data-ad-format="auto"

6 Tips Mudik Saat Hamil Dengan Mobil Yang Wajib Anda Lakukan

Menjelang hari raya Idul Fitri tentunya semua orang melakukan perjalanan pulang kampung atau yang kita kenal dengan sebutan mudik lebaran. Aktivitas ini tentunya akan selalu dilakukan oleh setiap orang dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. Orang yang melakukan perjalanan mudik tentunya akan memutuskan alat transportasi apa yang akan digunakan selama melakukan perjalanan mudik. Untuk itu, banyak orang yang mempersiapkan berbagai hal sebelum melakukan perjalanan mudik.

Tidak terkecuali bagi ibu hamil yang akan melakukan perjalanan mudik dimana harus benar-benar matang untuk memilih jenis transportasi. Hal ini tentunya berhubungan dengan tingkat risiko dan juga kenyamanan yang akan dirasakan oleh ibu hamil tersebut. Tidak dapat dipungkiri bagi ibu hamil selama melakukan perjalanan mudik menjadi waktu yang harus diwaspadai terlebih jika melakukan perjalanan mudik dengan jangkauan tempat yang cukup jauh. Maka kondisi tersebut harus menjadi hal-hal yang mestinya diperhatikan oleh setiap ibu hamil.

Terlepas dari ibu hamil yang melakukan perjalanan mudik, tentunya banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan oleh ibu hamil sebelum mudik lebaran. Saat mengandung tentunya Anda harus memutuskan terlebih dahulu bagaimana baiknya melakukan perjalanan mudik lebaran dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarga. Akan tetapi, jika dirasa Anda kuat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan seperti yang kami jelaskan di bawah ini!

Tips Mudik Saat Hamil Dengan Mobil

Saat melakukan perjalanan mudik lebaran tentunya menjadi moment yang harus benar-benar di pertimbangkan oleh ibu hamil. Tidak seperti sebelum hamil, melakukan perjalanan mudik lebaran saat hamil memang membutuhkan beberapa hal dan pertimbangan yang harus Anda lakukan. Saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan jalur darat, maka pilihkan jenis kendaraan yang akan membuat Anda nyaman untuk melakukan perjalanan tersebut.

Selama melakukan perjalanan mudik tentunya ibu hamil diharuskan untuk mengikuti beberapa tips yang harus dilakukan baik sebelum ataupun selama mudik lebaran. Hal ini dikarenakan ibu hamil akan mengalami berbagai kondisi seperti mual dan juga muntah sehingga Anda harus mewaspadai hal-hal seperti ini. Jika Anda tengah memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan pesawat tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

Konsultasi dengan dokter

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan mobil tentunya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Saat memutuskan untuk berpergian dengan menggunakan jalur darat seperti mobil, sebaiknya Anda melakukan tes dan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan janin di dalam kandungan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda dapat menjadikan sebagai acuan akan jenis obat apa saja yang akan Anda bawa saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Hindari barang bawaan terlalu banyak

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghindarkan diri dari membawa barang-barang yang terlalu banyak. Seperti halnya membawa si kecil untuk melakukan perjalanan dengan mobil. Selain itu, ibu hamil juga akan membutuhkan ruang yang cukup untuk melakukan perjalanan selama di dalam mobil. Untuk memudahkan Anda saat melakukan perjalanan dengan mobil tentunya Anda harus memiliki space yang dapat digunakan untuk meregangkan kaki dan juga beristirahat dengan mudah.

Siapkan pakaian yang nyaman

Tidak dapat dipungkiri bahwa menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil membutuhkan tempat yang cukup nyaman. Jika Anda berada dalam keadaan yang tidak nyaman saat berada di dalam mobil, tentunya kondisi ini akan menyebabkan rasa kurang nyaman yang nantinya akan menyebabkan kaki Anda pegal-pegal dan juga kram terlebih pada bagian pinggang dan juga kaki. Untuk meminimalisir hal tersebut tentunya memakai pakaian yang nyaman dapat menjadi cara yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat bergerak cukup leluasa. Dengan begitu, ibu hamil bisa melakukan peregangan otot dengan mudah meski sedang berada di dalam perjalanan saat mudik lebaran. Oleh karena itu, memakai pakaian yang longgar akan membuat perjalanan mudik lebaran Anda menjadi lebih nyaman. 

Cari tempat untuk beristirahat

Jika Anda kebetulan melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh, maka penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat beristirahat yang cukup memadai. Dengan mencari tahu terlebih dahulu tempat yang akan digunakan untuk beristirahat tentunya Anda dapat meminimalisir tempat yang memang tidak layak untuk beristirahat. Jangan sampai ibu hamil beristirahat di dalam sebuah tempat yang tidak nyaman.

Hal ini mengingat bahwa intensitas buang air kecil saat hamil memang akan bertambah, maka sebaiknya Anda melakukan perjalanan mudik dengan mencari terlebih dahulu lokasi yang layak untuk digunakan sebagai tempat beristirahat. Cara ini tentunya untuk mengantisipasi akan keinginan Anda untuk buang air di tengah-tengah perjalanan mudik lebaran Anda. Saat Anda memiliki keinginan untuk buang air saat di tengah perjalanan, tentu Anda ditahan karena akan berdampak buruk pada organ ginjal dan juga kantung kemih Anda. Maka, sebaiknya Anda menghentikan perjalanan terlebih dahulu sambil menggerakkan badan dan juga kaki agar tidak kram.

Bawa cemilan sehat

Cara ini memang akan selalu dilakukan oleh hampir setiap ibu hamil. Akan tetapi, sehat atau tidaknya cemilan tersebut memang masih dipermasalahkan. Cemilan yang sehat tentunya dapat membantu Anda untuk menahan rasa lapar yang berlebih. Selain itu, cemilan tentunya dapat mengurangi risiko yang dapat menyebabkan asam lambung naik akibat adanya perut kosong. Namun, pastikan Anda untuk tetap menyimpan cemilan sehat tersebut lebih dekat agar dapat dengan mudah Anda capai. Berbagai jenis cemilan sehat jika Anda memutuskan untuk tidak puasa diantaranya buah-buahan, kacang-kacangan rebus, dan juga varian cemilan lain yang rendah kalori dan juga gula.

 Siapkan kantung plastik

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat hamil, mual dan juga muntah menjadi kondisi yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Jika rasa mual tiba-tiba menyerang Anda, maka ambilah kantung plastik sebagai pertolongan pertama pada ibu hamil. Maka dari itu, menyiapkan serta menyimpan kantung plastik di tempat terdekat yang dapat dijangkau oleh ibu hamil tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Kantung plastik memang menjadi salah satu alat yang harus ada saat ibu hamil melakukan perjalanan mudik lebaran. Dengan menentukan posisi yang mudah dijangkau tentunya akan memudahkan Anda dan keluarga untuk mengambil tindakan yang cukup tepat.

Melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan mobil tentunya bukan halangan bagi ibu hamil selama mempersiapkannya dengan matang. Dengan catatan, Anda tetap melakukan berbagai pertimbangan dan juga tips yang sudah diberikan oleh dokter saat Anda berkonsultasi sebelumnya. Itulah beberapa cara dan juga tips mudik saat hamil dengan mobil yang perlu Anda perhatikan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Author: Nina Astuti
Artikel ini di supervisi oleh Bidan Pevi Revina STr.Keb