data-ad-format="auto"

6 Tips Agar Cepat Hamil Setelah KB Implan

Program KB memiliki tujuan untuk menunda kehamilan atau memberi jarak pada kehamilan berikutnya.

KB implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang biasanya banyak digunakan. Kelebihan dari KB implan yaitu lebih sederhana serta persentase mencegah kehamilan sangat tinggi.

KB implan mengandung salah satu hormon yang dapat mencegah indung telur untuk melepaskan sel telur yang dihasilkan, serta berfungsi untuk mempertebal mukus yang ada pada dinding mulut rahim, sehingga dengan begitu sperma akan sulit untuk masuk ke dalam rahim. Selain itu, hormon yang satu ini pun berfungsi dalam menjaga agar rahim tetap tipis, sehingga telur yang sudah berhasil dibuahi akan sulit untuk menempel pada dinding rahim.

Setelah menggunakan KB implan, tidak jarang wanita memutuskan untuk melepaskannya guna mendapatkan kehamilan.  Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar cepat hamil setelah melepaskan KB implan seperti di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

TIPS CEPAT HAMIL SETELAH KB IMPLAN1

6 Tips Cepat Hamil Setelah Melepas KB Implan

1. Istirahatkan Tubuh

Jika anda ingin segera hamil setelah melepaskan KB implan, maka tubuh anda harus atau perlu menyesuaikan diri terlebih dahulu dari pengendalian hormon tertentu. Ketika anda menggunakan alat kontrasepsi bentuk hormonal seperti KB implan, maka kelenjar yang menghasilkan hormon kehamilan atau endokrin akan ditekan. Dimana hal ini harus anda pulihkan, agar kelenjar bisa berfungsi dengan baik. Apabila kelenjar ini mampu bekerja dengan baik, maka kehamilan yang anda inginkan akan cepat didapatkan. Proses istirahat ini memerlukan waktu sekitar 1-3 bulan.

2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu cara agar cepat hamil setelah anda melepaskan KB implan. Untuk menjaga kebugaran tubuh, anda bisa melakukan olahraga dengan teratur. Ketika anda berolahraga, maka metabolisme tubuh anda akan menjadi lebih lancar. Dengan melakukan jalan kaki  dapat melancarkan kelenjar endokrin kembali. Berolahraga secara teratur akan membantu kesehatan ibu dan rahim.

Tidak hanya melakukan olahraga saja, anda juga bisa beristirahat secara total agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Karena ada beberapa wanita yang memerlukan istirahat total dalam mempersiapkan rahim untuk pembuahan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mempercepat kehamilan, anda harus mengkonsumsi makanan sehat. Ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang baik, maka proses metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik. Adanya nutrisi yang baik merupakan salah satu proses persiapan untuk pembuahan kelak. Makanan yang baik dikonsumsi yaitu makanan yang mengandung AHA, DHA, omega 3 dan lain sebagainya. Makanan tersebut bisa anda peroleh dari sayuran, buah-buahan, daging rendah lemak, ikan dan lain sebagainya.

4. Hindari Stress

Untuk mendapatkan kehamilan yang baik dengan tetap menjaga metabolisme tubuh agar tetap fit yaitu salah satunya dengan menghindari stress. Ketika seseorang dalam keadaan stress, maka sistem metabolisme tubuhnya akan menjadi kacau. Sehingga dengan begitu keinginan untuk cepat hamil akan sulit.

5. Konsumsi Suplemen Penyubur

Anda bisa mendukung upaya agar cepat hamil dengan mengkonsumsi suplemen penyubur kandungan. Namun, dalam hal ini anda harus berkonsultasi terlebih dahulu. Jangan sampai anda mengkonsumsinya tanpa ada resep atau anjuran dari dokter.

6. Melakukan Hubungan Intim Pada Waktu yang Tepat

Anda harus bisa mengetahui kapan masa subur tubuh anda. Dimana ketika masa itulah anda bisa melakukan hubungan intim. Karena berhubungan pada masa itu akan mempercepat proses pembuahan.

Itulah beberapa cara agar cepat hamil setelah lepas KB implan. Tetap berusaha dan jangan menyerah karena kesempatan untuk hamil selalu terbuka. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us