data-ad-format="auto"

Pilihan Makanan Bergizi Untuk Balita

Makanan merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan, makanan bayi sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak anda. Makanan yang bergizi yang anda berikan pada anak anda mampu mengoptimalkan kemampuan anak anda sesuai dengan usianya sedangkan untuk makanan yang tidak sehat hanya membuat kesehatan anak anda bermasalah.

Menjaga asupan makanan yang sehat dapat dimulai semenjak dari usia balita. Anda sebagai orang tua harus selektif dalam memilih bahan bahan makanan untuk makanan balita anda. Bahan makanan yang membuat sehat anak anda dapat dengan mudah anda dapatkan, sebut saja berbagai jenis sayuran dan jenis buah yang beranekaragam yang memiliki nilai gizi dan manfaat yang berbeda.

Makanan yang bergizi untuk anak anda harus memiliki unsur-unsur yang memenuhi kebutuhan gizi hariannya selain itu juga makanan tersebut harus seimbang. Berikut adalah makanan bergizi untuk anda terdiri dari karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, apalagi dalam usia balita sangat aktif melakukan aktivitas sehingga kebutuhan energi harus dipenuhi. Salah satunya dengan membiasakan sarapan.
Selain kandungan karbohidrat yang tidak kalah penting adalah kandungan protein, protein bermanfaat dalam membangun sel  di dalam tubuh anak anda. Kebutuhan protein dapat terpenuhi dari sayur atau lauk. Keduanya harus seimbang untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak anda.

Selanjutnya adalah berbagai jenis vitamin yang dapat membantu proses metabolisme dan juga mineral yang dapat membangun struktur penting di dalam tubuh. Kesimbangan vitamin dan mineral dapat tercukupi dari asupan makanan. Vitamin banyak didapatkan dari sayur dan buah. Dengan demikian untuk tetap menjaga kandungan vitamin di dalam sayur dan buah, memasak sayur dan buah usahakan tidak terlalu matang. (Artikel terkait: Makanan bayi 6 bulan)

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Tidak kalah penting untuk menjaga asupan makanan untuk anak anda, maka anda dapat menambahkan makanan yang mengandung lemak. Pilihan lemak sehat dapat anda pilih dari berbagai jenis daging atau mentega. Dengan demikian bagi anda yang akan melengkapi kebutuhan gizi harian menu makan anak anda maka anda dapat menambahkan beberapa bahan makanan seperti :

1. Telur

Kandungan protein di dalam telur dapat membantu dalam membangun sel dan juga terdapat kandungan vitamin D yang mampu menyerap kalsium. Anda dapat menambahkan pada menu sarapan balita anda.Anda dapat  membuat berbagai variasi menu dari bahan telur untuk dapat menambah nafsu makan balita anda.

2. Buah-buahan

Buahan-buahan sudah dapat mulai diperkenalkan pada bayi anda semenjak usia 6 bulan. Pada masa perkenalan buah-buahan, perhatikan tekstur dan rasa mengingat pencernaan bayi masih sangat sensitif. Buah-buahan dengan rasa yang terlalu tajam dapat mengganggu kesehatannya. Dalam memperkenalkan buah-buahan anda dapat memberikannya secara bertahap.Buah-buhan merupakan bahan makanan yang memiliki vitamin dan mineral yang membantu perkembangan balita anda.

3. Jening Kacang-Kacangan

Biasanya jenis kacang-kacangan sering terlupa untuk menambah varian rasa, padahal kandungan gizi di dalamnya sangat bermanfaat. Kacang memiliki kandungan lemak baik untuk kesehatan jantung. Tambahkan kacang dalam menu harian makanan balita anda.

4. Ikan

Semua jenis ikan memiliki kandungan protein akan tetapi dalam memilih ikan untuk bahan makanan bayi anda sebaiknya adalah ikan yang tidak banyak mengandung merkuri dan ikan yang megandung omega3. Kandungan omega 3 dapat membantu dalam perkembangan otak dan menurunkan inflamasi.

5. Sayuran

Sayuran yang disarankan dalam menu balita anda, contohnya adalah kubis atau brokoli yang dapat memberikan manfaat bagi anak anda dalam menangkal sel kanker. Brokoli dapat dijadikan menu untuk balita anda.

6. Rempah

Mungkin anda terheran-heran rempah yang diberikan pada balita. Disini bukan jenis rempah yang dikonsumsi langsung akan tetapi rempah yang ditambahkan pada menu makanan. Menu makanan balita anda, misalnya saja kayu manis yang memiliki gizi yang dibutuhkan dalam menyeimbangkan gula dalam tubuh.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us