data-ad-format="auto"

Pengetahuan Kehamilan

Kategori artikel yang berisi seputar informasi seluk beluk yang berhubungan dengan kehamilan. Bermanfaat untuk menambah wawasan seputar kehamilan

Kehamilan Usia Dini | Faktor, Resiko & Cara Mengatasi

Saat ini marak sekali dengan fenomena kehamilan usia dini yang menambah angka kematian bayi dan ibu dibawah usia 18 tahun. Pasalnya, seorang remaja yang berusia muda sangat beresiko meninggal dunia ketika proses kehamilan dan persalinan dibanding wanita yang berusia 20 tahun keatas.

Perkawinan usia dini saat ini memang dipicu oleh berbagai hal dan merupakan sebuah bukti kurangnya kesadaran masyarakat dan pengetahuan akan hal ini. Tentunya, perkawinan dini menyebabkan angka kehamilan usia dini meningkat. Terdapat beberapa faktor penyebab kehamilan usia dini diantaranya minimnya pengetahuan biologis tentang resiko hamil usia dini baik anak ataupun orang tua, akibat seks bebas, dan lain sebagainya. Kehamilan usia dini akan berdampak pada perubahan tubuh seorang wanita seperti panggul dan rahim yang tentu secara medis belum siap untuk dibuahi.

 

Faktor-Faktor Penyebab Kehamilan Usia Dini

Tentunya, ada beberapa hal yang mendukung suatu masalah tersebut terjadi baik faktor eksternal maupun faktor eksternal. Begitupula dengan faktor penyebab kehamilan usia

Continue Reading

Cara Menghindari Toksoplasma dari Kucing Saat Hamil

Kehamilan memang menjadi berita gembira untuk setiap wanita yang sudah menikah. Bagaimana pun kehadiran seorang buah hati ditengah bahtera rumah tangga yang dibina bersama dengan pasangan, akan senantiasa melengkapi kebahagian tersebut. Itulah mengapa banyak pasangan akan melakukan banyak cara untuk bisa mewujudkan impian kehamilan dengan segera.

Kehamilan yang akhirnya dapat anda gapai, sebaiknya dijaga dan dirawat dengan baik. Karena kelahiran bayi yang sehat pada dasarnya ditentukan dari seberapa berkualitas perawatan kehamilan yang dilakukan oleh seorang wanita.

Ibu hamil tentu memiliki banyak pertanyaan selama kehamilan. Kekhawatiran ini terjadi semata dilakukan demi menjaga kesehatan janin didalam perut agar senantiasa terjaga dengan baik. Salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan selama hamil adalah kegiatan bermain bersama dengan kucing.

Lalu bolehkah main kucing saat hamil? Jawabannya tentu boleh. Jika anda memelihara atau main kucing pada saat hamil, dan mitosnya akan berdampak buruk terhadap kehamilan. Maka mari kita simak beberapa informasinya dibawah

Continue Reading

Para Ayah Sebaiknya Waspada, Tidur Terlalu Larut Bisa Rusak Kualitas Sperma

Pada takaran rata-rata seorang pria akan menghasilkan setidaknya sebanyak 525 miliar sel sperma seumur hidupnya. Dan umumnya mereka melepaskan setidaknya sebanyak satu miliar diantaranya setiap bulannya. Seorang pria dewasa yang sehat akan melepaskan sebanyak 40 juta dan 1,2 miliar sel sperma dalam satu kali ejakulasi.

Sayangnya, meski seorang pria dapat menghasilkan jutaan sperma dalam perharinya. Namun pada umumnya kualitas dari sperma akan sangat bergantung pada faktor eksternal. Salah satunya adalah gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan.

Nah, untuk anda para ayah yang seringkali tidur larut malam atau terjaga hingga dini hari karena beberapa urusan. Maka sebaiknya perhatikan masalah ini dengan seksama.

Tidur terlalu larut atau kebiasaan bergadang akan berdampak kurang baik untuk kesehatan. Hal ini pengaruhnya akan secara langsung merusak kualitas sperma anda. Baca juga: 10 Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Sehat

 

Mengapa Kurang Tidur Dapat Merusak Kualitas Sperma Pria?

Sebagaimana dilansir dari

Continue Reading

Bolehkah Memulai Program Hamil dalam Kondisi Depresi?

Kehamilan tentu menjadi hal yang didamba banyak pasangan yang sudah menikah. Kehadiran seorang anak didalam rumah tangga bukan hanya sebagai penerus garis keturunan kedua orangtuanya. Namun lebih kepada pelengkap dan anugerah yang besar yang Tuhan berikan untuk anda dan pasangan. Tak heran bila banyak orang akan rela melakukan banyak hal agar impian untuk menimang buah hati dapat segera terwujud dalam waktu yang dekat.

Memulai program hamil pada seorang wanita perlu dipersiapkan dengan baik. Mulai dari pemerhatian gizi, asupan makanan sampai dengan kesiapan mental dan fisik baik dari suami maupun sang istri.

Pasangan suami istri yang hendak merencanakan kehamilan perlu jauh-jauh dari yang namanya stress atau depresi. Hal ini dikarenakan pada umumnya dua hal ini akan erat kaitannya dengan faktor yang menentukan kesuburan.

Akan tetapi, karena beberapa alasan tertentu terkadang banyak pasangan yang ingin segera mewujudkan impian kehamilannya. Bahkan pada saat mental mereka tengah carut marut. Seperti munculnya

Continue Reading

Persiapan Penting yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil yang Hendak Ikuti Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan tinggal menghitung hari namun persiapan dan sensasi bulan puasa sudah mulai dirasakan saat ini. Terlihat perubahan ini dengan banyaknya penjual kurma yang mulai menjajakan dagangannya. Penjual petasan yang mulai mengiasi warung-warung kecil. Juga supermarket dan mini market yang mulai mengeluarkan stok kue kaleng dan pelengkapan puasa yang mulai disusun dengan rapi.

Bulan puasa adalah bulan dimana seluruh umat muslim di dunia khususnya mereka yang sudah baligh dan mampu diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Dari mulai waktu fajar sampai dengan tenggelam matahari di waktu adzan magrib.

Mereka yang menjalani puasa tidak diperbolehkan makan dan minum selama satu harian penuh. Ibadah ini akan berlangsung selama satu bulan penuh dan diharapkan mereka yang menjalani ibadah puasa dapat memetik pelajaran penting dari menjalankan ibadah suci yang satu ini. Baca juga: 

Nah, untuk ibu hamil yang mampu untuk menjalankan puasa dan mau. Biasanya sebelum menjalankan ibadah yang satu ini kesehatan

Continue Reading

Kenali PCOS Gangguan Hormonal Pada Wanita, Gejala dan Penyebabnya

Pernahkah anda mendengar kata PCOS? Kondisi penyakit yang berhubungan dengan hormon yang biasanya terjadi pada wanita dimasa subur ini cukup menjadi topik hangat yang tengah banyak dibicarakan saat ini.

Untuk anda yang jarang mendengar penyakit PCOS, sebaiknya mulai gali informasi lebih dalam mengenai kondisi penyakit yang satu ini. Hal ini dikarenakan PCOS adalah salah satu gangguan hormonal pada wanita yang akan dapat memicu kesuburan. Kondisi ini pulalah yang akan mungkin membuat anda mengalami sulit hamil.

Lalu apa itu PCOS? Apa saja penyebab dan gejala dari kondisi yang satu ini? Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa informasi menarik dibawah ini. Penasaran seperti apa? Inilah dia penjelasannya. Baca juga: Depresi dan Ibu Hamil

Apa Itu PCOS?

PCOS adalah kependekan dari Polycystic Ovary Syndrome atau yang dalam bahasa Indonesia adalah gangguan yang terjadi pada sindrom ovarium polikistik. Yakni sebuah kondisi dimana keseimbangan hormon pada wanita mengalami gangguan. Pada PCOS, kadar hormon seks wanita,

Continue Reading

Satu Geng Bisa Hamil Bersamaan: Apakah Ini Indikasi Kehamilan Bisa 'Menular'?

Menggelar pernikahan yang tidak jauh dari momen pernikahan teman-teman satu geng pada zaman kuliah dulu memang menyenangkan. Apalagi pada saat menghadapi momen kehamilan rupanya anda dan kawan-kawan menghadapi masa kehamilan yang sama.

Bisa berbagi tips dan trik seputar kehamilan bersama dengan sahabat-sahabat dekat tentu menjadi hal yang amat menggembirakan. Tak jarang anda pun berpikiran bahwa hal ini bisa mungkin membuat kehamilan yang anda alami adalah hal yang ditularkan dari sahabat-sahabat anda. Lalu benarkah demikian? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya dibawah ini. Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Test Pack 

Apakah Ini Indikasi Kehamilan Bisa 'Menular'?

Ketika anda mengalami kehamilan yang sudah dinanti-nanti dan rupanya saat anda sering berkunjung ke teman-teman anda yang tengah hamil. Lalu rupanya kehamilan ini akhirnya bisa anda dapatkan bisa jadi kondisi ini membuat anda bertanya-tanya apakah mungkin kehamilan ini bisa 'menular'

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan kehamilan memang bisa

Continue Reading

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Test Pack

Mengetahui kabar kehamilan tidak cukup hanya dengan mengenali tanda-tanda tubuh yang terasa janggal. Bahkan tidak pula cukup hanya dengan menebak-nebak hamil atau tidaknya anda saat ini. Nah, untuk memudahkan anda mengetahui hasil kehamilan dengan baik tanpa perlu ribet melakukan tes kehamilan ke dokter maka penggunaan tes kehamilan dengan menggunakan test pack akan dapat anda lakukan dengan mudah.

Apalagi saat ini sudah banyak ragam dan jenis uji kehamilan test pack yang bisa anda dapatkan di apotek atau toko obat terdekat. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu anda untuk bisa mengetahui kabar kehamilan dengan lebih mudah.

Hanya saja, meski sudah banyak test pack yang dijual. Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang masih melakukan kesalahan pada saat menggunakan alat tes kehamilan yang satu ini. Akibatnya hasil yang ditunjukan dari tes kehamilan yang satu ini seringkali kurang akurat.

Nah, untuk membantu anda agar lebih baik dalam menggunakan tes pack untuk uji

Continue Reading

Ketika Test Pack Positif Namun Tidak Hamil, Apa Penyebabnya?

Kehamilan memang menjadi berita yang amat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah dan berkeluarga. Hadirnya buah hati akan senantiasa melengkapi kebahagiaan anda bersama dengan pasangan. Tak heran bila usai menikah anda akan mulai sering mengecek kehamilan pada saat periode menstruasi terlambat.

Penggunaan alat pengecekan kehamilan yang paling umum digunakan adalah test pack. Melalui alat pengecekan kehamilan yang satu ini biasanya kehamilan akan dapat dideteksi lewat cairan urin yang dikeluarkan oleh seorang wanita. Adapun waktu terbaik untuk melakukan cek kehamilan dengan menggunakan test pack umumnya pada pagi hari.

Tak heran bila banyak wanita yang sudah menikah dan merasa terjadi sesuatu dengan tubuhnya. Mereka akan dengan mudah melakukan pengecekan dengan menggunakan test pack. Test pack diklaim memiliki sekitar 90 persen hasil yang akurat terhadap kehamilan. Hal inilah yang pada umumnya membuat sebagian besar orang lebih memilih menggunakan tes kehamilan yang satu ini sebelum melakukan cek lebih lanjut ke dokter.

Continue Reading

Meski Sudah Konsumsi Pil KB Namun Tetap Hamil Apa Penyebabnya?

Untuk pasangan yang sudah menikah dan berumah tangga setelah sekian lama kehadiran buah hati tentu menjadi hal yang amat ditunggu-tunggu. Tawa riang dan tangis  manja dari seorang bayi akan semakin membuat suasana rumah menjadi riang dan hangat. Tak heran bila banyak pasangan yang sudah menikah akan melakukan segala hal demi bisa mewujudkan impian memiliki buah hati.

Akan tetapi, untuk beberapa pasangan yang sudah merasa cukup dikaruniai keturunan dalam kehidupan berumah tangga bersama dengan pasangan. Maka mereka akan dapat melakukan kontrol kehamilan dengan konsumsi pil KB. Pil kontrasepsi seperti pil KB adalah alat kontrol yang dapat dipercayai ampuh mengendalikan kehamilan pada pasangan. Artikel menarik lainnya: Sumber Makanan dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Selain itu, keuntungan lain dari menggunakan pil KB adalah kenyamanan pasangan yang masih merasakan "sensasi" bebas dalam berhubungan tanpa khawatir berbuah kehamilan. Hanya saja, pada beberapa pasangan yang sudah mengkonsumsi pil KB dan berupaya mengontrol kehamilan. Namun tetap

Continue Reading

Bagaimana Mengetahui Siapa yang Tidak Subur Suami Atau Istri?

Dikarunia seorang adalah dalam kehidupan berumah tangga tentu menjadi impian dambaan untuk setiap pasangan yang sudah menikah. Itulah mengapa banyak pasangan suami istri akan mengupayakan segala hal demi bisa mewujudkan impian memiliki buah hati ditengah keluarga kecilnya. Masalah ketidak suburuan atau infertilitas menjadi seperti mimpi buruk yang amat sangat ditakuti oleh setiap pasangan suami istri yang mendambakan memiliki buah hati.

Baik laki-laki atau perempuan mereka akan mungkin berhadapan dengan kondisi kemungkinan tidak subur. Hal inilah yang menjadi kemungkinan buruk dari sulitnya mendapatkan kehamilan.

Oleh karenanya, penting sekali untuk setiap pasangan yang sudah lama mengupayakan kehamilan namun tak kunjung datang. Maka pemeriksaan ke dokter akan menjadi hal penting untuk mengetahui siapa yang tidak subur antara suami dengan istri.

Dengan begini maka penanganan yang lebih dini terhadap kasus ini akan bisa segera diatasi dengan lebih baik. Nah, akan tetapi, selain dengan pergi ke dokter mengecek kesuburan pada seseorang baik

Continue Reading

Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Terbaik

Kita semua tahu bahwa masa kehamilan adalah waktu yang tepat untuk mulai meningkatkan asupan nutrisi baik dari makanan maupun dari berbahan susu pelengkap. Akan tetapi, masalahnya adalah banyak ibu hamil yang masih kebingungan menentukan jenis susu seperti apa yang akan baik digunakan.

Maka tak heran bila kondisi ini mengakibatkan banyak ibu menanyakan tentang masalah yang satu ini. APalagi ada banyaknya ragam dan merk susu hamil yang dijual di pasaran saat ini kerap kali membuat mereka kebingungan menentukan salah satunya.

Pada prinsipnya susu ibu hamil merupakan tambahan atau penyempurna makanan ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu ibu hamil berfungsi untuk melengkapi kekurangan nutrisi yang didapat dari makanan. Baca juga: Jenis Kelamin Bayi Sudah Bisa Ditentukan Sejak Awal dengan Tes Darah

Nah, untuk membantu anda menentukan jenis susu hamil yang baik untuk ibu hamil maka tak perlu khawatir mari kita simak beberapa informasi yang akan kami berikan kali

Continue Reading

Sumber Makanan dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Setelah menikah momen yang paling dinanti oleh setiap pasangan adalah kehadiran buah hati ditengah keluarga. Tangis dan suara canda dari seorang bayi akan senantiasa membuat kebahagiaan anda bersama dengan pasangan terasa semakin sempurna. Tak heran bila banyak pasangan akan mengupayakan segala cara untuk bisa memiliki kehamilan.

Nah, untuk anda yang saat ini tengah merencanakan kehamilan atau mungkin sudah berhasil hamil. Maka kami ucapkan selamat ya bunda. Akhirnya, impian memiliki buah hati sudah bisa dicapai. Namun perhatikan kembali ya bund, perjuangan bunda dalam menjalani kehamilan baru saja dimulai. Jadi demikian, jaga dengan baik kehamilan anda agar tetap sehat.

Berbicara mengenai kehamilan yang sehat. Tentunya tidak semua wanita akan bisa mendapatkan janin dan kehamilan yang sehat tanpa adanya perjuangan. Perawatan kehamilan yang anda lakukan akan menentukan seberapa sehat janin yang anda kandung dalam rahim.

Bila ibu mampu mengasup kebutuhan vitamin dan nutrisi dalam tubuh dengan baik maka bisa dipastikan kesehatan si kecil

Continue Reading

Seberapa Pentingkah Asam Folat Untuk Ibu Hamil?

Selama hamil seorang wanita membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan, kondisi janin didalam kandungan ibu membutuhkan asupan ini guna menunjang tumbuh kembang yang terjaga dengan baik dalam kandungan ibu. Oleh karenanya, tidak heran bila ibu hamil akan dituntut untuk mendapatkan banyak asupan dari makanan yang bergizi.

Oleh karenanya, memperhatikan asupan makanan selama masa kehamilan menjadi syarat penting yang wajib dilakukan oleh para ibu hamil. Nah, berbicara mengenai asupan makanan kedalam tubuh ibu hamil tentunya tidak sembarang makanan boleh anda konsumsi. Selain itu, tidak pula semua makanan memiliki kandungan gizi yang sama yang dibutuhkan ibu hamil. Baca juga: Olahraga Saat Hamil Untuk Lindungi Anak dari Penyakit Jantung

Dari serangkaian banyak makanan yang mengandung gizi yang baik untuk kehamilan. Salah satu kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah asupan asam folat. Sumber nutrisi ini menjadi asupan penting yang dibutuhkan ibu

Continue Reading

Olahraga Saat Hamil Untuk Lindungi Anak dari Penyakit Jantung

Kondisi kehamilan pada seorang wanita memang cenderung membuat anda merasa malas melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal ini adalah kondisi yang normal sebab hormon kehamilan umumnya membuat tubuh terasa lemas dan berat. Akan tetapi sebaiknya, tidak selama masa kehamilan yang panjang pula anda dapat menghabiskannya dengan hanya bermalas-malasan dan bersantai. Sebab anda akan membutuhkan olahraga demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Selain itu, menjadi pasif selama kehamilan tentu menjadi hal yang tidak baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang kurang bergerak akan beresiko untuk kesehatan dan janin dalam kandungannya. Hal ini tentu akan sangat disayangkan bila anda hanya menghabiskan sebagian besar waktu anda didalam rumah dan bermalas-malasan.

Selain itu, kabarnya melakukan olahraga secara rutin selama masa kehamilan akan dapat melindungi janin dan anak anda dari resiko penyakit jantung yang berbahaya. Nah, lantas seperti apa penjelasan lebih detailnya mengenai hal ini? Tak perlu khawatir mari simak beberapa informasinya

Continue Reading

Kenali Jenis Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil Untuk Cegah Penyakit Bayi Kronis

Selain asupan vitamin dan nutrisi yang diperoleh dari aneka ragam makanan sehat. Hal penting lain yang perlu ibu hamil lakukan guna mencegah masalah kesehatan adalah dengan berolahraga. Sayangnya, banyak ibu hamil malas melakukan olahraga karena beberapa hal. Salah satunya adalah hormon kehamilan yang membuat mereka malas melakukan banyak aktivitas.

Belum lagi, kondisi perut yang semakin membuncit seringkali membuat aktivitas yang dilakukan cenderung terkendala. Masalah inilah yang membuat segelintir ibu hamil malas berolahraga dan memilih untuk tinggal dirumah dan bermalas-malasan. Selain itu, mereka pun khawatir jika olahraga yang dilakukan dengan melibatkan banyak kegiatan fisik dapat membahayakan kesehatan janin si kecil dalam kandungan ibu. Bca juga: Jenis Kelamin Bayi Sudah Bisa Ditentukan Sejak Awal dengan Tes Darah

Namun sebenarnya tidak selalu demikian, justru sebaliknya olahraga yang dilakukan secara rutin selama masa kehamilan adalah yang baik yang perlu ibu perhatikan. Selain memberikan kebugaran terhadap tubuh ibu dengan lebih prima.

Olahraga yang

Continue Reading

Jenis Kelamin Bayi Sudah Bisa Ditentukan Sejak Awal dengan Tes Darah

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Banyak wanita setelah usia melangsungkan resepsi pernikahan mendambakan memiliki buah hati dalam rahimnya. Betapa tidak, kebahagiaan tidak akan terasa lengkap saat anda tidak mendengar tangisan bayi sebagai buah cinta anda bersama pasangan dirumah. Oleh karenanya, setelah pernikahan kehamilan menjadi hal yang akan dinanti-nanti oleh pasangan suami isteri.

Nah, setelah perjuangan yang besar dan penantian yang panjang dan akhirnya kehamilan bisa didapatkan. Tidak sedikit pasangan yang penasaran akan jenis kelamin bayinya. Apakah laki-laki atau anak perempuan mereka akan cenderung tidak sabar mengetahui kabar ini. Bahkan tidak sedikit ibu dan ayah yang menebak-nebak jenis kelamin anak yang masih ada dalam kandungan.

Hanya saja, biasanya tes kehamilan guna mengetahui jenis kehamilan bayi dalam kandungan ini dapat dilakukan setelah usia kehamilan beberapa bulan. Tes ini dikenal dengan sebutan tes USG. Lewat tes ini maka ayah dan ibu bisa mengetahui jenis

Continue Reading

Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Kondisi kehamilan dengan adanya janin dalam kandungan seorang wanita memang mengharuskan mereka untuk mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak kedalam tubuhnya. Tak heran bila sebagian ibu hamil akan dengan teratur mengkonsumsi makanan sehat dengan baik guna menjamin pertumbuhan si kecil dalam rahimnya.

Bahkan sebagian ibu menyempatkan diri untuk mengkonusmsi sejumlah asupan suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam skala yang lebih besar ketika mereka tidak merasa mendapatkan vitamin cukup dari makanan yang dikonsumsinya.

Ada cukup banyak kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan bayi dan janin dalam kandungan agar berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kebutuhan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Bahan vitamin ini akan sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh serta membantu kinerja penglihatan agar berjalan dengan baik.

Sementara itu, manfaat vitamin A untuk ibu hamil ada begitu banyak diantaranya adalah memicu pertumbuhan hati dengan

Continue Reading

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Seputar Kehamilan Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan di trimester kedua, kebanyakan ibu hamil sudah tidak mengalami keluhan yang berat.Terlebih ketika ibu sudah mulai beradaptasi dengan kondisi tubuhnya. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan sudah dapat membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan kehamilannya di usia kehamilan 4-6 bulan ini.

 

Meskipun demikian bukan berarti semua ibu hamil dapat terbebas dari keluhan kehamilan. Beberapa ibu hamil bahkan merasakan keluhan dari awal hingga akhir kehamilan. Ibu hamil harus dapat membedakan keluhan yang biasa dan keluhan yang mengarah pada kondisi membahayakan.

Melalui artikel kali ini kami akan memberikan gambaran seputar kehamilan di trimester kedua, keluhan yang sering terjadi, perkembangan janin dan perubahan ibu hamil disertai dengan tips menghadapi kehamilan di trimester kedua dengan aman dan nyaman.

Berikut adalah perubahan dan perkembangan yang terjadi selama trimester kedua dan yang harus dilakukan untuk menghadapi kehamilan di trimester kedua.

Kondisi Ibu Hamil

Ibu hamil memasuki trimester kedua seringkali mengalami linea

Continue Reading

Waspadai Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin

Saat ini ponsel seolah menjadi barang yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Bahkan mungkin ponsel telah menjadi sahabat sejati kita yang selalu menemani setiap aktivitas kita kapanpun dan dimanapun. Peri makan ditemani ponsel, belajar ditemani ponsel atau bahkan saat waktu tidur tiba kita seringkali masih disibukan dengan bermain ponsel.

Selama ini kita sering sekali mendengar bahwa radiasi ponsel telepon genggam dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Meski banyak kalangan yang meyakini kebenaran tersebut, nyatanya tak sedikit pula para ilmuwan yang membantah pernyataan ini dengan dalih belum ada penelitian yang cukup membuktikan kebenaran tersebut. Namun, baru-baru ini penelitian dilakukan sebuah penelitian di Universitas Yale, Amerika yang mana dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel pada wanita hamil ternyata memang memiliki dampak buruk untuk kesehatan janin dalam kandungannya.

Para peneliti bahkan menganjurkan para ibu hamil untuk tidak meletakan ponselnya dalam saku di dekat perutnya, mengingat bahaya radiasinya akan

Continue Reading

Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil, Wajarkah? Bagaimana Mencegahnya?

Sering dengan bertambahnya waktu, akan muncul berbagai perubahan dalam diri seorang wanita hamil, baik dari segi emosional maupun dari segi fisik, tak terkecuali perubahan yang terjadi pada kulit seorang wanita hamil. Secara fisik salah satunya bunda akan mendapati kulit bunda yang mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan pada beberapa area tertentu. Biasanya akan sering muncul dibagian daerah payudara yakni puting susu, leher, ketiak dan daerah sekitar lipatan perut.

Perubahan warna tersebut dinamakan dengan hiperpigmentasi. Adapun hiperpigmentasi terjadi karena meningkatnya kadar hormon Melanocyte Stimulating Hormon (MSH). Dimana hormon ini mengakibatkan menumpuknya pigmen melanin yang berlebih yang berakibat menimbulkan warna lain pada kulit bunda. ( Baca : Perubahan Kulit Selama Kehamilan )

Perubahan warna seperti ini sebenarnya sesuatu yang wajar terjadi, hanya saja dampaknya akan dapat membuat bunda kurang percaya diri. Sebab dari kulit yang berubah warnanya akan timbul kerusakan estetika ketika terlihat oleh orang lain. Selain itu, kemunculan hiperpigemntasi ini bisa

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Mie Instant?

Mie instant termasuk kedalam kategori makanan paling praktis yang cukup populer di tanah air. Konsumsi mie instant kerap kali dijadikan santapan pengganjal perut sewaktu lapar mendera atau dikonsumsi dalam waktu tertentu. Bahkan saat ini mie instant segunakan sebagai bahan makanan pokok bagi sebagian orang yang tidak semapt memasak.

Padahal ada aturan khusus dalam mengkonsumsi mie intant, hal ini disebabkan mie instant memiliki kandungan zat kimia yang cukup tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Nah, sebelum kita mengetahui apakah mie instants boleh dikonsumsi atau tidak oleh ibu hamil, kita ketahui dulu apa saja sih, komposisi dalam mie intant.

Komposisi Mie Instan

Ketika anda memasak mie instan dan melihat komposisi dibagian kemasannya anda pasti akan menemukan bahan dasar dari mie instan adalah tepung yang dibumbui dengan garam, minyak, cabai yang disertai dengan sayuran kering. Sementara itu, untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal digunakan natrium polifosfat. Ketika anda menimkati mie instan maka

Continue Reading

Ibu Hamil, Yuk Ketahui Jenis Makanan Untuk Pembangun Otak Janin

Seiring dengan munculnya berbagai perubahan emosional dan fisiologis, kehamilan membawa perubahan cukup signifikan dalam diri seorang wanita. Kebahagian saat hamil akan dirasakan setiap wanita di dunia ini, berbagai cara akan dilakukan untuk membuat janin yang dikandungnya agar tetap sehat dan terlahir sempurna. Banyak pantangan makanan serta perilaku yang dihadapi ibu hamil dan mereka dituntut untuk selektif dan lebih hati-hati dalam memilih makanan demi janin dalam perutnya. Untuk itu, makanan yang sehat tentu harus menjadi perhatian utama untuk para calon ibu. (Artikel terkait lainnya: pantangan ibu hamil)

Selama priode kehamilan, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari berbagai protein serta makanan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Banyak para ahli yang menyatakan bahwa penting sekali untuk para wanita hamil untuk mengkosumsi berbagai jenis makanan yang sehat pada awal trimester pertama hingga trimester akhir, hal ini bertujuan untuk menjaga pembentukan janin.

Makanan sehat

Continue Reading

3 Hal Janin Belajar Di Dalam Kandungan

Selama janin di dalam kandungan tidak hanya menyempurnakan fungsi organ dan pertumbuhan. Janin di dalam kandungan juga mengalami proses belajar untuk mempersiapkan proses adaptasi dengan lingkungan setelah lahir. Proses belajar janin di dalam kandungan harus dibantu dengan rangsangan sehingga bisa optimal. Apa yang sudah mulai dikenal oleh janin di dalam kandungan dan bagaimana menstimulasi agar hasilnya optimal?

Trimester ke dua kehamilan bayi sudah dapat merespon keadaan lingkungannya. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk anda mengajar seorang bayi di dalam kandungan karena bayi sudah melakukan reaksi atau mendengar saat anda melakukan rangsangan pada janin. Beberapa gerakan respon bayi selama di dalam kandungan seperti memukul perut ibu ataupun menendang.

Berikut ini adalah 3 hal yang dipelajari bayi di dalam kandungan :

1. Bayi belajar bahasa di dalam kandungan

Apabila anda mengira bahasa dikenal bayi sejak lahir, maaka pernyataan anda keliru. Bayi di dalam kandungan sudah mulai mengenal bahasa di lingkungnnya.

Continue Reading

Rileksasi Kehamilan Dengan Senam Wajah

Wanita selalu ingin tampil cantik begitu juga ketika saat hamil. Anda dapat melakukan rileksasi yang membantu anda tetap terlihat bugar selama kehamilan. Salah satu rileksasi kehamilan yang dapat anda coba adalah dengan senam wajah. Senam wajah dapat membantu anda tetap tampil cantik selama kehamilan. Apalagi bagian wajah yang penting untuk diperhatikan, secara alami raut wajah dan ekspresi yang sangat diperhatikan sehingga anda dapat menjaganya selama kehamilan dengan cara yang aman baik untuk anda atau janin. ( Baca : Relaksasi untuk Ibu Hamil )

Senam wajah akan membantu otot wajah yang sering digunakan ketika mengedipkan mata atau mengunyah makanan. Pada dasarnya fungsi dan ukuran otot tubuh akan berbeda dengan otot wajah sehingga senam wajah memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan anda. Senam wajah aman untuk ibu hamil karena tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin. Bahkan senam wajah dapat dilakukan disela-sela anda beraktivitas. 

Senam wajah dapat dilakukan sekali dalam sehari atau anda

Continue Reading

Terapi Emosi Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan ibu hamil mengalami perubahan secara psikologi yang dipengaruhi oleh hormon kehamilan. Kondisi seperti ini yang membuat ibu hamil lepas kontrol emosi. Emosi yang tidak terkendali ini yang menyebabkan ibu hamil sering gelisah, mudah marah, lebih sering menangis atau merasa tidak siap dengan keadaan.

Perubahan emosi yang semakin buruk akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil bahkan apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan janin. Dengan demikian bagi ibu hamil salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan psikologi yaitu melakukan terapi emosi. Banyak cara yang dilakukan oleh ibu hamil untuk melakukan terapi emosi, salah satu terapi emosi yang sangat bermanfaat adalah terapi musik. Sudahkah anda melakukannya? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan ibu dan janin?

Terapi emosi untuk ibu hamil dengan menggunakan musik

Ibu hamil mengalami perubahan psikis secara berbeda, sulit ditebak dan tidak sama terjadi pada setiap kehamilan. Ibu hamil seringkali mengalami depresi selama kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya

Continue Reading

Yuk, Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil

Kondisi yang baru seringkali sulit untuk diterima oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini dituntut untuk menyeimbangkan pola hidup selama kehamilan sehingga dapat menjaga kesehatan fisik dan psikis. Ibu hamil yang memiliki pikiran dan perasaan yang tenang akan siap menghadapi kehamilan dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Perasaan cemas, takut, tegang atau pemicu stress yang dialami oleh ibu hamil akan berdampak pada janin. Sehingga disarankan ibu yang hamil menjadikan kehamilannya sebagai pengalaman yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan rileksasi panca indera untuk ibu hamil. Relaksasi panca indera untuk ibu hamil adalah dengan melakukan latihan diri dalam mengontrol kesadaran melalui panca indera sehingga memberikan reaksi yang positif bagi tubuh. Relaksasi panca indera sangat mudah dilakukan selama kehamilan, anda hanya dituntut untuk mereaksikan pikiran melalui hidung, mata, telinga, lidah dan kulit.

Berikut ini adalah cara relaksasi panca indera untuk ibu hamil :

1. Mata

Pemandangan yang menarik

Continue Reading

Bolehkah Ibu Hamil Pijat Refleksi?

Selama kehamilan seringkali anda mengalami keluhan yang berhubungan dengan fisik anda. Salah satu yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil di trimester kedua hingga menjelang persalinan adalah berat badan yang semakin membesar sehingga menyulitkan ibu hamil untuk bertahan pada posisi duduk atau berdiri terlalu lama. Ibu hamil sering mengalami pegal-pegal.

Banyak cara yang dilakukan untuk menghindari pegal-pegal salah satu diantaranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat selama kehamilan. Meskipun demikian beberapa ibu hamil sering juga melakukan pijat refleksi untuk menghindari pegal-pegal selama kehamilan. Bolehkah ibu hamil melakukan pijat refleksi? Ketika hamil beberapa kebiasaan ibu hamil menjadi suatu hal yang dipertanyakan. Dapatkah dilakukan pada ibu hamil, berpengaruhkah pada kondisi kesehatan bayi? Hal ini yang menjadi kekhawatiran termasuk ketika ibu hamil akan melakukan pijat refleksi.

Menurut pandangan medis pemijatan dapat dilakukan selama kehamilan pada bagian tubuh tertentu misalnya pada tangan dan kaki yang seringkali terjadi kram pada ibu hamil. Sedangkan yang dilarang

Continue Reading

Deteksi Miom Pada Janin Sejak Dini Agar Cepat Diobati

Miom atau kanker jinak yang tumbuh dalam sistem reproduksi, khususnya pada rahim wanita, umumnya akan sangat sulit dideteksi, sebab miom yang masih begitu kecil relatif tidak menunjukan indikasi atau gejala yang mudah diketahui para wanita. Hal inilah yang pada akhirnya membuat miom pada janin menjadi sangat sulit dideteksi, terlebih lagi jika ibu hamil jarang melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Banyak orang yang mengabaikan miom sebab tidak ada gejala yang nampak terlalu bahaya. Seringkali gejala miom muncul seperti gejala-gejala penyakit biasa diantaranya pembesaran perut yang bisa saja diartikan sebagai kenaikan berat badan yang memang akan terjadi pada ibu hamil serta rasa sakit dibagian pelivis yang mungkin diartikan sebagai sakit menstruasi. Timbulnya gejala-gejala seperti ini umumnya, akan membuat seseorang tidak merasa khawatir sebab gejala ini seringkali dialami sewaktu mereka menstruasi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang menjadi mengabaikan miom.

Gejala miom memang tidak dapat dideteksi dan diindikasikan secara pasti. Oleh

Continue Reading

Ketahui Faktor Penyebab Kecacatan Pada Janin

Kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang menggemberikan bagi setiap pasangan suami istri yang mendambakan segera memiliki keturunan. Apalagi jika kehamilan ini merupakan hal yang telah diimpi-impikan pasangan suami istri sejak lama. Mendapati sang istri mengandung, tentunya menjadi sebuah kebahagian yang tak terhingga dalam keluarga. Betapa tidak, tidak lama lagi ibu dan suami akan segera mendengar tangis dan canda tawa sang buah hati yang telah dinanti-nanti.

Kehamilan adalah moment yang membahagiakan sekaligus mendebarkan, untuk itu ibu perlu menjaga dan memperhatikan segala sesuatunya agar ibu dan si janin dalam kandungan senantiasa sehat terjaga. Semua orang tentu menginginkan bayi yang mereka nantikan dapat lahir ke dunia dengan normal dan sempurna tanpa memiliki kecacatan sedikitpun. Untuk itu, menjaga dan memperhatikan kondisi kesahatan ibu dan janin selama kehamilan menjadi poin penting yang harus selalu ibu lakukan.

Lantas, apa sajakah faktor yang membuat kecacatan jadi bisa terjadi? Kita simak berikut ini.

1. Faktor Perokok Aktif

Continue Reading

Loading...

Follow us