data-ad-format="auto"

Tips Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil

Semua orang tentunya dituntut untuk bisa menerapkan pola hidup sehat, guna menjaga kesehatan.

Namun, menerapkan pola hidup sehat pun tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan saja, namun pola hidup sehat juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang agar cepat hamil, menjaga kesehatan ibu yang tengah hamil ataupun kesehatan saat hendak melakukan persalinan.

Menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan tentunya tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi perlu dilakukan oleh anda maupun pasangan anda. 

POLA HIDUP SEHAT AGAR CEPAT HAMIL

Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang dapat anda terapkan sebagai salah satu cara agar anda cepat hamil.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

1. Pola Makan

Pola hidup sehat pertama kali yang harus anda terapkan untuk menyuburkan kandungan yaitu dengan memperbaiki pola makan. Semakin anda cepat memperbaiki pola makan yang baik, maka semakin cepat anda hamil. Makanan pada kenyataannya sangat berkaitan dengan kesuburan baik wanita maupun pria. Apabila anda ingin segera hamil, maka disarankan untuk tidak melakukan atau menjalankan metode diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, anda harus segera mempelajari serta menerapkan pola hidup sehat agar keinginan cepat hamil terkabul. Anda bisa melakukan diet agar cepat hamil, yang mana diet dalam artian yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta kandungan nutrisi yang cukup. Dimana tujuannya yaitu untuk memperbesar peluang anda mendapatkan kehamilan, memiliki kondisi kehamilan yang sehat serta persalinan yang lancar. Hal ini juga penting sebagai cara untuk menjaga sistem reproduksi wanita serta menjaga kualitas dan kuantitas sperma pria.

Mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dapat membantu tubuh wanita agar cepat hamil dengan memberikan suplai nutrisi seperti protein, kalsium serta zat besi. Ini artinya, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin serta nutrisi yang baik. Makanan yang mengandung vitamin serta nutrisi baik di antaranya yaitu sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak,  keju, roti gandum, biji-bijian, makanan yang mengandung lemak sehat, serta makanan yang kaya akan kalsium seperti halnya keju, yoghurt, serta susu yang rendah lemak.

Selain itu, makanan yang mengandung vitamin B juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Dimana anda bisa mendapatkan vitamin B tersebut dari  buah alpukat, sayuran dengan daun berwarna hijau gelap, roti yang diperkaya sereal, brokoli, kecambah, buah jeruk dan kacang-kacangan. Apabila anda sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol seperti daging ayam, daging sapi, telur dan makanan yang lainnya, maka diharapkan anda juga sering mengontrol tingkat kolesterol karena kolesterol dipercaya mampu menghambat kehamilan. Tidak hanya itu, calon ibu pun dituntut untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat. Buah kiwi dan sayur bayam merupakan contoh makanan yang mengandung asam folat. Makanan yang mengandung asam folat ini bermanfaat untuk perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan.

Di samping itu, anda juga harus menghindari pola hidup tertentu seperti di bawah ini.

Ikan merkuri tinggi

Pada umumnya ikan merupakan salah satu makanan sehat. Namun, jenis ikan tertentu yang tinggi akan merkuri justru dapat membahayakan janin yang anda kandung nantinya. Oleh sebab itu, bagi anda yang berusaha ingin segera hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan tersebut.

Berhenti merokok

Seperti yang kita ketahui, rokok memiliki dampak atau efek buruk untuk kesehatan. Selain itu, merokok juga disinyalir dapat mempengaruhi kesuburan seseorang karena dapat membuat saluran falopi tersumbat sehingga akan menghambat jalan sperma untuk bertemu dengan sel telur.  Tidak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko kehamilan ektopik serta kualitas sel telur akan menurun. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok pun terbukti dapat menurunkan tingkat kesuburan pria bahkan akan menyebabkan infertilitas atau mandul pada pria.

Kurangi konsumsi kafein

Mengurangi konsumsi kafein merupakan salah satu cara agar anda cepat hamil. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi, teh dan minuman lainnya dapat menurunkan sekitar 25% kesempatan untuk bisa hamil apabila minuman berkafein tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan dapat merusak jalan telur dari ovarium ke rahim ataupun mengganggu proses pematangan sel telur

Kurangi konsumsi alkohol

Gaya hidup lainnya yang patut anda hindari agar cepat hamil yaitu dengan menghentikan konsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang.

2. Usahakan Menjaga Berat Badan

Apabila anda terlalu gemuk, maka anda bisa mengurangi beberapa kg dari berat badan anda, namun apabila anda terlalu kurus maka anda bisa mengusahakan untuk berat badan ideal. Dimana hal ini harus anda lakukan jika ingin segera hamil. Anda bisa menerapkan diet sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang tinggi serat dan rendah lemak serta rutin berolahraga. Menurunkan berat badan sebanyak 1-2 kg masih aman dilakukan untuk proses menurunkan berat badan. Tapi menurunkan berat badan dengan ekstrim yang mana mampu menguras persedian gizi justru merupakan awal yang tidak baik untuk memulai kehamilan. Anda harus menjaga berat badan anda pada batas ideal, tidak terlalu berlebihan atau tidak terlalu kurang. Berat badan yang tidak ideal dapat mempersulit pembuahan sel telur serta akan menjadi masalah ketika anda hamil.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan dengan rutin juga dapat meningkatkan kesuburan baik wanita ataupun pria. Olahraga yang dilakukan sebagai proses untuk cepat hamil tentunya berbeda dengan olahraga yang ditujukan untuk membentuk tubuh. Karena olahraga yang berlebihan justru akan menghambat atau mengganggu periode masa subur, karena kelenjar di bawah otak atau pituitary tidak akan merangsang sel telur untuk berovulasi. Olahraga yang disarankan untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti ada umumnya, serta berjalan kaki selama 30-50 menit dengan rutin atau 3 kali dalam seminggu terkecuali ketika masa subur. Untuk mengetahui jenis olahraga apa yang tepat dengan anda, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Hindari Konsumsi Obat-Obatan Sembarangan

Obat-obatan sembarangan yang dimaksud di sini yaitu bukan hanya narkotika saja. Penggunaan obat-obatan tanpa adanya resep dari dokter pun termasuk ke dalam kategori ini. Obat-obatan yang dikonsumsi sembarangan dapat menurunkan kesuburan pada wanita, serta akan membuat siklus menstruasinya menjadi tidak teratur sehingga dengan begitu akan sulit hamil. Ada beberapa jenis obat tertentu yang dapat mempengaruhi kesuburan seseorang, seperti misalkan obat penenang, antibiotik, obat hormonal dan obat pereda rasa sakit. Pada laki-laki, antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan penurunan serta kualitas sperma.

Itulah saran pola hidup sehat cara agar cepat hamil. Intinya anda harus tetap bersabar dalam menantikan kehadiran sang buah hati, yang terpenting anda jangan menyerah dan terus berusaha dengan memberikan semua yang terbaik. Hindarilah hal-hal yang justru dapat menghambat kehamilan anda. Semoga  bermanfaat.

Loading...

Follow us