Kategori: Makanan Bayi

Kategori artikel yang berisi informasi dan tips seputar makanan bayi guna membantu para ibu dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana memilih dan membuat makanan bayi yang berkualitas.

Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

4.1/5 (20) Selepas 6 bulan, kini bayi anda sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping lain selain hanya ASI yang dikonsumsinya selama ini. Mengapa 6 bulan? Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada si bayi sudah mulai siap menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat dibandingkan pada waktu sebelumnya. Usia 6 bulan pada bayi [Baca selengkapnya…]

Penting Mengetahui Urutan Memperkenalkan Makanan yang Baik Pada Bayi

4.82/5 (11) Pada saat si bayi baru saja dilahirkan dari rahim seorang ibu, makanan pertama dan minuman pertama yang ia dapatkan diperolehnya dari ASI ibunya. Hal ini akan terus berlanjut sampai usia yang cukup yakni dikisaran usia 6 bulan. Usia ini sudah memungkin si buah hati telah cukup mendapatkan ASI dan sudah waktunya diperkenalkan terhadap [Baca selengkapnya…]

Tips Berhasil Berikan Makanan Padat Pertama Untuk Bayi

5/5 (1) Memberikan makanan bayi berupa makanan padat atau makanan pendamping ASI pada anak, umumnya memiliki tujuan agar anak bisa mendapatkan gizi dan nutrisi yang lebih baik dari mengkonsumsi makanan secara langsung. Ya, bila sebelumnya nutrisi yang didapat anak hanya ia dapatkan melalui ASI dari ibunya, saat usianya sudah mencukupi maka mereka akan membutuhkan asupan [Baca selengkapnya…]

Panduan Memberikan Telur Sebagai Makanan Bayi

4.82/5 (72) Usia enam bulan pada bayi, membuat mereka telah cukup siap untuk diberikan makanan bayi sebagai pendamping ASI. Ya, banyak ibu yang keliru mengaplikasikan pemberian makanan MPASI atau makanan pendamping ASI pada buah hatinya. Ada orangtua yang dengan leluasa memberikan makanan padat lain pada anaknya saat si bayi masih berusia dibawah 6 bulan. Padahal [Baca selengkapnya…]

Tips Pintar Terapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

4.89/5 (9) Istilah Baby Led Weaning (BLW) mungkin sudah tak lagi asing untuk anda. Dan bahkan mungkin sebagian ibu sudah mulai merencanakan untuk menerapkan metode ini pada buah hatinya, namun belum terlalu paham bagaimana cara terbaik mengaplikasikannya pada si kecil. Ya, metode Baby Led Weaning atau sebuah pendekatan dengan membiarkan buah hati menyantap makanan bayi [Baca selengkapnya…]

Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi dengan Baby Led Weaning, Coba Terapkan Yuk Bun!

4/5 (4) Bunda senang rasanya ya saat banyak perubahan dan hal baru terjadi dengan si buah hati. Hal-hal ini seringkali menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap orangtua. Menjadi saksi sekaligus pendamping si buah hati dalam tumbuh kembangnya, tentu menjadi hal yang menyenangkan dan mendebarkan. Betapa tidak, rasanya hampir setiap saat bunda dikejutkan dengan perubahan dan [Baca selengkapnya…]

Tips Menyimpan Makanan Bayi Agar Lebih Awet

‘Gampang-gampang susah’, itulah dia kalimat yang mungkin akan banyak disetujui para ibu yang memiliki bayi dirumah ketika harus mengurus makanan untuk diberikan pada bayi tercintanya. Jam makan yang terhitung lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa membuat para ibu harus mau tidak mau tetap meracik dan menyiapkan makanan bayi ketika jam makannya tiba. Sebab daya tahan tubuh bayi terhitung lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa, untuk itu mengolah sendiri dan meracik sendiri makanan bayi tentunya akan lebih aman diberikan pada bayi. Sebab kita dapat mengontrol komposisi serta gizi harian yang dibutuhkan oleh bayi. ( Baca : Vitamin dan Nutrisi Tambahan Untuk Bayi )

Memilih Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi

Periode masa bayi merupakan periode emas. Artinya, masa tersebut merupakan masa dimana orang tua memiliki peluang untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Hal ini dapat diwujudkan dnegan melakukan berbagai upaya. Seperti salah satunya adalah melalui pola asupan makanan bayi.

Daftar Makanan Penambah Bobot Tubuh Bayi

Setiap orang tua tentunya menginginkan jika buah hatinya tumbuh aktif, cerdas dan sehat tanpa gangguan atau keluhan sedikitpun. Bayi dengan bobot tubuh yang tambun seringkali menjadi indikator bayi yang sehat. Selain itu, bayi dengan bobot tubuh yang besar kerap kali menggemaskan jika dilihat. Itulah mengapa banyak orangtua yang berlomba-lomba melakukan segala upaya demi untuk menaikan bobot tubuh bayinya.

Kapan Bayi Boleh Diberi Ikan?

Setiap kondisi bayi berbeda-beda. Begitupula ketika anda memberikan Makanan Pendamping ASi (MPASI) pertama kalinya pada bayi. Ada bayi yang dapat menerima langsung dengan tekstur dan rasa yang baru adapula yang membutuhkan waktu adaptasi sehingga seringkali bayi menolak.

Manfaat Apel dan Ubi Dalam Makanan Bayi

Makanan bayi merupakan nutrisi yang diberikan berupa bahan makanan yang diolah (dihaluskan, dikukus atau direbus). Makanan bayi kini bervariasi, anda dapat mengolahnya sendiri, memesan pada beberapa catering khusus makanan bayi atau membeli yang instan.

Manfaat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan sumber nutrisi yang dapat melengkapi kecukupakan gizi setiap bayi. Sehingga pilihan bahan makanan yang tepat sangat disarankan untuk memberikan variasi nutrisi. Dengan variasi nutrisi pada menu MPASI maka akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu akan menunjang kesehatan bayi. Sudahkah anda memperhatikan menu bahan makanan bayi?

5 Jenis Buah-Buahan pada Tahap Memperkenalkan MPASI

Buah merupakan sumber vitamin yang baik bagi bayi anda. Pada masing-masing buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Masing masing vitamin mempunyai manfaat bagi tubuh bayi. Meskipun pada dasarnya buah memberikan manfaat yang baik untuk bayi anda akan tetapi seringkali anda kebingungan dalam memberikan buah pada tahap memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Makanan Padat Benutrisi dan Bergizi Untuk Bayi

Memberikan makanan padat pada usia yang tepat merupakan salah satu cara terbaik dalam memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh bayi anda dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.Sehingga pada usia enam bulan, bayi tidak hanya membutuhkan ASI melainkan tambahan makanan untuk pendamping ASI. Meskipun pemberian ASI harus tetap berjalan hingga usia bayi anda dapat melepas ASI.

Tips Sebelum Memberikan Makanan Pendamping ASI

Kini usia bayi anda telah memasuki 6 bulan, pada usia 6 bulan bayi anda tidak hanya mendapatkan nutrisi dari ASI melainkan dari makanan bayi 6 bulan sebagai pendamping yang dikenalkan pada bayi anda. Makanan pendamping ASI yang pertama kali dikenalkan pada bayi seringkali membuat bayi anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Pilihan Makanan Bergizi Untuk Balita

Makanan merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan, makanan bayi sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak anda. Makanan yang bergizi yang anda berikan pada anak anda mampu mengoptimalkan kemampuan anak anda sesuai dengan usianya sedangkan untuk makanan yang tidak sehat hanya membuat kesehatan anak anda bermasalah.

Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Potensial Untuk MPASI

Pemberian kacang-kacangan pada makanan pendamping asi seringkali ditangguhkan dikarenakan dikhawatirkan bayi anda akan mengalami alergi pada jenis kacang yang diberikan. Padahal bagi anda yang tidak memiliki riwayat kesehatan di garis keturunan yang menyatakan alergi kacang, sebaiknya anda mencoba memberikan kacang minimal pada usia 6 bulan. Tentu saja pemberiannya harus dalam tekstur yang lembut dan disesuaikan dengan pencernaan bayi anda, sehingga bisa di jadikan sebagai makanan bayi 6 bulan.

Meningkatkan Nafsu Makan Bayi dengan Variasi Makanan Bergizi

Seringkali bayi memainkan makanan yang sedang dikunyahnya, bahkan beberapa bayi menolak pemberian makanan pendamping ASI dan lebih memilih ASI saja sebagai sumber untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kondisi seperti ini seringkali ditangkap oleh orang tua sebagai hilangnya nafsu makan bayi terhadap makanan terutama menu MPASI. Salah satu cara yang aman adalah dengan memvariasikan makanan untuk bayi anda sehingga mengenal berbagai jenis rasa. Memasuki usia 6 bulan, bayi tidak saja membutuhkan asi dalam melengkapi kebutuhan nutrisinya melainkan makanan pendamping asi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi sesuai dengan perkembangannya. Pemberian ASI pada bayi yang telah mendapatkan MPASI disesuaikan dengan keinginan bayi, hal ini dikarenakan kandungan gizi pada asi sudah dapat dibantu dengan adanya MPASI.

Tips Memilih Makanan untuk Balita yang Menderita Diare

Kondisi kesehatan bayi anda memang sangat diperhitungkan, perubahan kondisi dari keadaan biasanya sering kali membuat anda cemas. Begitu juga ketika bayi anda mengalami gangguan pencernaan yang berhubungan dengan buang air besar yang lebih sering atau dikenal dengan diare. Diare pada dasarnya bukan penyakit, melainkan salah satunya dikarenakan keracunan makanan. Bahkan beberapa bayi dapat mengalaminya secara berulang atau diare kronis yang akan mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi. Umumnya, anak yang mengalami diare sering kali disertai dengan muntah. Meskipun ini umum terjadi akan tetapi apabila dibiarkan akan menggangu kesehatan yang lebih kronis. Penting untuk membedakan antara muntah dan gumoh. Gumoh sering kali terjadi pada masa bayi yang disebabkan isi perut terlalu banyak menampung makanan sedangkan muntah adalah kelainan struktural yang ditandai dengan adanya dorongan kuat dari isi lambung. Bagi balita yang sedang menderita diare anda dapat memberikan pertolongan pertama berupa larutan oralit untuk mencegah dehidrasi pada balita, selain itu dikarenakan diare lebih banyak disebabkan keracunan makanan. Anda harus lebih selektif dalam memilih makanan yang tepat untuk balita yang menderita diare. (Baca juga: Makanan untuk bayi)

Kenali Tahapan Ideal Pemberian Makanan Bayi

Proses penting dalam perkembangan bayi adalah dengan membiasakan pola makan yang baik dan sehat. Dua faktor penting dalam memperkenalkan makanan pada bayi adalah usia bayi dan jenis makanan yang diberikan. Hal ini terkait dengan waktu dan jenis yang tepat untuk mengurangi resiko kehilangan zat gizi bayi. Pemberian makanan kepada bayi diberikan secara bertahap dengan variasi bahan, rasa dan juga tekstur. Tahapan ideal dalam pemberian makanan bayi adalah sebagai berikut :