data-ad-format="auto"

Daftar Makanan Penambah Bobot Tubuh Bayi

Setiap orang tua tentunya menginginkan jika buah hatinya tumbuh aktif, cerdas dan sehat tanpa gangguan atau keluhan sedikitpun. Bayi dengan bobot tubuh yang tambun seringkali menjadi indikator bayi yang sehat. Selain itu, bayi dengan bobot tubuh yang besar kerap kali menggemaskan jika dilihat. Itulah mengapa banyak orangtua yang berlomba-lomba melakukan segala upaya demi untuk menaikan bobot tubuh bayinya.

Hal ini tentunya berbeda jika anda memiliki bayi yang kurus, selain mengkhawatirkan anda tentu cemas akan kondisi kesehatannya. Untuk itu, penting sekali mengupayakan segala macam cara untuk meningkatkan bobot tubuh si bayi. Salah satu cara untuk meningkatkan bobot tubuh bayi yang baik adalah dengan memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi bayi. ( Artikel menarik lainnya: Perlengkapan Bayi )

Sebab asupan yang ia konsumsi akan berpengaruh dan menentukan bobot tubuhnya. Bayi yang sudah diberikan sembarang makanan diusianya yang masih bergitu dini tentu akan berdampak buruk terhadap sistem pencernaan, bukan membuat bobot tubuhnya naik, namun malah bencana yang didapatnya akibat sistem pencernaannya yang terganggu. Untuk itu, selektif memilah makanan yang tepat untuk menaikan bobot tubuh bayi haruslah anda perhatikan dengan baik.

Nah, berikut ini ada beberapa daftar makanan yang bisa ibu berikan untuk meningkatkan bobot bayi agar lebih dari angka sebelumnya. Seperti apa? kita simak berikut ini.

1. Berikan Asupan ASI yang Berkualitas

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Untuk meningkatkan bobot tubuh pada bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan, solusi satu-satunya adalah dengan meningkatkan pemberian ASI yang berkualitas. ASI yang berkualitas bisa didapatkan  dari hasil asupan makanan bergizi yang disantap oleh ibunya. Untuk itu, perhatikan dan lengkapi asupan nutrisi harian ibu untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Selain itu, hindari pula tekanan yang dapat menyababkan ibu terkena stres, sebab stres dapat mempengaruhi prosuksi ASI. (Artikel terkait: Makanan bayi)

2. Gandum

Makanan yang dibuat dengan campuran gandum atau biji-bijian mengandung jumlah kalori yang baik dan juga menjadikan makanan sehat untuk diberikan kepada bayi anda. Selain itu sebuah pusat kesehatan bayi menganjurkan bahwa dengan mencampur bahan makanan yang digabung bersama dengan biji-bijian akan dapat meningkatkan jumlah kalori untuk bayi setiap hari. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mulai menyajikannya untuk si kecil seperti membuat pancake yang dibuat dari tepung gandum dan dicampur bersama kacang-kacangan.

3. Berikan Sayur dan Buah

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung sejumlah kalori per porsi yang lebih besar dan membantu bayi anda mendapatkan bobot tubuh serta asupan nutrisi yang seimbang. Salah satu jenis buah-buahan yang terbilang cepat dalam menaikan berat badan bayi adalah alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi yang sehat dengan jumlah kalori yang tepat. Namun demikian, masih ada banyak buah lain yang juga memiliki nutrisi yang tak kalah penting seperti misalkan pisang dan buah pir yang memiliki kandungan kalori yang baik untuk bayi. Sementara itu untuk menghidangkan sayuran pada buah hati, anda bisa menghidangkannya bersama dengan satu sendok teh minyak zaitun atau mentega ketika memasak sayuran hal ini bertujuan untuk menambah kandungan lemak.

Demikian beberapa daftar makanan yang dapat menambah bobot tubuh bayi. Memilih makanan yang tepat untuk menaikan bobot tubuh bayi adalah hal yang penting agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan apa yang diharapkan serta kesehatan si kecil dapat terjaga dengan baik. Baca juga: Makanan Bayi 6 Bulan.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us