data-ad-format="auto"

10 Cara Menghilangkan Stretch Marks Dengan Bahan Alami

Stretch marks memang menjadi salah satu masalah yang terjadi hampir pada setiap wanita yang hamil dan juga melahirkan. Biasanya, stretch marks dapat terjadi pada wanita yang sedang hamil saat sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Bagi ibu hamil, memasuki usia kehamilan pada trimester ketiga tentunya menjadi kondisi yang harus diwaspadai karena pada usia ini memang cukup rentan terjadinya stretch marks.

Tidak dapat dipungkiri bahwa stretch marks merupakan kondisi dimana kulit terjadi guratan-guratan hitam ataupun putih yang terlihat sangat jelas. Biasanya bagian tubuh yang sering terjadi stretch marks yakni bagian perut, lengan atas, paha, perut atas dan juga payudara. Tidak hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil, stretch juga dapat terjadi pada wanita yang sedang menstruasi ataupun pria.

Bagaimanapun juga, stretch yang terjadi pada wanita hamil memiliki kondisi yang lebih parah. Selain itu, stretch juga dapat berupa guratan-guratan ungu, merah muda dan lama kelamaan berwarna putih ataupun abu tergantung dari jenis kulit. Stretch sering kali membuat wanita merasa tidak percaya diri. Namun, satu hal yang harus Anda tahu bahwa stretch marks cukup sulit untuk disembuhkan. Hal ini dikarenakan guratan pada stretch terbilang cukup parah. Pada poin di bawah ini, kami sajikan beberapa cara untuk menghilangkan stretch dengan bahan alami yang terbukti cukup ampuh.

 Cara Menghilangkan Stretch Marks Dengan Bahan Alami

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami stretch marks, namun kondisi ini tetap harus Anda waspadai karena stretch marks akan membuat kulit kehilangan kolagen dan juga protein. Tidak heran jika wanita yang mengalami stretch marks memiliki elastisitas kulit yang menurun. Saat kulit meregang tentunya akan membuat lapisan kulit menjadi menipis. Kondisi ini akan menyebabkan lapisan tengah kulit akan menipis sehingga lapisan kulit bawah akan terlihat pada permukaan kulit atas.

Saat kulit kehilangan kelembapan tentunya akan membuat kulit menjadi tegang sehingga akan mudah terjadinya guratan-guratan yakni stretch marks. Tidak dapat dipungkiri bahwa stretch marks sangat sulit untuk diatasi karena membutuhkan cara khusus. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ataupun menyamarkan stretch marks, diantaranya:

Lidah Buaya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan lidah buaya. Aloe vera ini tentunya dapat membantu memproses dalam penyembuhan stretch marks. Gel aloe vera ini tentunya memiliki efek yang cukup menenangkan bagi kulit. Selain itu, Anda juga dapat memakai gel lidah buaya ini untuk membantu memudarkan stretch marks. Gel lidah buaya ini tentunya memiliki kegunaan yang tidak dapat diabaikan lagi. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggosokkan gel lidah buaya secara langsung kepada kulit Anda. Setelah itu, Anda dapat mendiamkan gel lidah buaya ini selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Minyak Zaitun

Tips kedua yakni dengan menggunakan minyak zaitun. Seperti yang kita tahu bahwa minyak zaitun merupakan jenis minyak yang paling banyak digunakan untuk merawat kulit wajah dan juga tubuh. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Dalam hal ini minyak zaitun yakni berperan dalam melembapkan dan juga mengeksfoliasi kulit dan juga mengangkat sul kulit mati dengan cukup mudah. Tidak heran jika minyak zaitun banyak digunakan pemijatan.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta dapat menyamarkan stretch marks. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup muda yakni dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

- Siapkan minyak zaitun, ambil sedikit dan pijat lembut pada area perut yang terdapt stretch marks.

- Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit agar kandungan vitamin A, D dan juga E dapat terserap langsung ke dalam kulit Anda.

- Kemudian Anda dapat mandi setelah melakukan pemijatan.

- Anda tentunya dapat melakukan cara ini secara teratur.

Minyak Castor

Tidak hanya minyak zaitun, Anda tentunya dapat mencoba dengan menggunakan minyak castor. Minyak ini tentunya memiliki kandungan yang hampir sama dengan minyak zaitun. Kandungan yang ada di dalam minyak castor yakni vitamin E, protein, omega-6 dan juga 9 serta mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Cara untuk menggunakan minyak castor ini yakni dengan menggunakan langkah sebagai berikut:

- Siapkan minyak castor, lalu Anda dapat mengoleskan minyak dengan menggunakan tangan. Lakukan pemijatan dengan lembut pada area yang mengalami stretch marks. Lakukan pemijatan ini kurang lebih sekitar 5-10 menit.

- Kemudian, Anda dapat menutup area dengan menggunakan kantong plastik bersih. Tempelkan botol air panas pada bagian atasnya selama kurang lebih 30 menit.

- Gerakan botol pada beberapa area stretch marks. Suhu panas tentunya dapat membuat pori-pori akan mudah terserap ke dalam pori-pori.

- Setelah itu, Anda dapat membersihkan area yang telah diberi minyak, lalu ulangi langkah ini setiap harinya.

Minyak Kelapa

Selain minyak castor dan juga minyak zaitu, ada minyak alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch marks yakni minyak kelapa. Tentunya, minyak ini dapat digunakan untuk membantu menyamarkan stretch marks seperti minyak yang sudah kami sebutkan di atas. Cara yang dapat Anda lakukan yakni sebagai berikut:

- Ambil minyak kelapa secukupnya, kemudian oleskan pada bagian yang terdapat stretch marks

- Setelah itu, pijat dengan memakai minyak kelapa tersebut kurang lebih selama 30 menit.

- Anda dapat melakukan cara ini secara teratur.

Putih Telur

Selain dari varian berupa minyak ternyata putih telur dipercaya dapat menghilangkan stretch marks. Seperti yang kita tahu bahwa telur mengandung protein yang cukup banyak sehingga dapat membantu meregenerasi kulit dan juga proses peremajaan kulit. Proses ini bertujuan agar kulit menjadi lebih terang dan juga bersih. Begitupula dengan stretch marks dimana putih telur memiliki peran yang cukup ampuh dalam menghilangkan stretch marks.

Cara yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut:

- Siapkan telur

- Kocok putih telur

- Bersihkan dahulu bagian tubuh dengan stretch marks

- Lalu, olesi area stretch marks dengan  putih telur menggunakan kuas

- Setelah itu, biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga dingin

Anda tentunya dapat mengolesi minyak zaitun untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan juga lembap. Lakukan cara ini untuk membantu mencerahkan kulit dan juga memudarkan warna stretch marks yang cukup kuat pasca melahirkan.

Madu

Bahan alami yang satu ini tentunya memiliki khasiat yang tidak kalah penting untuk menghilangkan stretch marks. Seperti yang kita tahu bahwa madu memiliki sifat melembapkan sebagai antiseptik yang dapat membantu mengurangi stretch marks. Selain itu, untuk menghilankan stretch marks, madu juga dapat digunakan sebagai scrub. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan langkah sebagai berikut:

- Siapkan garam dan juga madu secukupnya dengan gliserin

- Lalu, campurkan ketiga bahan tersebut

- Oleskan bahan tersebut pada area yang terdapat stretch marks

- Biarkan hingga campuran tersebut kering

- Kemudian, bilas dengan menggunakan air hingga bersih

 Lemon

Buah pertama yang dipercaya dapat menghilangkan stretch marks yakni lemon. Buah yang satu ini tentunya memiliki kandungan vitamin  yang cukup tinggi dan juga sebagai antioksidan. Sifat asam yang ada di dalam lemon tentunya dapat membantu membersihkan noda hitam dan juga stretch marks. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah yakni dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

- Siapkan lemon satu buah

- Peras lemon tersebut

- Setelah itu, Anda dapat menggosokkan perasan air lemon tadi pada area yang terdapat stretch marks.

- Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Anda tentunya harus melakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gula

Kenapa harus gula? Hal ini dikarenakan gula dapat menjadi bahan scrub alami yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran. Selain itu, gula juga dipercaya dapat menyamarkan guratan-guratan bekas stretch marks. Untuk itu, Anda dapat menjadikan gula sebagai scrub alami untuk mengangkat guratan hitam pada kulit perut. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah hanya dengan melakukan langkah sebagai berikut:

- Siapkan gula putih secukupnya

- Lalu, ambil satu sendok teh gula

- Setelah itu, campurkan gula dengan minyak zaitun ataupun minyak kelapa

- Lalu, oleskan campuran kedua bahan tadi dengan mengosokkannya pada area yang terdapat stretch marks

- Gosokkan campuran tadi sebelum mandi

Anda tentunya dapat melakukan cara ini secara teratur sebelum mandi  ataupun membilas tubuh.

Kentang

Bahan alami selanjutnya yakni kentang. Kandungan yang terdapat di dalam ketang diantaranya vitamin C, mineral, vitamin B dan juga protein lengkap. Kandungan protein yang terdapat di dalam kentang tentunya dapat membantu menyamarkan stretch marks. Selain itu, kentang juga mengandung karotenoid dan juga polifenol yang dapat memperbaiki tekstur pada kulit terutama yang terdapat stretch marks.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan kentang untuk memudarkan stretch marks yang timbul pasca hamil. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah hanya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut;

- Siapkan satu buah kentang

- Lalu, potong kentan menjadi dua bagian

- Gosokkan setengah kentang pada bagian atas yang terdapat stretch marks

- Diamkan terlebih dahulu sekitar 10 menit agar kandungan yang ada di dalam kentang terserap ke dalam kulit

- Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Bagaimanapun juga, stretch marks tidak dapat dihilangkan dengan mudah dan juga instan terutama dengan menggunakan bahan alami. Ketelatenan dan juga rutin memang diperlukan dalam hal ini. Warna yang terdapat di dalam stretch marks tentunya dapat memudar seiring dengan berjalannya waktu. Sebenarnya minyak tidak membuat stretch marks hilang seutuhnya saat menggunakan lotion, krim dan juga minyak. Namun, dapat disamarkan dengan menggunakan bahan alami agar kulit lebih halus dan juga lentur. Anda tentunya dapat melakukan langkah dengan menggunakan bahan alami ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikianlah beberapa cara menghilangkan stretch marks dengan menggunakan bahan alami. Selamat mencoba!