Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester ke 3

4.8/5 (5)

Padahal di kehamilan terakhir yaitu trimester ketiga, anda harus mempersiapkan tenaga yang ekstra untuk persalinan, tentu saja bukan berarti anda dapat mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak akan tetapi anda mempersiapakan dengan kualitas makanan terbaik.
Pasti anda masih ingat beberapa makanan yang dipantang untuk ibu hamil karena terdapat zat atau senyawa di dalamnya yang bisa menimbulkan masalah kehamilan. Nah, kali ini memasuki trimester ketiga anda harus tetap memilih nutrisi terbaik untuk anda dan janin.

Makanan dengan porsi banyak belum tentu bermanfaat untuk janin anda. Dalam melengkapi kebutuhan gizi harian anda dan janin anda tidak perlu harus menyukai semua makanan dan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak, melainkan anda memilih makanan yang mengandung kandungan gizi yang terbaik.

Berikut adalah makanan untuk ibu hamil yang disarankan ketika anda memasuki kehamilan trimester 3 :

Persiapan persalinan tidak saja secara psikis akan tetapi secara fisik. Salah satunya dengan mencukupi nutrisi harian. Anda dapat memilih makanan yang mengandung omega 3. Makanan dengan kandungan omega 3 bermanfaat untuk perkembangan janin anda dan mampu menyempurnakan bayi di dalam kandungan untuk mempersiapkan kelahiran.

Bagi anda yang melengkapi kebutuhan harian anda, anda dapat melengkapi makanan dengan kandungan omega 3 yang terdapat di dalam beberapa makanan seperti di dalam buah alpukat, Ikan tuna, Ikan Salmon, Kedelai, Kembang Kol dan yang sangat mudah untuk anda dapatkan telur, bayam dan ikan lele. Anda dapat memilih beberapa menu makanan yang sesuai sehingga lebih bervariasi dan dapat meningkatkan nafsu makan anda.

Susu mengandung protein yang dapat membentuk darah, cairan ketuban dan plasenta. Selain itu dengan membiasakan minum susu akan membantu anda dalam membentuk andi bodi. Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya akan membantu anda dalam membantu penyerapan kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

Selanjutnya adalah makanan yang dapat mencegah heartburn, rasa panas atau perih pada ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsi pepaya, kandungan pepaya dapat membantu dalam proses pencernaan, tubuh mempunyai keterbatas dalam mencerna protein sehingga pengeluaran asam hidroklorat lambung semakin berkurang.Selain itu pepaya dapat membantu dalam mempercepat pencernaan. Meskipun demikian bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi pepaya muda dikarenakann akan menggangu perkembangan janin bhkan dalam porsi yang bnyak akan mengakibatkan keguguran.

Sayuran bermanfaat untuk ibu hamil terutama untuk ibu hamil di trimester ketiga. Sayuran yang berwarna hijau mengandung vitamin dan nutrisi A,C, dan K bahkan kandungan asam folat sangat penting dalam menjaga kesehatan mata.

Bagi anda yang menghindari daging selama kehamilan sebaiknya pikir ulang kembali. Daging merah tanpa lemak mengandung protein yang berualitas tinggi disarankan untuk ibu hamil yang akan mengkonsumsi makanan daging tanpa lemak harus benar-benar matang dalam proses memasaknya, hal ini menghindari adanya bakteri yang dapat menggangu kesehatan anda dan janin.

Tidak saja sayuran hijau yang disarankan untuk ibu hamil akan tetapi aneka buah dan sayur yang beraneka ragam sangat disarankan. Buah dan sayur yang memiliki warna hijau, merah, kuning, putih dan orange memiliki kandungan nutrisi yang sehat apabila anda dapat mengelolahnya denga tepat.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui makanan yang sangat baik ketika anda akan persalinan. Rasa khawatir yang berlebih justru akan membuat anda cemas dan menimbulkan kesehatan fisik anda terganggu. Pilih makanan yang terbaik untuk menunjang kesehatan ibu dan janin.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

2 komentar pada “Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester ke 3

    • Bidan Pevi Revina, STr.Keb says:

      Hallo Bunda Agaski,
      Perlu di ketahui bahwa kadar hb (haemoglobin) normal dalam darah pada ibu hamil min 11 gr%. Apabila kurang dari 11 gr% maka ibu hamil dikatakan mengalami anemia,yang di tandai dengan sering mengalami pusing, lemah, letih, lesu. Tentu saja hal ini berpengaruh pada ibu hamil dan janin. Pengaruh pada ibu hamil dapat mengalami perdarahan dan kelahiran prematur. Sedangkan pengaruh pada janin bisa mengakibatkan bblr (berat bayi lahir rendah).
      Anemia di kelompokan menjadi 3 macam, yaitu anemia ringan (>9<11 gr%), anemia sedang (8-9 gr%), dan anemia berat (<8 gr%).
      Jadi bunda masuk ke ke anemia sedang yang memerlukan penanganan yang intens.
      Mengenai terlambat atau tidaknya, saran saya baiknya Segera konsultasikan dengan dokter, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan lakukan pemeriksaan usg untuk mengetahui apakah berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan atau tidak, dengan demikian dokter akan memberikan terapi atau pengobatan yang sesuai dengan kondisi ibu dan janin
      Demikian bun, semoga membantu. Salam

Diskusikan Tema Artikel