data-ad-format="auto"

15 Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil Wajib Untuk Anda Ketahui

Tidur tentunya menjadi salah satu kebutuhan biologis bagi setiap orang. Terlebih bagi ibu hamil yang membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak hamil. Namun, tidur terlalu lama justru akan berbahaya bagi setiap orang begitupula dengan ibu hamil. Hal ini memang sudah sepatutnya diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti salah satu kebiasaan yang harus Anda hindari ketika hamil yaitu tidur pada saat pagi hari. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita sedang hamil sering merasakan rasa letih dan juga lemas serta pusing yang cukup hebat. Untuk itu banyak ibu hamil yang lebih memilih untuk tidur dibandingkan dengan melakukan aktivitas yang lain. Kondisi ini dikenal dengan sebutan morning sickness dimana ibu hamil merasakan sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan mudah. Namun ternyata, tidur pada saat pagi hari justru akan berdampak buruk pada kesehatan ibu dan juga bayi.

Terlepas dari hal tersebut tentunya hampir setiap ibu hamil merasakan malas dan juga moody ketika pagi hari. Ketika bangun, maka keinginan besar bagi ibu hamil yakni tidur kembali. Sayangnya, hampir setiap ibu hamil mengikuti keinginan untuk tidur kembali dibandingkan dengan melawannya. Mungkin dengan mengetahui bahaya tidur pagi bagi ibu hamil setidaknya dapat menjadi poin bagi ibu hamil untuk sebisa mungkin menghindari kebiasan buruk tersebut.

Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Hamil pada trimester pertama memang sangat rentan mengalami yang namanya mengantuk dan juga malas. Kebiasaan tidur di bawah jam 12 siang ternyata memiliki efek negatif bagi ibu hamil dan juga bayi di dalam kandungan. Namun sayangnya, sebagian besar ibu hamil menganggap bahwa bahaya tidur pada pagi hari hanyalah mitos belaka. Sedangkan medis mengungkapkan bahwa tidur pada waktu pagi hari memang sangat berbahaya dan menimbulkan masalah kesehatan yang tidak sepele.

Lantas, apa bahaya tidur pagi bagi ibu hamil yang sepatutnya harus dihindari? Berikut ini kami sajikan bahaya tidur pagi hari bagi ibu hamil, diantaranya:

Lesu

Tidak dapat dipungkiri bahwa lesu dan juga lemah menjadi kondisi yang banyak dirasakan oleh setiap ibu hamil. Ketika ibu hamil lebih memilih tidur kembali pada waktu pagi hari justru akan menimbulkan rasa letih dan lesu yang berkepanjangan hingga seharian. Ketika ibu hamil merasakan lesu dan tidur kembali, maka ketika bangun bukannya rasa segar dan bugar yang ia dapatkan justru semakin letih dan juga lesu. Untuk itu, sebisa mungkin setelah bangun ibu hamil melakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan keliling kompleks atau berjemur. Aktivitas ini untuk menghindari keinginan Anda untuk tidur kembali pada saat pagi hari.

Sulit berkonsentrasi

Ibu hamil memang memiliki tingkat konsentrasi yang terganggu. Namun, kondisi ini akan lebih parah ketika kita mengikuti keinginan untuk tidur kembali pada saat pagi hari. Sudah bukan rahasia umum jika ibu hamil yang terlalu banyak tidur akan kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan terlalu banyak tidur mengakibatkan alirah darah ke otak menjadi tidak lancar karena tubuh tidak banyak bergerak. Solusi yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan olahraga ringan bagi ibu hamil. Dengan tubuh yang bergerak, maka aliran darah ke otak akan kembali lancar.

Sakit kepala

Ketika terlalu banyak tidur tentunya akan mengakibatkan rasa sakit pada kepala yang hebat. Jika awalnya kita berniat untuk tidur kembali karena letih dan juga lesu, namun aktivitas tersebut justru membuat ibu hamil merasakan sakit kepala yang hebat. Ibu hamil yang tidur pada saat pagi hari ternyata memiliki penumpukan cairan serebrospinal. Ketika tidur, cairan ini akan bergerak ke otak dan akan menumpuk sehingga membuat ibu hamil merasakan sakit kepala yang berkepanjangan.

Cairan ketuban yang banyak

Ketika hamil tentu memiliki cairan ketuban yang berfungsi untuk melindungi bayi dari luar.  Namun, jika ibu hamil sering melakukan kebiasaan tidur pada pagi hari, justru akan membuat volume cairan air ketuban menjadi sangat banyak. Jika volume cairan terlalu banyak, maka hal tersebut justru sangat berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Jika cairan ketuban di dalam kantung kehamilan berfungsi untuk membuat bayi bergerak. Akan tetapi tidak jika volume air  ketuban terlalu banyak. Kondisi ini akan membuat bayi bergerak secara terus menerus sehingga janin tidak akan cepat masuk ke panggul. Inilah yang menyebabkan posisi bayi sungsang atau tidak tepat ketika menjelang masa persalinan.

Insomnia akut

Pernahkah ketika Anda hamil mengalami insomnia yang berat? Jika iya, tidak menutup kemungkinan bahwa insomnia yang Anda alami dikarenakan Anda mengikuti keinginan untuk tidur kembali pada saat pagi hari. Faktanya memang bahwa ibu hamil yang tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan terganggu akan mengalami insomnia akut. Padahal, tidur di malam hari memang sangat penting bagi ibu hamil karena untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Meskipun banyak ibu hamil yang justru mengikuti keinginan untuk tidur kembali pada saat pagi hari. Namun, kondisi in justru membuatnya susah tidur pada saat malam hari.  Akibat yang Anda rasakan yakni selalu merasa mengantuk dan juga lelah yang berkepanjangan setiap harinya. Untuk itu, mualilah untuk melawan keinginan Anda untuk tidur kembali pada saat pagi hari.

Sistem metabolisme tubuh terganggu

Tidak heran jika ibu hamil yang tidur pada pagi hari akan mengalami yang sistem metabolisme tubuh yang terganggu. Inilah salah satu bahaya tidur pagi bagi ibu hamil dimana sistem metabolisme tubuh yang seharusnya lancar justru harus terganggu. Ketika ibu hamil tidur pada waktu pagi hari akan menyebabkan rasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga ibu hamil akan banyak makan, namun dalam frekuensi waktu yang sekali atau dua jali dalam sehari. Kondisi ini tentunya akan membuat kebutuhan gizi dan juga nutrisi ibu hamil menjadi tidak cukup. Jika sudah terjadi, maka akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan juga bisa terganggu.

Kurang bergerak

Pada ibu hamil yang terbiasa tidur pada saat pagi hari tentunya menjadikannya seseorang yang tidak banyak beraktivitas. Ibu hamil yang tidur pada waktu pagi hari tentunya sangat sulit untuk melakukan aktivitas produktifnya. Meskipun ibu hamil tidak boleh terlalu kecapean, namun bukan berarti ia tidak boleh melakukan aktivitas sehari-harinya. Ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti jalan-jalan di pagi ataupun bersih-bersih di dalam rumah. Rasa malas tentunya dapat membahayakan ibu hamil, misalnya saja bayi menjadi tidak bergerak aktif sampai menjelang persalinan.

Meningkatkan sel darah putih

Inilah bahaya selanjutnya yang akan terjadi jika ibu hamil terus melakukan kebiasaan untuk tidur pada saat pagi hari. Tidur di pagi hari dapat menyebabkan produksi sel darah putih menjadi meningkat. Sistem metabolisme tubuh yang terganggu tentunya akan menyebabkan sel darah putih pada tubuh juga akan menjadi lebih banyak. Efek sampingnya akan menyebabkan janin di dalam kandungan rentan mengalami kanker darah (leukimia).

Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang memiliki pola tidur pada jam 6-12 siang. Ini menjadi waktu yang sangat rentan dan waktu tidur yang harus benar-benar dihindari. Jika Anda ingin beristirahat pada waktu siang hari, maka alangkah baiknya jika Anda menunggu waktu setelah jam 12 siang untuk tidur. Waktu ini memang dipelukan mengingat ibu hamil juga membutuhkan waktu untuk beristirahat pada siang hari. Jika Anda menginginkan kandungan Anda tetap sehat, maka akan lebih baik jika Anda mengurangi intensitas tidur Anda pada waktu siang terutama pagi hari.

Anemia

Meskipun ibu hamil memang selalu berhubungan dengan anemia. Tentu, bukan suatu alasan bagi Anda untuk mencegah penyakit ini agar tidak terjadi. Bahaya tidur pada waktu pagi hari yang selanjutnya yakni akan mudah terserang anemia. Hal ini dikarenakan asupan oksigen dan juga aliran darah di dalam tubuh menjadi terganggu dan membuatnya menjadi tidak lancar. Ditambah dengan tidak melakukan aktivitas yang akan membuat produksi sel darah merah menjadi sangat terganggu. Dengan begitu, jumlah sel darah merah di dalam tubuh menjadi sangat sedikit.

Pencernaan terganggu

Banyak tidur pada waktu pagi hari juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Jika pencernaan ibu tergangg, maka akan menyebabkan sembelit (susah buang air besar). Jika pencernaan ini terganggu, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lainnya seperti maag, sembelit dan juga gangguan pada lambung.

Diabetes

Bahaya tidur pada waktu pagi yang selanjutnya yakni dipercaya dapat memicu timbulnya penyakit diabetes di dalam tubuh ibu hamil. Seperti yang kita tahu bahwa makan terlalu banyak dengan kandungan kalori yang tidak sedikit ditambah dengan tidak banyak bergerak akan memicu penyakit diabetes. Terlebih bagi ibu hamil yang malas bergerak tentu penumpukan kalori di dalam tubuh semakin meningkat.
Jika kondisi ini terus terjadi, maka penumpukan lemakd an juga kalori di dalam tubuh dapat membuat penyerapan gula di dalam darah menjadi berkurang. Hal inilah yang menimbulkan bahwa penumpukan gula darah yang berlebih di dalam darah akan membuat ibu hamil terserang penyakit diabetes. Jika ini terjadi, bukan hanya ibu saja yang terkena dampaknya, namun akan berdampak pula pada komplikasi kehamilan. Ditambah ibu hamil akan sulit mengeringkan bekas jahitan pasca persalinan.

Jantung

Selain penyakit diabetes, ternyata tidur di pagi hari dapat membuat jantung tidak bekerja dengan maksimal. Seperti yang dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tidur lama sekitar jam 9 pagi hari, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sekitar 38%. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menghindari kebiasaan agar tidak tidur di pagi hari.

Fungsi otak tidak seimbang

Jika ibu hamil tidur pada waktu pagi hari, maka akan menyebabka fungsi otak ibu hamil menjadi sangat terganggu. Hal ini dikarenakan aliran oksigen dan darah ke otak juga terganggu sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi fungsi otak.

Menghindari kebiasaan tidur pada saat pagi hari memang seyogianya harus dilakukan ibu hamil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah beberapa bahaya tidur pagi bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us