data-ad-format="auto"

Tips Memilih Makanan untuk Balita yang Menderita Diare

Kondisi kesehatan bayi anda memang sangat diperhitungkan, perubahan kondisi dari keadaan biasanya sering kali membuat anda cemas. Begitu juga ketika bayi anda mengalami gangguan pencernaan yang berhubungan dengan buang air besar yang lebih sering atau dikenal dengan diare. Diare pada dasarnya bukan penyakit, melainkan salah satunya dikarenakan keracunan makanan. Bahkan beberapa bayi dapat mengalaminya secara berulang atau diare kronis yang akan mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi. Umumnya, anak yang mengalami diare sering kali disertai dengan muntah. Meskipun ini umum terjadi akan tetapi apabila dibiarkan akan menggangu kesehatan yang lebih kronis. Penting untuk membedakan antara muntah dan gumoh. Gumoh sering kali terjadi pada masa bayi yang disebabkan isi perut terlalu banyak menampung makanan sedangkan muntah adalah kelainan struktural yang ditandai dengan adanya dorongan kuat dari isi lambung. Bagi balita yang sedang menderita diare anda dapat memberikan pertolongan pertama berupa larutan oralit untuk mencegah dehidrasi pada balita, selain itu dikarenakan diare lebih banyak disebabkan keracunan makanan. Anda harus lebih selektif dalam memilih makanan yang tepat untuk balita yang menderita diare. (Baca juga: Makanan untuk bayi)

Berikut adalah tips untuk memilih makanan bagi balita yang menderita diare :

  1. Pilihlah makanan bayi yang mudah dicerna, ditelan dan juga diserap oleh sistem pencernaan balita. Anda dapat memilih bubur atau tim
  2. Pilih juga makanan yang mengandung pectin, kandungan tersebut akan membantu dalam penyerapan air. Misalnya makanan yang mengandung pectin adalah apel, pisang, kentang, apricot dan wortel. Anda dapat mengolahnya menjadi sayuran dengan tambahan bahan lainnya.
  3. Berikan jus dari buah buahan yang bersifat netral, tidak terlalu asam salah satunya adalah melon untuk menghindari cairan yang hilang.
  4. Jangan menambahkan bumbu merica, asam atau rempah rempah yang berbau menyengat karena akan memperparah kondisi kesehatan balita anda.
  5. Hindari memberikan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan serat tinggi, mangga dan kubis yang akan merangsang gas di dalam perut balita.
  6. Jangan memberikan makanan yang berlemak seperti santan, coklat dan es cream karena akan mengganggu pencernaannya semakin buruk.
  7. Anda dapat membuat catatan dengan memonitor makanan yang dikonsumsi oleh anak anda, sehingga mengetahui makanan dan minuman yang tidak cocok untuknya. Apabila makanan dan minuman yang tidak cocok yang menyebabkan mual dan muntah dapat segera dihentikan pemberiannya.

Hal yang harus diperhatikan pada anak yang menderita diare adalah kekurangan cairan, sehingga untuk mengurangi resiko ini sebaiknya anak anda dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Tidak saja makanan disaat anak anda menderita diare yang harus anda perhatikan melainkan pola makan selanjutnya penting untuk dipertimbangkan. Pastikan kecukupan nutrisinya terpenuhi setiap hari. Berikut adalah kebutuhan gizi pada anak yang berusia satu hingga tiga tahun, yaitu kandungan energi sebanyak 1000 kkal, ditambah dengan protein 25 gram, kebutuhan kalsium 500 gram dan zat besi 8 mg. Karbohidrat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan energi yang dapat dihasilkan dari nasi, kentang, pasta atau roti. Penuhi kebutuhan protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh. Lengkapi dengan vitamin dan mineral dari buah dan sayur sebagai zat pengatur dan pelindung, untuk penyerapan lemak anda dapat mengkonsumsi vitamin E,A,D dan K.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us