tidaknya terhadap kehamilan akan tergantung dari kondisi tubuh ibu sendiri.

Tips Cepat Hamil Lainnya

Salah satu tips untuk mempercepat kemungkinan kehamilan adalah dengan mengetahui kapan masa subur anda. Itulah mengapa aplikasi di atas kami sediakan guna membantu anda mengetahui kapan masa subur anda sehingga jadwal berhubungan dengan pasangan menjadi lebih akurat dan pasti.

Akan tetapi, selain masalah perhitungan tentang masa subur, cara cepat hamil yang lain pun bisa dilakukan dengan menyimak beberapa informasi tips cepat hamil lainnya di bawah ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

Melepaskan Alat Kontrasepsi

Penting dipahami dengan baik bahwa alat kontrasepsi pada dasarnya adalah pencegah terjadinya kehamilan. Maka dari itu, bagi anda pasangan yang sedang mendambakan kehadiran buah hati maka penghambat kehamilan ini perlu untuk anda lepaskan terlebih dahulu. Langkah ini adalah awal dari semua langkah sebelum memasuki program kehamilan lainnya.

Selain itu, hal lain yang juga perlu di perhatikan adalah setelah melepaskan alat kontrasepsi tubuh anda mungkin butuh waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan kehamilan dengan cepat. Hal ini dikarenakan tubuh perlu beradaptasi dengan hormon yang sebelumnya ‘ditekan’ selama menggunakan alat kontrasepsi.

Akan tetapi, untuk alat kontrasepsi sederhana seperti halnya kondom maka mungkin kehamilan akan lebih cepat terjadi ketika anda berhubungan tanpa menggunakan alat ini.

Lain halnya dengan alat kontrasepsi yang di tanam di dalam tubuh seperti IUD, konsumsi pil KB dan lain sebagainya. Dimana alat kontrasepsi semacam ini akan dapat mempengaruhi hormon kesuburan di dalam tubuh. Maka dari itu, setelah pelepasan alat kontrasepsi anda perlu bersabar sedikit dan tetaplah berusaha bersama dengan pasangan.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan ke Dokter

Tahapan lanjutan yang dapat anda upayakan untuk mempercepat impian memiliki momongan di dalam perut anda adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Ada banyak wanita yang kesulitan hamil disebabkan adanya gangguan di dalam tubuh yang memperlambat kehamilan tersebut.

Penyebabnya bukan hanya datang dari kaum perempuan saja, akan tetapi sang suami pun memiliki resiko yang sama ketika mengembangkan salah satu kondisi penghambat kehamilan maka impian memiliki buah hati akan tentu perlu menunggu dengan lebih sabar lagi.

Nah, bila anda tidak ingin permasalahan semacam ini terjadi dengan diri anda dan pasangan. Maka untuk memperjelas ketidakpastian ini perlu sekali memeriksakan kesehatan anda ke dokter. Dokter mungkin akan memeriksa kondisi tubuh anda dan membantu melacak kapan masa subur anda. Sehingga jadwal berhubungan intim bersama dengan pasangan lebih mungkin menghasilkan keturunan.

Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter anda mungkin mendapatkan saran-saran berharga tentang hal apa saja yang perlu anda tingkatkan dan perlu anda kurangi untuk mempercepat impian mendapatkan si buah hati.

Berhubungan di Waktu yang Tepat

Pentingnya mengetahui kapan masa subur seorang wanita akan sangat bermanfaat guna menentukan jadwal berhubungan bersama dengan pasangan. Sebab hubungan yang dilakukan pada saat masa subur akan kemungkinan besar membuat sperma lebih mudah membuahi sel telur yang sudah matang. Ini artinya kehamilan pun akan tentu lebih nyata.

Selain mengetahui kapan masa subur anda sebagai cara cepat hamil setelah haid, anda pun perlu mengetahui waktu kapan sel telur di lepaskan dari tubuh perempuan. Anda bersama dengan pasangan dapat secara berkala melakukan hubungan intim setiap hari untuk memperbesar kesempatan anda bisa hamil.

Akan tetapi, baiknya tidak pula terlalu intens apalagi hingga tiap hari karena bisa mungkin anda merasakan kesakitan. Adapun waktu terbaik untuk berhubungan dengan pasangan adalah selama masa paling subur anda.

Biasanya masa ini berlangsung sekitar 3 hari sebelum sel telur wanita di lepaskan. Penting pula di pahami bahwa sel sperma dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita selama kurang lebih 3 sampai dengan 6 hari. Sementara sel telur hanya mampu bertahan hidup selama 1 hari saja.

Beberapa Hal yang Penting di Perhatikan Saat Berhubungan dengan Pasangan

Selain beberapa hal di atas ada pula hal penting yang perlu anda perhatikan sewaktu berhubungan dengan pasangan yang erat kaitannya untuk menunjang keberhasilan program hamil yang anda jalani. Seperti apa saja? Mari simak di bawah ini.

  • Lakukan Sebelum Tidur

Sebelum tidur di malam hari anda bisa menyempatkan untuk menjadwalkan berhubungan bersama dengan pasangan. Pemilihan waktu ini akan sangat tepat agar sperma yang dihasilkan dapat lebih cepat sampai ke bagian sel telur ketika sang istri tidur. Biasanya tidur setelah berhubungan akan lebih nyenyak dan lebih pulas setelah ‘perjuangan’ panjang yang kalian lakukan.

Nah, maka dari itu, tidak ada salahnya menyempatkan berhubungan bersama dengan pasangan sesaat sebelum tidur. Agar tetap merasa nyaman, pastikan anda dan pasangan terlebih dahulu membersihkan diri dengan baik. Agar demikian, gairah dan sensasi berhubungan tetap terasa nyaman.

  • Lakukan di Pagi Hari

Beberapa sumber menjelaskan bahwa pada laki-laki produksi sperma tertinggi adalah pada saat pagi hari. Nah, jumlah sperma akan tentu menentukan keberhasilan dalam terjadinya kehamilan. Maka dari itu, selain pada malam hari sebelum tidur anda pun bisa menjadwalkan pada pagi hari.

Setelah bangun pagi dan mencuci muka serta gosok gigi sebelum menjelang waktu sarapan tidak ada salahnya menjadwalkan waktu ini bersama dengan pasangan.

Konon katanya, hubungan intim yang dilakukan pada saat pagi hari akan dapat menambah mood baik di hari yang bersangkutan. Hal ini pun akan tentu baik untuk anda menyambut suasana pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

  • Temukan Posisi yang Nyaman

Bukan hanya perkara waktu yang penting diperhatikan sewaktu berhubungan dengan pasangan. Akan tetapi, kenyamanan tentu tetap menjadi yang utama. Hanya karena impian anda memiliki buah hati dalam waktu dekat adalah prioritas bukan berarti anda dan pasangan melupakan nikmatnya sensasi sentuhan ini.

Maka dari itu, pastikan anda dan pasangan senantiasa menemukan posisi hubungan intim yang nyaman. Tidak perlu text book dengan posisi yang itu-itu saja untuk mempercepat kehamilan. Sebab anda dan pasangan pun perlu tetap menikmati momen ini. Maka pilihlah dan sesuaikan posisi berhubungan yang dianggap nyaman dan menyenangkan.

Menjaga Kualitas dan Kuantitas Sperma Pria

Sperma dapat membuahi sel telur wanita dengan baik ketika kualitas dan kuantitasnya ada dalam kondisi yang terbaik. Sperma yang kuat, sehat dan memiliki jumlah yang banyak akan berpotensi lebih besar untuk membuahkan kehamilan. Maka dari itu, para suami penting sekali memperhatikan masalah ini dengan baik.

Adapun di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas dan kuantitas daripada sperma.

  • Mengurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol dan sperma yang sehat adalah dua hal yang terpisah. Bak langit dan bumi sampai kapanpun anda yang mendamba memiliki kualitas sperma yang baik namun dekat sekali dengan alkohol maka hal ini tidak akan pernah terwujud.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol setiap hari akan dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma. Selain itu, hal ini pun akan dapat berdampak pada meningkatnya jumlah sperma yang abnormal.

Nah, oleh karenanya penting sekali memperhatikan kebiasaan harian anda. Bila anda mendamba segera menimang buah hati anda bersama dengan pasangan. Maka jangan hanya sang istri yang dituntut untuk menjaga kesehatannya. Namun anda pun perlu memperhatikan asupan alkohol dalam tubuh anda.

  • Mempertahankan Berat Badan Ideal

Mempertahankan berat badan pada angka yang ideal adalah salah satu cara untuk mempersiapkan tubuh yang sehat guna mempercepat kehamilan. Sebaliknya, obesitas adalah akan dapat menurunkan jumlah sperma dan memperlambat mobilitasnya. Hal inilah yang akan membuat kehamilan menjadi semakin terhambat.

Oleh karenanya, selain beberapa hal penting di atas yang perlu di lakukan. Menjaga olahraga secara teratur pun menjadi hal penting yang perlu di prioritaskan. Karena olahraga akan dapat mencegah timbulnya obesitas.

  • Jangan Terlalu Sering Berendam di Air Panas

Air panas bukanlah sahabat yang baik untuk pria, apalagi mereka yang sedang dalam program hamil bersama dengan pasangan. Suhu air yang terlalu tinggi akan dapat membunuh sperma. Sementara itu, testis akan dapat berfungsi dengan baik pada suhu antara 34,4 sampai dengan 35,6 derajat celcius. Suhu ini adalah suhu normal di bawah suhu tubuh kita sendiri.

Jangan Terlalu Stress

Tidak sedikit para wanita yang ketika sudah melakukan banyak cara untuk cepat hamil namun rupanya impian tersebut belum terwujud dan lantas membuat mereka menanggung beban pikiran yang dalam. Padahal sebenarnya, stress dan kehamilan adalah dua hal yang bertolak belakang.

Stress bisa menjadi penghambat terjadinya kehamilan dengan segera. Maka dari itu, bagi anda yang sedang menjalani program hamil akan lebih baik bila anda tetap merasa tenang dan jangan terlalu berharap banyak jika kehamilan anda akan terjadi dengan segera.

Sebab dengan semakin berharap maka biasanya kekecewaan akan semakin dalam. Alihkan diri anda pada hal-hal yang positif dan sehat. Hindari mendengarkan perkataan negatif dari lingkungan anda.

Dan jangan ingin hamil ketika melihat teman dan lingkungan anda sudah punya banyak anak sementara anda masih belum. Ingat kehamilan adalah anugerah dari Tuhan. Yang namanya anugerah sering kali datang dalam waktu yang tak terduga bagaimana ridho dari Tuhan. Maka dari itu, selain berusaha bersabar adalah hal penting yang akan sangat di butuhkan.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Ketika anda dan pasangan sedang merencanakan punya anak dalam waktu dekat maka penting sekali untuk memperhatikan pola hidup yang sehat sebagai prioritas. Hal ini dikarenakan, kesiapan tubuh adalah hal yang utama sebagai modal awal kehamilan yang cepat.

Upayakan konsumsi makanan sehat yang akan dapat mempercepat kemungkinan kehamilan. Seperti halnya buah dan sayur, kacang-kacangan, daging, makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi dan masih banyak lagi.

Selain perempuan, laki-laki pun penting memperhatikan kualitas hidup sehat yang mereka jalani. Karena tentunya kehamilan bukan hanya terjadi dari ibu saja melainkan ayah pun akan mengambil peranan menciptakan bibit terbaik.

Menghindari Penggunaan Pelumas Buatan

Tidak sedikit diantara pasangan dengan alasan untuk menunjang kenikmatan berhubungan lantas mereka berinisiatif menggunakan pelumas buatan. Akan tetapi, untuk anda yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya penggunaan produk yang satu ini tidak dilibatkan. Karena dampaknya akan dapat menghambat kehamilan dan menurunkan kualitas daripada sperma yang dihasilkan oleh pria.

Selain itu, beberapa produk pelumas mungkin mengandung senyawa yang dinamakan dengan spermisida. Dimana zat ini adalah zat yang mampu menghancurkan sperma dan mencegah kemungkinan hamil. Untuknya, alih-alih menggunakan pelumas buatan akan lebih baik bila menghasilkan sendiri pelumas alami dengan cara lakukan pemanasan pada pasangan sebelum berhubungan.

Bahan ini adalah pelumas alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk memperlancar hubungan dengan pasangan. Selain itu, untuk mencegah kurangnya pelumas ketika berhubungan dengan pasangan maka penting sekali untuk memberikan jarak atau jeda ketika berhubungan intim.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sebaiknya temukan waktu berhubungan yang tepat ketika istri anda sedang dalam masa subur. Karena pada masa ini kehamilan akan tentu lebih besar peluangnya daripada menebak-nebak dengan penuh ketidakpastian.

Nah, demikianlah beberapa tips cara cepat hamil lain selain daripada menghitung melalui kalkulator masa subur. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel