Hamil 5 Bulan Dianggap Masa Yang Paling Nyaman. Kenapa?

3/5 (2)

Kehamilan memang menjadi sesuatu yang sangat berharga dan sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Pasalnya, kehamilan menghantarkan kita pada masa dimana kita sudah menjadi wanita sejati seutuhnya. Hamil dan melahirkan memang menjadi sebuah moment yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasnagan yang sudah menikah.

Berbicara tentang hamil tentunya tidak ada batasan topik mengenai hal tersebut. Bagaimanapun juga, hamil menjadi sebuah moment dimana seorang wanita merasakan letih dan juga lelah dalam mengandung anaknya. Tidak heran jika setiap wanita yang hamil merasakan kondisi kesehatan yang cukup terganggu dan juga tidak sehat.

Terlepas dari hal tersebut tentunya ini menjadi sebuah kondisi dimana wanita yang sedang hamil dapat merasakan kondisi tubuh yang tidak nyaman. Terlebih pada saat kehamilan mulai memasuki trimester ketiga. Akan tetapi, fase yang dirasakan oleh ibu hamil tentunya berbeda-beda. Tidak sedikit ibu hamil yang justru merasa tidak nyaman akan kehamilan ketika kehamilan masih pada trimester pertama. Pada fase ini, banyak wanita hamil yang merasakan mual dan juga muntah dan berlangsung setiap hari. Lantas, pada usia kehamilan berapakah seorang wanita bisa merasakan kenyamanan?

Hamil 5 Bulan Dianggap Masa Yang Paling Nyaman

Banyak orang yang mengira bahwa ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua atau sekitar 4-6 bulan. Masa inilah yang dianggap sebagai masa yang paling nyaman bagi setiap ibu hamil. Sebagian besar ibu hamil menyatakan bahwa usia kehamilan 5 bulan dianggap sebagai usia kehamilan yang paling nyaman. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Yuk kita simak saja pemaparan kami berikut ini!

Jika pada usia kehamilan 4 bulan, kita masih merasakan mual dan juga muntah serta keadaan perut yang tidak nyaman. Hal ini berbeda ketika usia kehamilan mulai menginjak usia 5 bulan. Pada usia ini tentunya tubuh sudah dapat menyesuaikan dengan sangat baik akan aktivitas yang terjadi di dalam perut seorang ibu. Semakin perut membesar tentunya semakin banyak pula aktivitas janin di dalam perut. Pada usia kehamilan 5 bulan pastinya Anda sudah dapat menikmati gerakan-gerakan kecil si kecil yang ada di dalam kandungan.

Hamil 5 bulan memang menjadi fase dimana keadaan tubuh dan juga perut mulai menyesuaikan diri. Pada usia kehamilan ini tentunya ibu sudah tidak merasakan mual dan juga muntah yang cukup berat dibandingkan pada usia kehamilan sebelumnya. Seperti apakah pertumbuhan janin di dalam kandungan pada usia 5 bulan?

Pertumbuhan Janin Usia 5 Bulan

Janin pada usia ini tentunya sudah memasuki usia kehamialan 21 minggu dimana ukuran panjang janin diperkirakan sekitar 21cm-22cm dengan berat janin sekitar 340-360 gram. Pada usia 21 minggu tentunya janin sudah menyerupai seperti bayi dengan bentuk tubuh yang sempurna. Janin akan terlihat siap untuk dilahirkan, namun masih memiliki ukuran yang sangat kecil.

Pada usia 5 bulan, organ pankreas semakin matang, mata terlihat lebih sempurna dan juga bibir yang mulai membentuk. Namun, pada bagian bola mata dan juga iris masih membutuhkan lebih banyak pigmen. Pada alis dan juga kelopak mata sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Tidak heran jika pada fase ini, bentuk tubuh bayi sudah mulai membentuk dengan sangat baik.

Pada usia 5 bulan ini tentunya janin selalu mengalami pertumbuhan dan penambahan berat badan. Pada usia 5 bulan, janin sudah mulai memasuki usia 21-24 minggu dimana pada masing-masing minggu sudah mulai mengalami perubahan. Fase pertumbuhan dan perkembangan janin di usia 5 bulan ini akan kami jelaskan setiap minggunya dibawah ini!

Usia 21 minggu

Usia 21 minggu menjadi awal dari janin Anda memasuki usia kehamilan 5 bulan. Pada usia ini janin sudah dapat tumbuh dan berkembang seperti pada berikut ini:

– Kelopak mata janin sudah mulai terbentuk dengan sempurna

– Bobot bayi pada usia 5 bulan lebih berat dibandingkan dengan plasentanya

– Vagina pada bayi wanita akan terus terbentuk dan berkembang sampai pada usia kelahirannya

– Janin sudah bergerak-gerak, sementara organ pencernaannya sudah semakin matang

– Janin sudah mulai mendapatkan oksigen dari tubuh ibu hamil melalui plasenta. Meskipun paru-paru belum berfungsi dengan baik, akan tetapi bayi sudah mulai mampu berlatih bernafas untuk mempersiapkan diri di luar rahim.

– Tubuh janin sudah mulai ditumbuhi dengan bulu-bulu halus yang bernama lanugo serta memiliki peran yang cukup baik dalam menjaga suhu bayi tetap hangat. Bulu lanugo ini akan menghilang dengan sendirinya sebelum janin di lahirkan.

Usia 22 minggu

Pada usia ini, janin sudah mulai mengalami pertumbuhan yang cukup cepat dibandingakn dengan usia 21 minggu. Perkembangan dan pertumbuhan bayi tersebut mulai ditandai dengan:

– Mata bayi yang sudah mulai membentuk sempurna

– Tubuh bayi yang sudah proporsional, namun masih lebih kurus dibandingkan dengan bayi yang baru lahir

– Kuku bayi sudah muali tumbuh pada ujung-ujung jari

– Bayi sudah mampu menelan air ketuban dan menjadi tanda bahwa pencernaannya sudah mulai membaik dan sudah dapat digunakan sebaik mungkin.

Usia 23 minggu

Ketika janin sudah memasuki usia 23 minggu, pertumbuhan dan juga perkembangan janin sudah ditandai dengan:

– Pendengaran yang semakin sempurna

– Janin sudah dapat mendengar bunyi dan juag detak jantung di dalam perut Anda termasuk suara dari luar seperti anjing, TV, musik dan juga percakapan yang terjadi di luar kandungan

Usia 24 minggu

Pada usia 24 minggu, janin sudah benar-benar mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mendekati sempurna. Pada fase ini, janin sudah mengalami beberapa tanda sebagai berikut:

– Otak bayi sudah mulai berkembang dengan cepat

– Sidik jari sudah mulai membentuk

– Paru-paru janin sudah mulai berkembang dengan cukup baik dan membentuk cabang-cabang pernapasan

– Pada usia ini, janin sudah mulai memiliki lemak meskipun memiliki kulit yang sangat lemah dan juga tipis

– Pada usia 24 minggu ini, janin sudah mulai berukuran sekitar 30 cm dengan berat sektar 600 gram

– Meskipun dilahirkan secara prematur, bayi yang dilahirkan pada usia ini memiliki peluang untuk bertahan hidup dikarenakan organ tubuh bagian dalam dan juga organ vital sudah dapat berfungsi dengan baik meskipun belum sempurna

Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Ibu

Penambahan berat badan dan juga bentuk tubuh yang semakin membesar tentunya menjadi tanda bahwa kehamilan Anda mengalami perkembangan. Pada usia kehamilan 5 bulan, penambahan berat badan seorang ibu hamil dapat mencapai 5kg-7kg. Setelah itu, penambahan berat badan seorang ibu hamil dapat berkisar antara 200-250 gram perminggunya.

Ketika mual dan juga muntah sudah tidak ada pada saat hamil. Fase inilah yang tentunya menjadi moment yang paling menyenangkan bagi ibu hamil. Selain janin yang belum terlalu besar, usia kehamilan ini memang menjadi fase ternyaman dimana tubuh ibu hamil belum mengalami penambahan yang cukup signifikan.

Usia kehamilan memang ikut menentukan kenyamanan yang dirasakan oleh setiap ibu hamil. Bagaimanapun juga, usia kehamilan 5 bulan memang menjadi masa yang ternyaman dan juga teraman. Itulah beberapa fakta yang wajib Anda ketahui mengenai hamil 5 bulan dianggap masa yang paling nyaman. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply