data-ad-format="auto"

Makanan Bayi

Kategori artikel yang berisi informasi dan tips seputar makanan bayi guna membantu para ibu dalam mendapatkan informasi tentang bagaimana memilih dan membuat makanan bayi yang berkualitas.

Jenis Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Selepas 6 bulan, kini bayi anda sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping lain selain hanya ASI yang dikonsumsinya selama ini.

Mengapa 6 bulan? Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada si bayi sudah mulai siap menerima jenis dan tekstur makanan lain yang lebih padat dibandingkan pada waktu sebelumnya. Usia 6 bulan pada bayi memang bukanlah patokan yang baku. Akan tetapi, usia ini memungkinkan perut mungilnya dan organ sistem pencernaan termasuk bagian kerongkongannya telah cukup siap mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat sehingga akan mampu dialirkan sampai ke bagian sistem pencernaan dalam dengan baik.

Bukan hanya itu, usia 6 bulan pada bayi membuat mereka sudah mulai membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang berasa lebih enak dan lebih beragam. Itulah mengapa, penting sekali untuk mempertimbangkan memberikan makanan pendamping segera setelah si anak berusia 6 bulan.

Nah, bila ibu sudah mulai siap dan melihat kondisi si kecil sudah mulai terlihat

Continue Reading

Penting Mengetahui Urutan Memperkenalkan Makanan yang Baik Pada Bayi

Pada saat si bayi baru saja dilahirkan dari rahim seorang ibu, makanan pertama dan minuman pertama yang ia dapatkan diperolehnya dari ASI ibunya.

Hal ini akan terus berlanjut sampai usia yang cukup yakni dikisaran usia 6 bulan. Usia ini sudah memungkin si buah hati telah cukup mendapatkan ASI dan sudah waktunya diperkenalkan terhadap jenis makanan lainnya. Sistem percernaan yang belum matanglah yang melatar belakangi mengapa bayi baru lahir hanya boleh mengkonsumsi ASI dari ibunya.

 Akan tetapi, seiring dengan berjalannya usia menginjak ke 6 bulan, maka kini sistem pencernaannya sudah menjadi lebih matang dan ia akan membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak lewatan makanan secara langsung yang ia konsumsi. (Baca Juga: Makanan Bayi 6 Bulan)

Tidak sedikit memang ibu yang masih keliru dengan memberikan buah hati mereka makanan selain ASI dibawah usia 6 bulan. Hal ini mereka anggap aman karena sebelumnya anak kerabat atau anak temannya pun tidak bermasalah ketika diberikan

Continue Reading

Tips Berhasil Berikan Makanan Padat Pertama Untuk Bayi

Memberikan makanan bayi berupa makanan padat atau makanan pendamping ASI pada anak, umumnya memiliki tujuan agar anak bisa mendapatkan gizi dan nutrisi yang lebih baik dari mengkonsumsi makanan secara langsung.

Ya, bila sebelumnya nutrisi yang didapat anak hanya ia dapatkan melalui ASI dari ibunya, saat usianya sudah mencukupi maka mereka akan membutuhkan asupan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari jenis-jenis makanan sehat yang dibutuhkannya.

Adapun usia yang mencukupi untuk mulai memberikan jenis makanan ini adalah pada saat anak berusia 6 bulan (Baca: Makanan Bayi 6 Bulan). Meskipun patokan usia ini bukanlah usia yang baku, karena tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama. Akan tetapi pada saat ini sistem pencernaan pada anak telah dinilai cukup siap diberikan makanan pendamping ASI.

Pada saat pertama kalin ibu memberikan makanan padat untuk buah hatinya. Bisa jadi ini menjadi momen yang menyenangkan. Betapa tidak, momen ini mungkin sudah ditunggu-tunggu untuk sebagian ibu.

Untuk pertama

Continue Reading

Panduan Memberikan Telur Sebagai Makanan Bayi

Usia enam bulan pada bayi, membuat mereka telah cukup siap untuk diberikan makanan bayi sebagai pendamping ASI.

Ya, banyak ibu yang keliru mengaplikasikan pemberian makanan MPASI atau makanan pendamping ASI pada buah hatinya. Ada orangtua yang dengan leluasa memberikan makanan padat lain pada anaknya saat si bayi masih berusia dibawah 6 bulan. Padahal hal ini sebenarnya tidak diperkenan untuk dilakukan begitu saja.

Masalahnya, usia yang masih begitu belia pada si kecil, membuat pencernaannya belum siap menerima makanan selain ASI dari ibunya. Bila kurang dari usia 6 bulan, maka sistem pencernaan pada bayi akan bekerja lebih berat untuk mengolah makanan lainnya.

Memang benar, tidak semua bayi memiliki sistem pencernaan yang sama, sehingga 6 bulan bukanlah patokan yang baku. Untuk itulah, bunda perlu mengenali beberapa hal pada saat si buah hati mulai membutuhkan asupan makanan lain untuk pendamping ASI-nya.

Nah, kegiatan memberikan makanan pertama selain dari ASI, mungkin akan menjadi momen yang

Continue Reading

Tips Pintar Terapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Istilah Baby Led Weaning (BLW) mungkin sudah tak lagi asing untuk anda.

Dan bahkan mungkin sebagian ibu sudah mulai merencanakan untuk menerapkan metode ini pada buah hatinya, namun belum terlalu paham bagaimana cara terbaik mengaplikasikannya pada si kecil.

Ya, metode Baby Led Weaning atau sebuah pendekatan dengan membiarkan buah hati menyantap makanan bayi padatnya seorang diri adalah metode yang tengah trend dan ramai dibicarakan pada saat ini.

Metode ini dianggap sebagai salah satu pendekatan baik guna mengajarkan anak untuk bisa makan dengan mandiri sejak ia dini. Lewat metode ini anak-anak yang sudah siap diberikan makanan pendamping ASI akan dibiarkan memilih dan mengunyah sendiri makanan yang diambilnya tanpa ada campur orangtua dalam membantu anak mencerna makanan tersebut. Hanya saja, peranan orangtua dalam mengawasi dan mengontrol si buah hati akan menjadi hal pendukung yang amat dibutuhkan dalam hal ini.

Anak bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan memang sudah saatnya diperkenalkan pada

Continue Reading

Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi dengan Baby Led Weaning, Coba Terapkan Yuk Bun!

Bunda senang rasanya ya saat banyak perubahan dan hal baru terjadi dengan si buah hati.

Hal-hal ini seringkali menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap orangtua. Menjadi saksi sekaligus pendamping si buah hati dalam tumbuh kembangnya, tentu menjadi hal yang menyenangkan dan mendebarkan. Betapa tidak, rasanya hampir setiap saat bunda dikejutkan dengan perubahan dan tumbuh kembang si kecil yang semakin hari semakin tumbuh pesat. Hal inilah yang membuat ikatan orangtua bersama dengan si buah hati semakin erat dan tak terpisahkan.

Sejak dilahirkan ke dunia, si kecil terus bertumbuh menjadi seorang bayi lucu dengan segudang kemampuan yang akan siap dieksplor seiring dengan tumbuh besarnya yang begitu cepat. Bila sewaktu masih bayi gizi dan nutirisi yang diperlukan oleh si kecil hanya diperolehnya dari ASI, saat usianya udah cukup besar dan cukup siap, maka makanan pendamping ASI akan dapat ibu berikan pada mereka.

Ya, momen memberikan makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya pada si

Continue Reading

Tips Menyimpan Makanan Bayi Agar Lebih Awet

'Gampang-gampang susah', itulah dia kalimat yang mungkin akan banyak disetujui para ibu yang memiliki bayi dirumah ketika harus mengurus makanan untuk diberikan pada bayi tercintanya. Jam makan yang terhitung lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa membuat para ibu harus mau tidak mau tetap meracik dan menyiapkan makanan bayi ketika jam makannya tiba. Sebab daya tahan tubuh bayi terhitung lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa, untuk itu mengolah sendiri dan meracik sendiri makanan bayi tentunya akan lebih aman diberikan pada bayi. Sebab kita dapat mengontrol komposisi serta gizi harian yang dibutuhkan oleh bayi. ( Baca : Vitamin dan Nutrisi Tambahan Untuk Bayi )

Hanya saja porsi makan bayi yang begitu sedikit sepertinya akan cukup merepotkan ibu jika setiap jam makannya tiba, ibu harus ke dapur dan mulai menyiapkan serta memasak makanan bayi. Mungkin banyak diantara ibu yang memilih mempekerjakan pembantu rumah tangga atau baby sitter, sehingga mereka dapat membantu ibu

Continue Reading

Memilih Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi

Periode masa bayi merupakan periode emas. Artinya, masa tersebut merupakan masa dimana orang tua memiliki peluang untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Hal ini dapat diwujudkan dnegan melakukan berbagai upaya. Seperti salah satunya adalah melalui pola asupan makanan bayi.

Pada masa bayi, anak-anak harus memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya, hal ini semata-mata bertujuan agar pertumbuhan serta perkembangan bayi menjadi lebih optimal. Hingga usai minimal 6 bulan, kebutuhan gizi bayi masih dapat terpenuhi dengan pemberian ASI dari ibunya. Namun secara umum, setelah melewat masa tersebut, bayi akan mulai membutuhkan makanan pendamping yang sesuai dengan pencernaannya. Dengan demikian inilah waktu yang tepat untuk para ibu agar dapat memperkenalkan makanan bayi 6 bulan yang sehat untuk diberikan kepada si buah hati sebagai makanan pendamping ASI nya.

Memilih makanan sehat untuk bayi secara rutin mungkin dapat menjadi hal yng cukup membingungkan, terutama untuk ibu yang baru melahirkan. Kerap kali para

Continue Reading

Daftar Makanan Penambah Bobot Tubuh Bayi

Setiap orang tua tentunya menginginkan jika buah hatinya tumbuh aktif, cerdas dan sehat tanpa gangguan atau keluhan sedikitpun. Bayi dengan bobot tubuh yang tambun seringkali menjadi indikator bayi yang sehat. Selain itu, bayi dengan bobot tubuh yang besar kerap kali menggemaskan jika dilihat. Itulah mengapa banyak orangtua yang berlomba-lomba melakukan segala upaya demi untuk menaikan bobot tubuh bayinya.

Hal ini tentunya berbeda jika anda memiliki bayi yang kurus, selain mengkhawatirkan anda tentu cemas akan kondisi kesehatannya. Untuk itu, penting sekali mengupayakan segala macam cara untuk meningkatkan bobot tubuh si bayi. Salah satu cara untuk meningkatkan bobot tubuh bayi yang baik adalah dengan memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi bayi. ( Artikel menarik lainnya: Perlengkapan Bayi )

Sebab asupan yang ia konsumsi akan berpengaruh dan menentukan bobot tubuhnya. Bayi yang sudah diberikan sembarang makanan diusianya yang masih bergitu dini tentu akan berdampak buruk terhadap sistem pencernaan, bukan membuat bobot tubuhnya

Continue Reading

Kapan Bayi Boleh Diberi Ikan?

Setiap kondisi bayi berbeda-beda. Begitupula ketika anda memberikan Makanan Pendamping ASi (MPASI) pertama kalinya pada bayi. Ada bayi yang dapat menerima langsung dengan tekstur dan rasa yang baru adapula yang membutuhkan waktu adaptasi sehingga seringkali bayi menolak.

Selain Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang harus diperhatikan adalah bahan makanan pada bayi. Pada pemberian pertama MPASI, bahan makanan harus diperhatikan baik dari segi kebersihan, kehigenisan, tekstur atau rasa. Pertama kali anda memperkenalkan MPASI pada bayi usahakan memperkenalkan sayuran karena rasa sayuran yang tawar akan lebih sulit diterima bayi ketimbang buah-buahan walaupun demikian buah-buahan tetap diberikan.

Selain itu pemberian bahan makanan bayi harus diperhatikan, anda dapat memantau dan membuat catatan kecil menu makanan bayi anda sehingga apabila anak anda mengalami alergi dapat terpantau penyebabnya. Mengenai alergi pada bayi seringkali disebabkan oleh kacang-kacangan, susu atau ikan. Untuk mengurangi resiko alergi pada bayi kapan waktu yang tepat mengenalkan ikan pada bayi ?

Anda dapat

Continue Reading

Manfaat Apel dan Ubi Dalam Makanan Bayi

Makanan bayi merupakan nutrisi yang diberikan berupa bahan makanan yang diolah (dihaluskan, dikukus atau direbus). Makanan bayi kini bervariasi, anda dapat mengolahnya sendiri, memesan pada beberapa catering khusus makanan bayi atau membeli yang instan.

Sebenarnya membuat makanan bayi sangat mudah untuk anda buat di rumah. Dengan pilihan bahan-bahan yang bervariasi akan menambah kecukupan gizi pada bayi anda. Kali ini kami akan memperkenalkan dua bahan yang dapat dijadikan makanan bayi yaitu apel dan ubi.

Apel

Siapa yang tidak mengenal buah apel, semua pasti setuju bahwa buah yang memiliki kulit merah, hijau atau kuning memiliki kandungan gizi yang baik, terlebih untuk dijadikan bahan makanan bayi. Kandungan serat pada buah apel dapat membantu bayi anda dalam menjaga keteraturan usus, kanker usus besar dan divertikulosis. Serat larut pada buah apel berguna untuk mencegah kolestrol sedangkan serat yang tidak larut akan membantu dalam pengaturan buang air besar.

Pemberian buah apel pada bayi dapat diberikan

Continue Reading

Manfaat Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan sumber nutrisi yang dapat melengkapi kecukupakan gizi setiap bayi. Sehingga pilihan bahan makanan yang tepat sangat disarankan untuk memberikan variasi nutrisi. Dengan variasi nutrisi pada menu MPASI maka akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu akan menunjang kesehatan bayi. Sudahkah anda memperhatikan menu bahan makanan bayi?

Kali ini kami akan mengupas manfaat beras merah sebagai makanan pendamping ASI. Beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk bahan makanan bayi karena mengandung beragam zat untuk nutrisi bayi, seperti apa manfaat nya. Berikut ini ulasan mengenai manfaat beras merah sebagai makanan pendamping ASI. (Baca juga : Makanan bayi 6 bulan)

Beras merah memiliki manfaat yang lebih unggul dibandingkan dengan beras putih. Manfaat beras merah untuk bayi diantaranya karena kandungan dari beras merah yaitu vitamin B1, B12 dab B6 yang cukup tinggi sehingga mampu membantu dalam proses perkembangan dalam pembentukan energi di dalam sel tubuh bayi. ( Artikel

Continue Reading

5 Jenis Buah-Buahan pada Tahap Memperkenalkan MPASI

Buah merupakan sumber vitamin yang baik bagi bayi anda. Pada masing-masing buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Masing masing vitamin mempunyai manfaat bagi tubuh bayi. Meskipun pada dasarnya buah memberikan manfaat yang baik untuk bayi anda akan tetapi seringkali anda kebingungan dalam memberikan buah pada tahap memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Menurut ahli gizi bahwa semua buah memiliki manfaat yang bagus untuk bayi hanya saja dalam pemberian buah harus disesuaikan dengan usia bayi. Buah dapat mulai diberikan pada bayi usia 6 bulan. Pada usia ini kematangan pencernaannya sudah dapat mendukung pemberian buah. Baca: Makanan bayi 6 bulan

Nah, kali ini kami akan berbagi mengenai jenis buah yang dapat diperkenalkan dalam tahap MPASI pertama (makanan bayi 6 bulan). Meskipun pada dasarnya buah dapat diberikan pada bayi akan tetapi anda harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya tekstur. Pertama kali dalam mengenalkan buah sebaiknya buah yang memiliki tekstur yang lembut dan anda dapat

Continue Reading

Makanan Padat Benutrisi dan Bergizi Untuk Bayi

Memberikan makanan padat pada usia yang tepat merupakan salah satu cara terbaik dalam memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh bayi anda dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.Sehingga pada usia enam bulan, bayi tidak hanya membutuhkan ASI melainkan tambahan makanan untuk pendamping ASI. Meskipun pemberian ASI harus tetap berjalan hingga usia bayi anda dapat melepas ASI.

Dalam mengenalkan nutrisi makanan pada bayi sebaiknya anda kenali tekstur dan rasa apalagi untuk bayi yang baru diperkenalkan pada makanan pendamping ASI. Pertama kali anda memberikan makanan pendamping ASI mungkin bayi anda akan menimbulkan reaksi dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Dalam perkenalan makanan pendamping ASI maka anda dapat mengenalkan dengan berbagai cara salah satunya dengan memperbanyak variasi sayur, buah, protein, karbohidrat dan lemak sehat. (Baca juga: Makanan bayi)

Untuk membantu anda dalam menyajikan makanan pendamping ASI maka anda dapat mengikuti panduan makanan padat yang bergizi untuk bayi berikut ini :

1.    Alpukat

Tekstur alpukat yang lembut

Continue Reading

Tips Sebelum Memberikan Makanan Pendamping ASI

Kini usia bayi anda telah memasuki 6 bulan, pada usia 6 bulan bayi anda tidak hanya mendapatkan nutrisi dari ASI melainkan dari makanan bayi 6 bulan sebagai pendamping yang dikenalkan pada bayi anda. Makanan pendamping ASI yang pertama kali dikenalkan pada bayi seringkali membuat bayi anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Pemberian makanan pendamping ASI memang sangat menentukan kebutuhan nutrisi sesuai dengan usia bayi anda. Meskipun demikian tidak semua bayi dapat menerima pemberian makanan pendamping ASI pertama kali, mungkin beberapa reaksi bayi bisa terjadi. Pada permulaan mengenalkan makanan pendamping ASI seringkali bayi bereaksi seakan penolakan. Reaksi yang mungkin ditimbulkan bayi adalah dengan menjulurkan lidah, menahannya di mulutnya, bahkan hingga memuntahkan. Pada dasarnya ini bukan sebuah penolakan akan tetapi proses adaptasi yang diberikan bayi terhadap makanan yang baru dikenalnya. (Artikel menarik lainnya: Nama Bayi Laki-Laki)

Pada kesempatan kali ini kami akan membantu anda dalam mempersiapkan diri dalam pemberian makanan pendamping ASI

Continue Reading

Pilihan Makanan Bergizi Untuk Balita

Makanan merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan, makanan bayi sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak anda. Makanan yang bergizi yang anda berikan pada anak anda mampu mengoptimalkan kemampuan anak anda sesuai dengan usianya sedangkan untuk makanan yang tidak sehat hanya membuat kesehatan anak anda bermasalah.

Menjaga asupan makanan yang sehat dapat dimulai semenjak dari usia balita. Anda sebagai orang tua harus selektif dalam memilih bahan bahan makanan untuk makanan balita anda. Bahan makanan yang membuat sehat anak anda dapat dengan mudah anda dapatkan, sebut saja berbagai jenis sayuran dan jenis buah yang beranekaragam yang memiliki nilai gizi dan manfaat yang berbeda.

Makanan yang bergizi untuk anak anda harus memiliki unsur-unsur yang memenuhi kebutuhan gizi hariannya selain itu juga makanan tersebut harus seimbang. Berikut adalah makanan bergizi untuk anda terdiri dari karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, apalagi dalam usia balita sangat aktif melakukan aktivitas sehingga kebutuhan

Continue Reading

Kacang Polong Sebagai Sumber Protein Potensial Untuk MPASI

Pemberian kacang-kacangan pada makanan pendamping asi seringkali ditangguhkan dikarenakan dikhawatirkan bayi anda akan mengalami alergi pada jenis kacang yang diberikan. Padahal bagi anda yang tidak memiliki riwayat kesehatan di garis keturunan yang menyatakan alergi kacang, sebaiknya anda mencoba memberikan kacang minimal pada usia 6 bulan. Tentu saja pemberiannya harus dalam tekstur yang lembut dan disesuaikan dengan pencernaan bayi anda, sehingga bisa di jadikan sebagai makanan bayi 6 bulan.

Keunggulan dari kacang kacangan selain memiliki rasa yang gurih dan dinikmati oleh bayi anda, ternyata menyimpan kandungan protein potensial yang bermanfaat untuk kesehatan bayi anda. Kandungan protein yang terkandung di dalam kacang kacangan kurang lebih 8-17%, kandungan zat besi rata rata 1-5 mg/100 gram dan yang terakhir adalah kalsium 14-102 mg/100 gram.

Disarankan makanan pendamping asi pada bayi anda menggunakan kacang polong yang merupakan jenis kacang yang memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk bayi. Kacang polong mengandung protein yang tinggi, kandungan

Continue Reading

Meningkatkan Nafsu Makan Bayi dengan Variasi Makanan Bergizi

Seringkali bayi memainkan makanan yang sedang dikunyahnya, bahkan beberapa bayi menolak pemberian makanan pendamping ASI dan lebih memilih ASI saja sebagai sumber untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Kondisi seperti ini seringkali ditangkap oleh orang tua sebagai hilangnya nafsu makan bayi terhadap makanan terutama menu MPASI. Salah satu cara yang aman adalah dengan memvariasikan makanan untuk bayi anda sehingga mengenal berbagai jenis rasa. Memasuki usia 6 bulan, bayi tidak saja membutuhkan asi dalam melengkapi kebutuhan nutrisinya melainkan makanan pendamping asi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi sesuai dengan perkembangannya. Pemberian ASI pada bayi yang telah mendapatkan MPASI disesuaikan dengan keinginan bayi, hal ini dikarenakan kandungan gizi pada asi sudah dapat dibantu dengan adanya MPASI.

Peranan MPASI berpengaruh besar dalam perkembangan bayi terutama dalam memberikan energi dan zat gizi yang dibutuhkan bayi, kemudian juga membantu bayi beradaptasi dengan makanan yang mengandung kadar energi yang tinggi dan mengembangkan kemampuan makanan untuk mengunyah. Tantangan yang

Continue Reading

Tips Memilih Makanan untuk Balita yang Menderita Diare

Kondisi kesehatan bayi anda memang sangat diperhitungkan, perubahan kondisi dari keadaan biasanya sering kali membuat anda cemas. Begitu juga ketika bayi anda mengalami gangguan pencernaan yang berhubungan dengan buang air besar yang lebih sering atau dikenal dengan diare. Diare pada dasarnya bukan penyakit, melainkan salah satunya dikarenakan keracunan makanan. Bahkan beberapa bayi dapat mengalaminya secara berulang atau diare kronis yang akan mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi. Umumnya, anak yang mengalami diare sering kali disertai dengan muntah. Meskipun ini umum terjadi akan tetapi apabila dibiarkan akan menggangu kesehatan yang lebih kronis. Penting untuk membedakan antara muntah dan gumoh. Gumoh sering kali terjadi pada masa bayi yang disebabkan isi perut terlalu banyak menampung makanan sedangkan muntah adalah kelainan struktural yang ditandai dengan adanya dorongan kuat dari isi lambung. Bagi balita yang sedang menderita diare anda dapat memberikan pertolongan pertama berupa larutan oralit untuk mencegah dehidrasi pada balita, selain itu dikarenakan diare lebih banyak

Continue Reading

Kenali Tahapan Ideal Pemberian Makanan Bayi

Proses penting dalam perkembangan bayi adalah dengan membiasakan pola makan yang baik dan sehat. Dua faktor penting dalam memperkenalkan makanan pada bayi adalah usia bayi dan jenis makanan yang diberikan. Hal ini terkait dengan waktu dan jenis yang tepat untuk mengurangi resiko kehilangan zat gizi bayi. Pemberian makanan kepada bayi diberikan secara bertahap dengan variasi bahan, rasa dan juga tekstur. Tahapan ideal dalam pemberian makanan bayi adalah sebagai berikut :

1.    Bayi berusia 6 bulan

Pada awal pemberian makanan pendamping asi sebaiknya memberikan dalam porsi kecil, bahkan tekstur makanan pendamping asi dalam hari hari pertama harus lebih cair menyerupai ASI. Hal ini untuk membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan makanan barunya sehingga tidak merasa asing dengan makanan baru. Salah satu kondisi yang memungkinkan adalah bayi menolak pemberian makanan pada tahap awal pemberian makanan pendamping asi, berikan secara pelan-pelan jangan menunda bayi anda lapar atau juga masih kenyang. Hal ini

Continue Reading

Bolehkah Makanan Bersantan untuk Bayi?

Setelah usia bayi anda 6 bulan, pemberian makanan pendamping asi diberikan untuk memperkenalkan beberapa nutrisi yang terkandung di dalam bahan-bahan makanan, selain itu pemberian MPASI akan mengalami perubahan tekstur dari bubur saring menuju nasi sesuai dengan tahapan usia, hal ini penting untuk menyesuaikan pencernaan dengan usia bayi. Begitupula dengan memberikan beragam makanan bayi 6 bulan, meskipun sebaiknya anda selektif. Tidak saja selektif dalam memilih bahan makanan untuk bayi, anda juga harus memperhatikan tambahan (bumbu-bumbu) yang digunakan, pada awal pemberian MPASI tidak diperlukan tambahan gula dan garam dikarenakan terlalu banyak penyedap dalam MPASI akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi anda. Bagaimana dengan penambahan santan pada MPASI bayi? (Artikel lainnya: Makanan bayi)

Santan atau cairan putih kental yang dihasilkan dari kelapa mempunyai kandungan lemak yang dapat membuat makanan terasa gurih. Santan dapat dijadikan tambahan ketika memasak atau membuat kue. Meskipun rasa gurih secara alami dari kelapa akan tetapi pencernaan bayi masih belum

Continue Reading

5 Tips Mengenalkan Finger Food Untuk Bayi

Pada saat bayi berusia 9 bulan, kebanyakan bayi telah mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, gerakan yang tepat diperlukan untuk mengambil potongan-potongan makanan kecil dalam usahanya makan sendiri. Beberapa keterampilannya dalam memegang makanan akan berlangsung secara perlahan. Sebaiknya anda membiarkan usahanya sendiri agar terbiasa untuk memegang makanan tersebut.

Dalam menunjang keterampilan anak anda untuk makan sendiri, anda dapat memberikan finger food. Sebenarnya finger food tidak asing lagi, yaitu makanan bayi yang dapat dipegang oleh bayi secara mandiri sehingga mampu melatih kemampuan makan sendiri. Meskipun pada tahap awal, bayi anda akan mengalami kesulitan dalam menghabiskan porsi makannya. Sehingga anda dapat memakluminya sebagai proses belajar self regulation.

Dalam memberikan finger food pada bayi, anda dapat memilih beberapa jenis makanan yang kecil seukuran jari tangan sehingga memudahkan bayi anda dalam memakannya tanpa bantuan orang lain.Meskipun finger food tidak dapat menjadi penentu asupan gizi yagn baik akan tetapi fungsi utama dari finger food sendiri

Continue Reading

Pentingnya Mengatur Pola Makan sejak Bayi

Sebagai ibu mungkin anda akan merasa bangga ketika melihat si bayi tubuh dengan sehat. Berikan kebiasaan baik pada anak anda dengan memberikan pola makan sehatmakan sehat. Food Combining dapat membuat tubuh bayi anda bekerja dengan optimal. Kenapa demikian? Ada hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan pola makan pada anak. Salah satunya ialah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap, bahan pengawet, dan pewarna. Makanan bayi yang harus dikaji ulang dan harus dipertahankan adalah sebagai berikut :

1.    Pure buatan sendiri memang dianggap baik dari pada pure dalam kemasan. Pure yang dibuat oleh senidri lebih baik dari pure kemasan, selain menggunakan bahan-bahan yang alami, kebersihannya pun terjamin. Akan tetapi, memberikan pure kemasan pada anak juga tidak salah. Asal anda memastikan bahan yang terkandung dalam kemasan dan tidak terdapat bahan pengawet, penyedap rasa, tambahan gula dan garam. Selain itu cek selalu tanggal kadaluarsa pasa makanan.

2.    Kenalkan sayur terlebih dulu sebelum

Continue Reading

Daging Merah untuk Makanan Bayi

Selain memiliki cita rasa yang enak, daging juga mengandung banyak manfaat. Namun apakah daging ini bisa jika diberikan pada bayi? Daging dapat diberikan kepada bayi sejak ia telah diberikan makanan pendamping oleh sang ibu. Namun, walaupun begitu mengingat daging ini memiliki begitu banyak protein yang jika tidak diperhatikan dapat membebani ginjal. Maka berikan secara bertahap sesuai dengan usia bayi.

Daging ayam atau daging sapi? Daging ayam dan daging sapi ini sama-sama memiliki manfaat yang banyak. dalam pengolahan daging ini yang terpenting daging diolah sehalus mungkin agar zat besi dari daging tersebut mudah diserap oleh bayi. Pastikan dalam memasak, daging ini matang tapi tidak terlalu matang yang dapat merusak rasa asli dari daging tersebut. Selain ayam dan sapi, daging bebek serta daging kalkun dapat diberikan untuk bayi. Daging adalah salah satu media untuk bakteri berkembangbiak. Dengan demikian perkecil risiko kontaminasi oleh bakteri pada makanan lainnya, dengan melakukan:

  1. Menggunakan talenan dan

Continue Reading

Bolehkah Gula dan Garam untuk MPASI?

Menurut hasil dari penelitian yang telah dilakukakan, menunjukan bahwa tidak perlu menambahkan garam pada makanan bayi. Bolehkah jika bubur bayi ditambahkan garam? Sebaiknya jangan! Sebab, bayi masih sangat sensitif terhadap garam. Tekanan darah bayi dapat melonjak tinggi, pada saat bayi menerima garam yang bersal dari makanannya. Dampak yang dirasakan itu berlangsung lama. Di tahun yang pertama, sebaiknya anda tidak sama sekali memberikan garam pada makanan bayi. Sebenarnya pada ASI, kacang-kacangan, sayur dan daging itu telah mengandung kadar garam yang alami demi mencukupi semua kebutuhan pada bayi.

Haruskah bayi diberikan makanan yang hambar? Sebenarnya makanan bayi tidaklah terasa hambar, namun dikarenakan selera kita yang telah terbiasa merasakan asin maka bubur bayi terasa hambar. Sementara bayi itu sendiri, langit-langit pada mulutnya belum mengalami perkembangan yang sempurna sehingga dia tidak terlalu preferensi terhadap rasa asin. Jadi, makanan yang terasa hambar oleh kita, sebenarnya terasa enak bagi bayi itu sendiri. Dapatkah ginjal bayi memproses

Continue Reading

Mitos Tentang Makan Bayi

Beberapa ibu lebih memberikan makanan bayi yang instan dengan label gizi yang lengkap ketimbang membuatnya sendiri. Beberapa ibu merasa bahwa makanan pendamping ASI pendamping ASI yang telah dikemas lebih praktis dan disukai oleh bayi. Padahal sebelum anda memilih makanan untuk bayi sebaiknya anda memperhatiakan piramida makanan begitu pula bila anda akan memberikan MPASI MPASI yang instan. Merawat bayi memang tidak lepas dari mitos diantaranya adalah mitos tentang makan bayi yang beredar di masyarakat, bahkan beberapa masyarakat masih mempercayainya.

Berikut adalah beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai makan bayi :

1.  Bayi dapat diberikan makanan meskipun belum berusia 6 bulan apabila bayi sudah nampak menginginkan makanan disekitarnya. Padahal berdasarkan penelitian para ahli sebelum usia 6 bulan pencernaan bayi belum siap sehingga dapat mengakibatkan resiko seperti sembelit ataupun alergi makanan.

2.  Bagi bayi yang telah senang memasukan jari tangan ke dalam mulutnya berarti telah siap mencerna makanan. Faktanya setiap bayi mengalami fase oral sehingga

Continue Reading

6 Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi

Mengamati perkembangan bayi anda hingga kini beranjak memasuki fase baru dalam pertumbuhannya dimana bayi yang memasuki usia enam bulan dapat menerima makanan pendamping ASI. Pada usia enam bulan sistem pencernaannya telah sempurna sehingga mampu menerima asupan nutrisi selain dari ASI. Secara fisik bayi yang telah siap menerima makanan pendamping asi ditandai dengan kekuatan kepala yang sudah mulai stabil dalam posisi tegak kemuidan kemampuan menyimpan makanan di dalam mulut bayi yang kemudian ditelan dan biasanya sudah dapat duduk dengan bersandar, hal ini berhubungan dengan proses menelan yang baik dengan posisi yang tegak akan memudakan proses menelan pada bayi kemudian juga secara psikis bayi telah merasakan ketertarikan pada makanan tertentu dan tidak kenyang dengan asupan asi yang diberikan sehari. Meskipun bayi anda telah mendapatkan makanan bayi 6 bulan sebagai pendampinga asi akan tetapi beberapa hal harus anda lakukan diantaranya adalah dengan memberikan adaptasi pada saluran pencernaan bayi anda dalam menerima makanan yang

Continue Reading

Pentingnya Sayuran Untuk Dikonsumi Anak

Ikan yang kaya omega 3 dan juga makanan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan terhadap sang anak, tetapi disamping itu kita selaku orang tua sudah seharusnya anak-anak kita membiasakan makananan sayuran, karena sayuran dapat membuat perkembangan anak menjadi sangat baik, meskipun terkadang sayuran sangat tidak disukai oleh anak anak karena rasa, bentuk dan warna. Membiasakan dan memperkenalkan sayuran sejak usia dini nantinya akan terbiasa sampai mereka menjadi tumbuh dewasa karena dengan mengkonsumsi sayuran terdapat  kandungan zat-zat yang sangat baik dan juga dapat menurunkan resiko penyakit berat seperti jantung dan kanker

Ada 5 alasan kenapa anak harus mengkonsumsi sayuran :

  1. Didalam sayuran terdapat kandungan vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh
  2. Penyakit  yang  pada umumnya menyerang anak-anak biasanya adalah penyakit diabetes tipe 2, karena itu sayuran sangat lah penting serta buah-buahan dimana banyak kandungan ataupun zat yang

Continue Reading

Makanan Bayi: Tips Aman Membuat Sendiri Makanan Bayi

Anda dapat dengan aman dan mudah membuat makanan bayi anda sendiri dengan sedikit waktu dan usaha. Makanan bayi buatan sendiri merupakan pilihan alternatif yang paling sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan bayi yang sering diiklankan dan hasilnya adalah sebuah susunan makanan enak yang tidak dapat anda dapatkan ketika menggunakan kaleng-kaleng makanan yang diiklankan. Berbeda dengan yang orang kira sebelumnya, membuat makanan bayi sendiri ternyata sangat aman ketika anda mengikuti beberapa langkah-langkah yang mudah.

Salah satu yang dimiliki perusahaan makanan bayi dan yang tidak bisa anda miliki adalah peralatan untuk membuat makanan bayi tersebut steril dan bersih. Namun bukan berarti anda tidak bisa menjaga makanan bayi anda dari kuman atau kotoran-kotoran yang mungkin muncul pada makanan bayi yang anda buat sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal mudah dan cepat yang bisa anda lakukan untuk memastikan makanan bayi yang anda buat aman untuk dikonsumsi.

Persiapan – Anda, Tempat dan Alat-alat

Selalu pastikan

Continue Reading

Tips Mengatur dan Menyiapkan Makanan Sehat Bagi Bayi

Bayi memiliki perut yang masih kecil dan belum terlalu kuat. Setiap makanan yang masuk ke perutnya harus kita atur baik-baik. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menyiapkan dan mengatur makanan bayi, antara lain usia si kecil, cara mengolah makanan, dan kandungan gizinya. Mari kita bahas satu persatu, dimulai dari usia bayi. Setiap tahapan usia bayi memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Pada usia 0-6 bulan, bayi hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan cair, yaitu ASI. Selanjutnya masuk usia 6-12 bulan, kita sudah boleh memberikan makanan lembut dan semi-padat seperti bubur dan pisang. Lepas usia satu tahun, kita sudah lebih leluasa memberikan variasi makanan kepada si bayi, misalnya potongan buah atau sayuran. Yang perlu diingat selalu perhatikan higienitas makanan tersebut.

Higienitas bisa didapat sejak Anda memilih bahan makanan si kecil. Akan lebih baik jika Anda memasak sendiri menu yang Anda sajikan

Continue Reading

  • 1
  • 2
Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us